• 10 Rekomendasi Teh Dandang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Teh Dandang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Teh Dandang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Teh Dandang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Teh Dandang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Teh Dandang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Teh Dandang terkenal memiliki aroma wangi berkat adanya tambahan bunga melati di dalamnya. After taste teh Dandang pun tergolong manis karena menggunakan daun teh asli. Tak heran jika merek teh ini sangat diminati masyarakat. Ditambah lagi, variannya cukup lengkap. Ada teh tubruk, celup, hingga teh 2 in 1 alias teh plus gula.


Nah, kali ini kami ingin membahas tips memilih teh Dandang yang bagus. Sepuluh rekomendasi produk teh Dandang terbaik dan enak juga telah kami siapkan. Anda bisa menemukan Dandang Selection, Dandang Green Tea Celup, dan masih banyak lagi. Jadi, mari disimak!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Teh Dandang termasuk teh apa?

Teh Dandang merupakan merek dagang dari PT. Kartini Teh Nasional yang telah beroperasi sejak 1957. Bermarkas di Pekalongan, Jawa Tengah, kini teh Dandang telah memperluas jangkauan pemasarannya ke seluruh Indonesia.


Meski terkenal sebagai teh wangi berkat penambahan bunga melati dalam tehnya, ternyata varian teh Dandang tidak hanya itu. Faktanya, teh Dandang juga mempunyai varian produk teh hijau, teh putih, teh oolong, hingga teh hitam.


Penggunaan daun teh asli membuat produk-produk teh Dandang mempunyai aroma dan rasa khas yang mantap. Warna air seduhannya pun memiliki kepekatan yang pas sehingga tampak cantik dan menarik. Hal itulah yang membuat teh Dandang digemari oleh masyarakat Indonesia.


Anda pasti sudah membayangkan kenikmatan seduhan teh Dandang, ya. Sebelumnya, simak pembahasan kami tentang teh satu ini terlebih dahulu, yuk!

Cara memilih teh Dandang

Dengan varian teh yang beragam, setiap produk teh Dandang memiliki keunikannya tersendiri. Supaya Anda bisa mendapatkan teh Dandang yang sesuai selera, kami akan menjabarkan beberapa tips memilihnya. Mari perhatikan poin-poinnya dengan saksama!

Pilih berdasarkan jenis teh

Teh Dandang memiliki lima jenis teh, seperti white tea, green tea, oolong tea, black tea, hingga jasmine tea. Menurut penelitian dari Oregon State University, semua jenis teh berasal dari tanaman yang sama yakni Camellia sinensis. Akan tetapi, setiap jenisnya dibuat dari dauh teh dengan tingkat kematangan yang berbeda. Selain itu, metode pengolahannya pun berbeda sehingga menghasilkan karakteristik teh yang beragam.

White tea: Air seduhannya berwarna kuning pucat dan keperakan

Teh Dandang white tea (teh putih) terbuat dari daun teh muda dan kuncup yang biasa disebut peko. Bagian tersebut kemudian mengalami proses pengukusan atau penggongsengan. Selanjutnya, daun teh akan memasuki proses pengeringan secara alami. Karena tidak melalui proses oksidasi, kandungan polifenol dalam teh Dandang white tea masih tinggi.


Ketika diseduh, teh Dandang white tea mempunyai tampilan berwarna kuning pucat dengan sentuhan keperakan. Warna keperakan ini berasal dari bulu-bulu kuncup daun teh muda. Selain wangi, rasa white tea dari Teh Dandang juga lembut serta menyegarkan.

Green tea: Penggunaan daun teh matang tanpa melalui proses oksidasi

Berbeda dengan white tea yang menggunakan daun teh muda, green tea memanfaatkan daun teh yang lebih matang. Daun teh tersebut dilayukan sebelum dikukus atau digongseng. Selanjutnya, daun teh digulung, lalu dikeringkan.


Karena metode pengolahannya mirip dengan white tea, yakni tanpa melalui proses oksidasi, green tea juga tinggi kadar polifenolnya. Teh Dandang jenis green tea menghasilkan air seduhan berwarna kuning kehijauan. Rasa sepatnya juga tergolong kuat.

Oolong tea: Daun tehnya berbentuk bulatan kecil yang mengembang saat diseduh

Oolong tea sering disebut juga sebagai teh tradisional Cina. Walau begitu, teh Dandang memberikan sentuhan personalnya dengan menggunakan tiga daun teh pilihan. Teh ini diproduksi dengan metode semi-oksidasi. Tidak seperti white tea atau green tea, teh oolong dibiarkan teroksidasi cukup lama setelah melalui proses pelayuan. Setelah itu, daun teh baru digulung menjadi bulatan kecil sebelum dikeringkan.


Bulatan-bulatan kecil tersebut akan langsung mengembang menjadi helai daun saat bertemu dengan air mendidih. Air seduhan teh Dandang jenis oolong mengeluarkan warna keemasan. Rasanya juga lembut dan cenderung manis. Kandungan polifenol dalam teh oolong tidak sebanyak white tea atau green tea, tetapi lebih banyak dibandingkan black tea.

Black tea: Rasa dan warna seduhannya terlihat paling pekat

Di antara semua jenis teh, black tea (teh hitam) merupakan satu-satunya yang mengalami proses oksidasi paling sempurna. Oleh karenanya, zat polifenol yang biasanya tinggi pada teh justru berubah menjadi theaflavins dan thearubigins


Theaflavins inilah yang menghasilkan warna kuning kemerahan pada teh, sedangkan thearubigins menciptakan warna merah kecokelatan. Gabungan kedua zat tersebut memberikan kesan "hitam" pada air seduhan black tea.


Teh Dandang menggunakan jenis black tea dengan kualitas tertinggi. Hal ini ditunjukkan dengan warna hitam pada daun teh di dalamnya. Artinya, produk tersebut mengandung banyak daun teh. Sebagai informasi, apabila grade black tea yang digunakan rendah, warna daun tehnya cenderung kemerahan. Artinya, produk tersebut mengandung lebih banyak batang tanaman teh.

Jasmine tea: Perpaduan antara green tea dengan bunga melati

Jasmine tea berasal dari perpaduan antara teh hijau dengan bunga melati. Alhasil, jasmine tea dari teh Dandang memiliki aroma wangi bunga melati yang sangat khas. Karena itu, teh Dandang jenis ini disebut juga teh wangi.


Selain sangat harum, jasmine tea memiliki rasa yang manis. Dengan warna merah pekat, teh ini terlihat makin mantap untuk dinikmati. Aromanya juga stabil bertahan hingga enam jam setelah diseduh, lho.

Ketahui dua varian teh Dandang yang ditawarkan

Ketahui dua varian teh Dandang yang ditawarkan

Selain berdasarkan jenis teh yang digunakan, teh Dandang juga dikategorikan menjadi dua varian yakni standar dan premium. Perbedaan mencolok dari kedua varian teh Dandang terletak pada kemasannya.


Teh Dandang yang termasuk dalam kategori varian standar dikemas dengan kertas pembungkus layaknya teh tubruk pada umumnya. Selain itu, teh celupnya biasanya dikemas dalam kotak kardus atau sachet. Karena mudah disimpan di mana saja, teh Dandang varian standar pasti disukai oleh para pencinta kepraktisan.


Di sisi lain, teh Dandang dengan varian premium memilki kemasan gelas kaca yang tampak cantik dan elegan. Tak heran jika produk-produk dalam varian premium sangat cocok dijadikan sebagai bingkisan. Sayangnya, saat ini teh Dandang varian premium sulit ditemukan di e-commerce Indonesia.

Perhatikan cara penyajiannya

Perhatikan cara penyajiannya

Sama seperti teh pada umumnya, terdapat dua bentuk teh Dandang yang bisa Anda temukan di pasaran. Ada teh Dandang celup dan tubruk. Kedua bentuk teh tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jadi, silakan sesuaikan berdasarkan preferensi pribadi Anda.


Ciri utama dari teh Dandang tubruk adalah bentuk daunnya yang lebih kasar. Rasanya juga terasa lebih pekat. Meski nikmat, penyajian teh tubruk terkadang dinilai agak merepotkan karena harus menakar sendiri daun teh yang ingin digunakan. Jika berlebihan, rasa teh akan sangat sepat. Sebaliknya bila takarannya kurang, teh akan terasa kurang mantap.


Untuk mengatasi kekurangan dari teh tubruk, teh Dandang memproduksi teh celup. Karena dikemas dalam kertas saringan, teh ini lebih mudah disajikan. Takarannya pas, tidak lebih, tidak pula kurang. Ampas daun tehnya pun tidak akan menyebar. Namun, Anda tidak bisa mengatur kepekatan rasa tehnya.

10 Rekomendasi teh Dandang terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi produk teh Dandang terbaik yang telah disusun berdasarkan pertimbangan harga serta kualitasnya. Silakan perhatikan satu per satu dan pilihlah yang paling sesuai dengan selera Anda!

10
Jenis tehJasmine tea
Bentuk tehTubruk
Isi40 gr, 80 gr
9

Kartini Teh NasionalDandang Black Tea Celup

Mulai dari Rp 5.000,00

Jenis tehBlack tea
Bentuk tehCelup
Isi@ 2 gr
8

Kartini Teh NasionalDandang Putih

Mulai dari Rp 25.000,00

Jenis tehJasmine tea
Bentuk tehTubruk
Isi35 gr
7

Kartini Teh NasionalDandang Jasmine Tea Celup

Mulai dari Rp 7.000,00

Jenis tehJasmine tea
Bentuk tehCelup
Isi@ 2 gr
6
Jenis tehJasmine tea
Bentuk tehTubruk
Isi40 gr, 80 gr
5

Kartini Teh NasionalDandang Green Tea Celup

Mulai dari Rp 12.000,00

Jenis tehGreen tea
Bentuk tehCelup
Isi@ 2 gr
4
Jenis tehJasmine tea
Bentuk tehTubruk
Isi35 gr
3

Kartini Teh NasionalDandang Selection

Mulai dari Rp 12.000,00

Jenis tehJasmine tea
Bentuk tehTubruk
Isi45 gr
2

Kartini Teh NasionalDandang 2 in 1 - Teh Gula Tebu

Mulai dari Rp 10.000,00

Jenis tehJasmine tea
Bentuk tehCelup
Isi@ 1,8 gr
1
Jenis tehBlack tea
Bentuk tehTubruk
Isi50 gr

Tabel perbandingan produk teh Dandang terbaik

Gambar produk
1
Kartini Teh Nasional Dandang Vanila Tea 1

Kartini Teh Nasional

2
Kartini Teh Nasional Dandang 2 in 1 - Teh Gula Tebu 1

Kartini Teh Nasional

3
Kartini Teh Nasional Dandang Selection 1

Kartini Teh Nasional

4
Kartini Teh Nasional Dandang Draff 1

Kartini Teh Nasional

5
Kartini Teh Nasional Dandang Green Tea Celup 1

Kartini Teh Nasional

6
Kartini Teh Nasional Dandang Merah 1

Kartini Teh Nasional

7
Kartini Teh Nasional Dandang Jasmine Tea Celup 1

Kartini Teh Nasional

8
Kartini Teh Nasional Dandang Putih 1

Kartini Teh Nasional

9
Kartini Teh Nasional Dandang Black Tea Celup 1

Kartini Teh Nasional

10
Kartini Teh Nasional Dandang Biru 1

Kartini Teh Nasional

Nama produk

Dandang Vanila Tea

Dandang 2 in 1 - Teh Gula Tebu

Dandang Selection

Dandang Draff

Dandang Green Tea Celup

Dandang Merah

Dandang Jasmine Tea Celup

Dandang Putih

Dandang Black Tea Celup

Dandang Biru

Keunggulan

Hasilkan rasa teh hitam unik berkat campuran vanila

Teh 2 in 1, paling praktis untuk diseduh

Wangi sekaligus kuat rasa sepatnya

Tekstur lebih halus daripada teh tubruk lainnya

Lawan polusi dengan antioksidan tinggi

Segarkan tubuh pada pagi hari

Wangi tehnya lembut, pas untuk relaksasi

Dengan rasa sepat ringan yang nikmat di lidah

Segarkan tubuh saat mengantuk

Aroma dan sepatnya pas untuk segala suasana

Harga mulai dariRp 13.000,00Rp 10.000,00Rp 12.000,00Rp 2.700,00Rp 12.000,00Rp 30.500,00Rp 7.000,00Rp 25.000,00Rp 5.000,00Rp 31.500,00
Jenis tehBlack teaJasmine teaJasmine teaJasmine teaGreen teaJasmine teaJasmine teaJasmine teaBlack teaJasmine tea
Bentuk tehTubrukCelupTubrukTubrukCelupTubrukCelupTubrukCelupTubruk
Isi50 gr@ 1,8 gr45 gr35 gr@ 2 gr40 gr, 80 gr@ 2 gr35 gr@ 2 gr40 gr, 80 gr
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk teh lainnya di sini

Selain nikmat, teh juga kaya akan manfaat. Jenisnya juga sangat beragam sehingga sayang untuk dilewatkan. Di pasaran, Anda bisa menemukan lavender tea, peppermint tea, teh rosella, hingga teh rooibos. Jika Anda penasaran dengan rasa teh-teh tersebut, segera kunjungi artikel kami melalui link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Nah, bagaimana pendapat Anda tentang tips memilih teh Dandang yang baru saja kami sampaikan? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda saat akan membeli teh Dandang.


Rasa nikmat dan aroma wangi memang menjadi daya tarik dari produk-produk teh Dandang. Tak heran jika teh Dandang bisa dinikmati dalam segala suasana. Terlebih, varian tehnya sangat beragam sehingga Anda bisa memilih yang sesuai selera. Selamat mencoba dan mari rasakan kenikmatan khas teh Dandang!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kopi Decaf Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Decaf Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Kandungan kafein di dalam kopi sayangnya memberikan efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaffeinated, kopi dengan kadar kafein yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaffeinated, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek kopi decaf yang bagus. Nescafé, Illy, Kopinata, Arutala, dan Starbucks ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.
    Teh & kopi
  • 10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas.Kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merek kopi yang bagus, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merek teh celup yang bagus dan ternama, seperti Brew Me, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Agar Anda mendapatkan teh yang enak untuk dinikmati, kami telah menyiapkan beberapa tipsnya. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Yuk, langsung saja baca informasi selengkapnya di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai solusi agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam merek yang bagus, seperti Nestle, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyak produk di pasaran, manakah krimer yang paling enak sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kopi Kapal Api telah lama menemani masyarakat Indonesia dengan aroma dan rasanya yang memikat. Merk ini merupakan produk dari Santos Jaya Abadi. Komitmennya adalah untuk memberikan kopi spesial bagi para konsumen. Ada banyak varian dari Kapal Api, yaitu kopi hitam kopi bubuk, kopi premium, kopi instan, dan kopi siap minum.Agar Anda tidak bingung dalam memilih produk kopi Kapal Api, kami akan memberikan tipsnya untuk Anda. Setelahnya, ada juga rekomendasi produk terbaiknya. Kapal Api Special, Kapal Api Signature, dan Kapal Api Easy Drip ada dalam rekomendasi kami. Mari kita mulai!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Bunga Telang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Bunga Telang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Teh bunga telang adalah minuman teh herbal yang berasal dari bunga telang yang dikeringkan dan berwarna biru. Minuman ini menyimpan segudang khasiat yang baik untuk tubuh. Bahkan, bunga telang kering tidak hanya bisa dibuat teh saja, tetapi juga untuk membuat nasi biru. Bunga telang memang dikenal karena warna biru alami yang berasal dari kandungan pigmen antosianin di dalamnya. Nah, bagi Anda yang mencari teh bunga telang, bacalah artikel ini hingga selesai. Kami akan mengulas rekomendasi teh bunga telang yang enak dari berbagai merek, seperti Agradaya, Genki Plant, dan Siam Elephant. 
    Teh & kopi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori