• 10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Bahasa Korea (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Bahasa Korea (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Bahasa Korea (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Bahasa Korea (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Bahasa Korea (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Bahasa Korea (Terbaru Tahun 2022)

Anda memiliki rencana untuk tinggal, bekerja, atau menuntut ilmu di Korea? Kalau begitu, bahasa Korea wajib Anda kuasai untuk memudahkan kehidupan di sana. Bahasa Korea juga patut dipelajari oleh para penyuka drama atau idola Korea. Dengan kemampuan tersebut, Anda dapat menonton acara favorit tanpa perlu berlama-lama menunggu subtitle-nya.


Bagi Anda yang tertarik, kami telah menyiapkan rekomendasi buku untuk belajar bahasa Korea yang bagus dan populer. Sebelum itu, tersedia juga tips memilih buku bahasa Korea yang sesuai dengan kebutuhan. Simak artikel ini baik-baik dan temukan produk yang tepat untuk Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Keuntungan menguasai bahasa Korea

Keuntungan menguasai bahasa Korea

Seiring merebaknya demam Korea yang bermula dari film, drama, dan musik, makin banyak orang tertarik untuk mempelajari bahasanya. Dengan menguasai bahasa Korea, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Berdasarkan Ethnologue, bahasa Korea menduduki posisi ke-22 sebagai bahasa yang paling banyak digunakan dengan sekitar 81 juta penutur.


Sekitar 6 juta penuturnya juga tersebar di Cina, Amerika, dan Jepang, yakni negara-negara yang memegang peranan penting dalam perekonomian. Menduduki peringkat ke-12 negara terkaya di dunia, Korea menawarkan peluang karir yang sangat baik untuk Anda. Bagi seorang businessman, menguasai bahasa Korea tentu akan membantu Anda melebarkan sayap ke kancah internasional.


Di Indonesia sendiri, makin banyak perusahaan Korea yang membuka lowongan pekerjaan. Dengan menguasai bahasanya, peluang Anda untuk bekerja di perusahaan Korea pun makin besar. Selain itu, Anda juga bisa melanjutkan studi dan memperoleh beasiswa untuk sekolah di Korea. Bagi K-popers, Anda bisa memahami budaya Korea dengan lebih baik lagi dan makin dekat dengan artis idola.

Cara memilih buku untuk belajar bahasa Korea

Terdapat banyak pilihan buku untuk belajar bahasa Korea yang dijual di pasaran. Supaya tidak salah pilih dan menyesal nantinya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Di bawah ini ada empat poin penting dalam memilih buku bahasa Korea yang tepat. 

Pilih buku berdasarkan orang yang akan menggunakannya

Poin pertama yang perlu dipertimbangkan saat memilih buku untuk belajar bahasa Korea adalah orang yang akan menggunakannya. Yuk, baca penjelasan dan contoh yang kami berikan berikut ini!

Untuk anak-anak atau remaja, direkomendasikan buku dengan ilustrasi dan penyampaian yang menarik

Untuk anak-anak atau remaja, direkomendasikan buku dengan ilustrasi dan penyampaian yang menarik

Buku dengan ilustrasi menarik dan berwarna-warni akan lebih menarik minat anak-anak untuk membacanya. Buku bahasa Korea dengan karakteristik tersebut juga akan memudahkan mereka saat memahami dan menghafal isi materinya.


Sementara itu, para remaja biasanya lebih menyukai buku yang penyampaiannya terkesan santai dan tidak kaku. Bila perlu, Anda juga bisa memilih buku bahasa Korea bertemakan idola atau artis favorit. Dengan begitu, proses belajar jadi terasa menyenangkan dan Anda pun akan makin giat untuk membaca buku tersebut.

Untuk pemula, gunakan buku yang memuat pengenalan Hangeul, kosakata, dan tata bahasa

Untuk pemula, gunakan buku yang memuat pengenalan Hangeul, kosakata, dan tata bahasa

Untuk para pemula atau yang ingin belajar bahasa Korea dari nol, pilihlah buku yang memuat pengenalan Hangeul. Hangeul adalah sebutan untuk abjad dalam penulisan bahasa Korea yang diciptakan oleh Raja Sejong pada tahun 1443. Pada dasarnya, abjad Korea ini terdiri dari 24 karakter dasar yang terbagi menjadi 10 huruf vokal dan 14 huruf konsonan.


Kemudian, karakter dasar tersebut dikembangkan lagi dengan bertambahnya huruf rangkap, yakni 11 vokal dan 16 konsonan. Dengan demikian, terdapat 40 karakter Hangeul yang perlu Anda hafalkan sebelum melanjutkan mempelajari bahasa Korea. Karena bentuknya berbeda dengan huruf latin, pilihlah buku yang dilengkapi cara pelafalan Hangeul untuk memudahkan Anda membacanya.


Lalu, ketersediaan materi tata bahasa dan daftar kosakata juga penting untuk para pemula yang sedang belajar bahasa Korea. Daftar kosakata yang disusun berdasarkan tema akan memudahkan Anda saat menghafalkannya. Sementara itu, materi tata bahasa digunakan sebagai panduan saat Anda membuat atau menyusun kalimat dalam bahasa Korea.

Sesuaikan kelengkapan materinya dengan tujuan Anda mempelajari bahasa Korea

Buku bahasa Korea umumnya memuat berbagai macam materi. Karenanya, Anda perlu memeriksa materi yang dibahas atau diajarkan di dalam buku sebelum membelinya. Setelah itu, pilihlah buku untuk belajar bahasa Korea yang memuat materi yang ingin Anda pelajari.

Untuk travelling, cari yang dilengkapi contoh percakapan sehari-hari

Untuk travelling, cari yang dilengkapi contoh percakapan sehari-hari

Anda memiliki rencana untuk jalan-jalan ke Korea? Jika iya, carilah buku yang memuat contoh percakapan sehari-hari. Buku yang dilengkapi materi ini juga cocok untuk Anda yang ingin menguasai bahasa Korea dengan cepat. 


Contoh percakapan ini akan sangat berguna saat Anda sedang berbelanja, berkenalan, menanyakan alamat, dan lain-lain. Karena tak semua buku memilikinya, pastikan Anda memeriksanya dengan lebih teliti.

Untuk keperluan sekolah atau bekerja di Korea, pilih yang memuat pembahasan TOPIK

Untuk keperluan sekolah atau bekerja di Korea, pilih yang memuat pembahasan TOPIK

Salah satu syarat untuk bekerja atau bersekolah di Korea adalah memiliki sertifikat TOPIK (Test of Proficiency in Korean). Tes TOPIK ini juga menjadi syarat penting bagi Anda yang ingin mendapatkan izin tinggal permanen di Korea. Tes ini terbagi menjadi dua, yakni TOPIK I (level 1–2) dan TOPIK II (level 3–6).


TOPIK I terdiri dari tes reading dan listening, sedangkan TOPIK II ditambah dengan tes writing. Tes ini juga membutuhkan biaya yang tak sedikit, berkisar antara dua ratus sampai empat ratus ribu rupiah. Jika tak memenuhi standar, Anda akan dinyatakan gagal dan biaya yang dikeluarkan pun terbuang sia-sia.


Untuk keperluan beasiswa, sekolah, bekerja, atau tinggal di Korea, Anda juga perlu mencapai skor TOPIK dalam jumlah tertentu. Karenanya, jika Anda hendak mempelajari bahasa Korea untuk keperluan ini, pilihlah yang dilengkapi pembahasan tentang tes tersebut. Dengan mempelajari TOPIK secara intens, peluang Anda untuk tinggal dan berkarir di Negeri Ginseng pun makin besar.

Periksa ketebalan halamannya

Periksa ketebalan halamannya

Hal yang tak kalah penting saat memilih buku untuk belajar bahasa Korea adalah memeriksa jumlah halamannya. Pasalnya, makin tebal halaman buku, makin detail pula isi pembahasannya. Anda pun dapat mempelajari bahasa Korea dengan lebih mendalam.


Namun, perlu diperhatikan pula bahwa makin tebal buku, makin berat juga bobotnya. Jika Anda menginginkan produk yang praktis dibawa bepergian, buku dengan halaman yang sedikit lebih direkomendasikan. Sebaliknya, pilih buku yang tebal dan pembahasannya rinci jika Anda hanya akan membacanya di rumah saja.

Pertimbangkan buku yang dilengkapi materi tambahan

Pertimbangkan buku yang dilengkapi materi tambahan

Buku untuk belajar bahasa Korea tak hanya memuat materi seputar bahasa saja. Beberapa produk yang dijual di pasaran juga menyajikan materi lain yang membuat buku makin menarik untuk dibaca. Sebagai contoh, terdapat buku yang dilengkapi materi tentang budaya Korea. Materi tersebut sangat cocok untuk Anda yang ingin mengenal negara Korea secara mendalam.


Selanjutnya, ada juga buku yang dilengkapi kamus Indonesia-Korea atau Korea-Indonesia. Dengan buku ini, Anda dapat menghemat pengeluaran karena tak perlu membeli kamus tambahan. Lalu, buku bertemakan idola K-pop biasanya dilengkapi juga dengan pembahasan tentang grup atau tokoh tersebut. Anda pun bisa belajar bahasa Korea sembari mengenal artis idola dengan lebih dekat.

10 Rekomendasi buku terbaik untuk belajar bahasa Korea

Di bawah ini telah tersedia sepuluh produk terbaik yang bisa membantu Anda belajar bahasa Korea. Bacalah keunggulan dari masing-masing buku dan pilih yang paling pas untuk Anda.

10

Retno IndrianiPraktis & Mudah Kuasai Bahasa Korea

Mulai dari Rp 60.000,00

Materi yang dibahasPengenalan Hangeul, contoh percakapan, latihan soal, tata bahasa, serta daftar kosakata populer dan tematik
Materi tambahanPengetahuan umum seputar budaya dan masyarakat Korea serta aplikasi kamus bahasa Korea di Google Play
PenerbitChecklist
Jumlah halaman264 halaman
9
Materi yang dibahasTidak disebutkan
Materi tambahanSepak terjang Blackpink di kancah musik internasional
PenerbitAnak Hebat Indonesia
Jumlah halaman152 halaman
8

AsfaraMudah Belajar Bahasa Korea bersama Penutur Asli

Mulai dari Rp 44.000,00

Materi yang dibahasPengenalan Hangeul, tata bahasa sederhana, contoh percakapan, dan sajian singkat tentang budaya Korea
Materi tambahanTidak ada, hanya ada bonus poster dan stiker
PenerbitLaksana
Jumlah halaman172 halaman
7

Setiawan Agung PamungkasJago Bahasa Korea Gampaaang

Mulai dari Rp 55.000,00

Materi yang dibahasTata bahasa, contoh percakapan, dan kosakata penting
Materi tambahanKumpulan daily vocabulary tematis, kamus Indonesia-Korea, dan kamus Korea-Indonesia
PenerbitSemesta Hikmah
Jumlah halaman284 halaman
6
Materi yang dibahasSejarah dan pengenalan Hangeul, angka-angka, contoh percakapan, dan kosakata
Materi tambahanPenerapan tata bahasa dalam lagu Korea populer
PenerbitYrama Widya
Jumlah halaman128 halaman
5

Maria ElisabethPanduan Praktis Percakapan Bahasa Korea

Mulai dari Rp 88.000,00

Materi yang dibahasKosakata dan contoh percakapan sehari-hari
Materi tambahanTidak disebutkan
PenerbitBhuana Ilmu Populer (BIP)
Jumlah halaman372 halaman
4

Choi SungminSwiun Hangugeo: Bahasa Korea Itu Mudah!

Mulai dari Rp 49.500,00

Materi yang dibahasPengenalan Hangeul, contoh percakapan sehari-hari, tata bahasa, kosakata penting, latihan soal, dan TOPIK
Materi tambahanKamus tematik dan informasi menarik tentang Korea
PenerbitAnak Hebat Indonesia
Jumlah halaman220 halaman
3
Materi yang dibahasPengenalan Hangeul dan contoh percakapan sehari-hari
Materi tambahanTidak ada
PenerbitInari
Jumlah halaman108 halaman
2

Tri IstiyaniThe Amazing Book Of Korean Grammar For Millenials

Mulai dari Rp 59.500,00

Materi yang dibahasPengenalan Hangeul, kosakata, tata bahasa dasar, dan contoh percakapan sehari-hari
Materi tambahanTidak ada
PenerbitAnak Hebat Indonesia
Jumlah halaman248 halaman
1

M. Hasan HwangPanduan Terlengkap Belajar Bahasa Korea

Mulai dari Rp 125.000,00

Materi yang dibahasPengenalan Hangeul, kosakata, tata bahasa dan penyusunan kalimat, serta latihan TOPIK
Materi tambahanSekilas tentang bahasa Korea dan kumpulan soal reading serta listening lengkap dengan kunci jawabannya
PenerbitRenebook
Jumlah halaman348 halaman

Tabel perbandingan produk buku terbaik untuk belajar bahasa Korea

Gambar produk
1
M. Hasan Hwang Panduan Terlengkap Belajar Bahasa Korea 1

M. Hasan Hwang

2
Tri Istiyani The Amazing Book Of Korean Grammar For Millenials 1

Tri Istiyani

3
Borassaem dan Gwyn Funtastic Korean 1

Borassaem dan Gwyn

4
Choi Sungmin Swiun Hangugeo: Bahasa Korea Itu Mudah! 1

Choi Sungmin

5
Maria Elisabeth Panduan Praktis Percakapan Bahasa Korea 1

Maria Elisabeth

6
Areum Bahasa Korea untuk KPOPers 1

Areum

7
Setiawan Agung Pamungkas Jago Bahasa Korea Gampaaang 1

Setiawan Agung Pamungkas

8
Asfara Mudah Belajar Bahasa Korea bersama Penutur Asli 1

Asfara

9
Han Soora Les Korea Bareng Blackpink 1

Han Soora

10
Retno Indriani Praktis & Mudah Kuasai Bahasa Korea 1

Retno Indriani

Nama produk

Panduan Terlengkap Belajar Bahasa Korea

The Amazing Book Of Korean Grammar For Millenials

Funtastic Korean

Swiun Hangugeo: Bahasa Korea Itu Mudah!

Panduan Praktis Percakapan Bahasa Korea

Bahasa Korea untuk KPOPers

Jago Bahasa Korea Gampaaang

Mudah Belajar Bahasa Korea bersama Penutur Asli

Les Korea Bareng Blackpink

Praktis & Mudah Kuasai Bahasa Korea

Keunggulan

Berisikan materi lengkap yang ditulis oleh pakar bahasa lulusan Hankook University Korea

Tiap bagian pentingnya di-highlight, lebih mudah untuk dihafalkan

Belajar makin asyik berkat ilustrasi full color yang lucu dan menggemaskan

Disusun secara sistematis dan memuat informasi menarik seputar Korea

Kuasai percakapan sehari-hari secara instan, penolong saat sedang berlibur ke Korea

Dilengkapi contoh penerapan kosakata bahasa Korea dalam lirik lagu dari berbagai grup K-Pop

Bisa konsultasi langsung dengan penulisnya hingga lancar berbahasa Korea

Mengajarkan bahasa Korea melalui kisah seorang exchange student

Belajar bahasa Korea bersama girl group idola? Anda bisa mewujudkannya!

Memuat daftar kosakata populer yang disusun secara tematik, lebih mudah untuk dicari

Harga mulai dariRp 125.000,00Rp 59.500,00Rp 99.000,00Rp 49.500,00Rp 88.000,00Rp 30.000,00Rp 55.000,00Rp 44.000,00Rp 53.500,00Rp 60.000,00
Materi yang dibahasPengenalan Hangeul, kosakata, tata bahasa dan penyusunan kalimat, serta latihan TOPIKPengenalan Hangeul, kosakata, tata bahasa dasar, dan contoh percakapan sehari-hariPengenalan Hangeul dan contoh percakapan sehari-hariPengenalan Hangeul, contoh percakapan sehari-hari, tata bahasa, kosakata penting, latihan soal, dan TOPIKKosakata dan contoh percakapan sehari-hariSejarah dan pengenalan Hangeul, angka-angka, contoh percakapan, dan kosakataTata bahasa, contoh percakapan, dan kosakata pentingPengenalan Hangeul, tata bahasa sederhana, contoh percakapan, dan sajian singkat tentang budaya KoreaTidak disebutkanPengenalan Hangeul, contoh percakapan, latihan soal, tata bahasa, serta daftar kosakata populer dan tematik
Materi tambahanSekilas tentang bahasa Korea dan kumpulan soal reading serta listening lengkap dengan kunci jawabannyaTidak adaTidak adaKamus tematik dan informasi menarik tentang KoreaTidak disebutkanPenerapan tata bahasa dalam lagu Korea populerKumpulan daily vocabulary tematis, kamus Indonesia-Korea, dan kamus Korea-IndonesiaTidak ada, hanya ada bonus poster dan stikerSepak terjang Blackpink di kancah musik internasionalPengetahuan umum seputar budaya dan masyarakat Korea serta aplikasi kamus bahasa Korea di Google Play
PenerbitRenebookAnak Hebat IndonesiaInariAnak Hebat IndonesiaBhuana Ilmu Populer (BIP)Yrama WidyaSemesta HikmahLaksanaAnak Hebat IndonesiaChecklist
Jumlah halaman348 halaman248 halaman108 halaman220 halaman372 halaman128 halaman284 halaman172 halaman152 halaman264 halaman
Tautan produk

Tips belajar bahasa Korea untuk pemula

Tips belajar bahasa Korea untuk pemula

Untuk para pemula yang ingin belajar bahasa Korea, kami siap membantu Anda! Berikut ini, kami menyiapkan panduan belajar yang bisa Anda ikuti untuk menguasai bahasa Korea dengan mudah dan cepat. Bacalah tips yang kami berikan dengan teliti dan ikuti langkah-langkahnya dari bagian awal sampai akhir. Selamat mencoba!


  1. Langkah pertama untuk mempelajari bahasa Korea adalah menguasai cara membaca dan menulis Hangeul. Anda dapat mencari cara membaca dan menulis Hangeul melalui laman pencarian Google, video Youtube, ataupun aplikasi belajar bahasa Korea.
  2. Latihlah kemampuan membaca dan menulis Anda menggunakan lirik lagu. Pilihlah lagu yang dinyanyikan oleh artis Korea kesukaan Anda dan cari liriknya yang ditulis menggunakan Hangeul. Baca lirik tersebut tanpa bantuan cara pelafalannya sampai lancar dan tulis ulang pada buku catatan Anda. Setelah itu, pelajari masing-masing kosakatanya dan hafalkan yang dirasa penting untuk Anda.
  3. Jika Anda sudah memiliki banyak kosakata yang diingat, mulailah belajar untuk merangkai kalimat sesuai tata bahasa Korea. Anda juga bisa mempelajari cara merangkai kalimat dengan menonton drama atau film Korea. Kalimat-kalimat yang diucapkan oleh tokoh drama lebih mudah untuk diingat, apalagi jika pemerannya adalah aktor favorit Anda.
  4. Latihlah kemampuan bahasa Korea Anda dengan mempraktikkannya secara langsung. Terkait hal ini, Anda bisa melatihnya dengan berkunjung langsung ke Korea atau berteman dengan orang Korea. Dengan praktik langsung, ilmu yang telah Anda pelajari relatif tidak mudah untuk terlupakan.

Baca juga rekomendasi kamus bahasa lainnya di sini

Di samping buku untuk belajar bahasa Korea, kami juga menyediakan rekomendasi kamus bahasa lainnya. Beragam kamus bahasa populer di dunia, seperti bahasa Inggris, Mandarin, dan Prancis bisa Anda dapatkan pada tautan berikut ini.

Kesimpulan

Di zaman yang terus berkembang dan persaingan yang kian ketat, menguasai bahasa asing menjadi nilai tambah. Pada artikel ini, kami telah memberikan tips memilih dan rekomendasi buku belajar bahasa Korea terbaik untuk orang Indonesia. Sudahkah Anda menemukan produk yang dicari-cari?


Dalam memilih buku bahasa Korea, kredibilitas dan pengalaman penulis juga perlu Anda pertimbangkan. Sebisa mungkin, pilihlah buku yang ditulis oleh ahli bahasa Korea atau orang Korea asli. Selamat belajar! Hwaiting!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, makin banyak orang yang meluangkan waktu untuk mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (second language). Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang banyak digunakan untuk berkomunikasi secara resmi antara warga beda negara.Selain melalui sekolah atau kursus, Anda dapat mempelajari grammar dan kosakata bahasa Inggris secara otodidak menggunakan buku. Untuk para pemula yang ingin memulai belajar bahasa Inggris, simaklah tips memilih buku terbaiknya di sini. Rekomendasi buku untuk belajar bahasa Inggris yang bagus juga telah kami sediakan. Silakan baca ulasan selengkapnya!
    Buku akademik
  • 10 Rekomendasi Buku Sejarah Dunia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Sejarah Dunia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagaikan pintu ke mana saja Doraemon, buku sejarah dunia adalah jalan untuk melihat dunia tanpa harus membeli tiket pesawat. Sungguhpun Anda belum pernah menyinggahi tempat tersebut, buku sejarah dunia dapat membantu Anda memahami detail-detail peristiwa. Inilah kekuatan utama dari buku sejarah dunia. Selain Sejarah Dunia yang Disembunyikan, masih banyak judul buku sejarah dunia lainnya yang bagus untuk dibaca. Anda dapat mempertimbangkan bahasa serta topik sejarah yang dibahas, contohnya perang dunia dan asal-usul manusia. Mari kita mengupas selengkapnya tips memilih dan review buku sejarah dunia terbaik di bawah ini.
    Buku akademik
  • 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menguasai bahasa Inggris dapat memudahkan Anda dalam berinteraksi dengan orang asing, bahkan bisa mendapat pekerjaan dari luar negeri. Salah satu cara untuk mempelajari bahasa Inggris adalah lewat kamus. Sekarang memang ada banyak kamus online, tetapi mungkin Anda lebih nyaman menggunakan kamus berbentuk buku.Kami akan mengulas rekomendasi kamus bahasa Inggris yang bagus. Anda akan menemukan kamus bahasa Inggris terbaik dan terlengkap beserta artinya, contohnya kamus karya John M. Echols. Ada juga Cambridge Advance Learner's Dictionary, Paperback Oxford English Dictionary, dan kamus bahasa Inggris Indonesia untuk menerjemahkan. Simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Buku akademik
  • 10 Rekomendasi Buku SBMPTN Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku SBMPTN Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN? Pastinya, Anda mengharapkan hasil terbaik dan bisa tembus ke perguruan tinggi negeri idaman. Dukung belajar Anda dengan menggunakan buku SBMPTN. Selain memberikan bank soal lengkap, buku SBMPTN juga berisi kisi-kisi dan prediksi SBMPTN ter-update.Maka, tidak salah lagi jika Anda membaca artikel ini. Kami akan mengulas buku SBMPTN terbaik untuk menemani Anda belajar. Anda akan menemukan buku SBMPTN The King, Wangsit, ataupun Grand Master. Setiap buku berisi materi lengkap untuk semua jurusan, baik Saintek maupun Soshum. Yuk, baca ulasan ini sampai selesai!
    Buku akademik
  • 10 Rekomendasi Buku CPNS Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku CPNS Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menjadi Aparat Sipil Negara (ASN) merupakan impian banyak orang, Anda mungkin termasuk salah satunya? Untuk menjadi pegawai pemerintahan, Anda harus melewati tes tertulis, wawancara, serta tes fisik. Nah, sebagai bahan latihan Anda dapat menggunakan buku CPNS sebagai pendamping belajar.Nah, kali ini kami akan mengulas rekomendasi buku CPNS yang bagus sebagai bekal persiapan tes. Ada buku dari berbagai penulis, seperti Ping Lie dan Fandi AP serta Raditya Panji Umbara dan Sahda Halim. Sebelum masuk ke ulasan produk, ketahui dahulu hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli buku CPNS.
    Buku akademik
  • 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamus Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terpaan Korean wave di Indonesia membuat banyak orang tertarik mempelajari bahasa Korea. Ditambah lagi, drama Korea yang digandrungi oleh banyak orang makin membuat Anda ingin mengenal negara Korea, termasuk bahasanya. Memiliki kamus bahasa Korea adalah salah satu langkah awal untuk fasih berbahasa Korea.Ada berbagai macam kamus Korea Indonesia yang ditawarkan, mulai dari kamus poket, kamus instan, sampai kamus percakapan sehari-hari. Semua itu bisa Anda peroleh dengan mudah di toko online. Bacalah artikel ini karena kami akan mengulas tips memilih dan rekomendasi kamus bahasa Korea yang bagus untuk Anda.
    Buku akademik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori