• 10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Menjahit merupakan kegiatan yang banyak diminati untuk mengisi waktu. Salah satu merk mesin jahit ternama yang banyak dicari adalah Singer. Singer adalah perusahaan mesin jahit dari Amerika Serikat yang telah berdiri sejak tahun 1851. Merk ini telah mengeluarkan beragam mesin jahit yang bagus dengan kualitas terbaik.


Agar tidak salah pilih, kami punya tips memilihnya untuk Anda. Tak hanya itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk Singer terbaik, mulai dari mesin jahit rumahan hingga mesin jahit industri. Ingin mesin jahit yang bagus? Tentu Singer jawabannya!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih mesin jahit Singer

Singer merupakan merek mesin jahit yang sudah lama ada sehingga memiliki banyak pilihan produk. Agar Anda tidak kebingungan saat memilihnya, kami akan memandu Anda. Perhatikan dengan saksama penjelasan berikut ini, ya!

Untuk penggunaan rumahan, pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari

Pada saat pandemi seperti ini, banyak orang yang memulai hobi menjahit untuk bisnis homemade fashion atau menjual masker kain. Singer sendiri menyediakan beragam pilihan mesin jahit rumahan yang dapat dipilih berdasarkan bentuk dan tujuan penggunaannya. Kami akan menjelaskan satu per satu secara lengkap.

Mesin jahit mini: Ringkas dan sangat ringan

Sesuai namanya, mesin jahit mini memiliki ukuran yang ringkas dan ringan. Mesin jahit ini ditujukan untuk memudahkan Anda menjahit pakaian sobek atau kebutuhan dasar menjahit lainnya. Selain sangat mudah digunakan, harganya juga lebih terjangkau sehingga sangat cocok untuk Anda yang baru belajar menjahit.


Sayangnya, bodi mesin jahit mini biasanya menggunakan plastik sehingga lebih ringkih. Jadi, Anda harus lebih berhati-hati saat memakai, memindahkan, dan membawanya. Tak hanya itu, mesin jahit mini juga tidak dapat digunakan untuk menjahit kain yang tebal seperti jeans. Masa garansi yang diberikan Singer untuk mesin jahit mini pun juga singkat, hanya tiga bulan saja.

Mesin jahit heavy duty: Kuat dan bisa menjahit segala jenis kain

Mesin jahit heavy duty dilengkapi dengan dinamo atau motor yang lebih besar dan kuat. Jadi, Anda bisa menjahit pakaian berbagai bahan dengan lebih lancar, bahkan yang tebal seperti kulit dan jeans.


Sepatu pada mesin jahit heavy duty juga dapat diangkat lebih tinggi daripada jenis lainnya. Hal ini ditujukan agar kain yang tebal dapat terjepit dengan mudah. Dengan begitu, menjahit tas, pouch, atau gorden pun tak masalah. Mesin jahit ini sangat cocok dipilih oleh Anda yang memiliki bisnis fashion skala rumahan.

Mesin jahit portabel: Menyediakan semua fitur dasar yang cocok untuk pemula

Mesin jahit portabel dari Singer memiliki berat kurang lebih 6 kg. Sesuai namanya, mesin jahit ini mudah dipindahkan serta tidak memakan banyak tempat. Jika Anda memiliki ruang terbatas untuk meletakkan mesin jahit, jenis ini bisa dipilih. Terdapat juga mesin jahit portabel low watt yang bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang ingin hemat listrik.


Kelengkapan mesin jahit ini sudah mencakup semua kebutuhan dasar untuk menjahit sehingga mudah digunakan untuk pemula. Dengan fitur-fitur yang tersedia, Anda bisa membuat baju maupun tas serut. Selain itu, mesin jahit portabel juga memiliki bentuk modern yang menarik.

Mesin jahit elektronik: Terkomputerisasi dan mudah digunakan

Cara kerja dari mesin jahit elektronik atau mesin jahit komputer adalah dibantu dengan kontrol elektronik. Biasanya, di bagian kanan mesin jahit terdapat layar panel dengan tombol-tombol di bawahnya. Dengan mesin jahit ini, Anda tak perlu repot-repot memutar bobbin atau memasang benang karena dapat dilakukan secara otomatis. Praktis, bukan?


Mesin jahit elektronik mempunyai ragam pola jahitan yang sangat banyak, mulai dari pola unik, alfabet, hingga angka. Kecepatannya dalam menyelesaikan jahitan juga lebih cepat dibandingkan jenis mesin jahit rumahan lainnya. Apabila Anda memiliki butik kecil di rumah, mesin jahit ini sangat cocok untuk dipilih.

Mesin jahit bordir: Buat berbagai kreasi sulaman dengan mudah

Mesin jahit bordir bekerja menggunakan teknologi komputer dan termasuk dalam kategori mesin jahit elektronik. Hal yang membedakan adalah adanya pola bordir tambahan yang tidak bisa ditemukan di mesin jahit elektronik biasa. Ratusan pola bordir yang tersedia akan mempercantik kain atau pakaian yang Anda jahit. Anda juga bisa membordir dengan pola yang sudah didesain melalui software khusus menggunakan mesin jahit ini.


Pada mesin jahit bordir terdapat pemotong benang otomatis di bagian bawah agar jahitan belakang terlihat lebih rapi. Cara kerjanya juga sangat mudah, Anda tinggal memilih pola yang akan dibordir dan menekan tombol start. Lalu, mesin jahit akan membuat pola tersebut secara otomatis sehingga Anda tak perlu menginjak pedal.

Mesin jahit klasik: Bentuknya vintage dan bisa dipakai tanpa listrik

Mesin jahit klasik atau mesin jahit manual memiliki pesonanya tersendiri. Jenis ini hadir dalam bentuk dan pola vintage yang menarik bagi sebagian orang. Karena memakai pedal yang dikayuh, Anda tetap bisa menjahit saat mati listrik. Namun, jika ingin memakai pedal listrik, terdapat dinamo opsional yang dapat dipasang.


Bodi mesin jahit klasik sebagian besar terbuat dari logam. Tak heran jika jenis ini lebih awet daripada jenis lainnya. Hasil jahitannya juga rapi, kecil, dan rapat sehingga membuat kain terlihat lebih bagus dan berkualitas. Karena itu, mesin jahit ini ideal untuk menjahit kain-kain yang halus, misalnya sutra, sifon, dan brokat.


Namun, kecepatan mesin jahit klasik tergolong cukup rendah karena tergantung kekuatan kaki. Jenis ini juga hanya bisa menjahit lurus dan sulit digunakan untuk membordir.

Mesin jahit flatbed: Dapat digunakan secara portabel atau ditanam di meja jahit

Jenis flatbed merupakan jenis mesin jahit yang mirip dengan mesin jahit klasik, tetapi menggunakan tenaga dinamo. Bentuk papannya yang rata juga mirip dengan mesin jahit klasik.


Mesin jahit ini termasuk semiportabel. Jadi, Anda bisa membawa atau menanam mesin jahit ke dalam meja agar lebih nyaman. Selain itu, bodinya yang terbuat dari logam membuat mesin jahit flatbed lebih kuat daripada mesin jahit portabel biasa. Namun, jenis ini menghasilkan suara yang lebih kasar.

Untuk skala industri, pilih yang memiliki kecepatan tinggi

Jika Anda bergelut di industri konfeksi skala menengah hingga besar, gunakanlah mesin jahit khusus skala industri. Mesin jahit industri disebut juga dengan mesin jahit high-speed karena menawarkan kecepatan menjahit yang sangat tinggi. Hal ini berkat dinamo berukuran besar yang digunakannya. Meskipun cepat, jahitan yang dihasilkan tetap rapi.


Tak hanya itu, mesin jahit industri juga memiliki sistem pelumas otomatis sehingga perawatannya mudah. Akan tetapi, mesin jahit ini mengonsumsi listrik yang besar, sulit dipindahkan, dan hanya bisa menjahit lurus saja.

Perhatikan cara pemasangan bobbin-nya

Perhatikan cara pemasangan bobbin-nya

Terdapat dua cara memasang bobbin atau spool pada mesin jahit Singer. Cara pertama adalah front-load, yaitu memasukkan bobbin ke dalam sekoci kemudian dipasang di bawah mesin jahit seperti pada gambar. Cara kedua adalah top drop-in bobbin yang pemasangannya melalui atas area jahit tanpa harus mengeluarkan bobbin case dari mesin jahit.


Dari kedua cara tersebut, top drop-in bobbin merupakan cara pemasangan benang yang lebih mudah dilakukan. Jadi, pemula disarankan memilih mesin jahit Singer dengan pemasangan top drop-in bobbin. Sementara itu, cara pemasangan front-load cenderung lebih rumit. Namun, jika Anda terbiasa menggunakan front-load, pemasangan dapat dilakukan dengan mudah.

Cek fitur tambahan lainnya

Cek fitur tambahan lainnya

Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum mulai menjahit, seperti memasang benang, serta memutar dan memasang bobbin. Bagi pemula, hal tersebut tentu sulit dilakukan karena belum terbiasa. Untuk itu, tak ada salahnya untuk memeriksa fitur-fitur lain yang memudahkan.


Beberapa fitur yang disediakan oleh Singer adalah lampu LED, pengaman jari, dan pemutar bobbin otomatis. Anda juga bisa menemukan mesin jahit Singer yang dilengkapi dengan USB port untuk membordir pola yang tidak tersedia. Dengan fitur tersebut, Anda tinggal mencolokkan flash drive dan memilih pola bordir yang diinginkan. 

10 Rekomendasi mesin jahit Singer terbaik

Setelah memahami cara memilih mesin jahit Singer, kini saatnya kita ke rekomendasi produk! Apa saja produk rekomendasinya? Langsung saja cek di bawah ini. Jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya.

10
JenisMesin jahit portabel
Berat12,2 kg
Jumlah pola jahitan23 pola, 4 langkah pelubang kancing
Lampu LED✔︎
Cara pemasangan bobbinFront-load
Fitur lainnyaPemotong benang, pemutar bobbin otomatis, pengatur pola jahitan, pengatur panjang jahitan, pengatur tekanan benang atas, tuas jahitan mundur
9
JenisMesin jahit klasik
BeratTidak disebutkan
Jumlah pola jahitanx
Lampu LEDx
Cara pemasangan bobbinFront-load
Fitur lainnyax
8
JenisMesin jahit mini
Berat2,5 kg
Jumlah pola jahitan11 pola
Lampu LED✔︎
Cara pemasangan bobbinTop drop-in
Fitur lainnyaPemotong benang, pemutar bobbin otomatis, pengatur pola jahitan, pengatur tekanan benang atas, tuas jahitan mundur, pengaman jari, desain free arm
7
JenisMesin jahit flatbed
BeratTidak disebutkan
Jumlah pola jahitan24 pola, 4 langkah pelubang kancing
Lampu LED✔︎
Cara pemasangan bobbinFront-load
Fitur lainnyaPemotong benang, pemutar bobbin otomatis, pengatur pola jahitan, pengatur panjang jahitan, pengatur lebar jahitan, pengatur tekanan benang atas, tuas jahitan mundur
6
JenisMesin jahit industri
BeratTidak disebutkan
Jumlah pola jahitanx
Lampu LEDx
Cara pemasangan bobbinFront-load
Fitur lainnyaKecepatan tinggi, pengatur jarak jahitan, sistem pelumas otomatis, pengangkat sepatu tinggi, gigi bawah dapat diatur
5
JenisMesin jahit portabel
BeratTidak disebutkan
Jumlah pola jahitan14 pola, 4 langkah pelubang kancing
Lampu LED✔︎
Cara pemasangan bobbinFront-load
Fitur lainnyaPemotong benang, pemutar bobbin otomatis, pengatur pola jahitan, pengatur tekanan benang atas, tuas jahitan mundur
4
JenisMesin jahit heavy duty
Berat14,6 kg
Jumlah pola jahitan32 pola
Lampu LED✔︎
Cara pemasangan bobbinTop drop-in
Fitur lainnyaPemotong benang, pemutar bobbin otomatis, pemasang benang otomatis, pengatur pola jahitan, pengatur panjang jahitan, pengatur lebar jahitan, pengatur posisi jarum, pengatur tekanan benang atas, tuas jahitan mundur
3
JenisMesin jahit bordir
Berat20,5 kg
Jumlah pola jahitan200 pola, 6 jenis alfabet untuk monogramming
Lampu LED✔︎
Cara pemasangan bobbinTop drop-in
Fitur lainnyaLCD layar sentuh, koneksi via USB, pemotong benang otomatis, pemutar bobbin otomatis, pemasang benang otomatis, pengatur tekanan benang otomatis, tombol pengatur kecepatan, tombol start/stop jahitan
2
JenisMesin jahit elektronik
BeratTidak disebutkan
Jumlah pola jahitan404 pola (termasuk 194 pola angka & alfabet), 1 langkah pelubang kancing (9 tipe)
Lampu LED✔︎
Cara pemasangan bobbinTop drop-in
Fitur lainnyaPemotong benang, pemutar bobbin otomatis, pemasang benang otomatis, tombol pengatur pola jahitan, tombol pengatur panjang jahitan, tombol pengatur lebar jahitan, pengatur tekanan benang atas, tuas pengatur kecepatan menjahit, tombol start/stop jahitan, tombol pengunci jahitan otomatis, tombol pemrogram jarum naik/turun, tombol jahitan mundur
1
JenisMesin jahit elektronik
Berat14,9 kg
Jumlah pola jahitan70 pola, 1 langkah pelubang kancing (3 tipe)
Lampu LED✔︎
Cara pemasangan bobbinTop drop-in
Fitur lainnyaPemotong benang, pemutar bobbin otomatis, pemasang benang otomatis, tombol pengatur pola jahitan, tombol pengatur panjang jahitan, tombol pengatur lebar jahitan, pengatur tekanan benang atas, tombol pengatur kecepatan, tombol start/stop jahitan, tombol pengunci jahitan otomatis, tombol pemrogram jarum naik/turun, tombol jahitan mundur

Tabel perbandingan produk mesin jahit Singer terbaik

Gambar produk
1
Singer Featherweight C240 1

Singer

2
Singer Stylist 9100 1

Singer

3
Singer Quantum Stylist EM200 1

Singer

4
Singer Heavy Duty 4432 1

Singer

5
Singer M1155 1

Singer

6
Singer 131C-20C 1

Singer

7
Singer 984 1

Singer

8
Singer M1005 1

Singer

9
Singer 15CD1A 1

Singer

10
Singer Simple Color 3223 1

Singer

Nama produk

Featherweight C240

Stylist 9100

Quantum Stylist EM200

Heavy Duty 4432

M1155

131C-20C

984

M1005

15CD1A

Simple Color 3223

Keunggulan

Bisa menjahit beberapa lapis kain tebal maupun tipis!

Area jahit jadi lebih luas dengan meja tambahan

Adanya tiga buah lampu LED membuat area jahit lebih terang dan jelas

Dilengkapi dinamo yang 60% lebih kuat

Lebih hemat listrik dengan watt yang rendah

Supercepat! Selesaikan 5.000 jahitan dalam satu menit

Perpaduan sempurna antara mesin jahit klasik dan modern

Sangat ringan dan mudah digunakan pemula

Pesona vintage yang memukau dari mesin jahit jadul

Simpel dengan varian warna yang menarik

Harga mulai dariRp 6.500.000,00Rp 6.050.000,00Rp 14.000.000,00Rp 3.650.000,00Rp 1.675.000,00Rp 3.590.000,00Rp 2.300.000,00Rp 1.150.000,00Rp 899.000,00Rp 2.850.000,00
JenisMesin jahit elektronikMesin jahit elektronikMesin jahit bordirMesin jahit heavy dutyMesin jahit portabelMesin jahit industriMesin jahit flatbedMesin jahit miniMesin jahit klasikMesin jahit portabel
Berat14,9 kgTidak disebutkan20,5 kg14,6 kgTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan2,5 kgTidak disebutkan12,2 kg
Jumlah pola jahitan70 pola, 1 langkah pelubang kancing (3 tipe)404 pola (termasuk 194 pola angka & alfabet), 1 langkah pelubang kancing (9 tipe)200 pola, 6 jenis alfabet untuk monogramming32 pola14 pola, 4 langkah pelubang kancingx24 pola, 4 langkah pelubang kancing11 polax23 pola, 4 langkah pelubang kancing
Lampu LED✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎x✔︎✔︎x✔︎
Cara pemasangan bobbinTop drop-inTop drop-inTop drop-inTop drop-inFront-loadFront-loadFront-loadTop drop-inFront-loadFront-load
Fitur lainnyaPemotong benang, pemutar bobbin otomatis, pemasang benang otomatis, tombol pengatur pola jahitan, tombol pengatur panjang jahitan, tombol pengatur lebar jahitan, pengatur tekanan benang atas, tombol pengatur kecepatan, tombol start/stop jahitan, tombol pengunci jahitan otomatis, tombol pemrogram jarum naik/turun, tombol jahitan mundurPemotong benang, pemutar bobbin otomatis, pemasang benang otomatis, tombol pengatur pola jahitan, tombol pengatur panjang jahitan, tombol pengatur lebar jahitan, pengatur tekanan benang atas, tuas pengatur kecepatan menjahit, tombol start/stop jahitan, tombol pengunci jahitan otomatis, tombol pemrogram jarum naik/turun, tombol jahitan mundurLCD layar sentuh, koneksi via USB, pemotong benang otomatis, pemutar bobbin otomatis, pemasang benang otomatis, pengatur tekanan benang otomatis, tombol pengatur kecepatan, tombol start/stop jahitanPemotong benang, pemutar bobbin otomatis, pemasang benang otomatis, pengatur pola jahitan, pengatur panjang jahitan, pengatur lebar jahitan, pengatur posisi jarum, pengatur tekanan benang atas, tuas jahitan mundurPemotong benang, pemutar bobbin otomatis, pengatur pola jahitan, pengatur tekanan benang atas, tuas jahitan mundurKecepatan tinggi, pengatur jarak jahitan, sistem pelumas otomatis, pengangkat sepatu tinggi, gigi bawah dapat diaturPemotong benang, pemutar bobbin otomatis, pengatur pola jahitan, pengatur panjang jahitan, pengatur lebar jahitan, pengatur tekanan benang atas, tuas jahitan mundurPemotong benang, pemutar bobbin otomatis, pengatur pola jahitan, pengatur tekanan benang atas, tuas jahitan mundur, pengaman jari, desain free armxPemotong benang, pemutar bobbin otomatis, pengatur pola jahitan, pengatur panjang jahitan, pengatur tekanan benang atas, tuas jahitan mundur
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk mesin jahit lainnya di sini

Sudah berhasil menemukan mesin jahit Singer yang sesuai dengan kebutuhan? Atau masih ingin mencari mesin jahit lainnya? Kami telah menyediakan artikel mengenai berbagai mesin jahit yang bisa Anda pertimbangkan. Yuk, cek rekomendasi produk terbaik dari kami dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kegiatan menjahit memang menyenangkan. Namun, tahukah Anda bahwa menjahit memiliki segudang manfaat? Dengan menjahit, Anda akan merasakan efek relaksasi, mengasah imajinasi, mengurangi risiko demensia, dan meningkatkan daya tubuh. Meski terlihat sepele, ternyata menjahit banyak sekali manfaatnya, ya. Tertarik untuk memulainya? Gampang, pilih saja salah satu mesin jahit Singer yang pas untuk Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Benang Rajut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Benang Rajut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Merajut dapat menghasilkan berbagai barang hanya dengan satu jenis benang. Anda bahkan bisa mendapatkan finishing yang berbeda hanya dengan mengganti jenis benangnya! Ada banyak jenis benang rajut, mulai dari benang polyester, benang katun, benang nilon, hingga benang polycherry.Di artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih benang rajut yang bagus. Kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi benang rajut terbaik dari merek Red Heart, Papiput Yarn, dan DROPS Design. Jika Anda ingin mulai belajar merajut, baca ulasan dari kami terlebih dahulu!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Crayon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Crayon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda dapat menemukan berbagai media mewarnai, seperti cat air, pensil warna, dan crayon atau krayon. Di antara peralatan menggambar tersebut, crayon menjadi andalan anak-anak hingga dewasa karena mudah digunakan dan menghasilkan sentuhan yang halus. Namun, banyaknya variasi merek dan produk mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih krayon yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak serta non toxic. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan krayon yang bagus dari produsen ternama, seperti TiTi, Joyko, Greebel, dan Faber Castell. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Portable yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Portable yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin jahit portable banyak dicari karena ukurannya tidak terlalu besar, bobotnya relatif ringan, dan kepraktisan fitur-fiturnya. Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan mesin jahit biasa, kemampuannya dalam membantu Anda menjahit tidak perlu diragukan lagi. Ada beragam pilihan, dari mesin jahit multifungsi, heavy duty, hingga mesin jahit portable mini. Jika sedang mencari-cari mesin jahit portable yang bagus, Anda bisa memeriksa produk merek Singer, Butterfly, Brother, Juki, dan lainnya. Apa saja keunggulan dan fitur setiap mesin jahit portable tersebut? Yuk, bandingkan agar Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat membaca!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Memperbaiki pakaian sendiri akan lebih praktis dengan menggunakan mesin jahit. Anda juga bisa mulai belajar menggunakan mesin jahit untuk membuat tas dan aksesori. Karena itu, produsen-produsen, seperti merek Brother, Butterfly, Janome, dan lainnya berlomba-lomba memproduksi berbagai mesin jahit yang cocok untuk pemula.Setiap mesin jahit dari setiap produsen memiliki fungsi dan harga yang berbeda-beda. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mesin jahit yang bagus untuk pemula. Setelah itu, kami akan mengulas sepuluh produk terbaik untuk Anda. Simak sampai selesai, ya!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Mesin Obras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Obras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin obras adalah mesin untuk merapikan tepian kain agar benang-benangnya tidak terurai berantakan. Mesin ini akan menjahit tepian kain sekaligus memotong bagian yang tidak diperlukan dalam sekali jalan. Hasilnya adalah baju Anda terlihat rapi dan jadi lebih awet tanpa benang yang menjulur semrawut. Memilih mesin obras, entah untuk tujuan hobi atau profesional, patut dipertimbangkan secara matang. Karena itu, kami menyajikan cara memilih mesin obras yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan mesin obras terbaik dari merek Singer, Janome, hingga Butterfly. Baca terus artikelnya dan temukan mesin obras yang tepat bagi Anda!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Oil Pastel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Oil Pastel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Masa pandemi ini membuat Anda memiliki hobi baru, salah satunya mungkin melukis. Ada banyak alat lukis yang bisa Anda pilih dan oil pastel termasuk di dalamnya. Apakah Anda sudah cukup mengenal tentang oil pastel? Kami akan memberikan informasi seputar oil pastel yang bagus dalam artikel kali ini.Anda bisa memilih produk dari merk oil pastel yang bagus, seperti Sakura, Pentel, Greebel, dan Faber-Castell. Sebelumnya, simak dahulu tips memilih oil pastel yang cocok untuk digunakan. Temukan berbagai oil pastel terbaik dengan pilihan harga yang cocok di kantong Anda, ya!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Kertas Origami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kertas Origami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Origami merupakan seni melipat kertas dari Jepang. Origami telah diajarkan sejak masa kanak-kanak, bahkan masih menjadi hobi bagi beberapa orang dewasa. Dengan kertas origami, Anda dapat membuat burung, bunga, ikan, dan lainnya. Untuk membantu Anda menghasilkan objek yang diinginkan, pemilihan kertas origami sangat penting.Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang kertas origami beserta tips memilihnya. Simak juga rekomendasi kertas origami terbaik dari kami. Berbagai merek kertas origami, seperti Sinar Dunia, Asturo, Deli, sampai Faber Castell ada dalam rekomendasi kami. Tak perlu berlama-lama lagi, segera simak sampai habis, ya!
    Kerajinan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori