• 10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Apakah Anda sedang mencari smart TV terbaik? Atau, Anda sedang mencari smart TV dengan harga murah? Saat ini, tersedia banyak merk smart TV yang bagus dengan harga 1 jutaan dan 3 jutaan, seperti Xiaomi dan Polytron. Ukuran smart TV juga bervariasi, mulai 32 inch dan 43 inch.


Sebelum memilih smart TV, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah sistem operasi yang digunakan, seperti Android TV, WebOS, atau Tizen. Periksa juga kualitas gambar dan audio dari smart TV. Jika Anda bingung, jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum memilih.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

N Firmansyah
  • Pembaharuan terakhir: 29 Juni 2021
  • 4.539 Views
Daftar isi

Apa itu smart TV?

Dalam beberapa tahun terakhir, kehadiran smart TV atau televisi pintar makin populer. Hal ini karena smart TV menawarkan fitur-fitur inovatif yang memberikan pengalaman berbeda dibandingkan TV konvensional. Smart TV memungkinkan Anda menjelajahi beragam konten menarik. Anda dapat menikmati konten, baik melalui browser maupun platform streaming, seperti Netflix, Disney+, dan lainnya. 


Keunggulan lainnya, smart TV bisa diintegrasikan dengan smartphone. Anda dapat melakukan mirroring atau menghubungkan tampilan smartphone ke layar TV secara nirkabel. Beberapa smart TV juga didukung dengan Google Assistant sehingga Anda dapat mengoperasikan TV hanya dengan suara. 


Dilihat dari sisi tampilannya, smart TV memiliki desain yang lebih menawan. Kehadiran smart TV ini tentu akan memperindah ruangan Anda.

Cara memilih smart TV murah

Agar tidak salah memilih, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Mulai spesifikasi, kualitas gambar, fitur smart TV, dan sebagainya. Pilihlah smart TV dengan spec yang Anda inginkan merujuk pada poin-poin yang akan kami jelaskan berikut ini. 

Pahami sistem operasi smart TV yang hendak Anda pilih

Smart TV memiliki sistem operasi (OS) yang berbeda-beda. Hal ini ditentukan oleh perusahaan pembuat smart TV tersebut. Ada tiga jenis OS yang sering digunakan pada smart TV, yakni Android TV, WebOS, dan Tizen. Tiap-tiap OS ini memiliki ciri khas dan keunggulannya masing-masing.

Android TV, lebih populer dengan pilihan aplikasi berlimpah

Sebagian besar smart TV menggunakan sistem operasi Android TV. Karena memakai sistem yang mirip dengan smartphone Android, cara menggunakan smart TV ini menjadi lebih familiar. Produk smart TV yang menggunakan OS Android TV juga banyak yang support Google Assistant. Dengan fitur ini, Anda dapat memberikan perintah pada TV hanya melalui suara.


Sistem operasi Android TV juga menawarkan beragam konten menarik yang berlimpah. Anda dapat menemukan film, musik, maupun game yang lebih beragam. Sistem operasi ini juga didukung dengan Google Play Store sehingga Anda dapat mengunduh aplikasi-aplikasi yang biasa Anda gunakan di smartphone Anda. Jika Anda nyaman menggunakan ponsel Android, Anda dapat mempertimbangkan smart TV dengan OS Android TV.

WebOS, tampilan minimalis dengan penggunaan yang praktis

WebOS merupakan sistem operasi yang biasanya terpasang pada smart TV produksi LG. WebOS hadir dengan aplikasi bawaan yang populer seperti Netflix, Youtube, Amazon Prime, Google Play Movies, dan lainnya. Anda juga bisa mengunduh aplikasi tambahan melalui LG Content Store. Sayangnya, pilihan konten yang dihadirkan tidak sebanyak yang ada di Google Play Store.


Sistem operasi WebOS terlihat lebih praktis dan minimalis. Ada launch bar di bagian bawah TV yang bisa Anda kustomisasi. Launch bar ini memberikan Anda akses ke aplikasi, pengaturan, dan fitur yang ada di smart TV. Launch Bar di WebOS juga bisa dijalankan tanpa harus menutup aplikasi lainnya. Dengan begitu, perpindahan aplikasi pada WebOS pun terbilang mudah.

Tizen, sistem operasi eksklusif yang minim hang atau crash

Tizen adalah sistem operasi yang dikembangkan Samsung dan hanya digunakan untuk smart TV produksi Samsung. OS Tizen dinilai sangat eksklusif sehingga memiliki kompatibilitas yang sangat bagus. Maka dari itu, aplikasi-aplikasi yang dijalankan oleh smart TV dengan OS Tizen ini minim crash atau hang.

 
OS Tizen memiliki Smart Hub yang memungkinkan Anda mengatur setting TV di satu tempat. Anda dapat melakukan pengaturan input, tampilan dan kecerahan layar, hingga koneksi internet dengan mudah. 


Tizen juga mampu mendeteksi device yang sedang digunakan. Misalnya, gambar di layar bersumber dari TV kabel, pemutar BluRay, atau PlayStation/Xbox, sistem ini dapat mengetahuinya secara otomatis. Jadi makin praktis, bukan?

Pilih smart TV dengan ukuran yang sesuai dengan ruangan Anda

Ukuran ideal TV dipengaruhi jarak antara TV dan tempat Anda menonton. Sebelum membeli, Anda perlu mengetahui perkiraan jarak tersebut. Kemudian, barulah Anda dapat menentukan ukuran TV yang ideal dengan hitungan sederhana berikut ini.


  •  Full HD TV

Jika Anda memilih full HD TV, ada cara mudah untuk menentukan ukuran ideal TV. Caranya adalah dengan mengalikan jarak TV dan sofa dengan 25. Misalnya, jika jarak sofa dengan TV adalah 2 meter, maka Anda disarankan memilih TV berukuran 50 inci. Apabila jarak TV 3 meter, ukuran TV yang ideal adalah 75 inci. 


  • UHD TV

UHD TV (ultra high definition) atau 4K memiliki kualitas gambar yang lebih detail. Hal ini karena layar UHD TV mempunyai jumlah piksel 4x lebih padat dari FHD. Makin kecil kerapatan pikselnya, Anda dapat duduk lebih dekat ke TV.


Untuk menghitung jarak ideal UHD TV, Anda dapat mengalikan jarak antara TV dan sofa dengan 39. Misalnya, jika TV dan sofa memiliki jarak dua meter, maka 2 dikali 39 adalah 78 inci. Anda pun dapat memilih smart TV yang berukuran 79 inci. 

Periksa kualitas gambar yang ditampilkan oleh smart TV

Kualitas gambar yang ditampilkan smart TV memengaruhi tingkat kenyamanan menonton. Anda juga harus mengecek aspek-aspek yang memengaruhi kualitas tampilan pada TV. Simak poin ini dengan saksama, ya. 

Resolusi layar, memengaruhi ketajaman dari gambar yang ditampilkan

Resolusi TV ditunjukkan dengan jumlah piksel yang melintasi layar dari atas ke bawah. Misalnya, TV beresolusi 1.920p x 1.080p menunjukkan ada 1.920 piksel horizontal dan 1.080 piksel vertikal. Makin besar nilai pikselnya, tampilan layar juga makin tajam sehingga kemungkinan melihat titik-titik pada layar makin kecil.


TV dengan kualitas HD (high definition) memiliki resolusi 1.280p x 720p. Kemudian, untuk FHD, resolusinya 1.920p x 1.080p. Sementara itu, resolusi yang lebih tinggi lagi adalah 4K UHD (ultra high definition) yang memiliki resolusi 3.840p x 2.160p. Agar mendapatkan tampilan gambar yang lebih jelas dan tajam, pilihlah TV dengan resolusi layar FHD atau 4K.

Refresh rate, membuat video yang ditayangkan makin halus

Nilai refresh rate menunjukkan tingkat kehalusan video yang ditampilkan pada smart TV. Makin tinggi nilai refresh rate, makin halus juga video yang ditampilkan di layar TV. Tingginya nilai refresh rate tersebut berarti gerakan yang ditampilkan tampak lebih halus di mata Anda. 


Pada umumnya, TV mempunyai refresh rate 60 Hz. Namun, untuk Anda yang ingin pengalaman tersendiri menonton TV, bisa memilih smart TV dengan refresh rate 120 Hz ke atas.

Pertimbangkan TV dengan teknologi surround audio

Pertimbangkan TV dengan teknologi surround audio

Kualitas video yang bagus harus diimbangi juga dengan kualitas audionya. Untuk sensasi audio yang lebih mengesankan, pilihlah smart TV dengan audio yang memiliki surround digital. Dengan teknologi ini, suara yang dihasilkan TV terdengar seakan-akan sedang mengitari kepala Anda.


Saat ini, ada dua perusahaan ternama yang memiliki teknologi surround digital, yakni Dolby Audio dan DTS. Audio yang dihasilkan dari oleh Dolby Audio dan DTS tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan. Baik Dolby Audio dan DTS sama-sama menghasilkan audio yang berkualitas. Jadi, kami menyarankan Anda memilih smart TV yang sudah mempunyai salah satu dari teknologi ini.

Cek juga kelengkapan konektivitas dan input port

Penting juga untuk memeriksa konektivitas jaringan dan input port pada smart TV. Konektivitas jaringan menentukan jenis jaringan apa saja yang dapat terhubung dengan smart TV. Sementara itu, input port menentukan jenis perangkat yang bisa disambungkan dengan smart TV. 

Konektivitas jaringan, memudahkan untuk terhubung dengan jaringan lain

Ada tiga jenis koneksi yang biasa tersedia di smart TV, yakni Wi-Fi, Bluetooth, dan LAN. Wi-Fi dan LAN berfungsi untuk menghubungkan smart TV ke jaringan internet. Dengan adanya jaringan internet, Anda dapat terhubung dengan beragam layanan streaming, seperti Youtube, Netflix, Viu, dan lainnya. 


Sementara itu, Bluetooth dapat menghubungkan berbagai perangkat, seperti smartphone dan speaker ke TV secara nirkabel. Tampilan TV juga akan terlihat menjadi lebih rapi dan ringkas.

Input port, sambungkan dengan perangkat favorit Anda

Input port berfungsi untuk menyambungkan smart TV dengan perangkat lain. Biasanya, smart TV mempunya AV input dan HDMI, seperti DVD player, PlayStation, dan perangkat sejenis. Perbedaannya, HDMI memiliki teknologi yang lebih modern, pemasangannya pun lebih praktis.


Ada juga port USB yang bisa digunakan untuk memutar video atau lagu yang tersimpan dalam flash disk. Jika Anda masih menonton stasiun televisi yang mainstream, cek keberadaan input port untuk antenanya juga, ya. Periksalah kembali jenis perangkat yang sering Anda gunakan di TV, kemudian pilihlah smart TV yang support dengan perangkat tersebut. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi smart TV murah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasi smart TV sebagai pertimbangan pilihan Anda. Ada beragam produk smart TV dengan rentang harga mulai dari tiga jutaan. Silakan pilih sesuai bujet dan kebutuhan Anda. 

10

Polytron Smart Android TV Frameless

PLD 32AG9953

Mulai dari Rp 3.199.000,00

Ukuran32 inci
Jenis layarD-LED
ResolusiHD 1.366p X 768p
Refresh rateTidak disebutkan
AudioTidak disebutkan
KonektivitasWi-Fi, LAN
Input portHDMI (3), USB (2), LAN port (1), AV input
Sistem operasiAndroid TV
FiturRemote
9
Ukuran32 inci
Jenis layarLED
ResolusiHD 1.366p x 768p
Refresh rateTidak disebutkan
AudioDolby sound
KonektivitasWi-Fi, LAN, Bluetooth
Input portHDMI (2), USB (1), LAN (1), AV input (1), digital audio out (1), earphone (1)
Sistem operasiAndroid TV
FiturRemote, voice detection, smartphone connect
8

HisenseSmart Android TV

32A6000F

Mulai dari Rp 3.999.000,00

Ukuran32 inci
Jenis layarLED
Resolusi1.366p x 768p
Refresh rateTidak disebutkan
AudioDTS Studio Sound
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth, LAN
Input portHDMI (2), USB (2), AV input (1),LAN port (1), antenna (1), audio out (1)
Sistem operasiAndroid TV
FiturRemote, voice detection, smartphone connect
7

TCL32" A3 Series FHD AI Smart TV

32A3

Mulai dari Rp 3.399.000,00

Ukuran32 inci
Jenis layarDLED
ResolusiFHD 1.366p x 768p
Refresh rate60 Hz
AudioDolby Audio
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth
Input portHDMI (3), HDCP, USB
Sistem operasiAndroid TV
FiturTidak disebutkan
6
Ukuran43 inci
Jenis layarLED
ResolusiUHD 3.840p x 2.160p
Refresh rateTidak disebutkan
AudioDolby Digital®, DTS Studio Sound™
KonektivitasWLAN, LAN, Bluetooth
Input portHDMI (3), USB (2), Audio Video in (1)
Sistem operasiAndroid TV
FiturRemote, voice detection
5
Ukuran32 inci
Jenis layarLED
ResolusiHD 1.366p × 768p
Refresh rate60 Hz
AudioDTS-HD®
KonektivitasBluetooth 4.2, Wi-Fi 2.4 GHz
Input portAV input, ethernet, antenna, HDMI (ARC), HDMI Input (2), USB (2)
Sistem operasiAndroid TV
FiturRemote, voice detection, smartphone connect
4

AQUA Japan Android SMART TV 43 Inch

LE43AQT1000U

Mulai dari Rp 4.499.000,00

Ukuran43 inci
Jenis layarTidak disebutkan
ResolusiFHD 1.920p x 1.080p
Refresh rate60 Hz
AudioTidak disebutkan
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth
Input portHDMI (3), USB (1)
Sistem operasiAndroid TV
FiturRemote, voice detection, smartphone connect
3

Samsung43" Crystal UHD 4K Smart TV TU8000 (2020)

Mulai dari Rp 5.298.000,00

Ukuran43 inci
Jenis layarLED
Resolusi4K 3.840p x 2.160p
Refresh rateTidak disebutkan
AudioDolby Digital Plus
KonektivitasWiFi, Bluetooth, TV Sound to Mobile
Input portHDMI (3), USB (2), Ethernet (LAN), AV input, antenna
Sistem operasiTizen OS
FiturRemote, voice detection, smartphone connect
2

SonyW66G | LED | Full HD | Smart TV

43W660G

Mulai dari Rp 5.999.000,00

Ukuran43 inci
Jenis layarLCD
Resolusi1.920p x 1.080p
Refresh rateTidak disebutkan
AudioDolby™ Audio, DTS Digital Surround
KonektivitasWi-Fi
Input portHDMI (2), USB (2), LAN, antenna, audio input
Sistem operasiLinux
FiturRemote, smartphone connect
1

LGLG UN73 43 inci 4K Smart UHD TV

43UN7300PTC

Mulai dari Rp 6.399.000,00

Ukuran43 inci
Jenis layarTidak disebutkan
ResolusiUHD 4K
Refresh rate60 Hz
AudioUltra Surround
KonektivitasBluetooth, LAN
Input portHDMI, USB, LAN, AV input
Sistem operasiwebOS
Fitur Remote, smartphone connect

Tabel perbandingan produk smart TV murah terbaik

Gambar produk
1
LG LG UN73 43 inci 4K Smart UHD TV 1

LG

2
Sony W66G | LED | Full HD | Smart TV 1

Sony

3
Samsung 43" Crystal UHD 4K Smart TV TU8000 (2020) 1

Samsung

4
AQUA Japan  Android SMART TV 43 Inch  1

AQUA Japan

5
Xiaomi Mi TV 4 32 1

Xiaomi

6
coocaa UHD TV S6G  1

coocaa

7
TCL 32" A3 Series FHD AI Smart TV 1

TCL

8
Hisense Smart Android TV  1

Hisense

9
Changhong  Android TV 1

Changhong

Nama produk

LG UN73 43 inci 4K Smart UHD TV

W66G | LED | Full HD | Smart TV

43" Crystal UHD 4K Smart TV TU8000 (2020)

Android SMART TV 43 Inch

Mi TV 4 32

UHD TV S6G

32" A3 Series FHD AI Smart TV

Smart Android TV

Android TV

Keunggulan

Ciptakan bioskop di dalam rumah Anda sendiri

Sistem keamanan tinggi dengan X-Protection PRO

Multifungsi! Jadi TV atau PC tidak masalah lagi

Canggih! Sediakan beragam fitur dengan AI modern

Pilihan konten lebih beragam berkat PatchWall!

Bezel supertipis untuk pencinta desain simpel dan minimalis

Smart Volume! Hilangkan fluktuasi suara saat pindah saluran dan iklan

Terlewat program favorit bukan lagi jadi masalah

Manjakan mata Anda dengan tampilan jernih dengan warna yang lebih akurat

Harga mulai dariRp 6.399.000,00Rp 5.999.000,00Rp 5.298.000,00Rp 4.499.000,00Rp 3.099.000,00Rp 4.499.000,00Rp 3.399.000,00Rp 3.999.000,00Rp 3.599.000,00
Ukuran43 inci43 inci43 inci43 inci32 inci43 inci32 inci32 inci32 inci
Jenis layarTidak disebutkanLCDLEDTidak disebutkanLEDLEDDLEDLEDLED
ResolusiUHD 4K1.920p x 1.080p4K 3.840p x 2.160pFHD 1.920p x 1.080pHD 1.366p × 768pUHD 3.840p x 2.160pFHD 1.366p x 768p1.366p x 768pHD 1.366p x 768p
Refresh rate60 HzTidak disebutkanTidak disebutkan60 Hz60 HzTidak disebutkan60 HzTidak disebutkanTidak disebutkan
AudioUltra SurroundDolby™ Audio, DTS Digital SurroundDolby Digital PlusTidak disebutkanDTS-HD®Dolby Digital®, DTS Studio Sound™Dolby AudioDTS Studio SoundDolby sound
KonektivitasBluetooth, LANWi-FiWiFi, Bluetooth, TV Sound to MobileWi-Fi, BluetoothBluetooth 4.2, Wi-Fi 2.4 GHzWLAN, LAN, BluetoothWi-Fi, BluetoothWi-Fi, Bluetooth, LANWi-Fi, LAN, Bluetooth
Input portHDMI, USB, LAN, AV inputHDMI (2), USB (2), LAN, antenna, audio inputHDMI (3), USB (2), Ethernet (LAN), AV input, antennaHDMI (3), USB (1)AV input, ethernet, antenna, HDMI (ARC), HDMI Input (2), USB (2)HDMI (3), USB (2), Audio Video in (1) HDMI (3), HDCP, USBHDMI (2), USB (2), AV input (1),LAN port (1), antenna (1), audio out (1)HDMI (2), USB (1), LAN (1), AV input (1), digital audio out (1), earphone (1)
Sistem operasiwebOSLinuxTizen OSAndroid TVAndroid TVAndroid TVAndroid TVAndroid TVAndroid TV
Fitur Remote, smartphone connectRemote, smartphone connectRemote, voice detection, smartphone connect Remote, voice detection, smartphone connectRemote, voice detection, smartphone connectRemote, voice detectionTidak disebutkanRemote, voice detection, smartphone connectRemote, voice detection, smartphone connect
Tautan produk

Baca juga rekomendasi jenis TV lainnya di sini

Tidak hanya smart TV, kami juga telah mengulas jenis TV dari merek lainnya, seperti Sharp, LG, Sony, dan lainnya. Apakah Anda membutuhkan ulasannya sebagai perbandingan? Anda dapat membacanya pada tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Saat ini, teknologi TV sudah berkembang pesat sehingga muncullah smart TV yang inovatif dengan konten lebih bervariasi. Smart TV ini membawa menikmati menonton TV dengan sensasi dan pengalaman yang lebih dalam.


Kami telah mengulas hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih serta deretan produk direkomendasikan. Apakah Anda telah menemukan produk yang sesuai? Temukanlah smart TV dengan spesifikasi dan harga yang cocok dengan bujet Anda. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini sudah banyak dijual Smart TV 4K dengan harga yang bervariasi serta memiliki performa tinggi. Bahkan, beberapa Smart TV memiliki fitur-fitur tambahan yang belum pernah ada sebelumnya, lho! Tak heran apabila Anda cukup kesulitan produk seperti apa yang cocok dengan kebutuhan Anda.Kami akan merekomendasikan berbagai merek yang bagus seperti Sony, Samsung, LG, dan sebagainya untuk Anda. Sebelumnya kami juga akan memberikan penjelasan cara memilihnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui lebih jelas TV 4K yang Anda butuh. Mari simak terus sampai habis!
    TV & perangkat video
    188.424 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera CCTV berguna untuk mengawasi rumah supaya Anda lebih aman. Akhir-akhir ini, banyak beredar CCTV Wi-Fi atau wireless yang terhubung melalui jaringan internet. Ini jauh lebih praktis karena Anda bisa mengeceknya melalui aplikasi di ponsel. Anda akan menemui beberapa merek CCTV, seperti Panasonic, Sony, Avtech, Dahua, dan lain-lain.Di artikel ini, kami akan mengulas cara-cara memilih CCTV untuk dipasang di rumah. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasikan beberapa CCTV yang bagus dan berkualitas. Apabila Anda ingin membeli CCTV untuk melindungi keluarga dan menjaga keamanan rumah, artikel ini wajib dibaca.
    TV & perangkat video
    91.516 Views
  • 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Penguat sinyal TV berguna untuk menguatkan gelombang radio yang lemah. Produknya direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati gambar jernih pada layar TV. Namun, memilih produk yang bagus bukan hanya soal frekuensi siarannya, seperti UHF, VHF, atau digital terestrial. Memerhatikan spesifikasinya juga penting.Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih penguat sinyal TV terbaik untuk Anda. Produknya juga dikenal sebagai TV booster atau amplifier. Rekomendasi produk beserta ulasannya sudah kami siapkan. Ada produk dari merk Toyosaki, Tanaka, dan lainnya. Untuk TV LED, LCD, plasma, atau tabung? Semuanya ada. Yuk, dimulai!
    TV & perangkat video
    9.878 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera video berguna untuk merekam momen berharga keluarga, salah satunya masa tumbuh kembang anak. Ada beberapa merek yang memproduksi kamera video, seperti Sony, Panasonic, dan Xiaomi. Tipenya pun beragam, sebut saja camcorder dan action camera. Setiap produk juga memiliki perbedaan fitur, misalnya fitur zoom dan stabilisasi gambar.Supaya Anda tidak bingung memilih, dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera video. Setelah itu, kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk terbaik yang dapat dijadikan pilihan. Segera temukan kamera video yang sesuai untuk Anda!
    TV & perangkat video
    52.020 Views
  • 10 Rekomendasi OLED TV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi OLED TV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    OLED TV merupakan salah satu jenis TV yang mempunyai banyak keunggulan. OLED TV diketahui lebih tipis, stylish, dan memiliki gambar yang tajam. Saat ini, ada banyak OLED TV yang bagus beredar di pasaran. Beberapa merk OLED TV yang bagus, misalnya LG, Panasonic, Sony, dan lainnya.Apakah Anda sedang mencari OLED TV untuk rumah Anda? Kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli OLED TV. Ada juga rekomendasi produk dengan berbagai ukuran dan harga untuk jadi pertimbangan Anda. Bacalah dengan saksama setiap poinnya dan temukan OLED TV yang pas untuk Anda. 
    TV & perangkat video
    12.897 Views
  • 10 Rekomendasi TV Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi TV Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Samsung menjadi salah satu produsen TV terbaik di dunia. TV merk Samsung dikenal dengan kualitas yang mumpuni dan memberikan kenyamanan bagi penggunanya. TV Samsung tersedia dalam jenis Smart TV, Lifestyle TV, hingga QLED 8K. Ukurannya pun bermacam-macam, ada 32 inci, 43 inci, 50 inci, 55 inci, hingga 85 inci. Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih serta merekomendasikan produk TV Samsung yang bagus. Anda bisa memilih produk sesuai kategori, ukuran, dan kebutuhan. Mari simak terus artikel berikut untuk menemukan produk TV Samsung yang tepat bagi Anda.
    TV & perangkat video
    2.863 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori