• 10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)

Wiper mobil adalah alat yang memiliki peran penting bagi pengendara agar pandangan tetap maksimal kala hujan turun. Di gerai online, Anda dapat menemukan variasi wiper mobil dengan berbagai bentuk dan merek. Akan tetapi, di antara bermacam-macam wiper yang dijual di pasaran, produk manakah yang tepat untuk Anda?


Kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wiper mobil yang bagus, seperti Bosch, HELLA, dan yang lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Simak informasinya sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Ardanto Sigit
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.
Ardanto Sigit
Guru Teknik Otomotif
Ardanto Sigit

Ardanto Sigit, S.Pd, Gr. adalah guru teknik otomotif yang memiliki sertifikasi guru profesional dan sertifikasi bidang kompetensi teknik otomotif. Fokusnya yaitu pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.


Ardanto menekuni bidang otomotif selama sepuluh tahun. Ia memiliki pengalaman bekerja di salah satu dealer Mitsubishi di Yogyakarta. Setelah itu, ia memutuskan untuk melanjutkan studi pada bidang Pendidikan Teknik Otomotif.

Kapan saatnya mengganti wiper?

Kapan saatnya mengganti wiper?

Fungsi wiper bisa dikatakan krusial karena dapat membantu pengemudi melihat jalan dengan jelas di saat hujan. Namun, biasanya wiper hanya memiliki umur pakai antara 6 hingga 12 bulan, tergantung frekuensi pemakaian. Karena itu, Anda perlu mengetahui kapan wiper harus diganti agar tetap berfungsi secara maksimal. 


Pertama, perhatikan tampilan fisik karet wiper. Cek ada tidaknya keretakan pada karet dan pastikan karet merekat sempurna di rangka wiper. Karet yang retak dan tidak merekat dengan baik tentu harus diganti karena membuat kinerja wiper tidak maksimal.


Selanjutnya, periksa apakah wiper meninggalkan garis-garis di kaca dan goresan tetap muncul meski sudah disemprot cairan pembersih. Selain itu, cermati ada tidaknya suara berderit ketika wiper dioperasikan. Jika jawabannya adalah ya, itu pertanda bahwa Anda harus segera mengganti wiper


Terakhir, perhatikan kondisi rangka wiper bila Anda menggunakan wiper model konvensional. Pastikan rangkanya tidak bengkok agar keseluruhan area kaca bisa dibersihkan dengan tuntas.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih wiper mobil

Jangan terburu-buru mengganti wiper jika Anda belum mengetahui tips memilih wiper mobil terbaik berikut ini. Dengan memilih produk yang tepat, visibilitas Anda saat berkendara akan tetap terjaga meski hujan turun dengan deras.

Ketahui ukuran wiper yang tepat untuk mobil Anda

Ketahui ukuran wiper yang tepat untuk mobil Anda

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum memilih wiper adalah menentukan ukuran yang sesuai untuk mobil Anda. Keterangan ini dapat Anda ketahui dari buku petunjuk mobil atau dengan mengukurnya secara langsung. Pastikan produk yang dibeli ukurannya sama panjang dengan wiper lama Anda karena tiap mobil menggunakan ukuran berbeda-beda.


Sebagai contoh, wiper Toyota Avanza memiliki panjang yang berbeda untuk sisi kanan dan kirinya, yaitu 20 inch dan 16 inch. Sementara itu, Honda Freed menggunakan wiper berukuran 26 inch untuk sisi kanan dan 14 inch untuk kiri. 


Wiper yang ukurannya terlalu panjang akan saling bertabrakan saat beroperasi dan membuat dinamo wiper lebih cepat rusak. Sebaliknya, jika ukuran wiper terlalu pendek, wiper tidak bisa menyapu air dengan tuntas sehingga dapat mengganggu pandangan.

Tipe frame atau frameless? Pilihlah sesuai preferensi

Setelah menentukan ukuran, Anda bisa menyeleksi produk pilihan Anda berdasarkan ada tidaknya rangka. Secara umum Anda akan menemukan dua jenis wiper mobil di pasaran, yakni frameless dan konvensional (dengan frame). 


Sesuai dengan namanya, frameless wiper adalah pembersih kaca mobil yang didesain tanpa rangka. Tipe ini tidak akan berkarat dan berbobot ringan sehingga mampu menyapu air lebih cepat. Namun, harga wiper mobil tipe frameless relatif lebih tinggi. Tidak adanya rangka membuat kemampuan frameless wiper dalam menyapu air berkurang setelah beberapa waktu.


Sementara itu, untuk wiper konvensional, tekanan karet ke kaca mobil lebih kuat karena adanya rangka. Tekanan ini membuat sapuan wiper jadi lebih maksimal di sepanjang karetnya. Akan tetapi, Anda perlu memeriksa karet wiper secara berkala untuk memastikan kondisinya tetap prima. Jangan sampai karet dibiarkan menipis atau robek agar rangka wiper tidak membuat kaca mobil tergores.


Ingat, wiper bukan salah satu komponen yang perlu diganti dengan barang custom. Jadi, lebih baik diganti sesuai dengan standarnya dan berfungsi dengan baik.

Periksa kualitas karet

Periksa kualitas karet

Hal selanjutnya yang penting untuk dilakukan dalam memilih wiper yaitu memeriksa kualitas karet yang dimiliki produk. Periksalah tekstur karet dan ketebalannya untuk mendapatkan produk yang tepat untuk mobil Anda. Karet wiper mobil yang bagus bertekstur mulus, tidak terlalu kasar, serta kesat. Selain itu, karet harus memiliki ketebalan yang merata sehingga bisa menyapu air dengan baik.


Selain itu, cek kode produksi pada kemasan jika ada. Kode produksi tersebut mengindikasikan bulan dan tahun produksi wiper. Pilih wiper dengan bulan dan tahun produksi yang paling baru karena karet memiliki masa waktu untuk mempertahankan kualitasnya.

10 Rekomendasi wiper mobil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wiper mobil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

10
TipeFrameless
Ukuran26 inch dan 14 inch
Merek mobilToyota Sienta
9
TipeFrame
Ukuran12 inch
Merek mobilHonda Brio
8
TipeHybrid
Ukuran21 inch dan 14 inch
Merek mobilSuzuki Ertiga
7
TipeFrame
Ukuran20 inch dan 16 inch
Merek mobilToyota Avanza
6
TipeHybrid
Ukuran20 inch dan 16 inch
Merek mobilDaihatsu Xenia, Daihatsu Granmax, Toyota Avanza
5
TipeFrame
Ukuran24 inch dan 16 inch
Merek mobilToyota Innova
4
TipeFrame
Ukuran21 inch dan 14 inch
Merek mobilDaihatsu new Xenia, Nissan March, Toyota new Avanza, Suzuki Ertiga
3

HELLAWiper Blade Premium

9XW 177 935-241

Mulai dari Rp 50.050,00

TipeFrame
Ukuran24 inch
Merek mobilTidak disebutkan
2
TipeFrameless
Ukuran22 inch dan 16 inch
Merek mobilHonda Mobilio
1
TipeFrame
Ukuran14 inch, 16–22 inch, 24 inch, 26 inch, 28 inch
Merek mobilSemua merek mobil

Tabel perbandingan produk wiper mobil terbaik

Gambar produk
1
Wealthy Universal Wiper Blade 1

2
Bosch Clear Advantage 1

Bosch

3
HELLA Wiper Blade Premium 1

HELLA

4
Selamat Sempurna Sakura Wiper Blade 1

Selamat Sempurna

5
Valeo First Conventional Blade 1

Valeo

6
Astra Otoparts ASPIRA EXPOSIO  1

Astra Otoparts

7
Bosch Advantage  1

Bosch

8
HELLA Wiper Razor Hybrid 1

HELLA

9
Bosch Rear Wiper 1

Bosch

10
RWB Wiper Soft Blade Frameless  1

Nama produk

Wealthy Universal Wiper Blade

Clear Advantage

Wiper Blade Premium

Sakura Wiper Blade

First Conventional Blade

ASPIRA EXPOSIO

Advantage

Wiper Razor Hybrid

Rear Wiper

RWB Wiper Soft Blade Frameless

Keunggulan

Duet teknologi hydrophobic dan Teflon mampu hasilkan 850.000 kali sapuan

Menyeka air lebih optimal, meskipun di cuaca ekstrim

Karetnya dilapisi grafit dengan nanoteknologi, minim suara gesekan

Harga terjangkau dan bisa digunakan di berbagai merek mobil

Frame dilapisi teknologi nano sehingga tidak mudah korosi

Desain hybrid aerodinamis tingkatkan performa wiper menyapu air

Teknologi Quick Clip membuat pemasangan mudah dan cepat

Dapatkan gaya dan performa dengan kombinasi rangka konvensional dan frameless wiper

Sapuannya optimal, kaca belakang pun lebih jelas

Lebih awet berkat lapisan Carbon Coating

Harga mulai dariRp 75.000,00Rp 128.400,00Rp 50.050,00Rp 48.400,00Rp 72.000,00Rp 159.000,00Rp 81.700,00Rp 275.000,00Rp 43.300,00Rp 110.000,00
TipeFrameFramelessFrameFrameFrameHybridFrameHybridFrameFrameless
Ukuran14 inch, 16–22 inch, 24 inch, 26 inch, 28 inch22 inch dan 16 inch24 inch21 inch dan 14 inch24 inch dan 16 inch20 inch dan 16 inch20 inch dan 16 inch21 inch dan 14 inch12 inch26 inch dan 14 inch
Merek mobilSemua merek mobilHonda MobilioTidak disebutkanDaihatsu new Xenia, Nissan March, Toyota new Avanza, Suzuki ErtigaToyota InnovaDaihatsu Xenia, Daihatsu Granmax, Toyota AvanzaToyota AvanzaSuzuki ErtigaHonda BrioToyota Sienta
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar wiper mobil

Pertanyaan umum seputar wiper mobil

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar wiper mobil. Jika Anda masih penasaran dengan wiper mobil, simak jawaban dari pakar kami di bawah ini!

Apa yang menyebabkan kerja wiper kurang maksimal?

Wiper dikatakan bekerja kurang maksimal jika tidak bisa menghapus air pada kaca secara bersih. Air yang tersisa pada kaca akan mengganggu pandangan pengemudi. Hal yang memengaruhi kinerja wiper adalah kualitas karetnya. Jika karet wiper sudah keras dan tidak elastis karena umur serta pemakaian, tentunya kinerja wiper tidak akan maksimal.


Selain itu, kondisi gear penggerak wiper dan motor wiper juga bisa menjadi penyebab kinerja wiper kurang maksimal. Gear penggerak tersebut bertugas menggerakkan dengan berbagai kecepatan sapuan sesuai kebutuhan. Gear penggerak serta link yang kotor, seret, bahkan macet akan mengganggu kinerja kecepatan sapuan wiper.

Kenapa wiper mobil tiba-tiba mati?

Wiper tiba-tiba mati bisa disebabkan oleh sistem kelistrikan yang menyuplai motor wiper bermasalah. Periksa apakah fuse/sekring wiper putus. Jika sekring wiper tidak bermasalah, cobalah periksa motor wiper. Periksa gear penggerak motor wiper apakah macet akibat kotoran atau gear aus karena pemakaian.


Jika gear penggerak macet karena kotor, segera bongkar dan bersihkan. Jika aus, ganti gear penggeraknya. Terakhir, pastikan motor wiper bekerja dengan normal. Jika motor wiper tidak bekerja, Anda bisa menggantinya satu set. Hal tersebut adalah solusi paling simple dan paling baik karena resiko wiper mati lagi hanya sedikit.

Baca juga rekomendasi produk lain untuk mobil di sini

Selain wiper mobil, kami juga mempunyai rekomendasi produk lain untuk mobil yang mungkin sedang Anda cari. Terdapat beberapa produk, seperti penghilang goresan mobil, oli mesin, dan lain sebagainya. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan dan mengulas sepuluh wiper dari berbagai merek. Bagaimana menurut Anda? Sudahkah Anda menemukan produk yang Anda cari? Jika belum, silakan gunakan poin-poin dalam artikel ini sebagai panduan ketika memilih.


Anda juga bisa menandai artikel ini agar mudah dibaca ulang kapan saja Anda membutuhkannya. Nah, temukan wiper yang paling pas untuk mobil Anda dan sampai jumpa di artikel lainnya. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Kenaikan suhu dalam kabin mobil karena paparan sinar matahari dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Terlebih, sinar matahari yang menyilaukan mata dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Karena itu, penting untuk memasang kaca film yang bagus, baik di kaca depan, samping, maupun belakang. Kali ini, kami akan membahas cara memilih kaca film, mulai dari yang murah sampai premium. Kami juga akan mengulas beberapa pilihan kaca film mobil terbaik dari merek-merek ternama, seperti 3M, V-Kool, dan Solar Gard. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Selamat membaca!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Charger Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Charger Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Di masa seperti ini, kehabisan daya baterai gadget bisa menimbulkan masalah. Terlebih saat ada pembicaraan atau urusan penting, kehabisan daya baterai fatal akibatnya. Untuk mencegah terjadinya hal-hal demikian, charger mobil sangat tepat Anda miliki.Anda akan menemukan charger mobil berkualitas keluaran Baseus, Xiaomi, Aukey, dan sebagainya dalam artikel ini. Tenang saja, cara memilih charger mobil juga akan kami berikan untuk Anda. Dengan begitu, Anda bisa dengan cepat dan mudah menemukan produk terbaik. Silakan baca artikel ini sampai tuntas!
    Aksesori mobil
  • 10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Speaker mobil berperan penting dalam menghasilkan suara audio yang jernih di dalam mobil. Selain untuk mengusir kantuk, sebuah kepuasan tersendiri jika Anda dapat menikmati lagu kesayangan dengan kualitas suara terbaik. Adanya berbagai macam produk speaker mobil di luar sana pastinya membuat Anda kebingungan dalam memilih.Untuk membantu Anda, di bawah ini kami membagikan poin-poin penting dalam hal pemilihan speaker mobil. Simak juga rekomendasi merek mulai dari Pioneer, JBL, dan Kenwood. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Mari temukan speaker mobil untuk menemani Anda berkendara!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover mobil dapat melindungi mobil Anda dari berbagai kondisi. Misalnya paparan air hujan, debu, dan kotoran yang dapat menggores permukaan cat mobil. Selain itu, cover mobil juga mampu melindungi mobil dari sinar UV. Dengan demikian, cat mobil Anda lebih terlindungi dan tidak cepat kusam.Untuk mendapatkan cover mobil yang bagus, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek cover mobil terbaik. Anda akan menemukan cover mobil Krisbow, Durable, Urban dan sebagainya. Semoga Anda menemukan cover mobil yang tepat setelah membaca artikel ini, ya.
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover jok mobil berguna untuk mencegah kotoran menempel, serta mempercantik interior mobil. Produknya juga dikenal sebagai sarung jok mobil. Anda bisa memilih tipe universal atau yang khusus untuk mobil Anda, misalnya Avanza atau Brio. Meskipun demikian, material dan fiturnya beragam. Jadi, produk seperti apa yang bagus untuk mobil Anda?Simak artikel ini agar Anda memahami cara memilih cover jok mobil terbaik. Rekomendasi beserta ulasan produknya juga sudah kami siapkan untuk Anda. Ada produk dari merk Nobleman, Sparco, dan lainnya. Baik untuk Xenia, Calya, atau Sigra, semuanya ada. Yuk, dimulai!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Spion Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Spion Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Spion kamera dikenal juga sebagai spion digital video recorder (DVR). Spion ini dapat dihubungkan ke berbagai perangkat seperti DVD dan kamera belakang. Karena mudah dipasang dan dioperasikan saat mengemudi, spion kamera menjadi populer. Berbagai merk spion kamera dari Lenovo, Pioneer, dan Hiro Automotive pasti membuat Anda bingung memilih.Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih spion kamera yang bagus dan tepat. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi spion kamera yang dapat Anda jadikan referensi. Ayo, temukan spion kamera yang sesuai untuk Anda dan segera memasangnya!
    Aksesori mobil
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori