1. TOP
  2. >
  3. Otomotif
  4. >
  5. Perawatan kendaraan
  6. >
  7. 10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023)

Selain sebagai pelumas, oli berfungsi merawat dan menjaga mesin motor agar dapat bekerja secara maksimal. Supaya motor matic Anda memiliki usia yang awet, jangan sampai telat melakukan penggantian oli. Lantas, berapa bulan sekali Anda harus mengganti oli motor? 


Kami akan mengulas oli motor matic dengan tips memilihnya. Ada juga produk oli motor matic yang bagus dari berbagai merek, seperti Castrol, Enduro, dan Evalube. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Temukan oli motor matic murah untuk Honda Scoopy, Vario 150, Beat, motor Yamaha, dan sebagainya!

Diperbaharui 07-26-2022
Pakar
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Hobinya pada dunia otomotif sejak sekolah dasar membawa Ayi menjadi seorang sarjana teknik mesin. Ketertarikannya makin besar ketika orang tuanya memberikan sepeda motor dan mobil kepadanya saat masih SMA. Ia menjadikan sepeda motor dan mobil tersebut sebagai percobaan untuk mengobati rasa penasarannya dengan dunia otomotif. Ayi menggunakan waktu senggangnya untuk menambah pengetahuan di setiap event otomotif saat masih kuliah. Ia membuka bengkel untuk menjual oli dan spare part, serta salon mobil dan motor pada 2011. Ia juga bekerja sebagai guru teknik otomotif di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri.

Profil Ayi Adiana
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Perbedaan oli motor matic dan manual

Perbedaan oli motor matic dan manual

Saat mesin motor dinyalakan, setiap komponen mesin akan bergerak dan mengalami gesekan. Supaya gesekan antar komponen tidak menyebabkan kerusakan, dibutuhkan pelumas atau oli. Dengan masuknya oli ke dalam mesin, gesekan antar komponen menjadi sangat minim sehingga mesin tidak mudah aus. 


Di samping itu, oli juga berfungsi sebagai pengendali kotoran dan pendingin dari proses pembakaran. Namun, memilih dan mengganti oli motor tidak boleh sembarangan. Oli motor transmisi manual bisa digunakan untuk motor matic, sedangkan oli motor matic tidak bisa digunakan motor transmisi manual. Hal ini disebabkan oleh mesin motor matic yang menggunakan tipe kopling kering, sedangkan motor transmisi manual koplingnya terendam oli.


Jadi, penggunaan oli motor matic pada motor transmisi manual akan mempercepat keausan kanvas kopling. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya kandungan pelumas kanvas kopling pada oli motor matic. Selain itu, fungsi oli pada motor manual juga untuk memperhalus perpindahan gigi transmisi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih oli untuk motor matic

Meski Anda dapat menyerahkan penggantian oli melalui bengkel motor, akan lebih baik lagi jika Anda mengetahui langsung spesifikasinya. Namun, sebelum kami memberikan rekomendasi oli terbaik untuk motor matic, terdapat beberapa poin yang harus Anda perhatikan. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya! 

① Kenali tingkat kekentalannya

Umumnya, tingkat kekentalan oli motor akan ditandai dengan kode SAE atau Society of Automotive Engineering. Sebagai contoh, Anda menemukan kode SAE 10W-40 pada kemasan oli motor. Angka sebelum huruf 'W' atau winter menunjukkan tingkat kekentalan oli motor di suhu dingin. Sementara itu, angka belakangnya menunjukkan tingkat kekentalan oli saat mesin motor bekerja.

Oli kental, memperhalus mesin

Oli kental, memperhalus mesin

Makin besar angka SAE, makin kental olinya. Begitu pula sebaliknya, makin kecil angkanya, makin encer olinya. Kekentalan oli motor ini akan memengaruhi daya gesek mesin motor Anda. Oli kental tepat dipilih bila Anda menginginkan mesin yang terdengar halus dan rela tarikan motor sedikit melambat. Selain itu, penggunaan bahan bakar pun akan lebih boros.

Oli encer, tarikan makin tokcer

Oli encer, tarikan makin tokcer

Sebaliknya, oli encer cepat melicinkan seluruh permukaan mesin sehingga mampu memberikan performa mesin lebih baik. Hal tersebut membuat oli encer sering digunakan pada motor matic untuk balapan. Kelemahannya, oli encer cepat menguap terutama di cuaca yang panas. Anda akan lebih sering mengeluarkan uang untuk menggantinya secara berkala.


Pada dasarnya, mesin motor matic membutuhkan pelumasan yang encer supaya putaran mesin lebih ringan. Dengan demikian, oli encer dapat mempercepat terjadinya gaya sentrifugal pada transmisi matic-nya.


Di Indonesia sendiri, oli motor matic yang biasa digunakan adalah produk dengan kode SAE 10W-30 hingga SAE 15W-50. Anda bebas memilih produk yang spesifikasinya sesuai dengan preferensi pribadi Anda dalam mengendarai motor.

② Sesuaikan dengan usia motor matic

Sesuaikan dengan usia motor matic

Selain tingkat kekentalan, sebaiknya Anda juga mengecek kode API yang tercantum dalam kemasan. API atau American Petrolium Institute merupakan kode standar yang digunakan produsen untuk menentukan mutu dan kualitas oli motor. Kode API akan ditandai huruf SL, SN, SM, dan sebagainya. 


Huruf di belakang huruf "S" disusun berdasarkan urutan abjad. Makin tinggi hurufnya, makin bagus kualitasnya. Namun, bukan berarti motor matic keluaran lama dapat menggunakan oli motor dengan kode API yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh mesin motor matic keluaran lama tidak dirancang untuk menerima oli yang didukung teknologi baru


Berikut daftar kode API berdasarkan rekomendasi tahun produksi motor. Pilihlah sesuai tahun motor Anda.

  • SN: tahun 2010 ke atas
  • SM: tahun 2010 ke bawah
  • SL: tahun 2004 ke bawah
  • SJ: tahun 2001 ke bawah

③ Kenali jenis kopling motor matic Anda

Kenali jenis kopling motor matic Anda

Setiap produsen sepeda motor matic memiliki desain dan struktur mesin yang berbeda-beda, termasuk juga jenis koplingnya. Ada dua jenis kopling yang terpasang di sepeda motor, yaitu kopling basah dan kopling kering. Sederhananya, kopling basah merupakan jenis kopling yang dilapisi oli, sedangkan kopling kering tidak berlumur oli


Di pasaran sendiri, kopling kering dominan diterapkan pada motor jenis matic. Untuk motor matic kopling kering, pilihlah oli dengan kode JASO MB. Kode ini dikeluarkan oleh JASO atau Japanese Automative Standard Organization untuk oli motor matic kopling kering.

④ Perhatikan volumenya

Perhatikan volumenya

Saat Anda ingin membeli oli motor matic secara online, perhatikan dengan saksama volumenya. Supaya sisa oli baru yang Anda beli tidak terbuang, ada baiknya Anda menyesuaikan dengan jenis motor matic yang digunakan. Untuk motor matic dengan kapasitas mesin 150 cc, oli motor dengan volume 800 ml tepat Anda beli.


Bagaimana dengan motor bermesin di atas 150 cc? Untuk motor bermesin >150 cc, sebaiknya Anda memilih oli motor dengan volume 1.000 ml

⑤ Pertimbangkan oli full synthetic untuk performa optimal

Pertimbangkan oli full synthetic untuk performa optimal

Terdapat beberapa bahan dasar dalam pembuatan oli motor, seperti bahan mineral, sintetis, dan semisintetis. Masing-masing bahan dasar pembuatan oli tersebut memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Agar motor matic mendapatkan performa optimal, ada baiknya Anda memilih oli motor sintetis atau lazim disebut oli full synthetic


Dibandingkan oli motor berbahan mineral, oli motor sintetis memiliki bahan dasar dengan tingkat pelumasan terbaik, yaitu ethylene. Oli motor sintetis juga cenderung lebih awet karena dapat berfungsi secara stabil meski temperatur mesin dalam kondisi panas. Selain itu, oli motor sintetis sangat cocok untuk motor matic keluaran baru yang teknologi mesinnya rata-rata lebih canggih.

10 Rekomendasi oli terbaik untuk motor matic

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk oli terbaik untuk motor matic yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

AHM

Oil MPX 2

AHM Oil MPX 2 1枚目

Mesin bersih, berkendara pun makin gesit

2

Federal Oil

Federal Matic 30 Ecomaxx

Federal Oil Federal Matic 30 Ecomaxx 1枚目

Mencegah aus pada bagian inti mesin

3

Yamalube

Super Matic

Yamalube Super Matic  1枚目

Komponen motor lebih awet berkat minimnya gesekan

4

TOP 1

Action Matic SAE 10W-40

TOP 1  Action Matic SAE 10W-40 1枚目

Membuat konsumsi bahan bakar tetap irit

5

Motul

Scooter LE 4T HC-Tech 10W-30

Motul Scooter LE 4T HC-Tech 10W-30 1枚目

Suara motor terdengar makin soft

6

Pertamina Lubricants

Enduro MATIC-V SAE 10W-40

Pertamina Lubricants Enduro MATIC-V SAE 10W-40 1枚目

Performanya tinggi berkat penguapan rendah

7

Shell

Advance AX7 Matic 10W-40 4T

Shell Advance AX7 Matic 10W-40 4T 1枚目

Mesin bebas gumpalan kotoran bahkan saat perjalanan jauh

8

Evalube

Oli Motor Matic SCOOTIC HX Synthetic 10W-30 (0,8L)

Evalube Oli Motor Matic SCOOTIC HX Synthetic 10W-30 (0,8L) 1枚目

Mesin cepat menyala meski dalam kondisi dingin

9

Castrol

POWER1 Scooter 10W-40

Castrol POWER1 Scooter 10W-40 1枚目

Mudahkan Anda mencapai top speed

10

SyneRal

Synthetic MATIC API SN 10W-30 JASO MB

SyneRal Synthetic MATIC API SN 10W-30 JASO MB 1枚目

Akselerasi motor matic makin enteng dan tanpa panas

Perincian produk
Close
No.1

Mesin bersih, berkendara pun makin gesit

Produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda pengguna motor matic Honda Scoopy, Beat, dan Vario. Oli paling bagus untuk motor matic Honda ini mampu menjadikan motor lebih gesit untuk melewati padatnya lalu lintas. 


AHM sendiri telah mengembangkan AHM Oil Technology agar produk ini dapat memberikan perlindungan maksimal pada mesin motor. Hebatnya lagi, teknologi Honda Cleansing Agent membuat oli ampuh menjaga kebersihan di dalam mesin.

No.2

Federal OilFederal Matic 30 Ecomaxx

Mulai dari Rp32.000,00

Mencegah aus pada bagian inti mesin

Apakah Anda berencana membeli motor matic untuk penggunaan jangka waktu puluhan tahun? Gunakanlah produk oli motor Federal Oil ini supaya performa mesin motor Anda tetap dalam keadaan prima. 


Berkat Active Moly dan Viscoelastic Molecules, gesekan dan panasnya mesin tidak akan membuat komponen mesin motor menjadi cepat aus. Dengan begitu, motor matic Anda menjadi lebih panjang usianya. Ke mana pun Anda pergi, motor matic kesayangan akan setia menemani. 

No.3

YamalubeSuper Matic 90793-AJ425

Mulai dari Rp72.000,00

Komponen motor lebih awet berkat minimnya gesekan

Pengguna motor matic Yamaha 155 cc atau lebih, seperti NMAX, XMAX, dan TMAX sebaiknya membeli produk ini. Berkat kandungan formula molybdenum-nya, tingkat gesekan antar komponen akan lebih rendah. 


Hasilnya, mesin motor Anda pun dapat bekerja dengan maksimal dan lebih lama masa pakainya. Oli motor ini juga dapat melindungi setiap komponen mesin motor matic hingga ke celah-celah tersempit.

No.4

TOP 1 Action Matic SAE 10W-40

Mulai dari Rp54.000,00

Membuat konsumsi bahan bakar tetap irit

Dengan kandungan sintetisnya, oli motor TOP 1 Action Matic ini dapat membuat tarikan mesin menjadi lebih enteng. Tidak hanya itu, oli ini juga akan membuat pergerakan mesin terasa lebih halus dan tidak mudah panas. 


Hal tersebut juga menjadikan konsumsi bahan bakar makin irit karena mesin motor dapat bekerja secara optimal. Bagi Anda pengguna motor matic yang ingin lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar, pertimbangkanlah untuk menggunakan oli motor TOP 1 ini. Oli motor matic yang bagus ini adalah pilihan bagus untuk membuat Anda lebih minim biaya bensin bahkan saat menempuh jarak jauh.

No.5

MotulScooter LE 4T HC-Tech 10W-30

Mulai dari Rp55.000,00

Suara motor terdengar makin soft

Dengan tingkat keenceran yang tinggi, produk ini mampu memberikan kinerja optimal di segala kondisi dan lingkungan. Selain ideal untuk motor matic yang digunakan di area perkotaan, produk ini dapat menunjang aktivitas berkendara Anda di pegunungan. 


Di sisi lain, oli motor ini adalah pilihan pas untuk pengguna motor matic generasi 2000-an, seperti Kymco dan Yamaha Nouvo. Salah satu keunggulan yang ditawarkan dari oli motor ini adalah pengoperasian mesin yang halus. Dengan begitu, Anda dapat berkendara dengan nyaman tanpa terganggu suara mesin yang kinerjanya makin berat. 

No.6

Pertamina LubricantsEnduro MATIC-V SAE 10W-40

Mulai dari Rp43.000,00

Performanya tinggi berkat penguapan rendah

Saat motor sering digunakan, oli akan mengalami penguapan. Tingkat penguapan yang tinggi akan membahayakan karena bisa membuat mesin menjadi terlalu panas atau bahkan rusak. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan oli motor yang tepat. Oli motor matic API SN ini sangat ideal untuk Anda yang ingin mencegah mesin motor overheat.


Keunggulan lain oli 10W-40 untuk motor matic ini adalah tingkat penguapan yang rendah sehingga memberikan performa mesin mumpuni. Dengan begitu, volume oli motor tidak akan cepat berkurang meski motor matic digunakan setiap hari.

No.7

ShellAdvance AX7 Matic 10W-40 4T

Mulai dari Rp45.999,00

Mesin bebas gumpalan kotoran bahkan saat perjalanan jauh

Jika Anda berencana bepergian jarak jauh membawa motor matic, cobalah untuk mengganti oli motor Anda menggunakan produk ini. Berkat Shell Active Cleansing Technology, timbulnya gumpalan kotoran pada bagian dalam mesin dapat dicegah. Hal tersebut membuat mesin dapat bekerja lebih optimal bahkan saat menempuh jarak panjang.

No.8

EvalubeOli Motor Matic SCOOTIC HX Synthetic 10W-30 (0,8L)

Mulai dari Rp40.550,00

Mesin cepat menyala meski dalam kondisi dingin

Oli sintetis ini dilengkapi Molydenum dithiocarbomate sebagai tambahan formulanya. Aditif tersebut memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah memungkinkan Anda untuk menyalakan mesin motor dengan cepat dan mudah. 


Terdapat juga teknologi Veltec yang dipercaya dapat mencegah keausan mesin motor matic. Dari segi harga pun produk ini cukup ekonomis, tetapi menawarkan performa yang luar biasa. Pengguna motor matic Honda atau merek lainnya yang ingin merasakan kemudahan menyalakan mesin sebaiknya memilih oli berkualitas terbaik ini.

No.9

CastrolPOWER1 Scooter 10W-40

Mulai dari Rp45.000,00

Mudahkan Anda mencapai top speed

Oli motor ini diproduksi dengan Power Release Technology™ yang membuat performa mesin motor meningkat. Teknologi ini akan membuat motor Anda memiliki akselerasi lebih dahsyat. Bagi Anda yang terbiasa mengendarai motor matic dengan kecepatan penuh, pertimbangkanlah menggunakan oli motor ini. Sekali tarik tuas gas, motor matic akan melaju dengan kencang.

No.10

SyneRalSynthetic MATIC API SN 10W-30 JASO MB

Mulai dari Rp69.000,00

Akselerasi motor matic makin enteng dan tanpa panas

Jika Anda menginginkan tarikan gas motor menjadi lebih enteng, sudah selayaknya untuk menggunakan oli motor ini. Jangan khawatir saat mesin bekerja terlalu lama karena oli ini diformulasikan untuk melindungi mesin dari panas. Jalan macet dan menanjak pun tak akan jadi masalah. 


Berkat Multi Active Technology, tingkat kekentalan oli motor pun akan tetap terjaga. Hal ini tentunya memberi keuntungan lebih untuk Anda karena masa penggunaan oli motor menjadi lebih panjang. 

Pertanyaan umum seputar oli untuk motor matic

Pertanyaan umum seputar oli untuk motor matic

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar oli untuk motor matic. Jika Anda masih penasaran dengan oli untuk motor matic, simak jawabannya di bawah ini!

Kapan harus ganti oli?

Tanda bahwa oli motor harus segera diganti di antaranya adalah makin pekatnya warna oli dan berkurangnya volume oli. Namun, hal ini tentu akan menyulitkan Anda jika harus mengecek kondisi oli terlebih dulu. Sebagai solusinya, Anda dapat mengecek total jarak tempuh penggunaan motor sejak tanggal penggantian oli.


Jika jarak tempuh penggunaan motor matic sudah mencapai 1.500 km, ada baiknya Anda segera mengganti oli motor Anda. Hal ini disebabkan oleh oli motor matic lebih cepat menguap dibandingkan motor biasa. Meski belum 1.500 km, Anda juga bisa mengganti oli per dua bulan sekali agar mesin tetap optimal.


Selain itu, segeralah mengganti oli ketika mesin motor terasa lebih cepat panas dan tarikan motor menjadi berkurang. Toh, biaya ganti oli motor matic tidaklah seberapa dibandingkan biaya memperbaiki mesin yang rusak akibat telat ganti oli, bukan?

Baca juga rekomendasi perlengkapan motor lainnya di sini

Oli motor merupakan komponen yang sangat penting untuk diperhatikan saat Anda melakukan perawatan rutin. Selain penggantian oli, mungkin Anda tertarik untuk melakukan pembelian perlengkapan motor lainnya. Jika Anda penasaran, silakan klik tautan artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Saat ingin mengganti oli motor, Anda dapat meminta rekomendasi langsung dari bengkel resmi motor. Namun, jika Anda sudah membaca artikel dari kami, tentu Anda sudah bisa menentukan pilihan oli motor yang tepat, bukan? 


Kami telah menjelaskan cara memilih oli motor matic dan memberikan rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda pertimbangkan. Memilih oli motor matic tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Untuk itu, pilihlah oli motor yang tepat untuk motor kesayangan Anda. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer