1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan makan & minum
  6. >
  7. 10 Teko Teh Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Teko Teh Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Teko Teh Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Teko Teh Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Teko Teh Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Teko Teh Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Teko Teh Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023)

Teko teh sangat penting untuk menyeduh daun teh secara fresh. Saat ini banyak produk yang lucu dengan berbagai inovasi, mulai dari bentuk pegangannya hingga bahan pembuatannya. Produk teko yang populer saat ini umumnya menggunakan bahan resin dan kaca tahan panas.


Kali ini kami akan membagikan rekomendasi teko teh terbaik dari berbagai merek, seperti Miniso, SANGO, SUJI, dan lainnya. Kami juga akan menjelaskan cara memilih teko teh yang bagus. Agar informasi untuk Anda makin lengkap, baca juga tips dari tea specialist, Bambang Laresolo.

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Tea specialist
Bambang Laresolo

Meminum teh adalah tradisi yang ditekuni Bambang Laresolo sejak kecil. Dahulu, Bambang bahkan selalu meminum teh dan tidak bisa minum air putih. Pemilik kedai teh Laresolo di Bogor ini mulai mendalami dunia teh sejak 2005. Pada 2015, Bambang ikut menjadi co-founder Lewis and Carroll. International tea blender dan tea sommelier bersertifikat ini juga merupakan praktisi upacara minum teh Cina aliran Liu Xiang Craft dan teh Jepang aliran Urasenke. Anda bisa menyapanya lewat Instagram @laresolo.

Profil Bambang Laresolo
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih teko teh

Pada dasarnya ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat pemilihan teko teh. Antara lain kapasitas, bahan teko yang digunakan, dan kemudahan penggunaannya. Silakan baca secara saksama.

① Pilih ukuran sesuai jumlah teh yang akan diseduh

Pilih ukuran sesuai jumlah teh yang akan diseduh
Jika kapasitas teko tidak sesuai dengan jumlah orang yang hendak meminum teh, tentu teh tidak bisa dinikmati dengan maksimal. Jika teko terlalu besar, teh akan jadi terlalu berlebihan sehingga malah terasa pahit. Sebaliknya, jika ukuran teko terlalu kecil, Anda jadi repot karena harus menyeduh teh berulang kali. Teh yang diseduh pertama kali pun akan terlanjur dingin.

Sebagai panduan, berikut perkiraan ukuran teko yang pas berdasarkan jumlah orang:


  • Untuk 2–3 orang: 200–340 ml
  • Untuk 3–4 orang: 340–480 ml
  • Untuk 4–5 orang: 480–600 ml

Jika Anda ingin menyeduh teh beras merah dan Hojicha, Anda dianjurkan untuk menyeduh teh tersebut dengan teko berkapasitas 600–800 ml. Selain itu, penggunaan teko berbahan tanah liat juga sangat direkomendasikan. 


Nah, jika Anda hendak membeli teko teh untuk pertama kali, belilah teko berukuran 200–340 ml. Pastikan juga gagang teko tersebut pas dengan ukuran tangan Anda dan nyaman digenggam.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Secara umum, terdapat dua cara penyeduhan teh, yaitu Western style dan Chinese style. Perbedaan kedua gaya tersebut terletak pada jumlah volume air dan waktu seduhnya. Western style menggunakan sedikit teh dengan lebih banyak air serta waktu seduh sekitar 2–5 menit. Sebaliknya, Chinese style menggunakan air lebih sedikit dengan jumlah teh yang banyak serta waktu seduh sekitar 20–60 detik.


Teh oolongpu-erh, atau teh dengan bentuk gulungan kecil-kecil lebih cocok diseduh dengan Chinese style. Biasanya, Anda membutuhkan ukuran teko sekitar 100–200 ml untuk jenis teh ini. Anda juga bisa menggunakan gaiwan, semacam Chinese cup tanpa gagang yang memiliki tutup. Tutupnya sendiri bisa difungsikan sebagai penyaring daun teh.


Jika Anda menyeduh teh dengan cara Western style, Anda dapat menyesuaikannya dengan jumlah cangkir yang ingin disajikan. 


  • Teko ukuran 350 ml bisa digunakan untuk personal atau sekitar dua cangkir ukuran kecil.
  • Teko ukuran 500–600 ml bisa untuk empat cangkir.
  • Teko ukuran 1000–1500 ml bisa untuk teh lebih dari sepuluh cangkir.

② Periksa keserasian tutup teko

Periksa keserasian tutup teko

Bila ingin memilih teko yang berkualitas, perhatikan terlebih dahulu tutup tekonya. Pastikan tidak ada celah di antaranya yang dapat mengakibatkan uap keluar dan menurunkan suhu air. Jika terdapat celah, akan sulit untuk menghasilkan teh yang lezat.


Pastikan teko teh Anda dalam kondisi baik serta serasi antara tutup dengan bodi teko. Dengan demikian, Anda bisa membuat teh yang berkualitas. Ketika Anda menuang teh pun tidak akan ada teh yang keluar melalui celah tutup.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Tutup teko yang baik harus pas sesuai ukuran mulut teko. Tutup yang pas akan membuat air keluar dari tutup teko ketika teko dituang. Khusus untuk teko Chinese style, keserasian tutup teko turut menentukan aliran air yang keluar dari mulut teko. Dengan teko yang baik dan pas, air tidak akan keluar ketika lubang kecil di atasnya ditekan dengan kuat. Hal ini karena tidak ada udara di dalam teko. 


Hal ini juga berguna saat Anda membagikan isi teko ke beberapa tamu dengan menggunakan cup-cup kecil berukuran 25–40 ml. Dengan begitu, Anda bisa mengatur aliran air dari mulut teko dengan hanya menggunakan tekanan jari di lubang kecil pada tutup teko.

③ Pilih jenis saringan teh yang sesuai dengan daun teh

Cara perawatan teko dan pemilihan daun teh sangat bergantung pada jenis saringan atau infuser yang terdapat pada teko. Jadi, sesuaikan hal ini dengan jenis teh yang ingin Anda konsumsi sehari-hari.

Built-in infuser: Dilengkapi lubang penyaringan permanen pada badan teko

Built-in infuser: Dilengkapi lubang penyaringan permanen pada badan teko

Pada teko berbahan keramik, umumnya sudah terdapat jaring penyaringan teh atau built-in infuser yang berlubang besar. Daun teh kemungkinan bisa keluar secara bersamaan saat Anda menuangkan minuman ke dalam cangkir. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan teh yang lebih beraroma.


Memang Anda akan membutuhkan waktu lebih saat akan membersihkan teko karena jenis saringan ini tidak dapat dilepas. Namun, kami merekomendasikan jenis saringan ini bagi Anda yang menginginkan rasa teh yang kuat


Perlu diingat, penting untuk memilih lubang saringan yang kecil. Bila lubang saringannya besar, ada kemungkinan daun teh akan menyumbat. Bisa jadi malah daun teh ikut keluar saat Anda tuang ke cangkir.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Ada beberapa teko dengan saringan yang terletak di bagian mulut teko. Ada juga yang memiliki infuser yang dapat memisahkan teh jika infuser-nya ditarik ke atas atau bawah. 


Dengan teko tanpa saringan, air bisa mengalir lebih lancar sehingga tidak akan terjadi overbrewing karena teh terhambat di mulut teko. Namun, dengan tipe seperti ini, Anda akan memerlukan strainer atau saringan teh serta pitcher untuk menuang hasil seduhan teh.


Untuk teko yang menggunakan infuser, Anda perlu memperhatikan ukuran infuser-nya. Untuk teh leafy grade dengan ukuran daun teh yang besar, Anda memerlukan teko dengan infuser besar atau teko yang tanpa saringan. Jika Anda menggunakan infuser yang terpisah dari teko, pastikan juga ukurannya. Infuser berbentuk bola biasanya hanya dapat digunakan untuk teh tipe broken leaf.

Tea strainer: Cocok untuk penggunaan setiap hari

Tea strainer: Cocok untuk penggunaan setiap hari

Jenis saringan teko yang paling umum dan pas untuk penggunaan sehari-hari adalah saringan teko berbahan mesh stainless steel. Jenis seperti ini disebut juga tea strainer. Hampir tidak ada produk bertipe ini yang performanya tidak bagus. 


Selain itu, jaring jenis ini dapat digunakan untuk berbagai jenis teh, mulai dari berdaun besar hingga berdaun halus. Jika Anda memilih tea strainer yang bisa dilepas-pasang pada teko teh, pembersihannya juga akan lebih mudah. Namun, bila Anda memilih produk teko yang di dalamnya sudah terpasang tea strainer, menyeduh teh jadi makin mudah. Teh lezat pun bisa dinikmati kapan saja.


Beberapa saringan jenis ini telah difluorinasi sehingga dapat mencegah daun teh menempel pada saringan. Jika Anda ingin tugas membersihkan teko lebih mudah, Anda bisa mempertimbangkan hal ini. Kemudian, saat memilih saringan teko, pastikan saringan tersebut mencapai bagian dasar teko. Jika Anda memilih saringan yang dangkal, daun teh tidak akan terendam air panas secara sempurna.

④ Pilih teko berdasarkan bahan yang diinginkan

Bahan yang digunakan dalam pembuatan teko sangat bervariasi. Meski terdapat perbedaan keunggulan pada tiap bahan, tidak ada standar khusus dalam memilih bahan teko. Poin terpenting adalah Anda menyukai teko yang akan dibeli karena akan sering digunakan.

Bahan keramik: Untuk melembutkan rasa teh

Bahan keramik: Untuk melembutkan rasa teh
Saat membicarakan teko, banyak orang memilih teko keramik. Selain produknya berkualitas tinggi, teko keramik terbukti lebih unggul dalam hal penyerapan air dan mampu menghilangkan kotoran yang terkandung dalam air. Teko keramik juga memiliki kemampuan mengekstrak astringen teh secara seimbang. Jenis bahan ini pun dapat melembutkan rasa teh yang diseduh.
Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Bahan-bahan teko dapat dipilih sesuai dengan jenis teh yang ingin Anda seduh. Pertimbangkanlah apabila Anda memerlukan teh bersuhu tinggi atau tidak. Teh yang berwarna gelap, seperti black tea, ripe pu-erh, dark oolong, houjicha, atau teh wangi melati memerlukan suhu 90–95 derajat Celsius. Karena itu, sebaiknya Anda memilih teko dengan bahan tanah liat, kaca, atau besi.


Teko dengan bahan tanah liat memiliki pori-pori yang dapat menyerap rasa teh. Karena itu, sebaiknya Anda menggunakan satu teko tanah liat untuk satu jenis teh tertentu saja. Teh yang berwarna terang seperti teh putih, teh hijau, pu-erh muda, dan light oolong memerlukan suhu yang rendah sekitar 60–85 derajat Celsius. Untuk teh jenis ini, Anda memerlukan teko keramik atau porselen.

Bahan porselen: Untuk menguatkan aroma dan rasa teh

Bahan porselen: Untuk menguatkan aroma dan rasa teh

Teko berbahan porselen dibentuk dengan cara memanaskan bahan bakunya di atas suhu 1300 derajat sampai berwarna putih. Daya serap/retensi panas bahan ini lebih rendah daripada bahan keramik. Namun, Anda dapat menikmati aroma dan rasa dari daun teh yang nikmat saat berpadu dengan air panas.

Bahan kaca: Tahan panas dan terlihat menarik

Bahan kaca: Tahan panas dan terlihat menarik
Dengan menggunakan teko berbahan kaca, Anda dapat menikmati tampilan daun teh dan perubahan warnanya secara visual. Anda juga bisa menikmati aroma dan rasa teh sebagaimana adanya. Namun, bila Anda menuangkan air panas ke teko berbahan kaca biasa, kemungkinan besar teko akan retak. Solusinya, gunakan kaca tahan panas yang telah dirancang khusus agar tahan terhadap suhu tinggi.

Beberapa teko kaca tahan panas juga dapat digunakan pada microwave. Teko seperti itu sangat serbaguna karena Anda dapat menggunakannya untuk memanaskan kembali teh yang telah dingin.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Teko berbahan kaca cocok digunakan untuk teh yang memiliki penampilan atau warna yang menarik. Blooming tea atau teh berbentuk bola yang ketika diseduh akan mekar menjadi bunga cocok untuk teko ini. Demikian juga teh buah atau herbal tea yang memiliki warna yang menarik. 


Teko kaca dengan kualitas baik bisa tahan terhadap perubahan panas yang mendadak. Sebaliknya, teko kaca dengan kualitas rendah dapat retak atau pecah akibat perubahan suhu yang mendadak. Usahakan untuk membilas teko dengan air hangat terlebih dahulu sebelum menuangkan air panas ke dalamnya.

Bahan besi: Desain berat dan daya tahan tinggi

Bahan besi: Desain berat dan daya tahan tinggi
Ciri khusus dari teko berbahan besi adalah bobotnya yang berat dan memiliki daya tahan tinggi. Awalnya teko berbahan besi hanya digunakan untuk merebus air karena tidak dapat menghasilkan rasa yang lembut. Namun, lambat laun, teko jenis ini dapat digunakan juga untuk merebus teh hijau dan teh beras merah.

Biasanya besi akan meleleh saat terkena panas tinggi. Namun, pada teko berbahan besi, bagian dalamnya telah dilapisi enamel. Hal inilah yang membuat besinya tidak akan meleleh meski Anda panaskan pada suhu tinggi.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Di Jepang, ceret dari besi bernama tetsubin digunakan untuk merebus air. Teko atau ceret besi seperti ini memerlukan perawatan yang ekstra hati-hati. Pastikan kondisi teko besi Anda selalu kering ketika selesai digunakan. Setitik air dalam teko tersebut dapat membuat teko menjadi berkarat.


Bentuk yang indah dari tetsubin inilah yang akhirnya diadaptasi menjadi teko dengan lapisan keramik di dalamnya. Namun, model seperti ini sebaiknya tidak digunakan untuk merebus air karena dikhawatirkan lapisan keramik di dalamnya bisa pecah.

Bahan resin: Harga terjangkau dan tidak cepat rusak

Bahan resin: Harga terjangkau dan tidak cepat rusak

Teko dengan bahan transparan seperti akrilik atau polikarbonat tidak hanya mudah dilihat isinya, tetapi juga tahan banting. Harganya pun lebih terjangkau dan mudah dibersihkan sehingga sempurna untuk pemakaian sehari-hari.


Tidak seperti teko berbahan kaca tahan panas, teko dengan bahan ini tidak bisa dimasukkan ke microwave. Namun, bahan teko ini tahan pecah sehingga Anda tidak perlu khawatir ada yang terluka saat menjatuhkan teko.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Teko berbahan resin memiliki kelebihan yaitu bobot yang ringan dan lebih tahan terhadap perubahan suhu air. Banyak teko-teko berbahan resin yang digunakan untuk menyeduh teh dengan Chinese style


Teko terdiri dari dua bagian, yaitu tempat menyeduh dan pitcher atau tempat menuang hasil seduhan. Bagian penyeduh memiliki kapasitas 100–300 ml dan biasanya sudah memiliki saringan. Teko dari resin tidak boleh digosok karena bisa menyebabkan goresan pada teko. Untuk menghilangkan noda, Anda bisa menggunakan stain remover.

⑤ Perhatikan juga bentuk teko selain kenikmatan menyeduh teh dan kemudahan penggunaan

Poin terakhir saat memilih teko adalah pada memilih bentuk yang pas. Mari perhatikan lebih lanjut dua poin penjelasannya berikut ini!

Teko rata untuk membuat teh terasa nikmat

Teko rata untuk membuat teh terasa nikmat
Jika Anda memilih teko berbentuk rata ketimbang teko yang tinggi, Anda bisa mendapatkan teh yang lezat. Alasannya adalah air panas dapat mengekstrak daun teh dengan lebih leluasa. Biarkan daun teh mengambang dan terekstrasi dengan baik di dalam teko yang berisi air panas.

Teko berbentuk rata cenderung memiliki tutup yang lebih besar pula sehingga Anda pun makin mudah membersihkannya. Jika Anda hanya membeli untuk penggunaan hiasan, tidak ada salahnya bila ingin memilih teko yang meninggi ke atas.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Bentuk yang rata tujuannya adalah untuk memudahkan Anda membersihkan teko. Teko ini umum ditemui di Jepang karena biasanya teh jepang lebih lembut dan ukurannya kecil-kecil. Rasa teh sendiri sebenarnya lebih banyak dipengaruhi oleh bahan dan kapasitas ruangan dibandingkan dengan ukuran daun teh

Cerat berukuran kecil untuk memudahkan menuang ke cangkir kecil

Cerat berukuran kecil untuk memudahkan menuang ke cangkir kecil
Penting untuk memilih cerat teko sesuai ukuran cangkir. Jika Anda menggunakan cangkir berukuran kecil, gunakanlah teko dengan cerat kecil agar dapat menuangkan air tanpa tumpah. Nah, apabila Anda ingin menyajikan banyak teh atau cangkir tehnya berukuran besar, silakan gunakan teko dengan cerat besar.


Di samping ukuran cerat, Anda juga harus memperhatikan bentuk cerat teko. Jika ceratnya memanjang dan berujung meruncing, Anda tidak perlu khawatir air panas akan tumpah dan mengenai Anda.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Ukuran teko yang kecil biasanya digunakan untuk menyeduh teh dengan Chinese style. Hal ini karena gaya ini dapat menyeduh teh hingga 3–5 kali. Sebaliknya, menyeduh teh dengan Japanese style agak mirip dengan Western style, yaitu rasio teh dan airnya sedikit berbeda. Teh yang diseduh dengan cara Japanese style bisa diseduh ulang hingga dua kali. Karena itu, pilihlah cangkir yang dapat disesuaikan dengan ukuran teko.

10 Rekomendasi teko teh terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk teko teh terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Bambang Laresolo.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Miniso

Teko Kaca 900ml Tahan Panas Kaca Teh Saringan Teapot Tea Pot

Miniso Teko Kaca 900ml Tahan Panas Kaca Teh Saringan Teapot Tea Pot 1枚目

Pilihan ekonomis untuk sekeluarga yang hobi minum teh manis

2

Kedaung

Rome Swirl Teko Teh

Kedaung Rome Swirl Teko Teh 1枚目

Hadirkan suasana vintage pada dapur

3

Lumosh

Eil Ceramic Teaset

Lumosh Eil Ceramic Teaset 1枚目

Dapat dijadikan kado pernikahan yang cantik

4

SANGO

Teko dan Cangkir New Country

SANGO Teko dan Cangkir New Country 1枚目

Desain dan coraknya unik, dapat dijadikan pajangan

5

SUJI

Yokode Teapot 500 ml with Stainless Steel Strainer

SUJI Yokode Teapot 500 ml with Stainless Steel Strainer 1枚目

Sajikan teh untuk tamu dengan teko teh ala Jepang

6

ZEN

Teko Teh Purity Series

ZEN Teko Teh Purity Series 1枚目

Berkualitas premium dan pas untuk menemani waktu tea time bersama keluarga besar

7

Kamjove

AM-05 Art Tea Pot 300 ml

Kamjove AM-05 Art Tea Pot 300 ml 1枚目

Seduhan teh jadi lebih bening dengan saringan teh yang halus

8

OIGEN

Chigusa 0.55L

OIGEN Chigusa 0.55L 1枚目

Nikmati teh dengan seduhan khas Jepang dalam teko tetsubin

9

Jenggala

Small Frangipani Teapot

Jenggala Small Frangipani Teapot 1枚目

Simpel dan elegan, terinspirasi dari bunga kamboja Bali

10

Gunung Slamat

Set Poci Teh Tanah Liat Tipe Borobudur

Gunung Slamat Set Poci Teh Tanah Liat Tipe Borobudur 1枚目

Tutup tekonya unik menyerupai stupa Candi Borobudur

Perincian produk
Close
No.1

MinisoTeko Kaca 900ml Tahan Panas Kaca Teh Saringan Teapot Tea Pot

Mulai dari Rp49.900,00

Pilihan ekonomis untuk sekeluarga yang hobi minum teh manis

Secangkir teh manis saat berkumpul bersama keluarga dapat membantu menghangatkan suasana. Untuk itu, teko teh dari Miniso ini sangat cocok untuk menemani saat-saat minum teh santai bersama keluarga. Selain karena kapasitasnya yang besar, bahannya terbuat dari kaca sehingga memudahkan Anda untuk mengecek volume teh.

Tak hanya itu, teko ini memiliki desain handle yang sesuai dengan struktur tangan manusia sehingga nyaman digenggam. Selain itu, handle-nya kokoh sehingga lebih aman dan mengurangi potensi terjadinya slip saat dipegang. Teko teh murah ini memiliki beragam variasi warna dan motif. Anda dapat memilih satu yang sesuai dengan preferensi Anda.

No.2

KedaungRome Swirl Teko Teh

Mulai dari Rp159.100,00

Hadirkan suasana vintage pada dapur

Sejak beberapa tahun belakangan, peranti dapur berbahan enamel dengan nuansa vintage kembali diminati. Salah satunya adalah teko teh dari Kedaung ini. Kedaung memberikan corak swirl pada teko ini agar makin menguatkan nuansa jadul. Jadi, apabila Anda penggemar nuansa retro, jangan lewatkan teko untuk teh yang satu ini.

No.3

LumoshEil Ceramic Teaset

Mulai dari Rp221.000,00

Dapat dijadikan kado pernikahan yang cantik

Bingung memilih kado pernikahan cantik untuk rekan Anda? Jatuhkan pilihan Anda pada tea set yang bagus dari Lumosh ini. Tea set ini dibuat dengan tangan pengrajin keramik lokal sehingga ia akan memiliki bentuk dan warna yang berbeda satu sama lain. Pas dijadikan sebagai kado unik, bukan? Selain itu, tutup dan handle teko dipoles menggunakan bahan food grade sehingga aman digunakan.

No.4

SANGOTeko dan Cangkir New Country

Mulai dari Rp200.000,00

Desain dan coraknya unik, dapat dijadikan pajangan

Jika Anda memiliki hobi mengoleksi tea ware, set teko dan cangkir dari SANGO ini sangat sayang untuk dilewatkan. Daya tarik utama dari produk ini adalah desain tutup tekonya yang unik serta corak-corak cantik bertemakan bunga. Tutup teko dari tea set ini memiliki mata dan pita merah yang cantik sehingga terlihat mirip wajah. Sangat cantik, bukan, untuk dijadikan pajangan juga?

No.5

SUJIYokode Teapot 500 ml with Stainless Steel Strainer

Mulai dari Rp500.000,00

Sajikan teh untuk tamu dengan teko teh ala Jepang

Bila dilihat dari bentuknya, kesan pertama yang Anda dapatkan adalah Jepang banget. Bentuk teko teh ini sering digunakan pada chanoyu atau upacara minum teh Jepang. Teko teh ini dilengkapi dengan pegangan lurus di samping teko. Dengan demikian, Anda dapat menuang teh hingga habis dengan mudah. Jangan lewatkan teko teh ini jika Anda ingin mencoba minum teh ala Jepang!

No.6

ZENTeko Teh Purity Series

Mulai dari Rp234.000,00

Berkualitas premium dan pas untuk menemani waktu tea time bersama keluarga besar

Berkapasitas 1110 ml, teko teh premium ini kami rekomendasikan untuk menyertai waktu tea time Anda bersama keluarga besar. Teko teh ini berbahan porselen tanpa campuran abu tulang dari hewan sehingga sudah mendapatkan sertifikat halal. Produk yang juga bersertifikat SNI ini dapat Anda bersihkan dengan dishwasher. Praktis, kan? 

No.7

KamjoveAM-05 Art Tea Pot 300 ml

Mulai dari Rp225.000,00

Seduhan teh jadi lebih bening dengan saringan teh yang halus

Daun teh yang lolos dari saringan teh dan tidak sengaja terminum tentu sedikit mengganggu kenikmatan minum teh. Untuk itu, Kamjove menawarkan sebuah produk dengan saringan teh berlubang halus. Jadi, tidak ada lagi cerita daun teh tersangkut di gigi maupun tenggorokan. Ditambah lagi, hasil seduhan teh menjadi lebih bening dan bersih karena tidak ada daun teh yang lolos dari saringan.

No.8

Nikmati teh dengan seduhan khas Jepang dalam teko tetsubin

Tetsubin atau teko besi khas Jepang memiliki pesonanya tersendiri. Selain karena bentuknya, air dan teh hasil rebusan dari tetsubin disebut lebih lezat dibandingkan dengan air rebusan teko lain. Rasanya lebih ringan dan lebih lezat bahkan saat air atau teh sudah mulai dingin. Jika Anda penasaran dengan sensasinya, tak ada salahnya untuk membeli tetsubin ini meski harganya lebih mahal.

No.9

JenggalaSmall Frangipani Teapot

Mulai dari Rp290.000,00

Simpel dan elegan, terinspirasi dari bunga kamboja Bali

Sesuai namanya, teko teh dari Jenggala ini terinspirasi dari bunga frangipani atau kamboja yang banyak tumbuh di Bali. Hal ini dapat dilihat dari ukuran berbentuk bunga kamboja pada bagian tutupnya. Teko teh ini memiliki hasil akhir glossy dan halus sehingga menampilkan kesan simpel sekaligus elegan. Teko teh ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai produk dengan tampilan elegan.

No.10

Gunung SlamatSet Poci Teh Tanah Liat Tipe Borobudur

Mulai dari Rp120.000,00

Tutup tekonya unik menyerupai stupa Candi Borobudur

Anda ingin memberikan cendera mata unik untuk rekan Anda dari luar negeri? Mengapa tidak memberikan tea set berbahan tanah liat dari Teh Cap Poci ini? Selain bahannya yang unik, tutup tekonya memiliki desain unik menyerupai stupa di Candi Borobudur. Sangat khas Indonesia, bukan? Dalam satu set ini, Anda akan mendapatkan teko dan cangkir lengkap dengan nampan, tutup cangkir, dan lepeknya.

Cara perawatan teko yang benar

Meski digunakan setiap hari, ternyata masih banyak orang yang tidak tahu cara membersihkan teko dengan baik. Sekarang kami akan memberikan tips tentang cara mencuci teko yang benar. Silakan disimak!

Teko yang dapat digunakan tanpa perawatan terlebih dahulu

Teko yang dapat digunakan tanpa perawatan terlebih dahulu

Teko teh keramik dan teko berkualitas lainnya dibentuk melalui proses pemanggangan dengan suhu 1100 derajat atau lebih. Jenis teko ini tidak memerlukan perawatan khusus ketika akan digunakan untuk pertama kalinya. Anda cukup mencuci dengan air hangat dan membersihkan debunya.


Jika teko baru Anda memiliki berbau sesuatu, cobalah memasukkan kantong teh ke dalamnya. Kantong teh tersebut akan menyerap bau dan teko Anda pun bisa digunakan dengan nyaman kembali.

Gunakan air panas untuk membilas dan hindari detergen

Gunakan air panas untuk membilas dan hindari detergen

Teh akan lebih mudah dibersihkan jika Anda mencucinya menggunakan air panas ketimbang air biasa. Tergantung bahannya, Anda disarankan untuk menghindari penggunaan detergen karena teko teh sangat mudah menyerap bau. Jika Anda tetap ingin menggunakan detergen, sebisa mungkin hindari produk beraroma kuat.


Saat mencuci, bilas mulai dari bagian ceratnya dahulu, barulah dilanjutkan ke semua bagian teko. Setelah itu, Anda harus mengeringkan teko dengan baik. Jika pada bilasan terakhir Anda menggunakan air panas, teko bisa kering dengan lebih alami. Kemudian, taruh dengan posisi terbalik agar seluruh bagian teko bisa kering hingga ke bagian ceratnya.


Untuk membersihkan saringan, Anda bisa menggunakan sikat khusus saringan atau memakai sikat gigi baru. Hal ini bertujuan untuk membersihkan teko secara maksimal dari sisa teh yang mungkin tertinggal.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Teko tanah liat sama sekali tidak boleh kena deterjen dari sabun cuci, begitu juga teko keramik. Hal ini karena masih ada potensi bahwa teko tersebut masih bisa menyerap cairan. Karena itu, untuk membersihkannya Anda cukup membilasnya dengan air panas saja. Teko porselen masih boleh dicuci menggunakan sabun cuci apalagi jika Anda ingin membersihkan noda bekas teh.

Campuran soda dan pemutih efektif untuk noda dan aroma teh yang membandel

Campuran soda dan pemutih efektif untuk noda dan aroma teh yang membandel
Salah satu tips membersihkan teko adalah merebus baking soda karena mampu mengangkat kotoran yang menempel pada teko. Pertama-tama, masukkan air panas ke dalam panci besar di mana seluruh badan teko dapat terendam. 

Lalu, tambahkan dua sendok makan baking soda. Kemudian, tunggu dalam keadaan mendidih sekitar dua puluh menit. Setelah itu, Anda bisa mencucinya seperti biasa saat suhunya telah dingin. Noda dan aroma yang tertinggal pada teko pun dijamin hilang.


Namun, panci berbahan aluminium dan panci teflon dilarang direbus menggunakan baking soda. Hal ini disebabkan baking soda berisiko merusak bahan-bahan tersebut. Bila Anda memiliki teko porselen berwarna putih yang mulai menguning, Anda bisa mengembalikan warnanya dengan merendamnya menggunakan pemutih.


Saat merebus dengan baking soda atau mem-bleaching, sikatlah bagian-bagian teko dengan sikat lembut. Dengan begitu, tampilan teko akan menjadi lebih indah. Menggosok dengan sikat atau benda kasar tentu akan merusak teko. Untuk itu, pastikan sikat yang Anda gunakan halus dan lembut.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Cara yang paling mudah untuk membersihkan noda bekas teh adalah menggunakan stain remover. Cukup taburkan stain remover di area yang bernoda, lalu siram dengan air panas dan diamkan selama beberapa saat. Tanpa perlu digosok, teko Anda akan tampak bersih seperti baru.

Baca juga rekomendasi teko teh berbahan kaca di sini

Teko teh berbahan kaca memang tampak menawan dan menarik hati. Tentu mengasyikkan jika Anda bisa menikmati teh sembari melihat langsung perubahan warna di dalam teko tersebut. Jika Anda ingin mencari teko teh berbahan kaca, Anda bisa menemukannya pada artikel berikut ini.

Kesimpulan

Teko teh memang sangat diperlukan untuk acara minum teh. Terlebih teko di masa kini desainnya jauh lebih fashionable sekaligus fungsional. Bila Anda sibuk, menyempatkan diri untuk menikmati teh dengan teko favorit menjadi penting. Anda pun bisa mempunyai waktu santai dengan ditemani aroma dan rasa teh berkualitas. Jadi, mulailah memilih teko teh yang sesuai selera Anda. Selamat berbelanja!
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer