mybest
Kertas & buku catatan lainnya

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan kantor & alat tulis
  3. Kertas & buku catatan
  4. 10 Rekomendasi Sampul Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Sampul Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Sampul Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Sampul Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Sampul Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Sampul Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Sampul Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat buku kesayangan, salah satunya dengan menyampul. Para bibliophile atau penggemar buku pasti merasa senang bila koleksinya bisa rapi dan awet. Namun, produk di pasaran memiliki ragam bahan, ukuran, dan desain. Tak hanya buku catatan, buku cerita rakyat yang besar atau novel yang kecil pun bisa disampul.

Kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan sampul buku yang bagus. Ada sampul buku merek BIO, Five Star, dan lainnya. Anda bisa memilih sampul buku cokelat atau sampul buku plastik. Yuk, temukan sampul buku terbaik untuk Anda!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Berbagai kegunaan sampul buku

Berbagai kegunaan sampul buku

Sampul buku adalah pelindung khusus yang berfungsi menghindarkan buku dari kerusakan akibat kotoran atau cipratan air. Pada umumnya sampul dapat melindungi bagian depan, belakang, dan punggung buku.


Saat ini desain, ukuran, dan bahan sampul buku sudah banyak macamnya. Di pasaran, Anda bisa menemukan sampul khusus untuk buku tulis, buku pelajaran, buku paket, hingga buku bacaan


Beberapa sampul buku bahkan bisa dikustomisasi sesuai permintaan pembeli. Motifnya pun bervariasi, mulai dari motif polos dengan kesan simpel hingga motif yang aesthetic.

Cara memilih sampul buku

Setelah mengetahui secara sekilas mengenai sampul buku, sekarang kami akan memberikan tips memilihnya. Simak poin-poinnya dari kami berikut agar Anda bisa menemukan produk yang pas untuk kebutuhan.

1

Periksa bahan serta karakteristik sampul buku

Pertama, Anda perlu mengetahui bahan dari sampul buku. Ada dua bahan yang sering digunakan, yakni plastik dan kertas. Agar tak salah pilih, sebaiknya Anda memahami karakteristik setiap bahannya tersebut.

Plastik, mampu menahan percikan air

Plastik, mampu menahan percikan air

Sampul buku yang terbuat dari plastik tidak akan tembus bila terkena cipratan air. Dengan begitu, buku Anda tak akan mudah basah dan rusak. Sebagai tambahan, sampul buku plastik akan lebih mudah dibersihkan jika terkena noda


Ada dua jenis sampul buku berbahan plastik, yakni produk tipis yang bening dan sampul plastik mika yang tebal. Apabila Anda ingin memperlihatkan kover buku, pilih saja produk berbahan plastik yang tembus pandang. Sebaliknya, jatuhkan pilihan Anda pada sampul plastik mika apabila khawatir produk akan mudah sobek.

Kertas, menawarkan banyak motif yang menarik

Kertas, menawarkan banyak motif yang menarik

Jika Anda mengutamakan tampilan, sampul buku berbahan kertas bisa dipilih. Bahan ini menawarkan ragam warna dan motif, mulai dari yang polos hingga yang unik. Di pasaran ada dua jenis sampul buku dari kertas, yakni kertas HVS dan kertas samson. Berikut karakteristik dari jenis kertas yang biasa digunakan sebagai sampul buku.


  • Desain dan warna sampul buku dari kertas HVS biasanya beragam, seperti sampul aesthetic. Kertas HVS merupakan jenis kertas yang paling umum digunakan. Permukaan kertas ini kesat dan sedikit kasar.

  • Kertas samson biasanya dipakai untuk sampul buku pelajaran. Sampul buku ini berupa kertas berwarna cokelat dengan permukaan kasar dan berserat. Kertas ini juga disebut dengan craft paper atau kertas cokelat.
2

Pastikan ukuran sampul sesuai dengan buku

Tentunya tak hanya buku sekolah yang layak untuk Anda beri sampul. Anda juga bisa melindungi buku lainnya, seperti buku bacaan dan buku paket, dengan sampul yang pas. Berikut beberapa ukuran sampul buku yang bisa Anda jumpai di pasaran.

Ukuran boxy dan kuarto, pas untuk buku tulis

Ukuran boxy dan kuarto, pas untuk buku tulis

Ada dua ukuran buku yang populer dan biasanya dipakai anak sekolah, yakni A5 dan B5. Berikut dua ukuran sampul yang cocok untuk buku tulis tersebut.


  • Ukuran kuarto memiliki panjang lebih dari 27,9 cm dan lebar sekitar 21,6 cm (dalam keadaan tidak terlipat). Sampul ini dibutuhkan untuk buku berukuran A5 (14,8 cm x 21 cm). Buku tulis berukuran A5 sangat umum ditemui di Indonesia. Merek buku yang populer dengan ukuran ini adalah Sinar Dunia (SiDU).

  • Ukuran boxy memiliki panjang lebih dari 34 cm dan lebar sekitar 25 cm (dalam keadaan tidak terlipat). Sampul ini dibutuhkan untuk buku ukuran B5 (17,6 cm x 25 cm). Buku tulis ukuran B5 juga mudah dijumpai seperti buku tulis ukuran A5. Big Boss adalah salah satu merek buku dengan ukuran ini.

Ukuran yang lebih besar, pas untuk buku paket atau buku bacaan

Ukuran yang lebih besar, pas untuk buku paket atau buku bacaan

Novel, buku paket, dan buku bacaan lainnya juga perlu disampul. Namun, sebaiknya gunakanlah bahan yang transparan, seperti plastik. Hal tersebut dilakukan agar ilustrasi dan desain khas pada kover buku tidak tertutup.


Untuk ukuran ini, sebaiknya Anda memilih sampul buku tipe roll atau gulung. Jenis sampul buku ini sangat pas untuk ukuran buku yang lebih besar dari buku tulis. Buku ensiklopedia, buku cerita rakyat, dan buku dongeng dapat disampul dengan produknya. Namun, Anda juga harus memastikan ukurannya lebih besar dari ukuran buku Anda.


Jenis sampul buku ini juga bisa digunakan untuk buku ukuran kecil, seperti komik dan buku saku. Anda akan lebih mudah menyesuaikan tipe roll dengan ukuran buku Anda karena dapat dipotong-potong sesuai kebutuhan.

3

Pertimbangkan desain sampul buku yang unik

Desain sampul buku di pasaran cukup beragam dan unik. Anda bisa memilih sampul buku yang aesthetic atau yang bisa dikustomisasi. Agar Anda menemukan motif yang tepat, sebaiknya simak karakteristik dari desain-desain tersebut di bawah ini.

Motif aestethic, sampul buku dengan desain yang cantik

Motif aestethic, sampul buku dengan desain yang cantik

Jika Anda bosan dengan sampul buku yang polos, sebaiknya pilih produk dengan motif aesthetic. Selain menarik dan lucu, motifnya juga beragam. Sampul dengan motif batik bisa dipilih jika Anda lebih suka dengan corak yang bernuansa etnik.


Sampul motif aesthetic akan membuat buku Anda terlihat makin mewah dan cantik. Pilihlah sampul motif aesthetic yang sesuai dengan karakter Anda agar makin betah membuka buku.

Desain custom, motifnya bebas dipilih sesuai selera

Desain custom, motifnya bebas dipilih sesuai selera

Selain sampul buku dengan desain yang sudah ada, ada pula yang bisa dikustomisasi. Anda dapat menemukan seller yang terbuka dengan desain custom. Anda bisa request mulai dari ukuran, corak, warna, hingga gambar pada sampul buku


Tak hanya membuat buku tampil makin menarik, sampul dengan desain custom bisa memberikan kesan tersendiri bagi Anda. Sampul buku yang custom tentunya tergolong unik karena tidak dimiliki orang lain.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi sampul buku terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sampul buku terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Sampul Samson Gambar

 Sampul Samson Gambar 1

Rp5.500

Agak Murah

Sampul buku pelajaran dengan motif yang kiyowo

2

BIO

Sampul Buku Mika Quarto

BIO Sampul Buku Mika Quarto 1

Rp7.000

Menengah

Sampul bening yang mudah dipasang di buku catatan

3

ZIBIZ

Sampul Buku Coklat Kuarto

ZIBIZ Sampul Buku Coklat Kuarto 1

Rp4.200

Agak Murah

Disertai kolom identitas, buku pelajaran tidak akan mudah tertukar

4

Sampul Buku Aestethic

 Sampul Buku Aestethic 1

Rp2.000

Lebih Murah

Buku makin cantik dan berwarna dengan sampul motif aesthetic

5

Five Star

Sampul Mika Bening Boxy

Five Star Sampul Mika Bening Boxy 1

Rp10.000

Agak Mahal

Berbahan plastik mika antiair yang pas untuk buku ukuran boxy

6

Kertas Sampul Coklat MotifSCSB-01

 Kertas Sampul Coklat Motif 1

Rp9.183

Agak Mahal

Buku terlihat makin fancy dengan sampul cokelat bermotif unik

7

Sampul Buku Aesthetic Pastel

 Sampul Buku Aesthetic Pastel 1

Rp6.000

Menengah

Mau custom ukuran sesuka hati? Sampul ini bisa!

8

Carsten

Sampul Buku Doff Roll

Carsten Sampul Buku Doff Roll 1

Rp9.900

Agak Mahal

Tidak mudah robek dengan bahan plastik doff yang tebal

9

Beng Yu

Sampul Buku Roll Folio Boxy Kwarto

Beng Yu Sampul Buku Roll Folio Boxy Kwarto 1

Rp9.500

Agak Mahal

Ukurannya beragam, bisa untuk buku cerita rakyat, buku dongeng, atau novel

10

Plus Paper

Sampul Samson Boxy 80 Gram

Plus Paper Sampul Samson Boxy 80 Gram 1

Rp6.850

Menengah

Buku tampak bersih dan rapi dengan sampul cokelat polos

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Sampul Samson Gambar

Sampul Samson Gambar 1
Sumber: tokopedia.com
Harga referensi
Rp5.500
Agak Murah
Harga referensi
Rp5.500
Agak Murah

Sampul buku pelajaran dengan motif yang kiyowo

Kami merekomendasikan produk ini jika Anda ingin si kecil makin tertarik untuk belajar. Sampul buku cokelat ini menawarkan beragam motif tokoh kartun favorit anak-anak. Ada motif Doraemon, Spider-Man, dan Frozen yang bisa dipilih sesuai dengan selera anak. Ketika memilih motif yang disukai untuk bukunya, pasti anak Anda akan makin semangat belajar!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

BIOSampul Buku Mika Quarto

Harga referensi
Rp7.000
Menengah

Sampul bening yang mudah dipasang di buku catatan

Kelebihan:

  • Praktis karena sudah dipotong-potong sehingga tinggal Anda tinggal memasang saja

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan, terkadang ada selisih ukuran

Pilihlah sampul dari BIO ini untuk Anda yang ingin melindungi buku ukuran kuarto dengan sampul yang bening. Anda tak perlu repot-repot memotongnya lagi karena sampul buku plastik ini sudah berukuran kuarto. Produk ini tentunya cocok digunakan untuk menyampul buku sekolah atau buku catatan pribadi secara umum karena ukurannya tersebut.

No.3

ZIBIZSampul Buku Coklat Kuarto

Harga referensi
Rp4.200
Agak Murah

Disertai kolom identitas, buku pelajaran tidak akan mudah tertukar

Bila Anda sedang memilih sampul buku yang bagus untuk anak, jatuhkan pilihan Anda pada produk ini. Sampul buku cokelat ini sangat cocok untuk anak SD, SMP, hingga SMA. Pasalnya, produk ini dilengkapi kolom identitas di bagian depan.


Kolom identitas sampul buku cokelat ini bisa diisi dengan nama, kelas, dan pelajaran. Alhasil, buku tulis anak bisa disusun rapi dan tidak mudah tertukar. Selain sampul dengan kolom nama, tersedia juga sampul buku cokelat polos yang bisa dipilih.

No.4

Sampul Buku Aestethic

Sampul Buku Aestethic 1
Sumber: shopee.co.id
Sampul Buku Aestethic 2
Sumber: shopee.co.id
Sampul Buku Aestethic 3
Sumber: shopee.co.id
Sampul Buku Aestethic 4
Sumber: shopee.co.id
Sampul Buku Aestethic 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp2.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp2.000
Lebih Murah

Buku makin cantik dan berwarna dengan sampul motif aesthetic

Anda yang bosan dengan motif polos atau desain satu warna bisa mencoba sampul buku aesthetic ini. Produk ini akan membuat tampilan buku Anda makin berwarna dengan ragam motifnya. Tak hanya itu, Anda bisa meminta seller untuk membuatkan sampul dengan desain custom versi Anda sendiri! Tentunya produk ini cocok bila Anda menginginkan sampul buku yang benar-benar tampil unik.

No.5

Five StarSampul Mika Bening Boxy

Harga referensi
Rp10.000
Agak Mahal

Berbahan plastik mika antiair yang pas untuk buku ukuran boxy

Kelebihan:

  • Bahan tebal dan tidak mudah sobek

Kekurangan:

  • Sampul mudah berbekas ketika tertekuk atau terlipat

Anda ingin menyampul banyak buku ukuran boxy dengan sampul plastik bening? Jika iya, Anda bisa memilih produk yang sangat praktis ini. Dengan sampul plastik ini, Anda tak perlu memotong atau mengelem lagi. Anda bisa langsung memasangkannya ke buku Anda yang berukuran boxy karena ukurannya sudah pas.

No.6

Kertas Sampul Coklat MotifSCSB-01

Harga referensi
Rp9.183
Agak Mahal

Buku terlihat makin fancy dengan sampul cokelat bermotif unik

Kelebihan:

  • Tersedia dalam berbagai varian motif

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam ukuran boxy


Apabila Anda bosan dengan sampul buku cokelat yang polos, Anda bisa memilih produk ini. Motif sampul buku cokelat ini tidak biasa, lho. Sampul buku yang bagus ini tersedia dalam lima motif, yakni jam, huruf, menara Eiffel, simfoni, dan prangko. Sampul dengan kertas berwarna cokelat seperti kopi susu ini akan membuat buka Anda terlihat fancy.

No.7

Sampul Buku Aesthetic Pastel

Harga referensi
Rp6.000
Menengah

Mau custom ukuran sesuka hati? Sampul ini bisa!

Beberapa buku memang memiliki ukuran dan bentuk yang tak pasaran. Misalnya, buku bacaan dengan bentuk persegi atau buku dengan ukuran yang terlalu besar ataupun kecil. 


Nah, selain ukuran kuarto dan boxy, ukuran sampul buku aesthetic ini bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan Anda. Tambahan lagi, kertas yang digunakan tergolong tebal dengan tampilan yang glossy. Produk ini merupakan solusi terbaik bila ukuran buku Anda tergolong unik.

No.8

CarstenSampul Buku Doff Roll

Harga referensi
Rp9.900
Agak Mahal

Tidak mudah robek dengan bahan plastik doff yang tebal

Kelebihan:

  • Bahan tidak mudah sobek dan tebal

Kekurangan:

  • Harus mengukur dan memotong sendiri sehingga kurang cocok untuk Anda yang ingin praktis

Sampul buku ini terbuat dari plastik doff yang tebal. Jika di pasaran rata-rata tebalnya hanya 0,05 mm, produk ini lebih tebal, yakni 0,11 mm. Dengan ketebalan tersebut, produk ini cocok bila Anda mencari sampul buku yang bagus ketahanannya.


Sampul buku roll ini bisa digunakan untuk menyampul buku fiksi, seperti novel atau komik. Karena ukurannya yang bisa disesuaikan, sampul ini bisa pula digunakan untuk buku nonfiksi berukuran besar, seperti majalah. Jika biasanya permukaan mika terasa licin, tidak demikian dengan produk ini. Sampul bening ini terasa kesat di tangan sehingga buku Anda akan mudah digenggam.

No.9

Beng YuSampul Buku Roll Folio Boxy Kwarto

Harga referensi
Rp9.500
Agak Mahal

Ukurannya beragam, bisa untuk buku cerita rakyat, buku dongeng, atau novel

Anda membutuhkan sampul buku cerita rakyat atau buku dongeng? Kalau begitu, Anda bisa memanfaatkan sampul buku plastik ini. Produk ini tersedia dalam ukuran lebar hingga 45 cm. Anda bisa memilih sampul berukuran paling besar untuk menyampul berbagai jenis buku.


Karena ukurannya yang fleksibel, Anda juga bisa menjadikan produk ini sebagai sampul plastik untuk novel. Produk ini bahkan memiliki ukuran yang jarang beredar di pasaran, yakni ukuran folio.

No.10

Plus PaperSampul Samson Boxy 80 Gram

Harga referensi
Rp6.850
Menengah

Buku tampak bersih dan rapi dengan sampul cokelat polos

Kelebihan:

  • Harga murah daripada sampul jenis lainnya

Kekurangan:

  • Material mudah kusut sehingga harus berhati-hati ketika memotong dan melipat

Jika Anda ingin membuat buku-buku Anda tampak lebih rapi, pilihlah produk yang harganya bersahabat ini. Sampul cokelat ini juga akan membuat buku Anda kelihatan bersih karena motifnya yang polos. Seperti membungkus kado, Anda perlu melipat dan mengelem sampul ini agar bisa menempel pada buku Anda. 

Baca juga rekomendasi produk buku catatan di sini

Tidak hanya menyampul buku yang sudah ada, Anda juga bisa menambah koleksi buku catatan Anda. Di bawah ini kami sudah merangkum produk-produk yang bisa menarik minat Anda. Silakan baca artikel-artikelnya untuk menemukan buku catatan terbaik!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda pasti sudah dapat menentukan sampul buku terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Buku yang dilapisi dengan sampul tentu akan lebih terlindungi dari kotoran dan menjadi tidak cepat rusak.

Buku yang disampul juga akan tampak makin estetis jika Anda memilih sampul dengan corak yang tepat. Kami harap tips memilih di atas bisa Anda jadikan sebagai acuan ketika sedang mencari sampul buku. Selamat memilih!

5 Rekomendasi Sampul Buku terbaik

No. 1: Sampul Samson Gambar

No. 2: BIOSampul Buku Mika Quarto

No. 3: ZIBIZSampul Buku Coklat Kuarto

No. 4: Sampul Buku Aestethic

No. 5: Five StarSampul Mika Bening Boxy

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan kantor & alat tulis
  3. Kertas & buku catatan
  4. 10 Rekomendasi Sampul Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.