• 9 Pelumas Rantai Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 9 Pelumas Rantai Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 9 Pelumas Rantai Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 9 Pelumas Rantai Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 9 Pelumas Rantai Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 5

9 Pelumas Rantai Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)

Apakah motor Anda mengalami tarikan yang berat, suara berisik ketika berjalan, dan rantainya cepat panas? Mungkin saja itu karena rantainya butuh pelumas. Ada banyak pilihan pelumas motor, sebut saja merek Carrera, Yamalube, dan AHM. Namun, manakah dari merek-merek tersebut yang bagus untuk motor Anda?


Kali ini kami akan membagikan tips memilih pelumas rantai motor terbaik berdasarkan jenis motor, ukuran, hingga cara pemakaiannya. Sembilan produk pelumas rantai untuk motor matic hingga motor sport akan kami ulas untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ardanto Sigit
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.
Ardanto Sigit
Guru Teknik Otomotif
Ardanto Sigit

Ardanto Sigit, S.Pd, Gr. adalah guru teknik otomotif yang memiliki sertifikasi guru profesional dan sertifikasi bidang kompetensi teknik otomotif. Fokusnya yaitu pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.


Ardanto menekuni bidang otomotif selama 10 tahun. Ia memiliki pengalaman bekerja di salah satu dealer Mitsubishi di Yogyakarta. Setelah itu, ia memutuskan untuk melanjutkan studi pada bidang Pendidikan Teknik Otomotif.

Pentingnya pelumas rantai motor

Pentingnya pelumas rantai motor

Rantai motor berperan untuk menghantarkan tenaga dari bagian crankshaft belakang hingga motor bisa berjalan. Agar saat pindah gigi berjalan lancar, rantai motor harus rutin diberi pelumas. Rantai yang kering dan kotor menyebabkan pergantian gigi terhambat. Selain itu, tarikan gas motor jadi kurang maksimal dan terkadang terdengar suara berisik yang mengganggu saat motor berjalan.


Ada baiknya Anda melumasi rantai motor dengan pelumas khusus setidaknya sebulan sekali atau ketika rantai motor kering. Pemakaian motor yang berlebihan atau cuaca panas bisa membuat rantai lebih cepat kering. Selanjutnya, bagaimana cara memilih pelumas rantai yang tepat untuk motor Anda? Berikut kami akan memerincinya untuk Anda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pelumas rantai motor

Kami akan menyajikan beberapa tips memilih pelumas rantai motor terbaik untuk Anda. Mari simak uraian selengkapnya dari kami di bawah ini!

Pastikan Anda memilih pelumas khusus rantai motor

Pastikan Anda memilih pelumas khusus rantai motor

Produk pelumas motor secara umum ada dua macam, yakni pelumas serbaguna atau penetrant dan pelumas khusus rantai motor. Berikut kami akan mengurai keduanya agar Anda tak salah pilih.


  • Pelumas khusus rantai motor

Untuk perawatan rutin, jelas pelumas khusus rantai motor lebih baik. Cairan khusus rantai motor tidak hanya melumasi, tetapi juga menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. Saat rantai motor bergerak, terjadi gesekan yang bisa menyebabkan rantai aus. Nah, pelumas khusus rantai motor dapat mencegah hal tersebut terjadi.


  • Penetrant

Pelumas serbaguna atau penetrant bukannya tidak bagus atau berbahaya. Penetrant bisa melunturkan debu, kotoran, serta karat, pada bagian lainnya dari motor, seperti gir. Kotoran tersebut dikhawatirkan akan menumpuk dan malah membuat gesekan berlebih pada rantai motor Anda. Jika memang kondisinya mendesak, barulah penetrant bisa menjadi solusi untuk rantai motor Anda.


Sebagai informasi, pemakaian penetrant dengan pelumas khusus rantai motor dapat dikolaborasikan. Pelumas khusus tidak bisa bekerja secara maksimal jika rantai motor Anda masih kotor. Jadi, dibutuhkan penetrant untuk membersihkan dan melunturkan semua kotoran rantai serta gir motor Anda lebih dahulu.


Setelah pengaplikasian penetrant untuk membersihkan kotoran pada rantai motor Anda, gunakan pelumas khusus. Penetrant lebih bersifat sebagai zat pembersih rantai dari karat dan debu yang menempel. Sementara itu, pelumas khusus lebih bersifat melumasi dan melindungi rantai motor dari kotoran.

Ketahui ukuran dan bentuk tabungnya

Ketahui ukuran dan bentuk tabungnya

Pasar pelumas rantai motor di Indonesia didominasi oleh produk berbentuk tabung spray. Pelumas rantai motor berbentuk tabung spray lebih mudah digunakan dan tidak membuat tangan kotor


Selain bentuk spray, ada juga model injeksi langsung. Produk yang cara pakainya diinjeksi ke rantai ini dinilai lebih bisa menjangkau bagian-bagian kecil pada rantai. Baik model spray maupun injeksi, keduanya sama-sama bagus. Pilihlah tipe produk yang menurut Anda paling mudah digunakan. 


Selain bentuk, ukuran produk perlu Anda perhatikan. Volume tabung pelumas rantai sangat bervariasi, mulai dari 30 ml hingga 500 ml. Pilihlah sesuai kebutuhan dan seberapa sering Anda melumasi rantai motor. Pertimbangkan juga kemudahan tabung tersebut untuk Anda genggam, ya.

Pilih yang sesuai dengan tipe motor Anda

Rantai motor berbeda-beda tergantung jenis motornya. Sebab itu, Anda membutuhkan produk pelumas rantai motor yang berbeda pula. Simak penjabarannya dari kami di bawah ini agar Anda mendapat produk yang sesuai kebutuhan.

Motor bebek: Gunakan rantai nomor di bawah 428 dan pelumas rantai biasa

Motor bebek: Gunakan rantai nomor di bawah 428 dan pelumas rantai biasa

Setiap rantai motor memiliki kode angka, misalnya 415, 420, 428, 428H dan 520. Angka-angka tersebut menunjukkan jarak antara selongsong rantai, jarak pelat dalam, dan sebagainya. Motor bebek biasanya menggunakan rantai bernomor 428 ke bawah. 


Selain nomor, jenis rantai dibedakan lagi berdasarkan cincinnya. Ada rantai yang tidak menggunakan cincin (non-ring) dan ada yang cincinnya berbentuk huruf O atau X. Berikut kami perinci jenis cincinnya untuk Anda.


  • Non-ring merupakan tipe rantai yang tidak dilengkapi cincin. Jenis rantai non-ring harganya lebih ekonomis, tetapi tidak terlalu awet. Untuk merawatnya, Anda harus sering-sering memberikan pelumas.
  • Seperti namanya, O-ring memiliki cincin berbentuk lingkaran. Fungsinya untuk menjaga antar lempengan rantai tetap basah oleh pelumas. Dengan begitu, rantai tidak cepat panas atau mudah putus. Rantai jenis ini memiliki tingkat keawetan sedang.
  • X-ring atau cincin berbentuk X memberikan perlindungan paling maksimal pada rantai sehingga lebih awet dibandingkan model lainnya. X-ring tidak cepat aus dan tidak bergesekan satu sama lain. Dari segi harga, tipe rantai ini paling mahal di antara yang lainnya.

Selanjutnya, pelumas jenis apa yang cocok untuk motor bebek? Sebenarnya, Anda bisa menggunakan semua jenis pelumas rantai biasa. Anda juga bisa menyesuaikannya berdasarkan merek motor, misalnya pelumas Yamalube untuk motor Yamaha. Frekuensi pemberian pelumas juga bisa Anda sesuaikan dengan jenis cincin rantainya.

Motor sport: Gunakan rantai nomor 428 ke atas dan pelumas rantai khusus

Motor sport: Gunakan rantai nomor 428 ke atas dan pelumas rantai khusus

Motor sport, seperti Scorpio, CBR150, Ninja 250, dan KLX, biasanya menggunakan rantai nomor 428 ke atas. Tenaga motor yang besar memang membuat motor bisa melaju lebih kencang. Namun, efek samping untuk rantainya juga lebih besar. Rantai motor sport juga lebih cepat kering, aus, dan kendur. 


Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan pelumas rantai khusus motor sport, salah satunya AHM Oil Chain Lube dari Honda. Produk untuk motor sport biasanya dilengkapi berbagai teknologi atau fitur khusus, misalnya chain protection, decrease noise, dan antidust. Dalam memilih rantai motor, intinya adalah disesuaikan dengan jenis motor, jenis rantai, dan bujet Anda. 

9 Rekomendasi pelumas rantai motor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan produk pelumas rantai motor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sembilan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

9
JenisInjeksi
Isi100 ml
Untuk motorBebek
8
JenisSemprot
Isi50 ml, 250 ml, 500 ml
Untuk motorBebek dan sport
7
JenisInjeksi
Isi150 ml
Untuk motorBebek
6
JenisSemprot
Isi70 ml
Untuk motorBebek
5
JenisSemprot
Isi110 ml
Untuk motorBebek
4
JenisSemprot
Isi70 ml
Untuk motorBebek dan sport
3
JenisSemprot
Isi82 ml & 150 ml
Untuk motorBebek
2
JenisSemprot
Isi110 ml
Untuk motorBebek
1
JenisSemprot
Isi170 ml, 300 ml
Untuk motorBebek

Tabel perbandingan produk pelumas rantai motor terbaik

Gambar produk
1
Megacools Chain Lube 1

Megacools

2
SC Johnson And Son KIT Motor Chain Lube 1

SC Johnson And Son

3
TOP 1 Synthetic Chain Lube 1

TOP 1

4
Honda AHM Chain Lube 1

Honda

5
Godrej Indonesia Carrera Motor Chain Lube 1

Godrej Indonesia

6
Yamaha Yamalube Chain Lube 1

Yamaha

7
Sinnob Chain Lubricant 1

Sinnob

8
Liqui Moly Motorbike Chain Lube White 1

Liqui Moly

9
Oxide Push Boundaries Chain Lube 1

Oxide Push Boundaries

Nama produk

Chain Lube

KIT Motor Chain Lube

Synthetic Chain Lube

AHM Chain Lube

Carrera Motor Chain Lube

Yamalube Chain Lube

Chain Lubricant

Motorbike Chain Lube White

Chain Lube

Keunggulan

Lebih lama melindungi rantai berkat lapisan dry film

Dilengkapi formula antikarat dan antifriksi

Dilengkapi teknologi nano dan tahan panas

Andalan untuk merawat motor sport Anda

Karat di rantai hilang, motor siap meluncur!

Desainnya pintar, bisa digunakan dalam posisi terbalik

Menjangkau celah terkecil rantai dengan tingkat kekentalan tinggi

Produk asli Jerman untuk rantai motor yang awet

Dibuat dengan teknologi MoS2 untuk pelekatan yang lebih baik

Harga mulai dariRp 63.000,00Rp 19.000,00Rp 19.200,00Rp 18.500,00Rp 15.000,00Rp 25.500,00Rp 25.000,00Rp 115.500,00Rp 70.000,00
JenisSemprotSemprotSemprotSemprotSemprotSemprotInjeksiSemprotInjeksi
Isi170 ml, 300 ml110 ml82 ml & 150 ml70 ml110 ml70 ml150 ml50 ml, 250 ml, 500 ml100 ml
Untuk motorBebekBebekBebekBebek dan sportBebekBebekBebekBebek dan sportBebek
Tautan produk

Baca aturan pemakaiannya sebelum membeli

Baca aturan pemakaiannya sebelum membeli

Setiap merek pelumas rantai motor tentunya memiliki cara pakai yang berbeda. Anda bisa melihatnya pada kemasan produk. Pilih yang menurut Anda caranya paling mudah dan tidak membuat tangan kotor. Sebelum melumasi rantai motor, sebaiknya Anda bersihkan dahulu dari kotoran menggunakan air biasa dan sikat kawat.


Untuk proses pelumasannya sendiri ada dua metode, disemprot dan injeksi. Metode semprot terkenal lebih praktis, tetapi kekurangannya adalah lebih boros karena banyak pelumas yang meluber ke mana-mana. Agar lebih optimal, semprotlah dari jarak yang cukup dekat dengan rantai motor, misalnya sekitar 23 cm.


Sementara itu, metode injeksi atau melumasi secara manual menggunakan kuas bisa lebih menghemat pelumas. Namun, sering kali tangan Anda jadi lebih kotor karenanya. Untuk frekuensi pelumasan rantai motor, baik jenis semprot maupun injeksi, sebaiknya dilakukan satu bulan sekali.


Rantai juga perlu dilumasi setelah sepeda motor Anda digunakan untuk menerjang hujan. Segera bersihkanlah rantai motor dengan air sabun, dikeringkan, dan dilumasi kembali. Selain itu, rantai motor yang kering butuh pelumasan. Ciri-cirinya adalah ketika roda belakang diputar dan terdengar suara gemertak cukup keras bersumber dari rantai. Hal ini merupakan tanda rantai motor Anda kering dan butuh segera dilumasi. 

Hindari penggunaan oli bekas mesin sebagai pelumas rantai

Hindari penggunaan oli bekas mesin sebagai pelumas rantai

Banyak orang menggunakan oli bekas mesin sebagai alternatif penetrant dan pelumas khusus. Harga yang murah menjadi alasannya. Namun, ternyata ada banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari oli bekas untuk rantai motor. Oli mesin bersifat panas sehingga mengakibatkan rantai lebih cepat memuai. Efek jangka panjangnya adalah rantai jadi lebih cepat memuai, memanjang, dan kendur.


Oli bekas justru akan mengotori rantai karena sifatnya yang lengket. Debu dan kotoran dari jalanan jadi lebih mudah menempel. Karena tidak sesuai fungsinya, oli bekas dikhawatirkan akan merusak beberapa bagian rantai, seperti cincinnya. Selain itu, oli bekas memiliki gram/serbuk besi yang bisa menyebabkan rantai makin cepat aus.


Beberapa bahan alami lainnya, seperti minyak goreng dan minyak sayur, juga dipercaya bisa menjadi pelumas rantai motor. Sebaiknya hal tersebut dihindari karena minyak goreng cenderung cepat kering sehingga tidak dapat melumasi rantai dengan optimal. Jika tidak ada pelumas khusus, lebih baik gunakanlah vet/vaselin/gemuk. Akan tetapi, intinya gunakanlah pelumas khusus agar performa motor Anda maksimal.

Baca juga rekomendasi produk perawatan motor lainnya di sini

Ada beberapa produk lagi yang bisa dijadikan referensi untuk merawat motor Anda. Kami juga telah mengulas produk oli shock depan, shampo motor, hingga oli motor. Klik tautan-tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya dari kami!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mendapatkan pelumas rantai motor terbaik di artikel ini? Merawat rantai motor menjadi hal penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di jalan, misalnya rantai yang putus. 


Rantai motor yang rutin diberikan pelumas juga membuat kenyamanan berkendara Anda meningkat. Suara berisik akibat rantai yang kotor atau kering tidak akan Anda dengar lagi. Semoga artikel kami ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan pelumas rantai motor terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Selain sebagai pelumas, oli berfungsi merawat dan menjaga mesin motor agar dapat bekerja secara maksimal. Supaya motor matic Anda memiliki usia yang awet, jangan sampai telat melakukan penggantian oli. Lantas, berapa bulan sekali Anda harus mengganti oli motor? Kami akan mengulas oli motor matic dengan tips memilihnya. Ada juga produk oli motor matic yang bagus dari berbagai merek, seperti Castrol, Enduro, dan Evalube. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Temukan oli motor matic murah untuk Honda Scoopy, Vario 150, Beat, motor Yamaha, dan sebagainya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Fungsi oli motor sangatlah penting. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi mengurangi gesekan, mendinginkan, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Masih banyak orang yang kebingungan dalam memilih oli untuk motornya. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang bagus dan baik. Selain itu, kami juga akan mengulas berbagai merek oli motor terbaik, seperti Yamalube, Shell, ataupun Enduro. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Perawatan kendaraan
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Merek pengharum mobil yang bagus, seperti Glade, Little Trees, dan Ambi Pur dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Tipenya pun beragam, ada tipe padat, cair, gel, gantung, dan tipe yang dipasang pada grille AC.Saking banyaknya tipe pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung dalam memilih yang paling cocok. Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pengharum mobil secara menyeluruh. Mulai dari cara memilih sampai produk rekomendasi, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membeli. Selamat membaca!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Para pengguna sepeda motor, tahukah bahwa oli shock depan harus diganti secara berkala? Idealnya, penggantian oli shock depan dilakukan ketika speedometer mencapai 15.000 km atau sekitar 1 tahun lebih pemakaian. Itu pun asumsi jika kendaraan digunakan dengan pemakaian normal.Apakah kendaraan Anda sudah waktunya ganti oli shock depan? Jika iya, Anda menemukan artikel yang tepat. Kami akan membahas cara memilih oli shock depan yang bagus, misalnya merek Yamalube, Top 1, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Rekomendasi Kanebo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kanebo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Produk yang paling dicari saat mencuci kendaraan adalah lap, salah satunya lap chamois. Lap chamois ini lebih dikenal dengan nama kanebo. Kanebo memiliki kemampuan menyerap air yang tinggi. Dengan begitu, Anda bisa mengeringkan motor atau mobil yang sudah dicuci dengan lebih efisien. Tak hanya kendaraan, kanebo juga bisa untuk mengelap perabotan atau furnitur rumah. Produk yang serbaguna, bukan?Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memilih kanebo beserta merekomendasikan merek kanebo yang bagus untuk Anda. Beberapa contohnya adalah AION, 3M, dan Kenmaster. Yuk, simak selengkapnya untuk mendapatkan kanebo terbaik!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Shampo Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Sampo mobil adalah produk yang esensial untuk menjaga mobil tetap bersih dan terawat. Berbagai jenis produk sudah dihasilkan oleh merek-merek ternama, seperti Meguiar's dan 3M. Ada produk yang mengandung wax untuk mencegah noda air menempel, ada juga yang memberikan kilau ekstra pada cat mobil Anda.Hal ini tentunya membuat konsumen bingung dalam memilih sampo mobil yang paling sesuai. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sampo mobil yang bagus. Kemudian, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana.
    Perawatan kendaraan
  • 10 Pembersih Kaca Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pembersih Kaca Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Kotoran yang menempel di kaca mobil terkadang sulit dihilangkan hanya dengan dicuci, contohnya jamur, debu, serta lapisan minyak. Untuk membersihkan jenis-jenis kotoran tersebut, gunakanlah pembersih kaca mobil. Terdapat beragam jenis pembersih untuk kaca mobil bagian dalam dan luar, baik dalam bentuk cairan maupun lembaran.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pembersih kaca mobil. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek yang bagus, seperti Kit, 3M, dan Waxco. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Yuk, temukan pembersih kaca mobil terbaik untuk Anda di artikel ini!
    Perawatan kendaraan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori