• 10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Helm wajib dikenakan setiap pengguna sepeda motor. Kini, helm bukan hanya untuk melindungi kepala saja, melainkan juga untuk menunjang penampilan saat berkendara. Salah satu jenis helm yang paling diminati adalah helm half face karena ringan dan keren. Ada banyak merek helm half face yang bagus dan menawarkan kualitas terbaik. 


Harga helm half face pun bervariasi tergantung merek dan jenis materialnya. Kami akan menjelaskan tips memilih helm half face terbaik untuk Anda. Temukanlah rekomendasi helm half face terbaru dan terbaik merek NHK, INK, Zeus, Nolan, KYT, dan lainnya dalam artikel ini. 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 08 Agustus 2022
Daftar isi

Keunggulan helm half face

Keunggulan helm half face

Jenis helm ini memberikan perlindungan di bagian kepala dengan tetap memperlihatkan wajah Anda. Helm half face lebih praktis digunakan untuk kebutuhan berkendara harian. Selain lebih ringan, helm half face memungkinkan Anda untuk bernapas lebih leluasa. 


Saat Anda mengenakan helm half face, Anda akan mendapatkan visibilitas yang lebih luas. Berbeda saat Anda mengenakan helm full face yang memiliki ruang pandang terbatas karena memiliki blind spot yang besar. Sayangnya, saat terjadi kecelakaan, helm half face tidak dapat memberikan perlindungan sempurna pada bagian dagu Anda

Cara memilih helm half face

Di pasaran sendiri, Anda akan menjumpai banyak sekali model helm half face. Untuk itu, ada baiknya Anda membaca tips memilih helm half face terbaik berikut ini. 

Perhatikan jenis material pada cangkang helm

Cangkang helm atau sering disebut shell menjadi bagian penting yang harus Anda perhatikan saat ingin membeli helm half face. Umumnya, terdapat tiga jenis material yang digunakan dalam pembuatan helm motor, yaitu termoplastik, tri-fiber composite, dan karbon. 

Termoplastik, harganya lebih ekonomis

Hampir sebagian besar helm half face yang dijual di pasaran menggunakan cangkang yang terbuat dari termoplastik. Material ini merupakan jenis plastik yang mudah berubah bentuk. Salah satu jenis termoplastik yang sering digunakan adalah acrylonitrile butadiene styrene (ABS). 


Adapun sifat dari material termoplastik jenis ABS adalah tidak mudah patah. Selain itu, material ini memiliki sifat yang mudah dibentuk. Tak heran banyak helm half face yang desainnya makin kekinian. Dibanding dengan material lainnya, helm berbahan termoplastik ABS juga memiliki harga yang jauh lebih murah. 

Tri-fiber composite, tahan terhadap benturan

Tri-fiber composite, tahan terhadap benturan

Ketika bahan karbon, fiber, dan kevlar digabungkan, muncullah material yang disebut tri-fiber composite. Selain lebih tahan terhadap hantaman, material ini juga memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan termoplastik ABS


Perbedaan bobot antara tri-fiber composite dengan termoplastik sendiri bisa mencapai 150 gram. Mengingat kualitasnya yang lebih baik dibanding termoplastik ABS, jangan heran bila helm dengan bahan ini memiliki harga cukup mahal. Hal tersebut membuat helm dengan material ini langka ditemukan di Indonesia.

Karbon, paling kuat dan ringan

Karbon merupakan jenis material yang paling kuat dibandingkan bahan lainnya. Selain itu, bahan karbon juga lebih ringan daripada tri-fiber composite.


Dalam proses produksinya, bahan karbon diolah melalui sistem blow molding yang tidak mudah. Tak heran, hanya produsen terkenal saja yang memproduksi helm berbahan karbon. Segala keunggulan tersebut membuat Anda harus menyiapkan budget yang cukup tinggi untuk membeli helm berbahan karbon.

Cek keunggulan tambahan yang ditawarkan

Setelah Anda mengetahui jenis material pada helm half face, kini saatnya Anda mengecek keunggulan tambahan yang ditawarkan. 

Air vent, sirkulasi udara makin lancar

Air vent, sirkulasi udara makin lancar

Meskipun helm half face tidak menutupi seluruh kepala Anda, menggunakan helm terlalu lama bisa saja membuat Anda merasa gerah. Untuk itu, pastikan helm half face yang Anda pilih memiliki ventilasi udara (air vent) memadai. Dengan begitu, kepala makin adem dan tidak mudah berkeringat. Biasanya, ventilasi udara terdapat pada bagian atas dan belakang helm.

Removable comfort liner, memudahkan Anda membersihkan helm

Removable comfort liner, memudahkan Anda membersihkan helm

Saat Anda menggunakan helm dalam kondisi kepala berkeringat, bau tak sedap bisa muncul. Belum lagi jika helm kebasahan, helm Anda bisa terlalu lembap dan bahkan berjamur. Supaya kulit kepala Anda tetap sehat, menjaga bagian busa helm agar tidak lembap adalah keharusan. Selain dengan menjemurnya di bawah panas matahari, cobalah membersihkannya secara rutin. 


Untuk memudahkan Anda membersihkan helm half face, pilihlah produk yang dilengkapi removable comfort liner. Dengan begitu, Anda dapat melepas dan mencuci busa helm secara terpisah, khususnya pada bagian pipi dan leher. Hasilnya, kulit kepala lebih bersih dan bebas bau tak sedap. 

Double visor, membuat pandangan tetap nyaman di segala kondisi

Double visor, membuat pandangan tetap nyaman di segala kondisi

Jenis visor atau kaca yang menempel pada helm half face akan memengaruhi visibilitas Anda saat berkendara. Saat ini, sudah banyak produsen helm motor yang menawarkan helm half face double visor atau kaca ganda. Selain terlihat lebih keren, double visor sebenarnya didesain untuk Anda yang memiliki mobilitas padat. 


  • Visor pertama yang berupa kaca bening, membuat penglihatan di tempat gelap tetap jelas.

  • Visor kedua yang berupa kacamata hitam akan menguntungkan Anda saat berkendara di siang hari. Pandangan Anda akan lebih terlindungi dari cahaya matahari yang menyilaukan.

Anti-theft system, memberikan tingkat keamanan yang lebih baik

Anti-theft system, memberikan tingkat keamanan yang lebih baik

Bagi Anda yang menggunakan motor dengan bagasi luas, menyimpan helm di dalam bagasi tentu lebih aman. Namun, jika motor Anda tidak memiliki bagasi besar, meninggalkan helm di motor tentu menjadi kekhawatiran. 


Untuk mengamankan helm dari pencuri, pilihlah helm half face yang dilengkapi anti-theft system. Helm dengan sistem pengaman ini dilengkapi lubang berpenutup plastik yang diletakkan pada sisi bawah helm sebelah kiri atau kanan


Ketika penutupnya dibuka, Anda bisa memasukkan gembok kabel atau kawat. Setelah itu, Anda pun dapat mengikat helm pada behel motor menggunakan gembok tersebut.

Pilih helm sesuai lingkar kepala Anda

Pilih helm sesuai lingkar kepala Anda

Pastikan Anda memilih helm half face yang ukurannya pas di kepala. Jika Anda mendatangi toko helm, tentu akan lebih mudah karena Anda dapat mencobanya secara langsung. Namun, bagaimana jika Anda ingin membeli helm half face secara online


Umumnya, ukuran helm motor dihitung berdasarkan lingkar kepala penggunanya. Untuk mendapatkan ukuran lingkar kepala yang pas, gunakanlah meteran tali. Mulailah dengan mengukur area dahi, atas telinga, dan belakang kepala Anda. Setelah itu, pilihlah ukuran helm dengan mengikuti rincian berikut ini: 


  • XS: lingkar kepala 53 cm–54 cm
  • S: lingkar kepala 55 cm–56 cm
  • M: lingkar kepala 57 cm–58 cm
  • L: lingkar kepala 59 cm–60 cm
  • XL: lingkar kepala 61 cm–62 cm
  • XXL: lingkar kepala 63 cm–64 cm

Kenali jenis buckle yang digunakan

Kenali jenis buckle yang digunakan

Secara umum, ada dua jenis buckle yang lazim digunakan untuk mengencangkan helm half face. Masing-masing tipe buckle memiliki karakteristik tersendiri.


  • Quick release buckle, sangat mudah dilepas pasang. Buckle jenis ini paling banyak ditemukan pada helm yang beredar di indonesia. Hal yang wajar mengingat buckle ini sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu memasukkan pin ke pengunci hingga berbunyi klik saat hendak mengunci helm. Ketika Anda selesai memakai helm, cukup tekan tombol di pengunci dan buckle pun terlepas. Praktis!

  • Microlock buckle, mirip dengan sistem pengunci pada kursi penumpang pesawat. Untuk memastikan helm terkunci dengan benar, Anda wajib memasukkan strap ke pengunci. Saat helm hendak dilepas, Anda perlu menarik tuas pengunci sembari mengeluarkan strap.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

BayklasikHelm Bogo Cream Kulit Cokelat Tua

Mulai dari Rp 185.000,00

10 Rekomendasi helm half face terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk helm half face terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Material Karbon
Jenis visorTidak tersedia
Removable comfort liner
Air ventTidak disebutkan
Anti-theft systemTidak disebutkan
UkuranM–XL
WarnaHitam
Tipe buckleMicrolock
9

NolanN21 Visor Joie De Vivre Helmet

Mulai dari Rp 3.170.000,00

Material LEXAN® policarbonate
Jenis visorDouble visor
Removable comfort liner
Air ventTidak disebutkan
Anti-theft system✓ (helmet lock ring)
UkuranS, M, L, XL, XXL
WarnaSpark Yellow, Metal White, Corsa Red, Flat Black, dan sebagainya
Tipe buckleMicrolock
8
Material Plastic ABS High Impact
Jenis visorDouble visor
Removable comfort liner
Air vent
Anti-theft system
UkuranM, L, XL
WarnaSilver, Red, White, Black
Tipe buckleQuick release
7
Material ABS
Jenis visorDouble visor
Removable comfort liner
Air vent
Anti-theft system
UkuranM–XL
WarnaWhite, Matte Black, Blue, Matte Navy Blue, dan sebagainya
Tipe buckleTidak disebutkan
6
Material Tidak disebutkan
Jenis visorSingle visor
Removable comfort liner
Air vent
Anti-theft systemx
UkuranM, L, XL, XXL
WarnaSilver Doff, Yellow, Orange
Tipe buckleMicrolock
5

KYTHalf Face Helmet Galaxy Slide Flat R

Mulai dari Rp 400.000,00

Material ABS
Jenis visorDouble visor
Removable comfort liner
Air ventx
Anti-theft systemx
UkuranM, L, XL
WarnaBlack Doff, Black Metallic, Fire Red, Gun Metal, dan sebagainya
Tipe buckleQuick release
4
Material Tidak disebutkan
Jenis visorSingle visor
Removable comfort liner
Air vent
Anti-theft systemx
UkuranM, L, XL
WarnaApple Green, Light Yellow, Ice Blue, Crystal Blue, dan sebagainya
Tipe buckleMicrolock
3

GMTHelm Half Face Double Visor

Mulai dari Rp 195.000,00

Material ABS
Jenis visorDouble visor
Removable comfort liner
Air ventx
Anti-theft systemx
UkuranM, L, XL
WarnaMerah, kuning, grey, tosca, dan sebagainya
Tipe buckleTidak disebutkan
2

CarglossHelm Half Face Hijab YRH

Mulai dari Rp 370.000,00

Material ABS termoplastik
Jenis visorSingle visor
Removable comfort liner
Air ventTidak disebutkan
Anti-theft systemTidak disebutkan
UkuranAll size
WarnaEspresso Brown, Milk Shake Pink, Light Blue, Avorio Naide, dan sebagainya
Tipe buckleMicrolock
1

CarglossHelm CFM Retro Army Half Face - Black Doff

Mulai dari Rp 325.000,00

Material ABS
Jenis visorTidak tersedia
Removable comfort liner
Air ventx
Anti-theft systemx
UkuranM, L, XL
WarnaBlack Doff
Tipe buckleQuick release

Tabel perbandingan produk helm half face terbaik

Gambar produk
1
Cargloss Helm CFM Retro Army Half Face - Black Doff 1

Cargloss

2
Cargloss Helm Half Face Hijab YRH 1

Cargloss

3
GMT Helm Half Face Double Visor 1

GMT

4
INK Half Face Helmet Centro 1

INK

5
KYT Half Face Helmet Galaxy Slide Flat R 1

KYT

6
NHK Pigment Blue Flo 1

NHK

7
Zeus ZS-610 1

Zeus

8
Honda Helm Luxury 5

Honda

9
Nolan N21 Visor Joie De Vivre Helmet 1

Nolan

10
Zeus Helmets ZS-386 1

Zeus Helmets

Nama produk

Helm CFM Retro Army Half Face - Black Doff

Helm Half Face Hijab YRH

Helm Half Face Double Visor

Half Face Helmet Centro

Half Face Helmet Galaxy Slide Flat R

Pigment Blue Flo

ZS-610

Helm Luxury

N21 Visor Joie De Vivre Helmet

ZS-386

Keunggulan

Helm half face yang garang dan gaya retronya sangat kuat

Desainnya minimalis, pilihan warnanya manis

Ekonomis dan sudah dilengkapi double visor

Varian warnanya sangat banyak, lho!

Visornya optical dan anti-UV, makin fungsional

Desain dan warnanya ala anak artsy

Sirkulasi udara optimal cegah Anda kegerahan

Pasangan ideal untuk pengguna motor matic Honda

Vintage dan visibilitasnya mumpuni

Helm half face retro paling ringan, serasa tidak pakai helm!

Harga mulai dariRp 325.000,00Rp 370.000,00Rp 195.000,00Rp 380.000,00Rp 400.000,00Rp 400.000,00Rp 560.000,00Rp 355.000,00Rp 3.170.000,00Rp 2.400.000,00
Material ABSABS termoplastikABSTidak disebutkanABSTidak disebutkanABSPlastic ABS High ImpactLEXAN® policarbonateKarbon
Jenis visorTidak tersediaSingle visorDouble visorSingle visor Double visorSingle visorDouble visorDouble visorDouble visorTidak tersedia
Removable comfort liner
Air ventxTidak disebutkanxxTidak disebutkanTidak disebutkan
Anti-theft systemxTidak disebutkanxxxx✓ (helmet lock ring)Tidak disebutkan
UkuranM, L, XLAll sizeM, L, XLM, L, XLM, L, XLM, L, XL, XXLM–XLM, L, XLS, M, L, XL, XXLM–XL
WarnaBlack DoffEspresso Brown, Milk Shake Pink, Light Blue, Avorio Naide, dan sebagainya Merah, kuning, grey, tosca, dan sebagainyaApple Green, Light Yellow, Ice Blue, Crystal Blue, dan sebagainyaBlack Doff, Black Metallic, Fire Red, Gun Metal, dan sebagainyaSilver Doff, Yellow, OrangeWhite, Matte Black, Blue, Matte Navy Blue, dan sebagainyaSilver, Red, White, BlackSpark Yellow, Metal White, Corsa Red, Flat Black, dan sebagainyaHitam
Tipe buckleQuick releaseMicrolockTidak disebutkanMicrolockQuick releaseMicrolockTidak disebutkanQuick releaseMicrolockMicrolock
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk helm motor lainnya di sini

Selain helm half face, mungkin Anda berminat untuk mengetahui produk helm motor lainnya. Di bawah ini, kami telah menyiapkan beberapa artikel helm motor lain yang dapat Anda jadikan referensi. 

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan helm half face yang pas di hati? Setiap produsen memiliki keunggulan dan desain yang berbeda-beda. Makin bagus kualitas material cangkangnya, makin mahal pula harganya. Untuk itu, pastikan budget Anda mencukupi, ya!


Saat mengendarai sepeda motor, fungsi helm sangatlah penting. Dengan menggunakan helm, Anda dapat melindungi kepala Anda dari benturan akibat kecelakaan. Jangan lupa juga untuk memilih helm yang pas di kepala, ya! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Helm Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Helm Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Saat memilih helm, sesuaikanlah modelnya dengan jenis motor yang Anda kendarai. Anda bisa memilih helm motor trail, sport, matic, bahkan motor klasik. Ada juga helm yang cocok untuk motor tertentu, seperti Ninja, Scoopy, KLX, hingga Beat.Kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih helm yang bagus. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek helm terbaik di Indonesia, seperti KYT, NHK, dan Cargloss. Artikel ini sudah ditinjau oleh travel blogger kami, Rijal Fahmi Mohamadi. Yuk, temukan rekomendasi helm motor terbaik yang ringan, nyaman, dan aman untuk Anda!
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat Anda bepergian menggunakan sepeda motor, helm menjadi perlengkapan wajib yang harus dikenakan. Selain dapat melindungi kepala dari benturan, helm juga berfungsi untuk melindungi mata dari debu dan kotoran. Untuk itu, helm yang sesuai dengan standar keselamatan haruslah dilengkapi dengan kaca atau visor.Salah satu jenis helm yang cukup digemari pengguna sepeda motor adalah jenis full face. KYT, INK, dan MDS adalah contoh merek yang bagus dan kerap menghadirkan helm terbaru yang ringan dipakai. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih helm full face terbaik. Simak sampai tuntas, ya!
    Aksesori motor
  • 10 Velg Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Velg Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi pencinta motor, Anda pasti paham kalau pemilihan velg tidak bisa sembarangan. Di samping untuk estetika, velg motor yang tepat mampu memberikan performa serta keamanan ekstra. Kebutuhan velg masing-masing motor, seperti motor matic, bebek, dan racing juga berbeda.Anda akan mendapati velg ring 14 dan 17 di artikel ini. Sebelumnya, kami akan berbagi tips memilih velg motor yang tepat untuk Anda berdasarkan jenis, ukuran, dan materialnya. Simak juga rekomendasi beragam merek velg motor yang bagus, misalnya TDR dan Equinox. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik Untuk Naik Motor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik Untuk Naik Motor (Terbaru Tahun 2022)
    Jas hujan adalah barang wajib bagi Anda yang mengendarai motor ataupun sering naik motor. Produk ini dijual dengan model, warna, dan bahan yang berbeda-beda. Anda bisa memilih jas hujan setelan ataupun jas hujan ponco yang lebar dengan warna-warna terang ataupun warna gelap.Kali ini kami akan berbagi tips memilih jas hujan yang aman dan sesuai untuk naik motor. Beberapa merek jas hujan yang bagus, seperti Axio, Tiger Head, Elmondo, Plevia, dan Respiro, ada dalam rekomendasi kami. Anda dapat memilih jas hujan untuk mengendarai motor sehari-hari sampai untuk touring. Selamat membaca!
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi Helm KYT Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Helm KYT Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Helm merupakan perlengkapan yang wajib digunakan oleh setiap pengguna sepeda motor. Fungsi utama penggunaan helm adalah untuk melindungi keselamatan pengendara bermotor. Berbagai merek helm pun dapat Anda temukan dengan mudah di pasaran, salah satunya adalah KYT. Melalui artikel ini, kami akan membahas cara memilih helm KYT yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan helm KYT terbaik, seperti helm KYT DJ Maru, TT Course, R-10, dan lainnya. Simak artikel ini sampai tuntas agar Anda dapat menentukan helm KYT yang pas untuk menemani perjalanan Anda.
    Aksesori motor
  • 10 Spion Jalu Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Spion Jalu Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, bar end mirror atau lebih dikenal dengan spion jalu banyak digemari oleh masyarakat. Selain bentuknya yang unik, spion ini juga membuat kendaraan Anda jadi lebih menarik perhatian. Beragamnya jenis spion jalu yang ada di pasaran bisa jadi membuat Anda bingung menentukan produk terbaik.Kami akan membagikan cara memilih sekaligus merekomendasikan produk spion jalu yang bagus. Berbagai merek spion jalu terbaik seperti Rizoma pun dapat Anda temukan. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Untuk Anda yang hobi memodifikasi motor, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Aksesori motor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori