• 10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kerjaan Anda menuntut untuk berpindah-pindah tempat dari outdoor ke indoor atau sebaliknya? Mungkin inilah saatnya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan kacamata photochromic. Kacamata yang lebih familier disebut kacamata transisi ini bisa menangkal silaunya sinar UV. Jadi, Anda tidak perlu repot bergonta-ganti dari kacamata baca ke kacamata hitam.

Ada banyak model dan fungsi kacamata photochromic yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan membelinya. Untuk itu, kami telah menyiapkan tips memilih kacamata photochromic yang bagus untuk Anda. Kacamata transisi bermerek, seperti Oakley, Ray-Ban, dan Shimano juga turut kami ulas di sini. Simak ulasannya, yuk!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Anna Fardiana
  • Pembaharuan terakhir: 28 Juli 2021
  • 1.432 Views
Daftar isi

Apa itu kacamata photochromic?

Apa itu kacamata photochromic?

Lensa photochromic adalah lensa yang sensitif dan adaptif terhadap perubahan cahaya. Kepekatan warna lensanya berubah-ubah tergantung kondisi cahaya di ruangan tersebut. Kacamata dengan lensa photochromic sangat membantu orang-orang yang kesehariannya aktif, baik di luar maupun di dalam ruangan. 


Anda jadi tidak perlu repot membawa kacamata baca saat di dalam ruangan dan sunglasses saat hendak ke luar ruangan. Cukup dengan satu kacamata photochromic, Anda bisa tetap nyaman saat berada di luar atau di dalam ruangan. 


Kacamata transisi ini juga membantu menangkal sinar matahari yang diterima mata sehingga lebih aman untuk mata Anda. Salesman, guru olahraga, atlet, atau pekerja konstruksi cocok menggunakan kacamata ini.


Lensa transisi menggunakan bahan kristal halida di dalamnya sehingga ketika ada sinar matahari, warna lensa akan berubah. Performa lensa transisi sangat dipengaruhi oleh jumlah sinar yang diterima, temperatur lensa, tipe cahaya yang diterima, dan ketebalan lensa. Jenis kacamata ini juga memiliki model yang stylish sehingga akan membuat penampilan Anda makin keren.

Cara memilih kacamata photochromic

Jika Anda masih awam atau pertama kali mencari kacamata photochromic, ikuti saja beberapa tips dari kami berikut ini. Pertimbangkan jenis lensa, frame, hingga kemampuan transmisi cahayanya, ya.

Pilih frame kacamata berdasarkan bentuk wajah Anda

Kacamata tentu saja memengaruhi tampilan wajah Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih frame kacamata yang cocok dengan bentuk wajah Anda.

Wajah bulat: Pilih frame berbentuk kotak

Wajah bulat: Pilih frame berbentuk kotak

Bentuk wajah bulat memiliki ciri-ciri tulang pipi yang kurang menonjol. Selain itu, bisa juga bagian pipi yang cenderung lebih menonjol. Jika Anda termasuk orang dengan bentuk wajah bulat, gunakan kacamata frame kotak atau yang ukurannya oversized. Keduanya akan memberikan kesan wajah yang lebih memanjang dan proporsional. Kacamata full frame juga cocok untuk memberikan aksen yang lebih tegas.

Wajah kotak: Pilih bingkai berbentuk oval atau bulat

Wajah kotak: Pilih bingkai berbentuk oval atau bulat

Jika Anda memiliki garis rahang yang tegas sehingga membuat wajah lebih berbentuk kotak, hindari penggunaan kacamata dengan frame kotak juga. Sebaiknya Anda menggunakan kacamata berbingkai oval atau bulat. Frame oval atau bulat membuat garis wajah lebih tersamarkan atau memberikan efek lengkungan di wajah. 

Wajah tirus: Gunakan frame semi-rimless

Wajah tirus: Gunakan frame semi-rimless

Wajah tirus identik dengan pipi yang menjorok ke dalam sehingga bagian bawah wajah lebih kecil dibandingkan atasnya. Bentuk wajah ini sering disebut juga sebagai bentuk segitiga. Anda yang memiliki wajah tirus bisa menggunakan kacamata semi-rimless. Kacamata ini tegas di bagian atasnya, tetapi tidak memiliki bingkai di bagian bawah lensanya. 

Wajah oval: Lebih bebas memilih jenis frame

Wajah oval: Lebih bebas memilih jenis frame

Bentuk wajah oval sering dibilang cocok untuk memakai jenis kacamata apa saja. Beberapa model frame kacamata, seperti kacamata kotak, full frame, rimless, hingga yang bentuknya artistik cenderung aman untuk Anda. Untuk pria, Anda bisa memakai desain kacamata yang lebih sporty. Sementara itu, kacamata jenis eye cat bisa jadi tampilan yang menarik dan modis untuk para wanita.

Sesuaikan jenis lensa dengan kebutuhan mata Anda

Sesuaikan jenis lensa dengan kebutuhan mata Anda

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah kacamata transisi bisa digunakan untuk orang dengan mata minus, plus, dan silinder? Jawabannya adalah bisa. Hanya saja, Anda harus mengonsultasikannya dengan dokter atau pihak optik untuk mendapatkan kacamata yang sesuai. Jadi, kacamata ini bukan hanya untuk orang yang penglihatannya normal saja, ya.


Pertimbangkan aktivitas dan keseharian Anda agar mendapatkan kacamata transisi yang sesuai kebutuhan mata. Contohnya seperti kebutuhan pengguna di bawah ini:

  • Untuk lansia

Lansia umumnya memiliki gangguan mata rabun dekat. Pilihlah kacamata transisi dengan tambahan lensa plus. Kacamata transisi juga wajib dimiliki jika lansia tersebut masih aktif menyetir mobil. Silaunya cahaya atau sorotan lampu dari kendaraan lain bisa lebih tersamarkan dengan kacamata ini.


  • Untuk penderita rabun jauh

Rabun jauh adalah kondisi ketika mata tidak mampu melihat benda yang jauh dengan jelas. Untuk kondisi tersebut, pilihlah kacamata transisi dengan lensa minus. 


  • Untuk atlet

Kacamata photochromic wajib dimiliki oleh atlet lari, pesepeda, golf, atau pendaki gunung profesional. Jika kegiatan Anda berada di ketinggian 4.000 mdpl, kacamata ini wajib dipakai, setidaknya untuk menghalau sinar matahari yang menyilaukan.


  • Untuk orang dengan mata silinder

Gunakan kacamata transisi khusus yang memiliki lensa mata silinder. Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke optik dan membelinya langsung di sana.

Ketahui variasi perubahan warna lensanya saat terkena cahaya

Ketahui variasi perubahan warna lensanya saat terkena cahaya

Kacamata transisi butuh waktu 30 detik hingga 1 menit untuk berubah warna menjadi lebih gelap saat di luar ruangan. Saat berada di dalam ruangan, warnanya akan kembali menjadi bening dalam 2 menit hingga 5 menit. Perubahan warna tersebut ternyata tidak hanya dari warna bening ke warna hitam saja, lho. Ada berbagai pilihan warna yang bisa Anda pilih.


Untuk Anda yang berkarakter fungsional, mungkin kacamata dengan transisi warna hitam atau abu-abu bisa jadi pilihan yang aman. Sementara itu, ada juga gradasi warna lain, seperti hijau grafit, biru, ungu, hingga cokelat bata. Anda bisa menyesuaikannya dengan gaya, kebutuhan kerjaan, atau selera fashion masing-masing.

Pertimbangkan kemampuan transmisi cahayanya

Pertimbangkan kemampuan transmisi cahayanya

Kacamata transmisi dikenal dapat menangkal sebagian cahaya matahari sehingga lebih aman dan dapat melindungi mata. Namun, seberapa hebatkah kemampuan kacamata ini dalam menjalankan fungsi tersebut? 


Jawabannya adalah dengan melihat angka transmisi cahayanya. Transmisi cahaya adalah angka yang menunjukkan jumlah sinar matahari yang mampu menembus kacamata tersebut. Makin tinggi angkanya, maka makin rendah kemampuannya dalam menangkal sinar UV. 


Misalnya, kacamata Anda memiliki angka transmisi 80%–100%, berarti sinar matahari bisa masuk dengan lancar menerobos lensa kacamata. Angka ini biasanya adalah range angka pada kacamata jenis konvensional. Kacamata transisi atau photochromic biasanya memiliki kemampuan transmisi cahaya 40%–60%. Intinya, makin kecil angkanya, makin bagus kemampuannya dalam menangkal sinar UV.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

RockBros Sport Photochromic Polarized Sunglasses

Mulai dari Rp 380.000,00

10 Rekomendasi kacamata photochromic terbaik

Berikut ini ada sepuluh merek kacamata photochromic yang sudah kami pilihkan untuk Anda. Semoga dari sepuluh produk ini ada kacamata yang sesuai selera dan kebutuhan Anda, ya!

10

BitzenKacamata Anti Radiasi Photocromic 2 in 1

BZ13

Mulai dari Rp 78.000,00

Bahan frameMetal
Jenis frameSemi-rimless
Warna lensaHitam
Bentuk lensaOval
9

Man in SteelKacamata Stark Industries (Edith)

Mulai dari Rp 135.000,00

Bahan frameMetal
Jenis frameFull rim
Warna lensaBiru, hitam, transparan, gradasi
Bentuk lensaOval
8

Berry BartonKacamata Bulat Modern Lensa Minus Anti Blueray Photocromic

G90-355

Mulai dari Rp 345.000,00

Bahan frameMetal
Jenis frameRimless
Warna lensaHitam
Bentuk lensaBulat
7

Just LookKacamata Photocromic Rounded Frame

JL1610

Mulai dari Rp 300.000,00

Bahan frameAsetat
Jenis frameFull rim
Warna lensaHitam
Bentuk lensaBulat
6

Grey JackKacamata Photocromic Antiradiasi Blueray 2 in 1

16034

Mulai dari Rp 349.000,00

Bahan frameMetal
Jenis frameSemi-rimless
Warna lensaHitam
Bentuk lensaBulat
5
Bahan frameTR90, karet
Jenis frameFull rim
Warna lensaAbu-abu
Bentuk lensaKotak
4

Ray-BanRound Evolve

RB 3447 9064V8

Mulai dari Rp 3.700.000,00

Bahan frameTidak ada keterangan
Jenis frameFull rim
Warna lensaAbu-abu
Bentuk lensaBulat
3
Bahan frameThermoplastic
Jenis frameFull rim
Warna lensaAbu-abu
Bentuk lensaKotak
2
Bahan frameTR90
Jenis frameSemi-rimless
Warna lensaMerah
Bentuk lensaTidak ada keterangan
1

OakleyFlight Jacket Steel

OO9401-0737

Mulai dari Rp 2.880.000,00

Bahan frameO Matter frame material
Jenis frameSemi-rimless
Warna lensaAbu-abu
Bentuk lensaTidak ada keterangan

Tabel perbandingan produk kacamata photochromic terbaik

Gambar produk
1
Oakley Flight Jacket Steel 1

Oakley

2
Shimano S-Phyre X 1

Shimano

3
adidas Kacamata Pria 1

adidas

4
Ray-Ban Round Evolve 1

Ray-Ban

5
Lacoste Kacamata Photocromic 1

Lacoste

6
Grey Jack Kacamata Photocromic Antiradiasi Blueray 2 in 1 1

Grey Jack

7
Just Look Kacamata Photocromic Rounded Frame 1

Just Look

8
Berry Barton Kacamata Bulat Modern Lensa Minus Anti Blueray Photocromic 1

Berry Barton

9
Man in Steel Kacamata Stark Industries (Edith) 1

Man in Steel

10
Bitzen Kacamata Anti Radiasi Photocromic 2 in 1 1

Bitzen

Nama produk

Flight Jacket Steel

S-Phyre X

Kacamata Pria

Round Evolve

Kacamata Photocromic

Kacamata Photocromic Antiradiasi Blueray 2 in 1

Kacamata Photocromic Rounded Frame

Kacamata Bulat Modern Lensa Minus Anti Blueray Photocromic

Kacamata Stark Industries (Edith)

Kacamata Anti Radiasi Photocromic 2 in 1

Keunggulan

Desain unik, fitur komplet!

Fitur-fiturnya menunjang performa Anda saat balap sepeda!

Perpaduan ciamik untuk olahraga, lifestyle, dan fashion!

Tampil elegan dengan kacamata berwarna emas

Simpel dan kasual untuk penggunaan sehari-hari

Bisa menangkal efek negatif sinar biru dari gadget

Frame-nya berbahan asetat yang ringan dan tahan lama

Pilihan warna frame-nya modern dan classy

Dapatkan kacamata Spider-Man yang diberikan oleh Tony Stark!

Tak perlu bayar mahal untuk tampil layaknya artis Korea

Harga mulai dariRp 2.880.000,00Rp 2.800.000,00Rp 320.000,00Rp 3.700.000,00Rp 255.000,00Rp 349.000,00Rp 300.000,00Rp 345.000,00Rp 135.000,00Rp 78.000,00
Bahan frameO Matter frame materialTR90 ThermoplasticTidak ada keteranganTR90, karetMetalAsetatMetalMetalMetal
Jenis frameSemi-rimlessSemi-rimlessFull rimFull rimFull rimSemi-rimlessFull rimRimlessFull rimSemi-rimless
Warna lensaAbu-abuMerahAbu-abuAbu-abuAbu-abuHitamHitamHitamBiru, hitam, transparan, gradasiHitam
Bentuk lensaTidak ada keteranganTidak ada keteranganKotakBulatKotakBulatBulatBulatOvalOval
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kacamata lainnya di sini

Selain kacamata transisi, kami sudah pernah mengulas beberapa jenis kacamata lainnya, baik untuk pria maupun wanita. Beberapa merek kacamata terkenal, seperti Ray-Ban dan Oakley pernah kami rekomendasikan juga, lho. Silakan klik tautan di bawah ini untuk membacanya.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mendapatkan jenis kacamata transisi idaman dari artikel ini? Pilihlah yang sesuai kebutuhan mata Anda dengan tetap mempertimbangkan keserasian desainnya.


Kacamata photochromic atau kacamata transisi ini sangat berguna untuk Anda yang aktif bergerak di dalam dan luar ruangan. Selain efektif karena tidak perlu gonta-ganti kacamata, Anda juga lebih terhindar dari efek negatif sinar UV. Kacamata ini adalah salah satu investasi yang tak akan membuat Anda menyesal!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan smartwatch kini berkembang sebagai kebutuhan masyarakat urban, tak terkecuali bagi kaum pria. Jam tangan pintar ini sangat multifungsi dan berguna untuk mendukung aktivitas harian Anda. Anda bisa memanfaatkan fitur smartwatch untuk menerima telepon, berolahraga, dan tracking aktivitas harian Anda. Smartwatch membuat aktivitas Anda terasa lebih praktis, mudah, dan efektif. Apakah Anda berminat membeli smartwatch? Kami punya panduan dan ulasan agar Anda menemukan smartwatch terbaik. Beberapa merk smartwatch yang bagus dan terkenal, seperti Xiaomi, Samsung, Fossil, dan Garmin, akan turut kami review di sini. Yuk, ikuti tips-tips kami.
    Aksesori pria
    142.013 Views
  • 10 Rekomendasi Kacamata Baca Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kacamata Baca Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kacamata baca hadir dengan berbagai jenis dan desain frame yang keren dari tahun ke tahun. Hal ini tidak aneh mengingat kacamata baca sangat diperlukan, terutama bagi pria berusia 40 tahun ke atas. Namun, banyaknya kacamata baca pria branded, seperti Essilor dan William Palmer, mungkin membuat Anda bingung memilihnya. Oleh karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih kacamata baca pria yang bagus beserta rekomendasi produk terbaiknya. Anda dapat memilih kacamata baca plus atau produk yang modis dan murah. Simak informasinya ya!
    Aksesori pria
    67.767 Views
  • 10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Topi kini menjadi salah satu fashion item untuk pria yang tidak boleh dilewatkan. Selain untuk melindungi kepala, topi bisa membuat gaya pria menjadi lebih keren. Ada berbagai model topi pria yang bisa dipilih, seperti baseball cap, beanie, flat cap, dan masih banyak lagi.  Bingung memilih jenis topi yang cocok untuk Anda? Jangan khawatir, kami akan membantu memberi rekomendasi topi pria yang bagus untuk dipilih. Selain itu, ada beberapa brand topi terbaik yang akan kami ulas, seperti Vans, Deus ex Machina, atau Herschel. Jadi, jangan lewatkan dan baca terus hingga akhir!
    Aksesori pria
    44.871 Views
  • 10 Jam Tangan Seiko Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Jam Tangan Seiko Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Seiko adalah merek jam terkenal dari Jepang yang menjadi pelopor jam tangan bermesin quartz dan chronograph. Terdapat bermacam produk jam tangan Seiko, mulai dari yang ditujukan untuk aktivitas sehari-hari hingga menyelam. Jam tangan ini memiliki model dan fitur yang canggih, seperti tenaga surya, mekanik, dan radio-controlled. Banyaknya model dan fitur tersebut mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Kali ini, kami akan memberikan tips cara memilihnya, serta merekomendasikan sepuluh jam tangan Seiko terbaik. Seri PRESAGE, ASTRON, hingga GRAND SEIKO ada dalam rekomendasi kami. Silakan disimak sampai akhir, ya!
    Aksesori pria
    31.851 Views
  • 10 Rekomendasi Blangkon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Blangkon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Blangkon pada zaman dahulu hanya dipakai saat menghadiri acara khusus saja. Namun, kondisi ini berubah total pada era modern. Blangkon tidak hanya dipakai saat menghadiri acara formal, tetapi juga sering dipakai anak muda sebagai fashion item! Anda dapat tampil lebih nyeni dengan memakai berbagai jenis blangkon. Namun, blangkon memiliki banyak sekali tipe. Anda bisa menemukan blangkon Solo, blangkon Yogyakarta, dan blangkon Banyumasan yang tersedia dalam berbagai motif. Jika begini, Anda pasti kesulitan dalam menjatuhkan pilihan. Oleh karena itu, silakan membaca cara memilih blangkon yang bagus dari kami berikut ini.
    Aksesori pria
    3.185 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Lanccelot Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jam Lanccelot Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Lanccelot merupakan perusahaan jam tangan lokal yang mengusung kekayaan alam dan budaya Indonesia. Nama Lanccelot sendiri diambil dari nama kesatria Inggris, Lancelot, yang terkenal akan semangat dan jiwa disiplinnya. Brand yang cukup dikenal dengan jam tangan kayunya ini ingin membawa nama Indonesia ke pasar global dengan produk-produknya.Ada berbagai produk jam tangan dari Lanccelot yang dapat Anda pilih, baik berdasarkan serinya, model, material, maupun harganya. Agar Anda tidak bingung, kami akan mengulas tentang jam tangan Lanccelot dan juga merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Jadi, ikuti terus pembahasannya, ya!
    Aksesori pria
    945 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori