• 10 Rekomendasi Capo Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Capo Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Capo Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Capo Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Capo Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Capo Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Anda yang baru belajar gitar mungkin penasaran dengan benda semacam plastik atau aluminium yang dijepitkan di fretboard. Benda tersebut adalah capo gitar. Adanya capo bisa membuat permainan gitar Anda jadi lebih berwarna. Capo punya banyak variasi, mulai dari tipe pemasangannya hingga bahan pembuatnya. 


Pada artikel ini, kami akan mengulas lebih dalam tentang fungsi capo gitar. Tips memilih capo gitar yang baik hingga rekomendasi produk capo yang bagus juga turut kami ulas. Beberapa merek ternama, seperti D'Addario, G7th, dan Ibanez ada dalam rekomendasi kami, lho. Simak selengkapnya di artikel ini, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa fungsi dari capo gitar?

Apa fungsi dari capo gitar?

Capo berasal dari bahasa Italia yaitu capostato yang artinya kepala neck gitar. Dengan menyekat atau memajukan kepala neck gitar menggunakan capo, nada yang Anda mainkan menjadi lebih tinggi. Sebenarnya fungsi utamanya adalah membuat Anda bisa memainkan lagu dengan chord yang lebih familier untuk Anda. Jadi, Anda tidak perlu repot menggunakan chord-chord yang lebih susah.


Oleh karena itu, capo bisa sangat membantu para pemula yang sedang belajar gitar. Untuk gitaris yang lebih profesional, capo membuat musisi atau band bisa memainkan lagu dengan variasi nada yang lebih kaya. Misalnya, gitaris satu menggunakan gitar dengan nada standar, sedangkan gitaris kedua menggunakan capo. Meskipun chord yang dimainkan sama, suara yang dihasilkan lebih bervariasi.


Namun, penggunaan capo bisa berakibat senar jadi lebih kendur. Dikhawatirkan, saat capo dilepas, suara gitarnya menjadi fals. Selain itu, jika pemasangannya tidak pas atau tidak pelan-pelan, capo bisa menggores gitar Anda. Untuk meminimalkan hal-hal tersebut, kami akan membantu Anda memilih capo berdasarkan jenis gitar, bahan capo, serta teknik pemasangannya.

Cara memilih capo gitar

Berikut ini, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat Anda membeli capo gitar. Semoga bisa membantu Anda dalam memilih capo gitar, ya!

Sesuaikan dengan jenis gitar

Sesuaikan dengan jenis gitar

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah capo bisa digunakan untuk semua jenis gitar? Jawabannya adalah tidak semua capo bisa digunakan untuk semua jenis gitar. Perbedaan yang paling mendasar terletak di antara gitar klasik dengan gitar akustik. 


Gitar akustik memiliki ukuran fingerboard yang cenderung mengecil di bagian dekat neck. Hal ini tidak berbeda jauh dengan gitar elektrik. Gitar akustik juga bisa menggunakan senar nilon ataupun string. Biasanya, capo untuk gitar elektrik juga bisa digunakan untuk gitar listrik. 


Nah, permasalahannya terletak pada gitar klasik. Gitar klasik memiliki ukuran fingerboard yang sama lebarnya dari bagian bodi hingga neck. Hal ini berakibat tidak semua capo muat untuk gitar klasik. Jadi, saat membeli capo, pilihlah yang sesuai dengan jenis gitar Anda.

Jenis capo berdasarkan cara memasangnya

Ada beberapa jenis capo berdasarkan cara pemasangannya, misalnya roller, clamp, atau toggle. Pilihlah capo yang menurut Anda paling mudah dipasang. Hal ini bisa membuat Anda lebih nyaman saat bermain serta lebih aman untuk gitar Anda.

Clamp capo: Paling banyak digunakan oleh gitaris

Clamp capo: Paling banyak digunakan oleh gitaris

Capo tipe jepit (clamp) adalah versi yang paling banyak ditemui di pasaran sekaligus paling banyak digunakan. Harganya juga bervariasi, mulai dari yang murah hingga jutaan rupiah. Capo tipe clamp biasanya dilengkapi dengan per yang berfungsi memberikan gaya pegas saat capo ditekan. Keuntungan capo tipe jepit adalah bentuknya paling basic di antara capo lainnya sehingga Anda pasti bisa memasangnya. 


Namun, Anda harus melepas pasang capo setiap kali pindah fret. Fret adalah pembatas melintang yang ada di fingerboard gitar. Gunanya untuk membedakan antara chord satu dengan chord yang lainnya. Capo ini biasanya diletakkan di dekat fret. Jika Anda menekan capo clamp terlalu keras, dikhawatirkan bisa merusak senar atau fret-nya sehingga mengakibatkan suaranya fals.

Roller capo: Memindahkan capo antar fret jadi lebih mudah

Roller capo: Memindahkan capo antar fret jadi lebih mudah

Sesuai namanya, capo ini menggunakan roller berbahan karet di kedua sisinya. Keunggulannya adalah Anda jadi lebih mudah memindah-mindahkan capo antar fret gitar. Anda tidak perlu sering melepas pasang capo saat berpindah fret. Karena terbuat dari bahan karet, jenis capo ini cukup awet dan aman untuk gitar Anda.


Kekurangannya, Anda harus memastikan permukaan bodi gitar cukup licin agar roller capo bisa meluncur dengan baik. Tak jarang, Anda harus memberikan sedikit pelumas sebelum menggunakannya. Jika tidak berhati-hati, gitar Anda bisa lecet. Karet yang aus juga bisa menjadi kendala kelancaran capo dalam bergerak.

Squeeze capo: Desain minimalis, simpel, dan sangat mudah digunakan

Squeeze atau toggle capo adalah produk yang cara menggunakannya ditekan pakai tangan. Sebenarnya, tipe ini hampir mirip dengan clamp, tetapi produk ini tidak menggunakan sekrup atau per seperti tipe clamp. Kekuatannya murni dari tekanan tangan Anda sehingga lebih aman untuk gitar. Produk ini sangat simpel sehingga bisa diaplikasikan menggunakan satu tangan.


Kekurangannya, mungkin Anda butuh penyesuaian lebih di awal karena jika tekanan tangannya tidak seimbang, suara yang dihasilkan kurang bagus. Selain itu, beberapa brand menjual squeeze capo dengan harga yang lebih tinggi. Di antara clamp, roller, atau squeeze, yang mana pun sama bagusnya, selama Anda bisa menggunakannya dengan mudah.

Kenali bahan pembuat capo gitar

Kenali bahan pembuat capo gitar

Capo akan bersentuhan langsung dengan gitar Anda. Tentu Anda tidak ingin gitar Anda lecet akibat bahan capo yang kurang bagus. Oleh karena itu, penting untuk Anda memilih capo berdasarkan bahan pembuatnya. Beberapa bahan yang sering digunakan untuk membuat capo adalah plastik, aluminium alloy, silikon, dan stainless steel. Berikut ini perbedaannya.


  • Plastik ABS: ABS singkatan dari akrilonitril butadiena stirena yang merupakan salah satu jenis plastik. Karakteristiknya cukup kuat dan fleksibel. Capo berbahan ABS biasanya lebih murah dibandingkan bahan lainnya.
  • Aluminium alloy: Capo berbahan alloy memiliki karakteristik yang kuat, tetapi bobotnya ringan. Capo jenis ini cocok untuk segala jenis gitar, khususnya akustik dan klasik. 
  • Silikon: Silikon sering digunakan sebagai material bagian dalam yang bersentuhan langsung dengan gitar, baik bagian senar maupun bodi belakang gitar. Hal itu karena sifat silikon yang cukup lentur, tidak merusak gitar, dan memberikan grip yang kuat.
  • Stainlees steel: Bahan ini bisa dibilang mirip aluminium alloy, tetapi versi yang lebih kuat, kukuh, dan kaku. Bahan stainless steel juga lebih awet untuk jangka panjang. Biasanya capo berbahan stainless steel digunakan untuk gitar elektrik.

10 Rekomendasi capo gitar terbaik

Berikut ini adalah sepuluh produk capo gitar dari berbagai merek terbaik yang kami rangkum untuk Anda. Pilih sesuai jenis gitar dan karakteristik permainan Anda, ya!

10
Jenis gitarAkustik dan elektrik
BahanABS
Pilihan warnaHitam, perak, wood brown
Jenis capoClamp
9
Jenis gitarAkustik dan elektrik
BahanSeng dan silikon
Pilihan warnaKuningan, perak, tembaga
Jenis capoSekrup
8
Jenis gitarKlasik dan akustik
BahanStainless steel
Pilihan warnaHitam
Jenis capoClamp
7
Jenis gitarAkustik dan klasik
BahanZinc alloy, baja, dan silikon
Pilihan warnaHitam, perak, dark wood, emas, natural wood
Jenis capoSekrup
6
Jenis gitarAkustik dan elektrik
BahanAluminium alloy dan silikon
Pilihan warnaMotif kayu dan perak
Jenis capoClamp
5
Jenis gitarAkustik
BahanKaret
Pilihan warnaHitam
Jenis capoRoller
4
Jenis gitarAkustik dan elektrik
BahanAluminium
Pilihan warnaCoffee, emas, perak, perunggu, hitam
Jenis capoClamp (sekaligus tuner)
3

IbanezGuitar Capo for Steel and Nylon String Guitars

ICGC10

Mulai dari Rp 230.000,00

Jenis gitarAkustik, elektrik, dan klasik
BahanAluminium
Pilihan warnaHitam/perak
Jenis capoClamp
2
Jenis gitarAkustik dan elektrik
BahanAluminium
Pilihan warnaHitam
Jenis capoClamp
1
Jenis gitarKlasik, akustik dengan enam senar, elektrik, gitar nilon
BahanSilikon
Pilihan warnaHitam, emas, perak
Jenis capoSqueeze capo

Tabel perbandingan produk capo gitar terbaik

Gambar produk
1
G7th  Performance 2 1

G7th

2
D'Addario Artist DAGDAD Capo 1

D'Addario

3
Ibanez Guitar Capo for Steel and Nylon String Guitars 1

Ibanez

4
Meideal TCapo20 Deluxe Capo 1

Meideal

5
Mauley Rolling Glider Capo 1

Mauley

6
Aroma Capo Gitar 1

Aroma

7
Glow Capo Gitar 1

Glow

8
Musedo Guitar Capo 1

Musedo

9
Alice Capo Gitar  1

Alice

10
Joyo Capo Gitar 1

Joyo

Nama produk

Performance 2

Artist DAGDAD Capo

Guitar Capo for Steel and Nylon String Guitars

TCapo20 Deluxe Capo

Rolling Glider Capo

Capo Gitar

Capo Gitar

Guitar Capo

Capo Gitar

Capo Gitar

Keunggulan

Sangat mudah digunakan, bahkan dengan satu tangan

Desain ergonomis yang ringan dan mudah dipasang

Capo superringan untuk para rock star!

Dilengkapi tuner untuk menyetem gitar

Bahan karet tidak membuat neck gitar lecet!

Capo motif kayu yang membuatnya menyatu dengan gitar Anda

Bodi berbahan baja yang kukuh sekaligus ringan

Bodinya mulus dan awet, siap mengawal alunan musik klasik Anda!

Dikencangkan menggunakan sekrup, tuning senar tidak mudah rusak

Gitaran makin asyik tanpa harus keluar uang banyak

Harga mulai dariRp 669.999,00Rp 290.000,00Rp 230.000,00Rp 159.999,00Rp 249.999,00Rp 172.100,00Rp 155.000,00Rp 80.000,00Rp 63.999,00Rp 44.999,00
Jenis gitarKlasik, akustik dengan enam senar, elektrik, gitar nilonAkustik dan elektrikAkustik, elektrik, dan klasikAkustik dan elektrikAkustikAkustik dan elektrikAkustik dan klasikKlasik dan akustikAkustik dan elektrikAkustik dan elektrik
BahanSilikonAluminiumAluminiumAluminiumKaretAluminium alloy dan silikonZinc alloy, baja, dan silikonStainless steelSeng dan silikonABS
Pilihan warnaHitam, emas, perakHitamHitam/perakCoffee, emas, perak, perunggu, hitamHitamMotif kayu dan perakHitam, perak, dark wood, emas, natural woodHitamKuningan, perak, tembagaHitam, perak, wood brown
Jenis capoSqueeze capoClampClampClamp (sekaligus tuner)RollerClampSekrupClampSekrupClamp
Tautan produk

Baca juga rekomendasi gitar dan aksesori pelengkap lainnya di sini

Selain capo gitar, ada beberapa aksesori gitar lainnya yang bisa membuat permainan Anda lebih maksimal. Kami sudah pernah mengulas tentang amplifier, gitar bass, senar, dan lain-lain. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan produk-produk yang mungkin Anda butuhkan.

Kesimpulan

Capo gitar membuat Anda bisa bermain musik dengan nada yang lebih familier dengan suara sendiri atau vokalis grup Anda. Untuk latihan atau bernyanyi-nyanyi bersama teman, capo gitar yang harganya ekonomis dengan fitur terbatas rasanya sudah cukup. 


Namun, untuk capo gitar dengan performa maksimal, Anda dapat menengok produk dari merek ternama, seperti Ibanez, G7th, atau D'Addario. Apakah Anda sudah mendapatkan capo gitar terbaik? Selamat memilih capo gitar paling ideal untuk Anda!

Artikel terkait

  • 10 Piano Digital Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Piano Digital Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    Piano bisa dibilang merupakan salah satu alat musik yang cukup memakan ruang. Sebagai solusinya, kini tersedia piano digital dengan ukuran yang lebih compact serta memiliki fitur-fitur lebih banyak. Ada piano digital dari berbagai merek terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Sebelumnya membeli piano digital, simak dahulu tips dari kami untuk memilih piano digital yang bagus. Temukan juga piano digital dengan harga yang murah dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh music composer kami, Joshua Pandu. Jadikan artikel ini sebagai referensi Anda saat memilih!
    Musik
  • 10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Penting halnya untuk memiliki amplifier gitar jika Anda bercita-cita menjadi seorang musisi, terutama gitaris. Amplifier akan memperkuat sinyal sehingga hasil suara gitar jadi lebih baik dan lebih keras. Produknya dibutuhkan untuk memperkuat suara gitar akustik, gitar listrik, maupun gitar bass. Amplifier gitar mini untuk penggunaan di rumah juga sudah tersedia.Kali ini kami akan memberikan tips memilih amplifier gitar terbaik untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Yamaha, Marshall, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris kami, Adriano Pandapotan. Yuk, dimulai saja!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi pemain gitar, pick menjadi perlengkapan yang tidak boleh terlupakan. Berkat pick gitar, petikan senar terdengar lebih jernih dan jelas. Pick gitar bisa digunakan untuk memainkan beragam jenis gitar baik gitar listrik maupun gitar akustik. Anda pun harus menemukan pick gitar terbaik untuk Anda.Saat ini, ada beberapa merk yang membuat pick gitar, seperti Jim Dunlop, D’Addario, dan lainnya. Pick gitar ini tentu memiliki bentuk, ukuran, ketebalan, dan harga berbeda-beda. Jika hal ini membingungkan Anda, bacalah artikel ini dengan saksama. Dengan begitu, Anda dapat menemukan pick gitar yang bagus.
    Musik
  • 10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Stik drum akan memengaruhi kualitas bunyi dari sebuah drum. Tersedia berbagai variasi stik drum di pasaran, seperti yang diproduksi oleh D'Addario, Meinl, dan Zildjian. Selain itu, ada juga stik yang terbuat dari pohon hickory atau oak. Bila Anda baru belajar memainkan drum, Anda perlu mengetahui cara memilih stik drum dengan tepat.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih stik drum. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi stik drum terbaik yang bisa didapatkan secara online. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Recorder adalah jenis alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Instrumen musik ini sering disebut sebagai suling modern atau seruling recorder dan mulai diperkenalkan di tingkat sekolah dasar. Sebagai informasi, musisi ternama seperti Paul McCartney dan John Paul Jones, kerap menggunakan recorder dalam karya mereka.Apakah Anda juga tertarik memainkannya? Meski begitu, jangan terburu-buru membeli bila saat ini ada produk yang menarik minat Anda. Simak dulu cara memilih dan rekomendasi recorder yang bagus dari merek-merek terkenal seperti Yamaha dan Gunindo berikut ini. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2022)
    Pick gitar adalah sebuah benda kecil yang digunakan untuk memetik gitar. Ada berbagai jenis pick gitar yang dijual di pasaran dengan bermacam varian bahan dan tingkat ketebalan yang menghasilkan suara berbeda. Anda perlu memilih pick sesuai hasil suara yang Anda inginkan. Namun, pick seperti apa yang cocok untuk Anda, ya? Kali ini, kami akan memperkenalkan pick dengan desain unik dari berbagai merek, seperti D’Addario, Jim Dunlop, dan Pickboy. Kami pun akan menjelaskan cara memilih pick gitar terbaik untuk Anda. Selamat menemukan pick gitar dengan desain yang unik.
    Musik
  • 10 Stand Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Stand Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda memiliki gitar atau bass, stand gitar menjadi perlengkapan yang harus dimiliki. Stand gitar menjadi tempat untuk meletakkan gitar sehingga ruangan Anda terlihat lebih rapi. Stand gitar juga menjaga dan melindungi gitar saat tidak digunakan. Dengan demikian, gitar Anda pun menjadi lebih awet.Ada berbagai jenis stand gitar dengan harga bervariasi. Kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih stand gitar. Kami juga akan memberikan rekomendasi beberapa produk, seperti merek HERCULES, Aroma, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Pianika adalah jenis alat musik tiup yang biasanya digunakan oleh siswa TK hingga SMP. Sebagai alat musik yang mudah dimainkan, pianika merupakan pilihan tepat bagi Anda yang baru mulai belajar bermain alat musik. Kali ini, kami akan membahas cara memilih pianika yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasi produk pianika terbaik bagi Anda. Berbagai merek terkenal seperti Yamaha dan Suzuki akan kami hadirkan di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Tetaplah membaca dan temukan pianika yang paling pas untuk anak Anda!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merk terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk terbaik, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Condenser Microphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Condenser Microphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Condenser microphone adalah alat pengolah suara yang sering digunakan untuk rekaman studio ataupun live streaming. Produknya dapat menangkap suara dengan baik sehingga memberi audio output yang enak didengar. Namun, mikrofon tipe ini tersedia dalam beragam spesifikasi. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang bagus.Untuk itu, kali ini kami akan berbagi tips memilih condenser microphone terbaik. Kami juga akan merekomendasikan dan mengulas produk dari berbagai merek, seperti Maono, Audio-Technica dan Rode. Condenser Microphone BM 800 pun ada. Yuk, dilanjutkan membacanya!
    Musik
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merk terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk terbaik, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, ada beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, ada yang murah ada juga yang mahal. Hal ini tergantung dari merek dan kualitas dari gitar listrik itu sendiri.Apakah Anda sedang mencari gitar listrik terbaik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Kami juga memberikan sederet produk yang direkomendasikan. Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai panduan sebelum membeli. 
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Senar memberikan pengaruh pada kualitas suara gitar akustik sehingga penting untuk memilih senar terbaik. Senar gitar akustik sendiri terdiri dari beberapa jenis. Ada senar nylon yang digunakan pada gitar klasik. Ada juga senar baja antikarat untuk memainkan musik genre rock, blues, dan country.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih senar untuk menemukan senar terbaik yang original untuk gitar akustik Anda. Kami juga merekomendasikan beragam merek senar gitar akustik yang bagus, seperti Elixir, D'addario, Yamaha, dan Martin & Co. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Gitar merupakan alat musik yang menarik untuk dipelajari. Suaranya yang merdu dapat menjadi melodi utama sampai melodi pengisi dalam sebuah lagu. Di antara banyaknya merek gitar, Yamaha menjadi pilihan top of mind bagi konsumen. Gitar Yamaha original memiliki berbagai jenis serta seri gitar untuk kebutuhan Anda.Kami akan berbagi tips memilih gitar dari Yamaha. Simak juga daftar rekomendasi gitar Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Gitar Yamaha C315, Yamaha F310, dan Yamaha APX600 ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Penting halnya untuk memiliki amplifier gitar jika Anda bercita-cita menjadi seorang musisi, terutama gitaris. Amplifier akan memperkuat sinyal sehingga hasil suara gitar jadi lebih baik dan lebih keras. Produknya dibutuhkan untuk memperkuat suara gitar akustik, gitar listrik, maupun gitar bass. Amplifier gitar mini untuk penggunaan di rumah juga sudah tersedia.Kali ini kami akan memberikan tips memilih amplifier gitar terbaik untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Yamaha, Marshall, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris kami, Adriano Pandapotan. Yuk, dimulai saja!
    Musik
  • 10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    Selain piano, pilihan alat musik yang paling banyak diminati saat ini adalah keyboard. Alat musik ini menggabungkan model permainan piano dengan teknologi. Yamaha merupakan merek alat musik top of mind ketika Anda mencari keyboard. Anda mungkin bingung memilihnya dari segi style, fitur, dan harga.Oleh karena itu, kami akan memberikan poin-poin cara memilih keyboard Yamaha. Simak rekomendasi keyboard Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Berbagai keyboard Yamaha dari seri PSR-E, PSR-SX, dan Genios juga ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh music composer kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori