• 10 Skincare Terbaik untuk Leher Hitam - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Skincare Terbaik untuk Leher Hitam - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Skincare Terbaik untuk Leher Hitam - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Skincare Terbaik untuk Leher Hitam - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Skincare Terbaik untuk Leher Hitam - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Skincare Terbaik untuk Leher Hitam - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Salah satu masalah kulit yang sering membuat insecure adalah hiperpigmentasi di daerah lipatan leher yang tampak menghitam. Apakah Anda juga mengalaminya? Gesekan pakaian, iritasi, dan paparan sinar matahari adalah beberapa penyebab leher menghitam.


Namun, Anda tak perlu khawatir karena kami akan menjabarkan cara untuk mencerahkan leher hitam. Kami juga akan membahas produk-produk untuk memutihkan leher, seperti eksfoliator dan neck cream. Merek skincare yang bagus, seperti Looloo, Roceo, Whitelab, dan ERHA akan diulas tuntas di sini. Jangan lewatkan juga opini dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Rahma Evasari
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV

Dokter Rahma Evasari menyelesaikan pendidikan kedokteran serta pendidikan spesialis kulit dan kelamin di Universitas Indonesia. Dokter Eva memiliki ketertarikan khusus di bidang dermatologi kosmetik dan laser, infeksi menular seksual, serta alergi dan imunologi.


Sehari-hari, dr. Eva berpraktik di RSIA Tambak, ZAP Premiere Kemang, dan Skin 3 Clinic. Dokter kulit yang memiliki hobi membaca dan diving ini bisa Anda sapa melalui Instagram-nya.

Penyebab leher menghitam

Penyebab leher menghitam

Langkah pertama dalam mengatasi leher hitam adalah memahami penyebabnya. Beberapa penyebab leher hitam adalah:

  • Kurangnya kebersihan saat mandi
  • Paparan sinar matahari
  • Iritasi akibat gesekan pakaian
  • Penyakit, seperti obesitas dan penyakit kulit

Untuk diagnosa yang lebih akurat, temuilah dokter kulit Anda. Bila hiperpigmentasi Anda disebabkan oleh suatu penyakit, dokter pasti mengobati sumber penyakitnya terlebih dahulu.


Namun, bila leher hitam disebabkan oleh kurangnya kebersihan, paparan sinar UV, dan iritasi, skincare bisa membantu Anda. Mari temukan step-by-step skincare untuk mencerahkan leher Anda.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Leher merupakan salah satu bagian tubuh yang sering kali terlupakan saat perawatan kulit. Tak jarang terjadi, seseorang memiliki kulit wajah yang amat terawat namun bagian lehernya tampak kurang menarik.


Leher yang menggelap dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kondisi akantosis nigrikans. Pada kondisi ini, leher memiliki tekstur seperti beludru yang disebabkan oleh resistensi insulin di dalam darah. Bila hal ini terjadi, segera konsultasikan keluhan Anda kepada tenaga medis. Dokter kulit akan mencari tahu penyebab kondisi tersebut dan menanganinya agar kondisi leher Anda dapat membaik.


Obesitas juga merupakan salah satu penyebab leher hitam. Anda perlu memberikan perhatian lebih terutama jika hal ini terjadi pada si kecil. Anak-anak dengan leher yang hitam beresiko mengalami diabetes tipe 2 di kemudian hari.


Penggunaan obat-obatan, kontrasepsi oral, kadar hormon tiroid yang rendah juga bisa menjadi penyebab leher menghitam. Terapi hormon pertumbuhan, kelainan kelenjar hipofisis, dan penyakit Addison juga menjadi kondisi medis lain yang menyebabkan perubahan warna leher.


Selain kondisi di atas, leher hitam juga dapat disebabkan karena iritasi, gesekan, dan garukan berulang. Perlu diperhatikan pula, kadar kebersihan yang rendah serta paparan sinar ultraviolet berlebih juga menyebabkan warna leher menjadi hitam.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih skincare untuk leher hitam

Banyak tips memutihkan leher menyarankan Anda menggunakan masker alami. Padahal, beda penyebab leher hitam, beda pula solusinya. Untuk itu, mari simak tips untuk mencerahkan leher berikut ini.

Angkat sel kulit mati dan kotoran menggunakan produk eksfoliasi

Angkat sel kulit mati dan kotoran menggunakan produk eksfoliasi

Sel kulit mati yang tidak terangkat menyebabkan penumpukan daki dan hiperpigmentasi. Eksfoliasi merupakan step paling awal untuk mengikis sel kulit mati yang berada di lapisan terluar kulit Anda. Menghilangkan daki di leher dapat dilakukan dengan dua cara berikut:


  • Exfoliating scrub

Seperti namanya, proses eksfoliasi ini dilakukan dengan cara menggosokkan butiran scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Anda bisa memanfaatkan masker, face scrub, dan body scrub dengan butiran yang halus. 


  • Exfoliating acid

Jenis eksfoliasi yang tengah populer ini menggunakan kandungan AHA dan BHA. Kedua zat eksfoliator yang biasa ditemukan pada cleanser, toner, dan serum. Dua kandungan ini bekerja dengan menurunkan pH kulit dan meluruhkan sel kulit yang kering dan sel kulit mati. 


Dengan AHA dan BHA, kulit akan tereksfoliasi secara halus dan merata. Bentuk AHA biasanya adalah glycolic acid, lactic acid, hingga citric acid. Sementara itu, bentuk dari BHA yang paling umum adalah salicylic acid.


Eksfoliasi juga harus dilakukan dengan lembut agar kulit terhindar dari iritasi. Satu lagi yang perlu Anda ingat, hasil dari eksfoliasi ini tidak instan, ya. Kunci keberhasilan dari eksfoliasi adalah rutin dan konsisten.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki tampilan adalah dengan melakukan eksfoliasi. Ini adalah pengangkatan sel-sel kulit mati agar lapisan kulit baru yang lebih halus, dan cerah dapat muncul ke permukaan. Terdapat dua macam jenis eksfoliasi, yakni eksfoliasi secara mekanik dan eksfoliasi secara kimia.


Eksfoliasi mekanik dilakukan dengan menggosokkan kulit yang gelap dengan bahan kasar seperti scrub, sikat badan, bubuk kopi, atau butiran gula. Anda juga bisa menggunakan alat mikrodermabrasi untuk secara manual mengangkat lapisan kulit mati. Bila dilakukan berlebihan, cara ini rentan menyebabkan iritasi sehingga membuat kulit leher lebih gelap lagi.


Eksfoliasi kimia dengan menggunakan bahan asam dapat melepaskan ikatan antarsel kulit mati dan menampilkan kulit yang lebih cerah. Untuk perawatan sehari-hari di rumah, produk berkandungan AHA-BHA bisa dijadikan pilihan karena kandungan zat aktif yang relatif rendah. 


Bila dilakukan di klinik atau pelayanan kesehatan, eksfoliasi kimia akan menghasilkan pergantian kulit yang terkontrol dan merata. Umumnya, perawatan ini paling cepat bisa dilakukan dengan interval 2 minggu sekali.

Lindungi kulit leher setelah eksfoliasi dengan pelembap

Lindungi kulit leher setelah eksfoliasi dengan pelembap

Tahukah Anda, kulit leher lebih sensitif dan cepat kendur daripada kulit wajah, lho. Oleh karena itu, selain rutinitas skincare wajah, perhatikan juga rutinitas perawatan untuk leher Anda. Sama halnya dengan wajah, kulit leher juga butuh moisturizer, terlebih jika Anda baru saja melakukan eksfoliasi.


Anda dapat menggunakan neck cream untuk khasiat melembapkan area leher. Bila tidak memiliki neck cream, Anda bisa memanfaatkan pelembap wajah yang Anda miliki sekarang. Anda hanya perlu memastikan adanya kandungan pelembap, seperti shea butter, ceramide, atau hyaluronic acid.


  • Shea butter 
Salah satu bahan pelembap alami ini punya manfaat melembapkan dan menutrisi kulit. Shea butter memiliki sifat anti-inflamasi, antipenuaan, dan melindungi kulit dari sinar UV.

  • Ceramide

Ceramide punya fungsi mengunci kelembapan kulit dan membantu mencegah kulit dari kekeringan serta iritasi. Kandungan ini juga diyakini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat faktor luar. Selain itu, ceramide juga berfungsi sebagai antiaging.


  • Hyaluronic acid

Selain kedua kandungan di atas, masih ada hyaluronic acid. Asam hyaluronic merupakan zat yang dapat menahan air di dalam jaringan kulit. Fungsi utamanya adalah untuk melembapkan sekaligus memperbaiki kulit yang terbakar matahari.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Leher hitam juga dapat diperbaiki dengan memilih produk pelembap yang mengandung bahan aktif pencerah kulit. Bahan-bahan yang umum digunakan adalah AHA (asam glikolat atau asam laktat), BHA (asam salisilat), vitamin C, vitamin E, atau niacinamide.


AHA dan BHA mampu mengurangi pigmentasi, garis halus, menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Vitamin C mengurangi pigmentasi kulit dan menutrisi kulit. Vitamin E penting untuk menjaga kelembapan kulit. Menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi akan membantu meningkatkan siklus pergantian kulit dan membuatnya tampak cerah.

Tangkal efek sinar UV dengan sunscreen

Sama seperti wajah, kulit leher Anda juga butuh perlindungan dari sinar UV. Akan sangat percuma perawatan yang Anda berikan, jika kulit tidak terlindungi dengan sunscreen.


Memilih sunscreen untuk leher sama dengan memilih sunscreen untuk wajah Anda. Saat hendak membeli sunscreen, perhatikan tekstur dan kekentalannya, tingkat perlindungan, serta bahan aktif di dalamnya.


Pilih tekstur sunscreen yang paling nyaman untuk Anda. Bila Anda sering berada di dalam ruangan, sunscreen SPF 15–30 sudah cukup. Namun, bila Anda berencana pergi ke luar ruangan, gunakan perlindungan sunscreen minimal SPF 30, ya.


Terakhir, cek apakah sunscreen Anda menambahkan bahan aktif lain, seperti pelembap atau antioksidan. Adanya kandungan pelembap atau antioksidan akan meningkatkan perawatan terhadap kulit Anda.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Tabir surya penting untuk mencegah kerusakan kulit berlebihan akibat matahari. Selain itu, tabir surya juga dapat mencegah hiperpigmentasi karena sinar matahari. Rekomendasi pemilihan tabir surya untuk leher adalah yang memberikan perlindungan broad-spectrum untuk sinar ultraviolet A dan B.


Perhatikan produk dengan SPF minimal 30, PA++, dan fungsi water resistant. Makin banyak tanda + di belakang PA menandakan makin tinggi proteksi terhadap sinar ultraviolet A.


Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya dengan jumlah cukup. Tuangkan sebanyak 2 jari telunjuk dan jari tengah tangan Anda untuk area wajah dan leher. Ulangi pemakaian tiap 3-4 jam sekali atau lebih sering bila Anda berkeringat dan beraktivitas di luar ruangan.

Gunakan axillary cream untuk perawatan intensif

Mencerahkan kulit leher yang hitam tidak terbatas pada neck cream saja. Namun, Anda juga perlu menambahkan axillary cream. Masih asing dengan istilah ini?


Istilah axillary cream diambil dari kata axilla yang berarti ketiak. Krim ini umumnya digunakan di daerah lipatan, seperti ketiak, lipatan paha, dan leher. Krim ini merupakan perawatan intensif untuk melembapkan, menghaluskan, serta mencerahkan daerah lipatan.


Axillary cream biasanya memiliki ingredients khusus, seperti glutathione, grapeseed oil, Centella asiatica, vitamin E, dan niacinamide. Jadi, untuk kulit leher yang cerah maksimal, axillary cream wajib ada dalam rangkaian perawatan Anda, ya.

10 Rekomendasi skincare terbaik untuk leher hitam

Di bawah ini, kami sudah menyiapkan sepuluh review skincare untuk leher Anda. Seluruh produk ini merupakan hasil rekomendasi mybest dan tidak berhubungan dengan dr. Rahma Evitasari. Mari temukan rangkaian perawatan terbaik rekomendasi mybest, ya!

10
Jenis produkEksfoliasi (body scrub)
Rangkaian produk pelengkap lainnyaShower scrub dan body lotion
Kandungan bahan aktifGlutathione dan vitamin E
KlaimMeregenerasi, melembapkan, dan mencerahkan kulit tubuh
9

Oh My Skin! Gluta Collagen Body Mask

Mulai dari Rp 70.000,00

Jenis produkEksfoliasi (body mask)
Rangkaian produk pelengkap lainnyaBody lotion spray
Kandungan bahan aktifGluthation, collagen, algae extract, dan castor oil
KlaimMencerahkan dan melembapkan
8

LooLoo Asiatica Brightening Serum

Mulai dari Rp 85.000,00

Jenis produkPelembap
Rangkaian produk pelengkap lainnyaLooLoo Fluffy Brightening Soap
Kandungan bahan aktifMulberry, licorice extract, vitamin E, Centella asiatica, grape seed oil, Starflower oil
KlaimMencerahkan area lipatan kulit yang gelap, meratakan warna kulit yang belang, menghaluskan kulit kasar, melindungi kulit dari radikal bebas
7

SomethincGLOW MAKER AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner

Mulai dari Rp 59.000,00

Jenis produkEksfoliasi (toner)
Rangkaian produk pelengkap lainnyaEssense dan serum
Kandungan bahan aktifAHA, BHA, dan PHA
KlaimHasil nyata dalam 30 hari dan aman untuk bumil
6

KaoBiore UV Face Sunscreen Aqua Rich Light Up Essence SPF 50+ PA++++

Mulai dari Rp 127.300,00

Jenis produkSunscreen
Rangkaian produk pelengkap lainnya-
Kandungan bahan aktifSebum absorbing ingredients, hyaluronic acid, royal jelly extract, dan moisture ingredients
KlaimMelembapkan, meminimalkan menempelnya debu dan kotoran, dan mencerahkan kulit seketika
5
Jenis produkAxillary cream
Rangkaian produk pelengkap lainnyaBody scrub
Kandungan bahan aktifMineral oil, shea butter, dan niacinamide
KlaimMemperbaiki warna kulit, menghaluskan, dan melembapkan
4
Jenis produkAxillary cream
Rangkaian produk pelengkap lainnya-
Kandungan bahan aktifNiacinamide dan ceramide
KlaimMencerahkan, menghaluskan, melembapkan, dan membantu regenerasi kulit
3
Jenis produkAxillary cream
Rangkaian produk pelengkap lainnya-
Kandungan bahan aktifNiacinamide dan collagen
KlaimMencerahkan kulit, melembabkan kulit, menyamarkan noda hitam, dan antiaging
2

RoceoLightening & Smoothing Serum

Mulai dari Rp 95.000,00

Jenis produkAxillary cream
Rangkaian produk pelengkap lainnyaBody serum
Kandungan bahan aktifDaisy flower, niacinamide, dan glutathione
KlaimMenghaluskan tekstur pori-pori kasar dan mencerahkan
1

ERHATruwhite Arbutin & Peptides Brightening Neck Cream

Mulai dari Rp 148.500,00

Jenis produkAxillary cream
Rangkaian produk pelengkap lainnya-
Kandungan bahan aktifVitamin E, pro-vitamin B5, Aloe vera, arbutin, niacinamide, dan peptide complex
KlaimMencerahkan, meremajakan, dan melindungi dari sinar UV (SPF25/PA++)

Tabel perbandingan produk skincare terbaik untuk leher hitam

Gambar produk
1
ERHA Truwhite Arbutin & Peptides Brightening Neck Cream 1

ERHA

2
Roceo Lightening & Smoothing Serum 1

Roceo

3
Whitelab  Underarm Cream 1

Whitelab

4
Everwhite  Axillary Cream 1

Everwhite

5
Sugarpot Blanch Brightening Cream 1

Sugarpot

6
Kao Biore UV Face Sunscreen Aqua Rich Light Up Essence SPF 50+ PA++++ 1

Kao

7
Somethinc GLOW MAKER AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner 1

Somethinc

8
LooLoo  Asiatica Brightening Serum 1

LooLoo

9
Oh My Skin!  Gluta Collagen Body Mask 1

Oh My Skin!

10
Scarlett Whitening  Body Scrub 1

Scarlett Whitening

Nama produk

Truwhite Arbutin & Peptides Brightening Neck Cream

Lightening & Smoothing Serum

Underarm Cream

Axillary Cream

Blanch Brightening Cream

Biore UV Face Sunscreen Aqua Rich Light Up Essence SPF 50+ PA++++

GLOW MAKER AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner

Asiatica Brightening Serum

Gluta Collagen Body Mask

Body Scrub

Keunggulan

Paket komplet perawatan kulit leher Anda!

Krim pencerah untuk seluruh area lipatan

Membantu menghilangkan tekstur kulit yang kasar

Dengan antioksidan untuk regenerasi kulit yang optimal

Bantu perbaiki warna kulit dan tekstur area leher

Perlindungan maksimal dengan hasil kulit glowing

Dapatkan kulit leher yang lebih cerah dalam 30 hari!

Tak hanya mencerahkan leher dan area lipatan kulit lainnya, wanginya pun semerbak

Body mask yang boleh dipakai setiap hari dan aman untuk bumil

Angkat sel kulit mati tanpa takut iritasi

Harga mulai dariRp 148.500,00Rp 95.000,00Rp 65.000,00Rp 95.000,00Rp 70.000,00Rp 127.300,00Rp 59.000,00Rp 85.000,00Rp 70.000,00Rp 75.000,00
Jenis produkAxillary creamAxillary creamAxillary creamAxillary creamAxillary creamSunscreenEksfoliasi (toner)PelembapEksfoliasi (body mask)Eksfoliasi (body scrub)
Rangkaian produk pelengkap lainnya-Body serum--Body scrub-Essense dan serumLooLoo Fluffy Brightening SoapBody lotion sprayShower scrub dan body lotion
Kandungan bahan aktifVitamin E, pro-vitamin B5, Aloe vera, arbutin, niacinamide, dan peptide complexDaisy flower, niacinamide, dan glutathioneNiacinamide dan collagenNiacinamide dan ceramideMineral oil, shea butter, dan niacinamideSebum absorbing ingredients, hyaluronic acid, royal jelly extract, dan moisture ingredientsAHA, BHA, dan PHA Mulberry, licorice extract, vitamin E, Centella asiatica, grape seed oil, Starflower oilGluthation, collagen, algae extract, dan castor oilGlutathione dan vitamin E
KlaimMencerahkan, meremajakan, dan melindungi dari sinar UV (SPF25/PA++)Menghaluskan tekstur pori-pori kasar dan mencerahkanMencerahkan kulit, melembabkan kulit, menyamarkan noda hitam, dan antiagingMencerahkan, menghaluskan, melembapkan, dan membantu regenerasi kulitMemperbaiki warna kulit, menghaluskan, dan melembapkanMelembapkan, meminimalkan menempelnya debu dan kotoran, dan mencerahkan kulit seketikaHasil nyata dalam 30 hari dan aman untuk bumilMencerahkan area lipatan kulit yang gelap, meratakan warna kulit yang belang, menghaluskan kulit kasar, melindungi kulit dari radikal bebasMencerahkan dan melembapkanMeregenerasi, melembapkan, dan mencerahkan kulit tubuh
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Rahma Evasari SpDV

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Rahma Evasari SpDV

Salah satu penanganan leher hitam adalah penggunaan produk yang mengandung turunan vitamin A, misalnya retinol. Bila kondisi belum juga membaik, mungkin diperlukan peranan dokter kulit untuk memberikan terapi lanjutan agar tampilan kulit kembali prima.

Baca juga rekomendasi body care lainnya di sini

Selain produk untuk mencerahkan leher, kami masih punya produk perawatan tubuh lainnya yang sayang jika dilewatkan. Temukan rangkaian lengkap body care terbaik Anda bersama kami. Yuk, langsung klik link di bawah ini!

Kesimpulan

Perawatan kulit leher tidak jauh berbeda dengan perawatan wajah. Namun, jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal, penggunaan neck cream sangat dianjurkan. Terlebih, jika Anda memiliki masalah kulit leher yang menghitam.


Dengan perawatan yang tepat, kulit leher Anda bisa sama glowing-nya dengan wajah Anda. Sebelum membeli rangkaian perawatan tubuh, jangan lupa untuk selalu menggunakan tips dan review dari kami. Temukan produk yang tepat hanya bersama kami, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang enggan menggunakan body lotion atau hand body karena terasa lengket. Sebetulnya, body lotion adalah pelembap yang menutrisi semua jenis kulit. Anda bisa menemukan body lotion yang tidak lengket serta mampu memutihkan dengan kandungan collagen. Ada pula body lotion dengan SPF untuk kulit kering, kulit remaja, serta kebutuhan kulit lainnya.Kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi merek yang bagus. Body lotion Scarlett, Vaseline, Nivea, Grace and Glow, dan Marina akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Kandungan whitening agent, seperti alpha arbutin, glutathione, kojic acid, dan niacinamide akan mengembalikan warna kulit Anda.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett Whitening, NIVEA, dan Vaseline. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan produk body care yang cocok dimiliki semua orang. Tak hanya melembapkan, manfaat hand body lotion juga beragam, misalnya mencerahkan dan menghidrasi kulit. Marina, salah satu merek kosmetik lokal yang bagus pun mengeluarkan body lotion. Produk yang berkualitas dengan beragam varian menjadi alasan kepopuleran Marina.Jika Anda bingung menentukan pilihan body lotion Marina yang terbaik, tak perlu khawatir. Kami akan memberikan tips memilih juga rekomendasi produknya. Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh termasuk di antara produk yang kami rekomendasikan. Jadi, baca artikelnya sampai selesai, ya. 
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang tidak boleh di-skip dari perawatan kulit sehari-hari. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Misalnya, untuk Anda yang memiliki kulit kering, pilihlah sunscreen yang kaya pelembap.Kali ini, kami akan memberikan tips beserta rekomendasi sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Merek sunscreen ternama, seperti Azarine, Skin Aqua, dan COSRX ada dalam list rekomendasi kami. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar ultraviolet, diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Ada merek Nivea, Beeme, Momami, dan masih banyak lagi.Namun, simak dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Jangan lewatkan juga rekomendasi sunblock anak yang bagus untuk berenang, sunscreen anak SD, sunscreen untuk anak 10 tahun, dan sebagainya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Wash Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Wash Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda sedang mencari sabun mandi terbaik, body wash bisa masuk dalam pilihan. Body wash adalah sabun mandi cair yang tidak hanya membersihkan, tetapi juga bisa melembapkan kulit. Bahkan, saat ini sudah banyak body wash yang mengandung whitening, kolagen, antiacne, dan antibakteri.Kali ini, kami akan mengulas body wash terbaik dari berbagai merek, seperti Scarlett Whitening, Rei Skin, dan MS Glow. Bahkan, body wash yang viral di TikTok juga ada, lho. Yuk, baca lebih lanjut rekomendasi sabun mandi dari kami dan dapatkan produk yang bagus serta cocok untuk kulit Anda.
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori