1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Sepeda
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sejak masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merek sepeda listrik buatan lokal ataupun luar negeri yang dijual di pasaran.


Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Kami juga merekomendasikan sepuluh merek sepeda listrik terbaik, misalnya Uwinfly, Volta, dan Xiaomi, lengkap dengan harganya. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!

Diperbaharui 09-14-2022
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ario Pamungkas

Ario Pamungkas memiliki pengalaman bekerja lebih dari 10 tahun sebagai seorang profesional di industri retail, FMCG, serta food & beverage. Work experience dan latar belakang yang dimiliki membuatnya fasih untuk mengenali daya tarik produk dan kecocokannya dengan kebutuhan pasar. Tertarik untuk mengenal lebih dalam karakteristik pasar Indonesia sekaligus meningkatkan produktivitas, ia pun bergabung dengan mybest Indonesia.

Profil Ario Pamungkas
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa perbedaan sepeda listrik dengan sepeda biasa?

Apa perbedaan sepeda listrik dengan sepeda biasa?

Sepeda listrik adalah sepeda yang ditambahkan motor listrik atau dinamo sebagai pembantu penggeraknya dengan dukungan baterai. Secara umum, cara kerja sepeda listrik dibagi menjadi dua, yaitu pedelec dan throttle.


  • Pedal electric cycle atau pedelec, berbentuk mirip sepeda biasa yang ditambahkan motor. Motor tersebut berfungsi memberikan bantuan saat Anda mengayuh pedal.

  • Throttle, menggunakan grip yang diputar untuk menjalankan motor penggerak layaknya sepeda motor. Karena itu, sepeda listrik jenis ini dapat melaju lebih cepat daripada sepeda biasa.

Dibandingkan motor, harganya pun relatif lebih terjangkau. Anda juga tidak membutuhkan SIM untuk mengendarai sepeda listrik. Karena itu, sepeda listrik mulai banyak dilirik konsumen di Indonesia, terutama untuk transportasi jarak dekat seperti ke sekolah atau ke pasar.

Cara memilih sepeda listrik

Sepeda listrik memiliki banyak jenis dengan spesifikasi yang berbeda pula. Agar tidak salah memilih, mari kenali terlebih dahulu cara memilih sepeda listrik.

① Pilih berdasarkan jenisnya

Terdapat beragam jenis sepeda listrik yang dijual di pasaran, seperti sepeda listrik hybrid, sepeda gunung, sepeda lipat, dan lain-lain. Untuk mengetahui perbedaan lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini.

Sepeda listrik hybrid, cocok digunakan di jalanan perkotaan

Sepeda listrik hybrid, cocok digunakan di jalanan perkotaan

Sepeda listrik hybrid merupakan gabungan antara sepeda gunung dan sepeda balap yang ditambahkan motor. Sepeda ini sangat nyaman digunakan untuk bersepeda di perkotaan karena dapat melaju dengan baik di jalanan beraspal. Karena itu, sepeda listrik hybrid banyak diminati oleh warga kota.


Berkat bantuan tenaga motor, sepeda listrik hybrid dapat melaju lebih cepat daripada sepeda hybrid biasa. Dengan demikian, sepeda listrik jenis ini sangat pas dipilih oleh Anda yang ingin memulai bike to work. Selain itu, terdapat pula sepeda listrik hybrid yang memiliki keranjang penyimpanan.

Sepeda lipat listrik, fleksibel dan praktis untuk dibawa bepergian

Sepeda lipat listrik, fleksibel dan praktis untuk dibawa bepergian

Sepeda lipat listrik memiliki bagian yang dapat dilipat sehingga mudah dibawa bepergian. Karena itu, sepeda lipat listrik dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang suka bersepeda di mana pun. Anda bahkan dapat membawanya saat pergi liburan atau saat dinas lama di luar kota. Namun, harga sepeda lipat listrik cenderung lebih mahal ketimbang jenis lainnya.

Sepeda listrik gunung, memudahkan saat menyusuri jalanan off-road

Sepeda listrik gunung, memudahkan saat menyusuri jalanan off-road

Sepeda listrik gunung atau electric mountain bike (e-MTB) bertenaga lebih kuat daripada sepeda listrik lainnya. Sepeda ini memang didesain untuk melewati jalan pegunungan yang menanjak, terjal, dan penuh rintangan. Dengan bantuan tenaga listrik, mengayuh pedal sepeda menjadi lebih ringan saat jalan menanjak. 


Baterai sepeda e-MTB biasanya diletakkan lebih rendah dan ada di pusat sepeda. Tujuannya agar sepeda lebih stabil dan mudah dikendalikan. Kebanyakan baterai e-MTB juga tahan air sehingga tetap aman meski sepeda melewati genangan.

Sepeda listrik comfort dan cruiser, nyaman digunakan untuk bersantai

Sepeda listrik comfort dan cruiser, nyaman digunakan untuk bersantai

Sepeda listrik comfort dan cruiser memiliki bentuk seperti sepeda klasik dengan sadel yang lebih lebar dan empuk. Posisi duduknya tegak sehingga nyaman digunakan. Sepeda ini sangat cocok dipakai untuk bersantai sambil melihat pemandangan taman kota atau menyisir pantai.

② Sesuaikan kapasitas baterai dengan jarak tempuh

Sesuaikan kapasitas baterai dengan jarak tempuh

Sepeda listrik menggunakan baterai isi ulang. Harga baterai termasuk paling mahal di antara komponen sepeda listrik karena perannya yang penting sebagai penyuplai listrik ke motor.


Makin besar kapasitas baterai, makin jauh pula jarak tempuhnya. Namun, kapasitas besar tersebut juga menambah bobot sepeda listrik. Beban yang terlalu berat akan memaksa motor bekerja lebih cepat sehingga baterai segera habis. Karena itu, pertimbangkan kapasitas baterai saat memilih sepeda listrik.


Terdapat beberapa jenis baterai yang digunakan sepeda listrik seperti yang dipaparkan di bawah ini:


  • Lithium-ion (Li-ion): Jenis baterai yang paling banyak digunakan di sepeda listrik, lebih tahan lama, serta lebih bertenaga dibandingkan baterai lainnya. Namun, baterai ini tidak dapat diisi berlebihan ataupun terlalu kosong.

  • Lithium cobalt (LCO): Bentuk baterai ini sangat ringkas dan ringan dengan tenaga besar.

  • Lithium-ion polymer (LiPo): Tidak memerlukan pelindung baterai karena tidak mengandung cairan di dalamnya. Baterai ini lebih stabil dan mudah dibentuk.

  • Lithium manganese (LiMg204): Baterai ini diklaim sebagai baterai terbaik karena bisa menghasilkan tenaga yang banyak dan tahan lama. Namun, harganya paling mahal daripada baterai lithium lainnya.

  • Sealed lead-acid (SLA): Baterai SLA atau aki kering ini mudah didaur ulang dan harganya lebih murah. Namun, baterai ini membutuhkan perawatan ekstra karena lebih sensitif dibandingkan baterai lainnya. Apalagi, bobot baterai ini kurang lebih 14 kg sehingga menambah beban sepeda listrik.

  • Nickel-cadmium (Ni-Cd): Kapasitas baterai ini lebih besar daripada SLA. Namun, kandungan kadmiumnya dapat mencemari lingkungan sehingga tidak dapat dibuang dengan aman dan sulit didaur ulang.

  • Nickel-metal hydride (NiMH): Baterai NiMH dinilai lebih ramah lingkungan daripada Ni-Cd. Meskipun demikian, baterai ini tetap harus melalui proses khusus untuk didaur ulang.

③ Pastikan motor penggerak sesuai dengan tujuan penggunaan

Pastikan motor penggerak sesuai dengan tujuan penggunaan

Motor penggerak atau dinamo juga merupakan bagian penting pada sepeda listrik. Motor diletakkan di pusat roda depan, belakang, atau bahkan di tengah kerangka sepeda. Dengan adanya motor, sepeda listrik dapat melaju lebih cepat. Dua jenis motor yang umum dipakai, yaitu:


  • Motor brushed: Harganya lebih murah daripada brushless, biasanya digunakan pada peralatan dengan mekanisme yang simpel seperti skuter listrik.

  • Motor brushless DC electric motor (BLDC): Motor ini lebih banyak digunakan oleh para produsen sepeda listrik karena menghasilkan kecepatan dan torsi akselerasi yang lebih baik. Motor BLDC juga tidak bising serta lebih mudah dirawat.

Motor BLDC sendiri masih dibagi menjadi dua berdasarkan letaknya sebagai berikut:


  • BLDC mid drive: Diletakkan di gear depan atau crankset sepeda.

  • BLDC hub: Ditempatkan di pusat roda, harganya lebih murah.

Kebanyakan produsen sepeda listrik menggunakan BLDC hub karena lebih murah dan dinilai lebih tangguh. Kelemahannya, bobot sepeda listrik dengan BLDC hub lebih berat daripada yang menggunakan BLDC mid drive.

④ Pertimbangkan bobot sepeda listrik

Pertimbangkan bobot sepeda listrik
Bobot sepeda listrik lebih berat daripada sepeda biasa. Sepeda biasa memiliki bobot sekitar 10–13 kg, sedangkan bobot sepeda listrik berkisar 18–22 kg, bahkan lebih. Hal tersebut karena terdapat komponen tambahan pada sepeda listrik, seperti mesin, baterai, dan lain-lain. Selain itu, roda sepeda listrik juga lebih besar untuk menopang sepeda dengan baik.

Bobot sepeda perlu diperhatikan terutama saat Anda berencana membeli sepeda lipat listrik. Pilihlah produk yang berbobot ringan agar mudah Anda bawa ke mana-mana.

10 Rekomendasi sepeda listrik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepeda listrik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pacific

E-Bike Cooltech

Pacific E-Bike Cooltech 1枚目

Anda akan selalu tahu posisi sepeda Anda di tempat parkir

2

Selis

Sepeda Listrik EOI (Energy of Indonesia)

Selis Sepeda Listrik EOI (Energy of Indonesia) 1枚目

Tak ada lagi tragedi ban bocor!

3

Goda

Sepeda Listrik Golden Monkey

Goda Sepeda Listrik Golden Monkey 1枚目

Berjalan di kemiringan 30 derajat? Siapa takut?

4

Uwinfly

Dragonfly

Uwinfly Dragonfly 1枚目

Menyangga kaki Anda dengan aman saat membawa barang di depan

5

Xiaomi

Himo Folding Electric Bicycle

Xiaomi Himo Folding Electric Bicycle 1枚目

Sepeda kaya fitur dengan desain ringkas

6

Volta

Sepeda Listrik

Volta Sepeda Listrik 1枚目

Menyediakan slot USB dan kompas penunjuk arah di badan sepeda

7

Selis

Sepeda Listrik Butterfly Trike

Selis Sepeda Listrik Butterfly Trike 1枚目

Dengan tiga roda, Anda tidak perlu lagi takut jatuh

8

Lankeleisi

Sepeda Elektrik Lipat Plus

Lankeleisi Sepeda Elektrik Lipat Plus  1枚目

Tetap stabil dan terkendali meski melewati jalanan berlubang

9

United Bike

Manrola

United Bike Manrola 1枚目

Melaju kencang dengan delapan level kecepatan

10

Viar

e-Bike

Viar e-Bike 1枚目

Sudah memakai baterai VRLA yang relatif tahan korosi

Perincian produk
Close
No.1

PacificE-Bike Cooltech

Mulai dari Rp4.799.000,00

Anda akan selalu tahu posisi sepeda Anda di tempat parkir

Kelebihan:

  • Bisa menyalakan dan mematikan motor sepeda tanpa kunci

Kekurangan:

  • Lampu depan agak kurang menyorot ke bawah, rentan kesulitan melihat jalan

Terkadang menaruh kendaraan di parkiran yang luas bisa terasa membingungkan. Jika Anda harus memarkir sepeda listrik di tempat luas dan ramai, pastikan Anda tidak kesulitan menemukannya kembali. Salah satu fitur pada sepeda Exotic Cooltech dari Pacific ini bisa membantu.


Selain untuk menyalakan dan mematikan, Anda bisa menggunakan remote bawaan sepeda untuk mengetahui posisi sepeda. Cukup tekan tombolnya, sepeda Anda akan menunjukkan posisinya lewat bunyi.

No.2

SelisSepeda Listrik EOI (Energy of Indonesia)

Mulai dari Rp6.000.000,00

Tak ada lagi tragedi ban bocor!

Kelebihan:

  • Ban tidak dapat kempis dan bocor

Kekurangan:

  • Tekstur ban lebih keras dibandingkan ban lainnya

Untuk Anda yang tak ingin direpotkan dengan ban sepeda yang kempis ataupun bocor, Selis EOI menawarkan solusi untuk Anda. Sepeda listrik ini menggunakan ban airless tire sehingga ban tidak dapat kempis dan bocor.


Dengan ban tersebut, Anda akan lebih hemat tenaga dan biaya untuk memompa ban. Akan tetapi, airless tire memiliki tekstur ban yang lebih keras sehingga perlu waktu untuk terbiasa dengan feel-nya.

No.3

GodaSepeda Listrik Golden MonkeyGD 140

Mulai dari Rp5.290.000,00

Berjalan di kemiringan 30 derajat? Siapa takut?

Kelebihan:

  • Sudah ada remote alarm system
  • Bisa menyalakan dan mematikan motor sepeda tanpa kunci

Kekurangan:

  • Lampu belakang hanya untuk lampu sein dan lampu malam, tanpa lampu rem

Siapa bilang sepeda listrik hanya sanggup berjalan di medan yang lurus dan tidak curam? Sepeda listrik dari Goda ini diklaim kuat berjalan di kemiringan 30 derajat! Opsi terbaik untuk menghindarkan Anda dari kesulitan mengayuh di medan terjal. Sepeda ini juga dilengkapi fitur antimaling. Selain mengeluarkan bunyi alarm, sepeda berbobot 45 kg ini tidak akan bisa digerakkan berkat fitur tersebut.

No.4

Menyangga kaki Anda dengan aman saat membawa barang di depan

Kelebihan:

  • Ada tempat untuk menaruh kaki di samping depan

Kekurangan:

  • Lampu belakang hanya untuk lampu malam dan sein, tanpa lampu rem

Berbeda dengan generasi sebelumnya, sepeda listrik Dragonfly 5 ini sudah dilengkapi tempat pijakan kaki di depan. Fitur baru ini penting jika Anda berencana menggunakannya untuk membawa gas atau galon di depan. Kini kaki Anda tak perlu lagi berdesak-desakan di depan. 


Selain itu, ukurannya yang ramping juga memudahkan Anda melewati gang-gang kecil dengan lincah. Sepeda berbobot 100 kg ini adalah pilihan cerdas untuk menemani Anda membawa berbagai belanjaan.

No.5

XiaomiHimo Folding Electric BicycleZ20

Mulai dari Rp8.699.000,00

Sepeda kaya fitur dengan desain ringkas

Kelebihan:

  • Satu kali pengisian daya bisa digunakan hingga 80 km
  • Baterai bisa dilepas dan di-charge terpisah dari sepeda

Kekurangan:

  • Meskipun memiliki traksi yang bagus, tidak dianjurkan untuk penggunaan di medan terjal

Bisa dibilang bahwa sepeda listrik Xiaomi Himo Z20 ini begitu ringkas dan efisien. Kabel-kabel yang melintang dikumpulkan ke dalam satu pipa supaya rapi. Anda juga tidak perlu repot mengkhawatirkan ban gembos. Produk ini sudah dilengkapi pompa yang bisa difungsikan sebagai sadel. 


Dibandingkan seri sebelumnya Z14, pilihan gigi kecepatan sepeda ini lebih banyak, yaitu enam level. Sepeda lipat berbobot 21,6 kg ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai gaya hidup penuh kepraktisan.

No.6

VoltaSepeda Listrik100

Mulai dari Rp4.375.000,00

Menyediakan slot USB dan kompas penunjuk arah di badan sepeda

Kelebihan:

  • Dilengkapi kotak baterai agar tidak terkena hujan
  • Keyless start yang memungkinkan Anda menyalakan sepeda tanpa kunci

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan fork sepeda terasa keras

Bagi Anda yang suka menjelajah, keberadaan kompas menjadi opsi yang sangat penting. Kini, Anda bisa menemukannya pada sepeda listrik Volta 100. Kompas ini menempel di bagian depan sehingga Anda bisa langsung mengetahui arah kapan saja diperlukan.


Jika enggan menggunakan kompas dan lebih memilih aplikasi maps di ponsel, Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya di jalan. Sepeda ini juga menyediakan slot USB. Jadi, Anda juga bisa mengisi ulang daya ponsel kapan pun dan di mana pun.

No.7

SelisSepeda Listrik Butterfly Trike

Mulai dari Rp8.400.000,00

Dengan tiga roda, Anda tidak perlu lagi takut jatuh

Kelebihan:

  • Bisa digunakan oleh kaum difabel

Kekurangan:

  • Bodi sepeda kurang ramping dibandingkan sepeda pada umumnya

Anda ingin bisa bepergian, tetapi tidak bisa mengendarai sepeda roda dua? Mungkin juga Anda ingin menghadiahkan sepeda untuk keluarga atau sahabat difabel Anda? Mungkin produk dari Selis ini bisa dipertimbangkan. Sepeda listrik ini memiliki tiga roda, yaitu satu roda di depan dan dua roda di belakang. Jadi, Anda tak perlu khawatir akan terjatuh karena tidak seimbang.

No.8

LankeleisiSepeda Elektrik Lipat Plus XT750

Mulai dari Rp13.799.555,00

Tetap stabil dan terkendali meski melewati jalanan berlubang

Kelebihan:

  • Tetap stabil saat melewati berbagai medan

Kekurangan:

  • Sistem alarm harus dibeli terpisah

Jika Anda sering bersepeda di area yang terdapat banyak lubang dan polisi tidur, pilihlah produk dari Lankeleisi ini. Sepeda listrik model fat bike ini memiliki roda yang besar dan tebal. Berkat roda tersebut, sepeda akan tetap stabil saat melewati berbagai medan, bahkan jalanan yang bergelombang. Meski bodinya tampak besar, produk ini bisa dilipat menjadi ringkas dan dimasukkan ke bagasi mobil.

No.9

Melaju kencang dengan delapan level kecepatan

Kelebihan:

  • Ada delapan tingkat kecepatan

Kekurangan:

  • Rem masih mekanik, Anda perlu meluangkan waktu dan tenaga untuk upgrade ke model hidraulis

Melaju kencang menembus terpaan angin di alam terbuka membawa kesenangan sendiri bagi sebagian orang. Bagi Anda pencinta kegiatan lintas alam dengan bersepeda, e-bike United Bike Manrola patut Anda jajal. 


Dari delapan level kecepatan, Anda bisa memilih kecepatan yang paling sesuai. Bahkan level satu bisa membuat sepeda melaju cukup kencang. Meskipun demikian, Anda tidak dianjurkan menggunakan sepeda ini di jalan yang penuh lonjakan. Tujuannya agar sepeda Anda jadi lebih awet.

No.10

Viare-BikeAkasha 1

Mulai dari Rp7.610.000,00

Sudah memakai baterai VRLA yang relatif tahan korosi

Kelebihan:

  • Baterai sudah menggunakan VRLA sehingga lebih awet

Kekurangan:

  • Sadel tidak bisa ditinggikan

Kekhawatiran dalam menggunakan sepeda listrik antara lain adalah masalah paparan terhadap air dan udara. Apalagi Indonesia adalah negara yang relatif lembap dan cukup sering hujan. 


Nah, Viar Akasha 1 sudah menggunakan baterai VRLA yang terkenal tahan korosi. Bagi Anda yang sangat memedulikan masalah keawetan baterai, sepeda listrik berbobot 66.25 kg ini perlu Anda pertimbangkan.

Pertanyaan umum seputar sepeda listrik

Pertanyaan umum seputar sepeda listrik

Setelah membahas tips memilih dan merekomendasikan produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar sepeda listrik untuk Anda. Bacalah uraian di bawah ini untuk mengetahui jawaban dari tiap pertanyaannya.

Berapa jarak tempuh sepeda listrik?

Saat menggunakan tenaga baterai, sepeda listrik bisa melaju sepanjang 30 km bahkan hingga 90 km tergantung kapasitas baterai.

Apakah sepeda listrik kuat di tanjakan?

Tenang saja, sepeda listrik cukup kuat untuk naik di tanjakan. Anda hanya perlu memastikan baterai Anda memiliki kapasitas dan daya memadai.

Apakah sepeda listrik bisa dipakai saat hujan alias tidak nyetrum?

Sepeda listrik yang bagus memberikan keamanan pada baterai dan motornya sehingga tidak mudah rusak ataupun menyetrum saat terkena hujan. Meskipun masih aman dikendarai ketika gerimis, sebaiknya hindari membawa sepeda listrik saat hujan deras.

Tips merawat baterai sepeda listrik

Tips merawat baterai sepeda listrik

Harga baterai sepeda listrik cukup mahal. Agar tidak cepat rusak, rawatlah dengan baik. Berikut ini tips agar baterai sepeda listrik Anda tetap awet.


  • Segera cas baterai saat tersisa 25% atau selesai dipakai. Hindari mengisi baterai setelah habis. Anda juga tidak harus mengisinya hingga penuh. 

  • Isi baterai secara rutin meskipun tidak dipakai. Baterai yang kosong terlalu lama dapat mengurangi usia pemakaian.

  • Perhatikan durasi pengecasan sepeda listrik sesuai buku manual. Jangan mengecas baterai terlalu lama.

  • Saat akan mengisi ulang, matikan mesin, cabut kunci, dan lepas baterai dari sepeda. Setelah itu, sambungkan baterai ke stopkontak. Jangan mengecas baterai saat mesin menyala.

  • Hindari tanjakan yang terlalu curam, terutama untuk sepeda listrik selain MTB. Jika dipaksakan, kondisi sepeda listrik akan melemah.

  • Gas secara perlahan untuk menambah kecepatan. Jika Anda langsung menambahkan kecepatan penuh, baterai akan cepat panas dan melemah.

Baca juga rekomendasi produk sepeda lainnya di sini

Kami juga menyiapkan artikel-artikel tentang sepeda lainnya yang dapat Anda pertimbangkan. Silakan klik beberapa link di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan sepeda listrik yang ideal untuk sehari-hari? Hal yang paling penting saat memilih sepeda listrik adalah tujuan penggunaan. Anda harus memiliki tujuan yang jelas sebelum membelinya.


Agar tidak kebingungan, Anda dapat merujuk pada tips-tips yang sudah kami jabarkan di atas. Yuk, kurangi emisi karbon dengan menggunakan sepeda listrik yang lebih sehat dan ramah lingkungan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer