• 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Pada masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merk sepeda listrik buatan lokal maupun luar negeri yang dijual di pasaran.


Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan sepuluh merk sepeda listrik terkenal, misalnya Xiaomi, Polygon Bikes, dan Jarvis. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa perbedaan sepeda listrik dengan sepeda biasa?

Apa perbedaan sepeda listrik dengan sepeda biasa?

Sepeda listrik adalah sepeda yang ditambahkan dengan motor listrik atau dinamo sebagai pembantu penggeraknya. Secara umum, cara kerja sepeda listrik dibagi menjadi dua, yaitu pedelec dan throttle.


Pedal electric cycle atau pedelec memiliki bentuk mirip sepeda biasa yang ditambahkan motor. Motor tersebut berfungsi untuk memberikan bantuan saat mengayuh pedal agar sepeda dapat berjalan lebih ringan dan mudah. Sementara itu, throttle menggunakan grip yang diputar untuk menjalankan motor penggerak layaknya sepeda motor. Karena itu, sepeda listrik dapat melaju lebih cepat daripada sepeda biasa.


Sepeda listrik dilengkapi dengan baterai untuk menggerakkan motornya. Tiap produk sepeda listrik memiliki jenis baterai dan kapasitas yang berbeda. Makin besar kapasitas baterainya, makin jauh jarak yang bisa ditempuh oleh sepeda listrik. Selain itu, sepeda listrik tidak mengeluarkan gas emisi sehingga dinilai lebih ramah lingkungan.


Untuk jarak tempuh yang relatif dekat, menggunakan sepeda listrik adalah pilihan terbaik. Hal ini karena Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk perjalanan pulang pergi. Harga dan biaya perawatan sepeda listrik juga relatif terjangkau. Apalagi, saat ini Anda tidak membutuhkan SIM untuk mengendarai sepeda listrik. Karena itu, banyak orang yang lebih memilih sepeda listrik daripada sepeda motor.

Cara memilih sepeda listrik

Sepeda listrik memiliki banyak jenis dengan spesifikasi yang berbeda pula. Agar tidak salah memilih, mari kenali terlebih dahulu cara memilih sepeda listrik.

Pilih berdasarkan jenisnya

Terdapat beragam jenis sepeda listrik yang dijual di pasaran, seperti sepeda listrik hybrid, sepeda gunung, sepeda lipat, dan lain-lain. Untuk mengetahui perbedaannya lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini.

Sepeda listrik hybrid, cocok digunakan di jalanan perkotaan

Sepeda listrik hybrid, cocok digunakan di jalanan perkotaan

Sepeda listrik hybrid merupakan gabungan antara sepeda gunung dan sepeda balap yang ditambahkan dengan motor. Sepeda ini sangat nyaman digunakan untuk bersepeda di perkotaan karena dapat melaju dengan baik di jalanan beraspal. Karena itu, sepeda listrik hybrid banyak diminati oleh warga kota.


Berkat bantuan tenaga motor, sepeda listrik hybrid dapat melaju lebih cepat daripada sepeda hybrid biasa. Dengan demikian, sepeda listrik jenis ini sangat pas dipilih oleh Anda yang ingin memulai bike to work. Selain itu, terdapat pula sepeda listrik hybrid yang memiliki keranjang penyimpanan.

Sepeda lipat listrik, fleksibel dan praktis untuk dibawa bepergian

Sepeda lipat listrik, fleksibel dan praktis untuk dibawa bepergian

Sama seperti sepeda lipat pada umumnya, sepeda lipat listrik memiliki bagian yang dapat dilipat sehingga mudah dibawa bepergian. Karena itu, sepeda lipat listrik dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang suka bersepeda di mana pun. Anda bahkan dapat membawanya saat pergi liburan atau saat dinas lama di luar kota. Namun, dibalik kemudahannya, sepeda lipat listrik memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya.

Sepeda listrik gunung, memudahkan saat menyusuri jalanan off-road

Sepeda listrik gunung, memudahkan saat menyusuri jalanan off-road

Sepeda listrik gunung atau electric mountain bike (e-MTB) memiliki tenaga yang lebih kuat daripada jenis sepeda listrik lainnya. Hal ini karena e-MTB didesain untuk melewati jalan pegunungan yang menanjak, terjal, dan penuh rintangan. Dengan bantuan tenaga listrik yang lebih kuat, mengayuh pedal sepeda menjadi lebih ringan saat jalan menanjak. 


Baterai sepeda e-MTB biasanya diletakkan lebih rendah dan ada di pusat sepeda. Hal ini ditujukan agar sepeda lebih stabil dan mudah dikendalikan. Kebanyakan baterai e-MTB juga tahan air sehingga tetap aman meski sepeda melewati genangan.

Sepeda listrik comfort dan cruiser, nyaman digunakan untuk bersantai

Sepeda listrik comfort dan cruiser, nyaman digunakan untuk bersantai

Sepeda listrik comfort dan cruiser memiliki bentuk seperti sepeda klasik dengan sadel yang lebih lebar dan empuk. Sama dengan sepeda comfort dan cruiser biasa, sepeda listrik jenis ini memiliki posisi duduk yang tegak sehingga nyaman digunakan. Jadi, sepeda ini sangat cocok dipakai untuk bersantai sambil melihat pemandangan taman kota atau menyisir pantai.

Sesuaikan kapasitas baterai dengan jarak tempuh

Sesuaikan kapasitas baterai dengan jarak tempuh

Baterai yang digunakan pada sepeda listrik adalah baterai isi ulang. Di antara komponen sepeda listrik, baterai memiliki harga yang paling mahal. Hal ini karena baterai merupakan komponen terpenting yang bekerja sebagai penyuplai listrik ke motor.


Makin besar kapasitas baterai, makin jauh pula jarak tempuhnya. Akan tetapi, kapasitas baterai yang besar juga dapat menambah bobot sepeda listrik. Apabila sepeda listrik terlalu banyak menahan beban, motor akan bekerja lebih cepat dan baterai pun akan lebih cepat habis. Karena itu, kapasitas baterai benar-benar harus dipertimbangkan saat memilih sepeda listrik.


Terdapat beberapa jenis baterai yang digunakan sepeda listrik. Berikut jenis-jenis baterai yang sering digunakan:


  • Lithium-ion (Li-ion): Jenis baterai yang paling banyak digunakan di sepeda listrik. Lebih tahan lama dan bertenaga dibandingkan dengan baterai lainnya. Akan tetapi, baterai ini tidak dapat diisi berlebihan maupun terlalu kosong.
  • Lithium cobalt (LCO): Baterai ini memiliki bentuk yang sangat ringkas dan ringan dengan tenaga besar.
  • Lithium-ion polymer (LiPo): Tidak memerlukan pelindung baterai karena tidak mengandung cairan di dalamnya. Karena itu, baterai ini lebih stabil dan mudah dibentuk.
  • Lithium manganese (LiMg204): Baterai lithium terbaru yang juga digunakan pada mobil hybrid Nissan. Baterai ini diklaim sebagai baterai terbaik karena bisa menghasilkan tenaga yang banyak dan bertahan lama. Namun, baterai ini memiliki harga yang paling mahal daripada baterai lithium lainnya.
  • Sealed lead-acid (SLA): Baterai SLA atau aki kering ini mudah didaur ulang dan harganya lebih murah. Akan tetapi, baterai ini membutuhkan perawatan ekstra karena lebih sensitif dibandingkan baterai lainnya. Ditambah lagi, baterai ini memiliki bobot kurang lebih 14 kg sehingga menambah beban sepeda listrik.
  • Nickel-cadmium (Ni-Cd): Baterai ini memiliki kapasitas yang lebih besar daripada baterai SLA. Namun, baterai ini tidak ramah lingkungan karena tidak dapat dibuang dengan aman dan sulit didaur ulang. Hal ini karena baterai ini mengandung kadmium atau logam putih yang dapat mencemari lingkungan.
  • Nickel-metal hydride (NiMH): Baterai NiMH dinilai lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan baterai NiCD. Meskipun demikian, baterai ini tetap harus melalui proses khusus untuk didaur ulang.

Pilih motor penggerak yang sesuai dengan tujuan penggunaan

Pilih motor penggerak yang sesuai dengan tujuan penggunaan

Motor penggerak atau dinamo juga merupakan bagian penting pada sepeda listrik. Biasanya, motor diletakkan di pusat roda depan atau belakang. Ada juga produsen yang meletakkannya di tengah kerangka sepeda. Dengan adanya motor, sepeda listrik dapat melaju lebih cepat.


Terdapat dua jenis motor yang umum dipakai, yaitu brushed dan brushless. Motor brushed memiliki harga yang lebih murah daripada brushless. Akan tetapi, motor brushed biasanya digunakan pada peralatan dengan mekanisme yang simpel seperti skuter listrik.


Sementara itu, motor brushless atau brushless DC electric motor (BLDC) lebih banyak digunakan oleh para produsen sepeda listrik. Hal ini karena motor BLDC dapat menghasilkan kecepatan dan torsi akselerasi yang lebih baik. Selain itu, motor BLDC juga tidak bising serta lebih mudah dirawat.


Berdasarkan peletakannya, motor BLDC terbagi menjadi dua, yaitu BLDC mid drive dan BLCD hub. BLDC mid drive diletakkan di gear depan atau crankset sepeda, sedangkan BLDC hub ditaruh di pusat roda. Kebanyakan produsen sepeda listrik menggunakan BLDC hub karena harganya lebih murah dan dinilai lebih tangguh. Akan tetapi, sepeda listrik dengan BLDC hub memiliki bobot yang lebih berat daripada yang menggunakan BLDC mid drive.

Pertimbangkan juga total bobotnya

Pertimbangkan juga total bobotnya

Di balik kemudahannya saat dipakai menggowes, sepeda listrik memiliki bobot yang lebih berat daripada sepeda biasa. Sepeda biasa memiliki bobot sekitar 10–13 kg, sedangkan bobot sepeda listrik berkisar 1822 kg, bahkan lebih. Hal ini karena terdapat komponen tambahan pada sepeda listrik, seperti mesin, baterai, dan lain-lain. Selain itu, sepeda listrik juga mempunyai roda yang lebih besar supaya dapat menopang sepeda dengan baik.


Sepeda lipat listrik banyak digemari karena bisa ditenteng naik turun tangga atau dibawa menyeberang JPO. Anda tentu juga ingin membawa sepeda lipat listrik ke mana-mana, bukan? Karena itu, pilihlah yang bobotnya ringan, misalnya 20 kg atau kurang. Namun, jika Anda tidak berencana untuk membawanya, Anda tidak perlu memikirkan masalah bobot.

10 Rekomendasi sepeda listrik terbaik

Setelah mengetahui tips memilih sepeda listrik, sekarang kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari berbagai merk ternama. Pilihlah yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

10

Eco Tumbuh SejahteraINDOBIKE Sepeda Listrik Akasia Roda 4

IB-A401

Mulai dari Rp 7.500.000,00

JenisSepeda listrik comfort
Bahan frameSteel
Motor500 watt
Kecepatan maksimal45 km/jam
BateraiLead acid 48V 12Ah
Waktu pengisian daya6–8 jam
Diameter roda16 inci
Bobot70 kg
9
JenisSepeda listrik comfort
Bahan frameTidak disebutkan
Motor350 watt
Kecepatan maksimal28–30 km/jam
Baterai36V 12Ah
Waktu pengisian daya6 jam
Diameter roda14 inci
BobotTidak disebutkan
8

PT. Selis Retail IndonesiaSelis EOI (Energy of Indonesia)

Mulai dari Rp 3.500.000,00

JenisSepeda listrik cruiser
Bahan frameAlloy
MotorBLDC 180 watt
Kecepatan maksimal20 km/jam
BateraiLithium 36V 5,2Ah
Waktu pengisian dayaHingga 3 jam
Diameter roda20 inci
BobotTidak disebutkan
7

Uwinfly Indonesia IndustriesU-Winfly Butterfly

Mulai dari Rp 6.290.000,00

JenisSepeda listrik comfort
Bahan frameTidak disebutkan
Motor350 watt
Kecepatan maksimal30 km/jam
Baterai48V 12Ah
Waktu pengisian dayaTidak disebutkan
Diameter roda16 inci
BobotTidak disebutkan
6

XiaomiMi Home (Mijia) QiCycle Folding Electric Bike

Mulai dari Rp 9.499.000,00

JenisSepeda lipat listrik
Bahan frameAluminum
Motor250 watt
Kecepatan maksimal20 km/jam
BateraiLithium-ion Panasonic 18650 5800mAh 208,8Wh
Waktu pengisian daya3 jam
Diameter roda16 inci
Bobot14,5 kg
5

LankeleisiSepeda Elektrik Lipat Plus XT750

Mulai dari Rp 11.689.000,00

JenisSepeda lipat listrik
Bahan frame6061 aviation aluminum alloy
MotorBLDC 1000 W
Kecepatan maksimal30 km/jam
BateraiLithium Panasonic 18650 48V 10Ah
Waktu pengisian dayaTidak disebutkan
Diameter roda26 inci
BobotTidak disebutkan
4

Polygon BikesGili Velo

502697001

Mulai dari Rp 14.500.000,00

JenisSepeda minivelo listrik
Bahan frameALX alloy commuting/commuting 20 inci
MotorBLCD 36V 250 watt
Kecepatan maksimal25 km/jam
BateraiLithium-ion 7Ah 252Wh
Waktu pengisian daya4–6 jam
Diameter roda20 inci
Bobot17,4 kg
3
JenisSepeda listrik hybrid, sepeda lipat listrik
Bahan frameTidak disebutkan
MotorBLDC 200 watt
Kecepatan maksimal25 km/jam
BateraiLithium 24V 7,8Ah
Waktu pengisian daya3–4 jam
Diameter roda20 inci
Bobot20,8 kg
2
JenisSepeda lipat listrik
Bahan frameE-folding magnesium
MotorRear hub 250 watt with United component
Kecepatan maksimal35 km/jam
BateraiLithium 36V 7,5Ah
Waktu pengisian daya5,5 jam
Diameter roda16 inci
BobotTidak disebutkan
1
JenisSepeda listrik gunung
Bahan frameALX enduro
MotorShimano DU-EP800
Kecepatan maksimal32 km/jam
Baterai36V 14Ah
Waktu pengisian daya4–8 jam
Diameter roda29 inci
Bobot24,5 kg

Tabel perbandingan produk sepeda listrik terbaik

Gambar produk
1
Polygon Bikes Bromo N8 1

Polygon Bikes

2
United Bike IO 1

United Bike

3
Triangle Motorindo Viar Panama 1

Triangle Motorindo

4
Polygon Bikes Gili Velo 1

Polygon Bikes

5
Lankeleisi Sepeda Elektrik Lipat Plus XT750 1

Lankeleisi

6
Xiaomi Mi Home (Mijia) QiCycle Folding Electric Bike 1

Xiaomi

7
Uwinfly Indonesia Industries U-Winfly Butterfly 1

Uwinfly Indonesia Industries

8
PT. Selis Retail Indonesia Selis EOI (Energy of Indonesia) 1

PT. Selis Retail Indonesia

9
Jarvis  1+ 1

Jarvis

10
Eco Tumbuh Sejahtera INDOBIKE Sepeda Listrik Akasia Roda 4 1

Eco Tumbuh Sejahtera

Nama produk

Bromo N8

IO

Viar Panama

Gili Velo

Sepeda Elektrik Lipat Plus XT750

Mi Home (Mijia) QiCycle Folding Electric Bike

U-Winfly Butterfly

Selis EOI (Energy of Indonesia)

1+

INDOBIKE Sepeda Listrik Akasia Roda 4

Keunggulan

Bisa melewati medan apa pun dengan lincah

Desainnya keren, pilihan warnanya menarik

Lewati jalan menanjak maupun menurun dengan mudah dan bergaya

Ramping dan gesit untuk melewati kemacetan jalanan perkotaan

Tetap stabil dan terkendali meski melewati jalanan berlubang

Ringan banget! Bobotnya tak sampai 15 kg

Cegah pencurian sepeda dengan remote alarm

Tak ada lagi tragedi ban bocor!

Parkir jadi lebih aman berkat adanya wheel lock

Dirancang untuk Anda yang tidak bisa mengendarai sepeda roda dua dan penyandang disabilitas

Harga mulai dariRp 80.000.000,00Rp 11.450.000,00Rp 7.500.000,00Rp 14.500.000,00Rp 11.689.000,00Rp 9.499.000,00Rp 6.290.000,00Rp 3.500.000,00Rp 5.500.000,00Rp 7.500.000,00
JenisSepeda listrik gunungSepeda lipat listrikSepeda listrik hybrid, sepeda lipat listrikSepeda minivelo listrikSepeda lipat listrikSepeda lipat listrikSepeda listrik comfortSepeda listrik cruiser Sepeda listrik comfortSepeda listrik comfort
Bahan frameALX enduroE-folding magnesiumTidak disebutkanALX alloy commuting/commuting 20 inci6061 aviation aluminum alloyAluminumTidak disebutkanAlloyTidak disebutkanSteel
MotorShimano DU-EP800Rear hub 250 watt with United componentBLDC 200 wattBLCD 36V 250 wattBLDC 1000 W250 watt350 wattBLDC 180 watt350 watt500 watt
Kecepatan maksimal32 km/jam35 km/jam25 km/jam25 km/jam30 km/jam20 km/jam30 km/jam20 km/jam28–30 km/jam45 km/jam
Baterai36V 14AhLithium 36V 7,5AhLithium 24V 7,8AhLithium-ion 7Ah 252WhLithium Panasonic 18650 48V 10AhLithium-ion Panasonic 18650 5800mAh 208,8Wh48V 12AhLithium 36V 5,2Ah36V 12AhLead acid 48V 12Ah
Waktu pengisian daya4–8 jam5,5 jam3–4 jam4–6 jamTidak disebutkan3 jamTidak disebutkanHingga 3 jam6 jam6–8 jam
Diameter roda29 inci16 inci20 inci20 inci26 inci16 inci16 inci20 inci14 inci16 inci
Bobot24,5 kgTidak disebutkan20,8 kg17,4 kgTidak disebutkan14,5 kgTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan70 kg
Tautan produk

Tips merawat baterai sepeda listrik

Tips merawat baterai sepeda listrik

Baterai sepeda listrik memiliki harga yang cukup mahal. Agar tidak cepat rusak, Anda harus memberi perhatian khusus dan merawatnya dengan baik. Untuk itu, kami akan memberikan sedikit tips agar baterai sepeda listrik Anda tetap awet.


  • Segera cas baterai saat tersisa 25%. Tidak disarankan mengisi baterai ketika benar-benar habis. Tidak diisi hingga penuh tidak apa-apa. Namun, sebaiknya segera cas sepeda tiap selesai dipakai.
  • Hindari baterai kosong terlalu lama karena dapat mengurangi usia baterai. Disarankan rutin mengecas baterai meskipun tidak digunakan.
  • Jangan mengecas baterai terlalu lama. Anda bisa melihat buku manual untuk mengetahui durasi mengecas sepeda listrik.
  • Saat akan melakukan pengisian ulang, matikan mesin, cabut kunci, dan lepas baterai dari sepeda. Setelah itu, sambungkan baterai ke stopkontak. Jangan mengecas baterai saat mesin dalam keadaan menyala.
  • Hindari tanjakan yang terlalu curam. Jika dipaksakan, kondisi sepeda listrik akan melemah. Sebaiknya, lewati jalan yang cenderung datar terutama jika Anda memakai sepeda listrik yang bukan jenis MTB.
  • Gas secara perlahan untuk menambah kecepatan. Jika Anda langsung menambahkan kecepatan penuh, baterai akan cepat panas dan menjadi tidak kuat.

Baca juga rekomendasi produk sepeda lainnya di sini

Apakah Anda sedang mencari sepeda lainnya selain sepeda listrik? Kami juga telah menyiapkan artikel-artikel merek sepeda lainnya yang dapat Anda pertimbangkan. Untuk membaca selengkapnya, Anda dapat mengeklik beberapa link yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan sepeda listrik yang ideal untuk sehari-hari? Hal yang paling penting saat memilih sepeda listrik adalah tujuan penggunaan. Anda harus memiliki tujuan yang jelas sebelum membelinya.


Agar tidak kebingungan, Anda dapat merujuk pada tips-tips yang sudah kami jabarkan di atas. Yuk kurangi emisi karbon dengan menggunakan sepeda listrik yang lebih sehat dan ramah lingkungan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda BMX Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda BMX Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, BMX menjadi salah satu olahraga menantang yang populer di kalangan anak muda. Dengan menggunakan sepeda BMX, Anda bisa mendapatkan pengalaman menantang yang menjadi kesenangan tersendiri. Ada beberapa jenis BMX yang bisa Anda temukan tergantung dengan jenis aktivitas dan medan yang ingin ditaklukkan.Kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih sepeda BMX untuk pemula. Kemudian, kami juga akan mengulas beberapa produk terbaik, seperti Polygon, Wimcycle, dan produk lainnya. Bacalah dengan teliti dan temukan BMX yang akan menjadi teman Anda berpetualang.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda roda tiga merupakan mainan yang mendukung perkembangan anak-anak usia balita. Merek-merek seperti IIMO, Jefferys, dan Fisher Price sudah terkenal dalam produk sepeda roda tiga. Namun, mungkin Anda masih bingung dalam memilih produk terbaik untuk anak Anda.Dari sekian banyak pertimbangan yang dilakukan saat memilih produk, ada beberapa yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah keamanan dan kenyamanan. Di artikel ini, kami akan memberikan tips tentang cara memilih sepeda roda tiga terbaik dan juga produk rekomendasinya. Selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah anak laki-laki Anda sangat aktif? Bersepeda bisa menjadi aktivitas yang seru untuk menyalurkan energinya. Tampilan sepeda yang menarik tentu membuat pengalaman bersepeda lebih menyenangkan. Terdapat produk dari banyak merek terkenal, seperti Polygon Bikes, United Bike, dan Wimcycle yang modelnya maskulin. Sesuai dengan kesukaan anak laki-laki Anda, bukan?Selain desain, tentu Anda juga perlu memperhatikan segi keamanan sepeda. Agar memudahkan Anda memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda untuk anak laki-laki. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produknya yang bagus. Jadi, simak artikel ini sampai habis dan selamat membaca!
    Sepeda
  • 8 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    8 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan delapan sepeda gunung terbaik untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Statis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Statis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ingin bersepeda, tetapi takut kehujanan atau terhambat kemacetan? Menggunakan sepeda statis di rumah atau gym adalah solusinya! Selain memiliki banyak manfaat, berolahraga dengan sepeda statis juga lebih aman untuk lansia dan orang yang ingin terapi kaki. Bersepeda statis selama 30 menit hingga 1 jam setiap harinya sudah cukup ideal untuk menjaga kesehatan.Sepeda statis memiliki banyak jenis dan fitur yang bisa Anda pilih. Kami akan membahas tips memilihnya di artikel ini agar memudahkan Anda. Beberapa rekomendasi dari merek terkenal, seperti Kettler, Berwyn, dan Jaco pun akan kami ulas!
    Sepeda
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori