• 10 Power Supply Terbaik untuk PC - Ditinjau oleh Software Engineer dan Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Power Supply Terbaik untuk PC - Ditinjau oleh Software Engineer dan Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Power Supply Terbaik untuk PC - Ditinjau oleh Software Engineer dan Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Power Supply Terbaik untuk PC - Ditinjau oleh Software Engineer dan Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Power Supply Terbaik untuk PC - Ditinjau oleh Software Engineer dan Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Power Supply Terbaik untuk PC - Ditinjau oleh Software Engineer dan Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)

Power supply adalah salah satu bagian penting pada PC (personal computer). Perangkat ini memberikan suplai daya untuk komputer dengan cara mengubah arus AC (alternating current) menjadi arus DC (direct current).


Kali ini, kami akan memberikan tips dan rekomendasi power supply terbaik. Anda bisa menemukan beragam power supply, mulai dari 500 watt hingga 1000 watt. Cool Master, Seasonic, CORSAIR, dan ASUS adalah beberapa contoh merek yang bagus untuk Anda miliki. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo, dan tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Yuk, simak selengkapnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
Joshua Pandu
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Software engineer dan tech enthusiast

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.


Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah startup konvergen artificial intelligence (AI). Ia juga berperan dalam proses procurement dan perakitan personal computer (PC) untuk kebutuhan konvergen AI. 

Joshua Pandu
Music composer dan tech & audio enthusiast
Joshua Pandu

Joshua mulai bermain piano klasik sejak usia 6 tahun. Ia berpengalaman kerja mengajar piano di Yamaha sebelum melanjutkan studi bidang music composing and arranging di Jepang.

Joshua sudah mengenal dan merakit komputer pertamanya ketika masih di bangku SD secara otodidak. Ia juga mempunyai hobi overclocking dan jual beli parts komputer di waktu senggangnya. Pria yang merupakan seorang tech enthusiast ini juga hobi mengikuti perkembangan teknologi, mulai dari smartphone hingga VR.

Apa fungsi power supply pada PC?

Anda pasti pernah mendengar istilah power supply pada PC. Namun, apakah Anda paham apa fungsi power supply tersebut? Power supply atau PSU adalah perangkat keras yang berbentuk persegi dan biasa diletakkan di dalam casing PC.


Pada dasarnya, fungsi power supply adalah memberikan suplai daya pada PC. Caranya adalah dengan mengubah arus AC menjadi arus DC. Dengan demikian, PC jadi bisa mendapatkan energi untuk mengoperasikan semua komponen yang ada di dalamnya.

Tabel perbandingan produk power supply terbaik untuk PC

Gambar produk
1
Cool Master  MWE 550 BRONZE - V2 1

Cool Master

2
CORSAIR CV Series™ — 650 Watt 80 Plus® Bronze Certified PSU 1

CORSAIR

3
ASUS ROG-STRIX-850G 1

ASUS

4
Deepcool  Power Supply Units 1

Deepcool

5
NZXT  650 Watt PSU 1

NZXT

6
CORSAIR  SF Series SF600 — 600 Watt 80 PLUS Platinum Certified High Performance SFX PSU (WW) 1

CORSAIR

7
FSP  HEXA+ 1

FSP

8
Seasonic  FOCUS PX (OneSeasonic) 1

Seasonic

9
BitFenix  Formula Bronze 1

BitFenix

10
Be Quiet! Dark Power 12  1

Be Quiet!

Nama produk

MWE 550 BRONZE - V2

CV Series™ — 650 Watt 80 Plus® Bronze Certified PSU

ROG-STRIX-850G

Power Supply Units

650 Watt PSU

SF Series SF600 — 600 Watt 80 PLUS Platinum Certified High Performance SFX PSU (WW)

HEXA+

FOCUS PX (OneSeasonic)

Formula Bronze

Dark Power 12

Keunggulan

PSU handal untuk perangkat kelas mid-range

Tingkat bising rendah, kipas pendingin dikontrol secara termal

Game berat atau ringan? PSU ini tetap bisa diandalkan!

PSU ramah lingkungan dengan kinerja yang stabil

Andal dayanya, optimal efisiensinya, panjang garansinya!

Mudah dipasang berkat konektivitas lengkap dan desain fleksibel

Power supply budget dengan kualitas yang tidak abal-abal

Suhu lebih terkontrol berkat teknologi kipas pendingin yang canggih

Sistem proteksi yang lengkap berikan keamanan ekstra

Tingkat efisiensi tertinggi! Sudah pasti hemat biaya operasional

Harga mulai dariRp 727.000,00Rp 855.000,00Rp 2.890.000,00Rp 745.000,00Rp 1.575.000,00Rp 2.279.000,00Rp 588.000,00Rp 2.500.000,00Rp 810.000,00Rp 3.200.000,00
Daya550 watt650 watt850 watt650 watt650 watt600 watt500 watt850 watt500 watt750 watt
Rating efisiensi80 Plus Bronze80 Plus Bronze80 Plus Gold 80 Plus80 Plus Gold80 Plus Platinum Meet 80% @ Typical Load 80 Plus Platinum 80 Plus Bronze 80 Plus Titanium
Jenis PSUNonmodular NonmodularModularNonmodularModularModularNonmodularModularNonmodularModular
Dimensi14 cm x 15 cm x 8,6 cm 15 cm x 12,5 cm x 8,6 cm16 cm x 15 cm x 8,6 cm 15 cm x 14 cm x 8,6 cm15 cm x 15 cm x 8,6 cm10 cm x 6,3 cm x 12,5 cm15 cm x 14 cm x 8,6 cm 14 cm x 15 cm x 8,6 cm 14 cm x 15 cm x 8,6 cm 17,5 cm x 15 cm x 8,6 cm
Tautan produk

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih power supply untuk PC

Anda mungkin akan menemukan banyak produk power supply untuk PC di pasaran. Agar sesuai dengan kebutuhan, simak tips memilih dari kami berikut, ya!

Sesuaikan jumlah daya yang Anda butuhkan

Sesuaikan jumlah daya yang Anda butuhkan

Tiap PC memiliki spesifikasi komponen yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kebutuhan dayanya pun tidak sama. Kartu grafis dan CPU menjadi komponen yang mungkin paling tinggi menyerap daya, disusul dengan motherboard dan harddisk. Oleh karena itu, pastikan daya yang dihasilkan power supply telah memenuhi kebutuhan PC Anda


Sebagai contoh, anggaplah total penggunaan daya pada PC milik Anda sebesar 450 watt. Nah, Anda sebaiknya memilih power supply dengan daya di atas 450 watt tersebut. Hal itu bisa menghindarkan dari kerusakan atau korsleting pada perangkat PC ataupun pada power supply itu sendiri.


Dalam memilih power supply berdasarkan daya, sebaiknya Anda memilih kapasitas yang paling optimal. Kondisi optimal yang dimaksud adalah tidak kurang dan tidak berlebih dayanya.


Jika power supply memiliki daya yang terlalu besar dibandingkan kebutuhan daya PC Anda, efisiensi power supply-nya akan berkurang. Penurunan efisiensi terjadi karena PC menarik daya dari power supply yang tidak sebanding dengan konsumsi listrik power supply.

Periksa rating efisiensi yang dimiliki

Periksa rating efisiensi yang dimiliki

Pada produk power supply, Anda mungkin akan menemukan label 80 Plus, Bronze, Gold, dan seterusnya. Tulisan tersebut menunjukkan rating efisiensi dari sebuah produk power supply. Efisiensi sendiri adalah besarnya kemampuan sebuah power supply dalam menyuplai daya untuk PC.


Power supply yang bagus hanya membuang daya kurang dari 20% sebagai panas sehingga tingkat efisiensinya mencapai 80%. Dengan efisiensi 80%, maka power supply telah melewati proses quality check dan memenuhi syarat untuk sertifikasi 80 Plus.


Ada enam tingkatan dalam sertifikasi 80 Plus, yakni 80 Plus, Bronze, Silver, Gold, Platinum, dan Titanium. Makin tinggi rating efisiensi, makin tinggi pula suplai daya yang masuk ke dalam PC. Jadi, periksalah rating efisiensi power supply untuk mendapatkan daya yang optimal.

Modular atau nonmodular, pilih jenis power supply favorit

Modular atau nonmodular, pilih jenis power supply favorit

Dari sisi konektivitas, Anda akan menemukan tiga jenis power supply, yakni modular, nonmodular, dan semimodular. Power supply modular memiliki kabel konektor yang terpisah, sedangkan nonmodular sudah menyatu.


Sementara itu, power supply semimodular adalah kombinasi dari keduanya. Power supply semimodular memiliki kabel power untuk CPU dan motherboard yang tidak bisa dilepas. Selain itu, hanya power PCI dan SATA saja yang modular dari power supply jenis semimodular.


Power supply nonmodular adalah yang paling umum. Power supply jenis ini memiliki harga yang paling terjangkau ketimbang jenis lainnya. Akan tetapi, power supply nonmodular sering kali tampak kurang rapi. Hal itu karena kabel yang tidak terpakai akan menjuntai begitu saja.


Untuk hasil instalasi yang lebih rapi, Anda bisa pilih power supply modular. Anda bisa memasang kabel-kabel yang dibutuhkan saja. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kabel lain di pasaran yang memiliki kualitas lebih baik. Namun, kelemahan power supply jenis ini adalah harganya lebih mahal. Selain itu, kepala colokannya juga mempunyai kemungkinan kendor dan rusak jika terjadi kesalahan ketika pemasangan.

Perhatikan ukuran dari power supply

Perhatikan ukuran dari power supply

Ukuran juga perlu Anda pertimbangkan saat memilih power supply. Biasanya di casing PC sudah disediakan ruang khusus untuk menempatkan power supply. Ukuran yang tidak sesuai akan membuat power supply menjadi sulit dipasang.


Ukuran casing PC sendiri umumnya adalah mid-tower atau full tower. Anda bisa memilih beberapa ukuran berikut yang pas untuk PC Anda.


  • Power supply ATX atau sekitar 15 cm x 14 cm x 8,6 cm

  • Power supply SFX memiliki dimensi 12,5 cm x 10 cm x 6,35 cm

  • Power supply SFX-L biasanya 12,5 cm x 13 cm x 6,35 cm


Selain yang sudah kami sebutkan, barangkali Anda juga akan menemukan ukuran lainnya di pasaran. Jadi, pastikan Anda memilih ukuran yang cocok, ya!

10 Rekomendasi power supply terbaik untuk PC

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk power supply terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo dan Joshua Pandu.

10
Daya750 watt
Rating efisiensi80 Plus Titanium
Jenis PSUModular
Dimensi17,5 cm x 15 cm x 8,6 cm
9
Daya500 watt
Rating efisiensi80 Plus Bronze
Jenis PSUNonmodular
Dimensi14 cm x 15 cm x 8,6 cm
8

Seasonic FOCUS PX (OneSeasonic)

PX-850

Mulai dari Rp 2.500.000,00

Daya850 watt
Rating efisiensi80 Plus Platinum
Jenis PSUModular
Dimensi14 cm x 15 cm x 8,6 cm
7
Daya500 watt
Rating efisiensiMeet 80% @ Typical Load
Jenis PSUNonmodular
Dimensi15 cm x 14 cm x 8,6 cm
6

CORSAIR SF Series SF600 — 600 Watt 80 PLUS Platinum Certified High Performance SFX PSU (WW)

CP-9020182-WW

Mulai dari Rp 2.279.000,00

Daya600 watt
Rating efisiensi80 Plus Platinum
Jenis PSUModular
Dimensi10 cm x 6,3 cm x 12,5 cm
5
Daya650 watt
Rating efisiensi80 Plus Gold
Jenis PSUModular
Dimensi15 cm x 15 cm x 8,6 cm
4
Daya650 watt
Rating efisiensi80 Plus
Jenis PSUNonmodular
Dimensi15 cm x 14 cm x 8,6 cm
3
Daya850 watt
Rating efisiensi80 Plus Gold
Jenis PSUModular
Dimensi16 cm x 15 cm x 8,6 cm
2

CORSAIRCV Series™ — 650 Watt 80 Plus® Bronze Certified PSU

CP-9020236-AU

Mulai dari Rp 855.000,00

Daya650 watt
Rating efisiensi80 Plus Bronze
Jenis PSUNonmodular
Dimensi15 cm x 12,5 cm x 8,6 cm
1

Cool Master MWE 550 BRONZE - V2

MPE-5501-ACAAB

Mulai dari Rp 727.000,00

Daya550 watt
Rating efisiensi80 Plus Bronze
Jenis PSUNonmodular
Dimensi14 cm x 15 cm x 8,6 cm

Pertanyaan umum seputar power supply

Pertanyaan umum seputar power supply

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar power supply. Jika Anda memiliki gaming PC dan membutuhkan power supply dengan watt yang tepat, simak jawabannya di bawah ini!

Berapa watt PSU yang dibutuhkan untuk gaming PC?

Menentukan watt PSU yang dibutuhkan untuk sebuah gaming PC dapat dilakukan dengan tools power supply calculator online. Anda cukup memasukkan detail varian CPU, motherboard, GPU, RAM, storage (SSD atau HDD) yang akan digunakan.


Setelah itu, calculator tersebut akan mengeluarkan rekomendasi watt PSU yang Anda butuhkan. Pada umumnya, gaming PC membutuhkan power supply dengan daya minimal 450–600 watt.

Baca juga rekomendasi aksesori PC lainnya di sini

Adakah rekomendasi produk power supply rekomendasi kami di atas yang Anda sukai? Selain power supply, kami juga punya rekomendasi aksesori PC lainnya, lho! Jika tertarik, Anda bisa membaca secara lengkap di tautan berikut atau mengunjungi langsung situs kami.

Kesimpulan

Demikian tips dan rekomendasi produk power supply dari kami. Semoga dari artikel ini Anda bisa menemukan produk power supply yang cocok dan sesuai kebutuhan. Perlu Anda ingat, power supply adalah salah satu bagian cukup penting pada PC. 


Jika power supply bermasalah, aliran daya ke komputer dapat terganggu juga. Hal itu akan memengaruhi kinerja PC beserta komponen di dalamnya. Jadi, pastikan Anda memilih power supply yang tepat, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain game di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Acer, Xiaomi, LG, dan AOC, memiliki monitor gaming terbaik.Faktor apa yang memengaruhi kualitas monitor? Kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah Anker, Aukey, dan Energea.Kali ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, kebutuhan penggunaan webcam makin meningkat. Hal ini karena meningkatnya aktivitas pertemuan virtual, seperti kelas, meeting, dan konferensi online. Banyak produk webcam yang bagus dikeluarkan oleh berbagai perusahaan elektronik yang kompatibel untuk laptop maupun PC.Kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli webcam. Ada berbagai kriteria yang perlu Anda perhatikan, mulai dari resolusi, frame per second, dan lainnya. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasikan produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti merek Logitech, Microsoft, dan Razer. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti Radiasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kacamata Anti Radiasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sinar radiasi berasal dari sinar ultraviolet yang terkandung dalam cahaya matahari dan blue light dari gadget. Sinar tersebut tidak baik bagi mata sehingga Anda membutuhkan perlindungan khusus berupa kacamata antiradiasi. Fungsi dari kacamata antiradiasi atau kacamata anti blue light adalah menghalau sinar radiasi supaya tidak merusak mata.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan mengulas cara memilih kacamata antiradiasi yang bagus. Selain itu, kami akan memberikan ulasan produk kacamata antiradiasi terbaik dari merek Urban State, Hamlin, serta Shadez Eyewear. Ayo baca terus artikelnya guna mengetahui kacamata yang cocok untuk Anda!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Laptop memang sudah punya sistem pendinginnya sendiri. Meski begitu, terkadang laptop tidak mampu membuat mesinnya dingin sehingga harus dibantu cooling pad. Produknya dapat menurunkan suhu laptop saat kepanasan. Bekerja atau gaming pun jadi lebih nyaman.Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cooling pad yang bagus. Kami juga akan membagikan rekomendasi produknya untuk Anda di artikel ini, seperti merek Cooler Master, Havit, dan lainnya. Kami berkolaborasi dengan software engineer, Yosua Surojo, dalam artikel ini. Yuk, lanjut scroll ke bawah agar Anda bisa menemukan cooling pad laptop sesuai kebutuhan!
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori