1. TOP
  2. >
  3. Perawatan hewan
  4. >
  5. Perawatan ikan
  6. >
  7. 10 Aquarium Cupang Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Aquarium Cupang Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Aquarium Cupang Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Aquarium Cupang Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Aquarium Cupang Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Aquarium Cupang Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Aquarium Cupang Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2023)

Baru-baru ini, ikan cupang makin viral di Indonesia. Mulai dari cupang hias sampai cupang aduan, semuanya banyak diperbincangkan. Ikan cupang adalah ikan yang kuat serta perawatannya tidak merepotkan. Untuk merawat ikan yang cukup agresif ini, tentu saja dibutuhkan aquarium. 


Kami akan membahas mengenai cara memilih aquarium ikan cupang yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk akuarium dari berbagai macam merek plus tips merawat ikan cupang. Anda dapat membeli aquarium ikan cupang dengan mudah melalui Shopee, Tokopedia, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh aquascaper kami, Alfitrah Hanif Saragih.

Diperbaharui 08-12-2022
Pakar
Aquascaper, gardener, dan entrepreneur
Alfitrah Hanif S.

Alfitrah adalah seorang Sarjana Perikanan yang telah menggeluti usaha perikanan sejak kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri. Kecintaannya terhadap dunia perikanan dan wirausaha membuatnya memutuskan untuk mengembangkan potensi perikanan di Indonesia. Alfitrah mendapatkan beberapa prestasi di bidang perikanan dan wirausaha. Salah satunya adalah menjadi juara 1 lomba aquascape tingkat nasional antar Universitas se-Indonesia. Selain itu, ia juga mendapatkan honorable mention pada IndoAquascape Contest dan masih banyak lagi.

Profil Alfitrah Hanif S.
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih aquarium ikan cupang

Pertama-tama, kami akan menjabarkan cara memilih aquarium ikan cupang. Silakan simak tips-tips di bawah ini!

① Perhatikan ukurannya

Perhatikan ukurannya

Umumnya, ikan cupang memiliki model ekor yang melebar. Ukuran akuarium yang terlalu kecil dapat membuat cupang merasa tidak nyaman dan stres. Selain itu, ukuran akuarium akan memengaruhi tingkah laku dan pertumbuhan ikan cupang tersebut.


Oleh sebab itu, pilihlah ukuran akuarium yang agak besar. Selain agar cupang lebih leluasa bergerak, akuarium yang agak besar memungkinkan Anda untuk menempatkan aneka tanaman hias dalamnya. Dengan begitu, akuarium pun akan tampak lebih indah. 


Tidak hanya tanaman hias, Anda pun dapat menambahkan ikan lain dalam akuarium agar peliharaan Anda tidak kesepian. Akan tetapi, ikan cupang adalah hewan teritorial, Anda tidak dapat sembarangan memasukkan segala jenis ikan bersamanya. Adapun jenis ikan yang cocok untuk menjadi teman ikan cupang adalah ikan plecoglass catfish, dan ikan guppy.


Lalu, berapa ukuran akuarium untuk ikan cupang? Untuk memelihara seekor ikan cupang, Anda dapat memilih akuarium yang lebarnya sekitar 9 cm. Untuk memelihara ikan cupang beserta ikan lainnya plus tanaman hias, pilihlah akuarium dengan diameter kurang lebih 19 cm. 

② Pilih berdasarkan bahannya

Kemudian, perhatikan juga bahan akuarium tersebut. Ada akuarium yang berbahan kaca, ada juga yang berbahan akrilik atau plastik. Berikut penjelasan detailnya. 

Kaca, elegan untuk dekorasi ruangan

Kaca, elegan untuk dekorasi ruangan

Akuarium kaca memiliki tingkat transparansi yang lebih jernih dibandingkan dengan akuarium plastik. Bila Anda ingin memiliki akuarium yang tampak eksotis dan sedap dipandang, pilihlah akuarium tipe ini. Selain itu, akuarium kaca lebih mudah dibersihkan dibandingkan akuarium dengan bahan lainnya.


Namun, akuarium kaca mudah pecah sehingga Anda harus lebih berhati-hati dalam menempatkannya. Terlebih bila di area sekitar aquarium sering dilewati anak kecil atau hewan peliharaan, risiko aquarium pecah pun meningkat.

Plastik/akrilik, ringan dan mudah dipindah

Plastik/akrilik, ringan dan mudah dipindah

Akuarium berbahan plastik atau akrilik memiliki sifat kuat sekaligus ringan. Hal tersebut membuat akuarium tipe ini mudah untuk dipindahkan ke ruang mana pun yang Anda inginkan. Tidak hanya itu, harganya juga rata-rata lebih terjangkau dibandingkan akuarium kaca.

③ Pilih berdasarkan lokasi penempatannya

Terakhir, yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah lokasi penempatan akuarium. Bila Anda memiliki space yang cukup luas, Anda dapat memilih akuarium yang diletakkan di meja


Bisa jadi Anda hanya mempunyai sedikit space, tetapi ingin memelihara beberapa ikan cupang. Untuk itu, Anda dapat memilih akuarium yang digantung di dinding. Tidak hanya hemat tempat, aquarium gantung pun dapat membuat ruangan terkesan makin berkelas dan menawan.

10 Rekomendasi aquarium cupang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk aquarium cupang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi dari mybest dan bukan dari Alfitrah Hanif Saragih.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Akuarium Ikan Cupang Mini Lego

 Akuarium Ikan Cupang Mini Lego 1枚目

Susun aquarium berbentuk lego ini sesuka hati Anda

2

StarLight

Acrylic Wall Aquarium

StarLight Acrylic Wall Aquarium 1枚目

Bisa dijadikan dekorasi dinding yang imut

3

Akuarium Cupang Soliter 5 Sekat

 Akuarium Cupang Soliter 5 Sekat 1枚目

Desain soliter untuk diisi lima cupang

4

Akuarium Akrilik Mini Ikan Cupang Solitare

 Akuarium Akrilik Mini Ikan Cupang Solitare 1枚目

Sudah termasuk batu dan hiasan tanaman, komplet!

5

Hexagon Mini Aquascape

 Hexagon Mini Aquascape 1枚目

Bisa jadi sumber cahaya saat mati lampu

6

Aquarium Mini Portable

 Aquarium Mini Portable 1枚目

Compact, mudah di bawa ke mana pun

7

Hanging Fish Tank

 Hanging Fish Tank 1枚目

Aquarium sekaligus dekorasi berdesain minimalis

8

EECOO USB Desktop Aquarium

 EECOO USB Desktop Aquarium  1枚目

Lebih elegan dengan digital display

9

DLX Aquarium

Shella Stoples Akuarium Bulat

DLX Aquarium Shella Stoples Akuarium Bulat  1枚目

Kapasitas besar untuk ikan cupang berekor lebar

10

Akuarium Ikan Cupang Plus Akar Unik Cabang 2

 Akuarium Ikan Cupang Plus Akar Unik Cabang 2 1枚目

Ukiran kayunya handmade, tak ada duanya!

Perincian produk
Close
No.1

Akuarium Ikan Cupang Mini LegoMi-08

Mulai dari Rp25.000,00

Susun aquarium berbentuk lego ini sesuka hati Anda

Aquarium cupang ini berbentuk lego, sangat unik dan dapat disusun bertumpuk. Produk ini juga punya banyak pilihan warna sehingga memudahkan Anda menciptakan gradasi warna yang pas. Bagi Anda yang hobi mengoleksi ikan cupang, tak ada salahnya memiliki produk ini. 


Mungkin Anda bertanya, berapa harga akuarium kecil untuk ikan cupang? Tenang saja, harga aquarium ikan cupang mini ini terbilang cukup murah. Membelinya dalam jumlah banyak sekaligus pun tak akan membuat kantong Anda bolong!

No.2

StarLightAcrylic Wall Aquarium

Mulai dari Rp35.200,00

Bisa dijadikan dekorasi dinding yang imut

Aquarium cupang ini didesain menempel pada tembok dengan bentuk bulat yang lucu. Bila Anda membutuhkan akuarium yang dapat dijadikan dekorasi dinding untuk cafe atau restoran Anda, produk ini dapat Anda pertimbangkan. 


Anda dapat menambahkan hiasan batu warna-warni untuk memberikan kesan fun pada ruangan. Produk ini memiliki kapasitas air sebanyak 1,3 liter sehingga lebih cocok untuk diisi oleh satu ekor ikan cupang saja.  

No.3

Akuarium Cupang Soliter 5 Sekat

Mulai dari Rp125.000,00

Desain soliter untuk diisi lima cupang

Anda sedang ingin memulai bisnis berjualan ikan cupang, tetapi bingung bagaimana memajangnya agar terlihat menarik? Cobalah membeli produk ini. Akuarium soliter ini terdiri dari lima kamar yang dapat dihuni setidaknya lima ekor cupang. 


Bentuk aquarium akrilik yang sejajar tentu akan membuat calon pembeli Anda lebih mudah membandingkan dan memilih cupang kesukaannya. Terlebih lagi, saat membeli produk ini Anda akan mendapatkan sekat yang dapat dilepas pasang sesuai kebutuhan. Cupang Anda pasti akan tampak makin keren dalam aquarium!

No.4

Akuarium Akrilik Mini Ikan Cupang Solitare

Mulai dari Rp87.000,00

Sudah termasuk batu dan hiasan tanaman, komplet!

Produk ini adalah solusi cerdas untuk Anda yang mencari akuarium multifungsi lengkap dengan hiasannya. Aquarium cupang ini sepaket dengan batu dan tanaman hias sebagai hiasan. Anda tak perlu repot lagi mencari pelengkap isi akuarium, deh.


Selain itu, akuarium ini dilengkapi lampu LED nerwarna lembut sehingga cocok dijadikan lampu tidur. Melihat ikan cupang kesayangan sebelum tidur tentu akan menjadi hiburan dan memberi kepuasan tersendiri.

No.5

Bisa jadi sumber cahaya saat mati lampu

Saatnya memiliki aquarium cupang yang dapat diandalkan saat mati lampu dengan membeli produk ini. Dilengkapi dengan LED bertenaga baterai dan tombol switch pada bagian sampingnya, Anda dapat dengan mudah menyalakan lampunya. 


Kelebihannya lagi, aquarium cupang kayu ini bisa digrafir dengan logo, nama, atau tanggal sesuai permintaan Anda. Anda ingin menuliskan nama ikan cupang kesayangan beserta tanggal pembeliannya? Segera checkout produk ini!

No.6

Compact, mudah di bawa ke mana pun

Aquarium ikan cupang yang bentuknya menyerupai botol tabung ini telah dilengkapi dengan aerator (alat peningkat kadar oksigen), lho! Dengan begitu, akuarium Anda pun akan lebih terjaga kebersihannya.


Dimensinya yang compact juga membuat Anda lebih praktis membawanya. Bila Anda suka membawa ikan cupang bepergian, mempunyai produk ini adalah solusi cerdas. Apalagi, produk ini juga telah dilengkapi dengan tutup. Sempurna!

No.7

Hanging Fish TankHA-001227B

Mulai dari Rp119.000,00

Aquarium sekaligus dekorasi berdesain minimalis

Desain menggantung seperti globe merupakan keunikan aquarium ikan cupang ini. Hebatnya lagi, gantungannya yang terbuat dari besi menjadikan produk ini dapat berdiri sangat kokoh. Selain untuk memelihara cupang, akuarium ini juga cocok dijadikan dekorasi interior ruangan. Jika Anda ingin memiliki aquarium ikan cupang berdesain minimalis, jatuhkan pilihan Anda pada produk ini.

No.8

EECOO USB Desktop Aquarium LS0404

Mulai dari Rp242.600,00

Lebih elegan dengan digital display

Anda ingin membawa serta ikan cupang untuk menghiasi kantor, tetapi belum menemukan akuarium yang pas? Jika ya, produk ini adalah jawabannya. Ukurannya 22 cm x 11 cm x 14,5 cm, tidak terlalu besar untuk ditempatkan di atas meja kerja Anda. 


Tidak hanya itu, akuarium ini juga dilengkapi dengan tempat stasioneri dan digital display yang menampilkan kalender dan waktu. Menyimpan alat tulis serta mengecek jam dan hari pun terasa begitu mudah dengan adanya produk ini di meja Anda.

No.9

DLX AquariumShella Stoples Akuarium Bulat

Mulai dari Rp70.000,00

Kapasitas besar untuk ikan cupang berekor lebar

Akuarium cupang merek DLX Aquarium ini memiliki diameter yang cukup besar, yaitu 19 cm. Berkat hal tersebut, Anda pun akan lebih leluasa membuat aquascape. Tentu menyenangkan bukan bisa berkarya menata tanaman air sesuka hati Anda dalam akuarium? 


Bentuk bergelombang pada bagian atasnya juga membuat akuarium ini tampak istimewa. Bila Anda berniat untuk memelihara cupang yang memiliki ekor megar, seperti half moon, rosetail, feathertail, pilihlah produk ini. Perpaduan aneka ragam tanaman hias dan ukuran akuarium yang luas pasti membuat cupang Anda senang. 

No.10

Akuarium Ikan Cupang Plus Akar Unik Cabang 2

Mulai dari Rp400.000,00

Ukiran kayunya handmade, tak ada duanya!

Jika kebanyakan akuarium lebih kuat nuansa modern dan simpelnya, lain halnya dengan produk ini. Terbuat dari kayu gamal dan kaca tiup, aquarium ikan cupang ini tampak sangat khas. Terlebih lagi, baik kaca maupun pahatan kayunya sama-sama dibuat handmade oleh pengrajin, lho!


Produk ini diperuntukkan bila Anda ingin memajang akuarium yang lain daripada yang lain dalam ruangan. Menambahkan nilai estetika pada ruangan dapat dengan mudah Anda lakukan menggunakan akuarium ikan cupang ini.

Pertanyaan umum seputar aquarium cupang

Pertanyaan umum seputar aquarium cupang

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar aquarium cupang. Jika Anda masih penasaran dengan aquarium cupang, simak jawabannya di bawah ini!

Apa penyebab ikan cupang tidak mau makan?

Salah satu indikator ikan cupang Anda tidak sehat adalah hilangnya nafsu makan. Namun, hal ini juga bisa terjadi karena Anda memberikan makanan yang berbeda dari tempat budi daya/pemilik sebelumnya.


Ikan cupang cukup peka terhadap perubahan lingkungan. Ikan cupang bisa menjadi pemakan yang pilih-pilih dan hanya memakan apa yang biasa mereka makan. Jadi, tak ada salahnya bagi Anda untuk mencari tahu asal usul ikan cupang tersebut sebelum memeliharanya.

Bagaimana cara mengobati sirip ikan cupang yang sobek?

Beberapa hal yang bisa Anda usahakan untuk mengobati sirip ikan cupang yang sobek adalah:

  1. Berikan garam ikan dan ekstrak daun ketapang dalam wadah ikan cupang. Kedua hal ini berfungsi sebagai bahan pengobatan ekor ikan cupang yang sobek. Alternatif lainnya, Anda bisa juga memberikan vitamin atau obat biru ikan cupang (methylene blue atau metilena biru).
  2. Selama dalam masa pengobatan, gantilah air di wadah ikan cupang secara rutin.
  3. Pastikan volume air di wadah ikan cupang pas (tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit).
  4. Berikan ikan cupang pakan yang kaya protein, seperti jentik nyamuk atau baby shrimp.

Mengapa ikan cupang saya ngedok?

Menurut studi tingkah laku ikan cupang, ngedok merupakan tindakan yang dilakukan seekor cupang saat merasa terancam. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya saat ikan cupang merasa ada lawan di sekitarnya. Perilaku ngedok diwujudkan dengan membuka insang lebar-lebar agar ikan cupang terlihat besar.

Tips merawat ikan cupang

Tips merawat ikan cupang

Bagi Anda yang baru mulai memelihara ikan cupang, mungkin timbul beberapa pertanyaan. Air apa yang bagus untuk ikan cupang? Berapa lama endapan air untuk ikan cupang? Oleh karena itu, di bawah ini kami akan memberikan tips cara merawat ikan cupang untuk Anda.


  • Pakailah air yang sudah didiamkan semalaman

Pada saat akan memelihara ikan cupang, sebaiknya Anda menyiapkan air yang telah didiamkan semalaman terlebih dahulu. Mengapa demikian? Habitat asli ikan cupang adalah di sawah, sungai, dan rawa. Agar ikan cupang tidak kaget terhadap perubahan yang drastis, sebaiknya Anda mengendapkan air terlebih dahulu. Kondisi air dan makanan adalah faktor utama yang memengaruhi ikan cupang untuk bisa tumbuh dengan baik dan mencapai ukuran maksimum.


  • Beri makan ikan cupang sedikit saja 

Jangan lupa untuk memberi makan ikan cupang Anda setiap hari. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan jumlah makanan yang Anda berikan. Anda dapat memberikan sejumput saja pada pagi dan sore hari. 


  • Periksa volume air dalam akuarium

Agar cupang tidak melompat keluar, pastikan Anda mengisi air hanya empat puluh persen saja dari ketinggian akuarium. Meski begitu, ikan cupang memiliki kebiasaan untuk sesekali naik ke permukaan akuarium dan mengambil oksigen dari udara dan air. Jika akuariumnya terlalu tinggi, ikan cupang dapat kesulitan mencapai ujung permukaan air. Anda dapat memilih akuarium dengan tinggi 10–12 cm atau mengisi air lebih sedikit daripada kapasitas maksimal akuarium.


  • Isilah akuarium dengan daun ketapang agar cupang tidak mudah sakit

Poin berikutnya yang tak kalah penting adalah mengisi akuarium dengan daun ketapang. Daun ketapang dipercaya dapat menjaga suhu air tetap stabil sehingga cupang Anda tidak mudah sakit. Bisa juga Anda menambahkan sedikit garam pada akuarium agar ikan Anda lebih kebal. 


  • Kuras air secara berkala

Terakhir, Anda perlu mengganti air akuarium secara berkala. Idealnya dua hingga tiga hari sekali Anda perlu mengurasnya. Gantilah air secara perlahan-lahan dan jangan langsung membuang air yang lama. Buanglah air lama sedikit dulu, lalu memasukkan lagi air yang baru. 


Ulangi proses tersebut hingga seluruh airnya bersih. Hal tersebut dilakukan agar cupang dapat menyesuaikan dirinya dengan air yang baru. Agar sirip cupang tidak rusak, janganlah menyentuh ikan cupang dengan tangan atau jaring pada saat mengganti air.

Baca juga rekomendasi aquarium kecil dan pelengkap aquarium lainnya di sini

Agar makin hemat tempat, Anda bisa membeli aquarium kecil. Selain itu, ada banyak perlengkapan fungsional yang wajib Anda pertimbangkan untuk melengkapi aquarium. Mulai dari filter hingga pompa, semuanya memiliki kegunaan tersendiri. Anda bisa mengenal lebih jauh seluruh produk tersebut melalui artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan aquarium ikan cupang yang sesuai dengan selera Anda? Agar ikan cupang tidak stres dan dapat berumur panjang, pilihlah aquarium yang tepat. Anda dapat memilih aquarium berdasarkan ukuran, bahan, dan lokasi penempatan yang Anda suka. 


Jangan lupa untuk sering membersihkan aquarium agar ikan cupang dapat hidup dengan nyaman. Akhir kata, semoga artikel ini dapat Anda jadikan referensi dalam menemukan aquarium cupang yang sesuai untuk Anda. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer