• 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)

Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. 


Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Yuiimii
  • Pembaharuan terakhir: 26 September 2021
  • 4.113 Views
Daftar isi

Profil pakar: Gardener dan fotografer, Yuiimii

Profil pakar: Gardener dan fotografer, Yuiimii
Yuiimii
Gardener & photographer
Yuiimii

Yuimii adalah seorang fotografer dan pencinta tanaman hias, khususnya tanaman aroid. Yuimii memulai hobi bertanam sejak 2017. Hobinya bermula dari kecintaannya terhadap tanaman Monstera yang mempunyai daun unik dan estetik saat di foto.


Yuimii juga mengoleksi tanaman Monstera lainnya, seperti anthurium dan philodendron. Saat ini ia sedang fokus pada tanaman aroid variegata dan tanaman endemik Indonesia. Ia pernah menjuarai foto wildlife tingkat nasional dan mendapat penghargaan di grup aroid nasional.

Pengertian pupuk organik dan manfaatnya

Pengertian pupuk organik dan manfaatnya

Tanaman pada dasarnya membutuhkan nutrisi atau zat hara untuk hidup. Tanaman membutuhkan nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K) dalam jumlah banyak atau disebut juga makronutrien. Selain itu, ada banyak senyawa lain yang dibutuhkan dalam jumlah kecil atau disebut mikronutrien. Karena tanah atau media tumbuh tempat bibit ditanam tidak selalu lengkap unsur haranya, Anda membutuhkan bantuan pupuk.


Pupuk sendiri ada yang organik dan ada yang anorganik. Pupuk organik adalah pupuk yang terbentuk secara alami dan mengandung senyawa karbon. Bahannya tentu semuanya alami, seperti sisa buah dan sayuran, fosil, mineral alami, sisa tulang hewan, dan sebagainya.


Sementara itu, pupuk anorganik atau pupuk buatan adalah pupuk yang mengandung bahan-bahan kimia tambahan yang dibutuhkan. Beberapa contoh pupuk anorganik adalah NPK dan urea.


Keduanya membuat tanaman lebih tumbuh subur, tetapi efek yang ditimbulkan tentu saja berbeda. Pupuk organik bekerja lebih lambat, tetapi membuat tanah lebih subur, kaya nutrisi, dan lebih aman untuk lingkungan. Hal ini karena bahan-bahan yang ada pada pupuk organik perlu dipecah oleh mikroorganisme di dalam tanah sebelum bisa dipakai oleh tanaman. Jenisnya pun beragam, misalnya pupuk kompos, pupuk hijau, dan pupuk kandang.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pupuk organik

Ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih pupuk organik. Apakah Anda membutuhkan pupuk cair atau padat? Apakah pupuk organik akan digunakan untuk menumbuhkan bunga atau memperkuat akar? Simak penjelasannya di bawah ini.

Sesuaikan kandungan pupuk dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan kandungan pupuk dengan kebutuhan Anda

Anda sebaiknya tidak memberikan sembarang pupuk ke setiap tanaman, apalagi tanaman yang sedang sakit. Kelebihan ataupun kekurangan nutrisi sama-sama bisa berakibat buruk bagi pertumbuhan tanaman tersebut.


Pupuk tanaman biasanya terfokus kepada tiga senyawa utama yang menjadi makronutrien, yakni N, P, dan K. Nitrogen fungsi utamanya adalah memperbanyak daun, fosfor untuk proses pembungaan, dan kalium untuk memperkuat akar.


Setiap merek pupuk biasanya mencantumkan kandungannya atau setidaknya rasio ketiga bahan di atas, misalnya NPK 10 : 10 : 10. Artinya, semua bahan makronutriennya seimbang.


Jika Anda ingin hasil yang spesifik, misalnya menumbuhkan bunga, Anda harus memberikan pupuk yang rasio fosfornya lebih tinggi. Pupuk juga mengandung bahan tambahan seperti air atau serbuk kayu agar volumenya lebih banyak.

Pilih berdasarkan jenis pupuknya

Tergantung pada bahan pembuatnya dan cara pembuatannya, pupuk organik dibedakan menjadi beberapa jenis. Sebelum memilih, ketahui beberapa kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Pupuk kandang: Berasal dari kotoran dan urine hewan

Pupuk kandang: Berasal dari kotoran dan urine hewan

Pupuk kandang terbagi menjadi bentuk cair dan padat. Pupuk kandang padat berasal dari kotoran hewan, seperti sapi, kambing, domba, ayam, dan kuda. Sementara itu, pupuk kandang cair berasal dari urine hewan. Urine hewan ternak mengandung nitrogen yang sangat tinggi, tiga kali lebih besar dibandingkan nitrogen dari kotoran padat. 


Ciri-ciri kotoran hewan yang sudah bisa digunakan sebagai pupuk kandang adalah bentuknya sudah tidak seperti kotoran, teksturnya remah, dan baunya tidak menyengat. Pupuk kandang ini disebut juga pupuk kandang tipe dingin.


Sementara itu, ada pupuk kandang tipe panas yang berasal dari kotoran ayam atau kuda. Pupuk ini disebut panas karena adanya aktivitas mikroorganisme dalam mengurai kotoran yang menghasilkan panas.

Pupuk hijau: Berasal dari tanaman atau sisa panen

Pupuk hijau: Berasal dari tanaman atau sisa panen

Pupuk hijau berasal dari tanaman yang masih hijau atau sisa panen, misalnya bonggol jagung. Sisa panen menjadi sumber bahan yang paling ekonomis bagi para petani. Selain sisa panen, tanaman liar seperti Lantana dan Azolla bisa dijadikan sebagai pupuk hijau. Kandungan organiknya cukup tinggi sehingga akan sangat menguntungkan bagi para petani. 


Pupuk hijau tidak hanya menyuburkan tanah, tetapi juga memperbaiki sifat kimia, biologi, dan fisik tanah. Selain itu, pupuk hijau juga meningkatkan ketahanan tanah terhadap erosi.

Pupuk kompos: Berasal dari tanaman, hewan, dan limbah organik yang sudah difermentasi

Pupuk kompos: Berasal dari tanaman, hewan, dan limbah organik yang sudah difermentasi

Pupuk kompos terbuat dari sisa sayuran, buah, hewan, dan limbah rumah tangga yang difermentasikan dengan mikroorganisme. Bahan-bahan yang ingin telah dikumpulkan akan disatukan dalam satu ember. Lalu, tanah dimasukkan ke dalamnya bersamaan dengan larutan gula dan bakteri pengurai (EM4). 


Ember lalu ditutup rapat agar tidak ada bakteri atau pengotor lainnya yang bisa merusak pupuk. Proses fermentasi akan terjadi selama kurang lebih satu hingga tiga bulan. Kelebihan pupuk kompos hampir mirip dengan pupuk organik pada umumnya, yakni menyuburkan tanaman dan tanah, serta mencegah erosi

Pilih berdasarkan bentuk pupuknya

Berdasarkan bentuknya, pupuk organik dibagi menjadi dua jenis, yakni padat dan cair. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri yang perlu Anda pertimbangkan

Cair: Lebih cocok untuk menutrisi daun dan batang

Cair: Lebih cocok untuk menutrisi daun dan batang

Pupuk cair organik bisa berupa pupuk kandang (urine), biogas, cairan limbah organik, dan sebagainya. Kelebihan pupuk cair adalah bisa memberikan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tanaman. Anda tinggal menghitung berapa nutrisi yang dibutuhkan, lalu kepekatan atau keenceran pupuknya diatur sebelum diberikan kepada tanaman. Cairan juga lebih mudah diserap oleh tanah, daun, ataupun batang.


Jika dibandingkan pupuk padat, pupuk cair lebih mudah mengatasi defisiensi nutrisi lebih cepat. Meskipun bagus juga untuk akar, pupuk cair lebih sering digunakan untuk merangsang pertumbuhan daun dan batang. Kekurangan pupuk cair adalah harus segera diberikan ke tanaman setelah dibuat. Hal ini berbeda dengan pupuk padat yang bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Padat: Lebih cocok untuk menutrisi tanaman lewat akar

Padat: Lebih cocok untuk menutrisi tanaman lewat akar

Pupuk organik padat bisa berasal dari pupuk kandang, kompos, dan sebagainya. Ada yang bentuknya butiran, bubuk, hingga tak beraturan seperti pupuk kandang. Berbeda dengan pupuk cair yang lebih mudah diserap, pupuk organik padat justru membutuhkan waktu untuk berbaur di tanah. Namun, fungsi keduanya memang sedikit berbeda. Pupuk padat digunakan untuk menutrisi tanaman lewat akar.


Jika Anda ingin mengobati tanaman yang sakit karena kekurangan nutrisi, gunakanlah pupuk cair karena efeknya lebih cepat terasa. Namun, jika Anda ingin memupuk tanaman agar lebih tumbuh subur secara keseluruhan, gunakanlah pupuk padat. Kelebihan pupuk padat lainnya adalah bisa disimpan dalam waktu yang lama.

10 Rekomendasi pupuk organik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pupuk organik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yuiimii.

10

Songgo Langit PersadaEM4 Pertanian

Mulai dari Rp 21.500,00

Bentuk pupukCair
KegunaanMenyuburkan dan menyehatkan tanah
Isi1 liter
9
Bentuk pupukCair
KegunaanMencegah bunga layu, menyuburkan tanah dan tanaman hias, merangsang pertumbuhan tanaman
Isi300 ml
8
Bentuk pupukPadat
KegunaanMempercepat pertumbuhan tanaman
Isi8 kg
7
Bentuk pupukCair
KegunaanMeningkatkan produksi tanaman dari segi kualitas dan kuantitas, menggemburkan tanah, meningkatkan daya tahan tanaman, dan lain-lain
Isi500 ml
6
Bentuk pupukCair
KegunaanMenunjang pertumbuhan dan perkembangan akar, menjadikan warna bunga lebih cerah, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit
Isi2 liter
5
Bentuk pupukPadat
KegunaanMemperbaiki sifat biologi dan kimia tanah, mengandung hormon pertumbuhan, memperkuat imun tanaman
Isi3 kg
4
Bentuk pupukCair
KegunaanMerangsang keluarnya tunas dan bunga, mempercepat pertumbuhan akar, batang , dan daun serta memperbaiki kualitas bunga
Isi100 ml
3
Bentuk pupukPadat
KegunaanMemperbaiki kesuburan tanah, struktur tanah dan biologi tanah
Isi15 kg
2
Bentuk pupukPadat
KegunaanMeningkatkan kesuburan tanah, membuat pH tanah menjadi 7, memaksimalkan hasil panen, membuat tanaman lebih tahan hama
Isi1 tube
1
Bentuk pupukPadat
KegunaanMemperbaiki struktur dan tata udara tanah, meningkatkan daya sangga air tanah, menjadi penyangga unsur hara dalam tanah
Isi100 gram, 500 gram, 1 kg, 20 kg, 40 kg

Tabel perbandingan produk pupuk organik terbaik

Gambar produk
1
Petrokimia Gresik Petroganik 1

Petrokimia Gresik

2
Eco Farming Pupuk Organik Super Aktif 1

Eco Farming

3
Trubus Best Compost 1

Trubus

4
Orient Orchid Fertilizer 1

Orient

5
Geek Farmer Vermicompost 1

Geek Farmer

6
GDM Pupuk Organik Cair 1

GDM

7
Nasa Pupuk Organik POC 1

Nasa

8
Setia Tani Pupuk Kandang Kambing Organik 1

Setia Tani

9
Multitonik Pupuk Organik Cair 1

Multitonik

10
Songgo Langit Persada EM4 Pertanian 1

Songgo Langit Persada

Nama produk

Petroganik

Pupuk Organik Super Aktif

Best Compost

Orchid Fertilizer

Vermicompost

Pupuk Organik Cair

Pupuk Organik POC

Pupuk Kandang Kambing Organik

Pupuk Organik Cair

EM4 Pertanian

Keunggulan

Kandungan C-organik tinggi, tanah jadi lebih subur!

Maksimalkan hasil panen dengan pupuk Eco Farming

Reputasi sudah terjamin puluhan tahun

Pencinta tanaman anggrek wajib punya cairan ajaib satu ini

Pupuk bekas cacing bebas bakter E. coli

Mengandung berbagai bakteri pilihan yang bermanfaat bagi tanah dan tanaman

Produk serbaguna untuk tanaman, ikan, dan hewan ternak

Teksturnya halus dan mudah hancur, tidak berbau kotoran kambing lagi

Bunga tidak gampang layu dan rontok

Berisi bakteri fermentasi dan bahan organik untuk menyehatkan tanah

Harga mulai dariRp 19.800,00Rp 250.000,00Rp 36.000,00Rp 30.000,00Rp 25.000,00Rp 150.000,00Rp 45.000,00Rp 14.000,00Rp 19.000,00Rp 21.500,00
Bentuk pupukPadatPadatPadatCairPadatCairCairPadatCairCair
KegunaanMemperbaiki struktur dan tata udara tanah, meningkatkan daya sangga air tanah, menjadi penyangga unsur hara dalam tanahMeningkatkan kesuburan tanah, membuat pH tanah menjadi 7, memaksimalkan hasil panen, membuat tanaman lebih tahan hamaMemperbaiki kesuburan tanah, struktur tanah dan biologi tanahMerangsang keluarnya tunas dan bunga, mempercepat pertumbuhan akar, batang , dan daun serta memperbaiki kualitas bungaMemperbaiki sifat biologi dan kimia tanah, mengandung hormon pertumbuhan, memperkuat imun tanamanMenunjang pertumbuhan dan perkembangan akar, menjadikan warna bunga lebih cerah, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakitMeningkatkan produksi tanaman dari segi kualitas dan kuantitas, menggemburkan tanah, meningkatkan daya tahan tanaman, dan lain-lainMempercepat pertumbuhan tanamanMencegah bunga layu, menyuburkan tanah dan tanaman hias, merangsang pertumbuhan tanamanMenyuburkan dan menyehatkan tanah
Isi100 gram, 500 gram, 1 kg, 20 kg, 40 kg1 tube15 kg100 ml3 kg2 liter500 ml8 kg300 ml1 liter
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar pupuk organik

Pertanyaan umum seputar pupuk organik

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar pupuk organik. Jika Anda masih penasaran dengan pupuk organik, simak jawabannya di bawah ini!

Bagaimana cara memberikan pupuk pada tanaman yang tepat?

Indikator tanaman yang kurang nutrisi adalah daun tanaman yang mengalami pengerdilan atau tumbuh tidak sempurna. Keadaan seperti itulah yang tepat untuk peremajaan media tanam. Nutrisi tambahan berupa pupuk cair organik (pupuk daun) bisa diberikan seminggu sekali.

Baca juga rekomendasi tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya di sini

Untuk Anda yang sedang hobi merawat tanaman wajib membaca artikel-artikel lainnya tentang tanaman. Anda bisa mendapatkan rekomendasi berbagai macam tanaman yang cantik, tips perawatannya, dan masih banyak lagi. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui informasinya, ya.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mendapatkan pupuk organik terbaik untuk tanaman atau kebun di rumah? Sebelum membeli, selalu perhatikan kandungan pupuknya karena setiap merek pasti mengandung komposisi nutrisi berbeda.


Pupuk organik pilihan paling aman untuk tanaman ataupun lingkungan. Namun, memberikan pupuk organik juga tidak boleh sembarangan, ya. Pertimbangkan juga jenis, bentuk, serta tujuan penggunaan pupuk tersebut. Setiap tanaman tentunya juga membutuhkan jenis pupuk yang berbeda. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
    9.704 Views
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
    191.333 Views
  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Jenis dan harga bibit strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Jangan lupa juga menyimak tips cara menanam bibit strawberry di akhir artikel, ya!
    Kebun & luar ruangan
    7.152 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    Kebun & luar ruangan
    39.326 Views
  • 10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang suka berkebun, gunting tanaman merupakan alat yang wajib dimiliki. Gunting ini biasanya dipakai untuk memangkas dahan tanaman agar terlihat lebih rapi sekaligus untuk menjaga kesehatannya. Berbagai jenis gunting tanaman dijual di pasaran, dari yang kecil hingga yang besar.Jika Anda merasa bingung, simak tips di bawah ini untuk mengetahui cara memilih gunting tanaman yang bagus. Kami juga akan menghadirkan sepuluh produk gunting tanaman dari Krisbow, Tekiro, Hasston Prohex, dan merk terkenal lainnya. Simak artikel ini sampai akhir dan temukan gunting tanaman yang pas untuk kebutuhan Anda!
    Kebun & luar ruangan
    3.070 Views
  • 10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masa pandemi membuat banyak orang mencoba hobi baru, salah satunya adalah merawat bonsai. Meskipun namanya diambil dari bahasa Jepang, bonsai sebenarnya ditemukan pertama kali di Tiongkok. Teknik merawat pohon yang sebenarnya berukuran besar dibuat menjadi kerdil ini memiliki kerumitan tersendiri.Namun, di situlah seni merawat bonsai sehingga tak heran harganya bisa sangat mahal. Nah, di artikel ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan beberapa bonsai yang bagus. Beberapa jenis bonsai yang menarik seperti bonsai beringin, kemboja, atau serut ada di dalam rekomendasi kami. Simak selengkapnya!
    Kebun & luar ruangan
    1.028 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori