mybest
Bumbu instan

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Bumbu Munik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Bumbu Munik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Bumbu Munik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Bumbu Munik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Bumbu Munik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Bumbu Munik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Bumbu Munik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023)

Kuliner Indonesia sangat terkenal dengan masakannya yang kaya akan rempah-rempah. Sayangnya, untuk mengolah makanan tersebut dibutuhkan banyak bahan dan waktu yang lama untuk menyiapkan bumbu-bumbunya. Namun, saat ini Anda tak perlu repot lagi karena sudah tersedia bumbu instan seperti bumbu merek Munik.


Ada beberapa jenis bumbu Munik, seperti bumbu Rendang, Soto Betawi, atau Ayam Goreng. Memasak jadi makin simpel dan tidak repot berkat bumbu ini. Kami akan membahas cara memilih serta merekomendasikan produk bumbu Munik yang enak. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari. Mari disimak!

Diperbaharui 11-25-2022
Laire Siwi Mentari
Pakar
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 8 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur. Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Profil Laire Siwi Mentari
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar dalam artikel ini meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bumbu Munik

Ada banyak sekali ragam dan jenis bumbu Munik yang akan Anda temukan di pasaran. Supaya Anda bisa membeli bumbu yang tepat untuk masakan dan hidangan Anda, perhatikan dahulu tips dari kami. 

① Pilih bumbu Munik berdasarkan jenisnya

Selain bumbu instan, ternyata ada beberapa jenis bumbu Munik lainnya. Yuk, cari tahu jenis bumbu Munik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Bumbu masak instan, memasak jadi makin praktis dan cepat

Bumbu masak instan, memasak jadi makin praktis dan cepat
Sumber: sarimunik.com

Masakan Asia, terutama Nusantara, mayoritas menggunakan bumbu rempah yang beragam. Karena itu, proses pembuatannya cukup memakan waktu, mulai dari menyiapkan bahan sesuai takaran, mengupas, memotong, menggiling, hingga memasaknya.


Untuk beberapa orang yang hidup di era yang serbacepat, proses-proses tersebut terasa sangat merepotkan. Nah, bumbu masak instan kini bisa menjadi solusi jika Anda ingin mengolah makanan sendiri tanpa harus repot di dapur.


Bumbu masak instan merupakan produk bumbu Munik yang paling populer. Jenis bumbu masak yang ditawarkan juga sangat variatif, mulai dari bumbu rendang, aneka sop, hingga bumbu ayam goreng. Dalam satu kemasan, takaran asin dan manisnya sudah pas sehingga Anda tak perlu lagi menambahkan gula atau garam.


Anda tinggal mengikuti instruksi yang terdapat di belakang kemasan untuk mendapatkan hidangan yang nikmat dan lezat. Bumbu ini sangat praktis untuk membuat masakan sehari-hari. Anda pun tak perlu kerepotan lagi menyiapkan banyak bumbu.

Bumbu dasar, mempermudah proses memasak

Bumbu dasar putih, kuning, dan merah merupakan inti berbagai hidangan khas Nusantara. Cukup dengan bumbu-bumbu ini, Anda bisa memasak berbagai masakan, mulai dari yang simpel hingga sulit. Contohnya saja, bumbu dasar kuning bisa dipakai untuk memasak ayam goreng, soto, gulai, atau opor.


Sesuai namanya, bumbu ini hanya berisi bahan dasar saja. Jadi, untuk mengolah soto atau opor, Anda mungkin masih membutuhkan bahan lain, misalnya santan. Namun, adanya bumbu dasar ini membuat proses memasak jadi lebih cepat dan mudah. Anda pun tidak perlu mempersiapkan dan melalui proses sebelum memasak seperti mengupas dan menghaluskan bumbu yang cukup merepotkan.

② Cobalah varian bumbu Munik yang terpopuler

Pilihan bumbu yang bervariasi membuat Anda jadi memiliki opsi setiap kali ingin memasak. Dengan begitu, hidangan di rumah pun bisa bergonti-ganti setiap hari dengan menu favorit agar tidak membosankan.


Dari 39 jenis bumbu masak instan yang dimiliki bumbu Munik, terdapat beberapa varian bumbu terpopuler. Jika bingung mencoba yang mana, Anda bisa mulai mencobanya dari varian yang ada di bawah ini:


a. Bumbu Munik Rendang

Rendang merupakan salah satu makanan yang kaya akan rempah dan terkenal kenikmatannya. Namun, proses memasaknya tidaklah mudah dan memakan waktu lama. Lewat bumbu ini, Anda bisa menghasilkan rendang rumahan yang lezat dan kaya rasa hanya dengan mengikuti panduan memasaknya.

 
b. Bumbu Munik Soto Betawi

Bumbu ini juga banyak diminati karena rasanya yang mirip dengan soto Betawi ala restoran. Anda tak perlu repot lagi menumis bumbu karena bumbu sudah siap langsung dicampur ke dalam rebusan daging. Selain itu, terdapat rasa santan atau susu yang legit sehingga menambah kenikmatan soto Betawi Anda.

 
c. Bumbu Munik Tom Yam

Memasak tom yam memang membutuhkan banyak persiapan dan bahan. Dengan bumbu Munik Tom Yam, Anda tinggal memasukkan bumbu ke dalam air beserta bahan-bahan lainnya. Rasa asam, manis, dan segar sudah bisa Anda dapatkan hanya dengan menambahkan bumbu instan ini saja.


d. Bumbu Munik Ayam Goreng

Ayam goreng Indonesia punya rasa rempah-rempah yang kuat. Jika Anda merasa repot mengolah bumbunya, Anda tinggal memakai bumbu munik ayam goreng ini saja. Produk ini banyak disukai karena menghasilkan rasa yang enak dan gurih saat disantap.


e. Bumbu Munik Sayur Asam

Salah satu bumbu Munik yang juga populer adalah bumbu Munik Sayur Asam. Rasa kuah yang dihasilkan dari bumbu ini sangatlah fresh dan memiliki rasa asam yang menggugah selera.

③ Periksa jumlah porsi yang dapat dihasilkan dalam satu bungkus

Mengolah makanan harus sesuai dengan jumlah orang yang akan mengonsumsinya. Dengan memeriksa jumlah takaran bumbu per porsi, Anda bisa mengetahui banyaknya bumbu instan yang dibutuhkan. Jika kurang, rasa masakan akan terasa lebih hambar. Sebaliknya, jika terlalu banyak, rasa elemen lain dalam hidangan akan kalah dengan bumbu yang digunakan.


Satu bungkus bumbu Munik instan dapat menghasilkan sekitar 4–6 porsi makanan. Dalam satu bungkus, rasa asin dan manisnya sudah disesuaikan. Namun, jika Anda masih merasa kurang pas, Anda bisa menambahkan gula dan garam sesuai selera.


Untuk bumbu dasar yang dikemas dalam botol kaca, Anda bisa menakar sesuai dengan jenis masakan yang dibuat. Apabila masih terdapat sisa, cukup simpan bumbu Munik di dalam kulkas untuk digunakan kembali di kemudian hari.

④ Sesuaikan berat produk dengan kebutuhan

Sesuaikan berat produk dengan kebutuhan

Bumbu Munik hadir dalam beberapa varian berat, mulai dari 55 gram hingga 1 kg. Ukuran single pack bumbu instan juga beratnya beragam. Anda bisa menemukan bumbu nasi goreng dengan berat 55 gram atau bumbu pecel dengan berat 200 gram. Pilihlah berat yang sesuai dengan kebutuhan.


Kemasan single pack sangat cocok untuk sekali masak atau dijadikan oleh-oleh untuk saudara di luar negeri. Kemasan ini sangat efisien karena Anda tidak perlu menyimpan sisanya sehingga tidak memenuhi rak penyimpanan bumbu atau kulkas.


Namun, jika Anda hendak memasak dalam jumlah besar, pilihlah bumbu Munik dalam kemasan 1 kg. Kemasan besar ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memasak bagi keluarga besar atau perayaan khusus.

⑤ Perhatikan kemasan yang digunakan


Produk bumbu Munik hadir dalam tiga jenis kemasan sesuai dengan jenisnya. Berikut penjelasan singkatnya.


  • Untuk bumbu instan single pack, biasanya bumbu tersimpan rapat dalam vacuum seal yang dibungkus lagi dalam kertas karton. Bumbu yang dijual dalam kemasan ini adalah bumbu masakan instan untuk porsi enam orang. Jika bersisa, pindahkan sisa bumbu ke kotak penyimpanan yang rapat agar kualitas rasa dan warna bumbu tidak berubah.

  • Untuk bumbu dasar, produknya dikemas dalam botol kaca dengan berat 245 gram. Bumbu dalam botol kaca ini dapat digunakan berkali-kali sehingga lebih efisien untuk penyimpanan sehabis pakai.


  • Untuk ukuran 1 kg, bumbu Munik menggunakan kemasan vacuum seal tanpa tambahan karton. Ukurannya lebih besar dan panjang dengan kemasan yang transparan. Anda pun bisa melihat dengan jelas warna bumbu pada produk.

10 Rekomendasi bumbu Munik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bumbu Munik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sarimunik

Munik Bumbu Rendang

Sarimunik Munik Bumbu Rendang 1枚目

Masak rendang jadi lebih praktis dan tidak merepotkan

2

Sarimunik

Munik Bumbu Soto Betawi

Sarimunik Munik Bumbu Soto Betawi 1枚目

Membuat soto Betawi tidak pernah semudah ini

3

Sarimunik

Munik Bumbu Dasar Putih

Sarimunik Munik Bumbu Dasar Putih 1枚目

Masak mi goreng atau opor ayam jadi lebih cepat

4

Sarimunik

Munik Bumbu Ayam Goreng

Sarimunik Munik Bumbu Ayam Goreng 1枚目

Rasanya seenak ayam goreng buatan ibu!

5

Sarimunik

Munik Bumbu Dasar Merah

Sarimunik Munik Bumbu Dasar Merah 1枚目

Buat ayam rica-rica atau telur balado jadi makin mudah

6

Sarimunik

Munik Bumbu Tom Yam

Sarimunik Munik Bumbu Tom Yam 1枚目

Sup seafood ala Thailand yang mudah dibuat di rumah

7

Sarimunik

Munik Sup Buntut

Sarimunik Munik Sup Buntut 1枚目

Nikmati sup buntut yang lezat, makin nikmat dimakan saat hujan

8

Sarimunik

Munik Bumbu Sayur Asam

Sarimunik Munik Bumbu Sayur Asam 1枚目

Asam dan segar, pas untuk teman makan ikan asin

9

Sarimunik

Munik Nasi Hainan

Sarimunik Munik Nasi Hainan 1枚目

Punya cita rasa khas oriental yang autentik

10

Sarimunik

Munik Bumbu Pecel

Sarimunik Munik Bumbu Pecel 1枚目

Solusi makan pecel tanpa perlu repot mengulek!

Perincian produk
Close
No.1

SarimunikMunik Bumbu Rendang

Mulai dari Rp45.700,00

Masak rendang jadi lebih praktis dan tidak merepotkan

Masakan khas Minangkabau, yaitu rendang, memang terkenal dengan kenikmatannya dan diakui dunia. Sayangnya, masakan ini cukup sulit dibuat dan pembuatannya tidak praktis. Namun, dengan bumbu Munik, Anda bisa memasak rendang yang enak dan legit dengan sangat mudah. 


Anda cukup mencampurkan bumbu dengan daging, lalu memasaknya sampai empuk. Saat Lebaran tiba nanti, Anda tak perlu lagi membeli rendang. Cukup buat saja dengan bumbu Munik ini di rumah!

No.2

SarimunikMunik Bumbu Soto Betawi

Mulai dari Rp45.100,00

Membuat soto Betawi tidak pernah semudah ini

Di Indonesia, masakan bertema soto memiliki banyak ragam dan jenis, salah satunya soto Betawi. Makanan jenis ini memiliki rasa yang gurih dengan adanya tambahan santan atau susu di dalamnya. Kuahnya identik dengan tekstur yang lebih kental dan berwarna kuning keemasan. 


Bumbu Munik soto Betawi merupakan produk yang akan membantu memudahkan Anda dalam membuat soto Betawi di rumah. Bila Anda lebih menyukai kuah yang gurih dan creamy, kami merekomendasikan bumbu satu ini untuk Anda. 

No.3

SarimunikMunik Bumbu Dasar Putih

Mulai dari Rp22.600,00

Masak mi goreng atau opor ayam jadi lebih cepat

Bumbu dasar putih adalah salah satu bumbu wajib yang harus selalu ada di dapur Anda. Dengan bumbu dasar ini, Anda bisa membuat berbagai jenis masakan, seperti opor, soto Betawi, atau mi goreng. Bumbu ini berisikan bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, dan minyak. 


Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan bumbu dasar, produk ini bisa dijadikan pilihan. Anda bisa masak nasi goreng atau mi goreng untuk sarapan hanya dalam waktu singkat. Rasanya pun lebih kaya dan pastinya disukai semua anggota keluarga.

No.4

SarimunikMunik Bumbu Ayam Goreng

Mulai dari Rp37.100,00

Rasanya seenak ayam goreng buatan ibu!

Hidangan ayam goreng memang identik dengan masakan rumahan yang disukai berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, ternyata ayam goreng rumahan itu bumbunya tidak semudah yang Anda bayangkan, lho! 


Ada beberapa jenis bumbu halus yang perlu disiapkan agar rasa ayam goreng terasa nikmat dan lezat. Sekarang, Anda tak perlu repot mencari tahu resep bumbu ayam goreng khas rumahan. Dengan bumbu Munik, ayam goreng buatan Anda akan terasa sama enaknya dengan resep buatan ibu.

No.5

SarimunikMunik Bumbu Dasar Merah

Mulai dari Rp32.200,00

Buat ayam rica-rica atau telur balado jadi makin mudah

Mengulek sambal bisa jadi terasa tidak menyenangkan bagi sebagian orang, padahal maksud hati ingin membuat ayam rica-rica. Tenang saja, dengan bumbu dasar merah dari Munik ini, membuat masakan rica-rica atau balado bukan perkara sulit lagi. Anda hanya perlu menyiapkan bumbu tambahan sesuai selera. Tinggal tambahkan ke ayam atau telur, jadilah masakan pedas yang menggugah selera!

No.6

SarimunikMunik Bumbu Tom Yam

Mulai dari Rp45.100,00

Sup seafood ala Thailand yang mudah dibuat di rumah

Jika sebelumnya kami merekomendasikan sup asam dari Indonesia, ada juga sup asam khas Thailand, yaitu tom yam. Produk bumbu Munik Tom Yam ini merupakan salah satu bumbu favorit karena rasanya yang asam dan menyegarkan. 


Berbeda dengan sayur asam, tom yam memiliki sedikit rasa seafood dan pedas di dalamnya. Jika Anda menyukai rasa pedas, Anda wajib mencoba bumbu ini. Rasanya pasti tak akan berbeda jauh dengan tom yam yang ada di restoran!

No.7

SarimunikMunik Sup Buntut

Mulai dari Rp39.600,00

Nikmati sup buntut yang lezat, makin nikmat dimakan saat hujan

Hidangan berkuah memang enak dimakan kapan saja, terlebih saat hari hujan. Jika Anda ingin menyajikan hidangan berkuah yang istimewa, Anda bisa menggunakan produk ini. Bumbu Sup Buntut dari Munik ini akan menjadikan hidangan sup buntut buatan Anda jadi lebih istimewa. Jika ditambah sambal, rasanya pasti jadi makin menggugah selera!

No.8

SarimunikMunik Bumbu Sayur Asam

Mulai dari Rp37.100,00

Asam dan segar, pas untuk teman makan ikan asin

Agar bisa masak sayur asam dengan cepat dan enak, beli saja bumbu Munik satu ini. Hasil akhirnya akan tercipta sayur asam dengan warna keruh kecokelatan yang menggoda serta rasa asam yang menyegarkan. 


Campurkan bumbu ini dengan berbagai jenis bahan tambahan, seperti melinjo, kacang panjang, dan jagung. Kemudian, tambahkan ikan asin, ikan goreng, atau sekadar tempe dan tahu goreng untuk melengkapinya. Untuk Anda yang ingin makan siang ala restoran Sunda, jangan lupa untuk mencoba bumbu yang satu ini!

No.9

SarimunikMunik Nasi Hainan

Mulai dari Rp41.600,00

Punya cita rasa khas oriental yang autentik

Tak hanya masakan Indonesia, bumbu Munik juga memiliki produk untuk masakan oriental, salah satunya bumbu Nasi Hainan. Bila Anda rindu dengan nasi Hainan ala Singapura yang gurih dan sederhana, bumbu Munik punya taste yang sama. 


Dalam setiap suapan nasi Hainan, Anda akan merasakan wangi jahe dan kunyit yang membuat selera makan meningkat. Rasanya yang pas tentunya membuat Anda ingin tambah lagi dan lagi! 

No.10

SarimunikMunik Bumbu Pecel

Mulai dari Rp27.000,00

Solusi makan pecel tanpa perlu repot mengulek!

Saat pandemi, mengonsumsi makan-makanan yang sehat adalah salah satu cara untuk membangun imunitas tubuh. Untuk Anda yang tidak suka sayur, coba santap sayuran dengan bumbu pecel dari Munik ini. Kami jamin, sayuran yang Anda makan jadi lebih sedap dan menggugah selera. 


Bumbu pecel Munik ini juga memiliki ekstra daun jeruk yang membuat rasanya jadi makin wangi dan nikmat. Ketimbang makan pecel di pinggir jalan, lebih sehat dan bersih membuat sendiri di rumah, bukan?

Baca juga rekomendasi bumbu masakan lainnya di sini

Bagi Anda yang suka masak, tetapi tidak mau repot, kami masih punya rekomendasi bumbu masak lainnya. Anda bisa memilih bumbu rawon, lodeh, nasi goreng, atau jenis bumbu instan lainnya. Klik tautan di bawah ini untuk membaca artikel selengkapnya atau kunjungi langsung situs kami!

Kesimpulan

Bumbu Munik adalah bumbu instan penyelamat bagi Anda yang ingin masak, tetapi tidak mau repot. Ada banyak varian rasa dan jenis bumbu yang bisa disesuaikan dengan masakan atau hidangan Anda. 


Ada bumbu instan siap pakai, ada juga bumbu dasar untuk melengkapi masakan Anda. Seluruhnya akan membantu proses memasak di dapur jadi lebih mudah dan cepat. Akhir kata, selamat mencoba dan memasak dengan bumbu Munik!

5 Rekomendasi Bumbu Munik terbaik

No. 1SarimunikMunik Bumbu Rendang

No. 2SarimunikMunik Bumbu Soto Betawi

No. 3SarimunikMunik Bumbu Dasar Putih

No. 4SarimunikMunik Bumbu Ayam Goreng

No. 5SarimunikMunik Bumbu Dasar Merah

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer