• 10 Rekomendasi Kacamata Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kacamata Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kacamata Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kacamata Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kacamata Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kacamata Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Mau rutin berenang, tetapi masih ragu untuk membeli kacamata renang? Pada artikel ini, kami akan membahas tentang fungsi kacamata renang, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Kacamata renang tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari yang lensanya lebar hingga yang bagian nose bridge-nya bisa dilepas pasang. 


Lensa kacamata renang juga bermacam-macam warnanya, ada yang bening, metallic, dan warna lainnya. Kacamata renang seperti apa yang pas untuk Anda? Simak pembahasannya di bawah ini, ya. Beberapa rekomendasi produk dari merek ternama, seperti Speedo, VIEW, dan Swans juga ada di sini. 

  • Pembaharuan terakhir: 06 Oktober 2021
  • 1.916 Views
Daftar isi

Fungsi kacamata renang

Fungsi kacamata renang

Perlukah Anda memakai kacamata renang? Mungkin ada orang yang lebih nyaman tidak memakai kacamata renang saat berenang. Namun, sebaiknya Anda menggunakan kacamata renang untuk tujuan kenyamanan dan keamanan. Kacamata renang membuat Anda bisa melihat kondisi bawah air dengan lebih jelas. 


Selain itu, alasan yang lebih penting lagi adalah untuk menjaga kesehatan mata Anda. Air kolam mengandung kaporit dan senyawa lainnya yang membuat mata Anda mudah teriritasi


Saat tidak memakai kacamata renang, mata Anda akan terasa perih dan akhirnya Anda tidak bisa berlama-lama di kolam. Kacamata renang juga berfungsi untuk melindungi mata dari kuman-kuman yang tidak terlihat. Jadi, pakailah kacamata renang, ya!

Cara memilih kacamata renang

Berikut ini ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih kacamata renang, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Pilihlah kacamata berdasarkan kebutuhan, kesesuaian ukurannya, fitur yang dimiliki, dan warna lensanya.

Sesuaikan dengan level Anda

Untuk memudahkan Anda dalam memilih, tentukan dahulu tujuan Anda berenang. Apakah tujuannya untuk main-main saja, latihan, atau kompetisi? Kami membaginya ke dalam tiga jenis level kacamata renang, yakni pemula, menengah, dan advanced.

Pemula: Pilih kacamata yang mudah dipakai dengan lensa besar

Pemula: Pilih kacamata yang mudah dipakai dengan lensa besar

Jika Anda baru pertama kali berenang atau ingin mengajari anak Anda berenang, pilihlah kacamata dengan lensa berukuran besar. Kacamata ini cenderung nyaman dan membuat Anda bisa melihat kondisi bawah air dengan jelas. Untuk pemula, yang diutamakan adalah penyesuaian agar bisa menyukai aktivitas berenang. Pilihlah kacamata yang mudah dipakai dan tidak perlu penyesuaian yang rumit.


Tipe kacamata renang untuk pemula sering digunakan juga untuk berekreasi atau sekadar main air. Kekurangannya, kacamata renang ini termasuk kurang mumpuni dari segi kestabilan. Air lebih mudah masuk ke dalam kacamata karena lensanya yang besar dan bisa menimbulkan celah-celah tak terlihat. Selain itu, Anda akan kesulitan saat ingin berenang dengan cepat karena ketidakstabilan tersebut.

Menengah: ukuran lensa yang kecil dan stabil

Menengah: ukuran lensa yang kecil dan stabil

Saat Anda mulai senang berenang dan rutin melakukannya setiap hari, mulailah berganti kacamata yang lebih serius. Kacamata renang untuk latihan memiliki ukuran lensa yang lebih kecil dibandingkan kacamata untuk pemula. Namun, kacamata ini masih mudah dipakai karena tidak perlu penyesuaian yang terlalu rumit. 


Dari segi kestabilan, bisa dibilang kacamata ini berada di level sedang. Anda sudah bisa latihan renang dengan kecepatan tinggi tanpa khawatir kacamatanya tidak stabil atau kemasukan air. Namun, untuk performa yang lebih maksimal, Anda perlu beralih ke kacamata renang advanced.

Advanced: dilengkapi adjustable straps dan nose bridge yang bisa dilepas pasang

Advanced: dilengkapi adjustable straps dan nose bridge yang bisa dilepas pasang

Kacamata renang jenis advanced digunakan untuk kompetisi. Ukurannya yang pas di mata menjadi kriteria mutlak yang harus Anda miliki. Beberapa kacamata untuk kompetisi bisa dilepas bagian nose bridge-nya. Kacamata seperti ini sering disebut swedish googles. Tali bagian belakangnya juga bisa disesuaikan dengan lebih detail. 


Kacamata renang untuk kompetisi mungkin akan mengorbankan sedikit kenyamanan Anda. Ukuran yang sangat pas di mata bisa memberikan tekanan yang besar. Namun, karena perlombaan hanya dilakukan beberapa detik, rasanya hal tersebut tidak menjadi masalah.

Pastikan ukurannya pas untuk Anda

Pastikan ukurannya pas untuk Anda

Membeli kacamata renang yang pas di mata akan membuat Anda nyaman saat berenang. Kuncinya, perhatikan bagian strap dan seal-nya. Kebanyakan orang hanya memperhatikan bagian strap-nya, padahal seal juga berperan dalam membuat kacamata pas di wajah. Seal berada sebagai bantalan kacamata yang bersentuhan dengan area kelopak mata Anda. Seal umumnya terbuat dari karet silikon.


Saat dipasang, karet silikon ini mempunyai daya isap (suction) yang membuatnya tidak bisa kemasukan air dari luar. Selain seal-nya, pastikan nose bridge-nya nyaman di hidung dan talinya nyaman di telinga Anda. Untuk sensasi renang yang lebih maksimal, Anda bisa memilih kacamata yang nose bridge-nya bisa dilepas pasang. 


Kacamata yang lensanya terlalu besar juga berpotensi menyebabkan air masuk ke dalam kacamata. Jadi, pilihlah lensa yang hanya sedikit lebih besar dari ukuran mata Anda.


Jika Anda membeli kacamata renang secara offline, pastikan Anda mencobanya terlebih dahulu. Namun, jika Anda membeli secara online, pastikan toko tersebut memiliki fitur refund. Dengan demikian, jika kacamata yang Anda beli kurang pas, Anda bisa menukarnya dengan mudah.

Sesuaikan warna lensa dengan area Anda berenang

Sesuaikan warna lensa dengan area Anda berenang

Warna lensa tidak hanya memengaruhi penampilan Anda, tetapi juga visibilitas Anda saat berenang. Anda bisa memilih warna lensa kacamata tergantung tempat Anda berenang. Umumnya, pilihlah kacamata yang berwarna gelap saat berenang di kolam outdoor untuk mencegah paparan sinar UV secara langsung. Sebaliknya, pilihlah lensa berwarna terang saat Anda berada di kolam indoor.


Berikut ini, ada beberapa contoh warna lensa kacamata renang beserta fungsinya. Mari disimak.

  • Clear: Gunakan saat berenang di area yang teduh, misalnya kolam renang indoor.
  • Mirrored: Kebalikan dari lensa clear, lensa ini khusus digunakan saat berenang di area outdoor. Fungsi utama lensanya mengurangi kecerahan serta pantulan cahaya yang intens.
  • Lilac: Didesain untuk memberikan visibilitas lebih untuk membedakan benda dengan latar belakang warna biru dan hijau. Anda bisa menggunakannya baik di kolam outdoor maupun indoor.
  • Smoke: Paling bagus digunakan untuk berenang di laut atau open water. Lensa ini didesain untuk mengurangi transmisi cahaya matahari dan mengurangi kecerahannya. 
  • Blue: Didesain untuk area dengan tingkat kecerahan sedang. Lensa berwarna biru membuat Anda nyaman dan tidak terganggu dengan silaunya cahaya di area tersebut. Anda bisa menggunakannya di area indoor atau outdoor

Utamakan yang memiliki fitur antifog dan anti-UV

Utamakan yang memiliki fitur antifog dan anti-UV

Setelah semua faktor esensial terpenuhi, sekarang Anda boleh memilih kacamata renang berdasarkan fitur-fiturnya. Beberapa masalah utama yang sering dihadapi saat berenang adalah pandangan kabur akibat kacamata berkabut. 


Oleh karena itu, Anda perlu mengecek apakah lensa kacamata renang pilihan Anda dilengkapi antifog atau tidak. Usahakan memilih lensa kacamata renang yang antifog, apalagi jika Anda ingin bertanding.


Selain itu, kacamata dengan anti-UV juga bisa menjadi pilihan menarik. Dengan fitur ini, pandangan mata Anda jadi lebih aman dari pancaran sinar matahari dan tidak silau. Kacamata antifog dan anti-UV adalah kombinasi yang paling pas jika Anda ingin berenang di laut lepas.

10 Rekomendasi kacamata renang terbaik

Sekarang, waktunya Anda memilih sepuluh produk dari merek-merek terbaik yang sudah kami kurasi. Anda bisa membeli lebih dari satu agar bisa gonta-ganti kacamata renang! 

10

SpeedsKacamata Renang Mirrored Anti Fog UV + Earplug

LX 5100

Mulai dari Rp 55.000,00

Level penggunaPemula
Warna lensaHitam, pink, biru
Antifog✔︎
Anti-UV✔︎
9
Level penggunaPemula
Warna lensaBiru
Antifog✔︎
Anti-UVX
8
Level penggunaPemula
Warna lensaClear
Antifog✔︎
Anti-UV✔︎
7
Level penggunaMenengah
Warna lensaX
Antifog✔︎
Anti-UV✔︎
6
Level penggunaMenengah
Warna lensaSilver
Antifog✔︎
Anti-UV✔︎
5
Level penggunaMenengah
Warna lensaBL (biru muda), BRSL (abu-abu), SK (hitam)
Antifog✔︎
Anti-UV✔︎
4

Mad WaveStreamline

Mulai dari Rp 250.000,00

Level penggunaAdvanced
Warna lensaAzure, blue, grey
Antifog✔︎
Anti-UV✔︎
3

ArenaSwim Googles Mirror

AGG-280M FSPK

Mulai dari Rp 249.000,00

Level penggunaMenengah
Warna lensaMirror
AntifogX
Anti-UV✔︎
2

Yamamoto Kogaku Swans SEVEN Open Water Triathlon One Piece Mirror Model

Mulai dari Rp 385.000,00

Level penggunaAdvanced
Warna lensaSilver mirror, emerald mirror, shadow mirror, flash blue mirror
Antifog✔︎
Anti-UV✔︎
1
Level penggunaAdvanced
Warna lensaSmoke, blue
Antifog✔︎
Anti-UV✔︎

Tabel perbandingan produk kacamata renang terbaik

Gambar produk
1
Speedo Aquapulse Pro Goggles  1

Speedo

2
Yamamoto Kogaku  Swans SEVEN Open Water Triathlon One Piece Mirror Model 1

Yamamoto Kogaku

3
Arena Swim Googles Mirror 1

Arena

4
Mad Wave Streamline 1

Mad Wave

5
Tabata  VIEW X-treme 1

Tabata

6
Hamlin Qanic 1

Hamlin

7
Intex Water Pro Googles 1

Intex

8
Ploopy Swim Google - Frog 1

Ploopy

9
Decathlon NABAIJI Kacamata renang 100 Xbase 1

Decathlon

10
Speeds Kacamata Renang Mirrored Anti Fog UV + Earplug 1

Speeds

Nama produk

Aquapulse Pro Goggles

Swans SEVEN Open Water Triathlon One Piece Mirror Model

Swim Googles Mirror

Streamline

VIEW X-treme

Qanic

Water Pro Googles

Swim Google - Frog

NABAIJI Kacamata renang 100 Xbase

Kacamata Renang Mirrored Anti Fog UV + Earplug

Keunggulan

Dilengkapi teknologi IQfit, air dijamin tidak tembus

Dapatkan peripheral vision yang tak tertandingi!

Ukurannya bisa disesuaikan hingga pas dan nyaman!

Andalan untuk Anda yang punya mata minus

Perlindugan maksimal berpadu dengan visibilitas super

Desain stylish dan gampang dilepas pasang

Sinar UV dan kabut tak bisa masuk berkat lensa polycarbonate

Kacamata berbentuk katak, bikin suasana makin fun

Warna yang colorful memikat anak-anak!

Produk komplet dengan harga terjangkau

Harga mulai dariRp 350.000,00Rp 385.000,00Rp 249.000,00Rp 250.000,00Rp 399.500,00Rp 998.000,00Rp 99.000,00Rp 59.500,00Rp 75.000,00Rp 55.000,00
Level penggunaAdvancedAdvancedMenengahAdvancedMenengahMenengahMenengahPemula PemulaPemula
Warna lensaSmoke, blueSilver mirror, emerald mirror, shadow mirror, flash blue mirrorMirror Azure, blue, greyBL (biru muda), BRSL (abu-abu), SK (hitam)SilverXClearBiruHitam, pink, biru
Antifog✔︎✔︎X✔︎✔︎ ✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎
Anti-UV✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎ ✔︎✔︎✔︎X✔︎
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan renang lainnya di sini

Selain kacamata renang, Anda juga membutuhkan peralatan lainnya seperti baju dan celana renang. Perlengkapan lainnya seperti sunblock atau ban renang juga bagus untuk dimiliki. Silakan klik tautan di bawah ini untuk melihat rekomendasi produknya.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mendapatkan produk kacamata renang terbaik? Renang sangat bagus bagi pertumbuhan anak jika dibiasakan sejak kecil. Dalam memilih kacamata renang, sesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Kacamata renang untuk pemula tentunya berbeda dengan kacamata untuk kompetisi.


Setelah itu, pastikan kacamata renangnya pas dan nyaman saat dipakai. Warna lensa juga memengaruhi kenyamanan dan tampilan Anda di dalam air, jadi silakan cermati hal ini juga, ya. Semoga artikel ini membantu Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Baju Renang Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baju Renang Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    Wanita yang gemar berenang pasti akan membutuhkan baju renang. Jenis baju renang pun disesuaikan dengan kegunaannya misalnya untuk latihan atau mengikuti kompetisi. Masalahnya, baju renang tersedia dalam beragam model di pasaran, Anda bisa saja kebingungan saat hendak membelinya. Agar Anda semakin mudah menemukan produk yang sesuai, kami akan menjelaskan cara memilihnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi baju renang terbaik untuk wanita dalam artikel ini. Anda akan menemukan baju renang berkualitas keluaran Speedo, Finis, Mad Wave, dan sebagainya. Selamat memilih!
    Olahraga air
    13.814 Views
  • 10 Merk Baju Renang Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Baju Renang Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Berenang merupakan aktivitas yang bagus untuk anak-anak ataupun dewasa. Aktif berenang sejak dini dapat membuat anak tumbuh sehat dan berpostur tinggi. Di samping itu, berenang merupakan kegiatan tamasya yang menyenangkan bersama keluarga. Namun, untuk menjaga keamanan saat berenang, anak harus mengenakan baju renang.Apakah Anda sedang mencari rekomendasi baju renang anak? Jika ya, Anda sudah berada di artikel yang tepat. Kami akan mengulas beberapa merek baju renang terbaik untuk anak. Anda dapat memilih produk-produk dari Lee Vierra, Lasona, atau Floswim. Simak informasinya sampai selesai, ya!
    Olahraga air
    4.514 Views
  • 10 Rekomendasi Baju Renang Muslimah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baju Renang Muslimah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baju renang merupakan item yang diperlukan jika Anda ingin berolahraga renang. Bahkan, sudah banyak kolam renang yang melarang masuk pengunjungnya jika tidak mengenakan baju renang. Namun, wanita muslimah mungkin akan lebih sulit mencari produk yang tetap dapat menutup aurat sesuai dengan syariat.Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih baju renang muslimah untuk Anda. Kami pun akan memperkenalkan berbagai model baju renang, mulai dari keluaran Lee Vierra, Corenation Active, Nay Sportswear, dan sebagainya. Agar tidak menyita waktu lebih lama, langsung saja simak penjelasan kami selengkapnya!
    Olahraga air
    3.908 Views
  • 10 Rekomendasi Peralatan Snorkeling Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Peralatan Snorkeling Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Snorkeling adalah kegiatan menyelam yang hanya sebatas di permukaan laut. Peralatan yang lengkap penting untuk dimiliki agar nyaman saat snorkeling. Berbagai merek, seperti Intex, Cressi, dan Mares menjual paket peralatan snorkeling yang lengkap, baik dengan fins maupun tanpa fins. Ada juga yang menawarkan paket snorkeling dengan drain valve snorkel atau mask berlensa binokular.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih peralatan snorkeling untuk anak-anak dan dewasa. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh peralatan snorkeling terbaik. Jadikan artikel ini sebagai referensi Anda untuk memilih produk yang tepat!
    Olahraga air
    12.610 Views
  • 10 Rekomendasi Diving Fins (Kaki Katak) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Diving Fins (Kaki Katak) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ada berbagai cara untuk menikmati kegiatan menyelam. Anda bisa melakukan scuba diving (menyelam dengan tabung nitrogen) atau free diving (menyelam tanpa tabung). Sehubungan dengan aktivitas menyelam ini, Anda memerlukan diving fins atau kaki katak agar dapat menyelam dengan cepat dan mudah. Namun, diving fins seperti apa yang cocok untuk dipilih?Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih diving fins. Kami juga telah menyiapkan beberapa rekomendasi dari merek ternama, seperti Cressi, Scubapro, dan lain sebagainya yang dapat Anda pertimbangkan. Yuk, simak informasi selengkapnya!
    Olahraga air
    8.298 Views
  • 10 Rekomendasi Papan Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Papan Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Papan renang atau biasa disebut kickboard lazim digunakan untuk belajar berenang di tahap awal. Berbeda dengan baju renang, papan renang biasa disewakan oleh pemilik kolam renang. Sayangnya, karena dipakai oleh banyak orang, kebanyakan sudah kotor sehingga disarankan Anda memiliki papan renang sendiri. Namun, bagaimana cara memilih papan renang yang tepat di tengah banyaknya produk di pasaran?Untuk membantu Anda menemukan papan renang terbaik, simaklah terlebih dahulu cara memilih yang akan kami jabarkan berikut. Kami pun akan memberikan rekomendasi produksi Speedo, Mad Wave, Naturehike, dan sebagainya untuk Anda. Agar tidak menyita waktu lebih lama, langsung saja simak penjelasan kami selengkapnya!
    Olahraga air
    2.167 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori