• 10 Saklar Lampu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Saklar Lampu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Saklar Lampu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Saklar Lampu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Saklar Lampu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Saklar Lampu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)

Saklar adalah alat yang digunakan untuk mengatur hidup dan matinya lampu. Meski fungsinya sederhana, jenis saklar lampu rumah sangatlah banyak. Anda bisa menemukan beragam saklar lampu rumah, mulai dari yang minimalis hingga yang mewah sekalipun. 


Kali ini kami akan memberikan rekomendasi merek saklar lampu rumah terbaik untuk Anda. Produk saklar lampu rumah dari merek Broco, Panasonic, atau Swimseivs mungkin akan Anda sukai. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Jadi, simak tips dari kami dahulu agar Anda bisa lebih mudah menemukan produk yang bagus!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Rio Maximilian
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 02 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Arsitek, Rio Maximilian

Profil pakar: Arsitek, Rio Maximilian
Rio Maximilian
Arsitek
Rio Maximilian

Bersertifikasi Madya dari Ikatan Arsitek Indonesia, arsitek profesional ini sudah bekerja selama 17 tahun di Indonesia. Pendiri konsultan arsitektur Djalmo Manungso ini pernah menjadi principal architect dan partner di PT. Vindate selama 10 tahun.


Rio juga pernah meraih juara pertama desain gedung DIKTI Senayan dan juara harapan desain Museum Nasional. Rio memiliki pengalaman mendesain beragam fungsi bangunan dari rumah tinggal, hotel, gedung kantor di atas 20 lantai, serta bandara.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih saklar lampu rumah

Ada banyak jenis sakelar lampu rumah di pasaran sehingga mungkin membuat Anda bingung untuk memilih. Karena itu, simak tips berikut agar Anda bisa menemukan produk yang cocok.

Kenali jenis saklar berdasarkan cara penempatannya

Saat hendak membeli sakelar, pastikan dahulu cara instalasi atau penempatannya. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah memilih jenis sakelar yang cocok untuk digunakan di kediaman Anda.

Saklar inbow, untuk ditanam secara permanen di tembok

Saklar inbow, untuk ditanam secara permanen di tembok

Sakelar inbow atau disebut juga dengan sakelar IB adalah jenis sakelar yang instalasinya menggunakan teknik tanam. Kabel dan bagian dalam sakelar berada di dalam dinding sehingga tersembunyi. Untuk pemasangan permanen dengan hasil paling rapi dan cantik, jenis sakelar ini sangat kami rekomendasikan.


Hanya saja, instalasinya lebih cocok untuk bangunan rumah baru sebab membutuhkan lubang di dinding. Jika digunakan di bangunan yang sudah jadi, Anda mungkin jadi sedikit repot karena perlu melubanginya. Selain itu, hasilnya pun mungkin tidak serapi pada dinding bangunan baru.


Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan tinggi sakelar dengan fungsinya. Misalnya, sakelar pada bangunan hotel yang akan diletakkan di atas nakas, maka elevasinya harus di atas elevasi nakas. Sementara itu, untuk area masuk ruangan biasanya diletakkan di sebelah pintu masuk dengan elevasi 100–120 cm.

Saklar outbow, untuk ditempel di tembok dan mudah dipindah

Saklar outbow, untuk ditempel di tembok dan mudah dipindah

Sakelar outbow atau sakelar OB adalah solusi jika Anda ingin menambah sakelar di bangunan lama tanpa harus melubangi dinding. Instalasi sakelar jenis ini adalah dengan cara ditempel di permukaan dinding. Karena itu, sakelar outbow dinilai lebih mudah dan praktis dari segi instalasinya.


Sakelar jenis ini juga sangat efektif dan mudah dipindah atau dilepas sewaktu-waktu. Anda bisa memakainya di bangunan kayu atau bambu. Namun, hasil instalasi sakelar outbow mungkin akan terlihat kurang rapi dan menarik sebab kabel terlihat di luar tembok. Terkecuali, jika Anda memang menghendaki tema interior industrial, sakelar outbow cocok untuk dipilih.

Saklar gantung, untuk lokasi pemasangan yang lebih fleksibel

Saklar gantung, untuk lokasi pemasangan yang lebih fleksibel

Apabila Anda menginginkan sakelar yang paling fleksibel, jenis sakelar gantung adalah pilihan terbaik. Anda tidak membutuhkan dinding untuk tempat instalasinya sehingga pemasangannya jadi lebih mudah dan fleksibel. Anda bisa mengatur letak sakelar ini di mana saja yang mudah dijangkau.


Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan jenis sakelar ini untuk lampu meja tempat tidur. Anda bisa mendekatkan sakelar sesuai jangkauan tangan sehingga Anda bisa mengontrol lampu tanpa harus beranjak dari tempat tidur.


Sakelar gantung mungkin cocok untuk lampu gantung dan kipas. Namun, sakelar gantung kurang direkomendasikan untuk lampu ruangan karena ada risiko tertarik dan lepas kabelnya.

Pilih jumlah tombol berdasarkan kebutuhan

Pilih jumlah tombol berdasarkan kebutuhan

Dalam deskripsi produk sakelar, biasanya tercantum tulisan 1 gang, 2 gang, dan seterusnya. Istilah gang tersebut menunjukkan jumlah tombol yang dimiliki. Jika sakelar tersebut tertulis 1 gang, artinya sakelar hanya bisa mengontrol satu lampu saja. Karena itu, sakelar 1 gang merupakan sakelar paling sederhana dan disebut juga dengan sakelar tunggal. 


Sementara itu, sakelar yang memiliki 2 gang, atau disebut dengan sakelar seri atau ganda, bisa mengontrol lampu lebih dari satu. Apabila Anda ingin mengontrol beberapa lampu secara terpusat, sakelar seri adalah pilihan tepat. Anda bisa memilih sakelar 2 gang jika ingin mengontrol lampu di ruang tamu dan di teras dalam satu sakelar.


Sebelum memasang sakelar ini, Anda perlu perencanaan ruangan yang tepat. Hal ini akan memengaruhi jenis sakelar yang Anda butuhkan. Jika dalam ruangan terdapat lebih dari satu grouping lampu, tentu Anda perlu sakelar ganda.

Ketahui perbedaan saklar tipe satu arah dan dua arah

Ketahui perbedaan saklar tipe satu arah dan dua arah

Anda akan menemukan istilah way atau arah pada produk sakelar. Bedanya, jumlah arah pada sakelar hanya ada dua, yakni satu arah dan dua arah. Istilah arah pada sakelar ini menunjukkan kemampuan sakelar dalam mengontrol suatu lampu.


  • Sakelar satu arah hanya bisa mengontrol lampu dari satu sakelar kendali.
  • Sakelar dua arah bisa mengontrol satu lampu dengan lebih dari satu sakelar kendali. Di Indonesia, sakelar jenis ini dikenal dengan sebutan sakelar hotel karena sering digunakan untuk lampu-lampu hotel. Dengan menggunakan sakelar dua arah, Anda bisa mengontrol satu lampu dari dua tempat yang berbeda.

Cermatlah dalam memasang sakelar yang sesuai kebutuhan. Sakelar hotel biasanya dipasang di samping pintu dan tempat tidur. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot beranjak ke arah pintu saat akan tidur.


Sebagai contoh, Anda bisa memasang sakelar dua arah di tiap ujung lorong rumah. Dengan demikian, Anda bisa menyalakan atau mematikan lampu dari tiap ujung lorong tanpa perlu kembali ke ujung asal. Lebih praktis!

Sesuaikan desain saklar dengan interior dan tema ruangan

Pemasangan sakelar yang berderet harus memperhatikan jarak dan kerapian. Sakelar yang miring sedikit saja akan tampak jelek dan tidak rata. Selain itu, ada baiknya juga Anda menyesuaikan desain sakelar dengan interior ruangan Anda. Desain yang sesuai tentu dapat mempermudah penggunaan serta menambah estetika dinding ruangan itu sendiri.

Saklar minimalis, instalasinya mudah dan simpel

Saklar minimalis, instalasinya mudah dan simpel

Desain sakelar minimalis sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang suka kemudahan dan kesederhanaan. Sakelar dengan desain minimalis lebih mudah saat proses instalasinya. Dengan demikian, Anda bisa melakukan instalasi secara mandiri dengan lebih mudah.


Selain itu, sakelar minimalis juga memberikan kesan yang simpel dan sederhana. Sakelar jenis ini cocok untuk ruangan yang tidak terlalu besar serta berdesain minimalis dan compact.

Saklar modern dan mewah, dengan teknologi terkini dan tampilan menawan

Saklar modern dan mewah, dengan teknologi terkini dan tampilan menawan

Sama seperti barang elektronik, teknologi sakelar juga mengalami perkembangan. Saat ini, tersedia produk sakelar lampu rumah yang bisa dioperasikan hanya dengan sentuhan. Bahkan, di antaranya juga ada yang bisa terhubung dan dikendalikan dengan aplikasi smartphone.


Dengan demikian, Anda bisa menikmati teknologi terkini sebuah sakelar untuk kemudahan penggunaan. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan desain yang elegan dan berkelas untuk mendapatkan kesan yang mewah dan menawan.

10 Rekomendasi saklar lampu rumah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk saklar lampu rumah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 31 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Bardi Smart Wall Switch EU 3 Gang – WHT/BLK menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Broco Galleo Single Switch memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Rio Maximilian.

Gambar produk
1
Broco Galleo Single Switch 1

Broco

2
Swimseivs Saklar Dinding Soket 5 Premium Gold Golden Brushed 1 Gang 1 Way 1

Swimseivs

3
Dutron Saklar Gantung 1

Dutron

4
Architech Infinity A63 (Grey) 1

Architech

5
Bardi Smart Wall Switch EU 3 Gang – WHT/BLK 1

Bardi

6
Matsui Saklar Gantung 1

Matsui

7
Broco Atlantic Single Switch 1

Broco

8
Panasonic Sakelar Outbow 2 Gang 1 Arah 1

Panasonic

9
Bright-G OB Engkel Stop 1

Bright-G

10
Schneider Electric AvatarOn Switch 1

Schneider Electric

Nama produk

Galleo Single Switch

Saklar Dinding Soket 5 Premium Gold Golden Brushed 1 Gang 1 Way

Saklar Gantung

Infinity A63 (Grey)

Smart Wall Switch EU 3 Gang – WHT/BLK

Saklar Gantung

Atlantic Single Switch

Sakelar Outbow 2 Gang 1 Arah

OB Engkel Stop

AvatarOn Switch

Keunggulan

Tampilan modern dengan enam pilihan warna yang berkilau

Desainnya mewah, cover-nya pun tahan api

Selain praktis, harganya juga ekonomis!

Kendalikan empat lampu sekaligus hanya dengan satu saklar

Canggih! Bisa dioperasikan melalui smartphone

Bebas letakkan saklar di tempat yang mudah dijangkau

Ingin pasang saklar di luar ruangan? Tenang, produk ini tahan air!

Instalasinya mudah dan simpel, cukup gunakan sekrup saja

Lebih praktis dan hemat dengan adanya stopkontak

Desain elegan dan tampak alami dengan motif kayu

Harga mulai dariRp 23.460,00Rp 36.000,00Rp 2.100,00Rp 220.000,00Rp 208.000,00Rp 2.850,00Rp 69.620,00Rp 13.500,00Rp 5.400,00Rp 172.590,00
JenisSakelar inbowSakelar inbowSakelar gantungSakelar inbowSakelar inbowSakelar gantungSakelar outbowSakelar outbowSakelar outbow Sakelar inbow
TombolTunggal (1 gang)Tunggal (1 gangTunggal (1 gang)Seri (4 gang)Seri (3 gang)Tunggal (1 gang)Tunggal (1 gang)Seri (2 gang)Tunggal (1 gang)Tunggal (1 gang)
Tipe1 arah1 arah1 arah2 arah1 arah1 arah1 arah1 arah1 arah2 arah
DesainModern, minimalisModern, mewah, minimalisMinimalisModern, mewah, minimalisModern, minimalisMinimalisModern, minimalisMinimalisMinimalisModern, mewah, minimalis
Tautan produk
10

Schneider ElectricAvatarOn Switch

E8331L2LED_WD_G3

Mulai dari Rp 172.590,00

JenisSakelar inbow
TombolTunggal (1 gang)
Tipe2 arah
DesainModern, mewah, minimalis
9
JenisSakelar outbow
TombolTunggal (1 gang)
Tipe1 arah
DesainMinimalis
8

PanasonicSakelar Outbow 2 Gang 1 Arah

WSJ3900

Mulai dari Rp 13.500,00

JenisSakelar outbow
TombolSeri (2 gang)
Tipe1 arah
DesainMinimalis
7
JenisSakelar outbow
TombolTunggal (1 gang)
Tipe1 arah
DesainModern, minimalis
6
JenisSakelar gantung
TombolTunggal (1 gang)
Tipe1 arah
DesainMinimalis
5

BardiSmart Wall Switch EU 3 Gang – WHT/BLK

Mulai dari Rp 208.000,00

JenisSakelar inbow
TombolSeri (3 gang)
Tipe1 arah
DesainModern, minimalis
4
JenisSakelar inbow
TombolSeri (4 gang)
Tipe2 arah
DesainModern, mewah, minimalis
3
JenisSakelar gantung
TombolTunggal (1 gang)
Tipe1 arah
DesainMinimalis
2

SwimseivsSaklar Dinding Soket 5 Premium Gold Golden Brushed 1 Gang 1 Way

Mulai dari Rp 36.000,00

JenisSakelar inbow
TombolTunggal (1 gang
Tipe1 arah
DesainModern, mewah, minimalis
1
JenisSakelar inbow
TombolTunggal (1 gang)
Tipe1 arah
DesainModern, minimalis

Baca juga rekomendasi produk lampu di sini

Dari rekomendasi produk di atas, apakah Anda sudah menemukan sakelar lampu rumah yang Anda inginkan? Selain sakelar, ada baiknya jika Anda membeli lampu sekaligus. Untuk rekomendasi produk lampu terbaik, Anda bisa membacanya di tautan berikut ini. 

Kesimpulan

Sakelar lampu rumah mungkin tergolong barang yang terlihat sepele. Namun, jika Anda membeli produk yang tepat, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam penggunaan. Selain itu, kualitas produk yang baik juga memengaruhi faktor keamanan serta keawetannya.


Semoga tips dan rekomendasi kami kali ini dapat membantu Anda dalam menemukan produk sakelar lampu rumah yang cocok. Kami sangat senang jika Anda bisa mendapatkan barang terbaik untuk rumah idaman Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lampu Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lampu adalah barang esensial yang diperlukan, khususnya saat malam hari atau keadaan minim cahaya. Lampu membantu menerangi suatu area atau ruangan tertentu. Agar lampu berfungsi maksimal, pilihlah lampu yang jelas kualitasnya. Untuk itu, jatuhkanlah pilihan Anda pada lampu Philips yang sudah terkenal akan kualitasnya.Lampu merek Philips memiliki beragam tipe dan varian. Lalu, jenis lampu Philips mana yang tepat untuk kebutuhan Anda? Untuk menjawabnya, silakan simak ulasan lengkap mengenai lampu Philips di sini. Kami akan memberikan tips memilih lampu Philips yang bagus serta ulasan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Selamat membaca!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Plafon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Plafon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pencahayaan memegang peran penting dalam desain sebuah ruangan. Tak hanya membuat ruangan menjadi terang, pencahayaan yang tepat dapat menonjolkan kesan tertentu pada sebuah ruangan. Ada beragam jenis lampu yang dapat memberikan pencahayaan di dalam ruangan, salah satunya lampu plafon.  Anda dapat menemukan berbagai model dan merek lampu plafon yang bagus di pasaran. Agar tak bingung memilih, kami sudah menyiapkan tips memilih lampu plafon terbaik. Anda juga dapat menemukan rekomendasi produk lampu plafon dari in-Lite, Phillips, juga berbagai merek ternama lainnya dalam artikel ini. Baca sampai selesai, ya.
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Senter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Senter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lampu senter adalah alat yang diperlukan ketika melakukan aktivitas atau pekerjaan di tempat gelap. Lampu senter sangat berguna sebagai persiapan menghadapi kondisi darurat, bahkan bencana. Karena itu, alat penerang ini wajib tersedia di setiap rumah.Di pasaran, Anda akan menemui lampu senter LED atau pijar dalam ukuran dan tingkat pencahayaan yang berbeda-beda. Anda mungkin akan bingung saat memilihnya. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih lampu senter yang bagus. Produk senter terbaik dari merek Krisbow, Olight, dan Luby ada dalam rekomendasi kami. Baca artikel ini sampai habis, ya!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Senter merupakan alat penerangan yang dapat digunakan saat malam hari dan keadaan darurat. Salah satu jenis senter yang cukup populer adalah senter LED. Harga senter ini beragam, tergantung pada merek dan fitur yang ditawarkan. Kali ini kami akan memberikan tips memilih lampu senter LED terbaik untuk Anda. Kami juga akan membagikan rekomendasi senter LED yang bagus dan awet, seperti merek Fenix, Naturehike, dan Eiger. Anda bisa menemukan senter LED superterang di produk rekomendasi kami. Yuk, baca artikel ini hingga tuntas dan temukan senter LED terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Fitting Lampu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Fitting Lampu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Fitting lampu adalah salah satu bagian penting dalam instalasi lampu. Anda tidak akan dapat memasang lampu jika tidak ada komponen ini. Ada banyak jenis fitting lampu, dari gantung, plafon, hingga yang diberi colokan. Ukurannya pun beragam. Ada produk dengan fitting E27 dan E40. Bahkan, ada yang ukurannya kecil, seperti E12 dan E14.Kali ini kami akan berbagi tips memilih dan merekomendasikan produk fitting lampu. Anda bisa menemukan produk dari merek fitting lampu yang bagus, seperti Broco, Panasonic, dan Galvee. Baca artikel ini sampai tuntas agar Anda mendapatkan fitting lampu terbaik!
    Lampu
  • 10 Lampu Dinding Outdoor Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lampu Dinding Outdoor Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Lampu dinding outdoor adalah lampu yang didesain sedemikian rupa untuk dipasang di luar ruangan. Karena dipasang untuk outdoor, lampu dinding ini memiliki beberapa keunggulan, misalnya bisa dioperasikan dengan tenaga surya atau bersifat waterproof. Anda dapat mencari lampu dinding outdoor bergaya modern, klasik, dan minimalis berbentuk bulat ataupun kotak. Kami akan memberikan poin penting sebelum Anda membeli lampu dinding outdoor yang bagus. Selanjutnya, beragam lampu dinding outdoor dari merek terkenal seperti Philips juga akan kami ulas. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian.
    Lampu
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori