• 10 Rekomendasi MacBook Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi MacBook Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi MacBook Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi MacBook Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi MacBook Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi MacBook Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

MacBook hingga kini masih menjadi laptop favorit banyak orang. Kualitas serta performa yang prima menjadikan MacBook sebagai salah satu merk laptop yang bagus dan terbaik. Bila Anda berminat untuk membeli MacBook, baca artikel ini hingga tuntas sebab kami punya tips memilihnya untuk Anda.


Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk MacBook terbaik, misalnya MacBook Air M1 dan MacBook Pro M1. Kami akan mengulas produk terbaru seperti MacBook Pro 2020 dan MacBook Air 2020. Namun, produk sebelumnya seperti MacBook Air 2017 pun tersedia untuk dijadikan pilihan. Segera simak selengkapnya, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Diat Zon
dr. Al Ghufron
Yudhi Vernando
  • Pembaharuan terakhir: 12 Juli 2021
  • 11.776 Views
Daftar isi

Cara memilih MacBook

Sama seperti laptop lain, memilih MacBook pun banyak yang perlu diperhatikan. Untuk itu, ikuti beberapa tips dari kami agar Anda bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan!

Ketahui dahulu model MacBook yang diinginkan

Secara garis besar, saat ini MacBook hanya memiliki dua model, yakni MacBook Air dan MacBook Pro. Namun, keduanya masih terbagi lagi atas beberapa tipe dengan spesifikasi yang berbeda. Untuk itu, mari pahami terlebih dahulu karakteristik keduanya.

MacBook Air: Lebih ringkas dan ringan

Bagi Anda yang sering bepergian dan harus membawa laptop, MacBook Air sangat cocok untuk Anda pilih. Bodi MacBook Air yang tipis, ringkas, dan ringan membuatnya lebih mudah dibawa. Hal itu didukung dengan ukuran layarnya yang hanya 13,3 inci saja. Saat ini MacBook Air dibekali RAM dengan kapasitas 8 GB yang dapat ditambahkan hingga 16 GB. 


Sementara itu, media penyimpanannya memiliki kapasitas mulai dari 128 GB, 256 GB, hingga 512 GB. Media penyimpanan tersebut masih bisa di-upgrade hingga 2 TB. Spesifikasi dan desain yang simpel membuat MacBook Air lebih pas untuk pekerjaan ringan, seperti mengetik, multimedia, dan lainnya.


MacBook Air ini tepat dipakai oleh pemula, pelajar, atau pekerja kantoran yang tidak membutuhkan spesifikasi laptop tinggi. Selain itu, harga MacBook Air juga lebih terjangkau ketimbang MacBook Pro.

MacBook Pro: Performa tinggi untuk penggunaan profesional

MacBook Pro lebih diperuntukkan bagi para profesional, seperti content creator, programmer, desainer, atau editor video. MacBook ini memiliki pilihan layar yang lebih variatif, mulai dari 13 inci hingga 16 inci. 


Spesifikasi yang dimiliki juga lebih tinggi ketimbang MacBook Air sehingga performanya lebih mumpuni. Saat ini MacBook Pro dibekali RAM dengan kapasitas 8–16 GB, sedangkan media penyimpanannya mencapai 1 TB. 


Kapasitas RAM tersebut masih bisa ditingkatkan hingga 64 GB, sementara media penyimpanannya mencapai 8 GB. Dengan dukungan spesifikasi yang dimiliki tersebut, Anda pasti bisa bekerja dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, beberapa MacBook Pro terbaru juga dilengkapi teknologi Touch Bar. Fungsi Touch Bar sendiri adalah untuk menggantikan fungsi F1–F12 yang berada di bagian atas keyboard.

Cermati spesifikasi yang dibutuhkan

Selanjutnya, cermati spesifikasi MacBook yang Anda butuhkan. Dalam satu model, MacBook masih terbagi lagi atas beberapa tipe dengan spesifikasi yang berbeda. Spesifikasi sendiri sangat erat kaitannya dengan performa dan harga. Untuk itu, perhatikan beberapa spesifikasi MacBook berikut agar Anda bisa mendapatkan performa maksimal sesuai bujet yang dimiliki.

Intel atau M1, utamakan prosesor yang sesuai dengan penggunaan

Intel atau M1, utamakan prosesor yang sesuai dengan penggunaan

Prosesor menjadi spesifikasi paling utama yang harus Anda perhatikan. Pasalnya, prosesor berfungsi sebagai tempat mengolah seluruh perintah pada sistem. Ini sangat penting demi menunjang seluruh pekerjaan. MacBook sendiri biasa menggunakan prosesor Intel pada produknya. 


Saat ini, yang banyak digunakan MacBook adalah seri Intel Core i5 ke atas. Akan tetapi, sejak 2020 lalu, Apple juga mulai menggunakan chip buatannya sendiri yang diberi nama M1.


Dengan demikian, pilihan Anda saat ini makin beragam. Tidak hanya mempertimbangkan seri Intel saja, tetapi juga chip M1. Lalu, apa kelebihan prosesor ini? Chip Apple M1 memiliki CPU 8-core dengan 4 core performance dan 4 core efisiensi energi. 


Beberapa MacBook yang menggunakan chip ini memiliki kelebihan masa pakai baterai yang lebih panjang, bahkan hingga 20 jam. Namun, soal performa tampaknya chip M1 belum dapat menyamai chip Intel. 


Hal itu bisa dilihat dari chip M1 yang masih digunakan oleh Apple pada MacBook versi low-end saja. Maka dari itu, bila penggunaan Anda hanya untuk pekerjaan ringan, chip M1 bisa Anda pertimbangkan. 


Anda bisa menggunakannya untuk browsing, mengetik, menonton video, dan lainnya dengan durasi lebih lama. Namun, bila Anda akan memakainya untuk pemrograman, desain, dan lainnya, chip Intel masih menjadi pilihan terbaik.

13 inci atau 16 inci, pilih ukuran layar sesuai kebutuhan

13 inci atau 16 inci, pilih ukuran layar sesuai kebutuhan

Ukuran layar adalah salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan saat hendak membeli MacBook. Hal itu karena ukuran layar memengaruhi ukuran MacBook itu sendiri. Makin lebar layarnya, maka makin besar pula ukurannya. Selain itu, untuk beberapa pekerjaan mungkin Anda membutuhkan visual yang besar dan jelas. Perlu diingat, saat ini MacBook Air terbaru tersedia dalam ukuran 13,3 inci saja. 


Untuk itu, bila Anda menginginkan layar yang lebih lebar, Anda bisa pilih MacBook Pro. MacBook ini memiliki pilihan ukuran layar hingga 16 inci. Untuk kemudahan dalam membawa, ukuran 13,3 inci lebih kami sarankan. Akan tetapi, untuk tampilan layar yang lebar, 16 inci akan terasa lebih mantap!

RAM besar untuk performa yang prima

RAM besar untuk performa yang prima

RAM digunakan untuk menyimpan data sementara saat suatu software sedang dijalankan. Komponen ini juga yang dipakai oleh sistem saat menjalankan beberapa software sekaligus (multitasking). Jadi, RAM sangat memengaruhi performa MacBook. 


Makin besar kapasitasnya, makin lancar pula aplikasi yang bisa dijalankan. Agar pekerjaan Anda tidak terganggu dengan kinerja MacBook yang lambat, sebaiknya pilih kapasitas RAM yang besar.


Saat ini, MacBook Air sudah dibekali RAM dengan kapasitas 8 GB dan dapat ditingkatkan hingga 16 GB. Namun, bila kapasitas tersebut masih kurang, Anda bisa pertimbangkan MacBook Pro. Kapasitas RAM MacBook Pro berkisar dari 8–16 GB yang masih bisa ditingkatkan hingga 64 GB. Dengan kapasitas tersebut, performanya pasti juara!

Kapasitas penyimpanan yang besar untuk menyimpan data lebih banyak

Kapasitas penyimpanan yang besar untuk menyimpan data lebih banyak

Kebutuhan media penyimpanan untuk pekerja kantoran pastilah berbeda dengan para content creator. Terlebih lagi jika konten yang dibuat berupa video dengan size besar. Anda pasti akan membutuhkan ruang penyimpanan yang memadai. 


Maka dari itu, kapasitas ruang penyimpanan juga perlu dipertimbangkan. MacBook Air umumnya dibekali ruang penyimpanan berkapasitas 512 GB ke bawah. Kapasitas tersebut masih bisa di-upgrade hingga 2 TB.


Untuk MacBook Pro, Anda akan mendapatkan pilihan ruang penyimpanan yang lebih besar. Umumnya, MacBook Pro 13 inci dibekali SSD 256 GB atau 512 GB. Kapasitas tersebut dapat ditingkatkan hingga 2 TB


Namun, bila dirasa masih kurang, Anda bisa pertimbangkan MacBook Pro 16 inci. MacBook ini memiliki pilihan kapasitas penyimpanan 512 GB dan 1 TB. Kapasitas tersebut masih dapat ditambahkan hingga 8 TB.

Periksa daya tahan baterai untuk penggunaan yang lebih lama

Periksa daya tahan baterai untuk penggunaan yang lebih lama

Daya tahan baterai juga merupakan hal penting untuk Anda periksa. Daya tahan baterai yang rendah membuatnya harus diisi ulang lebih sering. Untuk beberapa pekerjaan terutama saat di luar ruangan dan harus berpindah tempat, hal itu tentu akan merepotkan. 


Oleh karena itu, Anda perlu memeriksanya agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan. MacBook sendiri memiliki daya tahan baterai yang berbeda-beda di setiap produknya. Setidaknya, Anda bisa menemukan produk dengan daya tahan baterai mulai dari 10 jam hingga 20 jam. Pertimbangkanlah sesuai kegiatan dan pekerjaan yang ingin Anda lakukan dengan MacBook ini.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

AppleMacBook Air (Retina, 13-inch, 2019)

Mulai dari Rp 14.721.000,00

10 Rekomendasi Macbook terbaik

Selanjutnya, izinkan kami memberikan rekomendasi produk MacBook terbaik untuk Anda. Barangkali salah satu di antaranya sesuai dengan kebutuhan Anda!

10

AppleMacBook Air 2017 Core I5 128 GB

MQD32

Mulai dari Rp 12.009.000,00

Model MacBook Air
Ukuran Layar13,3 inci
ProsesorIntel Core i5
RAM8 GB
Kapasitas penyimpanan128 GB
Daya tahan baterai±12 jam
9

AppleApple MacBook Pro 2019

MV992

Mulai dari Rp 21.199.000,00

Model MacBook Pro
Ukuran Layar13,3 inci
ProsesorIntel Core i5
RAM8 GB
Kapasitas penyimpanan256 GB
Daya tahan baterai±10 jam
8

AppleMacBook Pro 15" 2018 512 GB Touch Bar

MR942

Mulai dari Rp 31.250.000,00

Model MacBook Pro
Ukuran Layar15,4 inci
ProsesorIntel Core i7
RAM16 GB
Kapasitas penyimpanan512 GB
Daya tahan baterai±10 jam
7

Apple MacBook Air (13 inci, M1 2020) 8 GB RAM, 256 GB SSD

Mulai dari Rp 15.999.000,00

Model MacBook Air
Ukuran Layar13,3 inci
ProsesorApple M1 Chip
RAM8 GB
Kapasitas penyimpanan256 GB
Daya tahan baterai±18 jam
6

Apple MacBook Pro (13 inci, M1, 2020) 8 GB RAM, 512 GB SSD

Mulai dari Rp 24.499.000,00

Model MacBook Pro
Ukuran Layar13,3 inci
ProsesorApple M1 Chip
RAM8 GB
Kapasitas penyimpanan512 GB
Daya tahan baterai±20 jam
5

Apple MacBook Air (Retina, 13.3 inci, 2020) 1.1 GHZ, 8 GB RAM, 512 GB SSD

Mulai dari Rp 21.799.000,00

Model MacBook Air
Ukuran Layar13,3 inci
ProsesorIntel Core i5
RAM8 GB
Kapasitas penyimpanan512 GB
Daya tahan baterai±11 jam
4

Apple MacBook Pro (13.3inci, 2020, Empat Thunderbolt 3) 2.0 GHZ, 16 GB RAM, 1 TB SSD

Mulai dari Rp 35.399.000,00

Model MacBook Pro
Ukuran Layar13,3 inci
ProsesorIntel Core i5
RAM16 GB
Kapasitas penyimpanan1 TB
Daya tahan baterai±10 jam
3

AppleMacBook Pro 2019 16" Intel Core i7 16 GB 512 GB

Mulai dari Rp 32.035.000,00

Model MacBook Pro
Ukuran Layar16 inci
ProsesorIntel Core i7
RAM16 GB
Kapasitas penyimpanan512 TB
Daya tahan baterai±11 jam
2

AppleMacBook Pro Touch Bar 13" - i5 16 GB 1 TB SSD OS X 13.3" Retina

MWP52ID

Mulai dari Rp 28.499.000,00

Model MacBook Pro
Ukuran Layar13,3 inci
ProsesorIntel Core i5
RAM16 GB
Kapasitas penyimpanan1 TB
Daya tahan baterai±10 jam
1

AppleMacBook Pro 2019 16" Touch Bar I9 2.3 GHZ 1 TB

MVVK2

Mulai dari Rp 35.651.000,00

Model MacBook Pro
Ukuran Layar16 inci
ProsesorIntel Core i9
RAM16 GB
Kapasitas penyimpanan1 TB
Daya tahan baterai±11 jam

Tabel perbandingan produk Macbook terbaik

Gambar produk
1
Apple MacBook Pro 2019 16" Touch Bar I9 2.3 GHZ 1 TB  1

Apple

2
Apple MacBook Pro Touch Bar 13" - i5 16 GB 1 TB SSD OS X 13.3" Retina  1

Apple

3
Apple MacBook Pro 2019 16" Intel Core i7 16 GB 512 GB 1

Apple

4
Apple  MacBook Pro (13.3inci, 2020, Empat Thunderbolt 3) 2.0 GHZ, 16 GB RAM, 1 TB SSD 1

Apple

5
Apple  MacBook Air (Retina, 13.3 inci, 2020) 1.1 GHZ, 8 GB RAM, 512 GB SSD 1

Apple

6
Apple  MacBook Pro (13 inci, M1, 2020) 8 GB RAM, 512 GB SSD 1

Apple

7
Apple  MacBook Air (13 inci, M1 2020) 8 GB RAM, 256 GB SSD 1

Apple

8
Apple MacBook Pro 15" 2018 512 GB Touch Bar  1

Apple

9
Apple Apple MacBook Pro 2019 1

Apple

10
Apple MacBook Air 2017 Core I5 128 GB  1

Apple

Nama produk

MacBook Pro 2019 16" Touch Bar I9 2.3 GHZ 1 TB

MacBook Pro Touch Bar 13" - i5 16 GB 1 TB SSD OS X 13.3" Retina

MacBook Pro 2019 16" Intel Core i7 16 GB 512 GB

MacBook Pro (13.3inci, 2020, Empat Thunderbolt 3) 2.0 GHZ, 16 GB RAM, 1 TB SSD

MacBook Air (Retina, 13.3 inci, 2020) 1.1 GHZ, 8 GB RAM, 512 GB SSD

MacBook Pro (13 inci, M1, 2020) 8 GB RAM, 512 GB SSD

MacBook Air (13 inci, M1 2020) 8 GB RAM, 256 GB SSD

MacBook Pro 15" 2018 512 GB Touch Bar

Apple MacBook Pro 2019

MacBook Air 2017 Core I5 128 GB

Keunggulan

MacBook paling andal bagi para profesional

Si kecil berfitur lengkap!

Tampilan layar retina sebesar 16 inci yang tajam dan mantap

Kapasitas mumpuni, transfer datanya pun secepat kilat

Visual menakjubkan dengan layar Retina berteknologi True Tone

Baterainya sangat kuat, tahan hingga 20 jam!

Tipis dan ringan desainnya, kuat dan super tenaganya

Bekerja secara cepat dan multitasking dengan Intel Core i7

Performa CPU yang lebih baik dengan clock speed 2,4 GHz

Desain minimalis, harganya ekonomis!

Harga mulai dariRp 35.651.000,00Rp 28.499.000,00Rp 32.035.000,00Rp 35.399.000,00Rp 21.799.000,00Rp 24.499.000,00Rp 15.999.000,00Rp 31.250.000,00Rp 21.199.000,00Rp 12.009.000,00
Model MacBook ProMacBook ProMacBook ProMacBook ProMacBook AirMacBook ProMacBook AirMacBook ProMacBook ProMacBook Air
Ukuran Layar16 inci13,3 inci16 inci13,3 inci13,3 inci13,3 inci13,3 inci15,4 inci13,3 inci13,3 inci
ProsesorIntel Core i9Intel Core i5Intel Core i7Intel Core i5Intel Core i5Apple M1 ChipApple M1 ChipIntel Core i7Intel Core i5Intel Core i5
RAM16 GB16 GB16 GB16 GB8 GB8 GB8 GB16 GB8 GB8 GB
Kapasitas penyimpanan1 TB1 TB512 TB1 TB512 GB512 GB256 GB512 GB256 GB128 GB
Daya tahan baterai±11 jam ±10 jam±11 jam±10 jam±11 jam±20 jam±18 jam±10 jam±10 jam±12 jam
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai laptop lainnya di sini

MacBook adalah salah satu laptop terbaik di kelasnya. Kami yakin Anda pasti sangat menyukainya. Namun, bila Anda masih membutuhkan rekomendasi laptop lainnya, silakan cek tautan berikut. Masih ada banyak produk laptop terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.

Kesimpulan

Demikian tips dan rekomendasi produk MacBook terbaik dari kami. Semoga setelah baca artikel ini, Anda bisa dengan lebih mudah menemukan MacBook yang cocok. Menggunakan MacBook yang tepat sesuai dengan kebutuhan akan sangat menunjang pekerjaan Anda. 


Oleh karena itu, kami tidak ingin Anda sampai salah pilih. Selain itu, agar tetap awet, jangan lupa untuk selalu merawat MacBook Anda dengan baik setelah membelinya, ya! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mungkin pernah mendengar 2-in-1 laptop atau 2-in-1 tablet. 2-in-1 laptop merupakan jenis laptop flip yang bisa dilipat menjadi tablet. Sementara itu, 2-in-1 tablet adalah laptop dengan keyboard yang bisa dilepas dan difungsikan seperti tablet. Laptop ini tersedia dalam spec yang tangguh, mulai Intel Core i3 dan i5 hingga Ryzen 7 untuk kebutuhan gaming. Ada pula yang dilengkapi stylus pen yang canggih. Berbagai merek 2-in-1 laptop atau tablet yang bagus, seperti Dell, Lenovo, dan ASUS beredar di pasaran. Baca artikel ini sampai selesai supaya Anda tidak bingung saat memilih!
    Laptop
    216.677 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop merupakan salah satu perlengkapan elektronik yang fungsinya sangat penting untuk menunjang aktivitas belajar, khususnya bagi mahasiswa. Bukan hanya untuk menyusun laporan, laptop juga digunakan untuk mengolah data, presentasi, hingga membuat karya seni. Harga laptop untuk mahasiswa pun beragam tergantung kebutuhan penggunanya.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih laptop yang bagus dan cocok untuk para mahasiswa. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh laptop terbaik dan terbaru untuk Anda. Merek laptop terkenal untuk mahasiswa, seperti Asus, Apple, Lenovo, dan Acer akan Anda temukan dalam daftar produk rekomendasi kami.
    Laptop
    14.247 Views
  • 10 Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    Sedang mencari rekomendasi laptop di bawah 5 juta terbaru? Saat ini, ada banyak pilihan laptop di bawah 5 juta, baik untuk pekerja profesional maupun mahasiswa. Maka dari itu, tentukanlah dahulu spesifikasi dan fitur laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Di artikel ini, Anda akan menemukan beragam merek laptop di bawah 5 juta yang bagus, seperti Lenovo, HP, ASUS, dan lainnya. Fitur-fiturnya pun bervariasi mulai dari memori SSD hingga kamera yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Ayo, temukan laptop dengan harga terjangkau!
    Laptop
    266.920 Views
  • 10 Laptop Lenovo Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Laptop Lenovo Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mencari laptop Lenovo terbaru 2021? Merk Lenovo terkenal sebagai produsen laptop berkualitas. Laptop Lenovo memiliki beragam seri, seperti Ideapad, ThinkPad, dan YOGA. Anda dapat memilih spesifikasi laptop untuk berbagai peruntukan, seperti gaming, editing, ataupun kebutuhan profesional lainnya. Tentunya, tiap-tiap laptop Lenovo memiliki beragam fitur, seperti prosesor core i5 hingga touch screen. Harga laptop Lenovo pun bervariasi, mulai tiga jutaan hingga dua puluh jutaan. Kami akan me-review sepuluh laptop Lenovo yang bagus untuk Anda. Ada juga komentar dari software engineer kami, Yosua Surojo. Mari baca ulasannya sekarang juga.
    Laptop
    188.144 Views
  • 10 Laptop Spek Tinggi Terbaik Seharga 4 Jutaan - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Laptop Spek Tinggi Terbaik Seharga 4 Jutaan - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop telah menjadi perlengkapan wajib yang dibutuhkan untuk berbagai kegiatan. Terdapat banyak laptop dengan spesifikasi serta harga yang beragam. Agar aktivitas Anda tidak terganggu pilihlah laptop terbaik dengan spek yang tinggi. Banyak laptop spek tinggi yang bagus dengan harga murah.Kali ini kami akan mengulas laptop terbaru dengan harga 4 jutaan dengan spek terbaik. Berkolaborasi dengan pakar Yosua Surojo dari software engineer, kami akan merekomendasikan laptop terbaik untuk Anda. Beberapa produk merupakan merek terkenal, seperti Acer, ASUS, HP, dan merek bagus lainnya.
    Laptop
    340.630 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis (Terbaru Tahun 2021)
    Desain grafis merupakan pekerjaan yang membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi. Tak heran, harga laptop untuk desain grafis di pasaran tidaklah murah, yaitu mulai dari 6 jutaan, bahkan lebih. Saking banyaknya jenis dan merk laptop desain grafis, sering kali konsumen merasa bingung saat hendak membeli produk.Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih spesifikasi laptop untuk desain grafis. Kami juga akan memberikan rekomendasi laptop yang bagus dengan spesifikasi tinggi untuk desain grafis 3D dan 2D. Merek laptop terbaik dari ASUS, Acer, dan HP juga akan Anda temukan dalam artikel kami. 
    Laptop
    14.860 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori