1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Film
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Film horor Indonesia sering dipilih saat menonton di bioskop. Alur cerita penuh misteri dilengkapi soundtrack dan pengambilan gambar yang seram, membuat suasana menonton makin menegangkan. Kini Anda bisa dengan mudah menonton film horor Indonesia yang bagus di Netflix, Disney+ Hotstar, dan Viu.

Kami akan memberikan tips memilih film horor Indonesia terseram untuk Anda. Ada juga rekomendasi film-film horor Indonesia terbaik, seperti Pengabdi Setan, Pintu Terlarang, dan Ghost Writer. Mulai dari film hantu Indonesia tahun 1980-an sampai yang terbaru, semuanya akan kami ulas. Yuk, temukan film horor Indonesia terbaik sepanjang masa!

Diperbaharui 10-10-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih film horor Indonesia

Ada banyak sekali film horor Indonesia yang seru untuk ditonton. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan sejumlah poin dalam memilih film terbaik. Simak sampai habis, yuk!

① Pilih berdasarkan subgenre-nya

Poin pertama yang dapat Anda pertimbangkan dalam memilih film hantu Indonesia adalah subgenre-nya. Meskipun sama-sama masuk ke dalam genre horor, tidak semua film membahas mengenai hal-hal supernatural. Simak ulasannya berikut ini.

Supernatural dan occult: Penuh peristiwa mistis yang bikin merinding

Supernatural dan occult: Penuh peristiwa mistis yang bikin merinding

Supernatural dan occult termasuk dua jenis subgenre film horor yang sangat populer di Indonesia. Subgenre supernatural memadukan unsur gaib dan mistis yang sering digambarkan dengan kemunculan hantu atau makhluk tak kasat mata. Sosok makhluk gaib yang banyak dijadikan film antara lain adalah pocong, kuntilanak, tuyul, hingga sundal bolong.


Sementara itu, subgenre occult biasanya berfokus pada kelompok kepercayaan dengan tradisi atau ritual tertentu. Di Indonesia film horor occult biasanya disisipi unsur klenik, perdukunan, ilmu hitam, hingga paranormal. Daya tarik dua subgenre ini adalah pengambilan gambar dengan pencahayaan temaram, musik yang mencekam, serta hantu yang mengagetkan penonton.

Thriller dan zombie: Dominasi adegan sadis penuh darah yang menakutkan

Thriller dan zombie: Dominasi adegan sadis penuh darah yang menakutkan

Film horor thriller biasanya menampilkan elemen horor, seperti hantu, psikopat, pembunuh, monster, dan dilengkapi adegan sadis penuh darah. Elemen horor tersebut menjadi pilar utama yang membuat cerita menjadi lebih menakutkan dan menegangkan. Bahkan, ada pula subgenre yang khusus menampilkan adegan berdarah-darah dengan senjata tajam, yaitu slasher.


Ada pula subgenre zombie yang tidak kalah populer di industri perfilman. Sesuai namanya, subgenre zombie menampilkan aksi mayat hidup yang biasanya menyerang manusia. Dengan tata rias khusus, penonton akan diajak merasakan kengerian dikejar sekumpulan mayat hidup berpenampilan seram.

Subgenre lain juga tidak kalah menyeramkan

Subgenre lain juga tidak kalah menyeramkan

Selain yang sudah disebutkan di atas, masih banyak subgenre lain yang juga menarik untuk disaksikan. Beberapa di antaranya adalah subgenre berikut.


  • Drama

Subgenre drama cocok untuk Anda yang masih belum terlalu berani menonton film horor. Umumnya, film horor drama memiliki plot tentang permasalahan keluarga dengan situasi misterius yang menguras emosi.


  • Psychological horror

Subgenre ini cukup populer di perfilman internasional. Film psychological horror lebih memusatkan kepada ketidakseimbangan emosi karakter, mulai dari rasa takut, rasa bersalah, hingga ketidakpercayaan. Sejumlah film horor psychological, bahkan tidak memerlukan jumpscare untuk menakuti para penontonnya.


  • Found footage horror

Anda juga dapat mencoba subgenre found footage untuk merasakan sensasi menonton film horor yang lebih seru. Teknik pengambilan gambar dalam film found footage horror dilakukan seperti dalam film dokumenter. Karakter-karakter di dalam film digambarkan seolah-olah sadar bahwa mereka sedang difilmkan. Dengan teknik yang seperti itu, Anda akan merasa diajak menjadi bagian dalam film.

② Carilah informasi mengenai pembuat filmnya

Carilah informasi mengenai pembuat filmnya

Setiap sineas di Indonesia memiliki karakteristik karya tersendiri. Jika Anda sudah memiliki pembuat film favorit, tentu lebih mudah dalam memilih film horor yang akan ditonton. Namun, bila Anda termasuk awam atau belum mempunyai sineas idola, cobalah pilih film dari sineas terkenal.


  • Joko Anwar

Joko Anwar merupakan salah satu sineas Indonesia dengan sejumlah karya yang memiliki ciri khas. Sebagian besar filmnya, terutama film horor, menceritakan tentang perjuangan wanita yang berasal dari kelas menengah ke bawah. Contoh film buatannya adalah Perempuan Tanah Jahanam.


  • Awi Suryadi

Tak ketinggalan pula Awi Suryadi, sutradara dari film KKN di Desa Penari. Sang sineas menceritakan kisah mistis yang dialami enam mahasiswa saat melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di desa terpencil


  • The Mo Brothers

Sutradara lain yang juga patut diperhitungkan adalah Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel yang berkolaborasi membentuk The Mo Brothers. The Mo Brothers kerap menghadirkan film horor yang cenderung sadis dan penuh darah. Salah satu film karya mereka adalah Sebelum Iblis Menjemput: Ayat Dua.


Selain nama-nama yang kami sebutkan, tentu masih banyak sutradara lain yang telah membuat film horor terkenal. Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu sebelum menonton, misalnya dengan membaca artikel di bawah ini.

③ Ketahui tahun rilisnya

Ketahui tahun rilisnya

Poin berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah tahun rilis filmnya. Film horor memiliki khasnya sendiri di setiap periode yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.


  • Periode 1980-an
Pada periode 1980-an, banyak film horor yang muncul dengan nuansa cultism. Salah satu film ternama pada era ini adalah Pengabdi Setan (1980) yang lekat dengan unsur pemujaan setan. Selain itu, ada pula film Ratu Ilmu Hitam (1981) yang diperankan oleh sang ratu horor, Suzzanna. Kedua film ini di-reboot pada 2017 dan 2019 dengan sentuhan yang berbeda, tetapi tetap tidak menghilangkan ciri khasnya.

  • Periode 2000-an

Berbeda dari periode sebelumnya, pada periode 2000-an banyak film yang mengangkat urban legend atau cerita lokal. Beberapa judul yang tidak asing di telinga adalah Jelangkung (2001), Hantu Jeruk Purut (2006), Kereta Hantu Manggarai (2008). Biasanya, film-film tersebut mengeklaim kisahnya diangkat dari kejadian nyata.


  • Periode 2010-an

Film horor pada periode 2010-an cukup bervariasi. Pada awal dekade, tidak banyak film horor yang sebaik pendahulunya. Namun, pada 2015-an hingga kini, muncul film horor berkualitas yang tidak boleh dilewatkan. Sebut saja Perempuan Tanah Jahanam (2019), Sebelum Iblis Menjemput (2018), dan Danur (2017). Film-film tersebut bukan hanya menawarkan fresh plot, tetapi juga memiliki kualitas visual yang sangat baik.

④ Cek sinopsis dan rating usia penonton

Cek sinopsis dan rating usia penonton

Sebelum menonton film horor Indonesia, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu sinopsisnya. Anda akan memperoleh gambaran film secara singkat sehingga memudahkan Anda dalam menemukan film yang tepat. Umumnya, sinopsis juga dibarengi dengan keterangan durasi, pemain, hingga rating.


Jangan lupa untuk turut memeriksa rating usia yang merupakan batasan usia penonton. Rating usia biasanya ditentukan berdasarkan frekuensi dan dampak konten yang tayang pada film horor Indonesia. Sejumlah film horor Indonesa menampilkan konten, seperti bahasa eksplisit, adegan kekerasan, darah, dan adegan dewasa lainnya. Jadi, sudah tentu film-filmnya tidak cocok untuk ditonton oleh anak kecil.


Di sejumlah layangan streaming, rating film horor Indonesia biasanya berlabel 13+ hingga 18+. Film berlabel 13+ berarti dapat ditonton oleh remaja yang usianya minimal 13 tahun. Sementara itu, film 18+ hanya bisa ditonton oleh Anda yang berusia 18 tahun ke atas.

⑤ Perhatikan juga review dari penonton lain

Perhatikan juga review dari penonton lain

Selain melalui sinopsis, gambaran isi film bisa Anda dapatkan dengan melihat review dari penonton lainnya. Namun, Anda cukup membacanya secara sekilas agar tidak terkena spoiler. Sejumlah review biasanya berisikan jalan cerita secara menyeluruh. Sayangnya, ada juga yang membocorkan kisah akhir dari filmnya. Jika Anda tipe penonton yang tidak bermasalah dengan spoiler, silakan baca review sesuai kebutuhan.


Sebagian besar akhir cerita film horor memang dibuat menggantung agar membangkitkan rasa penasaran penonton. Penonton tak jarang diajak menentukan sendiri kisah akhirnya sehingga film ramai diperbincangkan, terutama di media sosial.


Di sisi lain, akhir film yang menggantung bisa memudahkan sineas untuk membuat kelanjutannya dalam bentuk sekuel. Nah, Anda juga dapat memilih film berdasarkan jumlah serinya, apakah ingin yang langsung tamat atau yang memiliki sekuel?

10 Rekomendasi film horor Indonesia terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film horor Indonesia terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Film-film ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kharisma StarVision Plus, Indie Picture, Moviesta Pictures, Wong Cilik's Production

Keramat

Kharisma StarVision Plus, Indie Picture, Moviesta Pictures, Wong Cilik's Production Keramat 1枚目

Rasakan sensasi superseram dalam film horor bergaya found footage!

2

Soraya Intercine Films

Malam Satu Suro

Soraya Intercine Films Malam Satu Suro 1枚目

Karya klasik dari legenda horor Indonesia

3

Starvision Plus

Ghost Writer

Starvision Plus Ghost Writer 1枚目

Unsur komedinya pas untuk Anda yang belum terlalu berani dengan film horor

4

Starvision Plus, Indie Picture

Kafir: Bersekutu dengan Setan

Starvision Plus, Indie Picture Kafir: Bersekutu dengan Setan 1枚目

Kengerian teror ilmu hitam yang mencekam

5

Rapi Films, BASE Entertainment, CJ Entertainment, Ivanhoe Pictures

Perempuan Tanah Jahanam

Rapi Films, BASE Entertainment, CJ Entertainment, Ivanhoe Pictures Perempuan Tanah Jahanam 1枚目

Film brutal yang memacu adrenalin meski minim jumpscare

6

Lifelike Pictures

Pintu Terlarang

Lifelike Pictures Pintu Terlarang 1枚目

Film horor Indonesia yang mendunia

7

Rapi Films, CJ Entertainment

Pengabdi Setan

Rapi Films, CJ Entertainment Pengabdi Setan 1枚目

Awas, bisa bikin Anda trauma dengan sosok "Ibu" dan suara lonceng!

8

MD Pictures

Asih 2

MD Pictures Asih 2 1枚目

Tanpa adegan dewasa, film ini cocok ditonton oleh para remaja

9

MD Pictures, Pichouse Films

KKN di Desa Penari

MD Pictures, Pichouse Films KKN di Desa Penari 1枚目

Dari thread Twitter populer menjadi film layar lebar

10

Frontier Pictures, Legacy Pictures, Rapi Films

Sebelum Iblis Menjemput: Ayat Dua

Frontier Pictures, Legacy Pictures, Rapi Films Sebelum Iblis Menjemput: Ayat Dua 1枚目

Teror mematikan dari sosok Iblis menyeramkan siap membuat Anda jantungan!

Perincian produk
Close
No.1

Kharisma StarVision Plus, Indie Picture, Moviesta Pictures, Wong Cilik's ProductionKeramat

Rasakan sensasi superseram dalam film horor bergaya found footage!

Salah satu film horor yang ramai diperbincangkan di sekitar tahun 2010 adalah Keramat. Pasalnya, film ini mengusung subgenre found footage horor yang cukup jarang di Indonesia. Terinspirasi dari film Paranormal Activity, film ini disajikan dengan sangat baik sesuai dengan nuansa lokal.


Film ini bercerita tentang sekelompok crew film yang hendak membuat film. Namun, di tengah proses pembuatan film, terjadi hal-hal aneh dan janggal. Sepanjang film, Anda akan menyaksikan akting yang natural dari para pemain. Tidak ada make up berlebihan dan pemain berperan menggunakan nama asli mereka, semuanya dikemas dengan apik oleh Monty Tiwa.

No.2

Soraya Intercine FilmsMalam Satu Suro

Karya klasik dari legenda horor Indonesia

Siapa yang tidak kenal Suzzanna? Artis yang dikenal sebagai "Ratu Film Horor Indonesia" ini akan membuat Anda susah tidur setelah menonton filmnya. Meski jadul, Malam Satu Suro merupakan salah satu film horor paling seram Indonesia yang akan membuat Anda bergidik.


Film setan ini menceritakan arwah wanita berwujud sundal bolong yang dihidupkan kembali menjadi manusia oleh seorang dukun. Tidak hanya adegan seram, film ini menyelipkan kisah drama dan sejumlah adegan lucu yang legendaris. Recommended untuk para penggemar film horor klasik!

No.3

Unsur komedinya pas untuk Anda yang belum terlalu berani dengan film horor

Anda ingin nonton film horor tetapi belum terlalu berani? Cobalah untuk menonton Ghost Writer. Meskipun merupakan film horor, Ghost Writer memiliki sedikit unsur komedi dan drama. Dengan demikian, film ini tidak hanya berfokus untuk menakut-nakuti orang saja. Film ini bercerita tentang Naya yang menemukan buku harian di dalam rumah lama sesaat setelah pindah.


Naya, yang diperankan oleh Tatjana Saphira, berpikir untuk menerbitkan cerita-cerita di dalamnya menjadi sebuah buku. Sayangnya, pemilik buku tersebut yang telah meninggal dunia tak terima ceritanya dijadikan sebagai konsumsi publik dan mulai meneror Naya. Apakah Naya benar-benar akan menerbitkannya?

No.4

Starvision Plus, Indie PictureKafir: Bersekutu dengan Setan

Kengerian teror ilmu hitam yang mencekam

Apabila Anda ingin menonton film horor dengan unsur klenik yang kuat, jatuhkanlah pilihan Anda pada film ini. Kafir: Bersekutu dengan Setan melibatkan Sujiwo Tejo, aktor dan budayawan yang dikenal dengan gaya nyentrik. Di film ini beliau berperan sebagai seorang dukun kampung.


Tidak seperti mayoritas film horor Indonesia, film ini tidak banyak menampilkan sosok hantu menyeramkan atau suara mengagetkan. Anda akan dibawa terhanyut oleh misteri yang berfokus kepada teror paranormal yang tiba-tiba dialami sebuah keluarga.

No.5

Rapi Films, BASE Entertainment, CJ Entertainment, Ivanhoe PicturesPerempuan Tanah Jahanam

Film brutal yang memacu adrenalin meski minim jumpscare

Jika Pengabdi Setan berhasil menakuti Anda dengan sosok "Ibu", Perempuan Tanah Jahanam justru memacu adrenalin Anda tanpa sosok seram. Brutalnya orang-orang, sinematografi yang ber-mood suram, dialog yang bikin merinding akan Anda saksikan sepanjang film. Akting dari para pemainnya pun patut diacungi jempol.


Film ini berkisah tentang Maya (Tara Basro) yang pergi ke kampung asalnya, tempat di mana rumah warisannya berada. Namun, ternyata kembalinya Maya justru membawa petaka baginya. Petaka seperti apa yang dihadapi Maya? Tonton kengeriannya sekarang juga!

No.6

Lifelike PicturesPintu Terlarang

Film horor Indonesia yang mendunia

Siapa bilang bahwa film horor Indonesia memiliki kualitas yang buruk? Film horor yang satu ini membuktikan bahwa stigma tersebut salah. Pintu Terlarang adalah film horor yang disutradarai oleh Joko Anwar dan dirilis pada 2009. Film ini meraih penghargaan Best of Puchon di Korea Selatan dan diputar di Festival Film Internasional Rotterdam ke-38.


Film ini bercerita tentang seorang lelaki bernama Gambir (Fachry Albar) yang hidupnya sangat nyaman. Selain kesuksesan karir, Gambir juga dikelilingi oleh orang-orang yang sangat suportif terhadapnya. Namun, di balik kesempurnaan hidupnya, ada kisah mengerikan. Penasaran? Langsung tonton saja, ya!

No.7

Awas, bisa bikin Anda trauma dengan sosok "Ibu" dan suara lonceng!

Film ini merupakan hasil remake dari Pengabdi Setan yang tayang pada 1980 silam. Sejak kemunculannya pada 2017, film ini sudah ditayangkan di sejumlah negara, seperti Malaysia, Singapura, dan Amerika Serikat. Pengabdi Setan disebut-sebut sebagai salah satu masterpiece Joko Anwar yang memenangkan banyak penghargaan.


Pengabdi Setan menceritakan sebuah keluarga yang tiba-tiba mengalami serangkaian kejadian aneh di rumah mereka. Rangkaian peristiwa misterius tersebut dimulai setelah ibu mereka meninggal dunia karena sakit. Jangan mengaku pemberani kalau belum menyaksikan film horor yang satu ini!

No.8

Tanpa adegan dewasa, film ini cocok ditonton oleh para remaja

Anda menyukai film yang mempermainkan emosi? Asih 2 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ditonton. Film ini menceritakan tentang sepasang suami istri yang dipertemukan dengan seorang anak kecil lewat kecelakaan. Anak tersebut akhirnya diadopsi dan diharapkan dapat menambah keceriaan di keluarga mereka.


Namun, sejak membawa anak tersebut ke dalam rumah, ada teror yang mengikuti keluarga mereka. Misterius, bukan? Film ini juga cocok ditonton oleh para remaja karena tidak menayangkan adegan dewasa.

No.9

MD Pictures, Pichouse FilmsKKN di Desa Penari

Dari thread Twitter populer menjadi film layar lebar

Film horor Indonesia yang satu ini mungkin tidak asing di telinga masyarakat. Tahun 2019 lalu, KKN di Desa Penari merupakan cerita di thread Twitter yang sempat viral. Pada 2022, akhirnya kisah ini diangkat menjadi sebuah film. Sebagai salah satu film horor yang dirilis pada 2022, KKN di Desa Penari sukses menarik perhatian anak-anak muda.


Kejadian demi kejadian yang ditampilkan dijamin membuat bulu kuduk Anda tak berhenti merinding sepanjang menonton film ini. Nuansa mistis yang kental dan mencekam sangat terasa dalam setiap scene-nya. Pantas saja film ini menyedot perhatian publik dan disebut-sebut sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa.

No.10

Frontier Pictures, Legacy Pictures, Rapi FilmsSebelum Iblis Menjemput: Ayat Dua

Teror mematikan dari sosok Iblis menyeramkan siap membuat Anda jantungan!

Anda telah menonton Sebelum Iblis Menjemput yang pertama dan penasaran akan kelanjutannya? Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 hadir menjawab rasa penasaran Anda. Film berdurasi 1 jam 49 menit ini memberikan teror baru bagi Alfie dan kawan-kawannya. Hal tersebut akan membuat jantung Anda berdegup kencang karena jumpscare-nya.


Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 memiliki plot cerita yang tidak kalah gelap dari yang pertama. Alfie masih harus berhadapan dengan Molokh, sosok yang disembah oleh mendiang ayahnya di judul sebelumnya. Pastikan Anda siap untuk menonton karena film setan karya Timo Tjahjanto ini siap menghantui Anda sejak menit pertama!

Baca juga rekomendasi tontonan lainnya di sini

Selain film horor Indonesia, tentu masih banyak tontonan lain yang sayang bila Anda lewatkan. Berikut ini telah kami siapkan berbagai rekomendasi judul film dan serial terbaik untuk dimasukkan ke dalam watch list. Semuanya dapat Anda simak dalam artikel-artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas rekomendasi film horor Indonesia beserta cara memilihnya. Apakah Anda tertarik untuk menonton salah satunya? Semoga artikel ini membantu Anda menemukan film yang tepat untuk ditonton akhir pekan nanti.


Menonton film horor Indonesia tidak hanya dapat mengisi waktu luang, tetapi juga bisa menjadi hobi mengasyikkan. Jangan lupa untuk memperhatikan subgenre, pembuat film, rating, tahun rilis, serta review penonton lainnya, ya. Selamat memilih dan bersiaplah merinding ketakutan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer