1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Skincare Aloe Vera Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Skincare Aloe Vera Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Skincare Aloe Vera Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Skincare Aloe Vera Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Skincare Aloe Vera Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Skincare Aloe Vera Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Skincare Aloe Vera Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Aloe vera dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, tentunya tidak mudah jika Anda harus mengolah sendiri tanaman lidah buaya menjadi skincare. Untuk itu, Anda bisa menggunakan produk perawatan dengan kandungan Aloe vera agar lebih praktis.


Ada banyak skincare Aloe vera yang bagus dari merek lokal, seperti Wardah, N'PURE, dan Azarine. Ada juga merek Korea, seperti Benton, Nature Republic, dan Innisfree. Temukan skincare Aloe vera yang tepat di artikel ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Putu Ayu Elvina dan dr. Ida Ayu Diah Purnama.

Diperbaharui 11-28-2022
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia. Saat ini dr. Elvina berpraktek di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Profil dr. Putu Ayu Elvina
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Dokter yang lebih dikenal dengan dr. Dayu Diah ini memiliki akreditasi praktik dari Universitas Udayana. Saat ini beliau merupakan salah satu staff pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Ganesha. Beliau berpengalaman banyak dalam menangani masalah penyakit kulit, kelamin, maupun estetika. Beliau berpengalaman kerja di beberapa rumah sakit dan klinik, seperti Rumah Sakit KDH-Bros, Puriva Clinic Sunset Road, dan Euderna Clinic Singaraja. Untuk berkonsultasi melalui telemedicine, Anda dapat menghubunginya melalui Halodoc.

Profil dr. Ida Ayu Diah
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dian WN

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Khasiat Aloe vera

Khasiat Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya adalah tanaman yang dikenal berkhasiat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa khasiat dari Aloe vera.


  • Aloe vera memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak pada luka. Aloe vera sangat baik untuk membantu proses penyembuhan luka.
  • Aloe vera juga kaya antioksidan, mineral, serta vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. 
  • Manfaat penting lainnya adalah Aloe vera berfungsi sebagai moisturizer yang meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Aloe vera dapat meningkatkan kelembapan dan kekenyalan kulit, serta sebagai bahan anti-aging yang mengurangi kerutan.
  • Aloe vera dapat melembutkan kulit, mengencangkan pori, mengurangi peradangan akibat sunburn, memberikan efek soothing, anti-acne, dan antiseptik. Aloe vera dinilai dapat mengatasi kekeringan pada kulit, menghilangkan jerawat, bahkan bisa membantu membersihkan wajah.


Jadi, jangan heran jika banyak produk skincare yang menggunakan Aloe vera sebagai bahan utamanya!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih skincare Aloe vera

Setelah mengetahui khasiat Aloe vera, kini saatnya memilih produknya. Silakan Anda simak tipsnya berikut ini.

① Carilah jenis produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Produk skincare Aloe vera hadir dalam beragam jenis, mulai dari cleanser, toner, serum, face mist, sampai masker. Anda bisa memilih jenis produknya sesuai dengan kebutuhan. Silakan simak pemaparannya berikut ini. 

Cleanser, membersihkan wajah atau tubuh dari kotoran

Cleanser, membersihkan wajah atau tubuh dari kotoran

Cleanser digunakan untuk Anda yang mencari produk untuk membersihkan wajah atau tubuh dari kotoran. Untuk wajah, produknya biasa disebut dengan istilah facial washfoam cleanser, atau cream cleanser. Sementara itu, untuk tubuh produknya biasa disebut dengan istilah body wash. 


Cleanser dengan kandungan Aloe vera dikenal aman digunakan untuk kulit sensitif karena dapat membersihkan sekaligus melembapkan kulitCleanser juga merupakan tahapan pertama dalam urutan skincare. Hal ini karena kulit yang bersih membuatnya siap untuk menerima produk perawatan selanjutnya. 

Toner, membantu menyeimbangkan pH kulit

Toner, membantu menyeimbangkan pH kulit

Toner adalah skincare yang biasanya digunakan untuk membersihkan kulit dengan optimal. Toner juga berperan untuk mengembalikan pH kulit setelah mencuci muka sehingga kulit bisa menyerap skincare selanjutnya dengan lebih baik


Berdasarkan fungsinya, toner dibedakan menjadi empat macam, yakni exfoliating toner, hydrating toner, balancing toner, dan clarifying toner. Toner yang mengandung Aloe vera biasanya masuk ke dalam kategori hydrating toner.

Soothing gel, menenangkan dan menghidrasi kulit

Soothing gel, menenangkan dan menghidrasi kulit

Soothing gel adalah gel yang berfungsi untuk menenangkan dan menghidrasi kulit. Soothing gel dapat digunakan pada wajah dan tubuh. Soothing gel dengan kandungan Aloe vera dapat membantu menyejukkan kulit. Anda bisa mengaplikasikannya saat cuaca panas atau saat kulit mengalami sunburn. Setelah selesai bercukur, soothing gel juga dapat diaplikasikan untuk mencegah iritasi. 


Soothing gel juga merupakan salah satu skincare Aloe vera yang berkhasiat untuk kulit berjerawat. Soothing gel Aloe vera dikenal dapat meredakan jerawat meradang atau mengurangi beruntusan di wajah. Namun, Anda yang memiliki tipe wajah berjerawat sebaiknya tetap menggunakan skincare untuk pengobatan karena Aloe vera saja tidak cukup.


Jika Anda tertarik untuk mengetahui tips memilih beserta rekomendasi soothing gel Aloe vera yang bagus, cek tautan berikut ini.

Masker wajah, perawatan ekstra untuk melembapkan kulit Anda

Masker wajah, perawatan ekstra untuk melembapkan kulit Anda

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan ekstra untuk kulit wajah, silakan coba masker Aloe vera. Masker Aloe vera dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus menutrisi dan melembapkan kulit. 


Di pasaran ada beberapa macam masker Aloe vera, yaitu:

  • Sheet mask Aloe vera, masker paling praktis yang bisa dipakai dengan menempelkan lembaran maskernya. 
  • Clay mask, tipe masker oles berbentuk clay yang ampuh menyerap kotoran dan minyak berlebih. 
  • Peel off mask Aloe vera, masker yang dapat mengatasi masalah pori-pori, seperti komedo dan sel kulit mati. 
  • Sleeping mask Aloe vera, masker yang digunakan sebelum tidur untuk kulit lebih lembap esok harinya.

Pilih dan gunakan masker sesuai kebutuhan kulit. Pemakaian masker yang berlebihan untuk kulit berminyak dan berjerawat tidak disarankan karena bisa menyumbat pori. Jika Anda tertarik membeli masker Aloe vera secara khusus, cek tautan berikut ini!

Serum dan essence, merawat wajah dengan kandungan bahan aktif yang lebih kuat

Serum dan essence adalah produk skincare yang mengandung sejumlah bahan aktif, seperti vitamin, asam amino, dan antioksidan. Selain itu, serum dan essence memiliki ukuran partikel yang paling kecil dibandingkan produk skincare lainnya. Oleh karena itu, serum atau essence dapat terpenetrasi ke kulit dengan baik dan menutrisi kulit secara mendalam. 

Lotion dan cream, melembutkan kulit dengan wangi yang menyenangkan

Lotion dan cream, melembutkan kulit dengan wangi yang menyenangkan

Lotion dan cream sama-sama berperan untuk melembutkan kulit. Untuk produk skincare Aloe vera, jenis lotion banyak ditemukan dalam bentuk body lotion. Sementara itu, jenis cream Aloe vera banyak ditemukan dalam bentuk face cream atau moisturizing cream


Body lotion dan face cream biasanya memiliki wangi yang lebih kuat dibandingkan jenis skincare lainnya. Pilihlah produk yang wanginya tidak terlalu kuat agar tidak memberikan efek negatif pada kulit. Untuk kulit yang sensitif, pilihlah produk tanpa pewangi.

Face mist, menyegarkan kulit secara instan

Face mist, menyegarkan kulit secara instan

Saat beraktivitas di bawah terik matahari atau berada di ruangan ber-AC, kulit bisa kehilangan kelembapannya. Jika hal itu terjadi, Anda hanya perlu menyemprotkan face mist Aloe vera pada wajah. Face mist Aloe vera dapat mengembalikan kesegaran kulit secara instan tanpa merusak makeup Anda.


Namun, saat Anda memakai riasan tebal, face mist hanya memberikan kesan dingin dan segar tanpa manfaat lainnya. Untuk pemakaian sehari-hari, biasakanlah memakai skincare saja atau makeup tipis agar kulit tetap sehat.

② Periksa jumlah kandungan Aloe vera

Produk skincare Aloe vera, tentu yang diutamakan adalah kandungan Aloe vera-nya. Untuk itu, Anda perlu mengecek jumlah kandungan Aloe vera yang terdapat dalam suatu produk. Anda bisa melihatnya dengan memperhatikan urutan Aloe vera pada bagian komposisi. Makin awal urutannya, makin besar kandungan Aloe vera-nya.


Beberapa produk skincare Aloe vera bahkan dengan gamblang menuliskan persentase kandungan Aloe vera pada bagian kemasannya. Jadi, silakan perhatikan kemasan dan bagian komposisi dengan saksama. Apabila ingin mendapatkan manfaat maksimal, pilihlah produk yang hanya mengandung Aloe vera tanpa bahan aktif lainnya.

③ Perhatikan kandungan bahan lainnya yang bermanfaat untuk kulit

Perhatikan kandungan bahan lainnya yang bermanfaat untuk kulit

Selain Aloe vera sebagai kandungan utama, Anda bisa memperhatikan kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kulit. Berikut ini adalah beberapa kandungan lain yang biasanya ada dalam produk skincare Aloe vera dan bermanfaat untuk kulit.


  • Ceramide: Melindungi lapisan kulit dan mengunci kelembapan
  • Hyaluronic acid: Menambah dan mempertahankan kelembapan kulit
  • Olive oil: Membantu mengecilkan pori-pori wajah. Olive oil memiliki comedogenic rating berskala 2. Oleh karena itu, bahan ini tidak disarankan untuk kulit berminyak dan berjerawat.
  • Shea butter: Melembapkan kulit
  • Allantoin: Bersifat anti-inflamasi dan menghidrasi kulit
  • Glycerin: Mempertahankan kelembapan kulit

10 Rekomendasi skincare Aloe vera terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk skincare Aloe vera terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Putu Ayu Elvina dan dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Azarine

Soothing & Hydrating Aloevera Gel

Azarine Soothing & Hydrating Aloevera Gel 1枚目

Aloe gel multifungsi terfavorit dari brand lokal! Dapat mencerahkan kulit

2

SYB

Aloe Vera Facial Glowing Peeling Gel

SYB Aloe Vera Facial Glowing Peeling Gel 1枚目

Pori-pori bersih dan kulit mati terangkat, wajah jadi glowing!

3

N'PURE

Cactus Aloe Vera Soothing Gel

N'PURE Cactus Aloe Vera Soothing Gel 1枚目

Diperkaya dengan kandungan Aloe vera, kaktus, dan niaciamide!

4

Wardah

Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash 1枚目

Untuk kulit wajah yang tetap lembap sehabis mencuci muka

5

Wardah

Nature Daily Hydramild Toner Essence

Wardah Nature Daily Hydramild Toner Essence 1枚目

Produk 5-in-1 sebagai essence, toner, face mask, eye mask, hingga face mist

6

Benton

Aloe Propolis Soothing Gel

Benton Aloe Propolis Soothing Gel 1枚目

Moisturizer andalan untuk pejuang fungal acne

7

COSRX

Aloe Soothing Sun Cream SPF50+/ PA+++

COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF50+/ PA+++ 1枚目

Sunscreen sekaligus pelembap yang terasa ringan di kulit

8

Holika Holika

Aloe 99% Soothing Gel (Fresh Moisturizing)

Holika Holika Aloe 99% Soothing Gel (Fresh Moisturizing) 1枚目

Kandungan Aloe vera organik hingga 99%!

9

Nature Republic

Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel Mist

Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel Mist 1枚目

Wajah langsung segar dalam satu semprotan

10

Innisfree

Bija & Aloe Capsule Recipe Pack

Innisfree Bija & Aloe Capsule Recipe Pack 1枚目

Kombinasi ekstrak lidah buaya dan bija oil untuk menenangkan kulit bermasalah

Perincian produk
Close
No.1

AzarineSoothing & Hydrating Aloevera Gel

Mulai dari Rp35.000,00

Aloe gel multifungsi terfavorit dari brand lokal! Dapat mencerahkan kulit

Kelebihan:

  • Dapat meredakan kemerahan serta menenangkan kulit yang iritasi akibat sunburn
  • Dapat juga dipakai sebagai serum rambut
  • Formulanya bebas dari bahan-bahan iritan

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna menyebutkan produk kurang melembapkan serta terasa perih jika mengenai area mata
  • Tidak ada keterangan kadar persentase kandungan Aloe vera

Azarine adalah salah satu merek skincare lokal yang produknya sering viral dan diminati banyak orang. Azarine juga mengeluarkan gel Aloe vera yang best seller. Selain mengandung Aloe vera, produk ini diperkaya dengan kebaikan madu dan timun, serta mengandung natural whitening active. Anda juga bisa menggunakannya sebagai multipurpose gel untuk perawatan rambut hingga ujung kaki!

No.2

SYBAloe Vera Facial Glowing Peeling Gel

Mulai dari Rp32.000,00

Pori-pori bersih dan kulit mati terangkat, wajah jadi glowing!

Kelebihan:

  • Mengandung glutathione dan vitamin untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati
  • Mengandung glowing agent yang membuat kulit bercahaya setelah pemakaian

Kekurangan:

  • Tidak ada keterangan detail mengenai komposisi dan kadar Aloe vera di dalam produk


Skincare Aloe vera yang satu ini hadir dalam bentuk peeling gel. Kandungan di dalamnya mampu membersihkan dan mengangkat kotoran serta lapisan sel kulit mati. Produk ini dapat Anda gunakan pula sebagai pembersih makeup dan cleanser. Hasilnya, wajah terlihat lebih bercahaya. Cobalah secara rutin untuk mengatasi masalah kulit kusam serta membasmi komedo yang membandel.

No.3

N'PURECactus Aloe Vera Soothing Gel

Mulai dari Rp40.000,00

Diperkaya dengan kandungan Aloe vera, kaktus, dan niaciamide!

Kelebihan:

  • Kandungannya bebas alkohol, paraben, mineral oil, dan SLS
  • Mengandung beberapa bahan yang baik untuk kecantikan kulit, seperti ekstrak kaktus, lemon, niacinamide, dan provitamin B5
  • Dapat digunakan untuk seluruh tubuh

Kekurangan:

  • Teksturnya terlalu runny (cair) sehingga mudah tumpah menurut beberapa pengguna
  • Adanya lemon beads membuat produk sedikit susah diratakan

Jika Anda mencari gel Aloe vera dengan banyak tambahan kandungan kecantikan, produk ini bisa dipilih. N'PURE menghadirkan produk ini yang diklaim mampu melembapkan seluruh tubuh. Selain lidah buaya, ada berbagai kandungan baik di dalamnya. 


Ada ekstrak kaktus yang dikenal memiliki kandungan vitamin E tertinggi. Ada pula ekstrak lemon untuk mencerahkan kulit, serta niacinamide dan provitamin B5 untuk mengatasi jerawat. Menariknya, produk ini memiliki wangi yang harum dan menenangkan bagi para pengguna.

No.4

WardahNature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

Mulai dari Rp19.000,00

Untuk kulit wajah yang tetap lembap sehabis mencuci muka

Kelebihan:

  • Kulit menjadi lembap, tidak licin, dan tidak kesat setelah cuci muka menurut banyak pengguna
  • Formula diklaim gentle dalam membersihkan wajah

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna dengan kulit berminyak merasakan kulit yang makin berminyak setelah menggunakan produk

Mencuci muka dengan sabun wajah sering membuat kulit terasa kering dan kesat. Namun, dengan Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash, kulit wajah Anda akan terasa tetap lembap. Hal ini berkat kandungan triple hydrating complex dan hydramild Aloe vera extract. Dengan formula pH balance-nya, kulit wajah Anda akan jadi bersih dan segar tanpa rasa kesat!

No.5

WardahNature Daily Hydramild Toner Essence

Mulai dari Rp17.500,00

Produk 5-in-1 sebagai essence, toner, face mask, eye mask, hingga face mist

Kelebihan:

  • Mengandung ekstrak 100% Aloe vera untuk melembapkan dan menyegarkan
  • Dapat digunakan sebagai toner, essence, masker wajah, dan mist

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengalami purging pada awal pemakaian

Yang terbaru dari Wardah adalah produk toner sekaligus essence Aloe vera. Produk ini diklaim dapat digunakan juga sebagai masker wajah dan face mist. Harganya pun ekonomis! Anda yang ingin menghemat pengeluaran bisa membeli skincare multiguna ini, ya. Selain Aloe vera, produk ini juga mengandung witch hazel extract dan allantoin yang membantu menenangkan dan melembutkan kulit.

No.6

BentonAloe Propolis Soothing Gel

Mulai dari Rp270.000,00

Moisturizer andalan untuk pejuang fungal acne

Kelebihan:

  • Sudah banyak review dari penderita fungal acne yang cocok menggunakan pelembap ini
  • Tidak lengket dan mudah diratakan menurut banyak pengguna

Kekurangan:

  • Kurang memberikan kelembapan menurut beberapa pengguna dengan kulit yang sangat kering


Fungal acne atau malassezia folliculitis merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh jamur malassezia. Fungal acne menjadi masalah yang dihadapi banyak orang. Jika Anda salah satunya, pertimbangkan menggunakan pelembap Aloe vera dari Benton. Ada kandungan propolis yang bersifat anti-inflamasi di dalamnya yang dipercaya dapat membantu mengatasi beruntusan dan masalah fungal acne

No.7

COSRXAloe Soothing Sun Cream SPF50+/ PA+++

Mulai dari Rp199.900,00

Sunscreen sekaligus pelembap yang terasa ringan di kulit

Kelebihan:

  • Melembapkan, menutrisi, sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB
  • Cepat menyerap dan mudah diratakan
  • Tidak meninggalkan whitecast

Kekurangan:

  • Ada kandungan etanol dan parfum yang mungkin menyebabkan iritasi bagi beberapa orang
  • Beberapa pengguna dengan kulit berminyak merasakan kulit yang makin berminyak

Banyak orang yang mengeluh sunscreen yang menimbulkan whitecast, greasy, atau membuat kulit berjerawat. Anda tidak akan mengalami hal tersebut jika menggunakan COSRX Aloe Soothing Sun Cream. Teksturnya diklaim sangat ringan sehingga terasa seperti pelembap biasa. Anda yang menyukai sunscreen yang ringan bisa mencoba produk ini untuk melindungi kulit Anda, ya!

No.8

Holika HolikaAloe 99% Soothing Gel (Fresh Moisturizing)

Mulai dari Rp78.000,00

Kandungan Aloe vera organik hingga 99%!

Kelebihan:

  • Bisa untuk wajah, rambut, mata, badan, dan kuku
  • Kemasan botolnya unik untuk dijadikan gift
  • Tidak mengandung paraben dan alkohol

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, kemasan tube agak keras dan gel agak sulit ditekan keluar jika sudah mau habis
  • Tidak direkomendasikan untuk kulit yang sensitif terhadap fragrance


Soothing gel dari Holika Holika ini dikenal karena kandungan Aloe vera yang sangat tinggi mencapai 99%. Selain itu, Aloe vera-nya merupakan Aloe vera organik dalam bentuk jus, bukan ekstrak. Jadi, khasiatnya bisa Anda rasakan secara lebih maksimal. Soothing gel ini dapat menenangkan kulit, melembapkan, dan memberikan efek dingin di kulit Anda.

No.9

Nature RepublicSoothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel Mist

Mulai dari Rp118.000,00

Wajah langsung segar dalam satu semprotan

Kelebihan:

  • Dapat juga disemprotkan pada tangan, lengan, dan bagian kulit lainnya
  • Tidak pedih di mata menurut banyak penggunanya

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna dengan kulit sensitif mengalami alergi, kemungkinan akibat kandungan alkohol

Saat kulit terasa kering dan kusam, langsung saja semprotkan soothing gel mist dari Nature Republic. Anda akan merasakan kesegaran dalam satu semprotan. Kulit wajah pun kembali lembap dan terlindungi. Produk ini bisa digunakan kapan saja, baik sebelum atau sesudah menggunakan makeup. Kapan pun kulit membutuhkan kesegaran, langsung saja gunakan face mist Aloe vera ini. 

No.10

InnisfreeBija & Aloe Capsule Recipe Pack

Mulai dari Rp38.000,00

Kombinasi ekstrak lidah buaya dan bija oil untuk menenangkan kulit bermasalah

Kelebihan:

  • Paduan bahan bija oil dan Aloe vera teruji dapat menenangkan kulit iritasi 
  • Dilengkapi dengan penutup tambahan untuk menjaga kesegaran masker

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, produk tidak memberikan kelembapan dalam waktu lama


Sleeping mask Innisfree ini banyak menjadi incaran untuk melembapkan dan menenangkan kulit yang sensitif. Masker wajah ini menggabungkan kebaikan Aloe vera dan bija oil. Formula yang digunakan adalah 100 ppm bija oil, 1.000 ppm perasan daun Aloe vera dan 1.000 ppm ekstrak Aloe vera. Gunakan sebelum tidur dan rasakan wajah lebih lembap pada pagi hari!

Pertanyaan umum seputar skincare Aloe vera

Pertanyaan umum seputar skincare Aloe vera

Selain cara memilih dan rekomendasi produk, kami juga menghimpun pertanyaan populer seputar skincare Aloe vera. Langsung simak info selengkapnya di bawah ini, ya!

Apakah Aloe vera tidak menyebabkan alergi?

Aloe vera mengandung senyawa anthraquinones yang berpotensi menyebabkan reaksi alergi pada individu yang sensitif walaupun hal ini jarang terjadi. Sama halnya dengan bahan aktif yang lain, saat akan mencoba sesuatu yang baru, lakukan patch test sebelumnya.


Oleskan skincare ke sebagian kecil area tubuh sebelum mengaplikasikannya ke area yang lebih luas. Hentikan pemakaian bila didapatkan ruam dan tanda radang, seperti rasa gatal, kemerahan yang berlebihan, bengkak, serta perih.

Apakah anak kecil bisa menggunakan Aloe vera?

Aloe vera cukup sering digunakan sebagai bahan pada skincare anak dan bayi karena aman. Aloe vera biasa ditemukan pada pelembap, soothing gel untuk sunburn, bahan oles pada iritasi, luka ringan, dan gigitan serangga. Penggunaannya meliputi kulit kepala dan rambut.


Aloe vera dapat digunakan dalam bentuk bahan segar atau yang sudah dikemas. Untuk mendapat manfaat yang maksimal dari Aloe vera, pilihlah produk alami dari brand tepercaya.


Pastikan Aloe vera tercantum sebagai bahan kandungan utama dan tanpa tambahan zat aditif (seperti pewangi dan pewarna). Namun, tetap lakukan patch test sebelumnya, dan segera bersihkan bila terjadi reaksi alergi.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina dan dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina dan dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari

Meskipun Aloe vera memiliki khasiat melembapkan, ingatlah bahwa pemakaian yang berlebihan tidak baik. Pemakaian yang kurang tepat dapat membuat wajah berminyak atau kering akibat enzim yang dikandungnya. Jadi, gunakan Aloe vera sesuai anjuran dan jenis kulit Anda. 


Manfaat utama dari Aloe vera adalah efek soothing. Selain manfaat tersebut, penggunaan Aloe vera belum menjadi pilihan utama. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat lainnya, sebaiknya kombinasikan Aloe vera dengan bahan aktif lainnya.

Baca juga rekomendasi skincare lainnya di sini

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, produk skincare memang ada beragam jenisnya. Agar memudahkan Anda, silakan baca artikel rekomendasi skincare lainnya di bawah ini. 

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, adakah skincare Aloe vera yang memikat hati Anda? Segudang manfaat Aloe vera bisa didapatkan dengan mudah dari produk skincare Aloe vera. Namun, dalam pemilihannya, ada tiga hal yang perlu diperhatikan. 


Pertama, carilah produk yang sesuai kebutuhan Anda. Kedua, perhatikan jumlah kandungan Aloe vera. Ketiga, periksalah kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kulit. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan produk yang tepat dan hasil maksimal. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer