1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan masak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Regulator Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Regulator Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Regulator Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Regulator Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Regulator Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Regulator Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Regulator Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Regulator kompor gas berfungsi untuk mengatur tekanan yang akan disalurkan dari tabung gas ke kompor. Sudah bukan rahasia lagi, pemilihan regulator gas perlu dilakukan secara saksama. Jika Anda tidak memilih regulator gas yang bagus, bisa timbul risiko yang tak diinginkan seperti tabung gas meledak.


Regulator gas Winn, Miyako, dan Quantum merupakan beberapa merek yang patut Anda pertimbangkan. Namun, bila Anda masih bingung membedakan ciri regulator gas yang bagus, simaklah tips memilih berikut ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik lengkap dengan harga regulator gas di akhir artikel. Selamat membaca!

Diperbaharui 09-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih regulator gas

Demi memastikan keamanan selama penggunaan kompor gas, Anda perlu memilih regulator gas yang bagus. Beberapa poin di bawah ini bisa menjadi acuan dalam mencari regulator gas berkualitas. 

① Cari yang tekanannya sesuai dengan kebutuhan

Ada dua tipe regulator yang dapat Anda temukan di pasaran, yaitu regulator tekanan tinggi dan tekanan rendah. Kenali tiap-tiap tipe tersebut untuk menentukan regulator gas yang Anda butuhkan. 

Tekanan tinggi: Untuk kebutuhan restoran

Tekanan tinggi: Untuk kebutuhan restoran

Tekanan yang dihasilkan oleh regulator gas bertekanan tinggi berkisar 6 kg/jam. Regulator tekanan tinggi bisa dikenali dari bentuknya yang dilengkapi dengan knop. Kegunaan knop tersebut untuk mengatur besar atau kecilnya gas yang dikeluarkan.


Mungkin sebagian besar dari Anda belum familier dengan regulator tipe ini sebab memang jarang digunakan di rumah. Restoran atau bakery lebih sering memakai regulator tekanan tinggi. Hal itu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan memasak mereka yang umumnya dalam jumlah besar.

Tekanan rendah: Untuk penggunaan rumah tangga

Tekanan rendah: Untuk penggunaan rumah tangga

Nah, regulator tekanan rendah mungkin sudah terasa akrab bagi Anda sebab mudah ditemukan di rumah. Sesuai namanya, tekanan yang dikeluarkan oleh regulator ini relatif rendah sehingga sesuai untuk pemakaian rumah tangga.


Alasannya, tekanan rendah sudah cukup bila kebutuhannya untuk memasak dengan api kecil atau sedang. Jka tidak harus memasak dalam waktu singkat, tekanan rendah juga dinilai sudah memadai.

② Pastikan bahannya kuat

Pastikan bahannya kuat
Sumber: winngas.com

Untuk memperoleh regulator gas yang berkualitas, Anda perlu memeriksa bahannya.

  • Regulator gas yang bagus umumnya terbuat dari logam kuningan. Bahan ini dikenal lebih awet, tahan lama, dan antikarat. 
  • Bahan stainless steel juga banyak digunakan. Stainless steel memiliki ketahanan serupa kuningan, ditambah tahan terhadap gigitan tikus.

Apabila produk yang Anda pilih berkualitas, idealnya regulator gas tersebut dapat bertahan antara satu sampai tiga tahun. Akan tetapi, jika sebelum tiga tahun regulator sudah kendur, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Ciri regulator rusak akibat kendurnya tuas pengunci bisa diamati dari bau gas menyengat atau muncul suara mendesis.

③ Pilih yang dilengkapi pengaman atau stopper

Pilih yang dilengkapi pengaman atau stopper
Sumber: rinnai.co.id

Setelah memastikan bahannya berkualitas, pastikan produk yang Anda pilih dilengkapi dengan pengaman atau stopper. Pengaman ini berguna untuk menutup celah antara katup regulator dengan mulut tabung gas agar kebocoran dapat dihindari


Selain itu, ada dua bagian lain yang memerlukan stopper, yaitu dudukan regulator serta mulut keluaran (out-flow) dari regulator. Berkat stopper tersebut, keamanan Anda selama menggunakan kompor gas lebih terjamin.

  • Pengaman pada dudukan regulator akan menutup celah ketika regulator diputar
  • Pengaman ketiga di mulut keluaran regulator akan menutup jalur gas bila ada kebocoran

④ Periksa equipment lain jika membeli satu paket

Periksa equipment lain jika membeli satu paket
Sumber: miyako.co.id

Di pasaran tersedia regulator gas yang dijual satu paket dengan equipment lain, seperti selang, manometer, dan lainnya. Bila Anda membeli produk dalam kemasan paket, jangan lupa juga untuk memeriksa equipment lainnya, ya!


  • Selang

Pastikan selang terbuat dari bahan tahan panas serta tidak rapuh seperti bahan thermoplastic. Lebih baik lagi jika selang dilindungi oleh lapisan metal galvanized agar tidak mudah bocor atau rusak. Seperti badan regulator, selang juga perlu diganti secara teratur setiap satu hingga tiga tahun sekali.


  • Clamp

Clamp atau klem adalah pengikat selang. Pada regulator gas, klem berperan menjaga sambungan selang dengan regulator agar tidak mudah lepas. Beberapa produk regulator gas yang dijual di pasaran biasanya juga sudah termasuk klem. Bentuk dan diameter klem juga bervariasi tergantung pada tiap-tiap produk regulator. 


Umumnya, klem selang pada regulator gas berbentuk seperti cincin. Klem tersebut dikunci menggunakan baut dan harus dikencangkan menggunakan obeng. Namun, Anda juga bisa menemukan klem selang berbentuk unik seperti kupu-kupu. Salah satunya seperti yang bisa ditemukan pada Regulator Gas Rinnai RG-622MS. Jenis klem ini bisa dikencangkan dengan mudah tanpa menggunakan obeng.


  • Manometer

Dengan adanya manometer, Anda dapat mengetahui banyaknya gas yang masih tersedia. Manometer juga dapat memberikan informasi tentang tekanan gas yang mengalir. Dengan begitu, Anda bisa lebih waspada jika tekanannya tiba-tiba menjadi terlalu tinggi.

10 Rekomendasi regulator gas terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk regulator gas terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Quantum

Selang Regulator Gas

Quantum  Selang Regulator Gas  1枚目

Bebas risiko gigitan tikus berkat metal cover

2

Miyako

Gas Regulator

Miyako  Gas Regulator 1枚目

Set regulator lengkap dengan bahan berkualitas serta sistem pengaman optimal

3

Gascomp

Regulator Meter Super Lock

Gascomp  Regulator Meter Super Lock  1枚目

Dengan teknologi superlock, penguncian jadi lebih kuat

4

Rinnai

Regulator Gas

Rinnai  Regulator Gas  1枚目

Desain dan bahannya menjadikan regulator ini awet serta mudah dipasang

5

Winn Gas

Gas Regulator Double Lock + Selang

Winn Gas  Gas Regulator Double Lock + Selang 1枚目

Dilengkapi pengaman ganda, tidak khawatir gas bocor

6

Kenmaster

Paket Regulator Meter + Selang Gas Protec

Kenmaster  Paket Regulator Meter + Selang Gas Protec  1枚目

Sistem pengaman otomatis, aman dipakai oleh seluruh anggota keluarga

7

Quantum

Regulator Gas

Quantum  Regulator Gas  1枚目

Memasak lebih cepat, solusi untuk bisnis kuliner

8

Star Cam

Gas Regulator Tekanan Tinggi

Star Cam Gas Regulator Tekanan Tinggi 1枚目

Regulator terpasang sempurna dengan tuas pengunci dan plat C

9

Winn Gas

Gas Regulator High Pressure

Winn Gas  Gas Regulator High Pressure  1枚目

Mudah mengatur jumlah gas yang dikeluarkan supaya lebih hemat

10

Zeppelin

Regulator High Pressure+Meter

Zeppelin Regulator High Pressure+Meter 1枚目

Tingkat presisi tinggi, regulator antigoyah dan aliran gas stabil

Perincian produk
Close
No.1

Quantum Selang Regulator Gas QRL-032

Mulai dari Rp94.000,00

Bebas risiko gigitan tikus berkat metal cover

Kelebihan:

  • Sudah sepaket dengan selang, lengkap dengan klem untuk selang, serta manometer
  • Selang regulator ini menggunakan metal cover sehingga bebas dari gigitan tikus

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang menyebut ring untuk mengencangkan regulator pada tabung tidak berfungsi dengan baik

Lingkungan yang kotor atau terdapat sisa makanan membuat tikus cepat datang. Sudah bukan rahasia lagi, hewan pengerat ini merusak hampir segala perabotan dapur, termasuk selang regulator gas.


Jika Anda membutuhkan bahan selang yang tidak rusak oleh gigitan tikus, inilah jawabannya. Paket regulator gas ini hadir dengan selang yang dilapisi logam alias metal cover. Jadi, tikus tidak akan bisa merusaknya sehingga risiko kebocoran selang pun bisa ditekan.

No.2

Miyako Gas RegulatorRMS-206M

Mulai dari Rp77.500,00

Set regulator lengkap dengan bahan berkualitas serta sistem pengaman optimal

Kelebihan:

  • Regulator berbahan zinc alloy dan kuningan sehingga lebih tahan lama dan antikarat
  • Produk sudah sepaket dengan selang berbahan thermoplastic dan stainless steel yang tahan karat

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang menyebutkan bahwa klem selang rawan rusak

Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang menginginkan regulator awet dan tahan lama. Regulator dari Miyako ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas sehingga ketahanannya terjamin. Anda akan memperoleh badan regulator yang berbahan zinc alloy dan kuningan sehingga menjadikannya lebih durable serta tahan karat. 


Belum lagi fitur penguncian yang juga dibuat dari bahan kuningan, makin mengoptimalkan jaminan keamanan produk ini. Hal yang tidak kalah penting, selang dalam set produk ini dibuat dari bahan thermoplastic dan stainless steel. Jadi, selang ini juga bisa bertahan lama serta bebas dari karat ataupun risiko gigitan tikus.

No.3

Gascomp Regulator Meter Super Lock GRS-01

Mulai dari Rp114.700,00

Dengan teknologi superlock, penguncian jadi lebih kuat

Kelebihan:

  • Menggunakan superlock, penguncian regulator jadi lebih kuat sehingga risiko kebocoran gas sangat kecil

Kekurangan:

  • Beberapa pembeli mengeluhkan pengunci regulator ini rawan patah jika tidak menggunakannya secara hati-hati
  • Belum satu paket dengan selang

Faktor safety menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan regulator gas. Sebab itu, pertimbangan sistem pengaman sangatlah penting. Kabar baiknya, kini hadir regulator gas dengan teknologi superlock seperti produk ini. 


Teknologi tersebut diklaim mampu mengunci lebih kuat sampai 50.000 kali lipat dibandingkan sistem pengaman regulator pada umumnya. Produk ini bisa diandalkan oleh Anda yang ingin menekan risiko kebocoran gas sekecil mungkin.

No.4

Rinnai Regulator Gas RG-622MS

Mulai dari Rp198.135,00

Desain dan bahannya menjadikan regulator ini awet serta mudah dipasang

Kelebihan:

  • Dijual satu paket dengan selang spiral stainless steel yang tahan lama
  • Dibekali klem selang berbentuk kupu-kupu yang mudah untuk dikencangkan

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang menyebutkan bahwa pengunci regulator tidak berfungsi dengan baik dan rawan rusak

Regulator gas ini hadir dengan clamp atau penjepit berbentuk kupu-kupu yang mudah dikencangkan. Anda bahkan tidak membutuhkan bantuan obeng untuk mengencangkan clamp tersebut.


Lebih dari itu, selang dalam paket regulator ini memiliki panjang 1,8 meter serta dilengkapi spiral stainless steel. Dengan demikian, selang pun lebih meyakinkan saat digunakan dan tahan lama. Apabila Anda mencari regulator gas yang mudah dipasang sekaligus awet, pilihlah produk ini.

No.5

Winn Gas Gas Regulator Double Lock + SelangW900M

Mulai dari Rp200.000,00

Dilengkapi pengaman ganda, tidak khawatir gas bocor

Kelebihan:

  • Regulator aman karena dilengkapi dengan double lock, tidak khawatir gas bocor
  • Dibekali dengan karet seal pengaman
  • Sudah satu paket dengan selang serta dilengkapi dengan manometer

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang menyebut pengunci regulator tidak bisa diputar secara penuh

Bila Anda ingin memastikan pemakaian kompor gas yang lebih aman, jatuhkanlah pilihan kepada produk ini. Sesuai namanya, Gas Regulator Double Lock ini mempunyai pengaman ganda sehingga menghindarkan Anda dari kebocoran gas.

 

Selain penguncian ganda, produk ini juga dibekali dengan karet seal pengaman. Dengan begitu, pencegahan kebocoran gas bisa makin optimal. Hal ini juga telah dibuktikan melalui tes kebocoran yang dilakukan oleh Winn Gas.

No.6

Kenmaster Paket Regulator Meter + Selang Gas Protec

Mulai dari Rp155.400,00

Sistem pengaman otomatis, aman dipakai oleh seluruh anggota keluarga

Kelebihan:

  • Sudah sepaket dengan selang
  • Terdapat sistem pengaman otomatis yang akan menutup saat ada kebocoran gas

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang menyebutkan bahwa regulator ini tidak kompatibel dengan gas LPG 3 kg

Salah satu risiko dari pemakaian kompor gas adalah adanya kebocoran gas saat kompor sedang digunakan. Dalam kasus tersebut, ada risiko terjadi kebakaran sehingga adanya sistem pengaman dalam regulator gas berperan sangat penting.


Apabila Anda mencari regulator gas supaya seluruh anggota keluarga bisa memakai kompor dengan aman, cobalah produk ini. Regulator gas ini dilengkapi dengan sistem pengaman otomatis yang akan menutup saat ada kebocoran gas.

No.7

Quantum Regulator Gas QRH-09

Mulai dari Rp67.000,00

Memasak lebih cepat, solusi untuk bisnis kuliner

Kelebihan:

  • Regulator tekanan tinggi yang kokoh dan tidak mudah goyah
  • Terdapat fungsi pengaman berupa pemutus gas otomatis


Kekurangan:

  • Produk dijual belum satu paket dengan selang
  • Beberapa pembeli mengeluhkan manometer yang tidak berfungsi dengan baik


Bagi Anda yang akan membuka usaha kuliner dan sedang mencari regulator gas yang bagus, inilah solusinya. Produk ini didesain khusus untuk kompor bertekanan tinggi dan dilengkapi dengan knop untuk mengatur aliran gas. 


Jadi, Anda bisa mengatur besar atau kecilnya gas yang ingin dialirkan sesuai dengan kebutuhan. Saat sedang menerima banyak pesanan serta perlu memasak lebih cepat, Anda hanya tinggal memperbesar aliran gasnya.

No.8

Star CamGas Regulator Tekanan TinggiSC-T12T

Mulai dari Rp113.500,00

Regulator terpasang sempurna dengan tuas pengunci dan plat C

Kelebihan:

  • Dilengkapi pengaman ganda, yakni pengaman gas antibocor dan tuas pengunci
  • Pemasangannya tergolong mudah, setelah terpasang sempurna regulator tidak mudah goyah

Kekurangan:

  • Produk belum satu paket dengan selang
  • Tidak dilengkapi manometer sehingga Anda tidak bisa memeriksa jumlah gas yang masih tersedia

Suka kesal dengan regulator gas yang mudah goyah karena pemasangannya yang susah? Anda bisa beralih ke regulator gas dari Star Cam. Regulator gas ini mudah untuk Anda pasang karena dilengkapi dengan pelat C dan tuas pengunci.


Anda cukup menggeser pelat C ke arah samping, kemudian memasukkan spindle katup ke lubang valve tabung gas. Setelah itu, angkat tuas regulator ke depan dan tekan ke arah bawah untuk mengunci. Nah, regulator gas Anda akan terpasang sempurna.

No.9

Winn Gas Gas Regulator High Pressure W-181M

Mulai dari Rp116.000,00

Mudah mengatur jumlah gas yang dikeluarkan supaya lebih hemat

Kelebihan:

  • Bahannya terbuat dari kuningan sehingga lebih awet, tahan lama, dan antikarat
  • Terdapat knop untuk mengatur jumlah gas yang dikeluarkan

Kekurangan:

  • Produk dijual belum satu paket dengan selang regulator

Produk ini merupakan regulator tekanan tinggi yang katupnya terbuat dari kuningan serta dilengkapi dengan indikator tekanan. Regulator gas ini juga dibekali dengan knop untuk mengatur jumlah gas yang dikeluarkan.


Anda bisa memperkecil jumlah gas yang dikeluarkan saat tidak perlu memasak cepat. Dengan cara ini, gas bisa dikelola optimal supaya lebih hemat. Karena itu, produk ini cocok dipakai di restoran, kafe, atau bisnis kuliner lainnya.

No.10

ZeppelinRegulator High Pressure+Meter181A

Mulai dari Rp104.000,00

Tingkat presisi tinggi, regulator antigoyah dan aliran gas stabil

Kelebihan:

  • Tingkat presisi tinggi sehingga regulator terpasang sempurna, aliran gas pun stabil
  • Terdapat pengaman gas antibocor

Kekurangan:

  • Produk dijual belum satu paket dengan selang regulator

Penguncian ulir pada regulator gas biasanya rawan goyah karena pemasangannya yang tidak sempurna. Hal ini juga dapat mengakibatkan kebocoran gas. Namun, jangan khawatir bila Anda menggunakan produk satu ini. Regulator gas dari Zeppelin ini menggunakan sistem penguncian ulir yang tingkat presisinya tinggi. Regulator goyah dan gas bocor pun bisa dihindari.


Tidak hanya itu, regulator ini juga dilengkapi dengan pengaman antibocor. Adanya manometer juga akan mempermudah Anda melihat kapasitas gas di dalam tabung. Untuk Anda yang mencari regulator gas tekanan tinggi dengan aliran gas yang stabil, produk ini layak dipertimbangkan.

Kenali kegunaan jarum indikator

Kenali kegunaan jarum indikator
Sumber: miyako.co.id

Hal yang perlu dipahami dari indikator pada regulator gas adalah jarum tersebut tidak menunjukkan isi tabung gas. Jarum pada meteran atau indikator memperlihatkan tekanan yang ada dalam tabung gas. Tinggi atau rendahnya tekanan tersebut dipengaruhi oleh komposisi gas serta suhu. Makin panas suhu, maka jarum indikator akan bergerak makin jauh ke arah kanan.


Jika komposisi tabung LPG didominasi oleh gas propana yang tekanannya tinggi, posisi jarum juga cenderung bergeser ke arah kanan. Sementara itu, tekanan yang ideal diindikasikan dengan posisi jarum berada di tengah.


Selama penggunaan, tekanan gas mungkin akan berkurang sehingga jarum bergerak ke arah kiri. Hal tersebut tidak masalah dan bukan merupakan indikasi yang tidak wajar. Namun, berhati-hatilah bila jarum selalu di posisi kanan karena itu menandakan tekanan yang tinggi di dalam tabung.

Baca juga rekomendasi produk kompor gas di sini

Beberapa dari Anda mungkin belum memilih regulator gas sebab masih dalam proses pencarian kompor gas. Di bawah ini terdapat beberapa referensi yang bisa memudahkan Anda menemukan kompor gas yang dibutuhkan. 

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan regulator gas yang sesuai dengan kebutuhan? Kami harap tips memilih serta rekomendasi produk di atas memudahkan Anda dalam pencarian regulator gas yang bagus. 


Prinsip pemilihan regulator gas sebenarnya tidak terlalu rumit, Anda cukup memastikan bahan serta sistem pengaman yang ditawarkan. Dengan memperhatikan faktor tersebut, Anda bisa memperoleh produk regulator gas yang aman serta tahan lama. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer