1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Handphone
  6. >
  7. 10 Rekomendasi HP Gaming Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi HP Gaming Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi HP Gaming Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi HP Gaming Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi HP Gaming Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi HP Gaming Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi HP Gaming Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Bermain game menggunakan HP dapat menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Namun, HP gaming apa yang harganya murah dan RAM-nya besar untuk digunakan bermain game oleh orang dewasa dan anak-anak?


Kali ini, kami akan mengulas tips memilih HP gaming yang bagus di harga 1 jutaan hingga 3 jutaan. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk HP gaming dari berbagai merek, seperti realme, Xiaomi, Infinix, dan Samsung. Ayo temukan HP gaming murah terbaik dengan membaca artikel ini sampai tuntas!

Diperbaharui 06-14-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Perbedaan HP gaming dengan HP lainnya

Perbedaan HP gaming dengan HP lainnya

Pada dasarnya, semua merek HP atau smartphone yang dijual di pasaran dapat diinstal dan digunakan bermain game. Namun, tidak semua jenis game dapat dimainkan dengan mulus. Sebagai contoh, game dengan genre action, sport, dan racing umumnya membutuhkan memori besar dan akan menampilkan gambar berkualitas tinggi. Jika demikian, apa keunggulan HP gaming terutama yang harganya murah?


  • HP gaming memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, baik dari kualitas prosesor maupun besaran RAM-nya

  • HP gaming juga dapat memainkan beberapa jenis game dengan sangat lancar tergantung kualitas gambar game-nya

  • HP gaming murah memiliki harga yang masih tergolong ekonomis. Segala keunggulan yang sudah disebutkan membuat HP gaming termurah sekalipun memiliki harga setidaknya satu juga ke atas. Jika Anda memaksakan gaming menggunakan HP murah yang harganya di bawah 1 jutaan, game tidak akan berjalan optimal.

Untuk menguji kualitas HP gaming yang akan digunakan, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi, seperti AnTuTu Benchmark dan 3D Mark. Dengan bantuan aplikasi ini, Anda dapat mengetahui jenis game yang cocok diinstal pada HP Anda. 


Lalu, HP apa yang bagus untuk memainkan Mobile Legend? Apakah HP Realme 8i, Xiaomi Redmi Note 11s, Infinix Hot 11s, atau Oppo A16 cocok dan bagus digunakan bermain game? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silakan simak penjelasan kami berikut ini!

Cara memilih HP gaming murah

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih HP gaming terbaik dengan harga termurah. Silakan simak penjelasan berikut ini supaya HP yang Anda pilih dapat digunakan dengan maksimal. 

① Perhatikan jenis prosesornya

Perhatikan jenis prosesornya

Prosesor merupakan perangkat yang berfungsi untuk menjalankan seluruh program yang terpasang di HP. Adapun bagian-bagian dari sebuah prosesor dinamakan core. Makin banyak core pada prosesor, makin baik performa HP-nya. Untuk keperluan gaming, pilihlah HP dengan prosesor delapan inti (octa-core).


Selain jumlah core-nya, Anda juga dapat mempertimbangkan merek prosesor yang ditanamkan. Di pasaran sendiri, terdapat beberapa merek prosesor yang sangat terkenal, seperti MediaTek dan Qualcomm yang biasa terpasang pada HP Android.

Jika mereknya adalah MediaTek, pilihlah prosesor jenis Helio seri G. Sementara itu, untuk merek Qualcomm, pilihlah jenis prosesor Snapdragon seri 6 ke atas, seperti Qualcomm® Snapdragon™ 660 atau 662. Jenis prosesor tersebut memungkinkan Anda untuk membuka game berat yang kualitas gambarnya tajam. 

② Utamakan HP dengan ukuran layar minimal 5,5 inci

Utamakan HP dengan ukuran layar minimal 5,5 inci

Bermain game dengan layar lebar tentu sangat menyenangkan. Selain lebih leluasa dalam mengontrol gerakan permainan, Anda bisa mendapatkan sudut pandang yang lebih luas. Saat ini juga makin banyak HP gaming murah dengan layar berukuran 6 inci ke atas.


Akan tetapi, Anda mungkin akan merasa kesulitan saat menggenggam HP atau memasukkannya ke dalam saku. Untuk itu, Anda bisa memilih produk dengan ukuran lebih kecil agar makin mudah membawanya bepergian. Kami sarankan Anda memilih HP dengan layar minimal 5,5 inci. Layar selebar itu masih terasa nyaman digunakan.

③ Cek resolusi layarnya

Cek resolusi layarnya

Setelah Anda mengetahui ukuran layar yang diinginkan, jangan lewatkan untuk mengecek resolusinya. Makin tinggi resolusi layar HP, makin tajam dan jernih gambar yang ditampilkan. 


Untuk game yang tidak terlalu menonjolkan kualitas gambar, menggunakan HP murah dengan resolusi layar HD tentu sudah cukup. Namun, bisa jadi Anda berencana memainkan game dengan kualitas gambar tinggi. Kami sarankan Anda memilih HP dengan resolusi layar minimal Full HD (1920 x 1080) untuk tampilan gambar memuaskan

④ Pilih HP dengan RAM minimal 3 GB

Pilih HP dengan RAM minimal 3 GB

Untuk menjalankan game yang berat, HP membutuhkan kapasitas RAM atau random access memory besar. RAM yang besar juga meringankan beban HP saat membuka beberapa aplikasi sekaligus. Dengan kapasitas RAM tinggi, kinerja HP Anda akan lebih cepat dan jarang mengalami lag


Saat Anda ingin membeli HP gaming, pilihlah produk dengan kapasitas RAM minimal 3 GB. Kapasitas RAM tersebut sudah cukup untuk menjalankan beberapa game favorit seperti Mobile Legends dan PUBG. Namun, untuk pengalaman bermain game PUBG yang lebih lancar, pilihlah HP gaming murah dengan RAM di atas 4 GB. 

⑤ Pastikan ROM HP setidaknya 32 GB

Pastikan ROM HP setidaknya 32 GB

Sementara itu, ROM atau read only memory berfungsi sebagai media penyimpanan internal pada HP. Meski kapasitas ini dapat ditambah menggunakan media penyimpanan eksternal, sebaiknya Anda memilih HP dengan ROM minimal 32 GB. HP dengan ROM 32 GB sudah memadai digunakan untuk aktivitas harian, termasuk juga menginstal beberapa game favorit Anda

⑥ Cari HP dengan kapasitas baterai minimal 5.000 mAh

Cari HP dengan kapasitas baterai minimal 5.000 mAh

Saat Anda bermain game dan terhubung ke jaringan internet, baterai HP akan lebih cepat habis. Kondisi ini tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman, terlebih lagi jika Anda sedang asyik menyelesaikan misi pada game. Untuk itu, pilihlah HP dengan kapasitas baterai minimal 5.000 mAh. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan HP dalam waktu berjam-jam.


Selain itu, agar Anda bisa menghemat baterai, cobalah untuk menonaktifkan notifikasi media sosial saat bermain game. Anda juga dapat melakukan pengaturan pencahayaan rendah supaya baterai HP lebih tahan lama. 

⑦ Pertimbangkan fitur lain yang ditawarkan

Penggunaan HP bukan hanya untuk bermain game, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan dokumentasi. Untuk itu, Anda akan membutuhkan fitur kamera dan fast charging

Jumlah dan resolusi kamera, penting untuk gamer yang suka fotografi

Jumlah dan resolusi kamera, penting untuk gamer yang suka fotografi

Jika Anda menyukai fotografi, pilihlah HP yang dibekali kamera beresolusi tinggi. Resolusi kamera pada HP ditunjukkan dalam satuan megapiksel, seperti 13 MP, 15 MP, dan lainnya. Makin besar angka megapikselnya, makin besar pula ukuran foto yang dapat dihasilkan. Selain itu, hadirnya fitur double camera hingga quad camera tentu akan membuat kualitas foto Anda makin memukau.

Fitur fast charging, pengisian baterai menjadi lebih cepat

Fitur fast charging, pengisian baterai menjadi lebih cepat

Jika Anda aktif bermain game, usahakan untuk memilih HP yang didukung fitur fast charging. Kadang, fitur ini juga disebut dengan quick charge. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengisian daya baterai dalam waktu yang lebih cepat. Perhatikan juga daya hantar listrik charger yang digunakan. Makin besar dayanya (dalam watt), makin singkat waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai.


Untuk HP dengan prosesor Qualcomm Snapdragon, fitur pengisian cepat ini juga dinamakan Quick Charge. Dari sisi kualitas, fitur Quick Charge dari Qualcomm memiliki kecepatan pengisian yang lebih baik dibanding fitur fast charging. Hal ini karena terdapat sinkronisasi antara fitur Quick Charge dengan jenis prosesor yang digunakan. 

10 Rekomendasi HP gaming murah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk HP gaming murah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Xiaomi

Redmi Note 10s

Xiaomi Redmi Note 10s 1枚目

Memakai speaker ganda, suaranya jadi mantap!

2

Xiaomi

Redme Note 11

Xiaomi Redme Note 11 1枚目

Rasio kontras dan rentang warnanya menakjubkan

3

Xiaomi

POCO M3 Pro 5G

Xiaomi POCO M3 Pro 5G 1枚目

HP gaming murah spek dewa dengan jaringan 5G

4

Realme

8i

Realme 8i 1枚目

Refresh rate tinggi, main game jadi makin mulus

5

Vivo

Y21s

Vivo Y21s 1枚目

Fitur pada kameranya bikin hasil jepretan Anda makin apik

6

Infinix

Hot 11s NFC

Infinix Hot 11s NFC 1枚目

Kolaborasi cantik dengan Mobile Legend dalam HP Rp1 Jutaan

7

Samsung

Galaxy A13

Samsung Galaxy A13 1枚目

Sudah memakai Android 12, privasi Anda makin terjaga

8

Samsung

Galaxy

Samsung Galaxy 1枚目

Mainkan Genshin Impact dengan HP 2 jutaan ini!

9

OPPO

A16

OPPO A16 1枚目

Mata tetap nyaman menatap layar berjam-jam berkat Eye Care Display

10

Realme

Narzo 30a

Realme Narzo 30a 1枚目

Resolusi layar boleh kecil, tapi performanya ngebut kencang!

Perincian produk
Close
No.1

XiaomiRedmi Note 10s

Mulai dari Rp2.999.000,00

Memakai speaker ganda, suaranya jadi mantap!

Desing senjata dan derap langkah kaki saat menyerbu sebuah kota tentunya bisa menambah ketegangan saat bermain game. Jika Anda mementingkan suara untuk mendukung suasana, carilah HP yang menaruh perhatian pada audio. Misalnya saja Redmi Note 10s dari Xiaomi. Di sini Anda akan menemukan speaker yang sudah stereo. 


Pada speaker stereo ini, suara bass akan terdengar menonjol. Meskipun demikian, tak perlu khawatir karena cukup banyak komentar yang menyebutkan bahwa vokalnya terdengar jernih. Selain main game, memutar musik atau mendengarkan podcast dari HP ini pun akan mendapat banyak manfaat berkat karakter speaker-nya. 

No.2

XiaomiRedme Note 11

Mulai dari Rp2.599.000,00

Rasio kontras dan rentang warnanya menakjubkan

Penampakan game akan makin maksimal saat tampil di layar Super AMOLED. Keistimewaan layar ini ditunjang dengan rentang warna yang sangat luas. Anda akan melihat warna dengan lebih akurat. Ini karena Redmi Note 11 sudah menggunakan color gamut DCI-P3. Warnanya pun tajam karena rasio kontrasnya besar, yaitu 4.500.000:1.


Satu lagi, Anda bisa melihat layar dengan jelas di bawah terik matahari karena ada fitur Sunlight Display di sini. Sekiranya Anda lebih sering berada di ruang ruangan, HP dengan kualitas layar sebagus ini patut Anda miliki. Menatap layar jadi terasa memuaskan.

No.3

XiaomiPOCO M3 Pro 5G

Mulai dari Rp3.099.000,00

HP gaming murah spek dewa dengan jaringan 5G

Anda ingin memiliki HP gaming yang mendukung jaringan 5G? Segera ganti HP lama Anda dengan POCO M3 Pro 5G. HP ini menyediakan slot untuk dua SIM card yang mendukung jaringan 5G. Meski begitu, Anda juga tetap bisa menikmati jaringan di bawahnya, baik 4G maupun 3G. 


HP gaming ini menggunakan prosesor generasi terbaru jenis MediaTek Dimensity 700. Artinya, HP Poco M3 mampu menjalankan game berat dengan pengaturan smooth extreme, seperti PUBG, PES 2021, dan lainnya. Cukup menyiapkan dana 3 jutaan, Anda sudah mendapatkan HP gaming PUBG murah dan anti-lag. 

No.4

Refresh rate tinggi, main game jadi makin mulus

Rata-rata HP 2 jutaan memiliki refresh rate 90 Mhz. Jadi, ketika Realme 8i muncul, tentulah sayang untuk dilewatkan. Dengan refresh rate sebesar 120 Hz, ponsel bisa me-refresh layar 120 kali dalam satu detik. Hasilnya, permainan bergerak lebih mulus. Acara scroll layar saat memperhatikan media sosial juga berjalan banter.


Ditambah chipset HelioTek G96, performa HP ini cukup bisa diandalkan untuk bermain game. Fitur Gyroscope juga menambah pengalaman bermain lewat sensor gerakan. Kalau Anda menginginkan game dengan refresh rate mantap tanpa merogoh kocek terlalu dalam, ini jawabannya!

No.5

Fitur pada kameranya bikin hasil jepretan Anda makin apik

Di tengah keseruan bermain game, tiba-tiba bisa muncul notifikasi yang membuyarkan konsentrasi. Tentunya Anda tidak suka, bukan? Vivo Y21 memiliki fitur In Game yang menghentikan semua notifikasi sekaligus memprioritas pegaturan dan alokasi CPU untuk game. Kini Anda pun bisa bermain dengan tenang.


Keunggulan lain produk ini adalah kamera. Kamera belakangnya 50 MP. Ditambah algoritma Super Night dan teknologi Super Noise Reduction, Anda akan mendapatkan foto malam yang serupa aslinya. Ada juga Super Macro Camera yang memungkinkan Anda memotrret dengan jarak sedekat 4 cm. Bagi Anda pencinta game sekaligus fotografi, tentunya produk ini merupakan best deal!

No.6

Kolaborasi cantik dengan Mobile Legend dalam HP Rp1 Jutaan

Anda penggemar Mobile Legend? Kalau begitu, jangan sampai tidak tahu kerjasama antara game populer ini dengan Infinix, terutama lewat produknya, Hot 11s NFC. Kolaborasi ini merupakan buah keinginan kedua pihak untuk menghadirkan HP yang nyaman bagi para gamer. Dalam kolaborasi ini, Infinix akan menggunakan profil Mobile Legend dalam desainnya, seperti boks kemasan. 


Bukan itu saja, setting FR game ini sudah di-unlock hingga ultra agar Anda bisa memainkan Mobile Legend dengan lincah. Saat beraksi dalam pertempuran hebat, Anda tak akan mendapati layar yang patah-patah. Dengan spek hardware yang lumayan plus baterai memadai, HP seharga 1 jutaan ini patut dipertimbangkan. 

No.7

Sudah memakai Android 12, privasi Anda makin terjaga

Android 12 tampil dengan fitur privasi yang telah diperbarui. Dengan fitur ini, Anda akan tahu jika ada aplikasi yang sedang menggunakan mikrofon, kamera, dan lokasi. Lampu indikator akan menyala di sudut HP dan Anda bisa segera memeriksanya. 


Navigasinya pun sangat mudah dan simpel. Sayangnya, jika meninjau riwayat chipsetnya, HP ini tidak terlalu optimal saat memainkan game berat. Di sisi lain, ada ruang penambahan RAM hingga 6 GB. Jadi, Anda bisa menginstal game cukup banyak di situ. HP ini cocok untuk Anda yang sangat memperhatikan masalah privasi, apalagi jika nantinya akan digunakan anak-anak atau remaja tanggung.

No.8

Mainkan Genshin Impact dengan HP 2 jutaan ini!

Dibandingkan dengan versi 4G, Samsung Galaxy versi 5G ini memiliki layar lebih luas, yaitu 6,5 inci. Acara memainkan Temple Run atau Subway Surfer bakal makin seru karena jari bisa lebih leluasa bergerak di layar lebar. Dengan resolusi 720p, tampilan pada layar pun relatif lebih tajam. HP ini juga bisa memainkan game berat, lho. 


Dengan pengaturan tertentu, seperti FPS dan Smooth, Anda bisa memainkan PUBG M bahkan Genshin Impact! Ya, RAM sebesar 6 GB pada Galaxy A22 ini memang cukup memadai untuk mendukung jalannya permainan berukuran besar. Nah, bagi Anda yang hobi menjajal game-game besar, produk ini layak Anda pertimbangkan.

No.9

Mata tetap nyaman menatap layar berjam-jam berkat Eye Care Display

Saking asyiknya main game, sering kali Anda jadi lupa waktu bahkan mengabaikan kesehatan, termasuk mata. Padahal menatap layar terus-menerus dalam jangka waktu panjang bisa membahayakan, lho. Jika Anda kerap lupa waktu seperti itu, mungkin ini saatnya Anda perlu mempertimbangkan OPPO A16. 


Anda akan mendapati fitur Eye Care Display. Dengan fitur ini, mata Anda akan terlindung dari efek sinar biru. Hasilnya, mata Anda tetap terasa nyaman saat bermain game dalam waktu relatif lama. Meskipun begitu, jangan lupa istirahatkan mata Anda ya!

No.10

Resolusi layar boleh kecil, tapi performanya ngebut kencang!

Terkadang resolusi layar yang kecil menjadi solusi untuk meningkatkan performa dapur pacu. Realme Narzo 35 termasuk smartphone yang memilih opsi tersebut. Resolusi layarnya hanya 720P sehingga mungkin tidak setajam FHD+. Namun, prosesornya sudah Helio G85, cukup besar di kelasnya. Jadi, kerja prosesor lebih kencang karena menanggung beban layar yang ringan saja.


Bagi Anda yang lebih memprioritaskan performa dalam bermain game, mungkin Anda perlu menengok lebih jauh produk ini. Baterainya sendiri sudah 6.000 mAh. Anda bisa menjadikannya power bank bagi ponsel lain. Fitur ini pastinya sangat bermanfaat jika kawan mabar Anda mendadak kehabisan baterai. 

Baca juga rekomendasi HP lainnya di sini

Kami juga telah mengulas merek HP lain yang dapat Anda beli secara online, seperti Xiaomi, Samsung, Vivo, dan lainnya. Jika Anda ingin mengetahui keunggulan smartphone dari masing-masing merek tersebut, silakan klik tautan artikel berikut ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas poin-poin penting dalam memilih HP gaming murah dari berbagai merek. Cukup menyediakan dana kurang dari 3 juta rupiah, Anda bisa mendapatkan HP gaming dengan spesifikasi yang tinggi. Jangan lupa untuk mengecek kembali fitur yang ditawarkan sebelum memutuskan membeli HP gaming


Apakah Anda sudah menentukan pilihan? Semoga tips dan rekomendasi dari kami dapat membantu Anda untuk menemukan produk HP gaming yang tepat. Selamat bermain game menggunakan HP baru!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer