1. TOP
  2. >
  3. Fashion pria
  4. >
  5. Pakaian pria
  6. >
  7. 10 Cardigan Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Cardigan Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Cardigan Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Cardigan Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Cardigan Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Cardigan Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Cardigan Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)

Semenjak berkembang pesatnya tren fashion ala Korea, cardigan mulai banyak digemari oleh kaum pria. Cardigan juga merupakan outfit yang tepat untuk cuaca Indonesia karena sejuk, tetapi juga dapat sekaligus menghangatkan. Anda bisa memakainya sehari-hari ataupun saat bepergian ke tempat berudara dingin, misalnya Puncak, Bandung, atau Malang.

Karena ada banyak model cardigan untuk pria, kali ini kami akan membagikan tips untuk memilih cardigan pria terbaik. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk yang bagus, seperti merk H&M, Gomuda, dan Button On. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Diperbaharui 04-12-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih cardigan untuk pria

Sebelum mengenal produk cardigan pria terbaik, mari ketahui cara memilihnya terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda pasti akan lebih mudah menemukan cardigan yang tepat. 

① Perhatikan fit cardigan

Cardigan pria memiliki tiga jenis fit yang berbeda-beda. Selain berkaitan dengan kenyamanan, Anda juga bisa menyesuaikan dengan bentuk tubuh agar lebih elok dipandang. 

Slim fit, berpotongan ramping dan mengikuti lekuk tubuh

Slim fit, berpotongan ramping dan mengikuti lekuk tubuh

Sesuai dengan namanya, cardigan slim fit artinya memiliki potongan yang ramping. Dengan kata lain, cardigan ini akan mengikuti lekuk tubuh saat digunakan. Potongan ini ideal untuk pria karena dapat menonjolkan bentuk tubuh yang atletis. 


Akan tetapi, memilih cardigan slim fit bisa sedikit tricky karena tidak jarang cardigan justru dianggap kekecilan. Oleh karena itu, ada trik untuk mendapatkan cardigan slim fit yang tepat. Caranya adalah dengan memastikan jahitan antara badan dan lengan cardigan jatuh tepat di ujung pundak bagian atas. 

Regular fit, nyaman sekaligus stylish

Regular fit, nyaman sekaligus stylish
Sumber: gomuda.co

Cardigan dengan fit regular merupakan cardigan yang disebut-sebut paling pas untuk pria. Pasalnya, cardigan tidak terlalu melekat dan juga tidak terlalu loose sehingga lebih nyaman, tetapi tetap fashionable


Jika dibandingkan dengan cardigan slim fit, model ini memiliki potongan yang sedikit lebih besar di bagian badan. Maka dari itu, cardigan ini tidak akan terlalu menonjolkan lekuk tubuh. 

Loose fit, bebas bergerak dan fashionable

Loose fit, bebas bergerak dan fashionable
Sumber: gomuda.co

Untuk tampilan yang lebih kasual dan santai, Anda bisa memilih cardigan loose fit. Terkadang, cardigan loose fit disebut juga sebagai cardigan oversized. Artinya, cardigan ini tidak akan menonjolkan lekuk tubuh, melainkan terkesan longgar. Cardigan model ini tergolong paling modern dibanding dua model sebelumnya. 


Saat membeli cardigan loose fit, Anda tetap harus memperhatikan letak ujung jahitan di bagian pundak, ya! Pasalnya, jika jahitan tersebut tidak pas, Anda akan kelihatan memakai cardigan kebesaran, bukannya oversized. Hal itu justru malah bisa membuat penampilan Anda jadi kurang maksimal. 

② Pertimbangkan jenis pengancing yang nyaman

Pengancing cardigan juga bisa menjadi salah satu bagian yang harus dipertimbangkan. Selain karena memberikan tampilan yang berbeda, pengancing juga dapat menentukan kenyamanan penggunaan.

Kancing: Standar style yang rapi

Kancing: Standar style yang rapi
Sumber: gomuda.co

Dalam sejarahnya, cardigan merupakan sweater yang berkancing. Oleh karena itu, model cardigan yang klasik umumnya menggunakan kancing sebagai pengaitnya. 


Jumlah kancing yang digunakan dalam setiap cardigan pun berbeda-beda. Tentunya, makin banyak kancingnya, penggunaan cardigan pun bisa jadi makin kurang praktis. Jadi, pastikan Anda memperhatikan hal ini sebelum membeli, ya!

Ritsleting: Praktis dan unik

Ritsleting: Praktis dan unik
Sumber: id.hm.com

Sebagai variasi terbaru, cardigan untuk pria ada yang dibuat menggunakan ritsleting sebagai pengancing meski produknya tidak terlalu banyak. Hal ini dikarenakan ritsleting lebih praktis digunakan ketimbang kancing, terutama untuk para pria. 


Meski begitu, cardigan dengan pengancing ritsleting lebih sering dianggap sebagai jaket. Nyatanya, jaket dan cardigan memiliki bentuk dan bahan yang berbeda, lho! Cardigan umumnya terbuat dari bahan rajut, sedangkan jaket menggunakan bahan yang lebih beragam.

③ Pilih cardigan rajutan besar jika ingin kesan lebih klasik

Pilih cardigan rajutan besar jika ingin kesan lebih klasik

Menurut pengertiannya, cardigan adalah sweater dari bahan rajutan yang memiliki kancing di bagian depan. Sama seperti sweater, cardigan juga dibuat menggunakan bahan rajutan. Akan tetapi, ada banyak jenis rajutan yang digunakan untuk cardigan. Sebagai contoh, ada rajutan single knit biasa dan ada yang bertekstur atau chunky knit. 


Masing-masing jenis rajutan tersebut memberikan kesan yang berbeda. Untuk gaya paling umum, Anda bisa memilih cardigan rajutan biasa. Kalau ingin terlihat lebih klasik dan vintage, Anda bisa memilih cardigan rajutan bertekstur dengan benang besar. Sayangnya, karena cukup panas saat dipakai, cardigan chunky atau heavy knit cukup jarang ditemukan di Indonesia. 

10 Rekomendasi cardigan terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cardigan terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

House of Cuff

Oversize Cardigan

House of Cuff Oversize Cardigan 1枚目

Makin trendi dengan cardigan ala oppa Korea

2

Button On

Men Knit Cardigan with Zipper

Button On Men Knit Cardigan with Zipper 1枚目

Ringan, praktis, nyaman, dan desainnya maskulin!

3

Gomuda

Male Cardigan Kimono Khaki

Gomuda Male Cardigan Kimono Khaki 1枚目

Style kimono unik buat Anda jadi lebih stylish

4

Noir Sur Blanc

Lyon Cardigan

Noir Sur Blanc Lyon Cardigan 1枚目

Terkesan lebih kalem dengan model cardigan vintage

5

Button On

Long Sleeve Cardigan

Button On Long Sleeve Cardigan 1枚目

Ciptakan preppy look yang sempurna

6

Emoline

Cardigan Polos Pria

Emoline Cardigan Polos Pria 1枚目

Tipis dan adem, pas untuk sehari-hari

7

H&M

Cardigan Muscle Fit

H&M Cardigan Muscle Fit 1枚目

Pakai cardigan untuk olahraga, kenapa tidak?

8

Gomuda

Cardigan Fond Abu Tua

Gomuda Cardigan Fond Abu Tua 1枚目

Tebal dan menghangatkan tubuh di udara dingin

9

Wood

Full Zip Fine Gauge Cardigan

Wood Full Zip Fine Gauge Cardigan 1枚目

Tutup ritsleting sampai atas, jadi semi turtleneck, deh!

10

Thanksinsomnia

Cardigan Janne Leopard Green

Thanksinsomnia Cardigan Janne Leopard Green 1枚目

Tampil dengan motif leopard? Siapa takut!

Perincian produk
Close
No.1

House of CuffOversize Cardigan

Mulai dari Rp250.000,00

Makin trendi dengan cardigan ala oppa Korea

Sepintas, Anda mungkin akan tidak akan merasa cardigan ini spesial. Nyatanya, cardigan berpotongan oversized ala Korea ini dapat membuat Anda terlihat makin fashionable, lho! Terlebih lagi, model ini tetap trendi saat dipakai ke mana pun dan kapan pun. 


Tidak hanya itu, karena cardigan ini unisex, Anda pun bisa menjadikannya sebagai couple item dengan pasangan. Jadi, Anda dan pasangan pasti akan terlihat layaknya fashionista dan makin kompak.

No.2

Button OnMen Knit Cardigan with Zipper

Mulai dari Rp379.000,00

Ringan, praktis, nyaman, dan desainnya maskulin!

Kalau Anda menyukai jaket bomber, tetapi tidak suka memakainya saat cuaca panas, produk ini solusinya. Cardigan ini memiliki model yang menyerupai bomber jacket yang terkesan maskulin, tetapi bahannya ringan dan lebih sejuk. Ditambah dengan pengancing ritsleting, cardigan ini pun jadi lebih praktis dipakai. Pas sekali dijadikan pengganti jaket bomber yang sempurna, bukan? 

No.3

GomudaMale Cardigan Kimono Khaki

Mulai dari Rp310.000,00

Style kimono unik buat Anda jadi lebih stylish

Siapa bilang cardigan model kimono hanya untuk wanita? Anda kaum pria pun bisa memakainya, kok! Lihat saja produk satu ini. Tanpa jadi terlihat feminin, cardigan ini malah dapat membuat Anda terlihat makin stylish! Gaya Anda pun akan terlihat unik saat memakainya. Nongkrong di mal ataupun pergi ke kampus, Anda pasti akan terlihat trendi. 

No.4

Noir Sur BlancLyon Cardigan

Mulai dari Rp799.000,00

Terkesan lebih kalem dengan model cardigan vintage

Apakah Anda ingin outfit yang memberi kesan lebih gagah sekaligus kalem? Ini dia jawabannya! Cardigan ini memiliki vibe yang vintage karena modelnya klasik dengan dua tempel di bagian depan. Pilihan warnanya yang maskulin pun makin memperkuat kesan classic vintage tersebut. Kalau memakai cardigan ini, Anda pasti terlihat lebih dewasa!

No.5

Button OnLong Sleeve Cardigan

Mulai dari Rp299.000,00

Ciptakan preppy look yang sempurna

Saat dipadukan dengan kemeja, cardigan ini akan memberi Anda preppy look yang sempurna. Ciri khas dari preppy look ini sendiri adalah rapi, klasik, elegan, dan terkesan cerdas. Oleh karena itu, cardigan ini bisa dijadikan opsi jika Anda sedang mencari outfit kantoran yang kekinian. Ditambah dengan list berwarna kontras, Anda pun akan terlihat makin fashionable dan tidak monoton.

No.6

EmolineCardigan Polos Pria

Mulai dari Rp243.000,00

Tipis dan adem, pas untuk sehari-hari

Indonesia merupakan negara tropis yang udaranya terbilang panas dan lembap. Oleh karena itu, tidak jarang Anda merasa malas menggunakan outer karena tidak tahan merasa gerah. Jika Anda merasa demikian, coba dulu cardigan satu ini. Dengan bahan yang tipis dan ringan, Anda akan tetap merasa adem saat memakainya. Outer ini pun jadi sangat pas untuk dipakai sehari-hari. 

No.7

H&MCardigan Muscle Fit

Mulai dari Rp499.900,00

Pakai cardigan untuk olahraga, kenapa tidak?

Cardigan satu ini cukup berbeda dengan lainnya. Kalau biasanya cardigan terbuat dari bahan rajutan, H&M menggunakan bahan sweatshirt untuk membuat produk ini. Hal itu berarti cardigan ini bisa dipakai untuk berolahraga karena bahannya menyerap keringat. Bahan ini juga cukup tebal dan hangat. Perlu outer untuk berolahraga saat cuaca dingin? Coba pakai ini, ya!

No.8

GomudaCardigan Fond Abu Tua

Mulai dari Rp180.000,00

Tebal dan menghangatkan tubuh di udara dingin

Dengan bahan rajut berbenang tebal, cardigan ini dapat membantu menghangatkan tubuh Anda. Jadi, apabila Anda mudah merasa kedinginan di ruang ber-AC atau saat bepergian ke tempat dingin, cobalah cardigan ini. Kombinasi warna dari produk ini pun sangat eye-catching. Ditambah dengan bagian kerah cukup tinggi saat terkancing seluruhnya, cardigan ini makin memberi kesan yang maskulin.

No.9

WoodFull Zip Fine Gauge Cardigan

Mulai dari Rp499.900,00

Tutup ritsleting sampai atas, jadi semi turtleneck, deh!

Cardigan yang satu ini memiliki model yang cukup unik. Kalau kebanyakan cardigan untuk pria berpotongan v-neck, lain halnya dengan cardigan ini. Saat ritsletingnya ditutup sampai atas, Anda akan terlihat seperti memakai baju half turtle neck. Jadi, bagi Anda yang bertubuh ramping, jaket ini adalah outfit yang tepat untuk menonjolkan proporsi tubuh, lho!

No.10

ThanksinsomniaCardigan Janne Leopard Green

Mulai dari Rp300.000,00

Tampil dengan motif leopard? Siapa takut!

Untuk Anda yang berani tampil beda, cardigan ini adalah pilihan tepat. Motif leopard-nya sangat playful dan juga menarik perhatian. Cardigan ini juga menggambarkan jiwa muda yang energik. Meski polanya ramai, Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk memadukannya. Pasangkan saja dengan outfit serbahitam. Voila! Anda pun akan terlihat stylish seketika. 

Baca juga rekomendasi outer untuk pria lainnya di sini

Kesimpulan

Cardigan adalah salah satu pilihan outer yang stylish untuk pria. Selain lebih sejuk dan nyaman, cardigan juga bisa memberikan tampilan yang lebih lembut sekaligus maskulin. Intinya, pilihlah cardigan yang gayanya sesuai dengan Anda.


Kami harap artikel kali ini dapat membantu Anda menemukan cardigan yang tepat, ya! Jangan lupa, belilah sesuai kebutuhan agar cardigan yang Anda beli akan lebih terpakai. Happy shopping!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer