mybest
Cat lukis

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. DIY & tools
  3. Cat & perlengkapan
  4. 10 Cat Poster Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Cat Poster Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Cat Poster Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Cat Poster Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Cat Poster Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Cat Poster Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Cat Poster Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2024)

Saat ingin mengenalkan seni lukis kepada anak-anak, gunakanlah cat berbahan dasar air karena cenderung mudah dibersihkan. Salah satu cat water-based yang sering digunakan untuk melukis adalah cat poster. Sifatnya sedikit berbeda dari cat air atau gouache. Kali ini kami akan menjabarkan perbedaan cat poster dengan cat water-based lainnya.


Selain itu, kami akan membantu Anda memilih cat poster terbaik. Beberapa merek cat poster yang bagus juga akan kami ulas untuk Anda, seperti Sakura, Pentel, Joyko, dan Faber Castell. Artikel ini sudah ditinjau oleh illustrator kami, Karina Doniho. Simak artikelnya, yuk!

Diperbaharui 14/07/2023
Karina Doniho
Pakar
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Karina Doniho adalah seorang artist yang melukis dan menggambar dengan fusion style antara manga dan abstract. Artist yang dikenal dengan nama Karinpyong ini aktif berkarya dalam berbagai proyek freelancing sejak SMA. Ia sudah lulus kuliah Fine Arts Major (Seni Rupa) dengan beasiswa di Jepang. Karina pernah di-featured oleh Instagram official untuk Jepang, Amerika Serikat, dan negara lainnya. Ia juga terlibat untuk mengilustrasikan salah satu cover chapter di buku official Steve Aoki yang berjudul "Blue: The Color of Noise". Ia juga terpilih menjadi salah satu 100 artists yang mendesain project MASK WEAR TOKYO.

Profil Karina Doniho
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu cat poster?

Apa itu cat poster?

Salah satu jenis cat yang digunakan untuk belajar melukis oleh anak-anak ataupun orang dewasa adalah cat poster. Cat ini disebut cat poster, poster paint, atau cat plakat karena dahulu sering digunakan untuk membuat poster. Cat poster termasuk ke dalam cat berbahan dasar air atau water-based. Meski water-based, sebaiknya cat poster tidak digunakan di wajah karena dapat menyebabkan iritasi.


Berikut adalah kelebihan cat poster dibandingkan cat lainnya.

  • Aman digunakan oleh anak-anak karena berbahan dasar air
  • Dapat diaplikasikan di berbagai media, seperti kertas, stirofoam, kardus, dan sepatu kanvas
  • Bisa dicampur dengan cat tipe lainnya
  • Bisa digunakan kembali meski sudah kering, cukup diencerkan dengan air

Ada beberapa jenis cat water-based selain cat poster, seperti cat air dan gouache. Apa beda ketiganya? Cat poster bisa menghasilkan warna yang transparan dan juga opaque (tebal atau buram). Sementara itu, cat air hanya menghasilkan warna yang transparan, sedangkan gouache justru hanya menghasilkan warna opaque. Kami akan membahasnya lebih lengkap di bagian cara memilih berikut.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cat poster

Sebelum masuk ke rekomendasi produk, berikut beberapa tips dan penjelasan mengenai cat poster. Kenali bentuk kemasan, pilihan warna, hingga hasil akhir dari cat poster yang Anda inginkan. Kami juga akan memperkenalkan beberapa merek cat poster yang bisa Anda pilih.

1

Ketahui hasil warna yang dihasilkan cat poster

Ketahui hasil warna yang dihasilkan cat poster

Cat poster terkenal dengan banyaknya pilihan warna. Karena itu, Anda harus lebih selektif dan mengetahui warna apa yang sebenarnya dibutuhkan. Cat poster memiliki dua karakter warna seperti disebutkan sebelumnya, yakni transparan dan opaque.


  • Warna transparan adalah karakteristik warna yang tipis atau tembus cahaya sehingga media lukisnya terlihat
  • Warna opaque adalah warna yang bersifat memantulkan cahaya sehingga media lukisnya tidak terlihat. Singkatnya warna opaque adalah warna-warna yang bersifat lebih tebal atau pekat. Tidak seperti warna transparan, warna opaque bisa menutupi warna di bawahnya dengan baik.

Dengan memahami keduanya, Anda bisa mengaplikasikan teknik lukis layering, glazing, color mixing, dan sebagainya. Kebanyakan lukisan juga tidak sepenuhnya transparan atau opaque sehingga sering terdengar istilah semi-transparent.


Pilih yang lengkap jika Anda baru pertama kali membeli cat poster, baik warna transparan maupun opaque. Selanjutnya, Anda bisa mempelajari teknik-teknik lukis di YouTube, buku, atau workshop lukis. Jika Anda hanya ingin melengkapi koleksi cat poster, pilihlah sesuai dengan kebutuhan atau warna-warna yang belum ada.

2

Pilih set warna cat poster berdasarkan kebutuhan Anda

Pilih set warna cat poster berdasarkan kebutuhan Anda
Sumber: simbalion.com

Setelah mengenal karakter warna cat poster, sekarang saatnya mengetahui seberapa banyak warna cat yang harus Anda miliki. Cat poster ada yang dijual satu set dan ada juga yang dijual satuan atau per botol. 


  • Kemasan satu set

Untuk pemula, sebaiknya Anda membeli kemasan starter kit atau kemasan satu set. Satu set warna biasanya berisi 6 botol warna-warna dasar. Ada juga produk cat poster yang berisi 22 warna. Tak jarang juga ada merek cat poster yang melengkapi produknya dengan palet dan kuas.


  • Kemasan satuan

Untuk Anda yang hanya ingin melengkapi warna atau kehabisan warna cat tertentu, pilihlah yang kemasan satuan. Harga cat poster satuan biasanya lebih murah dari kemasan set. Namun, Anda tidak akan mendapatkan bonus palet atau kuas saat membeli kemasan satuan.

3

Perhatikan detail kemasannya

Perhatikan detail kemasannya
Sumber: craypas.com

Cat poster dikemas dalam berbagai jenis kemasan, seperti tube atau botol jar. Untuk cat yang isinya sedikit biasanya dijual dalam bentuk tube, seperti kemasan 12 ml pada gambar di atas.


Kemasan tube sebenarnya cukup praktis, tetapi dapat membuat cat di dalamnya cepat kering dan mengeras. Untuk isi yang lebih banyak, cat poster biasanya menggunakan kemasan botol. Kemasan botol tentu lebih aman dan tidak mudah kering.


Merek-merek yang reputasinya bagus juga umumnya membedakan jenis cat poster berdasarkan penggunanya. Biasanya tertera jenis cat di labelnya, misalnya student quality, artist quality, atau for kids (junior). Jadi, Anda bisa memilihnya dengan lebih tepat guna dan aman.

4

Belilah produk yang reputasi mereknya bagus

Belilah produk yang reputasi mereknya bagus
Sumber: craypas.com

Tidak bisa dimungkiri, para pelukis biasanya memiliki merek cat favoritnya. Sebenarnya, bukan berarti merek baru atau yang belum populer kualitasnya tidak bagus. Namun, preferensi setiap orang tentunya berbeda dan sangat menentukan mood saat melukis. Untuk cat poster, beberapa merek yang digemari atau sering dipakai di Indonesia adalah Sakura dan Pentel.


Untuk anak-anak yang baru belajar melukis, Anda bisa membelikan merek Faber Castell atau Joyko. Kedua merek tersebut lebih akrab karena produk krayon dan pensil warnanya sering dipakai oleh anak-anak. Reputasi keduanya juga sangat bagus.


Jika Anda belum punya preferensi merek cat poster, Anda bisa mengeksplorasi satu per satu. Misalnya, Anda bisa membeli satu per satu merek dengan kemasan yang paling kecil dulu untuk membandingkannya. Beberapa merek lainnya yang bisa Anda coba adalah DAVIS dan Simbalion.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi cat poster terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cat poster terbaik yang ditentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Karina Doniho. 
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Joyko

Poster Color POC-10ML-6

Joyko Poster Color POC-10ML-6 1

Rp4.900

Lebih Murah

Hasil akhir yang cemerlang, cocok untuk covering

2

Sakura

Poster Color

Sakura Poster Color 1

Rp22.999

Menengah

Keren, bisa menghasilkan warna pearlescent dan fluorescent!

3

DAVIS

Poster Color

DAVIS Poster Color 1

Rp19.000

Agak Murah

Set warna untuk belajar melukis tanpa menguras kantong

4

FAS

Super Tempera Washable Poster Paint

FAS Super Tempera Washable Poster Paint 1

Rp53.000

Menengah

Isinya banyak, pas digunakan untuk pelajaran seni di sekolah

5

FLOMO

Washable Neon Finger Paint

FLOMO Washable Neon Finger Paint 1

Rp95.000

Agak Mahal

Cat poster untuk anak-anak yang aman dan mudah dibilas

6

Faber Castell

Poster Colours

Faber Castell Poster Colours 1

Rp14.200

Agak Murah

Hasil akhirnya cerah, bagus untuk melukis di media styrofoam!

7

Pentel

Poster Color WPUWPU2T

Pentel Poster Color WPU 1

Rp29.000

Menengah

Hadir dengan 29 pilihan warna, mudahkan Anda berkreasi

8

TiTi

12 Poster Colors

TiTi 12 Poster Colors 1

Rp40.370

Menengah

Kemasan yang handy dan mudah diaplikasikan

9

Simbalion

Poster ColorsPT-15

Simbalion Poster Colors 1

Rp193.800

Agak Mahal

Senjata khusus untuk Anda yang suka menggambar komik

10

FILA

Giotto Extra Fine Poster Paint

FILA Giotto Extra Fine Poster Paint 1

Rp230.769

Lebih Mahal

Mudah dibawa-bawa dan jumlah warnanya banyak!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

JoykoPoster Color POC-10ML-6

Poster Color POC-10ML-6 1
Sumber: joyko.co.id
Poster Color POC-10ML-6 2
Sumber: joyko.co.id
Poster Color POC-10ML-6 3
Sumber: joyko.co.id
Poster Color POC-10ML-6 4
Sumber: shopee.co.id
Poster Color POC-10ML-6 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp4.900
Lebih Murah
Harga referensi
Rp4.900
Lebih Murah

Hasil akhir yang cemerlang, cocok untuk covering

Produk Joyko ini dijual satuan dengan harga yang cukup ekonomis. Pilihan warnanya juga variatif sehingga Anda bisa lebih leluasa memilih sesuai kebutuhan.


Hasil akhirnya opaque dengan detail warna yang terang dan jelas. Anda bisa menggunakannya untuk melapisi warna-warna yang belum tertutupi dengan baik. Jika Anda mencari cat poster yang harganya ekonomis dan pilihan warnanya banyak, cobalah produk Joyko ini.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SakuraPoster Color

Harga referensi
Rp22.999
Menengah

Keren, bisa menghasilkan warna pearlescent dan fluorescent!

Sakura adalah merek cat poster asal Jepang yang bisa dibilang terbaik di kelasnya. Cat ini memiliki karakter opacity yang tinggi dengan hasil akhirnya cenderung matte. Selain warna-warna reguler, cat ini juga dilengkapi dengan enam warna fluorescent serta emas dan perak.


Fluorescent artinya warna tersebut bisa menyala dalam kondisi gelap. Sementara itu, perpaduan warna emas dan perak menghasilkan pigmen warna menyerupai mutiara atau pearlescent. Anda bisa mengandalkan cat poster Sakura ini untuk lomba desain poster atau karya seni lainnya.

No.3

DAVISPoster Color

Harga referensi
Rp19.000
Agak Murah

Set warna untuk belajar melukis tanpa menguras kantong

Produk DAVIS ini bisa menjadi alternatif pilihan anak-anak yang baru pertama kali belajar melukis. Saat baru belajar, Anda belum tahu apakah anak Anda akan menyukainya atau tidak.


Kualitas cat poster ini cukup bersaing dengan merek lainnya. Kemasannya pun berupa botol yang mudah ditutup sehingga catnya tak mudah kering. Jadi, belilah cat poster berisi dua belas warna dasar dengan harga ekonomis ini.

No.4

FASSuper Tempera Washable Poster Paint

Harga referensi
Rp53.000
Menengah

Isinya banyak, pas digunakan untuk pelajaran seni di sekolah

Jika Anda sedang mencari cat poster yang isinya banyak untuk digunakan di sekolah, produk FAS ini tidak boleh dilewatkan. Setiap botol cat poster ini berkapasitas 500 ml sehingga sangat pas digunakan saat pelajaran seni. Menariknya lagi adalah cat poster dari FAS sudah menjadi standar untuk sekolah-sekolah di negara Selandia Baru.

No.5

FLOMOWashable Neon Finger Paint

Harga referensi
Rp95.000
Agak Mahal

Cat poster untuk anak-anak yang aman dan mudah dibilas

Cat poster dari FLOMO ini didesain agar anak Anda bisa mengasah sense warnanya. Terbuat dari bahan alami, cat ini dijamin aman dan sangat mudah hilang saat dibilas dengan air. 


Agar makin fun, anak-anak bisa menggambar memakai catnya dengan tangan kosong, lho. Kalau Anda takut tangannya kotor, pakai kuas juga bisa, kok! Produk ini dikemas dalam bentuk tube 100 ml dengan empat warna pilihan.

No.6

Faber CastellPoster Colours

Harga referensi
Rp14.200
Agak Murah

Hasil akhirnya cerah, bagus untuk melukis di media styrofoam!

Butuh hasil akhir yang lebih cerah? Anda bisa menggunakan cat poster dari Faber Castell ini. Catnya cepat kering dan memberikan warna transparan. Jika diaplikasikan untuk finishing, hasil akhir lukisannya jadi lebih cerah dan hidup.


Menariknya adalah cat ini bagus untuk digunakan di kertas ataupun styrofoam. Anda bisa membuat mainan berbahan styrofoam di rumah dan mengecatnya bersama anak Anda.

No.7

PentelPoster Color WPUWPU2T

Harga referensi
Rp29.000
Menengah

Hadir dengan 29 pilihan warna, mudahkan Anda berkreasi

Pilihan warna yang terbatas mungkin akan membatasi Anda untuk berkreasi. Kini Anda tidak perlu mengalami masalah tersebut lagi berkat hadirnya cat poster dari Pentel dengan 29 variasi warna. Mulai dari warna yang terang hingga warna gelap dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Bebaskan kreativitas Anda dengan memilih cat poster dari Pentel ini!

No.8

TiTi12 Poster Colors

Harga referensi
Rp40.370
Menengah

Kemasan yang handy dan mudah diaplikasikan

Saat Anda melukis, terkadang susah untuk mengaplikasikan warna ke kanvas menggunakan kuas. Untuk momen-momen seperti itu, Anda bisa menggunakan cat poster kemasan tube dari TiTi ini. Kemasan ini penggunaannya lebih fleksibel karena bisa diletakkan ke palet terlebih dahulu atau diaplikasikan langsung seperti pulpen.

Kemasan tube ini sangat mudah digenggam sehingga Anda bisa beradaptasi dengan cepat. Satu set produk ini berisi dua belas warna dasar berkualitas premium dari TiTi. Jika Anda mencari cat poster kemasan tube dengan kualitas terbaik, pilih produk ini.

No.9

SimbalionPoster ColorsPT-15

Harga referensi
Rp193.800
Agak Mahal

Senjata khusus untuk Anda yang suka menggambar komik

Ingin membuat gambar komik Anda lebih berwarna? Pilihlah cat poster dari Simbalion ini. Produk asal Taiwan ini memiliki karakteristik hasil akhir yang mirip cat gouache, yakni opaque dengan warna yang kuat.


Produk ini juga bisa dicampurkan dengan cat water-based lain. Selain untuk komik, cat ini sering dipakai untuk desain grafis dan gambar arsitektural. Satu produk terdiri dari dua belas buah cat yang setiap catnya berisi 15 ml.

No.10

FILAGiotto Extra Fine Poster Paint

Harga referensi
Rp230.769
Lebih Mahal

Mudah dibawa-bawa dan jumlah warnanya banyak!

Produk Giotto ini sangat tepat untuk Anda yang totalitas dalam mendukung anak Anda melukis. Selain pilihan warnanya yang lengkap, produk ini dikemas dalam sebuah tas kecil yang mudah dibawa-bawa.


Anak Anda bisa meletakkannya ke dalam tas sekolah atau langsung dijinjing. Kemasan catnya pun berupa tube kecil yang pas dengan ukuran tangan anak-anak. Wadahnya bisa menjaga tube cat agar tidak berhamburan ke mana-mana. Produk yang praktis, bukan?

Baca juga rekomendasi perlengkapan menggambar lainnya di sini

Kami juga memiliki ulasan perlengkapan gambar selain cat poster, seperti kanvas, kuas, dan palet. Untuk melengkapi alat gambar Anda, silakan klik tautan-tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah menyimak rekomendasi di atas, cat poster merek apa yang ingin Anda beli? Cat poster memiliki warna yang beragam dan karakteristiknya tidak monoton sehingga banyak diminati. Saat memilih, pertimbangkan jenis kemasan, volume, serta mereknya juga, ya.


Jangan ragu membeli cat poster untuk berkreasi, baik bagi anak Anda maupun untuk diri sendiri. Cat ini aman karena berbahan dasar air. Jika warnanya menempel ke baju atau perabotan, Anda dapat dengan mudah membersihkannya.

5 Rekomendasi Cat Poster terbaik

No. 1: JoykoPoster Color POC-10ML-6

No. 2: SakuraPoster Color

No. 3: DAVISPoster Color

No. 4: FASSuper Tempera Washable Poster Paint

No. 5: FLOMOWashable Neon Finger Paint

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. DIY & tools
  3. Cat & perlengkapan
  4. 10 Cat Poster Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.