• 10 Skincare Aloe Vera Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Skincare Aloe Vera Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Skincare Aloe Vera Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Skincare Aloe Vera Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Skincare Aloe Vera Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Skincare Aloe Vera Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Aloe vera dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Namun, tentunya tidak mudah jika Anda harus mengolah sendiri tanaman lidah buaya menjadi skincare. Untuk itu, Anda bisa menggunakan produk perawatan dengan kandungan Aloe vera agar lebih praktis.


Di pasaran, ada skincare Aloe vera yang bagus dari merek lokal, seperti Wardah dan Emina, hingga merek Korea, seperti Nature Republic, The Saem, dan Innisfree. Agar Anda menemukan produk skincare Aloe vera yang tepat. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Putu Ayu Elvina dan dr. Ida Ayu Diah Purnama.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Putu Ayu Elvina
dr. Ida Ayu Diah
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Putu Ayu Elvina dan dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia.


Saat ini dr. Elvina berpraktek di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Dokter yang lebih dikenal dengan dr. Dayu Diah ini memiliki akreditasi praktik dari Universitas Udayana. Saat ini beliau merupakan salah satu staff pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Ganesha. Beliau berpengalaman banyak dalam menangani masalah penyakit kulit, kelamin, maupun estetika.


Beliau berpengalaman kerja di beberapa rumah sakit dan klinik, seperti Rumah Sakit KDH-Bros, Puriva Clinic Sunset Road, dan Euderna Clinic Singaraja. Untuk berkonsultasi melalui telemedicine, Anda dapat menghubunginya melalui Halodoc.

Khasiat Aloe vera

Khasiat Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya adalah tanaman yang dikenal berkhasiat untuk kesehatan. Aloe vera memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak pada luka. Aloe vera sangat baik untuk membantu proses penyembuhan luka.


Di sisi lain, Aloe vera juga kaya akan antioksidan, mineral, serta vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Manfaat penting lainnya adalah Aloe vera sebagai moisturizer yang meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Efek ini akan berfungsi sebagai meningkatkan kelembaban dan kekenyalan kulit serta anti-aging yang mengurangi kerutan.


Aloe vera juga dapat melembutkan kulit, mengencangkan pori, mengurangi peradangan akibat sunburn, memiliki efek soothing, antiacne, dan antiseptik. Jadi, jangan heran jika banyak produk skincare yang menggunakan Aloe vera sebagai bahan utamanya. Aloe vera dinilai dapat mengatasi kekeringan pada kulit, menghilangkan jerawat, bahkan bisa membantu membersihkan wajah.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih skincare Aloe vera

Setelah mengetahui khasiat Aloe vera, kini saatnya memilih produknya. Namun, bagaimana memilih produk yang tepat? Silakan Anda simak tipsnya berikut ini.

Carilah jenis produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Produk skincare Aloe vera hadir dalam beragam jenis. Mulai dari cleanser, toner, serum, face mist, sampai masker. Anda bisa memilih jenis produknya sesuai dengan kebutuhan Anda. Nah, agar Anda tahu jenis produk apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda, silakan simak pemaparannya berikut ini. 

Cleanser, membersihkan wajah atau tubuh dari kotoran

Cleanser, membersihkan wajah atau tubuh dari kotoran

Cleanser digunakan untuk Anda yang mencari produk untuk membersihkan wajah atau tubuh dari kotoran. Untuk wajah, produknya biasa disebut dengan istilah facial wash, foam cleanser, atau cream cleanser. Sementara itu, untuk tubuh produknya biasa disebut dengan istilah body wash. 


Cleanser dengan kandungan Aloe vera dikenal aman digunakan untuk kulit sensitif karena dapat membersihkan sekaligus melembapkan kulit Cleanser juga merupakan tahapan pertama dalam urutan skincare. Hal ini karena kulit yang bersih membuatnya siap untuk menerima produk perawatan selanjutnya. 

Toner, membantu menyeimbangkan pH kulit

Toner, membantu menyeimbangkan pH kulit

Toner adalah skincare yang biasanya digunakan untuk membersihkan kulit dengan optimal. Toner juga berperan untuk mengembalikan pH kulit setelah mencuci muka sehingga kulit bisa menyerap skincare selanjutnya dengan lebih baik


Berdasarkan fungsinya, toner dibedakan menjadi empat macam, yakni exfoliating toner, hydrating toner, balancing toner, dan clarifying toner. Toner yang mengandung Aloe vera biasanya masuk ke dalam kategori hydrating toner.

Soothing gel, menenangkan dan menghidrasi kulit

Soothing gel, menenangkan dan menghidrasi kulit

Soothing gel adalah gel yang berfungsi untuk menenangkan dan menghidrasi kulit. Soothing gel dapat digunakan pada wajah maupun tubuh. 


Soothing gel dengan kandungan Aloe vera dapat membantu menyejukkan kulit. Anda bisa mengaplikasikannya saat cuaca panas ataupun saat kulit mengalami sunburn. Selain itu, setelah Anda selesai bercukur, soothing gel juga dapat diaplikasikan untuk mencegah iritasi. 


Soothing gel juga merupakan salah satu skincare Aloe vera yang berkhasiat untuk kulit berjerawat. Soothing gel Aloe vera dikenal dapat meredakan jerawat yang meradang atau mengurangi beruntusan di wajah. Namun, Anda yang memiliki tipe wajah berjerawat sebaiknya tetap menggunakan skincare untuk pengobatan karena aloe vera saja tidak cukup.

Masker, perawatan ekstra untuk melembapkan kulit Anda

Masker, perawatan ekstra untuk melembapkan kulit Anda

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan ekstra untuk kulit wajah Anda, silakan Anda coba masker Aloe vera. Masker Aloe vera dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus menutrisi dan melembapkan kulit Anda. 


Di pasaran, ada tiga macam masker Aloe vera, yaitu:

  • Sheet mask Aloe vera, yaitu masker paling praktis yang bisa dipakai dengan menempelkan lembaran maskernya. 
  • Clay mask, yaitu tipe masker oles berbentuk clay yang ampuh menyerap kotoran dan minyak berlebih. 
  • Peel off mask Aloe vera yang dapat mengatasi masalah pori-pori, seperti komedo dan sel kulit mati. 

Pilih dan gunakan masker sesuai kebutuhan kulit. Pemakaian masker yang berlebihan untuk kulit berminyak dan berjerawat tidak disarankan karena bisa menyumbat pori.

Serum dan essence, merawat wajah dengan kandungan bahan aktif yang lebih kuat

Serum dan essence adalah produk skincare yang mengandung sejumlah bahan aktif, seperti vitamin, asam amino, dan antioksidan. Selain itu, serum maupun essence memiliki ukuran partikel yang paling kecil dibandingkan produk skincare lainnya. Oleh karena itu, serum atau essence dapat terpenetrasi ke kulit dengan baik dan menutrisi kulit secara mendalam. 

Lotion dan cream, melembutkan kulit dengan wangi yang menyenangkan

Lotion dan cream, melembutkan kulit dengan wangi yang menyenangkan

Lotion dan cream sama-sama berperan untuk melembutkan kulit. Untuk produk skincare Aloe vera, jenis lotion banyak ditemukan dalam bentuk body lotion. Sementara jenis cream banyak ditemukan dalam bentuk face cream atau moisturizing cream


Body lotion dan face cream biasanya memiliki wangi yang lebih kuat dibandingkan jenis skincare lainnya. Pilihlah produk yang wanginya tidak terlalu kuat agar tidak memberikan efek negatif pada kulit. Untuk kulit yang sensitif pilihlah produk tanpa pewangi.

Face mist, menyegarkan kulit secara instan

Face mist, menyegarkan kulit secara instan

Saat beraktivitas di bawah terik matahari atau berada di ruangan ber-AC, kulit bisa kehilangan kelembapannya. Pada saat hal seperti itu terjadi, Anda hanya perlu menyemprotkan face mist Aloe vera pada wajah Anda. Face mist Aloe vera dapat mengembalikan kesegaran kulit secara instan tanpa merusak makeup Anda.


Namun, saat Anda memakai riasan tebal, face mist hanya memberikan kesan dingin dan segar tanpa manfaat lainnya. Untuk pemakaian sehari-hari, biasakanlah memakai skincare saja atau makeup tipis agar kulit tetap sehat.

Periksa jumlah kandungan Aloe vera yang terdapat di dalam suatu produk

Produk skincare Aloe vera, tentu yang diutamakan adalah kandungan Aloe vera-nya. Untuk itu, Anda perlu mengecek jumlah kandungan Aloe vera yang terdapat dalam suatu produk. Anda bisa melihatnya dengan memperhatikan urutan Aloe vera pada bagian komposisi. Makin awal urutannya, maka makin besar kandungan Aloe vera-nya.


Beberapa produk skincare Aloe vera bahkan dengan gamblang menuliskan presentase kandungan Aloe vera pada bagian kemasannya. Jadi, silakan Anda perhatikan kemasan dan bagian komposisi dengan saksama. Apabila ingin mendapatkan manfaat maksimal dari Aloe vera, pilihlah produk yang hanya mengandung Aloe vera tanpa bahan aktif lainnya.

Perhatikan kandungan bahan lainnya yang bermanfaat untuk kulit

Perhatikan kandungan bahan lainnya yang bermanfaat untuk kulit

Selain Aloe vera sebagai kandungan utama, Anda bisa memperhatikan kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kulit. Berikut ini adalah beberapa kandungan lainnya yang biasanya ada dalam produk skincare Aloe vera dan bermanfaat untuk kulit.


  • Ceramide: melindungi lapisan kulit dan mengunci kelembapan
  • Hyaluronic acid: menambah dan mempertahankan kelembapan kulit
  • Olive oil: membantu mengecilkan pori-pori wajah. Olive oil memiliki comedogenic rating berskala 2. Oleh karena itu, bahan ini tidak disarankan untuk kulit berminyak dan berjerawat.
  • Shea butter: melembapkan kulit
  • Allantoin: bersifat anti-inflamasi dan bisa menghidrasi kulit
  • Glycerin: mempertahankan kelembapan kulit

10 Rekomendasi skincare Aloe vera terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk skincare Aloe vera terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Putu Ayu Elvina dan dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari.

10
Jenis produkCleanser
Jumlah kandungan Aloe veraTidak ada keterangan
Kandungan lainnyaPentylene glycol, butylene glycol, sorbitol, glycerin, shea butter, Orbignya oleifera seed oil, caprylyl glycol
9

WardahNature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

Mulai dari Rp 17.000,00

Jenis produkCleanser
Jumlah kandungan Aloe veraTidak ada keterangan
Kandungan lainnyaPropylene glycol, glycerin, sodium PCA, ethylhexylglycerin
8

UnileverVaseline® Intensive Care™ Aloe Soothe Lotion

Mulai dari Rp 42.200,00

Jenis produkLotion
Jumlah kandungan Aloe veraTidak ada keterangan
Kandungan lainnyaGlycerin
7
Jenis produkCream
Jumlah kandungan Aloe vera87,48%
Kandungan lainnyaButylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate, arginine, ethylhexylglycerin, allantoin, Chlorophyllin-copper complex
6

EverwhitePeel Off Mask (Cucumber & Aloe Vera)

Mulai dari Rp 97.000,00

Jenis produkMasker
Jumlah kandungan Aloe veraTidak ada keterangan
Kandungan lainnyaAscorbic acid, niacinamide, propylene glycol, glycerin, cucumber fruit extract, cammomile, allantoin, tocopheryl acetate
5
Jenis produkMasker
Jumlah kandungan Aloe vera92%
Kandungan lainnyaSeaweed sugar, alpha arbutin, sodium PCA, ginseng extract, hydrolyzed pearl, bearberry Gan, glycerol, propylene glycol, hyaluronic acid, allantoin,
4
Jenis produkToner
Jumlah kandungan Aloe vera92%
Kandungan lainnyaJeju herb complex, giga white, butylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate, hyaluronic acid, ethylhexylglycerin
3

InnisfreeAloe Revital Skin Mist

Mulai dari Rp 150.000,00

Jenis produkMist
Jumlah kandungan Aloe vera94%
Kandungan lainnyaButylene glycol, madecassoside, Citrus unshiu peel extract, orchid extract, Cammelia sinensis leaf extract, Cammelia japonica leaf extract, Oppuntia coccinellifera fruit extract
2

Holika HolikaAloe 99% Soothing Gel (Fresh Moisturizing)

Mulai dari Rp 78.000,00

Jenis produkSoothing gel
Jumlah kandungan Aloe vera99%
Kandungan lainnyaMelissa officinalis leaf extract, Centella asiatica extract, Nelumbium speciosum flower extract, Bambusa vulgaris extract, Cucumis sativus (cucumber) fruit extract, Zea mays (corn) leaf extract, Brassica oleracea capitata (cabbage) leaf extract, Citrullus lanatus (watermelon) fruit extract, Dioscorea japonica root extract, Laminaria japonica extract, butylene glycol, glycerin, pentylene glycol, ethylhexylglycerin
1

Nature RepublicReal Squeeze Aloe Vera Essence

Mulai dari Rp 365.000,00

Jenis produkEssence
Jumlah kandungan Aloe veraTidak ada keterangan
Kandungan lainnyaButylene glycol, glycerin, dipropylene glycol, glycereth-26, Linum usitatissimum seed extract, pentylene glycol, Lactobacillus/punica granatum fruit ferment extract, Vitis vinifera fruit extract, diglycerin, polyglutamic acid

Tabel perbandingan produk skincare Aloe vera terbaik

Gambar produk
1
Nature Republic Real Squeeze Aloe Vera Essence 1

Nature Republic

2
Holika Holika Aloe 99% Soothing Gel (Fresh Moisturizing) 1

Holika Holika

3
Innisfree Aloe Revital Skin Mist  1

Innisfree

4
The Saem Jeju Fresh Aloe Toner 1

The Saem

5
Bioaqua Aloe Vera Soothing Gel Face Mask 1

Bioaqua

6
Everwhite Peel Off Mask (Cucumber & Aloe Vera) 1

Everwhite

7
COSRX Aloe Vera Oil-free Moisture Cream 1

COSRX

8
Unilever Vaseline® Intensive Care™ Aloe Soothe Lotion 1

Unilever

9
Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash 1

Wardah

10
The Body Shop Aloe Calming Cream Cleanser 1

The Body Shop

Nama produk

Real Squeeze Aloe Vera Essence

Aloe 99% Soothing Gel (Fresh Moisturizing)

Aloe Revital Skin Mist

Jeju Fresh Aloe Toner

Aloe Vera Soothing Gel Face Mask

Peel Off Mask (Cucumber & Aloe Vera)

Aloe Vera Oil-free Moisture Cream

Vaseline® Intensive Care™ Aloe Soothe Lotion

Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

Aloe Calming Cream Cleanser

Keunggulan

Percepat regenerasi kulit, samarkan bekas luka dan noda

Bisa dipakai di wajah, rambut, mata, badan, hingga kuku!

Kesegaran dalam satu semprotan

Menutrisi kulit Anda dengan kandungan ekstrak tanaman dari Pulau Jeju

Masker wajah ekonomis dengan banyak manfaat

Pori-pori bersih dan kulit mati terangkat, wajah jadi lebih cerah

Teruji hypoallergenic, aman untuk kulit sensitif dan kulit yang iritasi

Melembapkan dan menyegarkan kulit hingga 24 jam

Untuk kulit wajah yang tetap lembap sehabis mencuci muka

Membersihkan wajah Anda dengan lembut

Harga mulai dariRp 365.000,00Rp 78.000,00Rp 150.000,00Rp 229.000,00Rp 3.800,00Rp 97.000,00Rp 240.000,00Rp 42.200,00Rp 17.000,00Rp 179.000,00
Jenis produkEssenceSoothing gelMistTonerMaskerMaskerCreamLotionCleanserCleanser
Jumlah kandungan Aloe veraTidak ada keterangan99%94%92%92%Tidak ada keterangan87,48%Tidak ada keteranganTidak ada keterangan Tidak ada keterangan
Kandungan lainnyaButylene glycol, glycerin, dipropylene glycol, glycereth-26, Linum usitatissimum seed extract, pentylene glycol, Lactobacillus/punica granatum fruit ferment extract, Vitis vinifera fruit extract, diglycerin, polyglutamic acidMelissa officinalis leaf extract, Centella asiatica extract, Nelumbium speciosum flower extract, Bambusa vulgaris extract, Cucumis sativus (cucumber) fruit extract, Zea mays (corn) leaf extract, Brassica oleracea capitata (cabbage) leaf extract, Citrullus lanatus (watermelon) fruit extract, Dioscorea japonica root extract, Laminaria japonica extract, butylene glycol, glycerin, pentylene glycol, ethylhexylglycerinButylene glycol, madecassoside, Citrus unshiu peel extract, orchid extract, Cammelia sinensis leaf extract, Cammelia japonica leaf extract, Oppuntia coccinellifera fruit extractJeju herb complex, giga white, butylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate, hyaluronic acid, ethylhexylglycerinSeaweed sugar, alpha arbutin, sodium PCA, ginseng extract, hydrolyzed pearl, bearberry Gan, glycerol, propylene glycol, hyaluronic acid, allantoin,Ascorbic acid, niacinamide, propylene glycol, glycerin, cucumber fruit extract, cammomile, allantoin, tocopheryl acetateButylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate, arginine, ethylhexylglycerin, allantoin, Chlorophyllin-copper complexGlycerinPropylene glycol, glycerin, sodium PCA, ethylhexylglycerinPentylene glycol, butylene glycol, sorbitol, glycerin, shea butter, Orbignya oleifera seed oil, caprylyl glycol
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar skincare Aloe vera

Pertanyaan umum seputar skincare Aloe vera

Selain cara memilih dan rekomendasi produk, kami juga menghimpun pertanyaan populer seputar skincare Aloe vera. Anda penasaran? Langsung simak info selengkapnya di bawah ini, ya!

Apakah Aloe vera tidak menyebabkan alergi?

Aloe vera mengandung senyawa anthraquinones yang berpotensi menyebabkan reaksi alergi pada individu yang sensitif walaupun hal ini jarang terjadi. Sama halnya dengan bahan aktif yang lain, saat akan mencoba sesuatu yang baru, disarankan untuk melakukan patch test sebelumnya.


Oleskan skincare ke sebagian kecil area tubuh sebelum mengaplikasikannya ke area yang lebih luas. Hentikan pemakaian bila didapatkan ruam, tanda radang seperti rasa gatal dan kemerahan yang berlebihan, bengkak, serta perih.

Apakah anak kecil bisa menggunakan Aloe vera?

Aloe vera cukup sering digunakan sebagai bahan pada skincare anak dan bayi karena aman. Aloe vera biasa ditemukan pada pelembab, soothing untuk sunburn, bahan oles pada iritasi, luka ringan, dan gigitan serangga. Penggunaannya meliputi kulit kepala dan rambut.


Aloe vera dapat digunakan dalam bentuk bahan segar atau yang sudah dikemas. Untuk mendapat manfaat yang maksimal dari Aloe vera, pilihlah produk yang alami dari brand terpercaya.


Pastikan Aloe vera tercantum sebagai bahan kandungan utama dan tanpa tambahan zat aditif (seperti pewangi dan pewarna). Namun, tetap lakukan patch test sebelumnya, dan segera bersihkan bila terjadi reaksi alergi.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina dan dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari

Meskipun Aloe vera memiliki khasiat melembapkan, ingatlah bahwa pemakaian yang berlebihan tidak baik. Pemakaian yang kurang tepat dapat membuat wajah berminyak atau kering akibat enzim yang dikandungnya. Jadi, gunakan Aloe vera sesuai anjuran dan jenis kulit Anda. 


Manfaat utama dari Aloe vera adalah efek soothing. Selain manfaat tersebut, penggunaan Aloe vera belum menjadi pilihan utama. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat lainnya, sebaiknya kombinasikan Aloe vera dengan bahan aktif lainnya.

Baca juga rekomendasi skincare lainnya di sini

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, produk skincare memang ada beragam jenisnya. Untuk itu, agar memudahkan Anda, silakan baca artikel rekomendasi produk skincare di bawah ini. 

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, adakah skincare Aloe vera yang memikat hati Anda? Segudang manfaat Aloe vera bisa Anda dapatkan dengan mudah dari produk skincare Aloe vera. Namun, dalam pemilihannya, ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan. 


Pertama, carilah produk yang sesuai kebutuhan Anda. Kedua, perhatikan jumlah kandungan Aloe vera-nya. Ketiga, periksalah kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kulit. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan produk yang tepat dan hasil yang maksimal. 

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Shaving Cream (Krim Cukur) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shaving Cream (Krim Cukur) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang yang kulitnya mudah mengalami iritasi saat bercukur, apalagi jika Anda memiliki kulit yang sensitif atau kering. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan krim cukur atau shaving cream agar tidak menimbulkan iritasi saat bercukur. Dewasa ini, bahkan ada krim cukur yang bisa digunakan pada kulit wanita!Ada begitu banyak krim cukur dari berbagai merek yang dijual di pasaran, seperti keluaran Kiehl’s, The Body Shop, hingga Proraso. Untuk membantu Anda memilih, kami akan memberikan rekomendasi produk krim cukur terbaik beserta cara memilihnya. Temukan produk yang sesuai dengan kulit Anda!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Toner Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Toner Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tren Korea yang makin merebak membuat orang-orang ingin memiliki kulit semulus artis Korea. Alhasil, produk skincare asal Negeri Ginseng ini makin banyak diminati, salah satunya adalah toner. Banyak merk asal Korea yang menjual toner, seperti Innisfree, Nature Republic, dan Some By Mi.Bagi Anda yang tertarik menggunakan toner dari Korea, simak terus artikel ini. Kami akan memberikan tips memilih toner asal Korea yang tepat untuk Anda. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produknya yang bagus untuk berbagai jenis kulit. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    The Body Shop merupakan merek produk perawatan tubuh yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Anda dapat dengan mudah menemukan store-nya di sejumlah pusat perbelanjaan dan e-commerce. Masker dari The Body Shop terkenal karena terbuat dari bahan-bahan alami yang mampu mengatasi sejumlah permasalahan kulit.Terdapat beragam produk masker yang dikeluarkan oleh The Body Shop. Simaklah tips dari kami agar Anda dapat menemukan produk yang paling tepat. Simak juga rekomendasi sepuluh produk terbaik seperti Tea Tree Skin Clearing Night Mask dan British Rose Fresh Plumping Mask. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk COSRX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk COSRX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu produsen skincare asal Korea Selatan yang tengah diminati di Indonesia adalah COSRX. Dengan kemasan berdesain simpel dan komposisi yang dipercaya efektif mengatasi sejumlah masalah kulit, COSRX sukses menggaet hati masyarakat Indonesia. Namun, di antara banyaknya produk COSRX, manakah yang sebaiknya dipilih?Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh tentang merek COSRX dan tips memilih produknya. Kami juga menyertakan sepuluh rekomendasi produk COSRX terbaik, seperti Advanced Snail 96 Mucin Power Essence dan Low pH Good Morning Gel Cleanser. Baca sampai habis, ya!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Sensatia Botanicals Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Sensatia Botanicals Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sensatia Botanicals merupakan brand yang konsisten menggunakan bahan-bahan alami. Proses produksinya pun cruelty free, tanpa melewati animal testing. Produk skincare-nya beragam, disesuaikan dengan berbagai jenis kulit, seperti kering, berminyak, hingga acne prone. Tak hanya itu, Sensatia Botanicals juga memiliki produk perawatan tubuh dan rambut yang patut Anda coba.Kali ini, kami akan membahas tentang produk dari Sensatia Botanicals. Anda bisa membaca tips memilih produk, serta rekomendasi produk terbaiknya. Produk seperti Unscented Facial C-Serum dan Surf Naked Suncreen Lotion ada di rekomendasi kami. Simak artikelnya dan pilih produk terbaik untuk Anda!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Skincare Garnier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Skincare Garnier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Garnier merupakan salah satu merek skincare yang bisa Anda temui di mana saja. Pilihan produk yang beragam juga membuat skincare Garnier memiliki banyak peminat. Produk-produknya dapat Anda andalkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, misalnya kulit kusam dan kulit berminyak. Beberapa produk skincare Garnier yang banyak dicari antara lain Garnier Micellar Water, Garnier Light Complete, Garnier Sakura White, dan Garnier Men.Nah, di artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk lebih mengenal produk skincare Garnier. Anda bisa menemukan tips memilihnya, serta membaca rekomendasi produk terbaiknya. Tak perlu berlama-lama, mari kita mulai!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sabun muka merupakan produk perawatan wajah yang penting untuk kulit sensitif demi mengangkat kotoran dan menjaga kelembapannya. Beragam produk sabun muka kulit sensitif mungkin membingungkan bagi Anda. Apalagi jika selain kulit sensitif, Anda memiliki rangkaian masalah kulit lain, seperti berjerawat, kering, atau berminyak. Di sini, kami akan mengulas cara memilih sabun wajah yang bagus untuk kulit sensitif baik wanita maupun pria. Kami pun akan mengulas rekomendasi produk dari merek COSRX, Somethinc, Sebamed, Skintific, dan lainnya. Simak juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Masker tidak hanya bermanfaat untuk menutrisi kulit wajah, tetapi juga menenangkan kulit dan pikiran. Salah satu masker yang perlu dicoba adalah masker bubuk. Tersedia masker bubuk dari berbagai bahan, seperti kopi, teh hijau, dan bahan-bahan organik lainnya. Sebelum memilih produk, mari simak tips memilih yang akan kami bahas.Sepuluh rekomendasi masker bubuk yang bagus juga bisa Anda temukan pada artikel ini. Produk-produk dari merek Masker By Lea, Aztec Secret Indian Healing Clay, dan Jordanie Peel Off Powder Mask dapat Anda temukan di sini. Tanpa berlama-lama, langsung kita mulai pembahasannya, yuk!
    Perawatan wajah
  • Review: 10 Rekomendasi Pembersih Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Review: 10 Rekomendasi Pembersih Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pembersih wajah atau face cleanser berperan penting untuk membersihkan makeup. Anda bisa mendapatkan pembersih wajah yang bagus dalam berbagai jenis, mulai dari oil, gel, milk, sampai balm. Tiap tipe pembersih memiliki karakteristik dan kemampuan yang berbeda.Kali ini, mybest original review akan memverifikasi pembersih wajah yang beredar di pasaran. Review ini dilakukan oleh tim editorial mybest di Jepang dengan tiga poin yang menjadi tolok ukur:1. Kemampuan membersihkan2. Kemampuan melembapkan3. Kandungan bahanSetelah itu, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik pilihan mybest. Sejumlah merk, seperti Bioré, Cow Brand, sampai COVERMARK ada di sini! Semoga review ini bisa membantu Anda saat memilih.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Face Wash The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Face Wash The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    The Body Shop terkenal sebagai merek yang selalu menggunakan bahan baku berkualitas tinggi untuk produk-produknya, termasuk face wash. Facial wash The Body Shop memanfaatkan khasiat tea tree oil, seaweed, Aloe vera, dan vitamin E. Apa pun jenis kulit Anda, baik kering, berminyak, maupun sensitif, pasti memiliki face wash yang cocok.Supaya Anda tidak salah pilih, kali ini kami akan membahas beberapa tips memilih face wash The Body Shop. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk yang bagus. Ada varian Drops of Light, Drops of Youth, dan lainnya. Yuk, segera disimak!
    Perawatan wajah
  • Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Skincare N'Pure Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skincare N'Pure Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Filter kamera memang bikin cantik, tetapi kulit sehat jauh lebih baik! Yuk, lengkapi perawatan wajah Anda dengan skincare yang bagus. N'Pure adalah salah satu merek skincare lokal terbaik yang patut dicoba. N'Pure menawarkan skincare berbahan natural dalam rangkaian yang lengkap, harga bersahabat, dan aman. Centella asiatica toner dan Cica sunscreen yang baru-baru ini launching, merupakan produk best seller N'Pure yang hits saat ini. Selain skincare wajah, N'Pure punya produk body care juga, lho. Tertarik dengan ulasannya? Simak rekomendasi lengkap produk N'Pure di bawah ini!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori