1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Peralatan memancing
  6. >
  7. 10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2023)

Apakah Anda suka memancing? Selain umpan pancing, pemilihan senar pancing juga berpengaruh terhadap performa Anda dalam memancing, lho! Ada berbagai merek senar pancing terkuat di pasaran, seperti Sougayilang, KastKing, dan Daiwa. 


Kami akan membantu memilih dan memberi rekomendasi senar pancing yang bagus untuk Anda. Berbagai jenis senar pancing seperti senar pancing PE dan nilon juga ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemancing profesional kami, Dudit Widodo. Yuk, pastikan Anda memilih senar pancing yang kuat dan anti keriting agar kegiatan memancing lebih menyenangkan! 

Diperbaharui 10-25-2022
Pakar
Pemancing profesional
Dudit Widodo

Dudit Widodo adalah pembuat film dokumenter sekaligus pemancing profesional. Pria ini sudah lebih dari 30 tahun berkarier di bidang film dokumenter. Selain itu, beliau juga seorang penggagas program TV Mancing Mania sejak 2006 hingga 2019. Pengalaman kerjanya meliputi freelance sutradara dan kamerawan dokumenter pada 1978 hingga 1995. Beliau juga meliput dan terlibat di berbagai turnamen mancing baik nasional maupun internasional.

Profil Dudit Widodo
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Cara memilih senar pancing

Anda mungkin bertanya-tanya senar pancing mana yang harus Anda pilih. Oleh karena itu, kami akan memberikan lima poin yang perlu diperhatikan saat memilih senar pancing. Simak penjelasan berikut ini dan pastikan Anda memilih senar pancing yang sesuai dengan kebutuhan memancing Anda!

① Pilih jenis senar pancingnya

Ada tiga jenis utama senar pancing, yaitu senar pancing nilon, fluorocarbon, dan PE. Yuk, pahami dahulu karakteristik ketiga senar pancing ini.

Senar nilon, cocok untuk Anda yang pemula

Senar nilon, cocok untuk Anda yang pemula

Sejak zaman dahulu senar nilon sudah digunakan para nelayan. Nelayan yang menggunakan handline atau teknik memancing dengan tangan rata-rata menggunakan senar nilon. Senar pancing nilon merupakan senar pancing paling populer di pasaran. Karakteristik senar ini adalah bahannya yang elastis. Karena itu, senar pancing ini terkenal tidak mudah putus jika ada ikan yang memakan umpan Anda. 


Ada beberapa teknik memancing yang justru lebih tepat menggunakan senar nilon. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan senar nilon untuk memancing ikan-ikan kecil. Anda bisa menggunakannya di perlombaan kolam pancing untuk memancing ikan mujair, ikan nila, dan sebagainya. Bahkan, sampai saat ini para nelayan lebih memilih menggunakan senar nilon untuk memancing tuna karena memakai teknik handline.


Selain itu, senar pancing jenis ini juga tidak mudah putus sehingga membuatnya lebih awet untuk digunakan. Senar nilon juga lebih cepat tenggelam dibandingkan senar PE dan tidak tajam di tangan. Harga senar pancing jenis nilon juga lebih rendah dari jenis yang lain. Dengan kelebihannya ini, senar satu ini sangat cocok digunakan untuk pemancing pemula.

Akan tetapi, senar nilon cenderung berdiameter lebih besar dibandingkan senar PE dengan kekuatan yang sama. Oleh karena itu, senar nilon yang masuk spool lebih sedikit.

Senar fluorocarbon, pas untuk Anda yang sering memancing

Senar fluorocarbon, pas untuk Anda yang sering memancing

Senar pancing jenis fluorocarbon adalah senar yang terbuat dari senyawa fluororesin. Senyawa tersebut mampu mengurangi pemanjangan senar. Senar ini juga memiliki kelebihan, yaitu bersifat invisible dan lebih cepat tenggelam di dalam air. Karena kelebihannya tersebut, senar ini cocok digunakan untuk memancing di berbagai tempat. 


Biasanya, senar fluorocarbon sering digunakan untuk leader pada tali PE dan nilon. Hal ini disebabkan oleh sifatnya yang invisible di dalam air dan lebih tahan gesekan. Tali fluorocarbon biasanya tidak digunakan sebagai tali utama. Tali fluorocarbon hanya digunakan sebagai leader atau shock leader karena harganya cukup mahal.


Kelemahan senar ini, yaitu lebih kaku dan keras daripada nilon. Karakter tersebut membuat senar sulit dijadikan leader saat digunakan memancing dengan top water. Masalah ini sulit ditangani kecuali jika Anda sudah cukup ahli dalam memancing. 

Senar PE, ideal untuk Anda yang sudah mahir

Senar PE, ideal untuk Anda yang sudah mahir

Senar pancing PE terbuat dari proses braid (kepang) serat polietilena yang sangat halus. Senar ini hampir berbentuk seperti pipa kecil sehingga risiko peregangannya lebih kecil. Senar PE cenderung lebih cocok digunakan untuk teknik sport fishing, seperti jigging, popping, dan casting. Senar PE didesain untuk sport fishing karena tidak mudah meregang


Walaupun lebih elastis dan halus dibandingkan senar pancing nilon, senar ini masih memiliki beberapa kelemahan. Karena cukup ringan, senar PE mudah hanyut karena angin dan ombak. Senar ini juga mudah terputus apabila bergesekan dengan benda yang kasar. Tidak heran, senar PE lebih dikenal sebagai senar pancing untuk pengguna yang sudah mahir.

② Sesuaikan dengan teknik memancing Anda

Sesuaikan dengan teknik memancing Anda

Setiap teknik memancing memiliki jenis senar pancing yang paling sesuai untuk digunakan. Sebagai contoh, pilih senar PE untuk teknik surf casting. Saat Anda entak, umpan langsung bergerak tanpa ada jeda karena sifat tali PE tidak elastis. Sementara itu, akan ada peregangan jika menggunakan senar nilon. Peregangan itu berdampak pada keberhasilan Anda pada saat strike.


Selain itu, Anda bisa menggunakan senar khusus untuk teknik fly fishing. Sifat senar fly fishing lebih berat. Diameter bagian depannya lebih kecil dibandingkan dengan bagian belakang sehingga mudah untuk dilontarkan.


Senar pancing PE tidak direkomendasikan untuk teknik fly fishing. Alasannya, tali PE yang berdiameter kecil sangat berbahaya ketika strike ikan besar. Tangan Anda dapat terluka oleh goresan tali PE yang tajam. Teknik fly fishing menggunakan tangan untuk menarik senarnya ketika strike. Oleh karena itu, gunakan senar khusus jika Anda akan menggunakannya untuk fly fishing.

③ Pertimbangkan berat dan ukuran ikan sasaran

Pertimbangkan berat dan ukuran ikan sasaran

Senar jenis nilon dan PE biasanya menggunakan satuan nomor sebagai satuan ketebalanMakin besar angkanya, makin tebal dan kuat senar tersebut. Namun, jika Anda bingung, Anda dapat menanyakan seberapa kuat senar kepada penjualnya. 


Sementara itu, senar fluorocarbon menggunakan satuan kg atau lb untuk menunjukkan kekuatan senar. Makin besar kekuatan senar fluorocarbon, maka makin tebal juga ukuran senar. 


Karena itu, pastikan Anda memilih senar yang sesuai dengan jenis ikan tangkapan Anda. Jika target Anda adalah ikan yang besar, pilih senar yang tebal dan kuat agar senar tidak terputus tiba-tiba. Jika target ikan Anda kecil, pilih senar pancing yang tipis. Dengan begitu, kegiatan memancing Anda akan lebih nyaman.

④ Tentukan dari tempat memancing Anda

Tentukan dari tempat memancing Anda

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih senar pancing adalah tempat Anda memancing. Hal ini karena Anda membutuhkan jenis senar pancing yang berbeda untuk lokasi yang berbeda.


Misalnya, jika Anda memancing di kolam pancing harian, pakailah senar pancing nilon. Sementara itu, jika Anda memancing di laut atau untuk ajang perlombaan, pakailah senar fluorocarbon atau senar jenis PE. Jika Anda memancing di tempat yang banyak bebatuannya, hindari senar jenis PE yang rentan terhadap gesekan. Namun, Anda bisa menggunakan senar fluorocarbon sebagai leader di senar PE Anda.

⑤ Pilih sesuai dengan kantong dan kebutuhan Anda

Pilih sesuai dengan kantong dan kebutuhan Anda

Menyesuaikan harga produk dengan kantong dan kebutuhan Anda merupakan faktor yang perlu diperhatikan. Senar pancing nilon merupakan senar yang paling terjangkau dan paling umum digunakan. Sementara itu, senar fluorocarbon dan PE lebih premium daripada senar nilon.


Jika Anda cukup sabar, senar nilon cocok digunakan untuk semua jenis teknik memancing. Bagi Anda yang baru mulai memancing, senar nilon ini merupakan pilihan yang tepat. Namun, jika ingin mencoba sport fishing (casting, jigging, dan popping), sebaiknya Anda menggunakan senar PE. 

10 Rekomendasi senar pancing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk senar pancing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dudit Widodo.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sougayilang

Fishing Line PE Senar Pancing

Sougayilang Fishing Line PE Senar Pancing 1枚目

Fleksibel, tersedia dalam berbagai tingkat kekuatan

2

Bingolife

Germany Fishing Line 200M Nilon Senar

Bingolife  Germany Fishing Line 200M Nilon Senar  1枚目

Bahan kualitas impor dengan kepadatan yang tinggi

3

KENZI

Shock Leader Fluorocarbon

KENZI Shock Leader Fluorocarbon 1枚目

Tahan guncangan, tetap stabil saat di dalam air

4

Gamaru

PE Speed Braid

Gamaru PE Speed Braid 1枚目

Ingin coba senar PE? Produk ini terjangkau, deh!

5

Super Tiagra

Senar Flurocarbon

Super Tiagra  Senar Flurocarbon  1枚目

Meski terjangkau, senar ini kuat dan mudah tenggelam

6

Daiwa

Justron DPLS Nylon fishing line

 Daiwa Justron DPLS Nylon fishing line 1枚目

Makin kuat dengan motif anyaman

7

Mavllos

Killers Braided Line

Mavllos  Killers Braided Line 1枚目

Tahan gesekan, senar PE ini bagus untuk jigging

8

Optima

HI Class

Optima HI Class 1枚目

Meski tipis, kekuatannya cukup andal untuk senar leader

9

Spectra

Extreme Braid

Spectra Extreme Braid 1枚目

Kuat dan fleksibel, senar pancing PE yang bagus untuk casting

10

KastKing

SuperPower Braided Fishing Line

KastKing  SuperPower Braided Fishing Line 1枚目

Butuh senar pancing dengan kekuatan 50 kg? Produk ini terbaik!

Perincian produk
Close
No.1

SougayilangFishing Line PE Senar Pancing

Mulai dari Rp49.999,00

Fleksibel, tersedia dalam berbagai tingkat kekuatan

Kelebihan:

  • Punya 9 pilihan diameter
  • Tingkat kekuatannya beragam

Kekurangan:

  • Panjang maksimal hanya 100 meter

Produk ini memiliki karakteristik floating line dan dapat digunakan untuk memancing di berbagai jenis tempat. Bahkan, Anda bisa menggunakannya di danau, sungai, laut, atau kolam pemancingan. 


Tidak hanya itu, produk ini juga menyediakan berbagai macam senar dengan berbagai tingkat kekuatan. Dengan begitu, Anda yang tidak ingin repot pun menjadi tidak perlu mencari produk lain dan cukup menggunakannya saja.

No.2

Bingolife Germany Fishing Line 200M Nilon Senar

Mulai dari Rp59.998,00

Bahan kualitas impor dengan kepadatan yang tinggi

Kelebihan:

  • Bahan impor dengan kualitas sangat baik
  • Dilapisi lilitan karet sehingga tahan korosi
  • Tekstur lebih padat dan warna lebih indah

Kekurangan:

  • Kekuatan maksimal tidak terlalu tinggi

Anda pasti tidak menginginkan senar pancing yang rapuh dan mudah putus. Oleh karena itu, pastikan bahan yang digunakan cukup baik. Produk ini menggunakan bahan impor dari Jerman yang berkualitas. Selain warnanya indah, kepadatannya pun jauh lebih tinggi dari senar pancing biasa. Ditambah lagi, senar ini dilapisi lilitan karet yang membuatnya mampu menahan penyerapan air dan korosi.

No.3

KENZIShock Leader Fluorocarbon

Mulai dari Rp20.000,00

Tahan guncangan, tetap stabil saat di dalam air

Kelebihan:

  • Tahan guncangan
  • Harga ekonomis

Kekurangan:

  • Panjang maksimal hanya 50 meter

Produk ini hadir dengan senar jenis fluorocarbon yang terbilang cukup kuat untuk menahan guncangan. Berbeda dengan produk lainnya, produk ini juga memiliki kemampuan untuk tetap stabil ketika berada di dalam air. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang hendak memancing di laut dengan arus kuat dan ombak besar. 

No.4

Ingin coba senar PE? Produk ini terjangkau, deh!

Kelebihan: 

  • Harga terjangkau
  • Kualitas tepercaya dari Jepang

Kekurangan:

  • Panjang maksimal hanya 50 meter

Dengan harga yang ramah di kantong, produk satu ini cocok untuk Anda yang ingin mencoba menggunakan senar PE. Ditambah lagi, panjang senar PE ini juga terbilang cukup untuk menghindari penggunaan yang mubazir. Meskipun harganya terjangkau, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitasnya karena produk ini hadir dengan kualitas Jepang yang terjamin.

No.5

Super Tiagra Senar Flurocarbon

Mulai dari Rp15.500,00

Meski terjangkau, senar ini kuat dan mudah tenggelam

Kelebihan:

  • Harga terjangkau
  • Kuat
  • Mudah tenggelam

Kekurangan:

  • Tidak terlalu panjang (hanya 100 meter)

Bila Anda seorang pemula dan hanya menggunakan pancing di sungai dangkal atau pemancingan, produk ini bisa diandalkan. Selain harganya terjangkau, produk ini cukup kuat dan mudah tenggelam. Dengan begitu, umpan yang Anda lempar bisa menjangkau ikan yang berada di dasar sungai atau kolam. Hasil pancingan Anda jadi lebih melimpah, deh!

No.6

DaiwaJustron DPLS Nylon fishing line

Mulai dari Rp19.776,00

Makin kuat dengan motif anyaman

Kelebihan:

  • Memiliki motif anyaman yang membuatnya makin kuat
  • Harga terjangkau

Kekurangan:

  • Beban maksimal relatif kecil

Produk ini merupakan jenis senar nilon yang memiliki tingkat kekuatan, kehalusan, dan daya selam yang bagus. Senar ini dapat digunakan untuk memancing di air tawar atau air laut. Selain itu, produk ini memiliki motif anyaman sehingga membuatnya makin kuat. Jika Anda ingin menggunakan senar pancing nilon untuk memancing di laut, pilih produk ini saja!

No.7

Mavllos Killers Braided Line

Mulai dari Rp40.276,00

Tahan gesekan, senar PE ini bagus untuk jigging

Kelebihan:

  • Punya 15 pilihan diameter
  • Multifilamen (terdiri dari empat lebar benang yang disatukan)
  • Tahan gesekan

Kekurangan:

  • Hanya memiliki satu pilihan panjang senar

Produk senar pancing ini merupakan senar PE yang empat kali lebih kuat daripada senar biasa. Hal ini membuatnya lebih kuat terhadap guncangan dan arus ombak yang kuat. Tidak ketinggalan, Anda yang sering memancing di laut juga akan menyukainya karena senar ini tahan dengan gesekan. Anda yang gemar memancing dengan teknik jigging, patut mencobanya!

No.8

Meski tipis, kekuatannya cukup andal untuk senar leader

Kelebihan:

  • Tersedia dalam 11 pilihan diameter
  • Tidak mudah keriting

Kekurangan:

  • Harga agak pricey

Senar pancing ini memiliki kekuatan yang bagus dan sensitivitas yang tinggi. Produk ini juga terbuat dari 40% serat fluorocarbon sehingga cukup untuk menahan gesekan. Senar ini lebih tipis, tetapi memiliki daya elongasi yang cukup rendah daripada produk-produk sejenisnya. 


Dengan daya simpul yang kuat, Anda yang ingin memancing ikan besar dengan guncangan tinggi pun bisa memilihnya. Dijadikan senar leader pun, produk ini cukup andal.

No.9

Kuat dan fleksibel, senar pancing PE yang bagus untuk casting

Kelebihan:

  • Kuat dan fleksibel

Kekurangan:

  • Pilihan diameter senar tidak terlalu banyak

Produk senar pancing ini memiliki serat braided yang sangat kuat. Kekuatan dari senar ini dapat melebihi kekuatan baja dengan fleksibilitas yang lebih baik. Dengan senar ini, Anda dapat menangkap ikan berukuran sedang hingga besar, tanpa perlu khawatir senar akan putus. 


Anda bisa menggunakan senar ini untuk memancing dengan teknik casting. Selain itu, berkat kekuatannya, senar ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan profesional seperti turnamen.

No.10

KastKing SuperPower Braided Fishing Line

Mulai dari Rp202.536,00

Butuh senar pancing dengan kekuatan 50 kg? Produk ini terbaik!

Kelebihan:

  • Tekstur lebih lentur dan mudah mengikat
  • Tahan abrasi
  • Sangat kuat

Kekurangan:

  • Harga sangat pricey, apalagi untuk para pemula

Anda mungkin pernah mengikat senar dengan simpul yang renggang. Boleh jadi hal itu dikarenakan senar yang terlalu tebal dan kaku. Untuk menghindarinya, Anda bisa pilih senar yang lentur dan tipis seperti produk ini. 


Dengan begitu, simpul senar yang Anda buat lebih rapat dan kencang. Hal itu juga memungkinkan Anda menggulung senar lebih banyak dan panjang di reel pancing. Istimewanya lagi, meskipun tipis, senar ini memiliki kekuatan di atas 50 kg, lho!

Tips untuk pemula dari pemancing profesional kami, Dudit Widodo

Tips untuk pemula dari pemancing profesional kami, Dudit Widodo

Pemancing pemula sebaiknya bergabung dengan komunitas pancing atau orang yang sudah berpengalaman. Anda juga bisa menonton video-video yang bertemakan memancing. Dengan demikian, Anda tidak salah memilih berbagai peranti pancing dan umpan yang akan digunakan.


Pilihlah senar PE yang memiliki pintalan atau braid yang banyak. Setidaknya pilih senar PE yang lebih dari tiga pintalan (X3) seperti delapan pintalan (X8).

Baca juga rekomendasi peralatan memancing lainnya di sini

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan senar pancing yang Anda butuhkan? Saat memancing, orang biasanya hanya fokus pada alat memancing dan umpan pancing saja. Padahal, sebenarnya senar pancing juga sama pentingnya.


Karena itu, pastikan Anda memilih senar pancing yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memilih senar pancing yang tepat, kegiatan memancing tentu akan jauh lebih menyenangkan. Selamat memancing!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer