1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Serum Centella Asiatica Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Serum Centella Asiatica Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Serum Centella Asiatica Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Serum Centella Asiatica Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Serum Centella Asiatica Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Serum Centella Asiatica Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Serum Centella Asiatica Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Centella asiatica dikenal dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan seperti jerawat dan penuaan dini. Salah satu produk skincare yang sering memanfaatkannya adalah serum. Namun, serum Centella Asiatica manakah yang paling tepat untuk Anda?


Kali ini kami akan mengulas cara memilih serum yang mengandung Centella asiatica. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk yang bagus dari sejumlah merek. Ada produk internasional SKIN1004 Madagascar Centella Ampoule, serta produk lokal dari N'Pure dan Avoskin. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Putu Ayu Elvina dan dr. Ida Ayu Diah Purnama. Selamat membaca!

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia. Saat ini dr. Elvina berpraktek di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Profil dr. Putu Ayu Elvina
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Dokter yang lebih dikenal dengan dr. Dayu Diah ini memiliki akreditasi praktik dari Universitas Udayana. Saat ini beliau merupakan salah satu staff pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Ganesha. Beliau berpengalaman banyak dalam menangani masalah penyakit kulit, kelamin, maupun estetika. Beliau berpengalaman kerja di beberapa rumah sakit dan klinik, seperti Rumah Sakit KDH-Bros, Puriva Clinic Sunset Road, dan Euderna Clinic Singaraja. Untuk berkonsultasi melalui telemedicine, Anda dapat menghubunginya melalui Halodoc.

Profil dr. Ida Ayu Diah
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Manfaat Centella asiatica untuk kulit

Manfaat Centella asiatica untuk kulit

Centella asiatica, atau biasa disebut daun pegagan atau 'cica', adalah tanaman herbal yang memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Daunnya yang hijau berbentuk kipas banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan India. Tanaman ini juga banyak dimanfaatkan dalam pengobatan berorientasi ilmiah. 


Centella asiatica merupakan bahan alami yang bersifat ringan sehingga cocok dipakai segala usia, bahkan remaja. Kandungan di dalamnya dipercaya mampu membantu menyembuhkan luka, serta memperbaiki permasalahan kulit seperti jerawat, penuaan dini, hingga iritasi. Karena tinggi antioksidan seperti flavonoid dan madecassoside, Centella asiatica juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.


Selain itu, daun pegagan mengandung banyak zat bioaktif yang berperan sebagai antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan antivirus. Centella asiatica juga efektif dalam pengobatan luka kecil, luka hipertrofik, luka bakar, psoriasis, dan skleroderma. Tanaman ini mampu meningkatkan proliferasi fibroblas dan sintesis kolagen serta penghambatan fase inflamasi pada bekas luka hipertrofik dan keloid.


Tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, garis halus, dan kulit yang kendur pun dapat teratasi. Kelembapan sekaligus keseimbangan kandungan pH kulit juga dapat terjaga. Nah, Anda dapat memanfaatkan kebaikan Centella asiatica dalam bentuk serum yang kini banyak dijual di pasaran. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum Centella asiatica

Setelah mengetahui manfaat Centella asiatica untuk kulit, Anda mungkin makin tertarik untuk mencobanya. Nah, sebelum membeli serumnya, ketahui dahulu sejumlah poin penting yang tak boleh dilewatkan. Berikutnya, kami akan menjelaskan secara rinci poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih serum Centella asiatica.

① Pilih berdasarkan tipe kulit Anda

Setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda-beda. Tiap-tiap jenis kulit pun memiliki kebutuhan dan karakteristik tersendiri. Karena itu, penting bagi Anda untuk memilih serum Centella asiatica yang sesuai dengan jenis kulit. 

Kulit berminyak dan rentan berjerawat: Pilih produk dengan oil control

Kulit berminyak dan rentan berjerawat: Pilih produk dengan oil control

Ciri khas jenis kulit ini adalah sering terlihat mengilap akibat produksi sebum dan minyak yang berlebih. Karena banyaknya produksi sebum tersebut, kotoran dan debu pun cenderung mudah menempel. Untuk mengatasinya, pastikan Anda memilih serum dengan kandungan oil control. 


Kulit berminyak juga biasanya memiliki pori-pori wajah yang besar. Jika wajah tidak dibersihkan dengan benar, kotoran dan debu yang menempel dapat menyumbat pori-pori. Hal tersebut berisiko memunculkan jerawat dan komedo di wajah.


Oleh sebab itu, Anda juga perlu mempertimbangkan serum yang dapat merawat kulit berjerawat. Anda bisa memilih produk yang dapat mengatasi jerawat meradang hingga yang mampu menyamarkan bekasnya.


Skincare dengan kandungan BHA atau niacinamide juga bisa menjadi pilihan untuk Anda. Hindari bahan-bahan yang bersifat komedogenik karena cenderung bisa menyumbat pori dan menimbulkan jerawat.

Kulit kering dan kusam: Pilih produk yang melembapkan dan mencerahkan

Kulit kering dan kusam: Pilih produk yang melembapkan dan mencerahkan

Jika Anda memiliki kulit yang terasa kencang seperti ditarik dan cenderung kasar, itu adalah tanda kulit kering. Berlawanan dengan kulit berminyak, kulit kering memproduksi sedikit minyak, serta kurang mampu mempertahankan kadar air. Kulit kering juga bisa disebabkan faktor eksternal, misalnya mengonsumsi air dalam jumlah yang kurang.


Selain itu, tak jarang kulit kering terlihat kusam dan terasa gatal. Bahkan, ada pula kulit kering yang mengalami pengelupasan sehingga tampak bersisik. Untuk itu, Anda memerlukan serum dengan kandungan pelembap yang tinggi. Jika serum yang Anda gunakan tidak mengandung pelembap, tambahkan moisturizer setelah pemakaian serum. Utamakan pelembap yang hipoalergenik dan mengandung ceramide.


Perhatikan pula kandungan pencerah agar kulit kusam dapat teratasi. Pilih produk yang mengandung brightening agent seperti arbutin, AHA, niacinamide, dan retinoid.

Kulit sensitif: Pilih produk yang gentle dan minim zat aditif

Kulit sensitif: Pilih produk yang gentle dan minim zat aditif

Kulit yang sensitif menandakan barier atau perlindungan kulit terganggu. Oleh sebab itu, tipe kulit ini biasanya mudah bereaksi terhadap produk skincare. Alih-alih menyehatkan kulit, produk yang salah dapat menyebabkan reaksi negatif. Kulit bisa terasa gatal, kemerahan, hingga iritasi. Cobalah mempertimbangkan serum yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. 


Pilih produk yang terasa gentle, serta minim kandungan zat aditif seperti pewangi tambahan. Anda juga dapat melakukan patch test terlebih dahulu untuk melihat reaksi kulit terhadap suatu produk. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit produk di bagian belakang telinga atau di bagian dalam siku tangan Anda. Pemakaian serum juga sebaiknya diikuti dengan pemakaian moisturizer. 

② Perhatikan kandungan lain dalam produk

Selain Centella aciatica, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan kandungan lain yang ada di dalam produk. Dengan mengetahui peran dan fungsi kandungan pada skincare, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit. Berikut akan kami bahas beberapa bahan yang ada pada sejumlah serum Centella asiatica.

Kandungan pelembap, seperti Aloe vera, glycerin, dan hyaluronic acid

Kandungan pelembap, seperti Aloe vera, glycerin, dan hyaluronic acid

Jika Anda memerlukan skincare yang dapat melembapkan kulit, cobalah produk dengan kandungan Aloe vera, glycerin, dan hyaluronic acid. Aloe vera atau lidah buaya sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang dapat melembapkan kulit. Kandungan ini juga dapat meredakan peradangan kulit dan menenangkan kulit yang tersengat sinar matahari.


Sementara itu, glycerin dapat mempertahankan keseimbangan kadar air dan kekenyalan kulit. Anda juga bisa memilih produk dengan kandungan hyaluronic acid untuk meningkatkan elastisitas, serta membuat kulit menjadi lebih kencang.


Jangan lupa, sesuaikan pelembap dengan kondisi kulit Anda. Jika jenis kulit Anda cenderung oily dan berjerawat, perhatikan apakah kandungan pelembap akan menyebabkan kulit makin berminyak. Pada dasarnya, Anda yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat dianjurkan untuk meminimalkan penggunaan skincare

Kandungan anti-inflamasi, seperti salicylic acid dan allantoin

Kandungan anti-inflamasi, seperti salicylic acid dan allantoin

Kulit yang mudah kemerahan dan terasa panas seperti terbakar membutuhkan kandungan anti-inflamasi dalam skincare. Kandungan anti-inflamasi juga diperlukan saat Anda memiliki jerawat yang meradang. Centella asiatica sendiri memiliki sifat anti-inflamasi atau antiradang. Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi penyakit kulit.


Salah satu kandungan lain yang diyakini dapat meredakan peradangan saat jerawat muncul adalah salicylic acid. Kandungan ini mampu mengangkat kotoran dan bakteri yang menyumbat pori-pori serta menyebabkan jerawat.


Anda juga dapat memanfaatkan kandungan Aloe vera dan allantoin. Selain melembapkan, Aloe vera juga dapat menenangkan kulit yang iritasi. Sementara itu, allantoin akan membantu mendinginkan kulit dan mempercepat proses regenerasi kulit. Terdapat pula niacinamide dan witch hazel yang memiliki efek astringent yang mengurangi produksi minyak, serta anti-inflamasi.

Kandungan pencerah, seperti niacinamide dan vitamin C

Kandungan pencerah, seperti niacinamide dan vitamin C

Kulit yang kusam dapat mengurangi rasa percaya diri sehingga Anda mungkin memerlukan produk yang dapat mencerahkannya. Salah satu kandungan skincare yang dipercaya dapat mencerahkan kulit adalah niacinamide.


Niacinamide adalah salah satu jenis vitamin B3 yang dapat meratakan warna kulit dan memperkuat barrier-nya. Niacinamide juga terbukti mampu mencerahkan wajah dengan penggunaan minimal empat minggu.


Selain niacinamide, vitamin C yang mengandung antioksidan tinggi juga dikenal sebagai pencerah kulit. Vitamin C mampu mengurangi hiperpigmentasi, meningkatkan produksi kolagen, dan mengurangi efek paparan sinar matahari. Di samping itu, pori-pori besar, kerutan halus, bercak hitam seperti melasma di kulit juga dapat tersamarkan dengan vitamin C.

③ Pertimbangkan mengenai tekstur serum

Pertimbangkan mengenai tekstur serum

Serum Centella asiatica hadir dalam berbagai tekstur. Beberapa orang lebih menyukai rangkaian skincare yang ringan sehingga cocok dengan serum bertekstur cair. Selain ringan, serum bertekstur cair cenderung lebih mudah terserap kulit, serta tidak terasa lengket. Kulit Anda akan terasa segar. Jika memiliki kulit berminyak dan berjerawat, Anda disarankan untuk memilih serum bertekstur cair.


Di sisi lain, ada juga serum yang bertekstur lebih kental, bahkan menyerupai krim atau losion. Serum ini direkomendasikan jika Anda memiliki kulit kering atau mengalami tanda-tanda penuaan dini. Karena konsistensinya lebih padat, butuh waktu lebih untuk melanjutkan skincare ke tahapan berikutnya. Saat memakai rangkaian skincare, gunakan tahapan dari cair ke yang lebih padat. 

10 Rekomendasi serum Centella asiatica terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum Centella asiatica terbaik kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Putu Ayu Elvina dan dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari,Sp.KK
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

N'Pure

Centella Asiatica Face Primer Serum

N'Pure Centella Asiatica Face Primer Serum 1枚目

Bisa dijadikan primer sebelum pakai makeup juga, lho!

2

Everwhite

Cica Soothing Serum

Everwhite  Cica Soothing Serum 1枚目

Buat jerawat enggan kembali lagi ke wajah Anda!

3

Avoskin

Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica

Avoskin Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica 1枚目

Ramah di kulit remaja hingga orang dewasa dengan tanda penuaan dini

4

PURITO

Centella Green Level Buffet Serum

PURITO  Centella Green Level Buffet Serum 1枚目

Menenangkan dan menjaga elastisitas kulit yang stres

5

KLEVERU

Glass Skin Overnight Serum

KLEVERU Glass Skin Overnight Serum 1枚目

Wajah terasa halus dengan barrier kulit yang lebih sehat

6

The Aubree

Centella Herb Serum

The Aubree Centella Herb Serum 1枚目

Kulit berjerawat lebih terawat dengan cruelty-free formula

7

Nutrishe

Intensive Bright & Glow Serum

Nutrishe Intensive Bright & Glow Serum 1枚目

Miliki kulit glowing dan lembap tanpa rasa lengket

8

SKIN1004

Madagascar Centella Ampoule

SKIN1004  Madagascar Centella Ampoule 1枚目

Pelopor kandungan Centella asiatica, 100% dipanen dari Madagaskar

9

Natur

Miracle Calming Face Serum : Cica & Witch Hazel

Natur Miracle Calming Face Serum : Cica & Witch Hazel 1枚目

Tampil percaya diri dengan kulit kencang dan pori-pori mengecil

10

Elshe Estetika Nusantara

ElsheSkin Smoothing Serum For Acne Skin

Elshe Estetika Nusantara ElsheSkin Smoothing Serum For Acne Skin 1枚目

Perbaiki tekstur kulit yang bermasalah akibat jerawat

Perincian produk
Close
No.1

N'PureCentella Asiatica Face Primer Serum

Mulai dari Rp120.000,00

Bisa dijadikan primer sebelum pakai makeup juga, lho!

Butuh serum Centella asiatica dengan fungsi ganda? Jangan lewatkan produk yang mengandung daun cica asli ini. Centella Asiatica Face Primer Serum tidak hanya dapat berfungsi sebagai serum, tetapi juga untuk makeup primer. 


Kulit Anda akan tampak lebih cerah, halus, dan lembap. Produk ini juga akan menyamarkan pori-pori wajah yang besar, serta membuat makeup lebih tahan lama. Cocok untuk Anda yang tidak ingin memakai dan membawa terlalu banyak produk di makeup pouch.

No.2

Everwhite Cica Soothing Serum

Mulai dari Rp117.000,00

Buat jerawat enggan kembali lagi ke wajah Anda!

Untuk Anda yang bermasalah dengan jerawat membandel, kami sarankan Anda mencoba produk ini. Tidak hanya dapat merawat kulit berjerawat, serum ini mampu menghambat mikroorganisme penyebab jerawat. 


Saat diaplikasikan, efek soothing yang dihasilkan dari serum ini langsung terasa. Kulit kemerahan dan jerawat meradang pun bisa ditenangkan. Teksturnya juga ringan dan mudah terserap kulit tanpa terasa berminyak. Selain itu, bekas jerawat Anda dapat tersamarkan dengan penggunaan rutin. Wajah Anda akan tampak lebih stunning berkat jerawat yang teratasi optimal!

No.3

AvoskinYour Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica

Mulai dari Rp139.000,00

Ramah di kulit remaja hingga orang dewasa dengan tanda penuaan dini

Kali ini Avoskin hadir dengan serum yang diklaim dapat mencerahkan dan menghidrasi kulit secara optimal. Dengan 12% niacinamide, serum ini dipercaya ampuh menghilangkan noda hitam, bekas jerawat, hingga kerutan di wajah. Kulit Anda juga akan terhindar dari risiko iritasi berkat ekstrak Centella asiatica.


Selain itu, Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica dapat digunakan mulai dari remaja berusia 15 tahun. Ini adalah produk yang tepat bila Anda menginginkan perawatan menyeluruh sejak remaja!

No.4

PURITO Centella Green Level Buffet Serum

Mulai dari Rp380.000,00

Menenangkan dan menjaga elastisitas kulit yang stres

Jika Anda memiliki kulit kombinasi cenderung sensitif yang mudah kemerahan atau iritasi, jangan lewatkan produk ini. Purito Centella Green Level Buffet Serum akan menenangkan kulit yang stres dan lelah dari inflamasi serta kemerahan


Serum dari Korea Selatan ini juga membantu melindungi dan mencerahkan kulit. Kandungan peptides-nya akan menjaga kulit tetap kencang, kenyal, dan bebas tanda-tanda penuaan dini. Meskipun teksturnya cukup kental, serum ini mudah diratakan dan cepat meresap tanpa rasa lengket.

No.5

KLEVERUGlass Skin Overnight Serum

Mulai dari Rp143.000,00

Wajah terasa halus dengan barrier kulit yang lebih sehat

Kleveru Glass Skin Overnight Serum merupakan pilihan tepat bila Anda sedang mencari exfoliating serum dengan kandungan Centella asiatica. Serum ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mendorong regenerasi sel kulit yang baru. Jadi, kulit akan tampak lebih cerah dan halus, serta lebih siap menerima skincare lainnya. 


Produk ini dilengkapi AHA dan BHA yang mampu mengeksfoliasi wajah dengan lembut, juga menghaluskan tekstur kulit. Masalah kulit seperti milia dan beruntusan juga dapat teratasi dengan produk lokal ini. Di samping itu, kandungannya juga akan melembapkan sekaligus membuat barrier kulit lebih sehat. 

No.6

The AubreeCentella Herb Serum

Mulai dari Rp99.000,00

Kulit berjerawat lebih terawat dengan cruelty-free formula

Centella Herb Serum memiliki konsistensi yang agak kental dan sedikit lengket dengan warna putih susu. Klaim yang ditawarkan antara lain mengurangi minyak berlebih, serta merawat kulit berjerawat. Kulit Anda pun akan tampak lebih cerah karena bekas jerawatnya tersamarkan.


Keistimewaan lainnya, produk dari The Aubree ini diformulasikan secara cruelty-free dan bebas uji coba terhadap hewan. Jadi, serum ini cocok bagi Anda yang concern terhadap lingkungan.

No.7

NutrisheIntensive Bright & Glow Serum

Mulai dari Rp169.000,00

Miliki kulit glowing dan lembap tanpa rasa lengket

Produk lokal ini cocok bagi para pemula yang baru ingin mencoba skincare karena dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Dengan tekstur cair dan berwarna keruh, serum ini mudah diaplikasikan dan diratakan. Selain tidak meninggalkan rasa lengket, cepat pula terserap oleh kulit. 


Nutrishe Intensive Bright & Glow Serum memiliki aroma lembut yang tidak terlalu menyengat. Kulit Anda akan tampak glowing dan terasa lembap. Flek hitam di wajah pun bisa tersamarkan. Terlebih, formulanya dipercaya dapat membantu kelancaran regenerasi sel kulit sehingga menguatkan skin barrier. 

No.8

SKIN1004 Madagascar Centella Ampoule

Mulai dari Rp160.000,00

Pelopor kandungan Centella asiatica, 100% dipanen dari Madagaskar

Jika Anda lebih menyukai tekstur serum yang cair, pertimbangkanlah Madagascar Centella Ampoule dari SKIN1004. Produk ini memiliki tekstur ringan yang cair layaknya essence, tetapi tidak seencer toner. Merek yang dikenal sebagai pelopor popularitas penggunaan Centella asiatica ini menggunakan 100% ekstrak yang dipanen dari Madagaskar.


Kandungannya diklaim dapat membantu meredakan blemishes, serta menyamarkan hiperpigmentasi atau noda hitam. Formulanya yang gentle juga mampu menghidrasi kulit secara maksimal dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

No.9

NaturMiracle Calming Face Serum : Cica & Witch Hazel

Mulai dari Rp170.000,00

Tampil percaya diri dengan kulit kencang dan pori-pori mengecil

Anda yang bermasalah dengan pori-pori wajah yang tampak besar dapat mencoba serum dari Natur. Selain mengandung Centella asiatica, produk ini dilengkapi witch hazel dan allantoin. Bahan witch hazel memiliki sifat astringent dan dipercaya dapat menyamarkan tampilan pori-pori yang besar.


Sementara itu, allantoin mampu mengatasi kulit iritasi dan peradangan pada jerawat. Centella asiatica, urea, dan sodium hyaluronate-nya melembapkan bagi kulit kering dan sensitif.  Serum ini memberikan hasil warna kulit Anda akan tampak lebih merata dan terasa lebih kencang. Menariknya, serum ini tidak mengandung pewangi dan alkohol sehingga lebih ramah untuk kulit sensitif.

No.10

Elshe Estetika NusantaraElsheSkin Smoothing Serum For Acne Skin

Mulai dari Rp189.000,00

Perbaiki tekstur kulit yang bermasalah akibat jerawat

Para pemilik kulit berjerawat sering galau saat memilih skincare. Dengan memilih produk ini, Anda dapat menjawab kebutuhan kulit berjerawat terutama di masa penyembuhan. ElsheSkin mengatasi bekas jerawat berupa warna dan tekstur yang bergelombang.


Produk ini, menjawab kebutuhan kulit kombinasi yang cenderung berminyak. Namun, cenderung tidak disarankan bagi kulit normal cenderung kering atau sensitif. Dengan begitu, bekas jerawat dan bekas luka yang menyebabkan area tidak rata di kulit pun dapat tersamarkan.

Pertanyaan umum seputar serum Centella asiatica

Pertanyaan umum seputar serum Centella asiatica

Selain merekomendasikan produk, kami juga telah menghimpun pertanyaan populer seputar Centella asiatica. Apakah Anda juga menanyakan hal yang sama? Mari cek pertanyaan di bawah ini.

Apakah Centella asiatica cocok digunakan untuk kulit sensitif?

Anda yang memiliki kulit sensitif mungkin bertanya-tanya, apakah Centella asiatica cukup aman untuk kulit Anda?


Jangan khawatir, sebab Centella asiatica memiliki manfaat moisturizer dan anti-inflamasi. Manfaat ini dapat meningkatkan hidrasi kulit dan memperkuat skin barrier sehingga cocok digunakan untuk kulit sensitif. Namun, Kebanyakan serum memiliki bahan aktif lain sehingga Anda juga tetap harus memerhatikan bahan lainnya.

Apakah Centella asiatica bisa digunakan oleh remaja?

Kulit remaja sering kali bermasalah dengan jerawat atau yang kerap disebut teenage acne. Centella asiatica merupakan bahan alami yang ringan dan memiliki efek antioksidan, antimikroba, serta anti-inflamasi. Meskipun belum menjadi pilihan utama, efek Centella asiatica bisa dicoba digunakan pada remaja yang seringkali bermasalah dengan jerawat.

Selain centella asiatica, kandungan skincare apa saja yang memiliki efek soothing?

Efek soothing juga bisa digunakan pada kandungan niacinamide, aloe vera, dan pelembap seperti ceramide.

Baca juga rekomendasi serum wajah lainnya di sini

Selain serum dengan kandungan Centella asiatica, masih ada banyak produk serum di pasaran yang tidak kalah hebatnya dalam merawat kulit. Tidak hanya merek internasional, skincare lokal juga menarik untuk dicoba. Jika kandungan Centella asiatica kurang cocok untuk wajah Anda, tak ada salahnya mencoba serum lainnya. Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi artikel kami di bawah ini!

Kesimpulan

Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel serum Centella asiatica kami kali ini? Setelah membaca tips memilih serum Centella asiatica yang kami jabarkan, semoga Anda bisa menemukan produk yang tepat.


Kandungan Centella asiatica dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk kulit. Meski demikian, sebelum memilih suatu produk, sebaiknya Anda mempertimbangkan jenis kulit, kandungan lain, serta teksturnya. Selamat memilih dan mari dapatkan kulit yang glowing!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer