• 10 Lulur Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Lulur Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Lulur Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Lulur Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Lulur Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Lulur Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Ingin punya kulit cerah? Lulur atau scrub berformula whitening bisa menjadi solusinya. Ada dua jenis lulur yang beredar di pasaran yaitu lulur wajah dan lulur badan. Untuk area wajah, pastikan Anda memilih lulur wajah, sedangkan apabila Anda ingin mencerahkan tangan, kaki, dan area lipatan, gunakan lulur badan.


Kali ini kami akan membahas lulur untuk mencerahkan kulit lengkap dengan tips memilihnya. Berbagai merek lulur yang bagus, seperti Scarlett, Shinzu'i, dan Purbasari ada di dalam daftar rekomendasi lulur kami. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Yasmina Diah
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK

dr. Yasmina mengenyam pendidikan kedokteran umum di Universitas Indonesia dan spesialis di Universitas Brawijaya. Sebagai anggota aktif PERDOSKI, beliau sering mengikuti simposium dan workshop nasional maupun internasional demi meningkatkan kompetensi.


dr. Yasmina berpraktik di RS Bunda Margonda Depok dan Klinik Calysta Bekasi. Bidang yang ditangani selama 10 tahun berpraktik meliputi kosmetik, infeksi menular seksual, kehamilan, lansia, dan lain-lain. Beliau aktif membuat konten edukasi di Instagram-nya mengenai kesehatan kulit dan kelamin.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih lulur untuk mencerahkan kulit

Ada banyak jenis lulur dari berbagai merek. Namun, produk mana yang cocok untuk kulit Anda? Berikut kami paparkan tips yang dapat Anda gunakan saat memilih lulur untuk mencerahkan kulit. 

Pastikan lulur mengandung whitening agent

Pastikan lulur mengandung whitening agent

Tahukah Anda bahwa sinar UV dari matahari dapat memicu proses pigmentasi kulit? Dampaknya, kadar melanin akan meningkat sehingga warna kulit menjadi lebih gelap dan kusam. Selain itu, noda di wajah seperti flek atau bintik hitam pun akan muncul.


Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan lulur yang mengandung whitening agent, seperti arbutin, vitamin C, dan ekstrak licorice. Whitening agent merupakan senyawa yang mampu menekan kadar melanin di kulit.


Jika dipakai secara teratur, kulit akan menjadi lebih cerah dan bebas kusam. Beberapa produk lulur yang kaya akan whitening agent adalah Purbasari Lulur Pengantin Bengkoang dan Shinzu'i Sakura Skin Lightening Body Scrub.

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Klaim pemutih pada bahan yang hanya dioles beberapa jam bahkan menit perlu dipertanyakan efektivitas dan keamanannya. Sebagai contohnya yaitu bahan yang dioles sesaat lalu bilas untuk mencapai penyerapan yang sama dengan bahan leave on. Bahan tersebut membutuhkan dosis yang lebih tinggi atau bahan yang lebih kuat.


Dengan demikian, jika benar untuk pemutih, sebaiknya dicermati komposisinya. Pemutih yang mengandung hydroquinone dan merkuri sebaiknya dihindari.

Sesuaikan jenis lulur dengan area penggunaan

Berdasarkan area penggunaannya, ada dua jenis lulur yang bisa Anda pilih yaitu lulur badan dan lulur wajah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pastikan Anda menggunakan jenis yang tepat. Berikut penjelasan lengkapnya.

Lulur badan, mencerahkan sekaligus menghaluskan kulit badan

Lulur badan, mencerahkan sekaligus menghaluskan kulit badan

Sesuai dengan namanya, lulur jenis ini akan membantu membersihkan dan mencerahkan kulit badan seperti tangan dan kaki. Butiran scrub dan formulanya disesuaikan dengan karakter kulit badan yang jaringannya cenderung tebal. Lulur badan juga sangat efektif dalam mengatasi penggelapan warna kulit di area siku dan lutut.


Anda bisa menemukan banyak produk lulur badan ini dengan berbagai manfaat tambahan selain pencerah. Ada Marina Healthy and Glow Body Scrub yang mampu membuat kulit tampak lebih muda. Ada juga juga Herborist Lulur Bali Green Tea yang bisa menuntaskan bakteri penyebab masalah jerawat di badan.

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Lulur badan yang bermanfaat untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit biasanya diperkaya dengan butiran scrub. Butiran scrub dapat membantu pengelupasan kulit secara fisik dan mengabrasi sel-sel kulit mati. Rekomendasi penggunaan scrub sebaiknya tidak setiap hari, melainkan 2–4 minggu sekali mengikuti regenerasi kulit normal orang dewasa, yaitu 21–27 hari.


Bersamaan dengan penggunaan scrub, disarankan untuk rutin menggunakan pelembap setiap hari, terutama setiap habis mandi. Hal ini untuk tetap mempertahankan kualitas sawar kulit yang terganggu setelah pemberian scrub.

Lulur wajah, mencerahkan kulit wajah dengan formula yang lebih ringan

Lulur wajah, mencerahkan kulit wajah dengan formula yang lebih ringan

Berbeda dengan badan, kulit di area wajah cenderung lebih sensitif. Karena itu, untuk membersihkan dan mencerahkannya, pastikan Anda menggunakan lulur khusus wajah. Lulur jenis ini mempunyai formula yang lebih ringan dan butiran scrub yang lebih lembut.


Lulur wajah juga tidak hanya berfungsi mencerahkan saja. Himalaya Purifying Neem Scrub adalah salah satu contoh produk yang juga bisa melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, ada pula St. Ives Fresh Skin Apricot Face Scrub yang mencerahkan sembari menghaluskan kulit.

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Lulur yang mengandung scrub dan bahan eksfoliatif sebaiknya tidak digunakan pada area kulit yang tipis dan sensitif. Area kulit tersebut meliputi wajah, leher, area lipatan (ketiak, lipat lengan, lipat lutut, dan selangkangan), dan sekitar kelamin. Hal ini disebabkan oleh area tersebut yang lebih rentan terjadi iritasi.

Sesuaikan dengan kondisi kulit

Memilih lulur pencerah juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit, apalagi jika Anda sedang mengalami permasalahan kulit tertentu. Agar tidak salah pilih, simak penjelasan berikut. 

Kulit kering dan kasar, perlu kandungan ekstra moisturizer

Kulit kering dan kasar, perlu kandungan ekstra moisturizer

Apakah kulit Anda terasa kering dan kasar? Bisa jadi kelembapan alami kulit Anda mengalami kerusakan. Untuk mengatasinya, pilihlah produk yang kaya akan moisturizer. Kandungan ini mampu menghidrasi kulit supaya lebih lembap dan memperbaiki tekstur kulit yang rusak. Beberapa contoh kandungannya adalah glycerin, hyaluronic acid, butylene glycol, dan shea butter.


Khususnya untuk Anda pemilik tipe kulit kering, memilih lulur dengan kandungan moisturizer sangat penting. Jika tidak, kulit akan makin kering dan rentan muncul iritasi. Salah satu lulur yang kaya akan moisturizer adalah Ayudya Lulur Pengantin Goat's Milk.

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Baik kulit kering maupun kulit normal dan berminyak, setelah penggunaan bahan yang mengandung scrub maupun bersifat eksfoliatif sebaiknya tetap menggunakan pelembap secara rutin. Anda bisa menggunakan pelembap yang mengandung glycerin, asam hialuronat, ceramides, atau petroleum. Hal ini bertujuan untuk menjaga sawar kulit agar tetap terjaga fungsinya.

Kulit berminyak dan berjerawat, kandungan anti-acne akan mengatasi masalah Anda

Kulit berminyak dan berjerawat, kandungan anti-acne akan mengatasi masalah Anda

Kulit yang berminyak sangat rentan muncul jerawat. Masalah tersebut dapat terjadi di kulit badan ataupun wajah, terutama jika Anda tidak menjaga kebersihannya. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan lulur pencerah yang mengandung bahan anti-acne.


Kandungan anti-acne seperti ekstrak daun neem dan green tea dapat melawan perkembangan bakteri penyebab jerawat. Kedua kandungan tersebut juga efektif dalam mengontrol kadar minyak berlebih dan meredakan peradangan kulit akibat jerawat. Herborist Lulur Bali Green Tea dan Himalaya Herbals Purifying Neem Scrub adalah contoh produknya.

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Untuk kulit berminyak dan berjerawat, bahan aktif yang sering digunakan adalah yang mengandung sulfur dan asam salisilat. Sulfur dapat mengurangi bakteri penyebab jerawat dan asam salisilat membantu mengurangi minyak pada kulit.

Kulit kendur dan berkerut, kandungan bahan antiaging jadi andalan

Kulit kendur dan berkerut, kandungan bahan antiaging jadi andalan

Tanda-tanda penuaan dini seperti kulit kendur dan kerutan bisa menyerang kapan saja, bahkan meski Anda belum mencapai 30 tahun. Untuk Anda yang mengalaminya, kami sarankan memilih produk yang mengandung bahan antiaging. Beberapa produk yang kami rekomendasikan adalah Marina Healthy and Glow Body Scrub.


Kandungan ekstrak buah pomegranate, mulberry, dan collagen dapat menunjang proses regenerasi kulit. Kandungan tersebut akan merawat kulit dari tanda-tanda penuaan dini sehingga senantiasa terlihat lebih muda dan segar.

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Untuk kulit kendur dan berkerut, bahan aktif yang direkomendasikan adalah antioksidan. Antioksidan dapat mengurangi radikal bebas yang berperan pada proses aging kulit. Contoh bahan aktifnya adalah vitamin C, arbutin, niacinamide, AHA, dan lain-lain. 

10 Rekomendasi lulur terbaik untuk mencerahkan kulit

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lulur terbaik untuk mencerahkan kulit yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Yasmina Diah Kumala.

10

Ayu Naturally CemerlangAyudya Lulur Pengantin Goat's Milk

Mulai dari Rp 14.800,00

Isi 150 gr, 300 gr, 1000 gr
JenisLulur badan
Kandungan whitening Goats milk, vitamin C
Kandungan moisturizer Goats milk, olive oil, vitamin E, herbal oils
Kandungan anti-acne Ginger extract
Kandungan antiaging Vitamin E, ginger extract
9
Isi 100 ml
JenisLulur badan
Kandungan whitening Rice bran oil
Kandungan moisturizer Cucumis sativus extract, stearic acid
Kandungan anti-acne Glycyrrhizin
Kandungan antiaging Provitamin B5 panthenol
8

Gloria Origita CosmeticsPurbasari Lulur Mandi Pengantin Bengkoang

Mulai dari Rp 28.900,00

Isi 500 gr, 1 kg
JenisLulur badan
Kandungan whitening Ekstrak daun bearberry, ekstrak akar manis (licorice), ekstrak bengkuang
Kandungan moisturizer Gliserin, propilena glikol, butilena glikol
Kandungan anti-acne Ekstrak akar manis (licorice)
Kandungan antiaging Ekstrak daun murbei, BHT
7
Isi 100 ml
JenisLulur wajah
Kandungan whitening Curcuma longa root extract, apricot seed powder
Kandungan moisturizer Melia azedirachta leaf extract
Kandungan anti-acne Melia azedirachta leaf extract
Kandungan antiaging Tocopheryl acetate
6

UnileverSt. Ives Fresh Skin Apricot Face Scrub

Mulai dari Rp 69.000,00

Isi 170 gr
JenisLulur wajah
Kandungan whitening Apricot fruit extract, walnut shell powder
Kandungan moisturizer Glycerin
Kandungan anti-acne Tidak ada keterangan
Kandungan antiaging Tidak ada keterangan
5

Bina Karya Prima Shinzu'i Sakura Skin Lightening Body Scrub

Mulai dari Rp 11.600,00

Isi 120 gr, 200 gr
JenisLulur badan
Kandungan whitening Tricholoma matsutake extract, Prunus lannesiana flower extract
Kandungan moisturizer Olus oil, olive oil, glycerin, betaine
Kandungan anti-acne Malic acid
Kandungan antiaging Tricholoma matsutake extract, tocopheryl acetate, malic acid
4
Isi 100 gram, 200 gram
JenisLulur badan
Kandungan whitening Morus bombycis root extract
Kandungan moisturizer Glycerin, propylene glycol, butylene glycol
Kandungan anti-acne Scutellaria baicalensis root extract
Kandungan antiaging BHT, green tea extract
3

Saturday LooksMinty Gentle Scrub Face Mask

Mulai dari Rp 120.000,00

Isi 30 ml
JenisLulur wajah
Kandungan whitening Apricot seed
Kandungan moisturizer Olive oil, grapeseed oil, butylene glycol, honey extract
Kandungan anti-acne Peppermint, bentonite, kaolin clay
Kandungan antiaging Tidak ada keterangan
2

Barclay ProductsMarina Healthy & Glow Body Scrub

Mulai dari Rp 10.500,00

Isi 200 ml
JenisLulur badan
Kandungan whitening Milk protein, pearl nutrient, vitamin B3
Kandungan moisturizer Glycerin, milk protein, olive oil, vitamin E
Kandungan anti-acne Tidak ada keterangan
Kandungan antiaging Pearl nutrient, vitamin B3, vitamin E, BHT
1

Opto Lumbung SejahteraScarlett Body Scrub - Romansa

Mulai dari Rp 75.000,00

Isi 400 gram
JenisLulur badan
Kandungan whitening Glutathione
Kandungan moisturizer Glycerin, vitamin E
Kandungan anti-acne Tidak ada keterangan
Kandungan antiaging Vitamin E

Tabel perbandingan produk lulur terbaik untuk mencerahkan kulit

Gambar produk
1
Opto Lumbung Sejahtera Scarlett Body Scrub - Romansa 1

Opto Lumbung Sejahtera

2
Barclay Products Marina Healthy & Glow Body Scrub 1

Barclay Products

3
Saturday Looks Minty Gentle Scrub Face Mask 1

Saturday Looks

4
Herborist  Lulur Bali Green Tea  1

Herborist

5
Bina Karya Prima  Shinzu'i Sakura Skin Lightening Body Scrub 1

Bina Karya Prima

6
Unilever St. Ives Fresh Skin Apricot Face Scrub 1

Unilever

7
Himalaya Drug Himalaya Purifying Neem Scrub 1

Himalaya Drug

8
Gloria Origita Cosmetics Purbasari Lulur Mandi Pengantin Bengkoang  1

Gloria Origita Cosmetics

9
Brighty Sinergi Indonesia Brighty Underarm Scrub 1

Brighty Sinergi Indonesia

10
Ayu Naturally Cemerlang Ayudya Lulur Pengantin Goat's Milk 1

Ayu Naturally Cemerlang

Nama produk

Scarlett Body Scrub - Romansa

Marina Healthy & Glow Body Scrub

Minty Gentle Scrub Face Mask

Lulur Bali Green Tea

Shinzu'i Sakura Skin Lightening Body Scrub

St. Ives Fresh Skin Apricot Face Scrub

Himalaya Purifying Neem Scrub

Purbasari Lulur Mandi Pengantin Bengkoang

Brighty Underarm Scrub

Ayudya Lulur Pengantin Goat's Milk

Keunggulan

Butirannya halus dan mudah dibaurkan, bikin nyaman dipakai!

Keajaiban pearl nutrient untuk kulit sehat yang tampak bebas dari kerutan

2-in-1, bisa digunakan sebagai lulur sekaligus masker wajah!

Merawat kulit dari tanda-tanda penuaan dini dengan green tea

Entaskan masalah kulit kusam dengan ramuan khas Jepang

Wajah bersih dan glowing siap jadi kenyataan!

Kulit cerah sekaligus bebas jerawat? Bisa!

Melembapkan sekaligus membuat warna kulit tampak lebih merata

Solusi untuk mencerahkan area lipatan tubuh

Kandungan susu kambingnya mampu mencerahkan serta melembapkan kulit kering

Harga mulai dariRp 75.000,00Rp 10.500,00Rp 120.000,00Rp 19.300,00Rp 11.600,00Rp 69.000,00Rp 40.000,00Rp 28.900,00Rp 75.000,00Rp 14.800,00
Isi 400 gram200 ml30 ml100 gram, 200 gram120 gr, 200 gr170 gr100 ml 500 gr, 1 kg100 ml150 gr, 300 gr, 1000 gr
JenisLulur badanLulur badanLulur wajahLulur badanLulur badanLulur wajahLulur wajahLulur badanLulur badanLulur badan
Kandungan whitening Glutathione Milk protein, pearl nutrient, vitamin B3Apricot seedMorus bombycis root extractTricholoma matsutake extract, Prunus lannesiana flower extractApricot fruit extract, walnut shell powderCurcuma longa root extract, apricot seed powderEkstrak daun bearberry, ekstrak akar manis (licorice), ekstrak bengkuangRice bran oilGoats milk, vitamin C
Kandungan moisturizer Glycerin, vitamin EGlycerin, milk protein, olive oil, vitamin EOlive oil, grapeseed oil, butylene glycol, honey extractGlycerin, propylene glycol, butylene glycolOlus oil, olive oil, glycerin, betaineGlycerinMelia azedirachta leaf extractGliserin, propilena glikol, butilena glikolCucumis sativus extract, stearic acidGoats milk, olive oil, vitamin E, herbal oils
Kandungan anti-acne Tidak ada keteranganTidak ada keteranganPeppermint, bentonite, kaolin clayScutellaria baicalensis root extractMalic acidTidak ada keteranganMelia azedirachta leaf extractEkstrak akar manis (licorice)GlycyrrhizinGinger extract
Kandungan antiaging Vitamin EPearl nutrient, vitamin B3, vitamin E, BHTTidak ada keteranganBHT, green tea extractTricholoma matsutake extract, tocopheryl acetate, malic acidTidak ada keteranganTocopheryl acetateEkstrak daun murbei, BHTProvitamin B5 panthenolVitamin E, ginger extract
Tautan produk

Kapan waktu luluran yang baik?

Kapan waktu luluran yang baik?

Fungsi utama dari lulur atau scrub adalah membersihkan kulit dari kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk. Meski begitu, lulur sebaiknya tidak digunakan sembarangan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan lulur.


  • Hindari menggunakan lulur terlalu sering karena bisa membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Karena itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan lulur setiap hari, apalagi bula kulit Anda tergolong kering dan sensitif.

  • Meski begitu, periksa formula yang terkandung dalam produk karena tiap produk memiliki formula yang berbeda. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada aturan pakai yang direkomendasikan produsen

  • Untuk menghindari risiko iritasi, bersihkan dan basahi kulit sebelum mengaplikasikan lulur. Selain itu, jangan menggosoknya terlalu kencang karena dapat merusak jaringan pelindung alami kulit. 

  • Hentikan pemakaian apabila terjadi iritasi atau kemerahan. Bila iritasi tak kunjung reda, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter atau ahlinya.
dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Lulur yang mengandung scrub sebaiknya dibalurkan saat kondisi kulit kering lalu lakukan penggosokan setelah kulit lembap dan bahan lulur meresap sekitar 15 menit. Setelahnya baru dibilas dan wajib menggunakan pelembap (pelembap digunakan rutin setiap hari). Pengulangan lulur dapat dilakukan paling cepat tiga minggu sekali.

Baca juga rekomendasi produk pencerah kulit lainnya di sini

Selain lulur, kami memiliki banyak rekomendasi produk pencerah kulit lainnya, misalnya masker, body wash, dan body lotion. Ada juga produk dari merek yang sedang naik daun, seperti Scarlett Whitening, Everwhite, dan Wardah. Yuk, klik link di bawah ini!

Kesimpulan

Pembahasan kali ini tentang lulur untuk mencerahkan wajah sangat menarik, bukan? Kami yakin Anda akan menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga tips dari kami memudahkan Anda. 


Sebelum memakai lulur, biasakan untuk selalu melihat petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan. Dengan demikian, lulur dapat bekerja lebih optimal dan tidak menimbulkan iritasi. Namun, apabila muncul gatal, kemerahan, atau gejala iritasi lainnya, sebaiknya hentikan penggunaannya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Kandungan whitening agent, seperti alpha arbutin, glutathione, kojic acid, dan niacinamide akan mengembalikan warna kulit Anda.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett Whitening, NIVEA, dan Vaseline. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan produk body care yang cocok dimiliki semua orang. Tak hanya melembapkan, manfaat hand body lotion juga beragam, misalnya mencerahkan dan menghidrasi kulit. Marina, salah satu merek kosmetik lokal yang bagus pun mengeluarkan body lotion. Produk yang berkualitas dengan beragam varian menjadi alasan kepopuleran Marina.Jika Anda bingung menentukan pilihan body lotion Marina yang terbaik, tak perlu khawatir. Kami akan memberikan tips memilih juga rekomendasi produknya. Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh termasuk di antara produk yang kami rekomendasikan. Jadi, baca artikelnya sampai selesai, ya. 
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang tidak boleh di-skip dari perawatan kulit sehari-hari. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Misalnya, untuk Anda yang memiliki kulit kering, pilihlah sunscreen yang kaya pelembap.Kali ini, kami akan memberikan tips beserta rekomendasi sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Merek sunscreen ternama, seperti Azarine, Skin Aqua, dan COSRX ada dalam list rekomendasi kami. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar ultraviolet, diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Ada merek Nivea, Beeme, Momami, dan masih banyak lagi.Namun, simak dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Jangan lewatkan juga rekomendasi sunblock anak yang bagus untuk berenang, sunscreen anak SD, sunscreen untuk anak 10 tahun, dan sebagainya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang enggan menggunakan body lotion atau hand body karena terasa lengket. Sebetulnya, body lotion adalah pelembap yang menutrisi semua jenis kulit. Anda bisa menemukan body lotion yang tidak lengket serta mampu memutihkan dengan kandungan collagen. Ada pula body lotion dengan SPF untuk kulit kering, kulit remaja, serta kebutuhan kulit lainnya.Kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi merek yang bagus. Body lotion Scarlett, Vaseline, Nivea, Grace and Glow, dan Marina akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
  • 10 Deodorant Terbaik untuk Memutihkan Ketiak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Deodorant Terbaik untuk Memutihkan Ketiak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Ketiak hitam bisa membuat kepercayaan diri menurun. Untungnya, banyak cara yang dapat dilakukan untuk memutihkan ketiak, salah satunya menggunakan deodorant pemutih ketiak. Kami akan merekomendasikan deodorant yang bagus untuk memutihkan ketiak dari merek Nivea, Dove, Rexona, dan lainnya. Anda dapat memilih deodorant berbentuk spray, roll on, losion, atau stik. Deodorant tersebut tidak hanya mampu membuat kulit ketiak putih, tetapi juga menghilangkan bau badan. Tambahan lagi, kami juga akan memberikan tips merawat ketiak agar tidak menghitam kembali. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, disimak!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori