1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Film
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Drama Korea Netflix Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Drama Korea Netflix Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Drama Korea Netflix Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Drama Korea Netflix Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Drama Korea Netflix Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Drama Korea Netflix Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Drama Korea Netflix Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Belakangan ini, drama Korea atau drakor tengah menjadi tontonan favorit banyak orang. Sebut saja, "Hometown Cha-cha-cha", "Squid Game", dan "Hospital Playlist" yang sempat trending di berbagai platform streaming, termasuk Netflix.


Di Netflix, Anda bisa streaming drama Korea dengan mudah, bahkan beberapa di antaranya juga bisa Anda download. Untuk itu, dalam artikel ini kami akan memberikan tips memilih drakor serta memberikan rekomendasi drama Korea Netflix terbaik. Mulai dari yang romantis, horror, sejarah, hingga action pun ada! Jadi, pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis. 

Diperbaharui 04-11-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Kepopuleran drakor yang mendunia

Kepopuleran drakor yang mendunia
Sumber: netflix.com

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan drakor atau drama Korea. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya, kenapa drakor bisa begitu populer dibandingkan dengan drama Asia lainnya? 


Nah, berikut ini akan kami paparkan beberapa alasan drama Korea begitu banyak diminati. Mari simak pemaparannya berikut ini. 


  • Visual aktor dan aktris yang memukau dan kemampuan akting yang mumpuni

Tak bisa dimungkiri, visual aktor dan aktris yang membintangi suatu drama adalah alasan pertama orang tertarik menonton suatu drama. Sebut saja Lee Min-ho, Hyun-Bin, Nam Joo-hyuk, Song Hye Kyo, Park Shin Hye, dan Shin Min-a. Mereka adalah beberapa para pemain drakor dengan visual menakjubkan yang menjadikan drama-drama yang dibintanginya hits


Selain visualnya, kemampuan akting para pemain drama Korea juga sangat ciamik. Tak jarang para penonton terhanyut dalam emosi. Penonton seolah terbawa dalam perasaan senang, sedih, dan terharu, sampai tak jarang ikut geram. 


  • Alur cerita yang menarik

Cerita yang disajikan dalam drama Korea dikemas dengan sangat menarik. Ceritanya juga sudah tak lagi soal cinta-cintaan saja. Isi ceritanya berkembang membahas permasalahan keluarga yang kompleks, bahkan hingga isu-isu sosial, seperti pada K-drama "Itaewon Class". Kalaupun konsepnya soal cinta, pengembangan cerita antar drama dibuat berbeda, misalnya "Nevertheless" dan "Business Proposal".


  • Sinematografi yang menakjubkan

Sinematografi secara sederhana adalah visual dari sebuah film. Sebagaimana Anda ketahui, drakor populer seperti "Legend of The Blue Sea" dan "Descendants of The Sun" memiliki sinematografi yang apik. 


  • Jumlah episode yang sedikit

Tidak seperti sinetron Indonesia yang tidak bisa terprediksi kapan berakhirnya, episode drama Korea pasti sekitar 16–20 episode. Bahkan di beberapa drama terbaru, hanya sekitar 8–12 episode, seperti pada drama "All of Us are Dead". 

Cara memilih drama Korea Netflix

Ada cukup banyak drama Korea di Netflix yang bisa Anda saksikan. Bingung mau menonton drama Korea yang mana? Tenang saja, kami sudah menyiapkan tiga tips cara memilih drama Korea Netflix. Simak pembahasan di bawah ini, ya!

① Pilih genre sesuai selera

Saat hendak menonton drama Korea, sebagian orang menjadikan genre sebagai poin utama untuk dipertimbangkan. Hal ini karena genre dapat menentukan alur cerita di dalamnya. Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan beberapa genre drama Korea yang menarik.

Romantis dan komedi, pas untuk menemani waktu bersantai

Romantis dan komedi, pas untuk menemani waktu bersantai
Sumber: netflix.com

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk bersantai sambil menonton drama Korea. Genre yang paling pas ditonton saat bersantai adalah genre romantis dan komedi, seperti "Business Proposal". Drama Korea bergenre romantis akan memanjakan Anda dengan kisah cinta serta konflik para tokohnya yang seru untuk disaksikan.


Sementara itu, drama Korea yang genre utamanya komedi cenderung memiliki jalan cerita yang jenaka dan ringan. Selain alur yang ringan, genre komedi juga bisa dinikmati oleh semua usia. Tak heran jika genre ini punya banyak peminat. Dengan menonton drama Korea bergenre komedi, hari libur Anda akan terasa lebih santai dan menyenangkan. 

Sci-fi dan fantasi, tayangan untuk Anda yang imajinatif

Sci-fi dan fantasi, tayangan untuk Anda yang imajinatif
Sumber: netflix.com

Genre fiksi ilmiah atau sci-fi merupakan jenis drama yang mengeksplorasi cerita mengenai teknologi dan ilmu pengetahuan. Umumnya, drakor sci-fi mengandung unsur cerita masa depan, alien, luar angkasa, atau sebuah percobaan, seperti drama "The Silent Sea".


Sementara itu, genre fantasi biasanya berbau hal-hal imajinatif di luar nalar manusia, seperti "Legend of The Blue Sea". Genre ini mengangkat cerita supranatural, sihir, dan makhluk mitologi. Cerita di dalam genre fantasi memang tidak mungkin terjadi di dunia nyata. Namun, Anda yang punya imajinasi tinggi pasti akan menyukainya.

Horor, action, dan thriller, tegang dan memacu adrenalin

Horor, action, dan thriller, tegang dan memacu adrenalin
Sumber: netflix.com

Drama Korea dengan genre horor, thriller, dan action akan memberikan sensasi menegangkan dan menantang di tiap episodenya. Walaupun sama-sama menegangkan dan menantang, tiap genre memeiliki karakteristiknya sendiri. 


  • Horor 

Genre ini menyuguhkan cerita mistis atau makhluk dunia lain dengan teka-teki yang membuatnya makin seru. Jump scare di dalamnya akan membuat penonton merasa takut dan kaget, contohnya "All of Us are Dead".


  • Action

Genre ini akan memberikan adegan-adegan laga yang menakjubkan. Saat menonton drama action, Anda akan melihat bagaimana para tokoh menghadapi tantangan dengan kekuatan fisik, seperti pada drama "Vagabond".


  • Thriller

Thriller cenderung lebih memacu adrenalin dan ketegangan penontonnya. Plot yang digunakan dalam genre ini biasanya mengenai kejahatan, seperti mafia, perampokan, pembunuhan, dan lain-lain. Salah satu contoh dramanya adalah "Squid Game". 

Sejarah, untuk para penggemar cerita kerajaan

Sejarah, untuk para penggemar cerita kerajaan
Sumber: netflix.com

Drama Korea yang menceritakan sejarah Korea dikenal juga sebagai drama sageuk. Genre yang satu ini punya penikmatnya sendiri. Drama sageuk biasanya menggunakan latar belakang masa kerajaan dan tokoh sejarah. Salah satu contoh drama sageuk adalah "The Moon Embracing the Sun"


Meskipun bertema sejarah, drama sageuk tidak akan terasa membosankan karena dikemas dalam akting dan alur yang ciamik. Biasanya, drama Korea bergenre ini mengangkat kisah perebutan kekuasaan, peperangan antara kerajaan, dan sebagainya.

② Sesuaikan rating dengan usia penonton

Sesuaikan rating dengan usia penonton

Tiap drama Korea di Netflix memiliki rating usia tertentu yang menunjukkan batasan usia penonton. Netflix menetapkan rating usia berdasarkan frekuensi dan dampak konten dewasa di dalam drama tersebut. Contoh konten dewasa yang dimaksud adalah adegan kekerasan, bahasa eksplisit, dan adegan dewasa lainnya. 


Makin tinggi rating usianya, makin banyak pula konten dewasanya. Jadi, pastikan usia Anda sudah sesuai dengan rating drama Korea yang akan ditonton, ya. Anda dapat memeriksa rating usia drama Korea Netflix di halaman detail drama yang ingin ditonton. Selain itu, rating usia juga akan muncul di sudut kiri atas layar saat Anda pertama kali menyaksikan dramanya.


Berikut ini lima rating usia yang diterapkan Netflix di Indonesia:

  • Semua: Dapat ditonton oleh semua kalangan usia
  • 7+: Direkomendasikan untuk anak usia 7 tahun ke atas
  • 13+: Direkomendasikan untuk remaja usia 13 tahun ke atas
  • 16+: Direkomendasikan untuk usia 16 tahun ke atas
  • 18+: Direkomendasikan untuk orang dewasa yang berusia lebih dari 18 tahun

③ Pertimbangkan mengenai durasi setiap episodenya

Pertimbangkan mengenai durasi setiap episodenya

Di awal telah sedikit disinggung tentang jumlah episode drama Korea yang relatif singkat. Sekarang, kami akan membahas tentang durasi drakor pada tiap episodenya. Bila Anda memiliki waktu senggang, tentu tak masalah dengan durasi drama tiap episodenya. Bahkan, tak jarang dalam sekali waktu, para penggemar drakor bisa menonton beberapa episode sekaligus. 


Namun, tak sedikit dari penikmat drakor yang menonton drama Korea di waktu luangnya yang terbatas. Untuk itu, durasi setiap episodenya merupakan salah satu bahan pertimbangan. 


Setiap episode drama Korea pada umumnya berdurasi sekitar 60–70 menit. Namun, ada juga yang berdurasi cukup panjang hingga sekitar 90–120 menit, seperti "Reply 1988". Di sisi lain, ada juga yang berdurasi kurang dari 60 menit, salah satu contohnya adalah "The Silent Sea". Silakan Anda pertimbangkan durasinya, jika Anda tidak ingin terganggu di tengah-tengah episode. 

10 Rekomendasi drama Korea Netflix terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh drama Korea Netflix terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

CJ E&M

Reply 1988

CJ E&M Reply 1988 1枚目

Drama keluarga yang bikin baper

2

Kross Pictures

Business Proposal

Kross Pictures Business Proposal 1枚目

Sedang tayang, drama yang sedang hits di mana-mana

3

Hwa and Dam Pictures dan Studio Dragon

Twenty Five Twenty One

Hwa and Dam Pictures dan Studio Dragon Twenty Five Twenty One 1枚目

Drama Korea romantis yang sedang viral

4

Egg is Coming dan CJ ENM

Hospital Playlist

Egg is Coming dan CJ ENM Hospital Playlist 1枚目

Indahnya persahabatan lima dokter spesialis yang menghangatkan hati

5

GT:st dan Studio Dragon

Hometown Cha-Cha-Cha

GT:st dan Studio Dragon Hometown Cha-Cha-Cha 1枚目

Rom-com yang sarat akan makna kehidupan

6

Studio Dragon dan Logos Film

Vincenzo

Studio Dragon dan Logos Film Vincenzo 1枚目

Serunya kisah mafia yang dibalut komedi!

7

Showbox dan Zium Content

Itaewon Class

Showbox dan Zium Content Itaewon Class 1枚目

Lika-liku perjalanan Park Sae-ro-yi untuk mewujudkan impiannya

8

Hwarang SPC dan Oh!Boy Project

Hwarang

Hwarang SPC dan Oh!Boy Project Hwarang 1枚目

Bertabur aktor tampan, drama ini memanjakan para penonton wanita

9

Siren Pictures

Squid Game

Siren Pictures Squid Game 1枚目

Permainan bertahan hidup yang memacu adrenalin

10

Film Monster dan Kimjonghak Production

All of Us Are Dead

Film Monster dan Kimjonghak Production All of Us Are Dead 1枚目

Kisah perjuangan para siswa SMA Hyosan melawan zombie

Perincian produk
Close
No.1

CJ E&MReply 1988

Drama keluarga yang bikin baper

Berlatar belakang di lingkungan kecil di Seoul, Ssangmundong, pada tahun 1988. Anda akan dibawa bernostalgia sekaligus menemui lima keluarga yang tinggal di sana. Interaksi antar lima keluarga ini menyuguhkan kisah yang sangat menghangatkan hati.


Tiap episodenya akan membawa Anda makin mengenal setiap tokohnya dan permasalahan yang mereka hadapi. Tak jarang, penonton akan ikut baper menyaksikan drama yang dirilis tahun 2015 lalu ini. Walaupun sudah cukup lama, nyatanya "Reply 1988" tetap ada di hati banyak penggemar drakor.  

No.2

Kross PicturesBusiness Proposal

Sedang tayang, drama yang sedang hits di mana-mana

"The Office Blind Date" atau lebih dikenal dengan judul "Business Proposal" berhasil mencuri perhatian para penikmat drakor.  Kisah perjodohan tak disengaja direktur muda perusahaan ternama dengan pegawainya ini berhasil dikemas dengan sangat apik. Episode pertamanya yang kocak, termasuk munculnya istilah Samantha dan Rachel, membuat drama ini kian hits.

No.3

Hwa and Dam Pictures dan Studio DragonTwenty Five Twenty One

Drama Korea romantis yang sedang viral

Sejak tayangan perdanannya pada Februari 2022 lalu, drama ini kian viral. Film ini mengisahkan siswi yang terobsesi dengan anggar, Na Hee-do, dan pria muda yang bangkrut, Baek Yi-jin. Anda akan melihat perkembangan kedua tokoh utama ini dengan segala kisahnya yang lucu dan mengharukan.


Selain karena alur ceritanya yang menarik, drakor ini juga viral karena Kim Tae-ri, pemeran Na Hee-do. Kim Tae-ri yang telah berumur 31 tahun dinilai sangat awet muda dan cocok sekali memerankan Na Hee-do. Selain Tae-ri, ketampanan Nam Joo-hyuk, pemeran Baek Yi-jin, juga salah satu yang membuat rating drama ini kian melejit. 

No.4

Egg is Coming dan CJ ENMHospital Playlist

Indahnya persahabatan lima dokter spesialis yang menghangatkan hati

Apabila Anda menyukai drama tentang persahabatan dan dunia medis, drama ini layak dipertimbangkan. "Hospital Playlist" adalah drakor yang menceritakan persahabatan lima dokter spesialis yang terdiri dari empat pria dan satu wanita. Kelima orang ini bertemu saat menjalani pendidikan kedokteran. Setelah 20 tahun bersahabat, akhirnya mereka bekerja di rumah sakit yang sama. 


Selain persahabatan, drama ini juga dibumbui sentuhan cerita romantis antara tokoh-tokohnya. Saat menontonnya, Anda akan melihat keseruan dan tulusnya persahabatan di antara lima sekawan tersebut. Saking kuatnya chemistry kelima pemain utamanya, mereka jadi benar-benar bersahabat di dunia nyata, lho.

No.5

GT:st dan Studio DragonHometown Cha-Cha-Cha

Rom-com yang sarat akan makna kehidupan

Drama yang rilis di semester kedua tahun 2021 berhasil memikat hati banyak penonton, baik pria maupun wanita. Kisahnya tentang seorang dokter gigi bernama Yoon Hye-jin yang terpaksa pindah ke sebuah desa. Di tempat ini, Hye-jin bertemu dengan pria serba bisa bernama Hong Du-sik. 


Interaksi Hye-jin dan Hong Du-sik, hingga cerita tiap warga desa Gongjin akan digambarkan secara apik di sini. Para penonton akan dibuat tertawa, tersipu, hingga terharu, bahkan menangis oleh rom-com sarat makna ini. 

No.6

Studio Dragon dan Logos FilmVincenzo

Serunya kisah mafia yang dibalut komedi!

Vincenzo (Song Joong-ki) adalah seorang pengacara sekaligus consigliere. Sejak kecil, Vincenzo diadopsi oleh keluarga mafia Cassano sehingga ia harus pindah ke Italia. Akibat sebuah insiden, Vincenzo pun kembali ke Korea dan menetap di Geumga Plaza. Tak disangka, di sana ia mendapatkan keluarga baru sekaligus pujaan hatinya. 


Kisah mafia yang kejam dan berhati dingin ini dibalut dengan komedi yang menggelitik. Pendalaman karakter dari Vincenzo dalam drama ini pun terbilang sempurna. Karena itu pula, drama ini menjadi salah satu drama Korea terbaik 2021 yang tayang di Netflix. Drama ini sangat pas untuk Anda yang ingin menonton drama mafia dengan sentuhan komedi.

No.7

Showbox dan Zium ContentItaewon Class

Lika-liku perjalanan Park Sae-ro-yi untuk mewujudkan impiannya

Jika Anda seorang pebisnis atau penggemar webtoon, Anda wajib menonton drama ini. "Itaewon Class" adalah drakor adaptasi dari webtoon yang membahas tentang bisnis. Drama ini menjadi salah satu drama Korea terbaik tahun 2020 dengan rating sebesar 16,54%. 


Cerita berawal dari seorang pria bernama Park Sae-ro-yi yang ingin membalas dendam. Namun, ada banyak rintangan yang menghalangi Park Sae-ro-yi untuk sukses. Apakah ia berhasil mewujudkan impiannya? Tonton drama ini di Netflix agar tahu kelanjutannya!

No.8

Hwarang SPC dan Oh!Boy ProjectHwarang

Bertabur aktor tampan, drama ini memanjakan para penonton wanita

Drama Korea bergenre sejarah satu ini sayang sekali bila dilewatkan. Bertabur banyak aktor tampan, seperti Park Seo-jun, Park Hyung-sik, dan V BTS, drama ini siap memanjakan mata Anda. Selain karena aktor-aktor dengan visual yang rupawan, kisahnya yang lucu dan seru juga patut diikuti. 


Hwarang menceritakan tentang sekelompok ksatria yang dibentuk sang ratu untuk melindungi putranya. Para putra bangsawan dipilih untuk dilatih menjadi parjurit elit. Namun, ternyata ada beberapa orang yang menyamar dan masuk menjadi ksatria Hwarang. Bagaimana kisahnya? Silakan langsung tonton kisahnya!

No.9

Siren PicturesSquid Game

Permainan bertahan hidup yang memacu adrenalin

Drama Korea lebih identik dengan penonton perempuan. Namun, semenjak tayangnya "Squid Game", para lelaki pun jadi menggemari drama Korea. Drama dengan banyak penggemar ini kabarnya akan segera merilis season 2, tetapi belum ada tanggal pastinya. 


Sang sutradara, Hwang Dong-hyuk ingin menggambarkan sebuah ironi. Kapitalisme yang memiliki tujuan menyejahterakan masyarakat malah menciptakan persaingan. Di film ini, Anda akan melihat cerita tentang sekelompok orang yang ikut perlombaan. Mereka yang gagal harus menghadapi kematian. Sementara orang yang bertahan hingga akhir akan menjadi pemenangnya dan mendapatkan 45,6 miliar won. 

No.10

Film Monster dan Kimjonghak ProductionAll of Us Are Dead

Kisah perjuangan para siswa SMA Hyosan melawan zombie

Berawal dari sebuah eksperimen sains, SMA Hyosan berubah menjadi tempat penyebaran wabah virus zombie. Para siswa dengan banyak keterbatasan harus melawan para zombie dan bertahan hidup.


"All of Us are Dead" menampilkan berbagai gejolak dan emosi para siswa selama mengahadapi para zombie. Kisah persahabatan, perjuangan, cinta, harapan, dan keberanian bisa Anda saksikan dalam drama ini. 

Baca juga rekomendasi tontonan lainnya untuk menemani akhir pekan di sini

Selain menonton drama Korea di Netflix, Anda juga bisa menonton film-film pilihan lainnya di Netfix maupun Disney+ Hotstar. Terkait rekomendasi tontonan lainnya tersebut, silakan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Kami sudah merekomendasikan sepuluh drama Korea dengan berbagai genre yang bisa Anda saksikan di Netflix. Apakah Anda sudah menemukan drama Korea yang akan ditonton? Jadikan poin-poin cara memilih yang telah kami jelaskan sebagai referensi, ya.


Supaya tetap aman, selalu perhatikan rating usia penontonnya. Jangan lupa juga untuk tetap beristirahat dan menjaga jarak mata dengan layar saat menonton drama Korea. Selamat menonton!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer