1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Peralatan kebersihan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023)

Saat ini, hand sanitizer merupakan salah satu produk yang wajib dibawa ke mana pun. Menggunakan hand sanitizer adalah cara paling praktis untuk membunuh kuman, bakteri, bahkan virus. Namun, mungkin banyak orang tua yang masih bertanya-tanya, apakah hand sanitizer aman dipakai anak-anak? 


Di sini, Anda akan menemukan jawabannya. Bukan itu saja, kami juga akan menjelaskan cara memilih hand sanitizer anak-anak serta merekomendasikan beberapa merek yang bagus. Anda bisa memilih hand sanitizer anak Eskulin, Bambi, atau Tropee Bebe. Sebelum membelinya, pastikan Anda membaca dahulu artikel ini hingga akhir!

Diperbaharui 09-02-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih hand sanitizer untuk anak

Kulit anak-anak berbeda dengan kulit orang dewasa. Karena itu, memilih hand sanitizer anak juga tidak bisa sembarangan. Jadi, simak beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli hand sanitizer anak.

① Sesuaikan bahannya dengan umur anak

Hand sanitizer ampuh membunuh virus apabila mengandung alkohol paling tidak sebanyak 70%. Namun, apakah kandungan tersebut aman untuk dipakai anak-anak? Sebenarnya, ada dua jenis hand sanitizer yang khusus dibuat untuk anak-anak, satu berbahan dasar alkohol dan lainnya tidak. Agar lebih aman, Anda harus menyesuaikan jenis hand sanitizer berdasarkan umur anak Anda.

Hand sanitizer tanpa alkohol, untuk bayi berumur 0–12 bulan

Hand sanitizer tanpa alkohol, untuk bayi berumur 0–12 bulan

Bayi berumur 0–12 bulan memiliki kulit yang masih sangat sensitif. Jika kulit bayi terpapar alkohol atau zat kimia lain dari hand sanitizer, kulitnya bisa mengalami iritasi. Maka dari itu, penggunakan hand sanitizer beralkohol tidak disarankan untuk diberikan pada bayi berumur 0–12 bulan. Jika Anda tetap ingin membersihkan tangannya dengan hand sanitizer, pilihlah produk yang tidak mengandung alkohol.


Saat ini, sudah ada banyak sekali produk hand sanitizer untuk bayi berumur 0–12 bulan yang tidak beralkohol. Produsen mengganti alkohol dengan bahan alami lain yang lebih aman dan lembut untuk kulit bayi berumur 0–12 bulan


Namun, hand sanitizer tidak beralkohol hanya mampu membunuh kuman dan bakteri, bukan virus. Jadi, cara terbaik untuk menghilangkan virus pada tangan bayi berumur 0–12 bulan adalah dengan mencuci tangannya.

Hand sanitizer berbahan etanol atau isopropyl, untuk anak di atas dua tahun

Hand sanitizer berbahan etanol atau isopropyl, untuk anak di atas dua tahun

Apabila anak Anda sudah berumur dua tahun ke atas, Anda sudah bisa mulai memakaikan hand sanitizer beralkohol. Namun, harus tetap dalam pengawasan ketat dari orang tua, ya. Pastikan anak tidak menjilat tangan mereka karena alkohol bisa menyebabkan keracunan dan gangguan lainnya


Menurut American Academy of Pediatrics, jenis alkohol yang aman dipakai adalah yang berjenis etanol atau isopropyl. Hindari alkohol berbahan metanol karena bisa sangat berbahaya untuk anak-anak. 

② Kenali bentuk kemasannya

Setiap orang tentu memiliki preferensi sendiri dalam memilih bentuk kemasan hand sanitizer. Ada yang menyukai bentuk spray, ada juga yang menyukai bentuk botol flip top. Untuk anak-anak ternyata tersedia juga hand sanitizer berbentuk botol pump dan wipes. Kenali setiap kelebihan serta kekurangan dari kemasan hand sanitizer tersebut berikut ini. 

Botol spray, lebih mudah diaplikasikan dan mudah menyerap

Botol spray, lebih mudah diaplikasikan dan mudah menyerap

Hand sanitizer dengan kemasan botol spray umumnya bertekstur cair. Produk ini banyak disukai karena bentuk kemasannya yang praktis dan mudah diaplikasikan. Tinggal semprot, cairan akan menjangkau seluruh area tangan dengan maksimal. Selain itu, tekstur cair juga lebih mudah menyerap dan tidak meninggalkan sensasi lengket di tangan


Namun, biasanya penggunaan hand sanitizer kemasan botol spray lebih boros dibanding hand sanitizer bentuk lainnya. Untuk mendapatkan efektivitas dalam membersihkan tangan, Anda paling tidak harus menyemprotkan sebanyak tiga kali. Pasalnya, hand sanitizer bekerja efektif jika Anda membiarkan tangan tetap basah selama minimal lima belas detik.

Botol flip top, umumnya bertekstur gel dan lebih hemat

Botol flip top, umumnya bertekstur gel dan lebih hemat

Hand sanitizer berbentuk botol flip top umumnya berisikan gel. Jenis ini lebih hemat karena hanya perlu dituang sedikit, gelnya akan menyebar dan membasahi tangan anak. Meskipun begitu, ada juga hand sanitizer berbentuk botol flip top yang berisi cairan. 


Jika berisi cairan, kemasan seperti ini rentan bocor dan menguap. Kemungkinan tumpah jadi lebih besar dan pemakaiannya juga lebih boros dibanding kemasan spray. Maka dari itu, apabila Anda memilih hand sanitizer botol flip top, pilihlah yang bertekstur gel. 

Botol pump, kemasannya tidak mudah tumpah dan menguap

Botol pump, kemasannya tidak mudah tumpah dan menguap

Kemasan hand sanitizer berbentuk botol pump tersedia dalam berbagai jenis tekstur. Ada yang berupa cairan, gel, atau foam. Namun, untuk anak-anak kemasan ini umumnya berisi foam. Untuk membuat busa keluar dari pump, Anda perlu sedikit usaha saat menekannya. Hal ini bisa menjadi kekurangan sekaligus kelebihan dari kemasan ini.


Karena cukup sulit mengeluarkan busa, kemasan ini paling aman dari kebocoran dan lebih minim dimainkan oleh anak. Sayangnya, hand sanitizer dengan botol pump biasanya punya harga yang lebih tinggi ketimbang bentuk kemasan lainnya.

Tisu, mampu membersihkan kotoran yang menempel sekaligus

Tisu, mampu membersihkan kotoran yang menempel sekaligus

Nah, hand sanitizer biasanya hanya berfungsi untuk menjaga tangan anak agar terhindar dari kuman dan bakteri. Namun, produk ini tidak efektif untuk membersihkan tangan anak yang kotor karena sebab lain. Jadi, jika tangan anak kotor karena lumpur atau makanan, Anda bisa memilih hand sanitizer berbentuk tisu.


Selain bisa menghilangkan kuman dan bakteri, tisujuga bisa membersihkan kotoran yang menempel. Namun, biasanya kemasan ini mengandung alkohol. Jadi, sebaiknya hindari pemakaian tisu pada area wajah dan mulut anak. Selain untuk tangan, Anda bisa memakai tisu ini untuk mengelap permukaan benda, seperti meja, kursi, dan mainan anak.

③ Pastikan bahannya melembapkan kulit dan tidak lengket

Pastikan bahannya melembapkan kulit dan tidak lengket

Hand sanitizer dengan kandungan alkohol memang dapat membuat kulit tangan menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk kulit anak yang masih sensitif, kandungan alkohol bisa menimbulkan iritasi dan memberikan rasa terbakar di kulit. Untuk meminimalkan hal tersebut, Anda bisa memilih hand sanitizer dengan tambahan kandungan pelembap. 


Beberapa kandungan yang dapat melembapkan kulit, antara lain licorice, Aloe vera, chamomile, dan provitamin B5. Anda bisa memilih produk dengan tambahan kandungan ini untuk hand sanitizer anak. Namun, pastikan pelembap yang ada tidak membuat tangan malah menjadi lengket. Bahan yang lengket bisa membuat anak tidak nyaman dan bisa menjadi sarang bakteri.

④ Periksa juga tambahan pewangi di dalamnya

Periksa juga tambahan pewangi di dalamnya

Beberapa produk hand sanitizer anak memiliki tambahan parfum atau aroma yang bertujuan untuk menutupi bau alkohol. Untuk bayi, sebaiknya hindari hand sanitizer dengan pewangi. Wewangian ini dikhawatirkan akan menarik perhatian bayi dan membuatnya ingin menjilat. Selain itu, tambahan parfum pada produk juga umumnya mengandung bahan kimia yang berbahaya jika tertelan. 


Produk hand sanitizer dengan wewangian bisa menjadi pilihan untuk anak yang sudah cukup besar, misalnya sejak usia 2 tahun. Produk dengan tambahan wangi bisa membuat anak lebih ingin untuk menggunakan produk. Namun, lebih baik tetap memilih hand sanitizer dengan wangi yang alami. Sebaiknya pilih produk yang menggunakan bahan alami sebagai pewangi tambahan hand sanitizer.

10 Rekomendasi hand sanitizer terbaik untuk anak

Di bawah ini, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hand sanitizer terbaik untuk anak. Produk-produknya ditentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Mama's Choice

Moisturizing Hand Gel

Mama's Choice Moisturizing Hand Gel 1枚目

Basmi kuman, bakteri, dan virus walau tanpa alkohol

2

Aroma Prima Livindo

Morris Care Edition Pocket Hand Sanitizer Anak

Aroma Prima Livindo Morris Care Edition Pocket Hand Sanitizer Anak 1枚目

Desain karakter DC heroes-nya supercute!

3

Babymizu

Baby Sanitizer Hypoallergenic All Purposes Sanitizing Water 100% Natural

Babymizu Baby Sanitizer Hypoallergenic All Purposes Sanitizing Water 100% Natural 1枚目

Bisa dipakai untuk segala permukaan, lho!

4

Bambi

Baby Hand Sanitizer

Bambi Baby Hand Sanitizer 1枚目

Terbuat dari bahan food grade, aman jika tertelan

5

Kino

Eskulin Kids Hand Sanitizer Tsum Tsum

Kino Eskulin Kids Hand Sanitizer Tsum Tsum 1枚目

Bentuknya tipis dan minimalis, bisa diselipkan dalam saku

6

Cleanbee

Sanitizing Water HOCL+ Ionic Mist

Cleanbee Sanitizing Water HOCL+ Ionic Mist 1枚目

Aman digunakan baik untuk tangan maupun dot bayi

7

Tropee Bebe

Hand Sanitizer

Tropee Bebe Hand Sanitizer 1枚目

Memiliki kandungan triple moisturizer yang dapat melembapkan kulit

8

Buds Organics

BEO Baby Safe Anti-Bac Foam Sanitiser

Buds Organics BEO Baby Safe Anti-Bac Foam Sanitiser  1枚目

Bahan organiknya aman untuk kulit dan ramah lingkungan

9

MOOIMOM

Oh My Orange Hand Sanitizer

MOOIMOM Oh My Orange Hand Sanitizer 1枚目

Minyak dari jeruk asli, menyegarkan sekaligus membersihkan!

10

Pure Premium Care

Pure Kids Antiseptic Wipes Sanitizer

Pure Premium Care Pure Kids Antiseptic Wipes Sanitizer 1枚目

Efektif angkat kotoran di tangan, baju, atau permukaan benda

Perincian produk
Close
No.1

Mama's ChoiceMoisturizing Hand Gel

Mulai dari Rp59.000,00

Basmi kuman, bakteri, dan virus walau tanpa alkohol

Anda sedang mencari hand sanitizer tanpa kandungan alkohol yang dapat membunuh virus? Jika ya, kami merekomendasikan produk keluaran Mama's Choice ini untuk Anda. Produk ini mengandung benzalkonium chloride dan hypochlorous acid (HOCl) yang efektif menggantikan fungsi alkohol.


Kandungan ini tak hanya membunuh kuman dan bakteri saja, tetapi juga dipercaya bisa membunuh virus penyebab penyakit. Meskipun bertekstur gel, produk ini mudah diratakan di tangan serta tidak terasa lengket. Produk ini tak hanya cocok untuk bayi, tetapi juga untuk orang dewasa yang punya kulit sensitif.

No.2

Aroma Prima LivindoMorris Care Edition Pocket Hand Sanitizer Anak

Mulai dari Rp10.000,00

Desain karakter DC heroes-nya supercute!

Apakah Anda sedang mencari hadiah hand sanitizer untuk dimasukkan ke dalam bingkisan kado ulang tahun anak? Saat ini, bingkisan berupa hand sanitizer memang sangat dibutuhkan dan pasti terpakai. Daripada membeli merek yang tidak jelas, Anda bisa memilih produk dari Morris Care ini. 


Selain harganya cukup terjangkau, produk ini juga mempunyai bentuk minimalis dengan desain yang supercute. Bergambar DC heroes, seperti Wonder Woman, Superman, atau Batman, hand sanitizer ini sangat pas dijadikan bingkisan anak-anak.

No.3

BabymizuBaby Sanitizer Hypoallergenic All Purposes Sanitizing Water 100% Natural

Mulai dari Rp69.000,00

Bisa dipakai untuk segala permukaan, lho!

Apabila Anda mencari produk all-in-one yang bisa membersihkan segala permukaan, produk ini wajib Anda lirik! Produk ini menggunakan 100% bahan natural dengan bahan dasar air dan tidak mengandung alkohol sama sekali.


Jadi, tidak ada bahan berbahaya dan sangat aman meski tidak sengaja tertelan sekalipun. Anda bisa menggunakan produk dari Babymizu ini untuk mensanitasi tangan, mainan anak, stroller, atau playmat. Apa pun benda yang biasa dipegang bayi bisa dibersihkan hanya dengan satu produk saja!  

No.4

BambiBaby Hand Sanitizer

Mulai dari Rp81.400,00

Terbuat dari bahan food grade, aman jika tertelan

Bayi usia enam bulan ke atas umumnya sedang suka mengeksplorasi segala sesuatu menggunakan mulutnya. Daripada melarang dan membatasi eksplorasinya, lebih baik Anda membelikan mereka hand sanitizer yang aman meski terjilat sekalipun. 


Kami merekomendasikan produk dari Bambi untuk digunakan bayi Anda karena dibuat dari bahan food grade. Selain itu, bahannya juga tidak mengandung alkohol, tidak berbau, dan juga tidak lengket. Anda pun bisa lebih bernafas lega meski mengajak bayi Anda bermain di luar rumah. 

No.5

KinoEskulin Kids Hand Sanitizer Tsum Tsum

Mulai dari Rp17.000,00

Bentuknya tipis dan minimalis, bisa diselipkan dalam saku

Selain memilih kandungan pada hand sanitizer untuk anak, desain dan packaging yang menarik juga perlu diperhatikan. Untuk anak yang malas menggunakan hand sanitizer, coba berikan produk Eskulin ini untuk menarik minat mereka. 


Produk ini memiliki desain dengan berbagai karakter Tsum-tsum yang lucu dan menarik. Bentuknya juga tipis dan minimalis sehingga anak bisa menyelipkannya di dalam saku dan dapat digunakan kapan pun dibutuhkan. 

No.6

CleanbeeSanitizing Water HOCL+ Ionic Mist

Mulai dari Rp30.000,00

Aman digunakan baik untuk tangan maupun dot bayi

Jika Anda sedang mencari hand sanitizer yang bisa sekaligus membersihkan dot atau alat makan bayi, produk ini jawabannya. Berbahan dasar air, produk ini aman untuk membersihkan peralatan MPASI bayi Anda. Tidak ada kandungan berbahaya sama sekali di dalamnya sehingga membuat produk ini aman meski tertelan. 


Produk ini juga mempunyai kandungan bahan aktif HOCL yang secara alami diproduksi oleh sel darah putih manusia. Alhasil, hand sanitizer ini pun aman bagi manusia dan lingkungan. Terlebih lagi, produk keluaran Cleanbee ini pet-friendly, lho!

No.7

Tropee BebeHand Sanitizer

Mulai dari Rp59.000,00

Memiliki kandungan triple moisturizer yang dapat melembapkan kulit

Hand sanitizer dapat membuat tangan anak menjadi kering dan iritasi, apalagi jika anak Anda punya kulit yang supersensitif. Jika Anda khawatir dengan hal tersebut, Anda wajib memilih hand sanitizer yang memiliki kandungan pelembap. 


Produk keluaran Tropee Bebe ini dilengkapi dengan kandungan triple moisturizer. Kandungannya antara lain berisikan lavender, aloe vera, dan glycerin. Dengan tiga komponen ini, tangan anak akan bebas dari rasa terbakar, kering, ataupun iritasi. 

No.8

Buds OrganicsBEO Baby Safe Anti-Bac Foam Sanitiser

Mulai dari Rp199.900,00

Bahan organiknya aman untuk kulit dan ramah lingkungan

Sesuai namanya, Buds Organik menggunakan 99,99% bahan natural sebagai bahan utama produknya, salah satunya hand sanitizer ini. Untuk Anda yang peduli dengan lingkungan, Anda bisa membeli produk ini. Hand sanitizer ini tidak mengandung alkohol dan memiliki wangi yang berasal dari essential oil alami. Bahannya aman untuk kulit bayi serta ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah berbahaya.

No.9

MOOIMOMOh My Orange Hand Sanitizer

Mulai dari Rp49.000,00

Minyak dari jeruk asli, menyegarkan sekaligus membersihkan!

Beberapa orang tua terkadang justru mencari hand sanitizer yang memilki wewangian agar tangan anak tetap harum. Namun, wewangian dari bahan kimia bukan hanya bisa membuat iritasi dan alergi, tetapi juga tidak aman jika tertelan. 


Anda bisa memilih produk MOOIMOM ini yang memakai minyak jeruk asli sebagai pewangi. Bukan hanya punya harum yang alami, minyak jeruk juga bisa melembapkan, mengurangi stres, bahkan mencerahkan kulit. Jadi, ini adalah produk yang cocok untuk semua keluarga, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

No.10

Pure Premium CarePure Kids Antiseptic Wipes Sanitizer

Mulai dari Rp30.000,00

Efektif angkat kotoran di tangan, baju, atau permukaan benda

Anda yang sering bepergian atau dine in di restoran bersama anak, produk dari Pure Kids ini wajib dimiliki. Hand sanitizer berupa tisu basah ini sangat praktis untuk digunakan mengelap berbagai permukaan benda sebelum disentuh anak. Selain itu, tisu ini juga efektif menghilangkan kotoran pada tangan anak yang superkotor ataupun noda pada baju.

Utamakan mencuci tangan anak dibanding menggunakan hand sanitizer!

Utamakan mencuci tangan anak dibanding menggunakan hand sanitizer!

Banyak orang tua yang sering salah mengartikan penggunaan hand sanitizer. Sebagai contoh, orang tua lebih memilih memberikan hand sanitizer dibandingkan mencuci tangan karena alasan kepraktisan. Sebenarnya, penggunaan hand sanitizer hanyalah alternatif membersihkan tangan saat tidak ada akses mencuci tangan dengan air


Meskipun hand sanitizer beralkohol mampu membunuh virus dan kuman, penggunaan yang salah juga tidak efektif. Hand sanitizer harus membasahi seluruh permukaan tangan selama beberapa detik. Lalu, harus dibiarkan mengering sendiri tanpa dilap lagi menggunakan tisu.


Kesalahan-kesalahan penggunaan dapat membuat efektivitas hand sanitizer menurun. Jadi, selama ada air atau tempat mencuci tangan, utamakan mencuci tangan anak Anda. Pastikan anak juga mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, setelah main, atau sehabis memegang barang di fasilitas umum

Tips penggunaan hand sanitizer untuk anak

Tips penggunaan hand sanitizer untuk anak
Sumber: mooimom.id

Dikatakan oleh US Food and Drug Administration, hand sanitizer dikategorikan sebagai obat yang dijual bebas. Jadi, pengunaannya pun tidak boleh sembarangan. Penggunaan hand sanitizer anak tentunya harus selalu dalam pengawasan orang tua. Berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa tips pengunaan hand sanitizer untuk anak. Informasi ini ditinjau dari laman resmi Puslitbang Kemenkes RI dan Canadian Paediatric Society.


  • Selalu pastikan bahwa anak tidak memasukkan hand sanitizer ke dalam mulut mereka. Biasanya, hand sanitizer dengan aroma dan tampilan yang menarik akan membuat mereka penasaran untuk mencobanya.

  • Hindari memakai hand sanitizer terlalu banyak kepada anak dan tunggulah sampai benar-benar kering.

  • Pastikan anak Anda tidak menggosokkan tangan ke mata setelah memakai hand sanitizer.

  • Sebaiknya jangan mengandalkan hand sanitizer karena cara terbaik untuk membunuh kuman adalah dengan mencuci tangan.

Baca juga rekomendasi antiseptik lainnya di sini

Selain untuk anak-anak, ada juga produk antiseptic untuk dewasa yang bisa Anda temukan di pasaran. Fungsi dan kegunaannya juga berbeda-beda tergantung tujuan penggunaan. Anda bisa memilih hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan tisu basah. Jika Anda penasaran, silakan klik tautannya di bawah ini untuk membacanya.

Kesimpulan

Hand sanitizer anak aman dipakai selama ada pengawasan dari orang tua. Pastikan Anda memilih jenis hand sanitizer sesuai dengan umur anak. Jangan berikan hand sanitizer beralkohol untuk bayi karena bisa mengiritasi kulitnya.


Untuk anak yang sudah lebih besar, pastikan mereka memakainya dengan benar dan tidak menjilatnya. Pastikan juga hand sanitizer yang Anda beli mengandung pelembap dan wanginya terbuat dari bahan alami. Terakhir, pilih bentuk hand sanitizer sesuai dengan kenyamanan masing-masing!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer