• 10 Coklat Couverture Terenak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Coklat Couverture Terenak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Coklat Couverture Terenak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Coklat Couverture Terenak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Coklat Couverture Terenak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Coklat Couverture Terenak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)

Coklat couverture adalah jenis coklat yang memiliki tampilan lebih mengilap serta rasa lebih enak dibandingkan coklat compound. Karena itu, coklat couverture sering digunakan untuk mempercantik tampilan kue. Cokelat couverture hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari batangan sampai kepingan. Selain itu, mereknya pun beragam, seperti Tulip, Monggo, hingga Pod Chocolate.


Kali ini kami ingin membahas tentang coklat couverture yang enak. Tips memilih beserta sepuluh rekomendasi produk yang bagus pun telah kami siapkan. Artikel ini telah ditinjau oleh cooking influencer kami, Inov Pelawi. Mari simak informasi selengkapnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Inov Pelawi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 25 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Cooking influencer, Inov Pelawi

Profil pakar: Cooking influencer, Inov Pelawi
Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Inov adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak. Wanita berumur 36 tahun ini sudah menyukai kegiatan memasak dan baking sejak usia 14 tahun.


Kegemarannya terhadap dunia masak dan baking ini membuatnya sering berbagi resep dan foto makanan di akun Instagram-nya. Selain untuk dokumentasi pribadi, ia berharap bahwa kontennya juga bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi para ibu.

Sekilas tentang coklat couverture

Sekilas tentang coklat couverture

Cokelat couverture adalah jenis cokelat yang terbuat dari perpaduan antara cocoa solid (bubuk cokelat) dengan cocoa butter. Sebuah produk baru bisa dikategorikan sebagai cokelat couverture apabila kandungan cocoa butter-nya tinggi. Cokelat couverture dengan kandungan cocoa butter yang tinggi biasanya dijual lebih mahal dibandingkan cokelat biasa.


Meskipun berbeda-beda pada tiap produsen, standar persentase keberadaan cocoa butter pada cokelat couverture biasanya berada pada kisaran 30%–39%. Untuk di Eropa, Dewan Parlemen Eropa menetapkan bahwa cokelat couverture harus mengandung minimal 35% cocoa solid serta 31% cocoa butter.


Selain tidak mengandung cocoa butter, cokelat compound merupakan perpaduan antara bubuk cokelat dengan lemak nabati. Hal itulah yang menjadi perbedaan utama antara cokelat couverture dengan cokelat compound.


Tingginya kadar cocoa butter membuat cokelat couverture memiliki rasa yang enak dan tampilan yang lebih mengilap dibandingkan cokelat compound. Teksturnya juga terasa lebih lembut, serta lebih mudah meleleh. 


Suhu yang baik untuk melelehkan cokelat couverture berada pada suhu 40º–45º Celsius. Apabila suhu yang digunakan terlalu panas, lemak yang ada di dalam cokelat akan terpisah dari cacao base. Jika hal itu terjadi, cokelat tersebut akan mengalami kerusakan tekstur. 


Dengan berbagai kelebihannya, cokelat couverture sangat cocok digunakan untuk membuat cake, permen, dan beragam jenis dessert. Karena rasanya yang enak, cokelat couverture juga nikmat dikonsumsi langsung. Anda tentu makin penasaran dengan cokelat couverture, bukan? Mari simak penjelasan kami dalam artikel ini hingga selesai.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih coklat couverture

Setelah memperkenalkan kekhasan cokelat couverture, sekarang kami akan menjabarkan beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Silakan baca dengan saksama supaya Anda bisa mendapatkan cokelat couverture terbaik.

Kenali jenis coklat yang digunakan

Anda perlu mengetahui jenis cokelat yang digunakan dalam suatu produk cokelat couverture. Dengan begitu, Anda bisa menentukan produk yang sesuai dengan selera lidah. Ada tiga jenis cokelat yang digunakan pada cokelat couverture, yaitu dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate. Karakteristik setiap jenis cokelatnya akan kami jelaskan di bawah ini.

Dark chocolate: Lebih kaya nutrisi, tetapi rasanya lebih pahit

Dark chocolate: Lebih kaya nutrisi, tetapi rasanya lebih pahit

Dark chocolate adalah jenis cokelat yang mempunyai kandungan cocoa solid tertinggi. Cokelat ini memiliki tampilan warna yang gelap dan rasa yang lebih pahit dibandingkan jenis cokelat lainnya. Rasa pahit dark chocolate didapatkan dari campuran pasta kakao yang tinggi serta tidak adanya tambahan susu bubuk. Makin tinggi kandungan pasta kakao, makin tinggi pula kualitas dark chocolate tersebut.


Dark chocolate terkenal memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Hal itu dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh U.S. Department of Agriculture. Karena alasan kesehatan tersebut, tak heran jika banyak orang menyukai cokelat couverture yang menggunakan dark chocolate. Untuk bisa dikatakan sebagai couverture dark chocolate, sebuah cokelat harus mengandung bubuk cokelat setidaknya 35%.

Milk chocolate: Tekstur lebih creamy dengan rasa manis

Milk chocolate: Tekstur lebih creamy dengan rasa manis

Milk chocolate terbuat dari perpaduan antara bubuk cokelat, gula, dan susu. Jenis cokelat ini pertama kali dibuat oleh Daniel Peter, peracik manisan asal Swiss pada tahun 1876. Campuran susu dalam milk chocolate membuat tekstur cokelat menjadi lebih creamy serta warnanya menjadi lebih cerah. Rasanya pun cenderung manis akibat tingginya kandungan gula di dalamnya.


Couverture milk chocolate biasanya mengandung bubuk cokelat minimal 25%. Adanya susu di dalam milk chocolate membuatnya kaya akan kalsium. Oleh karena itu, cokelat couverture jenis milk chocolate sangat baik dijadikan bahan baku kue anak-anak.

White chocolate: Wangi vanila yang menggugah selera

White chocolate: Wangi vanila yang menggugah selera

White chocolate tidak mengandung bubuk cokelat seperti yang terdapat pada dark chocolate dan milk chocolate. Karena itulah, white chocolate memiliki warna putih gading, tidak gelap seperti jenis cokelat lainnya. Saat dimakan pun, Anda juga tidak akan menemukan rasa cokelat. White chocolate memiliki rasa vanila yang khas.


Meski demikian, white chocolate terbuat dari cocoa butter, gula, susu bubuk, serta vanila. Kandungan-kandungan itulah yang menyebabkan white chocolate memiliki aroma wangi yang seperti vanila. Cokelat couverture jenis white chocolate bisa menawarkan sensasi rasa yang unik pada kue Anda.

Perhatikan komposisi coklatnya

 Perhatikan komposisi coklatnya

Seperti telah dibahas sebelumnya, untuk bisa dikatakan sebagai cokelat couverture, suatu produk wajib mengandung cocoa butter sebanyak 31%. Namun, tentu saja ada beragam cokelat couverture dengan kadar persentase cocoa butter yang berbeda-beda. Makin tinggi kandungan cocoa butter, makin cepat pula cokelat couverture akan meleleh. Teksturnya pun akan menjadi makin encer.


Sayangnya, di pasaran Indonesia tidak banyak produsen yang mencantumkan jumlah kandungan cocoa butter dalam produknya. Produsen biasanya hanya menyertakan angka persentase yang menunjukkan jumlah cacao secara keseluruhan. Sebagai contoh, sebuah cokelat couverture diberi keterangan memiliki persentase 56%. Artinya, terdapat kandungan cocoa butter dan bubuk cokelat sebanyak 56% di dalamnya.

Periksa bentuknya dan sesuaikan dengan kebutuhan

Periksa bentuknya dan sesuaikan dengan kebutuhan

Cokelat couverture dipasarkan dalam beragam bentuk, mulai dari batangan hingga kepingan. Karena itu, pastikan Anda memilih bentuk cokelat couverture yang sesuai dengan kebutuhan.


  • Cokelat couverture batang akan terasa lebih mudah untuk dikreasikan. Anda bisa memotongnya menjadi kecil-kecil, menyerutnya, atau langsung melelehkannya dalam jumlah besar.

  • Cokelat couverture keping, button, atau cube paling pas digunakan sebagai topping kue. Anda yang suka mengonsumsi cokelat langsung juga akan lebih nyaman dengan bentuk cokelat seperti ini.

Pilih berat isi kemasan sesuai keperluan pemakaian

Pilih berat isi kemasan sesuai keperluan pemakaian

Selain poin-poin di atas, Anda juga perlu memperhatikan kesesuaian berat isi dengan keperluan pemakaian masing-masing. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyimpan sisa cokelat terlalu banyak sebelum menggunakannya kembali. Selain itu, bisa saja Anda menyimpan cokelat tersebut terlalu lama hingga akhirnya kedaluwarsa. Sayang sekali, bukan?


Karena itu, untuk pemula yang hanya membuat kreasi cokelat sesekali saja, sebaiknya pilih kemasan berukuran kecil. Namun, jika Anda rutin membuat hidangan cokelat untuk keluarga atau hobi baking, gunakanlah kemasan berukuran sedang. Sementara itu, kemasan besar cocok digunakan jika Anda memiliki usaha di bidang kuliner.


Sedikit tips, saat Anda hendak menggunakan cokelat couverture untuk membuat kue, simpanlah cokelat beberapa saat di suhu ruangan. Dengan begitu, cokelat akan lebih mudah dibagi sesuai dengan keperluan resep.

10 Rekomendasi coklat couverture terenak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cokelat couverture terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. 


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Inov Pelawi.

10

Minang KakaoOrganic Chocolate Couverture 55%

Mulai dari Rp 190.000,00

Jenis cokelatDark chocolate
Komposisi55%
BentukCube
Varian isi500 gram
9
Jenis cokelatWhite chocolate
Komposisi35%
BentukButton
Varian isi3 kg
8

MonggoMilk Couverture 41% of Cocoa

Mulai dari Rp 296.000,00

Jenis cokelatMilk chocolate
Komposisi41%
BentukBatang
Varian isi1 kg
7

EmbassyOceanic Blend Dark Chocolate Couverture 65%

Mulai dari Rp 370.000,00

Jenis cokelatDark chocolate
Komposisi65%
BentukKeping
Varian isi2,5 kg
6

Gandum Mas KencanaColatta Choco Stick Couverture

Mulai dari Rp 135.000,00

Jenis cokelatTidak disebutkan
KomposisiTidak disebutkan
BentukBatang
Varian isi1,2 kg
5
Jenis cokelatWhite chocolate
Komposisi28%
BentukKeping
Varian isi2,5 kg
4

Federal Food InternusaElmer Royal Baker Couverture Ivory

Mulai dari Rp 108.000,00

Jenis cokelatDark chocolate
Komposisi54%
BentukBatang
Varian isi1 kg
3

Bali CoklatPod Chocolate Drops 99%

Mulai dari Rp 119.000,00

Jenis cokelatDark chocolate
Komposisi99%
BentukButton
Varian isi250 gram dan 2 kg
2

Wahana Interfood NusantaraSchoko Couverture Chocolate

Mulai dari Rp 119.000,00

Jenis cokelatDark chocolate
Komposisi56%
BentukCube
Varian isi1 kg
1

Freyabadi IndotamaTulip Bittersweet Couverture Chocolate

Mulai dari Rp 120.000,00

Jenis cokelatDark chocolate
Komposisi55%
BentukBatang
Varian isi1 kg

Tabel perbandingan produk coklat couverture terbaik

Gambar produk
1
Freyabadi Indotama Tulip Bittersweet Couverture Chocolate 1

Freyabadi Indotama

2
Wahana Interfood Nusantara Schoko Couverture Chocolate 1

Wahana Interfood Nusantara

3
Bali Coklat Pod Chocolate Drops 99% 1

Bali Coklat

4
Federal Food Internusa Elmer Royal Baker Couverture Ivory 1

Federal Food Internusa

5
Callebaut Recipe N° W2 1

Callebaut

6
Gandum Mas Kencana Colatta Choco Stick Couverture 1

Gandum Mas Kencana

7
Embassy Oceanic Blend Dark Chocolate Couverture 65% 1

Embassy

8
Monggo Milk Couverture 41% of Cocoa 1

Monggo

9
Valrhona Ivoire 35% 1

Valrhona

10
Minang Kakao Organic Chocolate Couverture 55% 1

Minang Kakao

Nama produk

Tulip Bittersweet Couverture Chocolate

Schoko Couverture Chocolate

Pod Chocolate Drops 99%

Elmer Royal Baker Couverture Ivory

Recipe N° W2

Colatta Choco Stick Couverture

Oceanic Blend Dark Chocolate Couverture 65%

Milk Couverture 41% of Cocoa

Ivoire 35%

Organic Chocolate Couverture 55%

Keunggulan

Jadikan kue tampak seperti buatan profesional

Cocok dijadikan isian kue mini atau dimakan langsung

Bebas gula dan tinggi kandungan dark chocolate

Memberi kualitas premium dengan harga terjangkau

Hasilkan rasa manis yang mewah seperti karamel

Lelehan coklatnya tidak terlalu cair, cocok untuk isian cookies dan roti

Sentuhan rasa nuts and dried fruits dalam coklat couverture

Diperkaya dengan susu berkalsium tinggi

Hasilkan aroma susu yang lebih kuat

Makin sehat dengan kakao organik!

Harga mulai dariRp 120.000,00Rp 119.000,00Rp 119.000,00Rp 108.000,00Rp 410.000,00Rp 135.000,00Rp 370.000,00Rp 296.000,00Rp 1.345.500,00Rp 190.000,00
Jenis cokelatDark chocolateDark chocolateDark chocolateDark chocolateWhite chocolateTidak disebutkanDark chocolateMilk chocolateWhite chocolateDark chocolate
Komposisi55%56%99%54%28%Tidak disebutkan65%41%35%55%
BentukBatangCubeButtonBatangKepingBatangKepingBatangButtonCube
Varian isi1 kg1 kg250 gram dan 2 kg1 kg2,5 kg1,2 kg2,5 kg1 kg3 kg500 gram
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar coklat couverture

Selain poin-poin yang telah kami jelaskan di atas, Anda mungkin masih memiliki pertanyaan lain seputar cokelat couverture. Kami akan coba membahasnya untuk Anda. Yuk, disimak!

Bagaimana cara menyimpan cokelat couverture?

Cokelat couverture sebaiknya disimpan pada suhu 18°–22º Celsius. Simpanlah cokelat di ruangan tertutup dengan suhu yang stabil. Agar bisa bertahan selama 8–12 bulan, bungkuslah cokelat dengan kemasan berbahan aluminium. Lalu, letakkan cokelat dalam wadah kedap udara.

Apa itu tempering cokelat?

Tempering adalah proses melelehkan cokelat pada suhu tertentu untuk menstabilkan kandungan cocoa butter di dalamnya. Proses ini dilakukan dengan cara memanaskan cokelat hingga suhu 45° Celsius, lalu diturunkan kembali hingga 27° Celsius.


Teknik perubahan suhu ini bertujuan agar cocoa solid tidak terpisah dengan cocoa butter. Dengan melakukan proses tempering, rasa cokelat akan menjadi lebih enak serta memiliki tampilan yang mengilap.

Baca juga rekomendasi coklat lainnya di sini

Saat ini varian cokelat di pasaran makin beragam dengan rasa yang tak kalah nikmat. Selain cokelat couverture, Anda bisa dengan mudah menemukan cokelat batangan, cokelat putih, hingga cokelat bubuk. Mereknya pun bermacam-macam, ada Cadbury, Delfi, dan masih banyak lagi. Apabila Anda penasaran dengan cokelat-cokelat tersebut, silakan cek pembahasan kami melalui artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Untuk mendapatkan rasa cake atau dessert cokelat yang lezat ternyata tidak bisa hanya mengandalkan cokelat batangan biasa. Supaya cita rasanya lebih enak, Anda perlu menggunakan cokelat couverture. Cokelat couverture juga akan membuat tampilan kue Anda lebih glossy


Tingginya kandungan cocoa butter menjadikan cokelat ini mampu memberikan nilai lebih pada kreasi Anda. Namun, jangan sampai salah pilih, ya. Pastikan Anda mengikuti tips memilih cokelat couverture yang telah kami sampaikan. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa yang tidak suka menyantap snack atau makanan ringan? Snack dapat Anda nikmati kapan pun dan di mana pun. Baik saat bersantai maupun berpesta di rumah, akan terasa kurang apabila Anda tidak melengkapinya dengan aneka makanan ringan.Dalam artikel ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi snack terbaik yang dijamin membuat Anda ketagihan! Ada merek makanan ringan Cheetos, Pringles, Calbee, Lay’s, dan sebagainya. Sebelumnya, kami pun akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih snack agar Anda mudah menemukan yang sesuai selera. Yuk, simak artikel ini!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Menjalankan program diet bukan berarti Anda tidak boleh ngemil. Anda bisa ngemil, hanya saja tidak boleh sembarangan. Jika ingin menikmati camilan, konsumsilah biskuit diet rendah kalori. Biskuit diet memiliki kadar kalori serta kandungan gula yang rendah sehingga tidak akan menambah berat badan.Ada banyak produk biskuit untuk diet yang enak, seperti merek WRP, Tropicana Slim, atau Slim & Fit. Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terpopuler dan membahas tentang biskuit untuk diet. Tidak lupa, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga memberikan komentarnya di sini. Yuk, baca sampai selesai!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari tiga jenis coklat, yaitu dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate, dark chocolate menjadi jenis coklat yang paling banyak diminati. Pasalnya, dark chocolate memberikan manfaat baik untuk tubuh, termasuk saat diet. Tak hanya rasa pahit, dark chocolate juga sangat kaya akan cita rasa.Dalam artikel kali ini kami akan memberikan tips memilih dark chocolate yang enak dijadikan camilan atau bahan masakan. Jangan ketinggalan juga melihat rekomendasi produk dark chocolate terbaik dari Indonesia, mulai dari merek Chocolate Monggo, SilverQueen, Tulip, dan Pipiltin Cocoa. Yuk, simak artikel ini sampai habis!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Merk Es Krim Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Es Krim Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dingin, manis, dan creamy. Siapa yang dapat menolak sensasi dari es krim? Es krim merupakan makanan favorit bagi anak-anak dan orang dewasa. Rasa manisnya dapat menjadi pengobat bad mood Anda. Bahkan, tak hanya saat panas, ada juga orang yang suka menikmati es krim saat dingin.Pada artikel ini, kami akan membahas tentang es krim, serta merekomendasikan merk yang bagus yang dapat Anda coba. Merk es krim Häagen-Dazs, Wall's, Campina, Aice, sampai Paletas Wey ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini sampai habis dan temukan es krim yang Anda sukai!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermacam masalah tenggorokan seperti batuk, tenggorokan sakit atau gatal bisa datang tiba-tiba. Tentunya masalah tersebut bisa membuat hari Anda kurang nyaman. Ditambah lagi, jika Anda sehari-hari harus sering bertemu dengan banyak orang. Salah satu solusi tercepat dalam menanganinya adalah mengonsumsi permen pelega tenggorokan.Beberapa merek terkenal, seperti Ricola, Fisherman, dan Strepsil sudah sejak lama memproduksi permen pelega tenggorokan yang ampuh meredakan masalah tenggorokan. Kali ini kami akan menjelaskan cara tepat memilih permen pelega tenggorokan dan merekomendasikan sepuluh produk yang bagus untuk Anda. Pastikan untuk menyimak sampai habis, ya!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Snack Bars Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Snack Bars Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Snack bars adalah camilan berbentuk bar yang umumnya terbuat dari sereal multigrain. Snack bars banyak diminati karena praktis dan cocok dikonsumsi untuk camilan diet sebagai pengganti snack berkalori tinggi. Beberapa merek snack bars sehat dapat ditemui dengan mudah, seperti Soyjoy, Fitbar, dan Heavenly Blush.Apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih snack bars yang sehat sekaligus enak? Informasi seputar snack bars akan kami berikan di dalam artikel ini. Kami juga merekomendasikan snack bars dalam berbagai varian rasa yang ada di Indonesia. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Makanan kecil & snack
  • 10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai salah satu kota wisata di Indonesia, Bandung tidak pernah sepi oleh wisatawan. Selain memiliki banyak tempat wisata unik, kota ini juga dikenal sebagai pelopor di bidang kuliner. Dengan alasan itu, kami akan merangkum sepuluh makanan oleh-oleh khas kota ini yang dapat Anda beli secara online.Selain Kartika Sari dan Amanda Brownies, ada beberapa merek oleh-oleh khas Bandung kekinian seperti Bandung Makuta dan Chocomory dalam rekomendasi kami. Kalau begitu, mari kita mulai artikel ini dengan membahas tips cara memilih oleh-oleh khas Bandung yang enak. Pastikan Anda membacanya hingga akhir, ya!
    Makanan kecil & snack
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori