• 10 Rekomendasi Anime Netflix Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Anime Netflix Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Anime Netflix Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Anime Netflix Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Anime Netflix Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Anime Netflix Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Netflix adalah aplikasi streaming berbayar yang menyediakan ratusan tontonan legal untuk penggunanya. Salah satu tontonan yang banyak disukai dan populer di Netflix adalah anime. Netflix menyediakan beragam pilihan, mulai dari anime Netflix original sampai adaptasi. Ada banyak genre yang ditawarkan, seperti anime isekai, romance, slice of life, hingga komedi. 


Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memilih anime Netflix terbaru sekaligus yang bagus untuk Anda. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan anime Netflix terbaik, seperti Kimetsu No Yaiba, Record of Ragnarok, dan Haikyu!! Simak sampai selesai, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih anime Netflix

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat hendak menonton anime di Netflix. Yuk, simak penjelasan dari kami selengkapnya!

Pilih berdasarkan genrenya

Anda bisa memilih berbagai genre yang disukai dari anime yang ada di Netflix. Kami akan menjelaskan beberapa genre anime yang cukup populer di kalangan penonton.

Slice of life dan romansa: Lekat dengan kejadian sehari-hari

Sesuai namanya, slice of life atau penggalan kehidupan mengisahkan cerita yang mirip dengan kehidupan sehari-hari penonton. Banyak penonton menyukai genre slice of life karena merasa terhubung dengan ceritanya. Tema yang diangkat pun bisa tergolong ringan sampai pelik sehingga Anda lebih leluasa memilihnya


Tak jarang, anime bergenre ini juga dibumbui drama dan romansa. Anime Netflix romantis lebih sering ditujukan untuk penonton perempuan. Kisah yang ditawarkan pun memiliki berbagai sudut pandang dan latar cerita, misalnya percintaan masa SMA.

Manisnya anime slice of life kerap membuat hati hangat sehingga sayang untuk dilewatkan. Jika Anda ingin mengetahui deretan anime slice of life terbaik, kami memiliki rekomendasinya untuk Anda.

Komedi: Cerita kocak yang menghibur

Di sela-sela kepenatan sehari-hari, Anda dapat mempertimbangkan anime Netflix bergenre komedi. Ceritanya yang kocak dan menghibur akan membuat Anda tertawa, bahkan melepas stres. Meski demikian, selera komedi orang berbeda-beda sehingga belum tentu Anda dapat terhibur dengan anime tertentu. Karena itu, pastikan komedi yang ditawarkan sesuai dengan selera Anda.

Shounen atau aksi: Cerita seru dengan banyak konflik

Jika Anda penggemar shounen manga atau anime, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan genre ini. Shounen adalah salah satu genre yang menargetkan remaja laki-laki sebagai penikmatnya. Karakteristik dari anime ini antara lain plot cerita yang sarat aksi, petualangan, dan pertarungan untuk tokoh utama laki-laki.


Ada beragam tokoh yang ditawarkan, mulai dari petarung, samurai, detektif, ninja, hingga pahlawan super. Namun, tak jarang genre ini mengandung unsur gore atau adegan kekerasan yang mengandung darah. Karena itu, genre ini kurang cocok ditonton bersama keluarga atau anak-anak.

Isekai dan fantasi: Berimajinasi melalui cara yang menyenangkan

Secara umum, anime bergenre isekai dan fantasi sama-sama merujuk pada drama yang di dalamnya berisi imajinasi. Cerita yang ditawarkan anime isekai dan fantasi tidak terbatas oleh realita maupun dunia nyata. Anda dapat membayangkan berada di dunia lain, menjadi karakter berkemampuan khusus, hingga menyaksikan cerita aneh lainnya


Perbedaannya, tokoh utama anime isekai biasanya mengalami reinkarnasi atau dipindahkan ke alam semesta yang berbeda dengan yang ditinggalinya. Sementara itu, setting anime fantasi tidak mengharuskan tokoh utamanya berpindah ke dunia yang berbeda.

Bagi Anda yang gemar menonton anime isekai, kami memiliki berbagai rekomendasi anime untuk Anda. Silakan klik tautan berikut ini!

Perhatikan tipe anime yang akan ditonton

Secara garis besar, ada dua tipe anime Netflix, yaitu anime adaptasi dan original. Netflix sebagai layanan streaming membeli hak siar eksklusif sejumlah anime adaptasi manga dan original untuk memanjakan penontonnya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan singkat dari masing-masing tipe anime berikut ini.


  • Anime Netflix adaptasi:

Anime adaptasi umumnya berasal dari manga populer. Ada pula anime yang merupakan remake dari produksi sebelumnya dengan beberapa perubahan sehingga lebih fresh. Anda yang telah membaca manganya terlebih dahulu tentu akan lebih mudah menemukan anime yang cocok. Selain adaptasi manga, Anda juga bisa menemukan anime Netflix yang diadaptasi dari novel dan video game


  • Anime Netflix original

Di samping adaptasi, Netflix mulai aktif memproduksi anime original. Anime dengan label "Netflix Original" biasanya didanai langsung oleh Netflix dan hak ciptanya dimiliki mereka. Jalan cerita anime ini masih baru dan terbatas bagi penonton Netflix saja. Tentunya, anime ini lebih membuat penasaran karena ceritanya belum pernah Anda temukan di platform lain. 

Periksa durasi dan status tayangnya

Anda juga sebaiknya tidak lupa memeriksa durasi dan status anime yang akan dipilih. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah meluangkan waktu untuk menontonnya. Secara singkat, ada dua jenis anime, yaitu film dan seri. 

Film, bebas penasaran karena langsung tamat

Anime dalam format film dapat menjadi pilihan jika Anda tipe orang yang tidak tahan dengan kisah yang bersambung. Anda tidak perlu menunggu kelanjutan cerita karena langsung tamat dalam sekali tayang.


Film juga biasanya memudahkan Anda dalam memperkirakan waktu menonton yang dibutuhkan. Jadi, jenis anime ini cocok dinikmati saat waktu luang pada akhir pekan bagi Anda yang supersibuk. Durasi anime berupa film pun sangat beragam, mulai dari tiga puluh menit hingga dua jam. 

Serial, alur ceritanya membuat penasaran

Banyak anime yang merupakan adaptasi sehingga produksi dan penayangannya tergantung pada penerbitan manganya. Jadi, statusnya pun mengikuti manga yang masih ongoing. Untuk menonton anime dalam format seri, pertimbangkanlah jumlah episode, waktu yang dimiliki, serta kemampuan Anda dalam menonton. Pasalnya, sejumlah orang tidak dapat bertahan menonton serial yang terlalu panjang.


Anime dengan banyak season dan episode ideal untuk Anda yang suka marathon atau menonton tiap episode secara beruntun. Nah, pertimbangkanlah seri yang sudah tamat agar Anda tidak perlu menunggu episode terbaru terlalu lama atau terganggu spoilerJika Anda tidak terganggu dengan spoiler dan masih sabar menunggu, tak ada salahnya memilih anime yang masih ongoing.

Pertimbangkan review penonton lain

Pertimbangkan review penonton lain

Jika Anda masih bingung dalam menemukan anime Netflix, cobalah untuk melihat ulasan penonton lainnya. Ulasan penonton akan sangat bermanfaat, terutama bila Anda tergolong awam atau baru ingin mulai menonton anime tertentu. Anda akan mendapatkan gambaran alur cerita anime dan memperkirakan kecocokannya dengan selera.


Namun, harap berhati-hati karena terkadang ulasan tersebut mengandung spoiler yang mungkin mengganggu keseruan Anda menonton. Anda bisa mengakalinya dengan membaca ulasan secara sepintas atau cukup melihat rating-nya. Sementara itu, di internet juga banyak tersedia forum tempat Anda dapat berdiskusi dengan penggemar anime di seluruh dunia.

10 Rekomendasi anime Netflix terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh anime Netflix terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

10

GraphinicaRecord of Ragnarok

TipeAdaptasi manga
GenreFantasi, aksi
FormatSerial
Durasi1 season, 12 episode (24 menit)
Rating di IMDb6,2 dari 10
Kategori usia16+
9
TipeOriginal
GenreAksi, fantasi
FormatSeri
Durasi1 season, 6 episode (28–30 menit)
Rating di IMDb6,2 dari 10
Kategori usia18+
8

Production ReedIn Another World With My Smartphone

TipeAdaptasi novel
GenreIsekai, komedi
FormatSerial
Durasi1 season, 12 episode (23 menit)
Rating di IMDb6,7 dari 10
Kategori usia13+
7

Studio ColoridoA Whisker Away

TipeOriginal
GenreFantasi, romansa
FormatFilm
Durasi1 jam 45 menit
Rating di IMDb6,7 dari 10
Kategori usia7+
6

J.C. StaffThe Way of the Househusband

TipeAdaptasi manga
GenreKomedi, aksi
FormatSeri
Durasi1 season, 10 episode (16-19 menit)
Rating di IMDb7,3 dari 10
Kategori usia16+
5

Studio GhibliMy Neighbor Totoro

TipeOriginal
GenreSlice of life, fantasi, keluarga
FormatFilm
Durasi1 jam 27 menit
Rating di IMDb8,2 dari 10
Kategori usiaSemua usia
4

CloverWorks IncThe Promised Neverland

TipeAdaptasi manga
GenreMisteri, thriller, shounen, fantasi
FormatSerial
Durasi2 season, 23 episode (22 menit)
Rating di IMDb8,4 dari 10
Kategori usia16+
3
TipeAdaptasi manga
GenreSlice of life, drama
FormatSerial
Durasi4 season, 85 episode (23–24 menit)
Rating di IMDb8,8 dari 10
Kategori usia13+
2

UfotableDemon Slayer: Kimetsu No Yaiba

TipeAdaptasi manga
GenreShounen, historical, fantasi
FormatSerial
Durasi3 season, 44 episode (23–46 menit)
Rating di IMDb8,8 dari 10
Kategori usia16+
1

Wit Studio, MAPPAAttack on Titan

TipeAdaptasi manga
GenreShounen, fantasi, aksi
FormatSerial
Durasi6 season, 85 episode (23–24 menit)
Rating di IMDb9,1 dari 10
Kategori usia16+

Tabel perbandingan produk anime Netflix terbaik

Gambar produk
1
Wit Studio, MAPPA Attack on Titan 1

Wit Studio, MAPPA

2
Ufotable Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba 1

Ufotable

3
Production IG Haikyu!! 1

Production IG

4
CloverWorks Inc The Promised Neverland 1

CloverWorks Inc

5
Studio Ghibli My Neighbor Totoro 1

Studio Ghibli

6
J.C. Staff The Way of the Househusband 1

J.C. Staff

7
Studio Colorido A Whisker Away 1

Studio Colorido

8
Production Reed In Another World With My Smartphone 1

Production Reed

9
MAPPA Yasuke 1

MAPPA

10
Graphinica Record of Ragnarok 1

Graphinica

Nama produk

Attack on Titan

Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba

Haikyu!!

The Promised Neverland

My Neighbor Totoro

The Way of the Househusband

A Whisker Away

In Another World With My Smartphone

Yasuke

Record of Ragnarok

Keunggulan

Pertarungan melawan Titan yang gemar memakan manusia

Pemburuan iblis oleh seorang slayer untuk membalas dendam

Kisah tentang atlet bertubuh pendek dengan skill voli di atas rata-rata

Menegangkan dan mengandung banyak plot twist

Animasi karya Studio Ghibli yang memukau dan menghangatkan hati

Tingkah kocak mantan yakuza yang menjadi bapak rumah tangga

Anime Netflix romantis tentang seorang gadis yang berubah menjadi kucing

Anime isekai tentang pria yang tidak sengaja terbunuh akibat kecerobohan dewa

Perjuangan seorang samurai berkulit hitam pada masa perang

Duel sengit antara dewa dan manusia

TipeAdaptasi mangaAdaptasi mangaAdaptasi mangaAdaptasi mangaOriginalAdaptasi mangaOriginalAdaptasi novelOriginalAdaptasi manga
GenreShounen, fantasi, aksiShounen, historical, fantasiSlice of life, dramaMisteri, thriller, shounen, fantasiSlice of life, fantasi, keluargaKomedi, aksiFantasi, romansaIsekai, komediAksi, fantasiFantasi, aksi
FormatSerialSerialSerialSerialFilmSeriFilmSerialSeriSerial
Durasi6 season, 85 episode (23–24 menit)3 season, 44 episode (23–46 menit)4 season, 85 episode (23–24 menit)2 season, 23 episode (22 menit)1 jam 27 menit1 season, 10 episode (16-19 menit)1 jam 45 menit1 season, 12 episode (23 menit)1 season, 6 episode (28–30 menit)1 season, 12 episode (24 menit)
Rating di IMDb9,1 dari 108,8 dari 108,8 dari 108,4 dari 108,2 dari 107,3 dari 106,7 dari 106,7 dari 106,2 dari 106,2 dari 10
Kategori usia16+16+13+16+Semua usia16+7+13+18+16+
Tautan produk

Baca juga rekomendasi anime lainnya di sini

Selain anime yang khusus tayang di Netflix, kami juga memiliki rekomendasi anime lain yang ditulis berdasarkan kategorinya. Anda bisa memilih anime sport, anime karya Studio Ghibli, hingga anime romantis untuk menemani waktu bersantai di akhir pekan. Penasaran dengan rekomendasi kami? Klik tautan berikut ini, ya!

Kesimpulan

Wah, ternyata banyak anime seru yang dapat Anda saksikan di Netflix, ya! Dari ulasan dan rekomendasi yang kami berikan di atas, anime manakah yang sudah masuk ke dalam daftar tontonan Anda?


Menonton anime dapat menjadi salah satu media melepas stres yang menyenangkan. Anda bisa memanfaatkan Netflix untuk menemukan anime yang paling sesuai dengan selera. Sebelum menonton, pastikan Anda telah mengecek tipe, genre, serta durasinya, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Genre isekai menceritakan tentang tokoh utama yang terpanggil ke dunia lain. Genre ini menyajikan kisah petualangan dan adegan penuh aksi. Pencinta anime pasti sudah sangat familier dengan anime isekai. Karena itu, artikel ini secara khusus membahas rekomendasi anime isekai terbaik.Cara memilih anime isekai akan kami bahas untuk membantu Anda menentukan pilihan. Rekomendasi anime isekai yang bagus, seperti Sword Art Online, Ni No Kuni, dan The Rising of The Shield Hero, akan Anda temukan pada artikel ini. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa tahun terakhir anime China mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai jenis genre mulai mudah ditemukan di Indonesia.Bagi Anda penggemar anime China atau sekadar ingin menjajal menonton, kami akan menyajikan cara memilih anime China terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa judul anime China, seperti Legend of Exorcism, New Gods: Nezha Reborn, dan lainnya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, silakan baca artikelnya sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ternyata, ketika menonton film yang menakutkan, otak kita merilis dopamine yang justru membuat kita senang. Hal tersebut diduga sebagai alasan manusia menyukai film psikopat. Tidak heran jika dari waktu ke waktu, berbagai rumah produksi berusaha menghadirkan film psikopat terbaik.Tidak hanya dari Hollywood, Anda juga bisa menikmati film psikopat Korea ataupun film psikopat Indonesia. Ada banyak judul film psikopat sadis yang menarik untuk ditonton, misalnya Shutter Island dan Memoir of A Murderer. Agar Anda lebih mudah menemukan film psikopat yang bagus, coba simak tips memilih dan rekomendasi berikut ini.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Film keluarga adalah film yang dirancang agar bisa ditonton oleh seluruh keluarga, baik orang tua maupun anak-anak. Untuk itu, gampang-gampang susah dalam memilih film keluarga. Tidak semua film dengan label "family" atau "keluarga" cocok untuk seluruh keluarga Anda. Nah, artikel ini akan memberikan beberapa tips dalam memilih film keluarga. Kami juga sudah menyeleksi sepuluh film keluarga yang bagus untuk Anda tonton di Netflix, Disney+, maupun Viu. Beberapa di antaranya adalah Keluarga Cemara, Petualangan Sherina, dan The Blind Side. Untuk melihat rekomendasi film keluarga terbaik lainnya, simak artikel ini sampai habis. 
    Film
  • 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang menyukai film animasi Jepang, atau biasa disebut anime, pasti mengenal Studio Ghibli. Ya, studio ini terkenal dengan produksi film animasi yang menawarkan cerita menarik. Beberapa anime Studio Ghibli bahkan sudah terkenal hingga tingkat internasional.Anime Ghibli terbaru masih terus bermunculan hingga saat ini. Karena itu, kali ini kami akan membagikan rekomendasi anime Studio Ghibli yang bagus beserta tips memilihnya. Beberapa Studio Ghibli films, seperti Princess Mononoke, Spirited Away, dan From Up on Poppy Hill, akan kami bahas pada artikel ini. Jadi, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Jackie Chan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Jackie Chan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak aktor laga internasional, nama Jackie Chan termasuk salah satu yang menonjol. Film yang ia bintangi memiliki ciri khas tersendiri, dari yang klasik sampai yang terbaru. Film Jackie Chan umumnya menampilkan aksi yang dibalut komedi, sebuah genre yang sukses ia populerkan.Kali ini kami akan membagikan cara memilih film Jackie Chan terbaik. Rekomendasi filmnya yang bagus juga sudah kami siapkan untuk Anda, lengkap dengan ulasannya. Dari yang lucu seperti Shanghai Noon sampai yang yang serius seperti Crime Story, semuanya ada. Yuk, simak pembahasan selengkapnya berikut ini!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Persahabatan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Persahabatan (Terbaru Tahun 2022)
    Film tentang persahabatan adalah salah satu film yang laris dan banyak digemari. Baik itu film tentang persahabatan remaja maupun film tentang persahabatan dan cinta, semuanya sangat seru untuk ditonton. Kisah tentang persahabatan sendiri memang tak pernah lekang oleh waktu. Contohnya saja seperti film 5 cm, Friendzone, dan Ada Apa Dengan Cinta.  Film-film tersebut tetap terasa relevan ditonton kapan saja. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi film tentang persahabatan yang bagus untuk ditonton di Netflix, Viu, dan Disney+. Jangan lewatkan review film tentang persahabatan terbaik dari kami, ya. Selamat membaca!
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori