1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 Capo Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Capo Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Capo Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Capo Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Capo Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Capo Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Capo Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)

Capo adalah aksesori yang membantu Anda bermain gitar sesuai kunci yang dikuasai dengan nada yang diinginkan. Dengan menggunakan capo gitar, permainan Anda bisa lebih luwes. Jadi, penting untuk Anda menemukan capo yang tepat, baik untuk gitar akustik, klasik, maupun listrik.


Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih capo gitar dengan membandingkan harga dan spesifikasinya. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek capo gitar terbaik, seperti Ibanez dan G7th. Artikel ini sudah ditinjau oleh produser musik kami, Satriyo Arwanto. Jika Anda bingung memilih capo gitar yang bagus, simak ulasannya berikut!

Diperbaharui 07-19-2022
Pakar
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik. Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Profil Satriyo Arwanto
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa fungsi capo gitar?

Apa fungsi capo gitar?

Capo berasal dari bahasa Italia capotasto yang artinya kepala neck gitar. Capo gitar memungkinkan Anda memainkan lagu dengan chord yang lebih familier. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan chord yang lebih susah. Oleh karena itu, capo sangat membantu para pemula yang sedang belajar gitar dan para profesional yang tampil di panggung. Berikut beberapa fungsi utama capo gitar.


  • Mengubah kunci-kunci sesuai yang diinginkan
  • Memperjelas nada gitar
  • Mengakali fret gitar yang rusak
  • Meminimalkan risiko senar putus karena sering menyetem

Namun, penggunaan capo gitar bisa mengakibatkan senar lebih kendur. Dikhawatirkan saat capo dilepas, suara gitar menjadi fals. Selain itu, capo bisa menggores gitar Anda jika pemasangannya tidak pas atau tidak pelan-pelan. Untuk meminimalkan hal-hal tersebut, kami akan membantu Anda memilih capo berdasarkan jenis gitar, bahan, serta teknik pemasangannya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih capo gitar

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat Anda membeli capo gitar. Simak uraiannya di bawah ini dari kami agar Anda bisa mendapatkan capo gitar terbaik.

① Sesuaikan capo dengan jenis gitar Anda

Sesuaikan capo dengan jenis gitar Anda

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah capo bisa digunakan untuk semua jenis gitar? Jawabannya adalah tidak semua capo bisa digunakan untuk semua jenis gitar. Perbedaan yang paling mendasar terletak di antara gitar klasik dan gitar akustik. 


Gitar akustik memiliki ukuran fingerboard yang cenderung mengecil di bagian dekat neck. Hal ini tidak berbeda jauh dengan gitar elektrik. Gitar akustik juga bisa menggunakan senar nilon ataupun steel. Biasanya capo untuk gitar elektrik juga bisa digunakan untuk gitar akustik


Nah, perbedaannya terletak pada gitar klasik. Gitar klasik memiliki ukuran fingerboard yang sama lebarnya dari bagian bodi hingga neck. Hal ini berakibat tidak semua capo muat untuk gitar klasik. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan jenis gitar Anda saat membeli capo.

② Pilih jenis capo gitar berdasarkan cara memasangnya

Ada beberapa jenis capo gitar berdasarkan cara pemasangannya, misalnya roller, clamp, dan squeeze. Pilihlah capo gitar yang menurut Anda paling mudah dipasang. Hal ini bisa membuat Anda lebih nyaman saat bermain serta lebih aman untuk gitar Anda.

Clamp: Paling banyak digunakan oleh gitaris

Clamp: Paling banyak digunakan oleh gitaris

Capo gitar tipe jepit (clamp) adalah versi yang paling banyak ditemui di pasaran sekaligus paling banyak digunakan. Harganya juga bervariasi, mulai dari yang murah hingga jutaan rupiah. Tipe ini biasanya dilengkapi per yang berfungsi memberikan gaya pegas saat capo ditekan. Keuntungan capo tipe jepit adalah bentuknya yang paling basic di antara capo lainnya sehingga mudah dipasang.


Akan tetapi, Anda harus melepas dan memasang capo tipe clam setiap kali berpindah fret. Fret adalah pembatas melintang yang ada di fingerboard gitar. Gunanya untuk membedakan antara chord satu dan chord yang lain. Jenis capo gitar ini biasanya diletakkan di dekat fret. Jika Anda menekannya terlalu keras, dikhawatirkan bisa merusak senar atau fret sehingga mengakibatkan suara gitar yang fals.

Roller: Memindahkan capo ke fret lain jadi lebih mudah

Roller: Memindahkan capo ke fret lain jadi lebih mudah

Sesuai namanya, jenis capo gitar ini menggunakan roller berbahan karet di kedua sisinya. Keunggulannya adalah Anda jadi lebih mudah memindah-mindahkan capo ke tiap fret gitar. Alhasil, Anda tidak perlu sering melepas dan memasang capo saat berpindah fret. Capo tipe roller ini cukup awet dan aman untuk gitar Anda karena terbuat dari karet.


Di sisi lain, Anda harus memastikan permukaan bodi gitar cukup licin agar roller capo bisa meluncur dengan baik. Tak jarang Anda harus memberi sedikit pelumas sebelum menggunakannya. Jika tidak berhati-hati, gitar Anda bisa lecet. Karet yang aus juga bisa menjadi kendala kelancaran jenis capo gitar ini dalam bergerak.

Squeeze: Desain minimalis, simpel, dan sangat mudah digunakan

Squeeze: Desain minimalis, simpel, dan sangat mudah digunakan
Sumber: g7th.com

Squeeze atau toggle capo adalah tipe yang cara penggunaannya ditekan pakai tangan. Sebenarnya, tipe ini hampir mirip dengan clamp capo, tetapi tidak menggunakan sekrup atau per. Kekuatannya murni dari tekanan tangan Anda sehingga lebih aman untuk gitar. Jenis capo gitar ini simpel sehingga bisa diaplikasikan dengan satu tangan.


Kekurangannya adalah pada awal pemakaian Anda butuh penyesuaian lebih. Jika tekanan tangan tidak seimbang, suara yang dihasilkan kurang bagus. Selain itu, beberapa brand menjual squeeze capo dengan harga yang lebih tinggi. Di antara clamp, roller, atau squeeze, yang mana pun sama bagusnya selama bisa Anda gunakan dengan mudah.

Sekrup: Tension senar dapat disesuaikan menurut kenyamanan Anda

Sekrup: Tension senar dapat disesuaikan menurut kenyamanan Anda
Sumber: daddario.com

Jenis capo gitar ini mempunyai sekrup yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Keunggulannya adalah capo dapat mencengkeram fret gitar dengan lebih kuat sehingga tidak ada senar yang fals. Anda dapat menyesuaikan tension senar dengan kenyamanan bermain.


Meski begitu, melepaskan dan memindahkan jenis capo gitar ini butuh waktu lebih lama. Anda harus mengendurkan sekrupnya agar bisa dilepaskan. Ingatlah hal ini ketika Anda akan memindahkan capo ke fret yang berbeda. Mekanisme ini tentu juga kurang praktis apabila Anda sering bermain gitar dengan kunci dasar yang bervariasi.

③ Kenali bahan pembuat capo gitar

Kenali bahan pembuat capo gitar

Capo bersentuhan langsung dengan gitar Anda. Tentu Anda tidak ingin gitar Anda lecet akibat bahan capo yang kurang bagus. Jadi, penting bagi Anda untuk memilih capo gitar berdasarkan bahannya. Beberapa bahan yang sering digunakan untuk membuat capo adalah plastik, aluminium alloy, silikon, dan stainless steel. Berikut perbedaannya.


  • Plastik ABS (akrilonitril butadiena stirena) berkarakteristik cukup kuat dan fleksibel. Capo gitar berbahan ABS biasanya lebih murah dibandingkan bahan lainnya.
  • Aluminium alloy memiliki karakteristik yang kuat, tetapi bobotnya ringan. Capo jenis ini cocok untuk segala jenis gitar, khususnya akustik dan klasik. 
  • Silikon sering digunakan sebagai bantalan yang bersentuhan langsung dengan gitar, baik bagian senar maupun bodi belakang gitar. Hal ini karena sifat silikon yang cukup lentur, tidak merusak gitar, dan memberikan grip yang kuat.
  • Stainless steel bisa dibilang mirip aluminium alloy, tetapi versi yang lebih kuat, kukuh, dan kaku. Bahan ini juga lebih awet untuk jangka panjang. Biasanya capo berbahan stainless steel digunakan untuk gitar elektrik.

10 Rekomendasi capo gitar terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk capo gitar terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

JOYO

Guitar Quick Change Capo

JOYO  Guitar Quick Change Capo 1枚目

Gitaran makin asyik tanpa harus keluar banyak uang

2

Aroma

AC-11

Aroma  AC-11 1枚目

Desain elegan, tampil cantik tanpa terlihat menonjol

3

Meideal

TCapo20

Meideal  TCapo20 1枚目

Multifungsi, dilengkapi tuner untuk menyetem gitar!

4

D'Addario

Capo Lite Adjustable Tension

D'Addario Capo Lite Adjustable Tension 1枚目

Banyak fitur menarik untuk kebutuhan profesional

5

Mauley

Rolling Glider Capo

Mauley  Rolling Glider Capo 1枚目

Memudahkan permainan gitaris yang atraktif

6

Alice

Crocodile Style Capo For Acoustic Guitar

Alice  Crocodile Style Capo For Acoustic Guitar 1枚目

Desain anti-mainstream untuk seorang rockstar

7

Ernie Ball

Axis Capo

Ernie Ball Axis Capo 1枚目

Satu capo untuk berbagai jenis gitar di rumah

8

G7th

Performance 2

G7th Performance 2 1枚目

Pemasangannya sangat mudah, bahkan cukup dengan satu tangan

9

Ibanez

IGC10

Ibanez  IGC10 1枚目

Konstruksinya logam, tidak mudah rusak serta awet

10

Kyser

Quick-Change Acoustic Guitar Capo

Kyser  Quick-Change Acoustic Guitar Capo 1枚目

Mau warna apa pun, semuanya ada

Perincian produk
Close
No.1

JOYO Guitar Quick Change Capo JCP-01

Mulai dari Rp29.500,00

Gitaran makin asyik tanpa harus keluar banyak uang

Kelebihan:

  • Harganya sangat terjangkau sehingga cocok untuk berbagai kalangan
  • Tidak membebani pengguna dengan bobot yang ringan

Kekurangan:
  • Mudah patah, tidak tahan terhadap benturan keras

Memiliki capo gitar listrik tidak melulu harus dengan bujet yang besar. Jika Anda mencari yang harganya ramah di kantong, kami merekomendasikan produk ini. Harganya yang ekonomis memungkinkan Anda untuk memiliki produk JOYO ini tanpa harus menguras kantong.


Capo gitar yang bagus ini terbuat dari plastik ABS yang ringan sehingga tidak akan terasa bebannya. Daya cengkeramnya juga bisa diandalkan. Meski begitu, Anda perlu berhati-hati saat akan menyimpan dan menggunakan Joyo JCP-01. Pasalnya, produk ini rentan patah jika mengalami benturan yang keras.

No.2

Desain elegan, tampil cantik tanpa terlihat menonjol

Kelebihan:
  • Build quality mumpuni untuk harga yang terjangkau

Kekurangan:
  • Kurang bersahabat untuk pemula karena cukup rumit

Apakah Anda mencari rekomendasi capo gitar yang memiliki desain elegan? Jika iya, produk ini sesuai dengan kriteria yang Anda cari. Aroma AC-11 terbuat dari zinc alloy yang membuatnya terlihat lebih elegan. Material tersebut juga membuat konstruksi produk ini kuat sehingga lebih tahan lama.


Per dan sekrup capo ini dibuat menggunakan bahan berkualitas tinggi sehingga dapat menjepit neck gitar dengan kuat. Dengan demikian, tuning gitar tidak berubah saat Anda menggunakan atau melepaskannya. Bantalan silikon yang digunakan capo ini juga mampu melindungi senar gitar dengan baik.

No.3

Multifungsi, dilengkapi tuner untuk menyetem gitar!

Kelebihan:

  • Sudah termasuk tuner yang langsung siap digunakan
  • Pengoperasian mudah hanya dengan satu tangan


Kekurangan:

  • Bentuknya lebih besar sehingga kurang praktis digunakan

Inovasi dari Meideal ini bisa dibilang sangat menguntungkan penggunanya. Anda bisa mendapatkan capo gitar sekaligus tuner dalam satu produk. Tuner berguna untuk menyetem senar gitar agar mendapatkan nada yang presisi.


Produk 2-in-1 ini membuat Anda lebih menghemat biaya. Meideal TCapo20 adalah solusi praktis untuk Anda yang menginginkan capo gitar yang bagus sekaligus tuner.

No.4

D'AddarioCapo Lite Adjustable TensionPW-CP-07

Mulai dari Rp170.000,00

Banyak fitur menarik untuk kebutuhan profesional

Kelebihan:

  • Desain lightweight yang tidak membebani pengguna sama sekali
  • Daya cengkeram bisa diatur dengan fitur adjustable tension
  • Tuning gitar stabil, tidak perlu menyetem ulang saat ataupun setelah digunakan


Kekurangan:

  • Kurang bersahabat untuk pemula karena cukup rumit

Produk D'Addario ini menawarkan banyak keuntungan untuk Anda. Pertama, capo ini dapat digunakan untuk gitar akustik, gitar elektrik, dan gitar klasik. Hanya dengan satu capo, Anda bisa memasangkan capo ini di berbagai jenis gitar.


Selain itu, produk ini dibekali fitur adjustable tension. Fitur tersebut memungkinkan Anda mengatur daya cengkeram D'Addario Capo Lite sesuai fret tempatnya diletakkan. Tuning gitar pun tetap stabil saat Anda memasang atau melepasnya. Alhasil, produk ini cocok untuk kebutuhan live performance ataupun studio recording.

No.5

Mauley Rolling Glider CapoGMC80

Mulai dari Rp250.000,00

Memudahkan permainan gitaris yang atraktif

Kelebihan:

  • Berpindah fret lebih mudah dengan sistem pegas dan roller
  • Neck gitar bebas dari lecet karena tidak perlu terus dilepas dan dipasang

Kekurangan:

  • Maintenance tidak praktis karena perlu dilumasi

Apakah Anda pemain gitar yang atraktif? Kalau begitu, capo gitar ini layak Anda miliki! Dengan sistem pegas dan roller berbahan karet, Anda bisa lebih mudah memindahkannya dari satu fret ke fret lain. Anda yang sering berpindah nada atau sekadar mencari bunyi suara senar yang unik secara cepat akan banyak terbantu.


Anda tidak perlu melepas dan memasang produk ini berulang-ulang sehingga lebih praktis. Neck gitar pun tidak lecet. Agar lebih aman, Anda bisa menambahkan pelumas saat pertama kali mengaplikasikannya di gitar Anda. Mauley GMC80 tepat dipilih jika Anda mencari capo yang mudah dipasang dan tidak merusak gitar.

No.6

Alice Crocodile Style Capo For Acoustic GuitarA007G

Mulai dari Rp130.000,00

Desain anti-mainstream untuk seorang rockstar

Kelebihan:

  • Permainan lebih nyaman dengan daya cengkeram yang kuat
  • Tidak meninggalkan bekas pada gitar

Kekurangan:

  • Ukurannya terlalu besar untuk beberapa orang

Capo gitar dari Alice ini hadir dengan bentuk dan desain yang anti-mainstream. Bagian kepalanya didesain seperti kepala buaya. Saat digunakan, produk ini terlihat seperti buaya yang sedang menggigit neck gitar Anda. Produk ini tentu merupakan salah satu capo gitar terbaik untuk Anda yang ingin tampil beda di panggung.

No.7

Satu capo untuk berbagai jenis gitar di rumah

Kelebihan:

  • Cocok untuk beragam jenis gitar dan fretboard
  • Menawarkan pilihan warna yang bervariasi


Kekurangan:

  • Berpotensi mengeluarkan suara logam bergetar saat digunakan

Ada kalanya kinerja capo gitar tidak maksimal karena ragam bentuk fretboard. Apabila Anda mempunyai beberapa gitar dengan jenis fretboard yang berbeda-beda, pertimbangkan Ernie Ball Axis Capo. Pasalnya, produk ini dapat digunakan pada gitar akustik dan elektrik dengan flat fretboard ataupun curved fretboard. Tidak hanya itu, capo ini juga bisa digunakan di gitar tujuh senar.

No.8

Pemasangannya sangat mudah, bahkan cukup dengan satu tangan

Kelebihan:

  • Praktis dipasang dan digunakan siapa saja
  • Material premium sehingga lebih awet

Kekurangan:

  • Harganya kurang bersahabat untuk pemula

G7th Performance 2 adalah capo gitar besi dengan desain yang memenangkan penghargaan internasional. Produk ini mengaplikasikan fitur Unique Tension Control yang membuat Anda lebih leluasa dalam mengatur kekuatannya.


Cara menggunakan produk ini mudah. Anda hanya perlu menekannya, baik untuk mengunci maupun melepaskannya. Anda pun tak perlu khawatir fret lecet akibat tekanan tangan. Di bagian dalam produk ini diberikan bantalan silikon premium. Jika Anda mencari capo gitar terbaik dengan user experience yang unik, pilih produk ini. 

No.9

Konstruksinya logam, tidak mudah rusak serta awet

Kelebihan:

  • Build quality di atas rata-rata untuk harganya


Kekurangan:

  • Dapat meninggalkan lecet pada gitar bila tidak hati-hati digunakan

Produk ini bisa menjadi pilihan yang pas apabila Anda butuh rekomendasi capo gitar dengan konstruksi yang kukuh. Ibanez IGC10 terbuat dari metal yang sangat kuat. Meski terjatuh berkali-kali, produk ini akan tetap aman digunakan. Karena daya tahannya tersebut, capo gitar besi ini lebih awet sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama.
No.10

Kyser Quick-Change Acoustic Guitar Capo

Mulai dari Rp205.000,00

Mau warna apa pun, semuanya ada

Kelebihan:

  • Performa mumpuni sekaligus tampil menarik dengan desain modern

Kekurangan:

  • Hanya cocok untuk satu jenis gitar

Jika Anda mencari capo dengan warna yang bisa senada dengan gitar Anda, kami merekomendasikan produk ini. Kyser memproduksi capo untuk gitar akustik dengan pilihan warna yang beragam.


Anda tidak akan mendapatkan warna-warna tertentu dari produk lain. Jadi, Anda juga bisa memilih warna yang unik untuk penampilan yang berbeda. Apa pun warna gitar Anda, capo ini adalah pilihannya.

Tips menggunakan capo gitar untuk pemula dari produser musik kami, Satriyo Arwanto

Tips menggunakan capo gitar untuk pemula dari produser musik kami, Satriyo Arwanto

Sebelum memasang capo pada gitar, pastikan Anda mengetahui jenis capo yang akan digunakan. Jika Anda tidak tahu cara memasangnya, bisa saja gitar menjadi rusak. Jadi, sebaiknya Anda mencoba terlebih dahulu sebelum memasang capo pada fingerboard.

Baca juga rekomendasi perlengkapan gitar lainnya di sini

Selain capo, ada beberapa aksesori gitar lainnya yang mungkin Anda butuhkan, seperti pick, tuner, dan stand gitar. Apabila Anda mencari perlengkapan gitar tersebut, silakan klik tautan-tautan di bawah ini. Kami juga sudah mengulas produknya untuk Anda, lho!

Kesimpulan

Capo gitar memungkinkan Anda bermain musik memakai nada yang lebih familier dengan suara sendiri atau vokalis grup Anda. Untuk latihan atau bernyanyi-nyanyi bersama teman, capo gitar yang harganya ekonomis dengan fitur terbatas rasanya sudah cukup. 


Sebaliknya, Anda perlu menengok produk dari merek ternama untuk capo gitar dengan performa maksimal, seperti D'Addario dan Ernie Ball. Apakah Anda sudah mendapatkan capo gitar terbaik? Selamat memilih capo gitar paling ideal untuk Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer