• 10 Rekomendasi Cat Minyak Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Cat Minyak Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Cat Minyak Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Cat Minyak Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Cat Minyak Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Cat Minyak Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Cat minyak adalah salah satu jenis cat yang sering digunakan melukis di atas kanvas. Cat minyak banyak disukai karena memberikan hasil lukisan yang mendetail. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba melukis dengan cat minyak, inilah artikel yang tepat untuk Anda. 


Artikel ini mengulas tentang cat minyak, mulai dari tips memilih hingga rekomendasi produk cat minyak yang bagus. Produk cat minyak dari merk ternama, seperti Marie's, Winsor & Newton, dan Reeves juga akan kami bahas di sini. Jadi, silakan baca artikel ini sampai habis dan temukan produk yang tepat untuk Anda. 

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa itu cat minyak?

Apa itu cat minyak?

Cat minyak (oil paint) adalah cat yang terbuat dari partikel pigmen yang diikat dengan media minyak. Untuk itu, dalam penggunaannya cat minyak biasanya membutuhkan medium pengencer berbasis minyak. 


Medium pengencer ini membuat cat minyak dapat menghasilkan gradasi warna yang sangat beragam. Bahkan, variasi gradasi warna cat minyak adalah yang paling banyak dibandingkan cat akrilik dan cat air. Di sisi lain, cat minyak juga banyak digemari karena bisa memberikan tekstur dan detail yang mengagumkan pada lukisan. 


Namun, cat minyak juga memiliki beberapa kelemahan. Pertama, cat minyak memiliki bau yang menyengat dan teknik penggunaan yang sulit. Oleh karena itu, tak jarang beberapa orang beralih ke cat akrilik atau cat air. Kedua, dibandingkan dua jenis cat lukis lainnya, cat minyak adalah cat yang paling lama keringnya. Untuk kering sempurna, ada cat minyak yang bahkan membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan. 

Cara memilih cat minyak

Di pasaran, ada banyak sekali produk cat minyak yang beredar. Untuk memilih produk yang tepat, sebaiknya Anda simak cara memilih cat minyak berikut ini. 

Pilih kualitas cat minyak sesuai tujuan penggunaan

Cat minyak yang dijual di pasaran memiliki kualitas yang berbeda-beda. Secara garis besar, ada tiga tingkatan kualitas cat minyak. Dalam memilihnya, Anda bisa menyesuaikannya dengan tujuan penggunaan.

Studio quality, biasanya digunakan oleh para pemula

Studio quality, biasanya digunakan oleh para pemula

Studio quality adalah cat minyak dengan kualitas paling standar. Cat minyak ini merupakan cat minyak untuk pemula, bagus tidaknya kualitas pigmen tidak jadi masalah. 


Dari segi ketahanan, cat minyak studio quality biasanya bisa bertahan hingga lima tahun atau lebih, tergantung penyimpanannya. Setelah kurun waktu tersebut, warna cat bisa menjadi kusam atau memudar. Dari segi harga, cat minyak studio quality juga memiliki harga yang paling ekonomis dibandingkan dua level cat minyak lainnya. 


Berikut ini adalah beberapa brand yang memiliki produk dengan tipe studio quality: 

  • Cat minyak lukis Marie's 
  • Cat minyak lukis Reeves
  • Cat minyak lukis Greco
  • Cat minyak lukis Art Creation dari Royal Talens

Fine quality, bisa disimpan dalam jangka waktu yang panjang

Fine quality, bisa disimpan dalam jangka waktu yang panjang

Cat minyak dengan fine quality memiliki kualitas pigmen yang jauh lebih baik dibandingkan studio quality. Pigmennya dapat bertahan hingga sepuluh tahun dengan penyimpanan yang baik. Selain itu, dari segi harga, cat minyak ini memiliki harga yang relatif terjangkau.


Berikut ini adalah beberapa contoh brand yang memiliki produk fine quality:

  • Cat minyak lukis Winton dari Winsor & Newton
  • Cat minyak lukis Van Gogh dari Royal Talens
  • Cat minyak lukis Georgian dari Daler-Rowney

Artist quality, cat minyak dengan kualitas terunggul

Artist quality, cat minyak dengan kualitas terunggul

Cat minyak artist quality adalah cat minyak dengan kualitas terunggul. Pigmen yang digunakan biasanya merupakan pigmen murni atau hampir murni. Untuk itu, daya tahannya tergolong sangat baik dan tidak mudah pudar. Warna yang dihasilkan pun lebih solid dan terang dengan banyak variasi warna. 


Namun, tentunya harga akan berbanding lurus dengan kualitas produk yang dimiliki. Jadi, jangan heran kalo harga cat minyak artist quality tergolong mahal. 


Nah, berikut ini adalah beberapa brand yang memiliki produk artist quality:

  • Rembrandt Oil Color dari Royal Talens
  • Artisan dari Winsor & Newton
  • Le Franc Oil Color dari Lefranc Borgeouis

Periksalah variasi warnanya

Periksalah variasi warnanya

Para produsen cat minyak biasanya mengemas cat minyak dalam dua bentuk, yakni kemasan set dan satuan. Di pasaran, cat minyak yang dijual satuan lebih banyak diminati. Hal ini karena cat minyak sangat mudah dicampur atau dibuat gradasi warna. Anda bisa membuat warna-warna baru dengan kreativitas Anda. 


Untuk itu, yang perlu Anda perhatikan dalam memilih cat minyak adalah variasi warna apa saja yang perlu Anda miliki. Untuk warna basic, tentunya Anda wajib memiliki warna hitam dan putih. 


Kemudian, pilih juga turunan warm tone dan cool tone dari tiga warna utama, merah, kuning, dan biru. Turunan warna tersebut di antaranya cadmium red, alizarin crimson, ultramarine blue, phthalo blue, cadmium yellow, dan yellow ochre. Palette warna tersebut sudah cukup bagi Anda untuk membuat warna-warna lainnya yang mungkin dibutuhkan saat melukis. 


Namun, jika ternyata Anda banyak membuat lukisan pemandangan, tak ada salahnya menambah beberapa koleksi warna yang terkait dengan alam. Misalnya, variasi warna coklat, seperti burnt umber dan raw sienna atau variasi warna hijau, seperti viridian. 

Perhatikan medium pengencer cat minyak

Perhatikan medium pengencer cat minyak

Jika pada cat air atau cat akrilik dibutuhkan air sebagai medium pengencer, lain halnya dengan cat minyak. Cat minyak membutuhkan medium pengencer khusus yang berbahan dasar minyak. Medium pengencer ini memengaruhi waktu pengeringan pada cat minyak. 


Ada empat macam pengencer untuk cat minyak, yakni refined linseed oil (linoil), painting medium, liquin, dan poppy oil. Dari keempat jenis medium pengencer tersebut, yang paling lama kering adalah jenis linoil. Lalu, medium pengencer yang paling cepat kering adalah liquin. Sementara itu, painting medium dan poppy oil kecepatan keringnya ada di level menengah. 

Pertimbangkan juga mengenai opacity cat minyak

Pertimbangkan juga mengenai opacity cat minyak

Salah satu kelebihan cat minyak adalah Anda dapat menutupi warna yang salah dengan menumpuknya dengan warna baru. Namun, dalam hal ini Anda perlu memperhatikan opacity dari tiap warna cat minyak.


Opacity cat sendiri berbicara tentang keburaman cat. Makin buram sebuah warna cat, makin baik warna tersebut menutupi area yang ada di bawahnya. Nah, dalam cat minyak, ada empat level opacity, yakni transparent, semi-transparent, semi-opaque, dan opaque. Transparent adalah warna yang sedikit sekali buramnya, sedangkan opaque adalah warna yang tingkat buramnya sangat tinggi.


Lalu, bagaimana cara mengetahui tingkat opacity suatu warna? Anda dapat melihat simbol opacity pada tube produk. Beberapa merek cat minyak biasanya menyertakan kode opacity di kemasannya berupa simbol kotak atau lingkaran. Ada gambar yang diwarnai penuh, diberi garis diagonal, setengah diwarnai, atau kosong sama sekali. Sebelum membeli cat minyak, pastikan Anda membaca simbol opacity-nya, ya.


Gambar yang diwarnai penuh berarti opacity warnanya opaque (pekat). Gambar yang hanya diberi garis diagonal artinya semi-transparent. Jika simbolnya setengah diwarnai, berarti opacity warna tersebut adalah semi-opaque. Sementara itu, jika hanya ada gambar kotak atau lingkaran, berarti opacity warna tersebut adalah transparent. 

10 Rekomendasi cat minyak terbaik

Setelah mengetahui cara memilihnya, kini saatnya Anda melihat rekomendasi produk dari kami. Ada sepuluh produk terbaik yang kami ulas untuk Anda. Selamat membaca!

10
Isi21 ml
KualitasStudio
Variasi warna Cadmium red
OpacityTidak ada keterangan
9

Daler-RowneyGeorgian Oil Colour Cadmium Orange Hue

Mulai dari Rp 188.000,00

Isi225 ml
KualitasFine
Variasi warna Cadmium Orange Hue
OpacityTransparent
8
Isi12 tube (@12 ml)
KualitasStudio
Variasi warna Set 12 warna (titanium white, lemon yellow, yellow ochre, vermillion, scarlet, burnt sienna, burnt umber, emerald green, viridian, ultramarine, phthalo blue, black)
OpacityTransparent, semi-opaque, dan opaque
7

PebeoFine Studio XL Oil Burnt Sienna

Mulai dari Rp 125.000,00

Isi200 ml
KualitasFine
Variasi warna Burnt Sienna
OpacityOpaque
6
Isi24 tube (@10 ml)
KualitasStudio
Variasi warna Set 24 warna ( titanium white, lemon yellow, medium yellow, deep yellow, orange, flesh tint, brilliant red, crimson, magenta, rose madder, violet, cerulean blue hue, cobalt blue, phthalo blue, ultramarine, permanent green light, sap green, viridian hue, yellow ochre, burnt sienna, raw umber, burnt umber, payne's gray, and ivory black)
OpacityTidak ada keterangan
5

Lefranc BourgeoisSet of 12 Oil Colours

Mulai dari Rp 175.000,00

Isi12 tube (@10 ml)
KualitasFine
Variasi warna Set 12 warna (lemon yellow, primary yellow, primary red, carmine, primary blue, ultramarine blue, light green, sap green, yellow ochre, burnt sienna, ivory black, titanium white)
OpacityTransparent, semi-opaque, opaque
4

Royal TalensRembrandt Oil Colour Tube 40 ml Sap Green 623

Mulai dari Rp 210.000,00

Isi40 ml
KualitasArtist
Variasi warna Sap green
OpacityTransparent
3

Winsor & NewtonArtists' Oil Colour Blue Black

Mulai dari Rp 184.000,00

Isi37 ml
KualitasArtist
Variasi warna Blue Black
OpacitySemi-opaque
2
Isi40 ml
KualitasArtist
Variasi warna Yellow Ochre
OpacitySemi-opaque
1

Royal TalensVan Gogh Oil Colour Titanium white (safflower oil) 105

Mulai dari Rp 118.000,00

Isi40 ml
KualitasFine
Variasi warna Titanium white
OpacityOpaque

Tabel perbandingan produk cat minyak terbaik

Gambar produk
1
Royal Talens Van Gogh Oil Colour Titanium white (safflower oil) 105 1

Royal Talens

2
Maimeri Maimeri Puro Yellow Ochre 1

Maimeri

3
Winsor & Newton Artists' Oil Colour Blue Black 1

Winsor & Newton

4
Royal Talens Rembrandt Oil Colour Tube 40 ml Sap Green 623 1

Royal Talens

5
Lefranc Bourgeois Set of 12 Oil Colours 1

Lefranc Bourgeois

6
Reeves Oil Color 24 1

Reeves

7
Pebeo Fine Studio XL Oil Burnt Sienna 1

Pebeo

8
Marie's Oil Colour Set 1

Marie's

9
Daler-Rowney Georgian Oil Colour Cadmium Orange Hue 1

Daler-Rowney

10
Greco Oil Color Cadmium Red 1

Greco

Nama produk

Van Gogh Oil Colour Titanium white (safflower oil) 105

Maimeri Puro Yellow Ochre

Artists' Oil Colour Blue Black

Rembrandt Oil Colour Tube 40 ml Sap Green 623

Set of 12 Oil Colours

Oil Color 24

Fine Studio XL Oil Burnt Sienna

Oil Colour Set

Georgian Oil Colour Cadmium Orange Hue

Oil Color Cadmium Red

Keunggulan

Hasil lukisan lebih glossy dan cepat kering

Komposisi murni, hanya mengandung pigmen dan minyak

Cat minyak artist quality dengan warna yang awet dan tak mudah luntur

Produk kualitas tinggi untuk ketahanan warna yang baik

Diproduksi dengan standar yang ketat, khususnya terkait toksikologi

Ada 24 warna! Tak perlu repot dengan pencampuran warna

Isi produknya banyak, tidak perlu takut cepat habis

Set warna lengkap untuk Anda yang gemar melukis pemandangan

Minim bau menyengat, lebih nyaman saat melukis

Produk pilihan untuk Anda yang baru belajar memakai cat minyak

Harga mulai dariRp 118.000,00Rp 237.600,00Rp 184.000,00Rp 210.000,00Rp 175.000,00Rp 243.000,00Rp 125.000,00Rp 55.000,00Rp 188.000,00Rp 24.000,00
Isi40 ml40 ml37 ml40 ml12 tube (@10 ml)24 tube (@10 ml)200 ml12 tube (@12 ml)225 ml21 ml
KualitasFineArtistArtistArtistFineStudioFineStudioFineStudio
Variasi warna Titanium whiteYellow OchreBlue BlackSap greenSet 12 warna (lemon yellow, primary yellow, primary red, carmine, primary blue, ultramarine blue, light green, sap green, yellow ochre, burnt sienna, ivory black, titanium white)Set 24 warna ( titanium white, lemon yellow, medium yellow, deep yellow, orange, flesh tint, brilliant red, crimson, magenta, rose madder, violet, cerulean blue hue, cobalt blue, phthalo blue, ultramarine, permanent green light, sap green, viridian hue, yellow ochre, burnt sienna, raw umber, burnt umber, payne's gray, and ivory black) Burnt SiennaSet 12 warna (titanium white, lemon yellow, yellow ochre, vermillion, scarlet, burnt sienna, burnt umber, emerald green, viridian, ultramarine, phthalo blue, black)Cadmium Orange HueCadmium red
OpacityOpaqueSemi-opaqueSemi-opaqueTransparentTransparent, semi-opaque, opaqueTidak ada keteranganOpaqueTransparent, semi-opaque, dan opaqueTransparentTidak ada keterangan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi cat dan peralatan melukis lainnya di sini

Selain cat minyak, ada juga cat air dan cat akrilik yang dapat Anda gunakan untuk melukis. Anda dapat melihat artikel mengenai kedua cat tersebut di bawah ini. Bahkan, kami juga memiliki komendasi artikel tentang peralatan melukis lainnya di sini. 

Kesimpulan

Cat minyak memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dua jenis cat lukis lainnya. Untuk itu, dalam cara memilihnya pun Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Kualitas pigmen, variasi warna, hingga medium pengencer cat minyak adalah beberapa yang perlu Anda ketahui.


Setelah mengetahui cara memilih yang tepat, Anda bisa melihat produk rekomendasi kami sebagai bahan referensi. Semoga tips dan ulasan produk di atas dapat membantu Anda menemukan cat minyak yang tepat. Selamat berkarya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilihan cat tembok untuk kamar berbeda dengan area luar. Anda membutuhkan cat interior untuk area indoor, sedangkan untuk outdoor Anda membutuhkan cat exterior. Keunggulan cat tembok pun beragam. Ada cat yang mudah dibersihkan, anti noda, hingga tahan cuaca ekstrem.Kami akan berbagi tips agar Anda mendapatkan cat dinding dengan kualitas warna yang bagus. Kami juga merekomendasikan berbagai merek cat tembok paling bagus, seperti Dulux, Nippon Paint, Jotun, Danapaint, dan Paladin. Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar. Temukan cat tembok yang tahan lama dan pas untuk Anda!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Pewarna pakaian alias wantex atau wenter tidak hanya untuk pakaian baru. Namun, pewarna pakaian juga bisa digunakan untuk pakaian lama karena warna pakaian tidaklah permanen. Pakaian lama terkadang terlihat usang dan pudar, terutama warna putih atau hitam. Pewarnaan ulang dapat menjadikannya tampak seperti baru.Anda dapat menemukan produk pewarna pakaian dengan beragam merek. Merek wantex terbaik yang bisa Anda temukan, antara lain, adalah Dylon, Nilon, dan Bulan Sabit. Maka dari itu, kami membahas cara memilih dan rekomendasi pewarna pakaian yang bagus. Anda bisa langsung membacanya pada artikel berikut.
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Bata Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bata Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Seiring dengan perkembangan zaman, material bangunan pun mengalami banyak perubahan, misalnya saja bata ringan. Bata ringan kini menjadi bahan bangunan yang banyak dipakai untuk dinding, menggantikan bata merah dan batako. Karakteristiknya yang tahan air, tahan api, dan ringan membuat bahan ini kian diminati oleh banyak kalangan. Meski begitu, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli. Kami akan menjelaskannya untuk Anda dan merekomendasikan sepuluh produk yang bagus, seperti bata ringan Citicon, Bricon dan sebagainya. Simak informasinya dan tentukan produk pilihan Anda!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Plamir tembok adalah cairan putih campuran kalsium, lem, dan air yang digunakan untuk melapisi tembok. Material ini merupakan bahan penting dalam proses pengecatan dinding. Beberapa produk bahkan memiliki komposisi yang antiair sehingga dapat membuat cat tembok tidak mudah mengelupas. Meski memiliki fungsi yang penting, sebagian dari Anda mungkin belum mengenal produk yang satu ini. Oleh sebab itu, kami akan membagikan tips agar Anda mendapatkan plamir tembok yang bagus. Simak juga berbagai merek plamir tembok populer, seperti Dulux, Avian, Nippon Paint, dan lainnya. 
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terminal listrik atau power strip biasa digunakan untuk memperbanyak stopkontak (colokan) di rumah Anda. Alat ini sangat membantu ketika Anda ingin menggunakan banyak peralatan elektronik sekaligus. Terminal listrik kini hadir dengan berbagai fitur, seperti terminal listrik dengan USB port, kabel roll, dan banyak lagi.Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi terminal listrik yang telah kami pilih dengan saksama. Terminal listrik merek YUNIOR, Broco, ECLE, BARDI, hingga Xiaomi ada di sini. Simak sampai akhir, ya!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Cat Akrilik Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cat Akrilik Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    Kebanyakan orang menjadikan cat air atau cat minyak sebagai alat lukis. Namun, saat ini cat akrilik mulai menjadi alat lukis alternatif, baik untuk kain, kanvas, maupun plastik. Nah, apakah Anda sudah mengetahui cara memilihnya? Di pasaran cat akrilik hadir dalam berbagai merk, seperti Liquitex, Joyko, atau Reeves.Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih cat akrilik yang bagus dan tepat. Tentunya, kami juga akan memberikan rekomendasi cat akrilik terbaik untuk Anda. Agar makin yakin, simak juga komentar watercolorist dan illustrator, Karina Doniho, di artikel ini, ya!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Cat Genteng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cat Genteng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda tak harus membeli rumah baru untuk mendapatkan suasana rumah yang fresh. Terkadang, Anda hanya harus mengganti warna cat gentengnya. Di artikel ini, kami akan memberikan tips dalam memilih cat genteng yang bagus. Tak hanya itu, kami akan memberikan rekomendasi dari beberapa merk cat terbaik, seperti Propan, Mowilex, Avian Brands, Yoko, Avitex, dan masih banyak lagi.Mungkin cara memilih cat genteng terkesan mudah, tetapi sebenarnya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, lho. Jenis cat, warna, hingga daya sebarnya, semua penting. Ayo baca dan jadikan genteng mengkilap seperti baru!
    Cat & perlengkapan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori