1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Kerajinan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Menjahit merupakan kegiatan yang banyak diminati untuk mengisi waktu. Salah satu merek mesin jahit ternama yang banyak dicari adalah Singer. Singer adalah perusahaan mesin jahit dari Amerika Serikat yang telah berdiri sejak tahun 1851. Merek ini telah mengeluarkan beragam mesin jahit yang bagus dengan kualitas terbaik.


Agar tidak salah pilih, kami punya tips memilihnya untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk Singer terbaik, mulai dari mesin jahit rumahan hingga mesin jahit industri beserta harganya. Ada seri M1155, M1005, dan lainnya. Jadi, ingin mesin jahit yang bagus? Tentu Singer jawabannya!

Diperbaharui 06-28-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Mengenal mesin jahit Singer lebih dekat


Mesin jahit Singer berhasil bertahan selama lebih dari seabad. Itu semua karena kemampuan Singer mempertahankan kualitas produknya dari tahun ke tahun. Produknya pun terus mengalami inovasi dan perkembangan, dari mesin jahit model klasik, hingga yang canggih seperti sekarang ini.


Beberapa keunggulan mesin jahit Singer antara lain mesinnya kuat sehingga awet dan tahan lama. Selain itu, Singer menyediakan banyak variasi untuk pemula bahkan kelas mahir dengan fitur-fitur sesuai kebutuhan konsumen

Namun, mesin jahit Singer juga tidak lepas dari kekurangan. Banyak pihak menilai bahwa harga mesin jahit Singer relatif tinggi dibandingkan tipe serupa di kelasnya. Meskipun demikian, dengan kualitas bahan, inovasi fitur, dan nama besar selama beberapa dekade, rasanya harga tersebut terbilang sepadan. 

Cara memilih mesin jahit Singer

Singer memiliki banyak pilihan produk. Agar Anda tidak kebingungan saat memilihnya, perhatikan dengan saksama penjelasan berikut ini, ya!

① Untuk penggunaan rumahan, pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari

Banyak orang yang memulai hobi menjahit untuk bisnis homemade fashion. Terdapat beragam pilihan mesin jahit rumahan berdasarkan bentuk dan tujuan penggunaannya. Kami akan menjelaskan satu per satu secara lengkap.

Mesin jahit mini, ringkas dan sangat ringan


Mesin jahit mini memiliki ukuran yang ringkas dan ringan. Selain sangat mudah digunakan, harganya juga lebih terjangkau sehingga sangat cocok untuk Anda yang baru belajar menjahit. Mesin jahit ini ditujukan untuk memudahkan Anda menjahit pakaian sobek atau kebutuhan dasar menjahit lainnya. 


Pertanyaannya, apakah mesin jahit portable mini bisa untuk membuat baju? Mesin jahit mini dan portable ini sebetulnya bisa untuk membuat baju. Anda hanya perlu menghindari bahan tebal, misalnya jeans, agar mesinnya awet.

Lalu, apakah mesin jahit portable mini cepat rusak? Gunakan mesin jahit mini Singer sesuai aturan agar tidak mudah rusak. Apalagi, masa garansi yang diberikan Singer untuk mesin jahit mini pun lebih singkat, yaitu hanya tiga bulan. 


Tertarik dengan mesin jahit mini? Jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang mesin jahit mini dari berbagai merek, silakan klik tautan di bawah ini.

Mesin jahit heavy duty, kuat dan bisa menjahit segala jenis kain

Mesin jahit heavy duty dilengkapi dengan dinamo atau motor yang lebih besar dan kuat. Jadi, Anda bisa menjahit berbagai bahan dengan lebih lancar, bahkan yang tebal seperti kulit dan jeans.


Sepatu pada mesin jahit heavy duty juga dapat diangkat lebih tinggi daripada jenis lainnya. Tujuannya agar kain yang tebal dapat terjepit dengan mudah. Dengan begitu, menjahit tas, pouch, atau gorden pun tak masalah. Mesin jahit ini sangat cocok dipilih oleh Anda yang memiliki bisnis fashion skala rumahan.

Mesin jahit portabel, menyediakan semua fitur dasar yang cocok untuk pemula

Mesin jahit portabel dari Singer memiliki berat kurang lebih 6 kg. Sesuai namanya, mesin jahit ini mudah dipindahkan serta tidak memakan banyak tempat. Jika ruangan Anda terbatas, jenis ini bisa dipilih. Terdapat juga mesin jahit portabel low watt bagi Anda yang ingin hemat listrik.


Kelengkapan mesin jahit ini sudah mencakup semua kebutuhan dasar untuk menjahit sehingga mudah digunakan oleh pemula. Dengan fitur-fitur yang tersedia, Anda bisa membuat baju maupun tas serut. Selain itu, mesin jahit portabel juga memiliki bentuk modern yang menarik.

Mesin jahit elektronik, terkomputerisasi dan mudah digunakan

Cara kerja mesin jahit elektronik atau mesin jahit komputer adalah dibantu kontrol elektronik. Biasanya, terdapat layar panel dengan tombol-tombol di bawahnya. Dengan demikian, Anda tak perlu memutar bobbin atau memasang benang karena dapat dilakukan secara otomatis. Praktis, bukan?


Mesin jahit elektronik mempunyai ragam pola jahitan yang sangat banyak, mulai dari pola unik, alfabet, hingga angka. Mesin ini juga lebih cepat dalam menyelesaikan jahitan dibandingkan jenis mesin jahit rumahan lainnya. Apabila Anda memiliki butik kecil di rumah, mesin jahit ini sangat cocok untuk dipilih.

Mesin jahit bordir, mempercantik kreasi Anda

Mesin jahit bordir bekerja menggunakan teknologi komputer dan termasuk dalam kategori mesin jahit elektronik. Bedanya, di sini ada pola bordir tambahan. Ratusan pola bordir yang tersedia akan mempercantik jahitan Anda. Anda juga bisa membordir dengan pola yang sudah didesain melalui software khusus menggunakan mesin jahit ini.


Mesin jahit bordir menyertakan pemotong benang otomatis di bagian bawah agar jahitan belakang terlihat lebih rapi. Cara kerjanya juga sangat mudah, Anda tinggal memilih pola yang akan dibordir dan menekan tombol start. Lalu, mesin jahit akan membuat pola tersebut secara otomatis sehingga Anda tak perlu menginjak pedal.

Mesin jahit klasik, bentuknya vintage dan bisa dipakai tanpa listrik

Mesin jahit klasik atau mesin jahit manual memiliki pesonanya tersendiri. Jenis ini hadir dalam bentuk dan pola vintage yang menarik bagi sebagian orang. Karena memakai pedal yang dikayuh, Anda tetap bisa menjahit saat mati listrik. Namun, jika ingin memakai pedal listrik, terdapat dinamo opsional yang dapat dipasang.


Bodi mesin jahit klasik sebagian besar terbuat dari logam. Tak heran jika jenis ini lebih awet daripada jenis lainnya. Hasil jahitannya juga rapi, kecil, dan rapat sehingga membuat kain terlihat lebih bagus dan berkualitas. Karena itu, mesin jahit ini ideal untuk menjahit kain-kain yang halus, misalnya sutra, sifon, dan brokat.


Namun, kecepatan mesin jahit klasik tergolong cukup rendah karena tergantung kekuatan kaki. Jenis ini juga hanya bisa menjahit lurus dan sulit digunakan untuk membordir.

Mesin jahit flatbed,:peletakannya fleksibel sesuai kegunaan

Jenis flatbed mirip dengan mesin jahit klasik, tetapi menggunakan tenaga dinamo. Bentuk papannya yang rata juga mirip dengan mesin jahit klasik.


Mesin jahit ini termasuk semiportabel. Jadi, Anda bisa membawa atau menanam mesin jahit ke dalam meja agar lebih nyaman. Selain itu, bodinya terbuat dari logam sehingga lebih kuat daripada mesin jahit portabel biasa. Namun, suara yang dihasilkan lebih kasar.

② Untuk skala industri, pilih yang memiliki kecepatan tinggi


Jika Anda bergelut di industri konfeksi skala menengah hingga besar, gunakan mesin jahit khusus skala industri. Mesin jahit industri disebut juga mesin jahit high-speed karena menawarkan kecepatan menjahit yang sangat tinggi. Hal tersebut berkat dinamo berukuran besar yang digunakannya. Meskipun cepat, jahitan yang dihasilkan tetap rapi.


Mesin jahit industri juga memiliki sistem pelumas otomatis sehingga perawatannya mudah. Namun, mesin jahit ini mengonsumsi listrik yang besar, sulit dipindahkan, dan hanya bisa menjahit lurus saja. Contoh mesin jahit industrial adalah 131C-20C. Sayangnya, produk ini tergolong langka di pasaran.

③ Perhatikan cara pemasangan bobbin-nya

Perhatikan cara pemasangan bobbin-nya

Terdapat dua cara memasang bobbin atau spool pada mesin jahit Singer. Cara pertama adalah front-load, yaitu memasukkan bobbin ke dalam sekoci kemudian dipasang di bawah mesin jahit seperti pada gambar. Cara kedua adalah top drop-in bobbin yang pemasangannya melalui atas area jahit tanpa harus mengeluarkan bobbin case dari mesin jahit.


Dari kedua cara tersebut, top drop-in bobbin merupakan cara pemasangan benang yang lebih mudah dilakukan. Jadi, pemula disarankan memilih mesin jahit Singer dengan pemasangan top drop-in bobbin. Namun, jika Anda terbiasa menggunakan front-load, pemasangan dapat dilakukan dengan mudah.

④ Cek fitur tambahan lainnya

Cek fitur tambahan lainnya

Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum mulai menjahit, seperti memasang benang, serta memutar dan memasang bobbin. Bagi pemula, hal tersebut tentu sulit dilakukan karena belum terbiasa. Untuk itu, tak ada salahnya untuk memeriksa fitur-fitur lain yang memudahkan penggunaan mesin jahit Singer.


Beberapa fitur yang disediakan oleh Singer adalah lampu LED, pengaman jari, dan pemutar bobbin otomatis. Anda juga bisa menemukan mesin jahit Singer yang dilengkapi dengan USB port untuk membordir pola yang tidak tersedia. Dengan fitur tersebut, Anda tinggal mencolokkan flash drive dan memilih pola bordir yang diinginkan. 

10 Rekomendasi mesin jahit Singer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mesin jahit Singer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Singer

M1155

Singer M1155 1枚目

Mesin jahit portable yang hemat listrik

2

Singer

Heavy Duty

Singer Heavy Duty  1枚目

Dilengkapi dinamo yang 60% lebih kuat

3

Singer

984

Singer 984 1枚目

Perpaduan sempurna antara mesin jahit klasik dan modern

4

Singer

M1005

Singer M1005 1枚目

Sangat ringan dan mudah digunakan pemula

5

Singer

15CD1A

Singer 15CD1A 1枚目

Pesona vintage yang memukau dari mesin jahit jadul

6

Singer

Stylist

Singer Stylist  1枚目

Area jahit jadi lebih luas dengan meja tambahan

7

Singer

Scholastic

Singer Scholastic  1枚目

Perlengkapan jahit tersimpan rapi dalam kotak bawaan mesin

8

Singer

Quantum Stylist

Singer Quantum Stylist  1枚目

Adanya tiga buah lampu LED membuat area jahit lebih terang dan jelas

9

Singer

Featherweight

Singer Featherweight  1枚目

Bisa menjahit beberapa lapis kain tebal maupun tipis!

10

Singer

Simple Color

Singer Simple Color  1枚目

Simpel dengan varian warna yang menarik

Perincian produk
Close
No.1

Mesin jahit portable yang hemat listrik

Ingin mesin jahit hemat energi yang tidak membuat tagihan listrik membengkak? Produk ini adalah pilihan tepat. Singer M1155 hanya memakan daya sebesar 50 watt saja saat digunakan! Di kelas mesin jahit portable, konsumi daya sebesar itu termasuk sangat hemat. Bentuk mesin jahit ini juga begitu simpel dan modern. Meski diletakkan di ruangan terbuka seperti ruang keluarga, produk ini mudah match dengan interior rumah Anda.

No.2

SingerHeavy Duty 4432

Mulai dari Rp3.650.000,00

Dilengkapi dinamo yang 60% lebih kuat

Sesuai namanya, produk ini memiliki tampilan yang kokoh karena bodinya terbuat dari logam. Mesin jahit ini juga menggunakan dinamo yang 60% lebih kuat daripada jenis lainnya sehingga kecepatan menjahitnya lebih tinggi. 


Berkat kecepatannya yang mencapai 1.100 jahitan per menit, produk ini sesuai untuk Anda yang memiliki usaha konfeksi skala rumahan. Anda juga bisa menjahit kain jeans atau kanvas tanpa kesulitan.

No.3

Perpaduan sempurna antara mesin jahit klasik dan modern

Bagi Anda yang ingin mencoba beralih dari mesin jahit klasik ke mesin jahit modern, pilihlah produk ini. Produk yang termasuk semiportabel ini tidak hanya dapat dipindahkan dengan mudah, tetapi juga bisa ditanam di meja jahit. Dengan demikian, Anda bisa lebih leluasa saat menjahit.


Produk ini juga dilengkapi dengan fitur drop-feed dog, yaitu tuas yang dapat menurunkan atau menaikkan gigi mesin jahit. Fitur tersebut akan membantu Anda untuk membuat bordir bebas atau memasang kancing. Dengan begitu, Anda bisa membuat pola dengan menggerakkan kain secara manual.

No.4

Sangat ringan dan mudah digunakan pemula

Singer M1005 merupakan mesin jahit yang bobotnya sangat ringan sehingga mudah dipindahkan. Produk ini mengusung desain free arm sehingga kompartemen yang ada di bagian bawah mesin jahit dapat dilepas atau diturunkan. Dengan begitu, Anda bisa menjahit bagian pakaian yang sulit, misalnya kerah dan ujung celana. Mesin jahit sederhana ini cocok dipilih oleh pemula yang baru belajar menjahit.

No.5

Pesona vintage yang memukau dari mesin jahit jadul

Anda kurang suka dengan mesin jahit bertenaga mesin? Kalau begitu, mesin jahit Singer jadul inilah jawabannya. Produk bergambar sphinx ini memancarkan pesona vintage yang memukau. Jadi, produk ini cocok dijadikan dekorasi terlebih bila Anda ingin menambahkan kesan vintage pada ruangan.


Bila Anda memilih mesin jahit Singer manual ini, sediakan budget tambahan untuk membeli meja jahit juga, ya! Terdapat beragam rentang harga mesin plus meja jahit yang dapat Anda pilih pada link e-commerce yang telah kami sediakan.

No.6

Area jahit jadi lebih luas dengan meja tambahan

Untuk Anda yang senang menjahit dengan teknik quilting, mesin jahit ini bisa dijadikan pilihan. Produk ini mempunyai meja tambahan sehingga area jahit menjadi lebih luas. Dengan begitu, menyatukan kain perca pun jadi lebih gampang. Perpaduan meja yang luas dengan ratusan pilihan pola jahitan menjadikan produk ini cocok juga dipakai untuk berbagai proyek menjahit.

No.7

Perlengkapan jahit tersimpan rapi dalam kotak bawaan mesin

Mesin jahit heavy duty ini adalah solusi untuk membantu Anda yang sering kesulitan menyimpan perlengkapan jahit berukuran kecil. Anda akan menemukan kotak kecil di bagian samping mesin. Dalam kotak itu, Anda bisa menyimpan gunting, benang, meteran, dan semacamnya. Dengan demikian, aktivitas menjahit Anda jadi lebih lancar. Anda juga bisa lebih fokus membuat baju atau kerajinan dengan bahan tipis hingga tebal seperti kulit.

No.8

SingerQuantum Stylist EM200

Mulai dari Rp14.000.000,00

Adanya tiga buah lampu LED membuat area jahit lebih terang dan jelas

Apakah Anda merasa satu buah lampu LED kurang terang untuk menerangi area jahit? Jika iya, pilihlah Singer Quantum Stylist EM200. Tak tanggung-tanggung, Singer melengkapi mesin jahit ini dengan tiga buah lampu LED! Area jahit pun jadi lebih terang dan jelas saat Anda menjahit.


Selain itu, papan pada mesin jahit ini hanya mempunyai satu lubang jarum sehingga hasil bordiran jadi lebih maksimal. Saat membelinya, Anda akan mendapatkan dua hoop untuk membordir. Hoop kecil memiliki ukuran 10 cm x 10 cm, sedangkan ukuran hoop besar adalah 26 cm x 15 cm.

No.9

SingerFeatherweight C240

Mulai dari Rp6.500.000,00

Bisa menjahit beberapa lapis kain tebal maupun tipis!

Produk yang satu ini dibuat dengan teknologi Integrated Even Feed (IEF) supaya Anda bisa menjahit kain berlapis-lapis dengan mudah. Meski bodinya yang terbuat dari logam membuatnya tampak seperti mesin jahit heavy duty, beratnya ternyata cukup ringan, lho! Jadi, apabila Anda membutuhkan mesin jahit ringan yang dapat melibas berbagai ketebalan kain, produk ini jelas pilihan yang pas.

No.10

SingerSimple Color 3223

Mulai dari Rp2.850.000,00

Simpel dengan varian warna yang menarik

Mesin jahit ini tersedia dalam tiga varian warna yang sangat menarik, yaitu merah (3223R), kuning (3223Y), dan hijau (3223G). Karena itu, selain untuk dipakai sendiri, produk ini juga cocok dijadikan kado untuk teman atau saudara yang ingin belajar menjahit. Meski tampak simpel dan lucu, bodinya terbuat dari logam, lho! Jadi, tak usah diragukan lagi kekokohannya.

Baca juga rekomendasi produk mesin jahit lainnya di sini

Anda masih ingin mencari mesin jahit lainnya? Kami telah menyediakan artikel mengenai berbagai mesin jahit yang bisa Anda pertimbangkan. Yuk, cek rekomendasi produk terbaik dari kami dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kegiatan menjahit memang menyenangkan. Namun, tahukah Anda bahwa menjahit memiliki segudang manfaat? Dengan menjahit, Anda akan merasakan efek relaksasi, mengasah imajinasi, mengurangi risiko demensia, dan meningkatkan daya tubuh.


 Meski terlihat sepele, ternyata menjahit banyak sekali manfaatnya, ya. Tertarik untuk memulainya? Gampang, pilih saja salah satu mesin jahit Singer yang pas untuk Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer