mybest
Sikat gigi

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan gigi & mulut
  4. 10 Sikat Gigi Ultrasonik Terbaik - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Sikat Gigi Ultrasonik Terbaik - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Sikat Gigi Ultrasonik Terbaik - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Sikat Gigi Ultrasonik Terbaik - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Sikat Gigi Ultrasonik Terbaik - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Sikat Gigi Ultrasonik Terbaik - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Sikat Gigi Ultrasonik Terbaik - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2024)

Sikat gigi ultrasonik efektif menghilangkan plak dan cocok untuk meningkatkan perawatan gigi serta mulut. Bahkan, kinerjanya lebih baik dari sikat gigi elektrik biasa sebab frekuensi menyikatnya lebih tinggi. Meski demikian, tiap produk sikat gigi ultrasonik biasanya memiliki karakteristik yang berbeda.


Kami akan menjelaskan cara memilih sikat gigi ultrasonik agar Anda bisa mendapatkan produk yang cocok. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk terbaik dari berbagai merek yang bagus, seperti Xiaomi, Philips, dan Colgate. Artikel ini sudah ditinjau oleh endodontist kami, drg. Ceples Dian Kartika Wisnu Putri. Jadi, selamat membaca!

Diperbaharui 14/07/2023
drg. Ceples, Sp.KG
Pakar
Dokter gigi dan endodontis
drg. Ceples, Sp.KG

Endodontis lulusan Universitas Airlangga Surabaya tahun 2014 ini sudah 18 tahun bekerja sebagai PNS. Dokter Ceples juga sudah 7 tahun bergelut di bidang endodontis di RSUD Blambangan dan Genteng Banyuwangi. Bagi beliau, pekerjaan ini merupakan tantangan karena masyarakat belum memahami pentingnya kesehatan gigi secara menyeluruh. Dokter Ceples juga memiliki tempat praktik yang sudah dikelola mulai tahun 2003 sampai sekarang, yang dinamai SC Dental House. Mengusung tagline "Complete Solution Your Teeth", SC Dental House memberikan perawatan dengan solusi yang tepat dan sesuai.

Profil drg. Ceples, Sp.KG
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah sikat gigi ultrasonik lebih baik dari sikat gigi biasa?

Apakah sikat gigi ultrasonik lebih baik dari sikat gigi biasa?

Belakangan ini sikat gigi ultrasonik makin populer. Beberapa pengguna sikat gigi biasa dan sikat gigi elektrik mulai beralih menggunakan sikat gigi ultrasonik. Apa yang membuat sikat gigi ultrasonik kian diminati? Apakah sikat gigi ultrasonik lebih baik dari sikat gigi biasa dan sikat gigi elektrik? Jawabannya adalah YA.


Dengan menggunakan sikat gigi biasa, Anda mungkin hanya bisa menggosok gigi maksimal sebanyak 300 sikatan per menit. Itu pun pada area yang terbatas sebab area tertentu seperti bawah garis gusi tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi biasa. Hal itu berisiko menyebabkan akumulasi bakteri dan penumpukan plak. Begitu juga dengan sikat gigi eletrik yang area jangkauan dan kemampuan menyikatnya terbatas, yaitu sekitar 4.000 kali per menit.


Sementara itu, sikat gigi ultrasonik dapat menghasilkan hingga 40.000 sikatan dalam satu menit. Frekuensi yang supercepat tersebutlah yang membuat jenis sikat gigi ini mendapat sebutan "sonic". Selain kecepatan yang maksimal, sikat gigi ultrasonik juga dapat membersihkan area yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi biasa.


Ditambah lagi, sikat gigi ultrasonik biasanya memiliki fitur yang memudahkan penggunaan seperti pengatur waktu dan lainnya. Maka dari itu, tidak heran bila sikat gigi ultrasonik cukup diminati meski harganya lebih tinggi. Namun, perlu diperhatikan bahwa semua manfaat hanya akan didapat jika sikat gigi tersebut digunakan dengan benar. Pastikan untuk selalu membaca cara penggunaan sikat gigi ultrasonik Anda pada kemasan yang tersedia.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sikat gigi ultrasonik

Bagi Anda yang belum mempunyai pengalaman memakai sikat gigi ultrasonik, jangan khawatir karena kami akan memandu Anda! Di bawah ini kami akan mengulas cara memilih sikat gigi ultrasonik yang tepat.

1

Periksa frekuensi getaran yang dimiliki sikat gigi

Periksa frekuensi getaran yang dimiliki sikat gigi

Hal mendasar yang membedakan sikat gigi ultrasonik dengan sikat gigi lainnya adalah jumlah sapuannya. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa frekuensi getaran sikat gigi ultrasonik per menit. Biasanya, jumlah getaran disebutkan dalam satuan rpm (revolutions per minute). Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sikat gigi ultrasonik bisa menghasilkan sikatan atau memiliki frekuensi getaran hingga 40.000 rpm.


Akan tetapi, untuk kondisi tertentu, beberapa orang mungkin kurang nyaman jika frekuensi getaran terlalu tinggi. Oleh karena itu, beberapa produk juga menyediakan pilihan mode penggunaan. Bahkan, ada juga produk yang dilengkapi pengatur frekuensi otomatis. Getaran sikat gigi ultrasonik bisa melambat otomatis jika frekuensinya terlalu tinggi.

2

Pilih sistem catu daya yang sesuai dengan kebutuhan

Ada dua sistem catu daya pada sikat gigi ultrasonik, yaitu jenis catu daya isi ulang dan menggunakan baterai. Hal ini merupakan poin penting yang memengaruhi kemudahan penggunaan. Jadi, cek setiap fitur dan pilih jenis produk yang cocok untuk Anda.

Catu daya isi ulang: Pas digunakan untuk perawatan sehari-hari

Catu daya isi ulang: Pas digunakan untuk perawatan sehari-hari

Sikat gigi dengan daya yang bisa diisi ulang tersedia dalam beragam pilihan dan lebih fleksibel penggunaannya. Selain catu daya stopkontak, Anda juga bisa mempertimbangkan produk yang bisa diisi ulang dayanya menggunakan kabel USB. 


Untuk Anda yang ingin menggunakan sikat gigi secara eksklusif di rumah, pilihlah yang catu dayanya dari stopkontak. Dengan demikian, Anda dapat menggunakannya kapan saja tanpa harus khawatir kehabisan daya. Meskipun begitu, jika dayanya terisi penuh, sikat gigi tipe catu daya isi ulang juga nyaman untuk dibawa dalam perjalanan. Namun, tentunya hanya untuk perjalanan jangka pendek.

Catu daya baterai: Untuk Anda yang mobilitasnya tinggi

Catu daya baterai: Untuk Anda yang mobilitasnya tinggi

Sikat gigi ultrasonik bertenaga baterai disarankan bagi Anda yang mempunyai mobilitas tinggi. Hal ini karena ukurannya kecil, ringan, dan dapat segera digunakan tanpa harus diisi dayanya. Meskipun begitu, untuk penggunaan yang rutin dan nyaman, Anda juga harus rajin mengganti baterainya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika baterai sikat habis saat Anda bawa bepergian.

3

Pertimbangkan jumlah kepala sikatnya

Pertimbangkan jumlah kepala sikatnya

Sikat gigi ultrasonik adalah produk yang akan Anda gunakan untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, periksalah jumlah kepala yang tersedia. Kepala sikat merupakan sikat pengganti yang dipasang pada badan utama. Tergantung pada produsen dan produknya, Anda disarankan untuk menggantinya setiap satu sampai tiga bulan. Pertimbangkan juga harga kepala sikat jika dibeli secara terpisah. Sebaiknya, pilih produk dengan biaya operasional terendah.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi sikat gigi ultrasonik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sikat gigi ultrasonik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk ini kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drg. Ceples, Sp.KG.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Han River

Electric Toothbrush

Han River Electric Toothbrush 1

Rp199.000

Agak Murah

Dilengkapi kepala sikat yang ramping dan bulu yang lembut

2

Starco

Sonic Sikat Gigi Elektrik YL8001

Starco  Sonic Sikat Gigi Elektrik  1

Rp158.000

Agak Murah

Desain simpel dan mudah dioperasikan

3

Pandaoma

Sikat Gigi Elektrik Electric Tooth Brush Sonic VibrationB68

Pandaoma  Sikat Gigi Elektrik Electric Tooth Brush Sonic Vibration 1

Rp150.000

Agak Murah

Memiliki lima mode kerja dengan harga terjangkau!

4

Oclean

X Pro Smart Sonic Toothbrush

Oclean  X Pro Smart Sonic Toothbrush 1

Rp999.000

Agak Mahal

Penggunaan makin mudah dengan LCD touch screen dan timer

5

Kemei

Ultrasonic ToothbrushKM-907

Kemei Ultrasonic Toothbrush 1

Rp175.000

Agak Murah

Tahan air dan mudah dibersihkan

6

Jack N' Jill

Tickle Tooth Sonic Toothbrush

Jack N' Jill  Tickle Tooth Sonic Toothbrush 1

Rp300.000

Menengah

Menyediakan dua ukuran kepala sikat yang berbeda

7

Xiaomi

DR.BEI Sonic Eelectric ToothbrushS7

Xiaomi DR.BEI Sonic Eelectric Toothbrush 1

Rp735.000

Agak Mahal

Memiliki teknologi untuk mengurangi kecepatan otomatis

8

Phillips

SoniCare DiamondClean Smart9700

Phillips SoniCare DiamondClean Smart 1

Rp6.199.000

Lebih Mahal

Sikat gigi cerdas dengan teknologi Smart Sensor

9

Xiaomi

SOOCAS X5

Xiaomi SOOCAS X5  1

Rp775.000

Agak Mahal

Desainnya menarik dengan kotak penyimpanan yang kekinian

10

Inone

S-300

Inone S-300 1

Rp350.000

Menengah

Hemat daya sehingga bisa digunakan lebih lama

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Han RiverElectric Toothbrush

Electric Toothbrush 1
Sumber: shopee.co.id
Electric Toothbrush 2
Sumber: shopee.co.id
Electric Toothbrush 3
Sumber: shopee.co.id
Electric Toothbrush 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp199.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp199.000
Agak Murah

Dilengkapi kepala sikat yang ramping dan bulu yang lembut

Han River menawarkan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan kepala sikat yang ramping. Berkat hal tersebut, sikat gigi ini bisa menyesuaikan dengan bentuk gigi dan mampu membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau. Anda yang memiliki gusi sensitif cocok untuk menggunakannya. Dengan frekuensi getaran 43.000 rpm, produk ini mampu membersihkan plak gigi hingga tidak ada kotoran tersisa.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Starco Sonic Sikat Gigi Elektrik YL8001

Harga referensi
Rp158.000
Agak Murah

Desain simpel dan mudah dioperasikan

Sikat gigi ultrasonik dengan tenaga baterai memang lebih simpel. Anda tidak perlu repot mengisi ulang daya, tetapi cukup mengganti baterainya saja. Produk ini salah satunya. Desainnya pun sangat sederhana dan ergonomis tanpa banyak tombol pengaturan. Oleh karena itu, sikat gigi yang satu ini sesuai digunakan oleh para lansia. Simpel, mudah, dan praktis!

No.3

Pandaoma Sikat Gigi Elektrik Electric Tooth Brush Sonic VibrationB68

Harga referensi
Rp150.000
Agak Murah

Memiliki lima mode kerja dengan harga terjangkau!

Untuk Anda yang memiliki bujet terbatas, produk ini bisa menjadi pilihan. Harga sikat gigi ini paling terjangkau ketimbang produk lain yang kami rekomendasikan. Dengan demikian, Anda tidak akan terlalu keberatan untuk mencobanya. Selain itu, sikat gigi ini juga cocok untuk Anda yang baru pertama kali beralih ke sikat gigi ultrasonik.


Meski harganya ekonomis, sikat gigi ultrasonik ini juga dilengkapi lima mode kerja, lho. Anda bisa memilih mode standar, poles gigi, pemutih, perawatan gusi, dan mode gigi sensitif. Tambahan pula, dalam satu paket produk ini sudah termasuk empat kepala sikat sekaligus. Makin hemat, deh!

No.4

Oclean X Pro Smart Sonic Toothbrush

Harga referensi
Rp999.000
Agak Mahal

Penggunaan makin mudah dengan LCD touch screen dan timer

Sikat gigi ultrasonik ini mempunyai tiga mode pengaturan dengan 32 intensitas getaran yang dapat disesuaikan. Pengaturan dilakukan melalui LCD touch screen yang terdapat pada badan sikat. Hal itu tentu memudahkan Anda dalam pemakaian. 


Ditambah lagi, adanya timer juga akan memastikan Anda menyikat gigi dengan waktu yang pas. Istimewanya lagi, produk ini tersedia dalam berbagai warna yang menarik untuk dipilih. Sikat gigi ini cocok untuk Anda yang punya banyak anggota keluarga di rumah. Dengan sikat gigi yang beda warna, risiko tertukar pun bisa diminimalkan.

No.5

KemeiUltrasonic ToothbrushKM-907

Harga referensi
Rp175.000
Agak Murah

Tahan air dan mudah dibersihkan

Produk ini hadir dengan fungsi yang bisa membersihkan plak dan kotoran mulut serta mengurangi pendarahan pada gusi. Tidak hanya itu, sikat yang satu ini juga mampu membantu memutihkan gigi. 


Ditambah lagi, sikat gigi ini dibekali teknologi IPX7 waterproof sehingga tahan air dan mudah untuk dibersihkan. Pengisian ulang baterainya menggunakan metode catu daya stopkontak. Jadi, produk ini lebih cocok digunakan sebagai sikat gigi sehari-hari di rumah.

No.6

Jack N' Jill Tickle Tooth Sonic Toothbrush

Harga referensi
Rp300.000
Menengah

Menyediakan dua ukuran kepala sikat yang berbeda

Kelebihan:

  • Dilengkapi satu baterai AAA dalam paket penjualan sehingga Anda tidak perlu membelinya secara terpisah
  • Memiliki dua kepala sikat dengan ukuran yang berbeda


Kekurangan:

  • Tidak disarankan menggunakan baterai selain jenis alkaline


Sikat gigi ini memiliki dua kepala sikat dengan ukuran yang berbeda. Kepala sikat yang kecil cocok untuk anak usia 0 bulan sampai 1,5 tahun. Sementara itu, kepala sikat yang lain bisa untuk anak hingga berusia 3 tahun. Jika Anda mencari sikat gigi elektrik yang dapat dipakai anak sejak usia newborn hingga toddler, pilih produk ini.


Kepala sikat gigi ini dilengkapi lampu LED sehingga bisa digunakan untuk memeriksa kondisi gigi. Produk ini juga dilengkapi pengatur waktu serta pengingat. Setelah 30 detik, ada peringatan untuk memindahkan sikat gigi ke bagian mulut lain.

No.7

XiaomiDR.BEI Sonic Eelectric ToothbrushS7

Harga referensi
Rp735.000
Agak Mahal

Memiliki teknologi untuk mengurangi kecepatan otomatis

Apakah Anda belum mau mencoba sikat gigi ultrasonik karena khawatir kecepatan menyikatnya kurang terkendali? Tenang, produk ini memiliki teknologi intelligent pressure induction. Teknologi ini memungkinkan berkurangnya kecepatan secara otomatis saat intensitas menyikat terlalu tinggi.


Selain itu, suara sikat gigi ultrasonik ini pun tidak berisik dan hanya mengeluarkan noise sekitar 55 dB. Jadi, produk ini sangat cocok untuk Anda yang kurang nyaman dengan suara berisik dari sikat gigi ultrasonik.

No.8

PhillipsSoniCare DiamondClean Smart9700

Harga referensi
Rp6.199.000
Lebih Mahal

Sikat gigi cerdas dengan teknologi Smart Sensor

Ini dia sikat gigi pintar yang cocok untuk generasi masa kini. Produk keluaran Philips ini dilengkapi dengan teknologi Smart Sensor yang akan menuntun Anda untuk membersihkan daerah yang terlewat. Selain itu, produk ini juga dilengkapi konektivitas Bluetooth yang dapat Anda sambungkan ke ponsel.


Dengan keunggulannya ini, Anda pun dapat mengawasi dan melacak penggunaan sikat dan bagian-bagian pada gigi. Dilengkapi juga dengan sikat lidah dan kepala sikat yang bisa disesuaikan. Kebersihan gigi dan mulut pun makin maksimal.

No.9

XiaomiSOOCAS X5

Harga referensi
Rp775.000
Agak Mahal

Desainnya menarik dengan kotak penyimpanan yang kekinian

SOOCAS X5 mempunyai empat mode pembersihan dengan tiga level kekuatan. Tidak hanya membersihkan plak, sikat gigi ini juga dapat memutihkan gigi. Hal itu berkat frekuensi getaran yang tinggi dan bulu sikatnya yang lembut.


Di samping itu, desain kepala sikat yang sedikit melekuk dapat menyesuaikan dengan bentuk gigi. Menariknya lagi, sikat gigi ini juga dilengkapi kotak peyimpanan yang kekinian sehingga cocok dijadikan hadiah untuk teman atau keluarga.

No.10

InoneS-300

Harga referensi
Rp350.000
Menengah
Harga referensi
Rp350.000
Menengah

Hemat daya sehingga bisa digunakan lebih lama

Produk ini dilengkapi dengan lima mode pembersihan yang efektif sehingga tidak memakan banyak daya. Bahkan, dalam kondisi daya penuh, sikat gigi ini bisa digunakan hingga tiga bulan lamanya. Produk ini cocok untuk Anda bawa saat traveling, termasuk saat harus masuk ke daerah pedalaman. Tidak ada listrik pun, Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya.

Tips dari endodontis kami, drg. Ceples, Sp.KG.

Tips dari endodontis kami, drg. Ceples, Sp.KG.

Ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyikat gigi. Simaklah tips berikut ini agar gigi Anda senantiasa bersih dan sehat.

  • Menyikat gigi sebaiknya dilakukan minimal 2–3 kali sehari. Waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah setelah makan dan sebelum tidur. Sikatlah gigi minimal 20 menit setelah makan supaya kondisi asam dalam rongga mulut berkurang. Pada saat Anda tidur, aktivitas mengunyah tidak terjadi dan saliva pun tidak diproduksi. Padahal, salah satu fungsi saliva adalah self-cleansing. Oleh karena itu, pastikan rongga mulut Anda dalam keadaan bersih sebelum tidur.
  • Anda disarankan untuk menggunakan sikat gigi berbulu halus. Bulu sikat gigi yang terlalu kasar berisiko membuat gusi terluka.
  • Sisa makanan yang menumpuk di sela-sela gigi dan tidak terjangkau oleh sikat juga perlu dibersihkan. Anda bisa menggunakan benang gigi atau dental floss.
  • Utamakan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Pastikan Anda menyikat seluruh permukaan gigi setidaknya selama dua hingga tiga menit.
  • Jangan lupa membersihkan bagian lidah. Anda bisa menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan menyapu lidah secara perlahan tanpa menggunakan pasta gigi.
  • Sebaiknya lakukan kontrol rutin ke dokter gigi minimal enam bulan sekali untuk deteksi dini penyakit gigi Anda.

Pro dan kontra sikat gigi ultrasonik

Pro dan kontra sikat gigi ultrasonik

Tiap hal baru pasti selalu ada pro dan kontra. Begitu pun dengan adanya sikat gigi ultrasonik yang mulai menggantikan sikat gigi biasa dan sikat gigi elektrik. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan sikat gigi ultrasonik? Secara umum, kinerja sikat gigi ultrasonik menjadi kelebihan utama yang dimilikinya. Sikat gigi ultrasonik mampu menghancurkan mikroba, melonggarkan karang gigi, menghilangkan plak, serta membersihkan area yang sulit dijangkau.


Akan tetapi, sikat gigi ultrasonik juga memiliki beberapa kekurangan. Selain harganya yang jauh lebih tinggi, Anda juga harus hati-hati saat menggunakannya untuk gigi tambalan. Ditambah lagi, ada beberapa kontraindikasi medis yang perlu Anda ketahui. Anda yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti kehamilan, diabetes, dan periodontitis, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Baca juga rekomendasi produk perawatan gigi lainnya di sini

Sikat gigi ultrasonik memang memiliki kemampuan untuk membersihkan plak dan menghilangkan bakteri mulut dengan baik. Namun, untuk memaksimalkannya, Anda perlu menggunakan produk lain seperti benang gigi dan obat kumur. Oleh karena itu, cek juga rekomendasi produk perawatan gigi lainnya di bawah ini!

Kesimpulan

Sikat gigi ultrasonik memiliki lebih banyak keunggulan ketimbang sikat gigi manual dan sikat gigi elektrik biasa. Penggunaan sikat gigi ultrasonik juga lebih mudah karena Anda tidak perlu menekan kepala sikatnya ke gigi. 


Sikat ini akan otomatis menyikat gigi dengan lembut dan ringan seiring dengan getarannya. Akhir kata, semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda untuk memilih produk sikat gigi ultrasonik yang bagus. Selamat memilih!

5 Rekomendasi Sikat Gigi Ultrasonik terbaik

No. 1: Han RiverElectric Toothbrush

No. 2: Starco Sonic Sikat Gigi Elektrik YL8001

No. 3: Pandaoma Sikat Gigi Elektrik Electric Tooth Brush Sonic VibrationB68

No. 4: Oclean X Pro Smart Sonic Toothbrush

No. 5: KemeiUltrasonic ToothbrushKM-907

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan gigi & mulut
  4. 10 Sikat Gigi Ultrasonik Terbaik - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.