• 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.


Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prawindra Irawan
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 08 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan, SpKK, MKes, FINSDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan, SpKK, MKes, FINSDV

dr. Irawan berpengalaman di bidang ilmu kesehatan kulit dan kelamin selama 11 tahun. Beliau pernah menjadi pembicara dan trainer di beberapa seminar. Beliau menjadi juara satu nasional lomba PERDOSKI Got Talent 2021 kategori kelompok.


dr. Irawan aktif sebagai peneliti dan dosen luar biasa di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha dari 2010 hingga sekarang. Beliau juga salah satu staf bagian Kulit Kelamin RS Immanuel Bandung dan Erha Derma Center Bandung.

Apa perbedaan chemical sunscreen dan physical sunscreen?

Apa perbedaan chemical sunscreen dan physical sunscreen?

Perbedaan utama antara physical sunscreen dengan chemical sunscreen ada pada cara kerjanya. Simak uraiannya berikut ini!


  • Physical sunscreen (mineral sunscreen)

Physical sunscreen membangun lapisan di atas permukaan kulit untuk menghalangi sinar UV (ultraviolet) agar tidak dapat menembus kulit. Jenis ini akan memantulkan sinar UV dari lapisan atas kulit. Dibanding jenis lainnya, physical sunscreen memiliki masa perlindungan lebih lama dan dapat bekerja secara instan.


Umumnya, physical sunscreen aman digunakan pemilik kulit sensitif, ibu hamil, dan anak-anak. Hal itu karena jenis ini mengandung lebih sedikit bahan aktif sehingga minim risiko iritasi. Bahan aktif physical sunscreen berasal dari mineral seperti titanium dioxide dan zinc oxide. Dari segi tekstur, physical sunscreen terasa lebih padat, meninggalkan white cast, tetapi tidak menyumbat pori-pori.


  • Chemical sunscreen

Sementara itu, chemical sunscreen akan menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Chemical sunscreen lebih cepat meresap sehingga tidak mudah terhapus oleh keringat atau air. Namun, Anda membutuhkan waktu 20–30 menit sebelum terkena paparan sinar matahari agar chemical sunscreen bekerja optimal. 

Pada artikel ini, kami akan fokus membahas physical sunscreen (physical sunblock). Namun, jika Anda ingin tahu lebih dalam tentang chemical sunscreen, Anda bisa mengeklik tautan di bawah ini!

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Chemical sunscreen mempunyai mekanisme kerja menyerap sinar UVA dan UVB. Sementara itu, physical sunscreen mekanismenya adalah menghalau sinar UVA dan UVB masuk ke dalam kulit dan perlindungannya langsung di atas permukaan kulit.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih physical sunscreen

Memilih physical sunscreen yang tepat memerlukan beberapa pertimbangan. Karena itu, kami akan memaparkan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli physical sunscreen. Simak tipsnya berikut ini!

Pilih SPF dan PA yang sesuai kebutuhan

Pilih SPF dan PA yang sesuai kebutuhan

Menentukan SPF dan PA dari produk physical sunscreen adalah hal utama yang perlu Anda perhatikan. Sun protection factor (SPF) adalah pelindung kulit dari sinar UVB. Penulisannya pada produk umumnya diikuti dengan angka sebagai skala ukuran perlindungan yang diberikan pada kulit.


SPF 15 mampu menyaring 93% paparan sinar UVB, SPF 30 menghalangi 97%. Sementara itu, SPF 50 dapat menahan sekitar 98% paparan sinar UVB. Untuk menemani Anda beraktivitas sehari-hari, American Academy of Dermatology menganjurkan agar Anda memilih sunscreen dengan minimal SPF 30.


Protection grade of UVA (PA) adalah pelindung kulit dari sinar UVA. Bahaya dari sinar UVA adalah dapat menembus hingga ke dalam kulit dan mempercepat penuaan sel-sel kulit. Tingkat perlindungan PA ditandai dengan tanda +, mulai dari PA + yang paling ringan sampai PA ++++ yang terkuat. Untuk Anda yang tinggal di negara tropis, physical sunscreen dengan PA ++ hingga +++ sudah cukup untuk melindungi kulit.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

SPF atau sun protection factor berfungsi menangkal sinar UVB. PA atau protection grade of UVA merupakan indikator perlindungan kulit terhadap pajanan sinar UVA.

Tentukan berdasarkan tipenya

Agar dapat menentukan physical sunscreen yang tepat, Anda juga perlu memilih tekstur yang sesuai dengan tipe kulit. Saat ini, banyak tipe physical sunscreen dengan berbagai tekstur, mulai dari krim, gel, hingga spray. Pilihlah yang nyaman untuk Anda gunakan.

Krim: Berikan kelembapan pada kulit Anda

Krim: Berikan kelembapan pada kulit Anda

Tekstur krim umumnya memiliki kandungan yang berfungsi untuk menghidrasi dan melembapkan kulit. Jika Anda memiliki kulit yang cenderung kering dan sensitif, tekstur krim ini adalah pilihan terbaik untuk kulit Anda. Biasanya, physical sunscreen bertekstur krim dan memiliki kandungan minyak di dalamnya. Hal inilah yang membuat teksturnya lebih kental dan padat sehingga dapat menghidrasi kulit lebih lama.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Sunscreen berbahan dasar krim digunakan untuk tipe kulit yang kering. Pelembap wajah dapat mencegah kulit wajah menjadi kering. Pada kulit wajah yang kering terdapat tekstur kulit yang terasa kasar. Pelembap wajah memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Hal ini menjadikan kulit wajah ternutrisi dengan baik.


Sebelum menggunakan pelembap, sebaiknya cuci wajah terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari menempelnya kotoran dan debu pada wajah. Penggunaan pelembap wajah memiliki manfaat yang sangat baik untuk menyegarkan wajah. Dengan demikian, kulit wajah menjadi lebih cerah dan juga bercahaya. Manfaat lain yaitu dapat menghaluskan kulit wajah.


Pelembap merupakan skincare yang sangat penting. Sebaiknya janganlah lupa menggunakannya. Semua jenis kulit butuh pelembap, tidak terkecuali kulit yang paling berminyak sekalipun. Pelembap juga dapat menghambat penuaan kulit.

Gel: Tidak lengket dan mudah diserap kulit

Gel: Tidak lengket dan mudah diserap kulit

Physical sunscreen yang bertekstur gel formulanya terasa lebih ringan dan cepat diserap oleh kulit. Tekstur seperti ini berbahan dasar air sehingga tidak akan meninggalkan rasa lengket dan rasa berminyak. Produk physical sunscreen dengan tekstur gel cocok digunakan oleh Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, kombinasi, atau berjerawat. 

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Sunscreen berbahan dasar gel digunakan untuk tipe kulit berminyak. Salah satu pelembap untuk perawatan kulit juga dalam bentuk gel. Penggunaan pelembap bisa mengembalikan kelembapan dan memberikan elastisitas pada kulit.


Pelembap dalam bentuk gel juga memiliki manfaat untuk menutrisi, menyejukkan, menghaluskan, hingga menenangkan kulit yang sensitif. Pelembap berbentuk gel bisa dipakai untuk kulit wajah dan tubuh.

Spray: Praktis digunakan kapan saja, ideal untuk kulit sensitif

Spray: Praktis digunakan kapan saja, ideal untuk kulit sensitif

Physical sunscreen dalam bentuk spray ini sebenarnya bertekstur cair. Jenis ini mampu meminimalkan iritasi pada kulit karena Anda tidak perlu menggunakan jari dalam mengaplikasikannya. Pengaplikasian tentu menjadi lebih higienis karena Anda tidak perlu menyentuh produknya. Jenis spray ini pas untuk Anda yang berkulit sensitif. Selain itu, melakukan reapply sunscreen pada wajah pun jadi lebih mudah.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Sunscreen berbahan dasar spray sangat praktis dibawa ke mana pun dan memberi efek perlindungan kulit dengan segera. Alasan utama yang membuat sunscreen spray banyak diminati adalah karena kepraktisan yang ditawarkan.


Sunscreen tipe lotion mengharuskan Anda untuk mengaplikasikannya dengan tangan sehingga kadang terkesan kurang praktis. Sementara itu, Anda tinggal menyemprotkan sunscreen spray saat mengaplikasikannya ke seluruh permukaan kulit. Hati-hati bila hendak menyemprotkan ke wajah agar tidak mengenai daerah mata.


Sunscreen jenis spray bisa jadi andalan untuk dibawa bepergian, liburan di alam terbuka, atau olahraga di luar ruangan. Jenis spray juga lebih mudah untuk diaplikasikan ulang karena tinggal menyemprotkannya. Teksturnya yang ringan pastinya akan lebih nyaman saat Anda berkeringat. Hal-hal tersebut membuat sunscreen spray mempunyai kelebihan nyaman dan praktis.

Cek kandungan produk yang ramah di kulit Anda

Cek kandungan produk yang ramah di kulit Anda

Salah satu kandungan yang terpenting dalam produk physical sunscreen adalah titanium dioxide dan zinc oxide. Bahan-bahan ini lebih aman dan efektif dibandingkan sunscreen berbahan kimia. Keduanya juga dipercaya dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB sehingga memperlambat penuaan dan keriput di kulit. 


  • Non-comedogenic, aman untuk kulit berminyak dan berjerawat

Jika Anda memiliki jenis kulit berjerawat, pilih produk yang tidak mengandung minyak dan non-comedogenic. Umumnya, kulit berjerawat diikuti dengan kulit berminyak sehingga penggunaan produk oil-based akan menambah kadar minyak pada kulit. Hal ini dapat memicu tersumbatnya pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat. Physiscal sunscreen bertekstur ringan dan water-resistant sebaiknya Anda prioritaskan. 


  • Non-allergenic, cocok untuk kulit sensitif

Bagi pemilik kulit sensitif, hindari produk yang mengandung alkohol, pewangi dan pewarna buatan, serta bahan kimia yang bersifat iritan. Pilih juga produk yang mudah dibersihkan karena proses menggosok kulit terlalu kuat juga dapat menyebabkan iritasi. Anda juga dapat mempertimbangkan produk yang sudah lulus uji dermatologis karena lebih aman untuk kulit sensitif.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Ketika memilih jenis sunscreen, jangan lupa lihat kandungan yang tertera di kemasan dan pastikan produk terdaftar di BPOM. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda cek.

  • Tanggal kedaluwarsa
  • Kandungan pada produk: Walaupun kandungannya banyak, jangan malas membacanya. Siapa tahu ada kandungan yang dilarang beredar, tetapi masih digunakan.
  • Izin BPOM: Hati-hati terhadap produk ilegal. Jadi, pastikan produk yang Anda pilih ada izin BPOM dan ada nomor registernya.

10 Rekomendasi physical sunscreen terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk physical sunscreen terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prawindra Irawan.

10

KLAVUUUV Protection Fresh Sun Gel

Mulai dari Rp 259.000,00

UV protectionSPF 50+ / PA ++++
KandunganSea grape extract, deep ocean water, korean pearl extract, hyaluronic acid, dan fucose
TipeGel
9
UV protectionSPF 30
KandunganAloe vera leaf extract, licorice extract, Centella asiatica extract, dan jojoba oil, titanium dioxide, zinc oxide, dan cyclopentasiloxane
TipeSpray
8

Maharis BeautyVotre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield

Mulai dari Rp 265.000,00

UV protectionSPF 50 / PA ++
KandunganZinc oxide, titanium dioxide, salicylic acid, tranexamic acid, glyceryl stearate, phenoxyethanol, dan propylene glycol
TipeKrim
7
UV protectionSPF 50 / PA ++
KandunganNiaciamide, camelia tea oil, argan kernel oil, ethylhexyl methoxycinnamate, butylene glycol, dan titanium dioxide
TipeKrim
6
UV protectionSPF 30
KandunganLicorice extract, Centella asiatica extract, cyclopentasilhoxane, aqua, octyl salicylate, titanium dioxide, dan zinc oxide
TipeSpray
5

InnisfreePerfect UV Protection Cream Triple Care

Mulai dari Rp 213.000,00

UV protectionSPF 50+ / PA +++
KandunganSunflower extract, Jeju green tea extract, cyclopentasiloxane, zinc oxide, titanium dioxide, propylene glycol, dan butylene glycol
TipeKrim
4

AXIS-YComplete No-Stress Physical Sunscreen

Mulai dari Rp 200.000,00

UV protectionSPF 50+ / PA ++++
KandunganCalendula, grape, green tea, chamomile, squalane, allantoin, mugwort, Syn-Coll, zinc oxide, dan titanium dioxide
TipeKrim
3

SkeeneedsHyaluronic Acid Sunscreen Mist

Mulai dari Rp 82.000,00

UV protectionSPF 35
KandunganHyaluronic acid, niacinamide, licorice, glycerin, Aloe vera extract, dan titanium dioxide
TipeSpray
2
UV protectionSPF 50+/PA +++
KandunganHyaluronic acid (AcHA) dan Collagen
TipeLotion
1

SOMETHINCHolyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++

Mulai dari Rp 69.000,00

UV protectionSPF 50+ PA++++
KandunganTitanium Dioxide, Betaine, anthemis, nobilis flower extract, inositol, bisabolol, allantoin, caffeine
TipeKrim

Tabel perbandingan produk physical sunscreen terbaik

Gambar produk
1
SOMETHINC Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++ 1

SOMETHINC

2
Rohto Skin Aqua UV Moisture Milk 1

Rohto

3
Skeeneeds Hyaluronic Acid Sunscreen Mist 1

Skeeneeds

4
AXIS-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen 1

AXIS-Y

5
Innisfree Perfect UV Protection Cream Triple Care 1

Innisfree

6
Jarte Beauty Sunscreen Spray 1

Jarte Beauty

7
JOYLAB Brighter Sun-Day 1

JOYLAB

8
Maharis Beauty Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield 1

Maharis Beauty

9
Macaria Sunscreen Spray 1

Macaria

10
KLAVUU UV Protection Fresh Sun Gel 1

KLAVUU

Nama produk

Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++

Skin Aqua UV Moisture Milk

Hyaluronic Acid Sunscreen Mist

Complete No-Stress Physical Sunscreen

Perfect UV Protection Cream Triple Care

Sunscreen Spray

Brighter Sun-Day

Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield

Sunscreen Spray

UV Protection Fresh Sun Gel

Keunggulan

Physical sunscreen yang tidak meninggalkan white cast

Terksturnya ringan seperti air, harganya pun ringan di kantong

Bebas paraben, alkohol, dan pewarna, aman digunakan ibu hamil!

Formulanya menenangkan, pemilik kulit sensitif wajib coba!

Solusi perlindungan kulit saat berpanas-panasan sepanjang hari

Sunscreen spray yang cocok untuk kulit berjerawat dan iritasi

Dengan niacinamide dan argan oil, mencerahkan sekaligus melembapkan kulit

Formulanya aman untuk kulit berjerawat

Lebih praktis, dapat digunakan sebelum atau setelah makeup

Perlindungan sinar UV plus pencerah, cocok untuk kulit kusam

Harga mulai dariRp 69.000,00Rp 62.000,00Rp 82.000,00Rp 200.000,00Rp 213.000,00Rp 55.000,00Rp 165.000,00Rp 265.000,00Rp 119.000,00Rp 259.000,00
UV protectionSPF 50+ PA++++SPF 50+/PA +++SPF 35SPF 50+ / PA ++++SPF 50+ / PA +++SPF 30SPF 50 / PA ++SPF 50 / PA ++SPF 30SPF 50+ / PA ++++
KandunganTitanium Dioxide, Betaine, anthemis, nobilis flower extract, inositol, bisabolol, allantoin, caffeineHyaluronic acid (AcHA) dan CollagenHyaluronic acid, niacinamide, licorice, glycerin, Aloe vera extract, dan titanium dioxideCalendula, grape, green tea, chamomile, squalane, allantoin, mugwort, Syn-Coll, zinc oxide, dan titanium dioxideSunflower extract, Jeju green tea extract, cyclopentasiloxane, zinc oxide, titanium dioxide, propylene glycol, dan butylene glycolLicorice extract, Centella asiatica extract, cyclopentasilhoxane, aqua, octyl salicylate, titanium dioxide, dan zinc oxideNiaciamide, camelia tea oil, argan kernel oil, ethylhexyl methoxycinnamate, butylene glycol, dan titanium dioxideZinc oxide, titanium dioxide, salicylic acid, tranexamic acid, glyceryl stearate, phenoxyethanol, dan propylene glycolAloe vera leaf extract, licorice extract, Centella asiatica extract, dan jojoba oil, titanium dioxide, zinc oxide, dan cyclopentasiloxane Sea grape extract, deep ocean water, korean pearl extract, hyaluronic acid, dan fucose
TipeKrimLotionSprayKrimKrimSprayKrimKrimSprayGel
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan

Gunakan sunscreen secara rutin dan teratur setiap hari untuk menghindari efek buruk dari sinar matahari seperti flek, kerutan, dan kusam. Gunakan sunscreen sesuai dengan jenis kulit Anda.

Baca juga rekomendasi produk skincare lainnya di sini

Selain physical sunscreen, Anda juga dapat memilih skincare lainnya untuk menjaga kesehatan dan merawat kulit. Kami telah menyediakan artikel menarik lainnya untuk Anda. Silakan klik link di bawah ini!

Kesimpulan

Penggunaan physical sunscreen adalah kebiasaan yang tidak boleh Anda lewatkan agar kesehatan kulit tetap terjaga. Banyak manfaat dari penggunaan physical sunscreen, terutama dalam mencegah penuaan dini. Pada artikel di atas, kami sudah menyediakan beragam rekomendasi physical sunscreen terbaik.


Apakah ada yang cocok dengan Anda? Temukan produk yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi kulit Anda, ya! Jangan lupa untuk membersihkan wajah secara optimal selesai berkegiatan agar tidak timbul masalah kulit lain.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Cetaphil, Hada Labo, dan Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Masker Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Masker Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering merupakan jenis kulit yang membutuhkan perawatan ekstra. Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan hydrating mask. Berbagai jenis masker, seperti sheet mask, gel mask, dan clay mask, dapat Anda gunakan untuk melembapkan wajah.Melalui artikel ini, kami akan membagikan tips memilih masker yang bagus dan cocok untuk kulit kering. Berbagai merek masker wajah untuk kulit kering, seperti Scarlett Whitening, Freeman Beauty, dan Innisfree, ada dalam rekomendasi kami. Tak ketinggalan, baca juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori