• 10 Snack Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Snack Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Snack Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Snack Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Snack Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Snack Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)

Bingung karena anjing poodle kesayangan Anda mogok makan? Bisa jadi anak bulu Anda bosan dengan makanan utamanya, lho! Anda bisa menyelingi makanan utama dengan snack setelah anjing menginjak usia 2 bulan. Pemberian snack juga bisa memberi tambahan nutrisi atau dijadikan reward setelah melakukan trick.


Kami akan membagikan tips memilih snack anjing terbaik. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek snack anjing yang bagus, seperti Pedigree, Prama, dan Happi Doggy. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, dr. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Ayo temukan snack yang cocok untuk anjing Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

drh. Doel
  • Pembaharuan terakhir: 22 Agustus 2021
  • 1.373 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel

drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumni Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun kemudian melanjutkan S2 Biomedik di Universitas Hasanuddin.


Setelah S2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Saat ini beliau sedang menjalani S3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih snack anjing

Snack anjing ada berbagai jenis dan memiliki manfaat yang berbeda-beda. Ayo, pahami hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan snack anjing terbaik!

Perhatikan komposisi utama dan manfaat snack anjing

Secara umum, snack untuk anjing terbagi menjadi dua kategori menurut komposisi utamanya. Kenali keduanya dan pilihlah yang paling cocok untuk anak kaki empat Anda. 

Olahan daging dan susu: Mendukung pertumbuhan anjing

Olahan daging dan susu: Mendukung pertumbuhan anjing

Umumnya, makanan utama anjing berbahan dasar daging. Hal ini dikarenakan daging merupakan sumber protein yang dibutuhkan anjing dalam pertumbuhannya. Karena serupa dengan makanan utamanya, snack dengan komposisi utama olahan daging biasanya akan disukai anjing.


Beberapa jenis makanan anjing juga mengandung olahan susu, terutama makanan untuk anjing usia 2–18 bulan. Kandungan kalsium dalam susu sangat penting untuk pertumbuhan, apalagi untuk anjing usia 2–18 bulan. Selain itu, susu juga menjaga kekuatan tulang anjing, terutama untuk anjing yang aktif bergerak. 


Sayangnya, terlalu sering memberikan snack bercita rasa daging bisa membuat anak bulu Anda merasa bosan. Selain itu, biasanya hanya cita rasa daging tertentu saja yang disukai anjing. Jadi, agar tidak sia-sia, pilih cita rasa snack yang disukai anjing Anda, ya! Untuk pertama kali Anda bisa memberikan snack dari beragam cita rasa daging untuk mengetahui kesukaan anjing Anda.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Snack yang berasal dari olahan daging dan susu diberikan sebagai pelengkap pakan apabila kebutuhan nutrisi belum cukup memenuhi untuk tumbuh-kembang anjing. Olahan daging yang baik adalah yang mengandung protein cukup untuk pertumbuhan.


Protein yang baik biasanya mengandung asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh anjing tersebut. Untuk olahan susu, sebaiknya tidak diberikan yang mengandung laktosa tinggi karena akan menyebabkan intoleransi laktosa.

Sayur dan buah: Membantu sistem pencernaan anjing

Sayur dan buah: Membantu sistem pencernaan anjing

Konsumsi sayur dan buah juga sangat penting untuk menyeimbangkan diet anak bulu kesayangan Anda. Tidak hanya itu, konsumsi sayur dan buah-buahan bermanfaat untuk pencernaan anjing. Terlebih lagi, kalorinya yang rendah tidak akan menyebabkan anjing mengalami obesitas. 


Sayur dan buah-buahan tertentu juga punya manfaat yang baik untuk anjing, salah satu contohnya buah labu. Tidak hanya enak, buah ini juga sangat menyehatkan untuk anjing. Labu mengandung serat dan vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan bulu anjing. Jika tidak telaten menyiapkannya sendiri, Anda beli saja snack yang terbuat dari bahan ini. 

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Sayur dan buah mengandung vitamin, mineral, dan serat tinggi. Pemberian buah dan sayuran hanya dilakukan secara berkala dan dalam jumlah kecil. Umumnya konsumsi sayur dan buah hanya 10% dari kebutuhan nutrisi anjing. Serat pada sayur dan buah merupakan serat alami yang sangat bergizi dan lebih baik daripada serat yang berasal dari biji-bijian.


Serat yang tinggi pada labu sangat baik untuk sistem pencernaan. Labu mengandung asam lemak yang baik untuk kulit dan bulu. Selain itu, labu juga mengandung beta-karoten, antioksidan, dan mineral.

Carilah snack yang teksturnya disukai anjing Anda

Tidak seperti makanan utama anjing, tekstur snack anjing lebih beragam. Mari pahami beberapa jenisnya berikut ini.

Tekstur lembek atau kenyal, menjaga kesehatan gigi anjing

Tekstur lembek atau kenyal, menjaga kesehatan gigi anjing

Snack anjing kebanyakan bertekstur lembek dan kenyal. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan gigi karena snack dapat menjangkau hingga gigi bagian dalam yang sulit dibersihkan. 


Selain itu, snack bertekstur lembek dan kenyal lebih aman untuk anjing, terutama untuk anak anjing. Pasalnya, snack yang bertekstur lembek akan lebih mudah dicerna dan memperkecil risiko anjing tersedak


Snack bertekstur lembek umumnya punya pilihan rasa yang lebih bervariasi, mulai dari daging hingga sayur dan buah. Namun, bahan utama yang dipakai untuk membuat snack bertekstur lembek adalah pati, misalnya pati jagung atau singkong.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Pemberian snack dengan tekstur lembek dan kenyal, terutama pada anak anjing, lebih cepat dan mudah dikunyah serta memiliki bau yang kuat. Snack lembek juga sangat bermanfaat untuk anjing tua atau anjing yang memiliki gangguan gigi yang tidak bisa mengunyah makanan keras.


Snack tekstur lembek sebaiknya tidak mengandung pemanis buatan atau bahan kimia berbahaya lainnya yang dapat merusak kesehatan mulut hewan peliharaan Anda.

Tekstur keras, lebih awet dan tahan lama

Tekstur keras, lebih awet dan tahan lama

Ketika berusia 4 bulan, anjing akan mulai kehilangan gigi puppy dan gigi dewasanya akan mulai tumbuh. Di usia ini, umumnya mulai muncul kebiasaan menggigit barang-barang karena gusi yang gatal. Untuk menyelamatkan barang-barang dari gigitan, snack dengan tekstur yang lebih keras bisa membantu.


Selain itu, beberapa jenis snack bertekstur keras juga memiliki manfaat yang baik untuk anjing. Sebagai contoh, salah satu snack keras yang banyak digemari adalah knotted bone. Snack ini umumnya terbuat dari kulit sapi, babi, domba, kuda, atau kerbau yang dikeringkan. Dengan mengonsumsi knotted bones, anjing akan merasa puas dan cenderung tidak menggigiti barang. 


Hanya saja, memberikan snack bertekstur keras pun harus hati-hati, ya! Ketika ukurannya sudah mulai kecil, sebaiknya snack diganti karena dapat menyebabkan anjing tersedak. Tingkat kekerasannya pun harus diperhatikan agar snack tidak menghancurkan gigi anjing. Sebaiknya, pilih snack yang menjadi lembek untuk meminimalkan risiko tersedak. 

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa pemberian snack tekstur keras dapat meningkatkan kesehatan gigi dan gusi. Snack tekstur keras dapat mengurangi plak 70% akibat aktivitas mengunyah pada gigi yang bekerja secara efektif. Snack tekstur keras yang mengandung bahan alami seperti kunyit atau bahan penyegar nafas dapat mencegah bau mulut dan membunuh bakteri di mulut.

Sesuaikan kalori snack dengan ukuran anjing

Sesuaikan kalori snack dengan ukuran anjing

Setiap anjing memiliki kebutuhan kalori berbeda-beda tergantung ukuran dan bobot tubuhnya. Di samping itu, aktivitas anjing juga menjadi tolok ukur batas maksimum asupan kalori yang bisa dikonsumsi anjing. Makin berat bobot dan aktivitas anjing, berarti makin tinggi juga kalori yang dibutuhkan anjing per harinya. 


Ada standar formula khusus yang bisa dipakai untuk menghitung asupan kalori yang tepat untuk anjing Anda. Formula tersebut adalah 30 x bobot anjing (kg) + 70. Namun, perlu diingat bahwa ini merupakan formula untuk menghitung kalori keseluruhan. Porsi kalori untuk snack dalam sehari idealnya hanya 10% dari total kalori maksimum. 


Untuk dapat menghitung asupan kalori anjing Anda, ketahui dulu klasifikasi bobot anjing tersebut. Berikut ini panduan singkatnya!


  • Anjing kecil: bobot 1–10 kg, contohnya Poodle, Pomeranian, Shih Tzu, dan Chihuahua
  • Anjing medium: bobot 10–25 kg, contohnya French Bulldog, Beagle, dan Bull Terrier
  • Anjing besar: bobot 25–50 kg, contohnya German Shepherd, Rottweilers, dan Golden Retriever
  • Anjing raksasa (giant): bobot >50 kg, contohnya Bernese Mountain Dog dan Great Dane
drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Kebutuhan kalori pada setiap anjing berbeda-beda. Pemberian pakan harus disesuaikan dengan jenis, body condition score (BCS), dan aktivitasnya. Perlu diingat bahwa pemberian snack yang tidak sesuai dengan porsinya (10%) akan membawa dampak buruk pada tumbuh kembang anjing. Dampak buruk tersebut antara lain akan terjadinya obesitas dan selera makan yang menurun.


Misalnya, anjing Anda membutuhkan 500 kalori per hari. Mereka tidak boleh diberikan lebih dari 50 kalori dari snack dengan 460 kalori lainnya berasal dari makanan normalnya.

10 Rekomendasi snack anjing terbaik

Setelah mengetahui cara memilih snack anjing yang tepat, ayo simak ulasan produk berikut ini. Semoga dari daftar rekomendasi berikut ada snack yang disukai anak kaki empat Anda. Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari drh. Doel.

10

PoochliciousKuping Babi

Mulai dari Rp 35.000,00

Bahan utamaKuping babi
TeksturKenyal
VarianUtuh, strip
9
Bahan utamaKulit sapi
TeksturKeras
VarianSusu, original
8
Bahan utamaPeppermint: pati jagung, tepung beras, wheat gluten ・ Beef: daging sapi, edible gelatin, pati alami ・ Milk: susu, edible gelatin, pati alami
TeksturKeras
VarianPeppermint, Beef, Milk
7
Bahan utamaTepung gandum
TeksturKeras
VarianMilk, Chicken, Mix
6
Bahan utamaAyam, keju, susu, dan sebagainya (tergantung varian)
TeksturTidak disebutkan
VarianChicken Cheese Stick, Milky Strawberry, Spinach Cheese Stick, Milky Banana Stick, Liver Pumpkin Stick
5
Bahan utamaProtein domba, tepung beras, tepung jagung
TeksturEmpuk dan kenyal
VarianMini Neuseeland, Sensible Neuseeland, Mini Africa, Sensible Africa
4
Bahan utamaKuping kelinci
TeksturKenyal
VarianWith fur
3

Prama Delicacy SnackExotic Flavored Treats

Mulai dari Rp 19.800,00

Bahan utamaDaging ayam, pati singkong (tapioka), tepung gandum, protein kedelai
TeksturTidak disebutkan
VarianBacon, Beef, Liver, Salami, Milk, Salmon
2
Bahan utamaTepung beras, pati gandum, glycerin, gelatin
TeksturKenyal
VarianPuppy, small dog, medium dog
1
Bahan utamaPati singkong (tepung tapioka), selulosa bubuk, tepung kacang, glycerin, serat apel
TeksturLembek
VarianApple, Avocado, Milk, Mint, Orange, Strawberry

Tabel perbandingan produk snack anjing terbaik

Gambar produk
1
Happi Doggy Dental Chew Zest 1

Happi Doggy

2
Pedigree Dentastix 1

Pedigree

3
Prama Delicacy Snack Exotic Flavored Treats 1

Prama Delicacy Snack

4
Waggytail Rabbit Ear 1

Waggytail

5
Happy Dog Soft Snack  1

Happy Dog

6
JerHigh Duo Stick  1

JerHigh

7
Pet8 Dog Biscuits 1

Pet8

8
Orgo  Dental Toothbrush Chew 1

Orgo

9
T-Bone Rawhide Knotted Bone 1

T-Bone Rawhide

10
Poochlicious Kuping Babi  1

Poochlicious

Nama produk

Dental Chew Zest

Dentastix

Exotic Flavored Treats

Rabbit Ear

Soft Snack

Duo Stick

Dog Biscuits

Dental Toothbrush Chew

Knotted Bone

Kuping Babi

Keunggulan

Banyak varian rasa yang kaya manfaat

Selamat tinggal karang gigi dan plak!

Terbuat dari olahan daging ayam yang pasti disukai

Bantu bersihkan perut anjing sampai tuntas

Aromanya menggoda, pasti anjing Anda suka

Tinggi kalsium untuk bantu memperkuat tulang dan gigi

Praktis dan mudah dibawa-bawa

Bentuknya seperti sikat gigi, anak bulu pun bebas karang gigi

Barang di rumah aman, si doggy pun happy!

Aman untuk puppy ataupun anjing senior

Harga mulai dariRp 9.800,00Rp 18.400,00Rp 19.800,00Rp 13.500,00Rp 29.000,00Rp 22.500,00Rp 42.000,00Rp 22.766,00Rp 20.500,00Rp 35.000,00
Bahan utamaPati singkong (tepung tapioka), selulosa bubuk, tepung kacang, glycerin, serat apelTepung beras, pati gandum, glycerin, gelatinDaging ayam, pati singkong (tapioka), tepung gandum, protein kedelaiKuping kelinci Protein domba, tepung beras, tepung jagungAyam, keju, susu, dan sebagainya (tergantung varian)Tepung gandumPeppermint: pati jagung, tepung beras, wheat gluten ・ Beef: daging sapi, edible gelatin, pati alami ・ Milk: susu, edible gelatin, pati alami Kulit sapiKuping babi
TeksturLembek Kenyal Tidak disebutkanKenyalEmpuk dan kenyal Tidak disebutkanKerasKerasKerasKenyal
VarianApple, Avocado, Milk, Mint, Orange, StrawberryPuppy, small dog, medium dogBacon, Beef, Liver, Salami, Milk, SalmonWith furMini Neuseeland, Sensible Neuseeland, Mini Africa, Sensible AfricaChicken Cheese Stick, Milky Strawberry, Spinach Cheese Stick, Milky Banana Stick, Liver Pumpkin StickMilk, Chicken, MixPeppermint, Beef, MilkSusu, original Utuh, strip
Tautan produk

Hati-hati terhadap kandungan bahan berbahaya!

Hati-hati terhadap kandungan bahan berbahaya!

Meski anjing memiliki selera makan yang tinggi, berhati-hatilah karena tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi. Sebagai contoh, jika Anda memberi snack berbahan dasar daging, hindari memberi terlalu banyak. Pasalnya, konsumsi daging berlebihan tidak baik untuk pencernaan anjing. Ditambah lagi, bisa jadi daging yang digunakan mengandung lemak tinggi. 


Pemberian knotted bones pun harus berhati-hati karena tidak semua proses pembuatannya aman. Selain knotted bones, terkadang Anda mungkin berpikir untuk memberikan tulang sebagai kudapan. Nyatanya, menjadikan tulang sebagai snack itu berbahaya, lho! Selain bisa merusak gigi, tulang yang tidak remuk sempurna dapat tersangkut di tenggorokan.


Kemudian, kalau Anda hendak memberikan snack berupa buah-buahan, hati-hati dengan buah berbiji karena dapat menyebabkan anjing tersedak. Beberapa jenis buah juga harus dihindari, salah satunya adalah anggur. Hindari juga snack yang mengandung cokelat, kopi, atau alkohol karena ini sangat berbahaya untuk anjing. 

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Di pasaran saat ini, makanan anjing sering diiklankan sebagai makanan sehat, organik, atau alami. Namun, makanan anjing tersebut tetap mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan anjing Anda. Sebagai pemilik hewan peliharaan, penting bagi kita untuk tidak hanya melihat merek ketika produsen membuat kemasannya terlihat menarik dan terdengar sehat.


Periksa bahan-bahan yang berpotensi berbahaya ini dalam makanan anjing Anda dan hindarilah dengan cara apa pun. Khusus untuk produk daging, sebaiknya gunakan yang benar-benar daging dan bukan produk sampingan selain daging dan tulang. Produk sampingan tersebut antara lain jeroan, kaki, kuku, rambut, kulit, dan lain-lain.

Baca juga rekomendasi makanan hewan peliharaan lainnya di sini

Tidak hanya anjing, ada banyak jenis hewan peliharaan lainnya yang bisa jadi Anda miliki di rumah. Di bawah ini kami telah merangkum beberapa artikel terkait produk makanan untuk hewan peliharaan lainnya. Segera klik tautan di bawah ini dan temukanlah produk terbaik yang Anda butuhkan!

Kesimpulan

Snack adalah selingan terbaik untuk mencegah rasa bosan anjing terhadap makanan utamanya. Selain itu, snack anjing juga bisa menjadi pelengkap nutrisi sekaligus treat yang efektif untuk melatih anjing. Anda pasti senang melihat anjing Anda sehat dan pintar melakukan berbagai jenis trick, bukan?


Pada artikel kali ini, kami telah mengulas cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi produk snack terbaik. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menemukan snack si anak bulu kesayangan!

Artikel terkait

  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
    257.381 Views
  • 10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Snack kucing merupakan makanan ringan untuk kucing yang dikonsumsi disela-sela makanan utama. Seperti halnya makanan utama, snack ini juga mengandung nutrisi penunjang kesehatan untuk kucing kesayangan Anda. Disamping memenuhi kebutuhan nutrisi, pemberian snack juga sebagai selingan agar kucing tidak bosan dengan makan utamanya.Snack kucing saat ini hadir dengan beragam rasa dan manfaat. Kami akan memberi tips serta ulasan snack kucing terbaik, seperti Friskies, MeO, dan lainnya. Kami juga berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, dalam penulisan artikel ini. Penasaran? Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makanan hewan
    84.112 Views
  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing, seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merk banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merk tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
    401.911 Views
  • 10 Rekomendasi Dog Food Basah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Dog Food Basah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pemilihan dog food tentu dapat memengaruhi kesehatan anjing kesayangan Anda. Dog food yang tepat dapat meningkatkan nafsu makan anjing. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan dog food basah pada anjing yang kurang nafsu makan. Di pasaran, Anda bisa menjumpai dog food basah dari berbagai merek seperti PEDIGREE®, Black Hawk, dan ROYAL CANIN®. Agar tidak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih dog food basah. Selain itu, ada sepuluh rekomendasi produk bagus yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan anjing Anda.
    Makanan hewan
    28.666 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Landak adalah hewan omnivora yang tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri sehingga membutuhkan makanan berprotein tinggi untuk membantu menyesuaikan suhu tubuhnya. Beberapa orang sering memberi makan landak dengan makanan kucing. Namun, sebaiknya Anda memberikan makanan khusus landak sebagai makanan pokok.Makanan landak tentu dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan nutrisinya. Jika Anda bingung dalam memilihnya, ada beberapa produk yang terkenal, seperti merek Mazuri dan Star Pets. Kali ini kami akan merekomendasikan makanan landak terbaik, cara memilihnya, serta solusi jika landak mogok makan. Simak, ya!
    Makanan hewan
    33.267 Views
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Anjing membutuhkan susu untuk memenuhi nutrisi, cairan, dan menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, apalagi jika susunya mengandung laktosa yang dikhawatirkan dapat menyebabkan diare. Ada banyak jenis susu untuk anjing, mulai dari merk lokal hingga impor, seperti Royal Canin atau Ameri Pro.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk susu yang bagus untuk anjing, baik untuk anjing yang baru lahir sampai yang sudah tua. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak sampai tuntas, yuk!
    Makanan hewan
    107.435 Views
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 60%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Royal Canin, Whiskas, Friskies, hingga Fancy Feast. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
    197.514 Views
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing yang bagus adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Dalam penulisan artikel ini, kami berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Makanan hewan
    187.908 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Makanan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hamster merupakan salah satu hewan pengerat berukuran kecil yang banyak dipelihara karena lucu dan menggemaskan. Selain itu, bulunya pun lembut dan memiliki warna yang indah. Hamster yang hidup di alam liar biasanya memakan biji-bijian, rumput, dan serangga.Bagaimana dengan hamster yang dipelihara di rumah? Anda bisa memberinya sayuran dan buah-buahan. Namun, Anda juga bisa memberikan makanan hamster kemasan, seperti dari merk Original Nex, Hartz, dan Vitakraft. Produk seperti apa yang paling bagus untuk hewan kesayangan Anda? Sebelum membeli, simaklah tips cara memilih dan review makanan hamster terbaik di bawah ini!
    Makanan hewan
    9.783 Views
  • 10 Makanan Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa orang lebih memilih burung untuk dijadikan hewan peliharaan karena burung memiliki bulu yang indah dan suara yang merdu. Kenari, parkit, dan perkutut merupakan beberapa jenis burung yang banyak dipelihara orang.Nutrisi apa saja yang harus ada di dalam makanan burung? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami telah menyiapkan poin-poin cara memilih makanan burung terbaik. Kami juga menyiapkan beberapa merek makanan burung yang bagus, seperti Vitakraft, ZuPreem, dan Fancy di bagian rekomendasi. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel. Baca sampai akhir, ya!
    Makanan hewan
    2.140 Views
  • Artikel populer

  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing, seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merk banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merk tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
    401.911 Views
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
    257.381 Views
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing yang bagus adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Dalam penulisan artikel ini, kami berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Makanan hewan
    187.908 Views
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 60%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Royal Canin, Whiskas, Friskies, hingga Fancy Feast. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
    197.514 Views
  • 10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging yang berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Kami juga merekomendasikan beberapa produk pakan ayam dari merek seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Makanan hewan
    40.595 Views
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Anjing membutuhkan susu untuk memenuhi nutrisi, cairan, dan menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, apalagi jika susunya mengandung laktosa yang dikhawatirkan dapat menyebabkan diare. Ada banyak jenis susu untuk anjing, mulai dari merk lokal hingga impor, seperti Royal Canin atau Ameri Pro.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk susu yang bagus untuk anjing, baik untuk anjing yang baru lahir sampai yang sudah tua. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak sampai tuntas, yuk!
    Makanan hewan
    107.435 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Landak adalah hewan omnivora yang tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri sehingga membutuhkan makanan berprotein tinggi untuk membantu menyesuaikan suhu tubuhnya. Beberapa orang sering memberi makan landak dengan makanan kucing. Namun, sebaiknya Anda memberikan makanan khusus landak sebagai makanan pokok.Makanan landak tentu dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan nutrisinya. Jika Anda bingung dalam memilihnya, ada beberapa produk yang terkenal, seperti merek Mazuri dan Star Pets. Kali ini kami akan merekomendasikan makanan landak terbaik, cara memilihnya, serta solusi jika landak mogok makan. Simak, ya!
    Makanan hewan
    33.267 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori