1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita
  6. >
  7. 10 Kulot Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Kulot Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Kulot Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Kulot Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Kulot Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Kulot Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Kulot Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Celana kulot merupakan salah satu tren dalam dunia fashion yang masih digemari hingga saat ini. Celana kulot batik pun turut meningkat popularitasnya karena merupakan bentuk kombinasi tradisional dan modern. Kulot batik panjang dan pendek pun banyak diburu untuk aktivitas sehari-hari ataupun untuk kondangan. 


Karena produknya cukup beragam, kali ini kami akan membagikan tips untuk mendapatkan celana kulot batik terbaik. Kami juga merekomendasikan berbagai merek celana kulot batik yang bagus, seperti Batik Etniq Craft, Batik Semar, dan Filke Store. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, simak terus artikelnya!

Diperbaharui 04-07-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih kulot batik

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan untuk mendapatkan celana kulot batik terbaik. Yuk, simak poin-poin berikut ini agar Anda lebih mudah menemukan produk yang tepat. 

① Sesuaikan panjang celana kulot batik dengan tinggi badan

Celana kulot batik memiliki beragam pilihan panjang, mulai dari sepanjang lutut, betis, sampai semata kaki. Tiap-tiap panjang kulot dapat memberikan siluet yang berbeda untuk tubuh Anda.

Kulot batik pendek, seimbangkan proporsi tubuh mungil

Kulot pendek adalah model yang paling umum ditemukan. Kulot yang tergolong pendek memiliki panjang sebatas lutut atau maksimal mencapai setengah betis. Celana ini dapat memberi kesan kaki yang lebih panjang untuk siapa pun yang memakainya. 


Jika bertubuh tinggi, Anda bisa memilih celana kulot dengan panjang yang diinginkan. Namun, jika Anda bertubuh mungil, celana kulot pendek akan lebih pas karena dapat membantu menyeimbangkan proporsi tubuh Anda. Celana kulot pendek juga dapat membuat Anda terkesan lebih tinggi, lho!

Kulot batik panjang, kaki jadi terlihat lebih jenjang

Kulot batik panjang adalah salah satu variasi celana kulot yang cukup populer. Terkadang celana kulot panjang disebut juga sebagai celana wide leg. Celana ini begitu digemari karena dapat memberi kesan kaki yang jenjang. Celana kulot panjang juga cocok untuk para pengguna hijab.


Akan tetapi, Anda yang bertubuh mungil lebih baik menghindari celana ini, ya! Pasalnya, bisa jadi Anda terlihat tenggelam dalam outfit Anda. Sebaliknya, kalau Anda bertubuh tinggi dan langsing, celana ini akan sangat menonjolkan proporsi tubuh Anda.

② Pilih model celana kulot sesuai bentuk tubuh

Pilih model celana kulot sesuai bentuk tubuh

Celana kulot yang paling umum adalah bermodel lebar dan lurus. Model celana kulot ini tentu cocok untuk semua bentuk tubuh. Anda hanya perlu memilih panjang sesuai dengan keinginan saja. 


Sebagai variasi, ada juga celana kulot batik yang berbentuk baggy atau menggantung. Biasanya celana ini juga disebut sebagai celana kulot aladin. Celana ini dapat memberi volume sehingga tubuh akan terlihat lebih berisi. Oleh karena itu, celana kulot batik baggy akan lebih pas untuk Anda yang bertubuh kurus


Sayangnya, popularitas celana kulot baggy tidak bertahan lama seperti halnya celana kulot biasa. Hal ini membuat produk celana kulot baggy lebih sulit ditemukan. 

③ Kenali beberapa motif batik berdasarkan daerahnya

Batik Indonesia ada banyak ragamnya dan tiap daerah umumnya memiliki ciri khas batik tersendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis batik daerah yang populer ditemukan sebagai bahan kulot batik.

Batik Pekalongan: Aneka warna dan kaya budaya

Batik Pekalongan: Aneka warna dan kaya budaya

Batik Pekalongan merupakan batik pesisiran yang populer dengan warna-warnanya yang cerah dan beragam. Sehelai kain batik Pekalongan bisa terdiri atas delapan warna. Untuk motifnya, batik Pekalongan banyak menggunakan motif flora dan fauna


Seiring berjalannya waktu dan adanya pengaruh budaya, batik Pekalongan mengalami perkembangan. Ada batik jlamprang yang mendapat pengaruh Arab dan India. Lalu, ada motif batik encim dan juga batik klengenan yang dipengaruhi budaya peranakan Cina. 

Batik Jogja dan Solo: Coraknya cenderung lebih tradisional

Batik Jogja dan Solo: Coraknya cenderung lebih tradisional

Solo dan Yogyakarta memiliki budaya keraton yang masih kuat hingga saat ini. Hal tersebut besar pengaruhnya terhadap batik tradisional milik kedua daerah ini. Batik Yogyakarta memiliki motif batik yang populer, yaitu garda dan parang. Dalam hal warna, batik Jogja yang tradisional banyak menggunakan warna cokelat, biru tua, dan juga putih. 


Batik Solo juga memiliki motif yang serupa dengan batik Yogyakarta, salah satunya batik parang. Hanya saja, parangnya berkebalikan dan motifnya lebih kecil dan halus. Batik Solo memiliki motif lainnya yang terinspirasi dari keindahan alam. Selain itu, warna yang banyak dipakai adalah cokelat muda dan putih.

Batik Papua: Batik yang didominasi warna cerah

Batik Papua: Batik yang didominasi warna cerah

Batik Papua adalah salah satu batik yang sedang populer karena corak dan warnanya yang cerah. Semua motifnya menjunjung tinggi keindahan alam dari tanah Papua. Terdapat lima motif yang paling populer. 


  • Motif pertama adalah motif burung cenderawasih. Burung ini merupakan ikon dari Papua yang terkenal dengan kecantikannya. Motif burung cenderawasih ini adalah yang paling digemari karena sangat indah dan khas. 

  • Tifa Honai artinya rumah yang penuh kebahagiaan. Motif ini menggambarkan alat musik khas Papua, tifa. 

  • Ada pula motif Komoro dan Asmat menggambarkan seni ukiran salah satu suku di Papua. 

  • Untuk batik Sentani, tergambar alur batang kayu yang melingkar. Motif ini melambangkan kekayaan dan kesuburan alam di bumi Papua. 

10 Rekomendasi kulot batik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kulot batik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Zahra Signature

Kulot Batik Parang Rainbow

Zahra Signature Kulot Batik Parang Rainbow 1枚目

Bersantai dengan nyaman di rumah pun tetap kece

2

Monellina Fashion

Celana Kulot Pendek Jumbo Wanita Batik

Monellina Fashion Celana Kulot Pendek Jumbo Wanita Batik 1枚目

Tubuh langsing atau tubuh berisi tetap cantik pakai ini

3

Batik First

Kulot Asymetris Cut&Sew

Batik First Kulot Asymetris Cut&Sew 1枚目

Modern ethnic look dengan baggy pants

4

Flike Store

Celana Kulot Motif Tana Papua

Flike Store Celana Kulot Motif Tana Papua 1枚目

Motifnya tampak menarik dengan detail burung cenderawasih

5

Batik Semar

Harfa Pants - Truntum Isen

Batik Semar Harfa Pants - Truntum Isen 1枚目

Kulot batik pendek bikin jalan-jalan santai makin modis

6

Batik Etniq Craft

Celana Panjang Batik Wanita Ayana Ropeside Set Masker

Batik Etniq Craft  Celana Panjang Batik Wanita Ayana Ropeside Set Masker 1枚目

Celana kulot batik dua motif dengan kain batik cap

7

Batik Faaro

Celana Kulot Batik Wetu Pecah

Batik Faaro Celana Kulot Batik Wetu Pecah 1枚目

Kulot motif batik khas Pekalongan yang penuh warna

8

Benhill

Cullotes Plisket Batik Premium

Benhill  Cullotes Plisket Batik Premium  1枚目

Bahannya flowy dan terasa sejuk di kulit

9

Draisal Fashion

Celana Batik Kulot Ayumi

Draisal Fashion Celana Batik Kulot Ayumi 1枚目

Celana kulot batik yang cocok untuk kondangan

10

Lolini

Celana Culotte Osaka Batik Red

Lolini Celana Culotte Osaka Batik Red 1枚目

Tampil berani dan elegan dalam waktu bersamaan? Why not?

Perincian produk
Close
No.1

Zahra SignatureKulot Batik Parang Rainbow

Mulai dari Rp190.000,00

Bersantai dengan nyaman di rumah pun tetap kece

Kalau Anda mencari celana kulot yang nyaman untuk sehari-hari, produk Zahra Signature ini patut dipertimbangkan. Celana ini lembut dan sejuk sehingga sangat nyaman dipakai berkat bahan katun rayonnya. Meski lembut dan sejuk, bahannya tidak menerawang.


Nilai tradisionalnya pun begitu tampak dengan motif parang yang besar. Namun, celana ini juga memiliki sentuhan modern dengan pilihan warna-warni cerah yang digunakan. Jadi, bersantai di rumah sambil menerima tamu pun tetap tampak stylish dengan kulot ini.

No.2

Monellina FashionCelana Kulot Pendek Jumbo Wanita Batik40110

Mulai dari Rp180.000,00

Tubuh langsing atau tubuh berisi tetap cantik pakai ini

Saat bersantai, Anda pasti membutuhkan celana yang nyaman, bukan? Kalau begitu, celana ini kami rekomendasikan untuk Anda. Kulot jumbo dari Monellina ini sangat sempurna untuk kebutuhan kasual karena lebar dan panjangnya pas. Ditambah lagi, karena pinggangnya berkaret, cara pakainya mudah dan nyaman. Anda yang plus size pun bisa memakainya.
No.3

Batik FirstKulot Asymetris Cut&Sew

Mulai dari Rp399.800,00

Modern ethnic look dengan baggy pants

Celana batik kulot dari Batik First sangat cocok untuk Anda yang menyukai modern ethnic look. Motif batik yang digunakan pun merupakan motif batik tradisional. Potongan baggy dari celana ini memang sangat stylish. Potongannya sangat cocok untuk Anda yang memiliki tubuh mungil. Dengan begitu, proporsi tubuh Anda akan terlihat lebih ideal. 

No.4

Flike StoreCelana Kulot Motif Tana Papua

Mulai dari Rp425.000,00

Motifnya tampak menarik dengan detail burung cenderawasih

Anda yang belum mengenal batik Papua pasti akan terpesona dengan celana satu ini. Warna cerahnya ditambah dengan motif burung cenderawasih yang cantik menjadi daya tarik utama celana kulot panjang ini. Padukan saja dengan high heels kesayangan agar kaki terlihat lebih jenjang. Jika Anda menyukai celana batik dengan sentuhan warna cerah, pertimbangkan kulot batik ini.

No.5

Batik SemarHarfa Pants - Truntum Isen

Mulai dari Rp520.000,00

Kulot batik pendek bikin jalan-jalan santai makin modis

Celana kulot pendek dari Batik Semar ini cocok sekali digunakan untuk jalan-jalan santai. Celana pendek dengan motif batik ini dipermanis dengan tali di bagian pinggang. Padankan dengan blouse polos ataupun kaus kesukaan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengenakan sneakers untuk tampilan yang lebih kece ala anak muda kekinian.

No.6

Batik Etniq Craft Celana Panjang Batik Wanita Ayana Ropeside Set Masker

Mulai dari Rp230.000,00

Celana kulot batik dua motif dengan kain batik cap

Kulot batik dari Batik Etniq Craft punya tampilan yang unik. Modelnya merupakan celana wrap dengan motif yang berbeda. Apabila Anda menyukai tampilan yang unik, pertimbangkan batik kulot yang satu ini, ya.


Meski tampilannya unik, celana kulot ini tetap menggunakan motif batik tradisional dengan warna cokelat. Spesialnya lagi, kain batiknya menggunakan jenis batik cap. Anda bisa memilih kulot batik ini sebagai celana pelengkap OOTD yang modis.

No.7

Batik FaaroCelana Kulot Batik Wetu Pecah123

Mulai dari Rp240.000,00

Kulot motif batik khas Pekalongan yang penuh warna

Batik Faaro merupakan produsen batik asal Pekalongan. Batik Faaro menggunakan kain batik cap untuk produk kulot batik yang satu ini. Kainnya merupakan kain premium yang tidak cepat luntur dan lebih awet. Motif yang digunakan merupakan campuran motif batik klasik dan modern. Jika Anda penggemar batik Pekalongan, jangan sampai melewatkan produk ini, ya.

No.8

Benhill Cullotes Plisket Batik Premium 827-36390

Mulai dari Rp599.000,00

Bahannya flowy dan terasa sejuk di kulit

Kulot dari Benhill ini juga tergolong celana yang unik. Modelnya merupakan celana plisket dengan lipatan-lipatan kecil. Lalu, bahan yang digunakan merupakan sutra dobby yang jatuh, flowy, sejuk, dan lembut. Celana kulot ini cocok sekali digunakan saat cuaca terik. Meski cuaca sedang panas, kaki Anda tetap terasa adem.

No.9

Draisal FashionCelana Batik Kulot Ayumi

Mulai dari Rp599.000,00

Celana kulot batik yang cocok untuk kondangan

Celana kulot batik juga dapat menjadi pakaian kondangan yang keren dan stylish. Anda dapat memilih celana kulot panjang dari Draisal Fashion. Model celana dan motif batiknya tampak elegan saat digunakan untuk menghadiri kondangan. Anda dapat memadankan celana ini dengan blouse ataupun tunik polos yang berwarna senada.

No.10

LoliniCelana Culotte Osaka Batik Red

Mulai dari Rp549.900,00

Tampil berani dan elegan dalam waktu bersamaan? Why not?

Kulot batik berwarna dasar merah ini memiliki warna yang berani. Tidak hanya itu, celana ini juga dapat membuat ethnic look Anda jadi lebih elegan. Celana kulot ini memiliki variasi lipit pada bagian depan sehingga lebih unik dari kulot biasa. Dipakai untuk fashion semiformal pun celana satu ini akan cocok untuk Anda gunakan.

Baca juga rekomendasi celana kulot lainnya di sini

Celana kulot memang sangat nyaman dikenakan untuk sehari-hari sampai untuk ke kantor. Selain kulot batik, masih ada celana kulot yang bisa Anda koleksi, lho. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui beragam celana kulot modis lainnya!

Kesimpulan

Selain fashionable, memakai kulot batik artinya Anda berbangga dan telah turut melestarikan budaya Indonesia. Anda tidak perlu khawatir sebab saat ini batik sudah banyak mengalami perubahan jadi lebih modern dan kekinian. Kami harap artikel kali ini dapat membantu Anda menemukan celana kulot batik terbaik. Ayo lebih percaya diri bergaya dengan pakaian batik Indonesia!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer