1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Peralatan kebersihan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Hand Sanitizer Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Meski sudah melewati masa pandemi, penggunaan hand sanitizer tetap dianjurkan untuk digunakan sehari-hari. Dari banyaknya jenis yang ada, hand sanitizer gel dapat dijadikan pilihan. Hand sanitizer gel sangat praktis menjaga tangan tetap higienis saat tak ada sabun atau air untuk mencuci tangan.


Di pasaran, merek-merek hand sanitizer gel ternama, seperti Nuvo, Carex, dan Dettol, sangat mudah dijumpai. Namun, Anda tentu bingung memilih hand sanitizer gel yang bagus. Untuk itu, kami telah menyediakan rekomendasi hand sanitizer gel beserta tips memilihnya. Simak baik-baik sampai akhir, ya!

Diperbaharui 09-09-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa perbedaan hand sanitizer gel dan spray?

Apa perbedaan hand sanitizer gel dan spray?

Sekarang ini, hand sanitizer menjadi suatu barang yang wajib dimiliki dan dibawa saat bepergian. Hal ini karena hand sanitizer dapat membantu membersihkan tangan dari virus, kuman, dan bakteri. Di pasaran sendiri ada dua jenis hand sanitizer yang banyak dijual, yakni hand sanitizer gel dan hand sanitizer spray.


Lalu, manakah yang lebih baik di antara keduanya? Mari simak kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 


  • Kecepatan kerja

Hand sanitizer gel membutuhkan waktu sekitar 30 detik untuk menghilangkan kuman dan bakteri. Sementara itu, hand sanitizer spray hanya membutuhkan waktu sekitar 15 detik. 


  • Durasi perlindungan

Hand sanitizer gel memang lebih lama menyerap di tangan dibandingkan hand sanitizer spray. Namun, hal ini justru membuat hand sanitizer gel dapat menjaga kebersihan tangan Anda lebih lama daripada jenis spray.


Kami juga memiliki artikel yang secara khusus membahas tentang hand sanitizer spray. Silakan klik tautan di bawah ini untuk membaca artikel selengkapnya. 

Cara memilih hand sanitizer gel

Dalam memilih hand sanitizer gel, ada empat hal yang perlu Anda perhatikan. Silakan ikuti pembahasannya berikut ini. 

① Periksalah kandungan alkohol pada suatu produk

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, hal yang paling penting dalam pemilihan hand sanitizer gel adalah kandungan bahannya. Salah satu bahan utama yang perlu Anda perhatikan adalah alkohol. 

Kadar alkohol, memengaruhi efektivitas membunuh virus dan bakteri

Kadar alkohol, memengaruhi efektivitas membunuh virus dan bakteri

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60%. Kadar alkohol 60% terbukti lebih efektif mengatasi bakteri, dan virus dibandingkan kadar alkohol rendah atau nonalkohol


Tak hanya kuman dan bakteri, hand sanitizer dengan kadar alkohol 60% ke atas juga mampu membunuh jamur di kulit. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol terlalu tinggi. Pasalnya, produk dengan kadar alkohol di atas 90% dapat membuat kulit tangan Anda menjadi kering. 

Jenis alkohol, hindari yang bersifat toksik atau racun

Jenis alkohol, hindari yang bersifat toksik atau racun

Untuk jenis alkoholnya, CDC merekomendasikan etanol atau etil alkohol dan isopropyl atau 2-propanol. Sementara itu, jenis alkohol yang harus Anda hindari adalah metanol. Metanol bersifat toksik atau racun jika terserap oleh kulit. 


Paparan metanol dapat mengakibatkan sakit kepala, mual, muntah, penglihatan kabur atau hilang permanen, kejang, koma, bahkan kematian. Jadi, periksa dengan saksama jenis alkohol yang digunakan, ya. 

② Pastikan Anda memilih produk dengan kandungan pelembap dan vitamin

Pastikan Anda memilih produk dengan kandungan pelembap dan vitamin

Penggunaan hand sanitizer gel dengan kadar alkohol tinggi akan membuat kulit tangan menjadi kering. Terlebih untuk Anda yang sensitif terhadap alkohol, kulit tangan bisa menjadi pecah-pecah dan terasa perih. 


Untuk itu, penting untuk memilih hand sanitizer gel yang juga mengandung pelembap dan vitamin. Kandungan pelembap yang biasa digunakan adalah Aloe vera, glycerin, vitamin E, dan ceramide. 

③ Hindari produk dengan kandungan kimia berbahaya

Hindari produk dengan kandungan kimia berbahaya

Selain memeriksa kandungan alkohol dan pelembap pada suatu produk, Anda juga harus memperhatikan kandungan bahan kimia lainnya. Phthalates adalah salah satu bahan kimia yang sering digunakan pada hand sanitizer. Namun, nyatanya bahan kimia ini termasuk bahan kimia berbahaya. 


Phthalates dapat mengganggu kerja endokrin dan bisa mengakibatkan penurunan jumlah sperma jika digunakan dalam jangan waktu lama. Selain itu, ada juga triklosan yang dinilai dapat menyebabkan gangguan hormon dan resistensi antibiotik. Namun, hal ini masih dalam penyelidikan Food and Drug Administration (FDA).

④ Perhatikan bentuk kemasannya

Saat membeli hand sanitizer gel, jangan lupa untuk memperhatikan bentuk kemasan. Pilih kemasan yang paling pas untuk Anda gunakan sehari-hari.

Botol flip top, praktis dibawa dalam tas

Botol flip top, praktis dibawa dalam tas

Sebenarnya, kemasan botol flip top adalah kemasan yang paling wajib dimiliki setiap orang. Anda setidaknya perlu memiliki satu hand sanitizer jenis ini untuk ditaruh di dalam tas. Jadi, Anda bisa menggunakannya kapan saja saat dibutuhkan. Kemasan botol flip top umumnya dijual dalam berbagai ukuran, mulai dari 50 ml hingga 200 ml


Ukuran kecil tentu lebih mudah diselipkan di tas kecil ataupun saku. Namun, jika Anda tipe orang yang sedikit-sedikit menggunakan hand sanitizer, lebih baik belilah ukuran besar. Hal ini bertujuan agar tidak merepotkan Anda untuk isi ulang atau ganti terus menerus. 

Botol pump, memudahkan penggunaan

Botol pump, memudahkan penggunaan

Kekurangan dari hand sanitizer gel bentuk flip top adalah pengaplikasiannya yang sulit dan mudah tumpah. Jika Anda concern terhadap hal ini, carilah hand sanitizer dengan bentuk pump untuk mempermudah penggunaan. Cukup satu pump saja, cairan yang keluar sudah cukup membersihkan kedua tangan Anda. 


Namun, tipe ini kebanyakan dijual dalam bentuk besar. Jadi, tipe ini lebih cocok ditaruh di rumah atau di meja kantor Anda. Bentuk ini juga kurang efektif ditaruh dalam tas karena bisa tergencet benda lainnya. Akibatnya, cairan keluar dan membasahi barang-barang Anda di dalam tas. 

Jeriken, ideal untuk isi ulang

Jeriken, ideal untuk isi ulang

Jika ingin harga yang lebih ekonomis saat membeli hand sanitizer gel, Anda bisa membeli yang dikemas dalam jeriken. Biasanya, bentuk jeriken dijual mulai dari ukuran 1000 ml hingga 4000 ml. 


Anda bisa mengisinya ke bentuk botol kecil atau botol pump yang diinginkan. Selain itu, kemasan ini tentunya bisa dipakai oleh seluruh anggota keluarga. Namun, jika membeli kemasan ini, pastikan Anda cepat menutupnya setelah dibuka. Alkohol mudah menguap setelah dibuka dan membuat kadarnya menurun

Pouch dan sachet, mudah diselipkan dalam tas

Pouch dan sachet, mudah diselipkan dalam tas

Selain ketiga bentuk di atas, ada juga produk yang menyediakan hand sanitizer gel dalam bentuk pouch dan sachet. Bentuk ini tidak kaku sehingga lebih mudah diselipkan dalam tas dibandingkan kemasan flip top


Hal ini terutama untuk sachet yang umumnya memiliki ukuran kecil dan tipis. Bila Anda hanya membawa tas kecil atau dompet saat bepergian, kemasan ini bisa dipertimbangkan untuk dibeli

10 Rekomendasi hand sanitizer gel terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hand sanitizer gel yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Aiken

Instant Hand Sanitizer

Aiken Instant Hand Sanitizer 1枚目

Kemasan kecil yang mudah dibawa bepergian

2

Mama’s Choice

Moisturizing Hand Gel

Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel 1枚目

Tanpa alkohol, tetapi tetap ampuh membunuh bakteri dan virus

3

Reckitt Benckiser

Dettol Hand Sanitizer Original

Reckitt Benckiser Dettol Hand Sanitizer Original  1枚目

Fomulanya cepat kering dan tidak lengket

4

WINGS

NUVO Hand Sanitizer Merah

WINGS NUVO Hand Sanitizer Merah 1枚目

Hadir dalam bentuk pump, produk ini lebih mudah digunakan

5

Godrej

Saniter Hand Sanitizer Instant Gel Pouch

 Godrej Saniter Hand Sanitizer Instant Gel Pouch  1枚目

Unik, satu-satunya hand sanitizer berbentuk pouch

6

Purelizer

Hand Sanitizer Gel 1 Liter

Purelizer Hand Sanitizer Gel 1 Liter 1枚目

Bisa untuk isi ulang ataupun pemakaian dalam jumlah banyak

7

Cussons

Carex Sensitive Antibacterial Hand Sanitiser Gel

Cussons Carex Sensitive Antibacterial Hand Sanitiser Gel  1枚目

Lindungi tangan sensitif dengan hand sanitizer yang mengandung glycerin

8

Barclay

SOS Hand Sanitizer Antiseptic - Gel

Barclay SOS Hand Sanitizer Antiseptic - Gel 1枚目

Rasakan tangan yang lebih bersih, wangi, dan segar

9

Kino

Instance Hand Sanitizer Gel

Kino  Instance Hand Sanitizer Gel 1枚目

Dilengkapi bintik biru dalam gel untuk melembapkan tangan

10

Enesis

ANTIS Hand Sanitizer Jeruk Nipis Gel

Enesis ANTIS Hand Sanitizer Jeruk Nipis Gel 1枚目

Berbentuk saset, bisa diselipkan di dompet atau saku baju

Perincian produk
Close
No.1

AikenInstant Hand Sanitizer

Mulai dari Rp11.000,00

Kemasan kecil yang mudah dibawa bepergian

Hand sanitizer gel keluaran Aiken ini hadir dalam kemasan botol kecil 50 ml. Kemasan ini sangat cocok untuk dibawa bepergian. Anda bisa memasukkannya dalam tas atau cukup diselipkan dalam kantong baju. 


Selain itu, saat ini banyak tersedia tempat hand sanitizer yang bisa digantungkan pada tas. Anda pun bisa menggunakannya supaya tidak lupa membawa item ini ke mana pun Anda pergi. Produk ini sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang mencari hand sanitizer ready to go. 

No.2

Mama’s ChoiceMoisturizing Hand Gel

Mulai dari Rp59.000,00

Tanpa alkohol, tetapi tetap ampuh membunuh bakteri dan virus

Tanpa alkohol, tetapi bisa membunuh bakteri dan virus? Ya, produk ini menggunakan benzalkonium chloride dan hypoclorus acid sebagai pengganti alkohol yang lebih ramah di kulit. Kombinasi keduanya efektif membunuh bakteri dan virus hingga 99,99% tanpa menyebabkan iritasi pada kulit.


Untuk itu, produk ini bisa digunakan untuk seluruh anggota keluarga, termasuk bayi. Terlebih lagi, produk ini juga dilengkapi Aloe vera yang berfungsi melembapkan dan Centella asiatica yang melindungi kulit dari iritasi. 

No.3

Reckitt BenckiserDettol Hand Sanitizer Original

Mulai dari Rp12.000,00

Fomulanya cepat kering dan tidak lengket

Salah satu alasan beberapa orang enggan menggunakan hand sanitizer gel adalah karena rasa lengket sesudah menggunakannya. Namun, dengan Dettol Hand Sanitizer Original, tidak ada lagi rasa lengket tersebut. Formula hand sanitizer Dettol cepat kering dan tidak lengket. Kuman hilang, tangan pun tetap terasa nyaman dan lembut. Silakan coba dan buktikan sendiri!

No.4

WINGSNUVO Hand Sanitizer Merah

Mulai dari Rp21.900,00

Hadir dalam bentuk pump, produk ini lebih mudah digunakan

Mengeluarkan isi hand sanitizer gel tidak semudah hand sanitizer spray. Namun, dengan botol pump seperti ini, hal tersebut tentu tidak jadi masalah. Anda cukup menekan pump-nya sekali, maka hand sanitizer gel sudah bisa Anda gunakan.


Kemasan pump ini juga hadir dengan isi yang cukup banyak, yakni 250 ml dan 1000 ml. Anda bisa menggunakannya untuk seluruh keluarga atau digunakan bersama rekan-rekan kerja di kantor. 

No.5

GodrejSaniter Hand Sanitizer Instant Gel Pouch

Mulai dari Rp19.900,00

Unik, satu-satunya hand sanitizer berbentuk pouch

Jika biasanya hand sanitizer gel hadir dalam kemasan botol, produk Saniter ini hadir dengan kemasan pouch. Anda bisa menggunakannya untuk isi ulang ke dalam botol-botol kecil. Tutup corongnya pun akan memudahkan Anda memindahkan isinya. 


Saat masih ada sisa, Anda tinggal menutup pouch-nya kembali. Mudah sekali, bukan? Ini benar-banar produk hand sanitizer dengan kemasan unik yang praktis dan mudah digunakan!

No.6

PurelizerHand Sanitizer Gel 1 Liter

Mulai dari Rp70.000,00

Bisa untuk isi ulang ataupun pemakaian dalam jumlah banyak

Hand sanitizer gel dari Purelizer ini cocok jika Anda mau melakukan isi ulang ke botol yang lebih kecil. Secara biaya, kemasan satu liter lebih ekonomis dibandingkan kemasan kecil yang ready to go. 


Namun, selain botol isi ulang, kemasan satu liter ini juga tersedia dalam kemasan tipe pump. Untuk pemakaian di kantor, restoran, atau area bisnis lainnya, kemasan satu liter tipe pump bisa dipertimbangkan. Anda pun tak perlu repot sering mengisi ulang karena isinya yang banyak. 

No.7

CussonsCarex Sensitive Antibacterial Hand Sanitiser Gel

Mulai dari Rp15.750,00

Lindungi tangan sensitif dengan hand sanitizer yang mengandung glycerin

Carex adalah brand asal Inggris yang selama 25 tahun telah berkiprah memproduksi produk-produk kebersihan tangan. Salah satu produk unggulannya adalah Carex Sensitive Antibacterial Hand Sanitiser Gel.


Sesuai namanya, produk ini dibuat khusus untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Kandungan alkoholnya diklaim efektif membunuh 99,99% kuman dan bakteri, tetapi tetap aman untuk kulit. Hand sanitizer Carex ini sudah diperkaya dengan glycerin yang menjadikan kulit tangan Anda tetap lembap. 

No.8

BarclaySOS Hand Sanitizer Antiseptic - Gel

Mulai dari Rp8.500,00

Rasakan tangan yang lebih bersih, wangi, dan segar

SOS mungkin lebih dikenal dengan produk pembersih lantainya. Namun, ternyata SOS juga menghadirkan produk hand sanitizer gel. Hadir dalam kemasan botol kecil 60 ml, produk ini sangat mudah dibawa ke mana-mana. 


Dengan kandungan alkohol 65%, hand sanitizer gel ini ampuh bunuh kuman dan bakteri hanya dalam waktu 20 detik saja. Selain itu, wanginya juga segar dan tidak menyengat. Tangan Anda pun dijamin bersih, wangi, dan segar. 

No.9

Kino Instance Hand Sanitizer Gel

Mulai dari Rp67.800,00

Dilengkapi bintik biru dalam gel untuk melembapkan tangan

Kebanyakan hand sanitizer gel hanya berwarna transparan tanpa warna apapun, tetapi tidak dengan produk yang satu ini. Di dalam Instance Hand Sanitizer terdapat bintik biru yang membuat tampilan produk jadi lebih cantik. 


Bintik biru ini bukan hanya sekadar penghias, melainkan pelembap yang bisa menutrisi tangan supaya tak kering. Jika Anda seseorang yang menginginkan hand sanitizer dengan tampilan cantik sekaligus bermanfaat, pilih produk ini. 

No.10

EnesisANTIS Hand Sanitizer Jeruk Nipis Gel

Mulai dari Rp1.500,00

Berbentuk saset, bisa diselipkan di dompet atau saku baju

Antis Jeruk Nipis Gel memiliki wangi menyegarkan dan ampuh membunuh kuman serta bakteri hanya dalam empat detik. Produk ini juga tidak mengandung bahan irgasan atau triclosan sehingga aman untuk ibu hamil sekalipun. 


Menariknya lagi, Antis Hand Sanitizer terdapat dalam bentuk saset. Jadi, Anda bisa menyelipkannya di dompet, saku baju, atau di saku celana sekalipun. Tak ada lagi alasan untuk tidak menggunakan hand sanitizer hanya karena bentuknya yang tidak praktis. 

Baca juga rekomendasi hand sanitizer lainnya di sini

Apakah Anda sudah menemukan hand sanitizer yang dibutuhkan? Jika belum ada yang sesuai, silakan cek artikel kami lainnya tentang hand sanitizer. Ada hand sanitizer otomatis atau hand sanitizer khusus anak. Pilih produk yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Lalu, klik tautan di bawah ini untuk membaca artikelnya. 

Kesimpulan

Menggunakan hand sanitizer gel dapat menjaga tangan Anda tetap higienis kapan saja dan di mana saja. Namun, agar hand sanitizer gel bekerja maksimal, perhatikan cara memilih yang telah kami paparkan di atas. 


Kandungan alkohol dan pelembap pada hand sanitizer juga perlu Anda perhatikan dengan benar. Produk yang tepat akan membuat Anda terhindar dari kuman dan virus. Kulit Anda pun akan senantiasa terjaga kelembapannya. Selamat menemukan hand sanitizer gel terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer