mybest
Brand laptop

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Laptop
  4. 7 MacBook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 7 MacBook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 7 MacBook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 7 MacBook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 7 MacBook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 7 MacBook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

7 MacBook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)

MacBook hingga kini masih menjadi laptop favorit banyak orang. Kualitas serta performa yang prima menjadikan produk Apple ini sebagai salah satu merek laptop yang paling diminati. Bila Anda berniat untuk membeli MacBook, jangan ke mana-mana sebab kami punya tips memilihnya untuk Anda.


Kami juga telah menyiapkan rekomendasi MacBook yang bagus, misalnya MacBook Air 2017, MacBook Air 2020, dan MacBook Pro 2022. Dari yang menggunakan chipset M1 sampai M2, semuanya ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya hingga akhir demi menemukan MacBook terbaik untuk Anda!

Diperbaharui 09-04-2022
Yosua Surojo
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar dalam artikel ini meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih MacBook

Sama seperti laptop lain, memilih MacBook pun banyak yang perlu diperhatikan. Untuk itu, ikuti beberapa tips dari kami berikut agar Anda bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan!

① Tentukan model MacBook yang Anda inginkan

Secara garis besar saat ini MacBook hanya memiliki dua model, yakni MacBook Air dan MacBook Pro. Namun, keduanya masih terbagi lagi atas beberapa tipe dengan spesifikasi yang berbeda. Mari pahami lebih dahulu karakteristik keduanya di bawah ini.

MacBook Air: Lebih ringkas dan ringan

MacBook Air: Lebih ringkas dan ringan
Sumber: apple.com

Bagi Anda yang sering bepergian dan harus membawa laptop, MacBook Air sangat cocok untuk dipilih. Bodi yang tipis, ringkas, dan ringan membuatnya lebih mudah dibawa. MacBook ini lebih pas untuk pekerjaan ringan dengan spesifikasi dan desainnya yang simpel, seperti mengetik dan multimedia.


MacBook Air tepat dipakai oleh pemula, pelajar, atau pekerja kantoran yang tidak membutuhkan spesifikasi laptop tinggi. Selain itu, harga MacBook ini lebih terjangkau ketimbang MacBook Pro.

MacBook Pro: Performa tinggi untuk penggunaan profesional

MacBook Pro: Performa tinggi untuk penggunaan profesional
Sumber: apple.com

MacBook Pro lebih diperuntukkan bagi para profesional, seperti content creator, programmer, desainer, atau editor video. Spesifikasinya lebih tinggi dari MacBook Air sehingga performanya lebih mumpuni.


Dengan dukungan spesifikasi yang dimiliki MacBook ini, Anda pasti bisa bekerja dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, beberapa MacBook Pro dilengkapi teknologi Touch Bar. Fungsi Touch Bar adalah untuk menggantikan fungsi F1–F12 yang berada di bagian atas keyboard.

② Cermati spesifikasi yang dibutuhkan

Dalam satu model, MacBook masih terbagi lagi atas beberapa tipe dengan spesifikasi yang berbeda. Spesifikasi sangat erat kaitannya dengan performa dan harga. Pahami beberapa spesifikasi MacBook berikut agar Anda mendapat performa yang maksimal.

Prosesor: Otak yang mengukur kegunaan laptop

Prosesor: Otak yang mengukur kegunaan laptop

Prosesor menjadi spesifikasi paling utama yang harus Anda perhatikan. Alasannya karena prosesor berfungsi sebagai tempat mengolah seluruh perintah pada sistem sehingga krusial dalam menunjang seluruh pekerjaan.


Saat ini kebanyakan MacBook keluaran Apple menggunakan seri Intel Core i5 ke atas. Akan tetapi, Apple mengeluarkan chip buatannya sendiri sejak 2020, yaitu M1 dan M2. Berikut ciri khas dari MacBook dengan prosesor tertentu.


  • Intel Core
Kebanyakan MacBook di pasaran dibekali chip Intel Core i5 ke atas. Seperti laptop pada umumnya, chip ini memiliki CPU 8-core lebih. Hal ini akan membuat jalannya software dalam laptop makin cepat dan lancar. Karena itu, Anda dapat mengerjakan desain grafis, pemrograman, dan pekerjaan berat lainnya dengan prosesor Intel.

  • Apple M1

Apple M1 memiliki CPU 8-core dengan 4-core performance dan 4-core efisiensi energi. Beberapa MacBook dengan chip ini memiliki kelebihan masa pakai baterai yang lebih panjang, bahkan hingga 20 jam. Namun, chip M1 belum dapat menyamai chip Intel soal performa. Alhasil, chip ini lebih cocok digunakan untuk pekerjaan ringan.


  • Apple M2

Apple M2 merupakan chip penerus M1 yang memiliki performa lebih canggih. Chip ini dilengkapi CPU 10-core yang lebih cepat. Anda juga dapat melakukan render video 4K dengan mudah berkat chip ini. Maka dari itu, MacBook dengan chip M2 bisa dipertimbangkan bila Anda akan menggunakannya untuk pekerjaan berat.

Ukuran layar: Memengaruhi kemudahan laptop dibawa

Ukuran layar: Memengaruhi kemudahan laptop dibawa

Ukuran layar adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat hendak membeli MacBook. Hal itu karena ukuran layar memengaruhi ukuran MacBook. Makin lebar layarnya, maka makin besar pula ukurannya.


Selain itu, mungkin Anda membutuhkan visual yang besar dan jelas untuk beberapa pekerjaan. Perlu diingat bahwa saat ini MacBook Air tersedia dalam ukuran 13,3–13,6 inci saja.


Anda bisa memilih MacBook Pro bila menginginkan layar yang lebih lebar. MacBook ini memiliki pilihan ukuran layar hingga 16 inci. Untuk kemudahan dalam membawa, ukuran 13,3 inci lebih kami sarankan. Di sisi lain, ukuran 16 inci akan terasa lebih mantap untuk tampilan layar yang lebar!

RAM: Menentukan performa laptop saat multitasking

RAM: Menentukan performa laptop saat multitasking

RAM digunakan untuk menyimpan data sementara saat suatu software sedang dijalankan. Komponen ini juga yang dipakai oleh sistem saat menjalankan beberapa software sekaligus (multitasking). Jadi, RAM sangat memengaruhi performa MacBook.


Makin besar kapasitasnya, maka makin lancar pula aplikasi yang bisa dijalankan. Agar pekerjaan Anda tidak terganggu dengan kinerja MacBook yang lambat, pilihlah kapasitas RAM yang besar. Saat ini MacBook Air sudah dibekali RAM dengan kapasitas 8 GB dan bisa ditingkatkan hingga 24 GB.


Bila kapasitas tersebut masih kurang, Anda bisa mempertimbangkan MacBook Pro. Kapasitas RAM MacBook Pro berkisar dari 8–16 GB dan masih dapat ditingkatkan hingga 64 GB. Dengan kapasitas tersebut, performanya pasti juara!

Memori: Ruang untuk menyimpan data di dalam laptop

Memori: Ruang untuk menyimpan data di dalam laptop

Kebutuhan media penyimpanan untuk pekerja kantoran pastilah berbeda dengan para content creator. Terlebih jika konten yang dibuat berupa video dengan size besar, Anda pasti akan membutuhkan ruang penyimpanan yang memadai.


Maka dari itu, kapasitas ruang penyimpanan juga perlu dipertimbangkan. MacBook Air umumnya dibekali ruang penyimpanan berkapasitas 512 GB ke bawah. Kapasitas tersebut masih bisa di-upgrade hingga 2 TB.


Untuk MacBook Pro, Anda akan mendapatkan pilihan ruang penyimpanan yang lebih besar. Umumnya MacBook Pro 13 inci dibekali SSD 256 GB atau 512 GB. Kapasitas tersebut dapat ditingkatkan hingga 2 TB.


Bila dirasa masih kurang, Anda bisa mempertimbangkan MacBook Pro 16 inci. MacBook ini memiliki pilihan kapasitas penyimpanan 512 GB dan 1 TB. Kapasitas tersebut masih dapat ditambahkan hingga 8 TB.

③ Periksa daya tahan baterai untuk penggunaan yang lebih lama

Periksa daya tahan baterai untuk penggunaan yang lebih lama

Daya tahan baterai juga penting untuk Anda periksa. Jika daya tahannya rendah, laptop harus diisi ulang lebih sering. Hal itu tentu akan merepotkan untuk beberapa pekerjaan, terutama saat di luar ruangan dan harus berpindah tempat. Karena itu, Anda perlu memeriksanya agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


MacBook memiliki daya tahan baterai yang berbeda-beda di setiap produknya. Setidaknya Anda bisa menemukan produk dengan daya tahan baterai mulai dari 10 jam hingga 20 jam. Pertimbangkanlah sesuai dengan kegiatan dan pekerjaan yang ingin Anda lakukan menggunakan MacBook.

7 Rekomendasi Macbook terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan tujuh produk Macbook terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Apple

MacBook Air 2020

Apple  MacBook Air 2020 1枚目

Tipis dan ringan desainnya, kuat dan super tenaganya

2

Apple

MacBook Air 2022

Apple MacBook Air 2022 1枚目

Tidak menggunakan fan, antibising selamanya!

3

Apple

MacBook Pro 2022

Apple MacBook Pro 2022 1枚目

Suhunya selalu stabil, tak perlu ragu menggunakannya berjam-jam

4

Apple

MacBook Pro 2021

Apple MacBook Pro 2021 1枚目

Meringankan pekerjaan desain grafis dengan layar yang cerah

5

Apple

MacBook Pro 2020

Apple  MacBook Pro 2020 1枚目

Baterainya sangat kuat, tahan hingga 20 jam!

6

Apple

MacBook Pro 2019

Apple MacBook Pro 2019 1枚目

MacBook paling andal bagi para profesional

7

Apple

MacBook Air 2017

Apple MacBook Air 2017 1枚目

Desain minimalis, simpel untuk pelajar

Perincian produk
Close
No.1

Apple MacBook Air 2020

Mulai dari Rp14.110.000,00

Tipis dan ringan desainnya, kuat dan super tenaganya

Kelebihan:

  • Ringan dan tipis sehingga mudah dibawa ke mana saja
  • Tenaga CPU memuaskan untuk harganya

Kekurangan:

  • Memerlukan casing tambahan ketika dibawa karena bodinya ringkih

MacBook Air 2020 didukung chipset Apple M1 yang bertenaga super. Anda akan mendapatkan kekuatan yang besar dalam desain yang tipis dan ringan. Semuanya itu dapat Anda miliki dengan harga yang bagus.


Dengan layar Retina berukuran 13,3 inci, MacBook Air M1 ini hanya memiliki berat sekitar 1,29 kg. Produk ini merupakan salah satu Macbook terbaik untuk Anda yang bekerja sebagai content writer, travel blogger, atau semacamnya. Pastinya produk ini sangat pas untuk dibawa mobile!

No.2

AppleMacBook Air 2022

Mulai dari Rp17.940.000,00

Tidak menggunakan fan, antibising selamanya!

Kelebihan:

  • Tidak dilengkapi kipas sehingga penggunaannya senyap
  • Dengan chipset M2 yang cocok untuk menjalankan software berat

Kekurangan:

  • Harus membeli dongle ketika ingin disambungkan kabel tertentu karena hanya ada soket thunderbolt

MacBook keluaran lama banyak yang mengeluarkan suara bising akibat kipas ketika digunakan berjam-jam. Berbeda dari yang lain, MacBook ini tidak memiliki kipas karena prosesornya dapat dingin dengan sendirinya. Maka dari itu, produk ini cocok digunakan untuk editing videodesain grafis, dan pekerjaan berat lainnya.


MacBook untuk editing video ini dilengkapi chipset M2 yang lebih cepat dari pendahulunya. Dengan prosesor yang lebih cepat 1,4 kali dari M1, Anda dapat mengedit dengan lebih mudah. Pilih MacBook Air M2 ini jika Anda ingin laptop yang senyap untuk bekerja.

No.3

AppleMacBook Pro 2022

Mulai dari Rp21.999.000,00

Suhunya selalu stabil, tak perlu ragu menggunakannya berjam-jam

Kelebihan:

  • Terdapat efisiensi suhu yang baik sehingga laptop tidak panas ketika lama digunakan
  • Dengan chipset M2 yang cocok untuk menjalankan software berat

Kekurangan:

  • Webcam sedikit buram dan hanya dapat mendukung hingga resolusi 720p

Mungkin Anda mencari rekomendasi MacBook untuk mahasiswa yang performanya mumpuni. MacBook Pro 13 2022 akan menjadi produk yang tepat untuk dipilih karena menggunakan chipset M2 yang sangat canggih. Meski begitu, harganya masih terjangkau untuk MacBook Pro M2.


Selain itu, MacBook untuk kuliah ini memiliki efisiensi suhu yang luar biasa. Anda dapat menggunakannya berjam-jam tanpa takut laptop rusak. Maka dari itu, pilih produk ini jika Anda mencari MacBook yang bagus untuk kuliah.

No.4

AppleMacBook Pro 2021

Mulai dari Rp40.399.000,00

Meringankan pekerjaan desain grafis dengan layar yang cerah

Kelebihan:

  • Layarnya terang dan menghasilkan RGB yang jelas untuk desain grafis
  • Prosesor M1 Max cepat untuk membuka aplikasi desain yang berat

Kekurangan:

  • Mudah panas ketika digunakan untuk mengedit gambar dalam waktu yang lama

Bagi Anda yang suka menggambar atau mencari MacBook untuk desain grafis, liriklah produk ini. MacBook Pro 14 2021 menghadirkan layar yang terang dan menghasilkan warna yang jelas. Tidak hanya itu, produk ini dapat membuka Adobe Photoshop dan aplikasi desain lainnya dengan cepat. Maka dari itu, pilih produk ini jika Anda mencari rekomendasi MacBook Pro terbaik untuk desain.

No.5

Apple MacBook Pro 2020MYD92ID/A

Mulai dari Rp25.499.000,00

Baterainya sangat kuat, tahan hingga 20 jam!

Kelebihan:

  • Baterainya tahan hingga 20 jam pemakaian tanpa cas
  • Terdapat magic keyboard yang bisa melengkapi kata-kata yang diketik

Kekurangan:

  • Layar mudah pecah sehingga harus diberi tambahan screen protector

Anda pernah kehabisan baterai saat bekerja menggunakan laptop dan tidak menemukan colokan listrik? Rasanya pasti menyebalkan! Agar hal itu tidak terulang, kami rekomendasikan MacBook Pro M1 ini untuk Anda. Produk ini dibekali baterai yang bisa tahan hingga 20 jam. Konon ketahanan baterainya termasuk yang paling lama di antara MacBook yang lain.

No.6

AppleMacBook Pro 2019MVVK2

Mulai dari Rp30.450.000,00

MacBook paling andal bagi para profesional

Kelebihan:

  • Dibekali RAM dan memori yang besar, serta prosesor yang kencang
  • Layar Retina menyajikan grafik yang bagus

Kekurangan:

  • Bobot lumayan berat sehingga kurang cocok untuk dibawa-bawa

MacBook ini merupakan pilihan tepat bagi para profesional. Dengan prosesor yang canggih, Anda bisa memanfaatkannya sebagai MacBook untuk programming. Ketahanan dayanya pun sudah terbilang luar biasa untuk spesifikasinya. MacBook untuk programmer ini juga dilengkapi Touch Bar demi memudahkan pekerjaan Anda.


Selain itu, produk ini menawarkan grafik yang memukau. Dari sisi visual saja Anda akan disajikan layar Retina yang menghanyutkan. Pekerjaan desain arsitektur akan lebih mudah dan cepat diselesaikan dengan laptop ini. Tambahan lagi, MacBook untuk arsitek ini memiliki RAM dan kapasitas penyimpanan yang tidak main-main.

No.7

AppleMacBook Air 2017MQD32

Mulai dari Rp11.999.000,00

Desain minimalis, simpel untuk pelajar

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau, cocok untuk pelajar dan kegiatan sekolah

Kekurangan:

  • Masih ada bingkai di layar dan display tidak cukup besar untuk menonton film

Produk ini cocok bagi Anda yang mencari rekomendasi MacBook untuk pelajar. Harganya terjangkau di antara produk yang lain. Meskipun demikian, Anda akan tetap mendapatkan performa laptop yang tidak mengecewakan. MacBook Air 2017 sudah didukung prosesor Intel Core i5.


MacBook Air terbaik untuk pelajar ini pas digunakan untuk mengetik hingga membuat materi presentasi. Layar sebesar 13,3 inci juga membuatnya tampak ringkas dan minimalis. Anda jadi bisa membawanya ke mana pun tanpa merasa terbebani. Produk ini merupakan MacBook Air yang bagus untuk para pelajar, bukan?

Baca juga rekomendasi laptop lainnya di sini

MacBook adalah salah satu laptop terbaik di kelasnya. Kami yakin Anda pasti sangat menyukainya. Namun, kami masih memiliki rekomendasi laptop lainnya sebagai bahan pertimbangan Anda. Silakan klik link di bawah ini untuk menambah referensi Anda.

Kesimpulan

Demikian ulasan tips memilih dan rekomendasi MacBook terbaik dari kami. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa lebih mudah menemukan MacBook yang bagus. Memakai MacBook yang sesuai dengan kebutuhan akan menunjang pekerjaan Anda.


Karena itu, kami tidak ingin Anda sampai salah pilih. Jangan lupa untuk selalu merawat MacBook Anda dengan baik setelah membelinya agar tetap awet, ya!

5 Rekomendasi MacBook terbaik

No. 1Apple MacBook Air 2020

No. 2AppleMacBook Air 2022

No. 3AppleMacBook Pro 2022

No. 4AppleMacBook Pro 2021

No. 5Apple MacBook Pro 2020MYD92ID/A

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer