• 10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)

Apakah Anda suka memancing atau sedang mencoba mengisi waktu luang dengan memancing? Selain umpan pancing, pemilihan senar pancing juga berpengaruh terhadap performa Anda dalam memancing, lho! Ada berbagai merek senar pancing terkuat di pasaran seperti Caperlan hingga Daiwa


Kami akan membantu memilih dan memberi rekomendasi senar pancing yang bagus untuk Anda. Berbagai jenis senar pancing seperti senar pancing PE dan nilon juga ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemancing profesional kami, Dudit Widodo. Yuk, pastikan Anda memilih senar pancing yang kuat dan anti keriting agar kegiatan memancing lebih menyenangkan! 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Dudit Widodo
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 08 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Pemancing profesional, Dudit Widodo

Profil pakar: Pemancing profesional, Dudit Widodo
Dudit Widodo
Pemancing profesional
Dudit Widodo

Dudit Widodo adalah pembuat film dokumenter sekaligus pemancing profesional. Pria ini sudah lebih dari 30 tahun berkarier di bidang film dokumenter. Selain itu, beliau juga seorang penggagas program TV Mancing Mania sejak 2006 hingga 2019.


Pengalaman kerjanya meliputi freelance sutradara dan kamerawan dokumenter pada 1978 hingga 1995. Beliau juga meliput dan terlibat di berbagai turnamen mancing baik nasional maupun internasional.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih senar pancing

Anda mungkin bertanya-tanya senar pancing mana yang harus Anda pilih. Oleh karena itu, kami akan memberikan lima poin yang perlu diperhatikan saat memilih senar pancing. Simak penjelasan berikut ini dan pastikan Anda memilih senar pancing yang sesuai dengan kebutuhan memancing Anda!

Pilih jenis senar pancingnya

Ada tiga jenis utama senar pancing, yaitu senar pancing nilon, fluorocarbon, dan PE. Pertama, yuk pahami dulu karakteristik ketiga senar pancing ini.

Senar nilon, cocok untuk Anda yang pemula

Senar nilon, cocok untuk Anda yang pemula

Dari jaman dahulu sampai sekarang, senar nilon sudah digunakan para nelayan. Nelayan yang menggunakan handline atau teknik memancing menggunakan tangan cenderung menggunakan senar nilon.


Senar pancing jenis nilon merupakan senar pancing yang paling populer di pasaran. Karakteristik senar ini adalah bahannya yang elastis. Karena itu, senar pancing ini terkenal tidak mudah putus jika ada ikan yang memakan umpan Anda. 


Ada beberapa teknik mancing yang justru lebih tepat menggunakan senar nilon. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan senar nilon untuk memancing ikan-ikan kecil. Anda bisa menggunakannya di perlombaan kolam pancing untuk memancing ikan mujair, ikan nila, dan sebagainya. Bahkan, sampai saat ini para nelayan lebih memilih menggunakan senar nilon untuk memancing tuna karena memakai teknik handline.


Selain itu, senar pancing jenis ini juga tidak mudah putus sehingga membuatnya lebih awet untuk digunakan. Senar nilon juga lebih cepat tenggelam dibandingkan senar PE dan tidak tajam di tangan. Harga senar pancing jenis nilon juga lebih rendah dari jenis yang lain. Dengan kelebihannya ini, senar satu ini sangat cocok digunakan untuk pemancing pemula.

Akan tetapi, senar nilon cenderung berdiameter lebih besar dibandingkan tali PE dengan kekuatan yang sama. Oleh karena itu, senar nilon yang masuk spool lebih sedikit.

Senar fluorocarbon, pas untuk Anda yang sering memancing

Senar fluorocarbon, pas untuk Anda yang sering memancing

Senar pancing jenis fluorocarbon adalah senar yang terbuat dari senyawa fluororesin. Senyawa tersebut mampu mengurangi terjadinya pemanjangan pada senar. Senar ini juga memiliki kelebihan, yaitu bersifat invisible dan lebih cepat tenggelam di dalam air. Karena kelebihannya tersebut, senar ini cocok digunakan untuk memancing di berbagai tempat. 


Biasanya senar fluorocarbon sering digunakan untuk leader pada tali PE dan nilon. Hal ini disebabkan oleh sifatnya yang invisible di dalam air dan lebih tahan gesekan. Tali fluorocarbon biasanya tidak digunakan sebagai tali utama. Tali fluorocarbon hanya di gunakan sebagai leader atau shock leader karena harganya cukup mahal.


Kelemahan senar ini yaitu lebih kaku dan keras daripada nilon. Hal ini membuat senar sulit dijadikan leader saat digunakan memancing dengan top water. Masalah ini sulit ditangani kecuali jika Anda sudah cukup ahli dalam memancing. 

Senar PE, ideal untuk Anda yang sudah mahir

Senar PE, ideal untuk Anda yang sudah mahir

Senar pancing PE terbuat dari proses braid (kepang) serat polietilena yang sangat halus. Senar ini hampir berbentuk seperti pipa kecil sehingga risiko peregangannya lebih kecil. Senar PE cenderung lebih cocok digunakan untuk teknik sport fishing, seperti jigging, popping, dan casting. Senar PE didesain untuk sport fishing karena tidak mudah meregang. 


Walaupun lebih elastis dan halus dibandingkan senar pancing nilon, senar ini masih memiliki beberapa kelemahan. Karena cukup ringan, senar PE mudah hanyut karena angin dan ombak. Senar ini juga mudah terputus apabila bergesekan dengan benda yang kasar. Tidak heran, senar PE lebih dikenal sebagai senar pancing untuk pengguna yang sudah mahir.

Sesuaikan dengan teknik memancing Anda

Sesuaikan dengan teknik memancing Anda

Setiap teknik memancing memiliki jenis senar pancing yang paling sesuai untuk digunakan. Sebagai contoh, pilih senar PE untuk teknik surf casting. Saat Anda hentak, umpan langsung bergerak tanpa ada jeda karena sifat tali PE tidak elastis. Sementara itu, akan ada peregangan jika menggunakan senar nilon. Peregangan itu berdampak pada keberhasilan Anda pada saat strike.


Selain itu, Anda bisa menggunakan senar khusus untuk teknik fly fishing. Sifat senar fly fishing lebih berat. Diameternya bagian depannya lebih kecil dibandingkan bagian belakang sehingga mudah untuk lontarkan.


Senar pancing PE tidak direkomendasikan untuk teknik fly fishing. Hal ini disebabkan oleh tali PE yang berdiameter kecil sangat berbahaya ketika strike ikan besar. Tangan Anda dapat terluka oleh goresan tali PE yang tajam. Teknik fly fishing menggunakan tangan untuk menarik senarnya ketika strike. Oleh karena itu, gunakan senar khusus jika Anda akan menggunakannya untuk fly fishing.

Pertimbangkan berat dan ukuran ikan sasaran

Pertimbangkan berat dan ukuran ikan sasaran

Senar jenis nilon dan PE biasanya menggunakan satuan nomor sebagai satuan ketebalan. Senar tersebut menjadi lebih tebal dan lebih kuat seiring dengan bertambahnya angka. Namun, jika Anda bingung, Anda dapat menanyakan seberapa kuat senar kepada penjualnya. 


Sementara itu, senar fluorocarbon menggunakan satuan kg atau lb untuk menunjukkan kekuatan senar tersebut. Makin besar kekuatan senar fluorocarbon maka makin tebal juga ukuran senar. 


Karena itu, pastikan Anda memilih senar yang sesuai dengan jenis ikan tangkapan Anda. Jika target Anda adalah ikan yang besar, pilih senar yang tebal dan kuat agar senar tidak terputus tiba-tiba. Jika target ikan Anda kecil, pilih senar pancing yang tipis. Dengan begitu, kegiatan memancing Anda akan lebih nyaman.

Tentukan dari tempat memancing Anda

Tentukan dari tempat memancing Anda

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih senar pancing adalah tempat Anda memancing. Hal ini karena Anda membutuhkan jenis senar pancing yang berbeda untuk lokasi yang berbeda.


Misalnya, jika Anda memancing di kolam pancing harian, pakailah senar pancing nilon. Sementara itu, jika Anda memancing di laut atau untuk ajang perlombaan, pakailah senar fluorocarbon atau senar jenis PE. Jika Anda memancing di tempat yang banyak bebatuannya, hindari senar jenis PE yang rentan terhadap gesekan. Namun, Anda bisa menggunakan senar fluorocarbon sebagai leader di senar PE Anda.

Pilih sesuai dengan kantong dan kebutuhan Anda

Pilih sesuai dengan kantong dan kebutuhan Anda

Menyesuaikan harga produk dengan kantong dan kebutuhan Anda merupakan faktor yang perlu diperhatikan. Senar pancing nilon merupakan senar yang paling terjangkau dan paling umum digunakan. Sementara itu, senar fluorocarbon dan PE lebih premium daripada senar nilon.


Jika Anda cukup sabar, senar nilon cocok digunakan untuk semua jenis teknik memancing. Bagi Anda yang baru memulai memancing, senar nilon ini merupakan pilihan yang tepat. Namun, jika ingin mencoba sport fishing (casting, jigging, dan popping), sebaiknya Anda menggunakan senar PE. 

Produk rekomendasi pakar

JenisPE
Panjang100–300 m
Kekuatan7,7–29,5 kg
JenisPE
Panjang300 m
Kekuatan9,16–35,38 kg

DurakingAbsolute Round Braid Fishing Line

Mulai dari Rp 135.000,00

JenisPE
Panjang100 m
Kekuatan10–40,4 kg

10 Rekomendasi senar pancing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk senar pancing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dudit Widodo.

10
JenisPE
Panjang50 m
Kekuatan7,5–29 kg
9
JenisFluorocarbon
Panjang50 m
Kekuatan27,2 kg
8

HSJSpeckle Senar Nilon Titik Pelapis Fluorokarbon

Mulai dari Rp 78.000,00

JenisNilon
Panjang100 m
Kekuatan1,79–16,3 kg
7
JenisFluorocarbon
Panjang240 yds (220 m) dan 330 yds (302 m)
Kekuatan8,6–32,6 kg
6

Mavllos Killers Braided Line

Mulai dari Rp 44.000,00

JenisPE
Panjang150 m
Kekuatan1,8–36,2 kg
5
JenisNilon
Panjang200 m
Kekuatan1,4–21 kg
4
JenisPE
Panjang300 m dan 500 m
Kekuatan4,53–36,29 kg
3

DaiwaJustron DPLS Nylon fishing line

Mulai dari Rp 19.015,00

JenisNilon
Panjang300 m dan 500 m
Kekuatan2,5–8 kg
2

SougayilangFishing Line PE Senar Pancing

Mulai dari Rp 49.999,00

JenisPE
Panjang100 m, 300 m, 500 m, 1000 m
Kekuatan 5,5–45,8 kg
1
JenisFluorocarbon
Panjang25 m
Kekuatan44 kg

Tabel perbandingan produk senar pancing terbaik

Gambar produk
1
Caperlan Fluorocarbon 100% 1

Caperlan

2
Sougayilang Fishing Line PE Senar Pancing 1

Sougayilang

3
 Daiwa Justron DPLS Nylon fishing line 1

Daiwa

4
Spectra Extreme Braid 1

Spectra

5
Germany Invisible Fishing Line  1

Germany

6
Mavllos  Killers Braided Line 1

Mavllos

7
Optima HI Class 1

Optima

8
HSJ Speckle Senar Nilon Titik Pelapis Fluorokarbon 1

HSJ

9
KENZI Shock Leader Fluorocarbon 1

KENZI

10
Gamaru PE Speed Braid 1

Gamaru

Nama produk

Fluorocarbon 100%

Fishing Line PE Senar Pancing

Justron DPLS Nylon fishing line

Extreme Braid

Invisible Fishing Line

Killers Braided Line

HI Class

Speckle Senar Nilon Titik Pelapis Fluorokarbon

Shock Leader Fluorocarbon

PE Speed Braid

Keunggulan

Dilengkapi dengan senar transparan yang peka pada gigitan ikan

Nyaman dipakai di mana saja dengan pilihan berbagai tingkat kekuatan

Senar nilon yang tahan menghadapi ombak yang kuat

Kuat seperti baja, cocok untuk turnamen!

Senar jenis nilon yang invisible di air

Tahan abrasi, teman terbaik untuk memancing di laut

Senar tipis dan halus dengan kekuatan dan konsistensi yang mantap!

Senar nilon dengan lapisan fluorocarbon

Fluorocarbon yang tahan guncangan

Harga terjangkau dan panjangnya pas, cocok untuk Anda yang ingin mencoba senar PE

Harga mulai dariRp 130.000,00Rp 49.999,00Rp 19.015,00Rp 37.600,00Rp 45.000,00Rp 44.000,00Rp 90.000,00Rp 78.000,00Rp 20.000,00Rp 15.000,00
JenisFluorocarbonPENilonPENilonPEFluorocarbonNilonFluorocarbonPE
Panjang25 m100 m, 300 m, 500 m, 1000 m300 m dan 500 m300 m dan 500 m200 m150 m240 yds (220 m) dan 330 yds (302 m)100 m50 m50 m
Kekuatan44 kg 5,5–45,8 kg2,5–8 kg4,53–36,29 kg1,4–21 kg1,8–36,2 kg8,6–32,6 kg1,79–16,3 kg27,2 kg7,5–29 kg
Tautan produk

Tips untuk pemula dari pemancing profesional kami, Dudit Widodo

Tips untuk pemula dari pemancing profesional kami, Dudit Widodo

Pemancing pemula sebaiknya bergabung dengan komunitas pancing atau orang yang sudah berpengalaman. Anda juga bisa menonton video-video yang bertemakan mancing. Dengan demikian, Anda tidak salah memilih berbagai piranti pancing dan umpan yang akan digunakan.


Pilihlah senar PE yang memiliki pintalan atau braid yang banyak. Setidaknya pilih senar PE yang lebih dari tiga pintalan (X3), seperti delapan pintalan (X8).

Baca juga rekomendasi peralatan lainnya untuk memancing di sini

Jika Anda membutuhkan referensi peralatan memancing lainnya, Anda mungkin dapat menemukannya di sini. Mari cek juga artikelnya di bawah ini!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan senar pancing yang Anda butuhkan? Saat memancing, orang biasanya hanya fokus pada alat memancing dan umpan pancing saja. Padahal, sebenarnya senar pancing juga sama pentingnya.


Karena itu, pastikan Anda memilih senar pancing yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memilih senar pancing yang tepat, kegiatan memancing tentu akan jauh lebih menyenangkan. Selamat memancing!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kail Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kail Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    Ada cukup banyak peralatan yang harus Anda bawa ketika pergi memancing, salah satunya kail pancing. Benda kecil ini tidak boleh dilupakan jika Anda pergi memancing. Ada beragam ukuran dan jenis kail pancing, seperti kail pancing model clurit, jig, treble, hingga double hook.Kami akan berbagi cara memilih kail pancing yang bagus, tajam, dan jitu beserta rekomendasi produknya. Kail pancing merek Duraking, Bradley, Daiichi, hingga Mustad ada di sini. Simak juga tips mengenai cara mengikat mata kail supaya kuat. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemancing profesional kami, Dudit Widodo.
    Peralatan memancing
  • 10 Umpan Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    10 Umpan Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    Umpan pancing sangat berpengaruh pada hasil tangkapan ikan. Di pasaran, Anda dapat menemukan umpan untuk mengelabui ikan dengan beragam bentuk, ukuran, berat, dan warna. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih umpan pancing yang bagus.Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih umpan pancing terbaik untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan dan mengulas sepuluh produk dari berbagai merek, seperti Z-Man dan Sougayilang. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemancing profesional kami, Dudit Widodo. Baca terus artikel di bawah ini, ya!
    Peralatan memancing
  • 10 Baitcasting Reel Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    10 Baitcasting Reel Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    Baitcasting reel adalah penggulung senar pancing yang dirancang untuk teknik casting. Casting dilakukan dengan cara melempar dan menarik umpan yang dikaitkan pada senar secara berulang hingga dimakan oleh ikan. Peralatan ini telah digunakan untuk casting lure, surf casting, hingga lomba memancing. Anda tentu mencari produk yang bagus, bukan?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih baitcasting reel terbaik dan merekomendasikan produk dari berbagai merek. Anda akan menemukan produk Shimano, Daiwa, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemancing profesional kami, Dudit Widodo. Jadi, baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Peralatan memancing
  • 10 Rekomendasi Fish Finder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Fish Finder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Istilah fish finder mungkin masih terdengar asing bagi telinga sebagian orang. Namun, tidak demikian untuk orang yang gemar memancing. Fish finder adalah sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan ikan di perairan luas. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa memaksimalkan hasil pemancingan tanpa membuang banyak waktu.Di pasaran, Anda dapat menemukan banyak merek fish finder yang bagus, seperti Garmin, Lucky, dan Deeper. Namun, manakah fish finder yang terbaik? Jangan khawatir, kali ini kami akan membahas cara memilih fish finder sekaligus memberi rekomendasi produknya. Mari simak dengan saksama!
    Peralatan memancing
  • 10 Cooler Box Terbaik untuk Memancing - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cooler Box Terbaik untuk Memancing - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    Cooler box adalah salah satu barang penting untuk Anda yang memiliki hobi memancing. Banyak merek cooler box yang bagus di pasaran, contohnya cooler box Marina LION STAR, Igloo, dan Marvel. Penting bagi Anda untuk memilih box ikan yang tepat agar kegiatan memancing makin menyenangkan.Kami memberikan panduan cara memilih cooler box terbaik. Pastikan Anda mempertimbangkan harga, kualitas, fungsi, dan ukuran cooler box. Box ikan laut tentu berbeda dengan ukuran cooler box ikan kecil. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemancing profesional kami, Dudit Widodo. Temukan cool box ikan terbaik untuk memancing!
    Peralatan memancing
  • 10 Fish Grip Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    10 Fish Grip Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memancing mungkin sudah tahu dengan alat bernama fish grip. Alat ini digunakan untuk menjepit rahang bawah ikan yang telah tertangkap sehingga ikan bisa diangkat dengan mudah. Jadi, jangan ragu untuk mencoba grip ikan supaya tangkapan Anda tidak lepas saat diangkat ke permukaan air.Kami akan membagikan tips cara memilih fish grip yang bagus dan merekomendasikan fish grip terbaik. Ada fish grip dari merek Shimano, Mustad, Seahawk, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemancing profesional kami, Dudit Widodo. Simak artikelnya sampai tuntas!
    Peralatan memancing
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori