• 10 Kopi Lampung Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kopi Lampung Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kopi Lampung Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kopi Lampung Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kopi Lampung Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kopi Lampung Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)

Saat ini, kebiasaan minum kopi menjadi sebuah tren tersendiri, khususnya di kalangan anak muda. Nah, bagi Anda para pencinta kopi, sudahkah Anda mencicipi cita rasa kopi Lampung? Varietas kopi yang dikembangkan di provinisi Lampung ini terkenal akan rasanya yang strong dan berkarakter.


Kami akan mengulas dan memberikan tips memilih kopi Lampung beserta rekomendasi produknya. Merek kopi Lampung paling enak seperti Artcofie, Arutala Coffee, dan Seven Bika juga akan kami ulas di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Lalu Ahmad Alpian
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop.


Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur

Karakteristik kopi Lampung

Karakteristik kopi Lampung

Kopi Lampung termasuk jenis kopi robusta, kopi yang terkenal memiliki cita rasa yang kuat dan cenderung pahit. Sesuai namanya, kopi ini berasal dari provinsi Lampung. Daerah Lampung Barat sendiri dikenal sebagai penghasil kopi Lampung terbaik. Oleh karena itu, jangan heran jika banyak pencinta kopi yang memburu kopi robusta Lampung Barat. 


Kopi Lampung robusta banyak tumbuh di ketinggian 800 mdpl. Kopi ini memiliki aroma cokelat dan rempah-rempah. Setelah dicicipi, Anda akan merasakan aftertaste nutty, dark cocoa, dan caramel. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kopi Lampung

Setelah mengetahui daya tarik kopi Lampung, kini saat mengetahui cara memilih produk yang tepat. Silakan merujuk pada poin-poin berikut ini. 

Ketahui level roasting biji kopinya

Secara umum, ada tiga macam level roasting biji kopi, yakni light roast, medium roast, dan dark roast. Level roasting akan memengaruhi cita rasa kopi. Untuk itu, mari simak perbedaan setiap level roasting di bawah ini.

Light roast, memiliki cita rasa asam yang kuat

Light roast, memiliki cita rasa asam yang kuat

Light roast melalui pemanggangan biji kopi dengan suhu 196 °C–205 °C. Pada level ini, biji kopi yang masih mentah (green bean) dipanggang hingga mengalami first crack. Rasa yang dihasilkan akan sangat asam, pahit, dan sedikit grassy. Warna yang dihasilkan juga merupakan warna cokelat terang kekuningan tanpa ada kilau minyak di permukaannya.

Medium roast, rasa asam berkurang dan tercium aroma manis

Medium roast, rasa asam berkurang dan tercium aroma manis

Medium roast melalui proses pemanggangan biji kopi dengan suhu 210 °C–219 °C. Pada level ini, Anda akan mulai mencium aroma manis, tingkat keasaman dan rasa pahit kopi pun berkurang. Secara warna, biji kopi akan tampak berwarna cokelat tua atau tanned. Level roasting ini adalah level roasting yang banyak diminati untuk kopi Lampung. 

Dark roast, tercium aroma smoky dan rasa asamnya hilang

Dark roast, tercium aroma smoky dan rasa asamnya hilang

Dark roast atau medium dark roast bisa dikategorikan dalam level yang serupa. Ini merupakan pemanggangan biji kopi dengan suhu 225 °C atau lebih. Pada level ini, biji kopi akan mengalami second crack.


Aroma manis yang sebelumnya tercium juga akan berganti dengan aroma terbakar atau gosong. Keasaman kopi akan hilang dan hanya tersisa rasa pahit. Warna biji kopi juga akan tampak sangat mengilap karena banyaknya minyak yang dihasilkan. 

Pertimbangkan bentuk kopi

Secara garis besar, kopi Lampung yang beredar di pasaran memiliki dua macam bentuk, yakni biji kopi dan kopi bubuk. Anda bisa mempertimbangkan mana yang paling nyaman untuk kebiasaan Anda menyeduh kopi. Untuk mendasari pertimbangan Anda, silakan simak kelebihan dan kekurangan bentuk kopi di bawah ini.

Biji kopi, rasa dan kesegaran kopi lebih terjaga

Biji kopi, rasa dan kesegaran kopi lebih terjaga

Cara terbaik menyimpan kopi adalah dalam bentuk whole beans (biji). Biji kopi memiliki umur simpan yang lebih panjang dibandingkan dengan kopi bubuk. Menyimpan kopi dalam bentuk biji akan memperlambat proses oksidasi dan menghindari kelembaban. Adanya kandungan minyak dan gas pada biji kopi akan menjaga rasa dan kesegaran biji kopi.


Penggilingan kopi akan membuat permukaan kopi terpapar lebih besar dengan udara yang akan mempercepat penurunan kualitas rasa. Namun, tentunya biji kopi perlu dihaluskan terlebih dahulu sebelum bisa diseduh dan dikonsumsi.


Terlebih lagi, jika Anda membeli biji kopi mentah, maka Anda perlu menyangrainya terlebih dahulu. Jadi, memilih produk dalam bentuk biji kopi tentunya akan merepotkan, apalagi jika Anda ingin membawanya untuk bepergian. 


Apabila memungkinkan, belilah grinder manual atau elektrik untuk menggiling biji kopi saat diperlukan. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan rasa terbaik setiap menyeduh kopi karena kopi digiling persis sebelum menyeduh.

Kopi bubuk, lebih praktis dan efisien

Kopi bubuk, lebih praktis dan efisien

Berlawanan dengan biji kopi, produk dalam bentuk bubuk dinilai lebih praktis dan efisien. Dari segi rasa dan tekstur, hasilnya juga lebih konsisten. Terlebih jika Anda membeli kopi instan yang sudah lengkap dengan campuran krimer dan gulanya, tentu akan sangat praktis. Namun, jika Anda ingin cita rasa kopi asli, Anda cukup membeli kopi bubuk murni.


Untuk mendapatkan rasa seduhan yang konsisten, kopi yang sudah digiling (pre-ground) harus disimpan di wadah yang kedap udara. Stok dalam jumlah sedikit agar stok kopi tidak disimpan terlalu lama. Kopi yang sudah digiling lebih cepat kehilangan rasa dibandingkan kopi dalam bentuk biji.

Sesuaikan kemasan produk dengan kebutuhan Anda

Produk kopi Lampung dikemas dalam berbagai kemasan, seperti plastik, alumunium foil, toples, dan lain sebagainya. Setiap kemasan memiliki peruntukannya masing-masing. 

Kemasan plastik, harga lebih ekonomis

Kemasan plastik, harga lebih ekonomis

Harga kemasan plastik bisa dibilang lebih ekonomis dibandingkan kemasan lainnya. Namun, kemampuannya menjaga kualitas kopi tentu paling minim. Terlebih jika Anda telah membuka kemasan plastik, sebaiknya Anda memindahkan kopi Anda ke tempat penyimpanan yang lebih baik. 

Pouch aluminium foil, dilengkapi zipper yang mudah dibuka tutup

Jenis kemasan ini paling banyak dijumpai baik dalam bentuk sachet ataupun standing pouch. Di pasaran, Anda akan menemukan banyak kemasan aluminium foil standing pouch dengan zipper. Bentuk kemasan seperti ini terbilang praktis dan lebih baik dalam menjaga kualitas kopi di dalamnya

Kemasan kaleng, eksklusif dan pas dijadikan oleh-oleh

Kemasan kaleng dapat memberikan kesan eksklusif dan menjaga kualitas biji kopi dengan lebih baik. Produk kopi dalam kemasan kaleng juga cocok dijadikan oleh-oleh atau bingkisan untuk kerabat atau rekan kerja Anda. Karena kemasannya yang durable dan eksklusif, harga kemasan kaleng biasanya lebih mahal dibandingkan jenis kemasan lainnya.

Pilihlah kopi dengan keasaman rendah jika Anda memiliki masalah lambung

Pilihlah kopi dengan keasaman rendah jika Anda memiliki masalah lambung

Keasaman pada kopi berbeda dengan rasa asam pada buah-buahan. Keasaman pada kopi berbicara mengenai komponen yang akan menentukan rasa pada kopi. Nah, pada kopi sendiri ada dua macam asam, yakni asam chlorogenic dan asam quinic


Kandungan asam pada kopi ini bisa bertambah atau berkurang sesuai dengan level roasting. Untuk asam chlorogenic, makin tinggi level roasting, makin sedikit jumlah asamnya. Sementara itu, untuk asam quinic, makin tinggi level roasting, makin bertambah jumlah asamnya. Jadi, dari segi roasting, untuk meminimalkan risiko nyeri pada lambung Anda, pilihlah medium roasting.


Di sisi lain, kandungan kafeina pada kopi berbanding lurus dengan tingkat keasaman kopi. Untuk itu, Anda yang memiliki masalah lambung juga bisa memilih kopi decaffeinated (kopi dengan kadar kafeina rendah).


Kafeina berlebih bisa memicu naiknya produksi asam lambung. Kandungan kafeina di dalam kopi jenis robusta lebih tinggi dari jenis kopi lain, seperti arabika. Kafeina di dalam kopi robusta dua kali lipat lebih banyak dibandingkan kopi arabika.


Untuk menghindari masalah lambung, batasilah konsumsi kopi harian maksimal satu gelas per hari. Atur juga takaran kopi per seduhan. Gunakan 10 gr kopi saat menyeduh arabika. Sementara itu, gunakan maksimal 5 gr kopi saat menyeduh robusta.

10 Rekomendasi kopi Lampung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kopi Lampung terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.

10

Black Eye Coffee Lampung Coffee Beans Robusta

Mulai dari Rp 52.800,00

Isi100 g, 200 g, 500 g
Level roastingTidak ada keterangan
Bentuk kopiBiji
KemasanAlumunium foil
KeasamanTidak ada keterangan
9
Isi100 g, 250 g
Level roastingTidak ada keterangan
Bentuk kopiBubuk
KemasanPlastik
KeasamanTidak ada keterangan
8

Seven Bika CoffeeLampung Highland Pure Robusta Bag Coffee

Mulai dari Rp 68.800,00

Isi200 g
Level roastingTidak ada keterangan
Bentuk kopiBubuk
KemasanAlumunium foil
KeasamanTidak ada keterangan
7
Isi200 g, 500 g
Level roastingMedium roast
Bentuk kopiBubuk
KemasanKraft alumunium foil
KeasamanTinggi
6
Isi200 g
Level roastingMedium roast
Bentuk kopiBiji
KemasanKaleng
KeasamanRendah
5

Erefindo Jaya Artcofie Lampung Robusta Tin Box Whole Bean

Mulai dari Rp 49.500,00

Isi150 g
Level roastingMedium roast
Bentuk kopiBiji
KemasanKaleng
KeasamanRendah
4
Isi185 g
Level roastingTidak ada keterangan
Bentuk kopiBubuk
KemasanPlastik
KeasamanTidak ada keterangan
3
Isi100 g, 250 g, 500 g
Level roastingTidak ada keterangan
Bentuk kopiBubuk
KemasanKraft alumunium foil
KeasamanRendah
2
Isi100 g, 200 g
Level roastingLight roast
Bentuk kopiBubuk
KemasanAlumunium foil
KeasamanRendah
1
Isi250 g, 500 g, 1.000 g
Level roastingMedium roast
Bentuk kopiBiji
KemasanAlumunium foil
KeasamanRendah

Tabel perbandingan produk kopi Lampung terbaik

Gambar produk
1
Arutala Coffee Robusta Lampung 1

Arutala Coffee

2
JJ Royal Coffee Lampung Robusta 1

JJ Royal Coffee

3
EL'S Coffee Lampung 1

EL'S Coffee

4
Kapal Api Lampung 1

Kapal Api

5
Erefindo Jaya  Artcofie Lampung Robusta Tin Box Whole Bean 1

Erefindo Jaya

6
Indraco Supresso Lampung 1

Indraco

7
Otten Coffee  Kopi Robusta Lampung 1

Otten Coffee

8
Seven Bika Coffee Lampung Highland Pure Robusta Bag Coffee 1

Seven Bika Coffee

9
Kopi Bubuk Jempol Kopi Bubuk Cap JP 1

Kopi Bubuk Jempol

10
Black Eye Coffee  Lampung Coffee Beans Robusta  1

Black Eye Coffee

Nama produk

Robusta Lampung

Lampung Robusta

Lampung

Lampung

Artcofie Lampung Robusta Tin Box Whole Bean

Supresso Lampung

Kopi Robusta Lampung

Lampung Highland Pure Robusta Bag Coffee

Kopi Bubuk Cap JP

Lampung Coffee Beans Robusta

Keunggulan

Biji kopi asli dari Tenggamus, daerah penghasil biji kopi terbesar di Lampung

Tiga kali penyortiran untuk memastikan hanya biji kopi terbaik yang digunakan

Terjaga kesegaran kopinya berkat pengemasan yang baik

Produk kopi Lampung dari brand ternama dengan harga terjangkau

Quality control yang ketat untuk konsistensi rasa terbaik

Jawaban bagi pencinta kopi pahit

Anda bisa menentukan level gilingan yang Anda inginkan

Kenikmatan aroma nutty dan caramel yang menggoda

Kopi favorit banyak masyarakat Lampung

Kopi ala kafe yang bisa Anda nikmati kapan saja di rumah

Harga mulai dariRp 34.000,00Rp 40.500,00Rp 16.000,00Rp 13.300,00Rp 49.500,00Rp 68.900,00Rp 45.000,00Rp 68.800,00Rp 8.000,00Rp 52.800,00
Isi250 g, 500 g, 1.000 g100 g, 200 g100 g, 250 g, 500 g185 g150 g200 g200 g, 500 g200 g100 g, 250 g100 g, 200 g, 500 g
Level roastingMedium roastLight roastTidak ada keteranganTidak ada keterangan Medium roastMedium roastMedium roastTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Bentuk kopiBijiBubukBubukBubukBiji BijiBubukBubukBubukBiji
KemasanAlumunium foilAlumunium foilKraft alumunium foilPlastikKalengKalengKraft alumunium foilAlumunium foilPlastikAlumunium foil
KeasamanRendahRendahRendahTidak ada keteranganRendahRendahTinggiTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Tautan produk

Tips dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Tips dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Sebelum memilih membeli kopi yang sudah di haluskan (pre-ground), tentukan dahulu karakter seduhan yang ingin dicapai. Ukuran gilingan memengaruhi intensitas rasa dari seduhan kopi. Makin halus gilingan, rasa seduhan kopi akan makin intens. Begitu pula sebaliknya. 


Alat pertama yang sebaiknya home brewer punya adalah grinder baik manual maupun elektrik. Grinder membuka kesempatan untuk Anda mencoba berbagai ukuran gilingan dan apa saja pengaruhnya terhadap hasil seduhan. Jangan takut mencoba, ya!

Baca juga rekomendasi kopi lainnya di sini

Selain kopi Lampung, ada beragam kopi lainnya yang sangat enak untuk dicicipi. Silakan lihat tautan artikel berikut ini.

Kesimpulan

Kopi Lampung dengan rasanya yang unik dan kuat membuatnya banyak digemari. Di sisi lain, harga kopi Lampung yang merupakan jenis robusta juga terbilang lebih rendah dibandingkan jenis arabica. Jadi, tidak heran kopi Lampung banyak diburu.


Dalam membeli produk kopi Lampung, sebaiknya Anda mempertimbangkan bentuk, level roasting, dan juga kemasannya. Lalu, apabila Anda memiliki masalah lambung, perhatikan tingkat keasamannya. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai solusi agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam merek yang bagus, seperti Nestle, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyak produk di pasaran, manakah krimer yang paling enak sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas.Kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merek kopi yang bagus, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Decaf Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Decaf Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Kandungan kafein di dalam kopi sayangnya memberikan efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaffeinated, kopi dengan kadar kafein yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaffeinated, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek kopi decaf yang bagus. Nescafé, Illy, Kopinata, Arutala, dan Starbucks ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang senang meminum teh hitam dalam berbagai suasana, misalnya ketika ingin bersantai. Namun, saat membeli teh hitam Anda mungkin dibingungkan dengan banyaknya pilihan dan merek yang ada.Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih teh hitam yang enak. Anda dapat membaca lebih detail mengenai jenis-jenis teh hitam beserta karakteristiknya. Merek teh hitam terbaik, mulai dari SariWangi, Dilmah, hingga Twinings juga akan kami ulas tuntas. Di artikel ini, kami juga telah bekerja sama dengan seorang konsultan dan spesialis teh bernama Muhammad Ashfiya. Mari simak terus artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kopi Kapal Api telah lama menemani masyarakat Indonesia dengan aroma dan rasanya yang memikat. Merk ini merupakan produk dari Santos Jaya Abadi. Komitmennya adalah untuk memberikan kopi spesial bagi para konsumen. Ada banyak varian dari Kapal Api, yaitu kopi hitam kopi bubuk, kopi premium, kopi instan, dan kopi siap minum.Agar Anda tidak bingung dalam memilih produk kopi Kapal Api, kami akan memberikan tipsnya untuk Anda. Setelahnya, ada juga rekomendasi produk terbaiknya. Kapal Api Special, Kapal Api Signature, dan Kapal Api Easy Drip ada dalam rekomendasi kami. Mari kita mulai!
    Teh & kopi
  • 10 Produk Excelso Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Excelso Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti sudah familier dengan nama Excelso. Merk kopi yang memiliki banyak gerai kafe di Indonesia ini juga menjual kopi kemasan. Anda bisa membeli kopi kemasan Excelso langsung di gerainya, swalayan, maupun secara online.Kopi Excelso memiliki beragam varian yang enak, seperti Kalosi Toraja, Arabica Gold, dan Robusta Gold. Karena itu, kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh kopi Excelso terbaik versi kami. Selain itu, kami juga akan memberikan tips memilihnya agar sesuai dengan preferensi Anda. Selamat berburu kopi!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Liberika Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Liberika Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Selain kopi arabika dan robusta, mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang kopi liberika. Perbedaan kopi robusta atau arabika dengan liberika terletak pada tempat penanamannya, bentuk biji, kandungan kafein, hingga karakteristik rasa dan aromanya. Budidaya kopi liberika hanya dilakukan di beberapa negara dan Indonesia termasuk salah satunya.Kekhasan kopi liberika yang membuatnya diburu banyak orang adalah aromanya yang seperti nangka. Beberapa jenis kopi liberika terkenal di Indonesia berasal dari daerah Tungkal Jambi, Banyuwangi, dan Meranti Riau. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Simak sampai akhir, ya!
    Teh & kopi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori