• 10 Kopi Kintamani Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kopi Kintamani Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kopi Kintamani Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kopi Kintamani Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kopi Kintamani Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kopi Kintamani Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)

Para penikmat kopi pastinya sudah tidak asing lagi dengan kopi Kintamani khas Bali. Kopi Kintamani adalah kopi yang terkenal memiliki cita rasa unik dengan sensasi citrus. Untuk Anda yang baru ingin mencoba kopi Kintamani Bali, Anda bisa membaca artikel ini terlebih dahulu.

 
Kami akan mengulas tentang rekomendasi produk kopi Kintamani beserta cara memilihnya. Anda akan menemukan beberapa merk kopi Kintamani arabica yang enak, seperti Otten Coffee, Tanamera Coffee, dan Sentra Kopi. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Buat Anda yang penasaran, langsung scroll ke bawah, yuk!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Lalu Ahmad Alpian
  • Pembaharuan terakhir: 12 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop.


Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kopi Kintamani, kopi khas Bali dengan sensasi citrus yang unik

Kopi Kintamani adalah kopi yang ditanam di kawasan Kintamani, Bali. Kopi ini termasuk jenis kopi arabika dengan rasa yang ringan. Kopi Kintamani khas Bali memiliki tingkat kafeina yang lebih rendah dibanding kopi robusta sehingga lebih aman di lambung. Rasanya yang ringan sangat cocok untuk dinikmati semua pencinta kopi.

 
Daya tarik kopi Kintamani terletak pada cita rasanya yang unik, yaitu terdapat rasa segar citrus saat diseruput. Kopi ini ditanam bersebelahan dengan area penanaman buah. Hal itulah yang membuat rasa citrus didapatkan secara alami saat proses penanaman biji kopi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kopi Kintamani

Meski terkesan simpel, pemilihan kopi yang tepat akan menghasilkan rasa kopi yang nikmat. Jadi, perhatikan dahulu tips memilih kopi Kintamani di bawah ini.

Pilih berdasarkan bentuk kopinya

Di pasaran Anda sering menjumpai kopi yang dijual dalam bentuk biji atau bubuk. Kedua bentuk ini memiliki kelebihannya masing-masing yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Biji kopi, untuk hasil dan kualitas kopi yang selalu segar

Biji kopi, untuk hasil dan kualitas kopi yang selalu segar

Jika Anda terbiasa minum kopi setiap hari, sebaiknya Anda membeli kopi berbentuk biji. Biji kopi lebih mampu menjaga kualitas dan rasa kopi yang dihasilkan. Hal ini dikarenakan biji kopi tidak mudah teroksidasi seperti halnya bubuk kopi. Biji kopi yang diekstrak dan langsung diseduh akan menghasilkan rasa kopi yang lebih segar.


Namun, jika Anda hendak membeli biji kopi, pastikan Anda memiliki grinder atau penggiling kopi di rumah. Dengan alat itu, Anda bebas menentukan seberapa halus hasil gilingan kopi yang diinginkan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pastikan Anda segera menyeduh kopi sesaat setelah digiling. Selain grinder, ada juga mesin penyeduh kopi yang dapat langsung membuat kopi dari bentuk biji.

Bubuk kopi, praktis dan bisa langsung dinikmati

Bubuk kopi, praktis dan bisa langsung dinikmati

Apabila Anda belum memiliki alat seduh kopi atau grinder, Anda bisa memilih kopi bubuk sebagai pilihan. Keunggulan dari bubuk kopi adalah kepraktisan dalam penyeduhannya. Anda tidak perlu menggiling kopi terlebih dahulu sebelum meminumnya.


Bubuk kopi sendiri dibedakan menjadi beberapa tingkat kehalusan, yaitu coarse grind (gilingan kasar), medium grind (gilingan sedang), dan fine grind (gilingan halus). Coarse grind adalah bentuk bubuk yang paling kasar, medium grind berbentuk cukup halus, dan fine adalah yang paling halus. Jika Anda tidak mau repot dan ingin tinggal menyeduhnya, pilihlah kopi bubuk dengan tingkat kehalusan fine.


Sebelum membeli kopi yang sudah di haluskan (pre-ground), tentukan dulu karakter seduhan yang ingin dicapai. Ukuran gilingan memengaruhi intensitas rasa dari seduhan kopi. Makin halus gilingan, rasa seduhan kopi akan makin intens. Begitu pula sebaliknya. 


Saat membeli kopi bubuk, disarankan tidak membeli dalam jumlah banyak agar rasa dan aroma kopi tetap segar. Selain itu, untuk menjaga kualitas kopi, taruhlah kopi bubuk yang sudah dibuka ke dalam wadah kedap udara. Anda juga bisa membeli drop coffee yang berukuran sekitar 10 gr dan siap seduh untuk satu cangkir kopi.

Cek roast date-nya sebelum membeli

Cek roast date-nya sebelum membeli

Roast date atau tanggal sangrai juga merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi cita rasa kopi. Biasanya info roast date kopi tertera pada kemasan. Jika Anda membelinya secara online dan seller tidak mencantumkan tanggal roast date, jangan sungkan untuk menanyakannya.  


Roast date ini penting sebagai informasi sudah berapa lama kopi disangrai. Kopi dapat menghasilkan rasa terbaiknya dalam rentang 7–14 hari setelah disangrai. Umumnya, setelah 30 hari aroma kopi akan berkurang secara konsisten. Kopi yang terlalu lama disimpan setelah sangrai juga akan terasa hambar dan flat saat diseduh.

Sesuaikan roast level dengan selera lidah Anda

Pernahkah Anda memperhatikan warna biji kopi yang Anda temui? Umumnya, terdapat tiga tingkatan warna biji kopi, yaitu light, medium, dan dark. Warna biji kopi ini merupakan hasil dari proses roasting yang kemudian disebut dengan roast level. Roast level ini juga bisa memengaruhi rasa asam dan jumlah kafein pada kopi.

Light roast, lebih asam dan mengandung lebih banyak kafein

Light roast, lebih asam dan mengandung lebih banyak kafein

Light roast merupakan biji kopi berwarna cokelat muda terang dan tidak memiliki minyak pada permukaannya. Biji kopi yang disangrai pada level ini lebih asam dan jumlah kafeinnya lebih tinggi ketimbang level lainnya. Selain itu, rasa kopi yang dihasilkan juga lebih kompleks dan memiliki rasa yang kaya.

Medium roast, rasa dan aroma terasa seimbang

Medium roast, rasa dan aroma terasa seimbang

Di level ini Anda akan menemukan biji kopi dengan warna lebih gelap dari light roast. Permukaan biji kopi juga tidak tampak adanya tampilan minyak. Pada level medium roast, biji kopi memiliki rasa, aroma, tingkat keasaman, dan kompleksitas yang seimbang. Selain itu, kadar kafein pada kopi juga lebih rendah jika dibandingkan dengan light roast.

Dark roast, rasanya pahit dengan kadar kafein yang rendah

Dark roast, rasanya pahit dengan kadar kafein yang rendah

Biji kopi yang disangrai sampai level dark roast memiliki warna yang gelap menjurus ke hitam. Selain itu, biji kopi terlihat berminyak dan ketika diseduh minyak pada permukaan akan terlihat makin jelas. Kopi ini terasa pahit saat diminum. Kadar kafeinnya pun terbilang paling rendah dibanding dua level sebelumnya. 

Pilih berat kopi berdasarkan konsumsi kopi harian

Ketika membeli kopi, Anda harus mempertimbangkan konsumsi kopi Anda. Apakah Anda minum kopi sekali sehari atau malah beberapa kali dalam sehari? Menghitung jumlah asupan kopi akan membantu Anda mendapatkan gambaran berat kopi yang perlu Anda beli.


Mari estimasikan dalam satu hari Anda meminum satu cup kopi sebanyak 180 ml. Dengan menggunakan rumus coffee to water ratio, Anda bisa memperkirakan pemakaian bubuk kopi harian. Perbandingannya adalah 1:18. Untuk menghasilkan 180 ml kopi dibutuhkan 10 gr bubuk kopi. Jika konsumsi ini dikalikan 30 hari, Anda berarti membutuhkan 300 gr kopi bubuk dalam sebulan.


Anda dapat menyesuaikan pembelian bubuk kopi dengan perhitungan di atas. Untuk menjaga rasa kopi tetap segar, sebaiknya Anda membeli bubuk kopi dalam jumlah yang sedikit. Anda bisa kembali membeli bubuk kopi jika persediaan sudah habis.

Pilih kemasan yang dapat menjaga kualitas kopi

Pemilihan kemasan produk yang tepat akan menjaga kualitas rasa dan aroma kopi Kintamani. Anda mungkin akan menemui beberapa bentuk kemasan, tetapi yang paling umum adalah kemasan zipper. Zipper dapat mengunci dan menahan udara di dalam kemasan sehingga menjaga aroma kopi tidak mudah teroksidasi.


Kemasan kopi kini juga banyak dilengkapi dengan one way valve. One way valve ini berbentuk lingkaran kecil dan berlubang pada kemasan kopi. Dalam 2–3 minggu awal setelah kopi dipanggang, kopi akan mengeluarkan gas CO2. Jika gas tersebut berada dalam keadaan tertutup secara terus-menerus, kopi akan kehilangan kesegarannya.


Disitulah fungsi one way valve untuk mengeluarkan gas yang tertahan dalam kemasan. Meskipun memiliki lubang untuk mengeluarkan gas, udara tidak akan masuk ke dalam kemasan. Jadi, kualitas kopi akan tetap terjaga dan terjamin kesegarannya.

10 Rekomendasi kopi Kintamani terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kopi Kintamani terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.

10

KopiKopenKopi Arabika Bali Kintamani

Mulai dari Rp 70.000,00

BentukBiji & bubuk
Roast levelLight, medium, dark roast
Varian berat250 gr, 500 gr, 1 kg
KemasanValve dan zipper (aluminium foil dengan lubang udara)
9
BentukBiji & bubuk
Roast levelMedium
Varian berat100 gr, 250 gr 500 gr, 1 kg
KemasanValve dan zipper
8

PehobiKopi Arabica Bali Kintamani Specialty

Mulai dari Rp 50.000,00

BentukBiji & bubuk
Roast levelLight to medium, medium, medium to dark
Varian berat250 gr 500 gr, 1 kg
KemasanValve dan zipper
7
BentukBiji & bubuk
Roast levelLight, medium roast, medium dark roast
Varian berat100 gr, 200 gr, 500 gr, 1 kg
KemasanZipper dan gusset
6
BentukBiji dan bubuk
Roast levelTidak diketahui
Varian berat100 gr, 200 gr
KemasanKarton
5

Sunset LotusKopi Arabika Bali Kintamani 250g Biji / Bubuk

Mulai dari Rp 65.000,00

BentukBiji & bubuk
Roast levelMedium, medium dark
Varian berat250 gr, 1 kg
KemasanZipper
4

Black Eye Kopi Arabika Bali Kintamani

Mulai dari Rp 23.700,00

BentukBiji & bubuk
Roast levelMedium
Varian berat10 gr, 50 gr, 100 gr, 200 gr, 500 gr
KemasanZipper dan drip coffee
3

Tanamera Kopi IndonesiaBali Kintamani Washed Filter

Mulai dari Rp 122.000,00

BentukBiji & bubuk
Roast levelLight–medium roast
Varian berat8 gr, 100 gr, 250 gr
KemasanZipper dan drip coffee
2

Sentra KopiKopi Arabika Bali Kintamani

Mulai dari Rp 59.000,00

BentukBiji & bubuk
Roast levelMedium dark
Varian berat100 gr, 200 gr, 500 gr, 1 kg
KemasanZipper
1

Otten CoffeeBali Kintamani 200g Kopi Arabica

Mulai dari Rp 75.000,00

BentukBiji & bubuk
Roast levelLight roast
Varian berat10 gr, 200 gr, 500 gr
Kemasan Zipper & drip coffee

Tabel perbandingan produk kopi Kintamani terbaik

Gambar produk
1
Otten Coffee Bali Kintamani 200g Kopi Arabica 1

Otten Coffee

2
Sentra Kopi Kopi Arabika Bali Kintamani 1

Sentra Kopi

3
Tanamera Kopi Indonesia Bali Kintamani Washed Filter 1

Tanamera Kopi Indonesia

4
Black Eye  Kopi Arabika Bali Kintamani  1

Black Eye

5
Sunset Lotus Kopi Arabika Bali Kintamani 250g Biji / Bubuk 1

Sunset Lotus

6
Bhineka Djaja Kopi Bali Kintamani 1

Bhineka Djaja

7
Worcas Kopi Arabica Bali Kintamani 1

Worcas

8
Pehobi Kopi Arabica Bali Kintamani Specialty 1

Pehobi

9
Tagetto Bali Vintage Kintamani 1

Tagetto

10
KopiKopen Kopi Arabika Bali Kintamani  1

KopiKopen

Nama produk

Bali Kintamani 200g Kopi Arabica

Kopi Arabika Bali Kintamani

Bali Kintamani Washed Filter

Kopi Arabika Bali Kintamani

Kopi Arabika Bali Kintamani 250g Biji / Bubuk

Kopi Bali Kintamani

Kopi Arabica Bali Kintamani

Kopi Arabica Bali Kintamani Specialty

Bali Vintage Kintamani

Kopi Arabika Bali Kintamani

Keunggulan

Punya kadar kafein tinggi dengan rasa asam yang kuat

Selalu dibuat fresh untuk menjaga kualitas kopi

Biji kopinya sudah diseleksi dan diolah langsung oleh master roaster

Tersedia dalam kemasan single drip coffee yang cocok dibawa travelling

Roast level kopinya bisa ditentukan sendiri, jadi lebih nikmat!

Dikemas rapi dan apik untuk dijadikan oleh-oleh

Tiap kemasan didesain berbeda dan menarik

Melewati proses full washed sehingga menghasilkan rasa yang ringan

Memiliki tasting notes manis dan fruity di saat bersamaan

Kemasan produk dilengkapi lubang udara guna membuat kopi lebih awet

Harga mulai dariRp 75.000,00Rp 59.000,00Rp 122.000,00Rp 23.700,00Rp 65.000,00Rp 25.300,00Rp 25.000,00Rp 50.000,00Rp 53.000,00Rp 70.000,00
BentukBiji & bubukBiji & bubukBiji & bubukBiji & bubukBiji & bubukBiji dan bubukBiji & bubukBiji & bubukBiji & bubukBiji & bubuk
Roast levelLight roastMedium darkLight–medium roastMediumMedium, medium darkTidak diketahuiLight, medium roast, medium dark roastLight to medium, medium, medium to darkMediumLight, medium, dark roast
Varian berat10 gr, 200 gr, 500 gr100 gr, 200 gr, 500 gr, 1 kg8 gr, 100 gr, 250 gr10 gr, 50 gr, 100 gr, 200 gr, 500 gr250 gr, 1 kg100 gr, 200 gr100 gr, 200 gr, 500 gr, 1 kg250 gr 500 gr, 1 kg 100 gr, 250 gr 500 gr, 1 kg250 gr, 500 gr, 1 kg
Kemasan Zipper & drip coffeeZipperZipper dan drip coffeeZipper dan drip coffeeZipperKarton Zipper dan gussetValve dan zipperValve dan zipperValve dan zipper (aluminium foil dengan lubang udara)
Tautan produk

Cara menyeduh kopi sesuai tingkat kehalusannya

Cara menyeduh kopi sesuai tingkat kehalusannya

Saat membeli kopi bubuk, biasanya Anda akan diberikan kebebasan untuk memilih tingkat kehalusannya. Tiap tingkat kehalusan bubuk kopi ini memiliki cara seduh yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan aroma dan rasa yang makin nikmat simak caranya di bawah ini.

 
- Untuk gilingan kasar seperti coarse grind, tekstur yang dihasilkan sangat mirip dengan garam laut. Bentuk gilingan seperti ini sangat cocok diseduh dengan metode french press, percolator, atau cupping.


- Medium grind adalah kopi dengan tingkat kehalusan sedang. Rasanya sama seperti memegang pasir. Jenis ini cocok diseduh menggunakan cone yang berbentuk kerucut atau datar. Anda juga bisa menyeduhnya dengan menggunakan siphon coffee.


- Untuk gilingan fine grind atau halus, Anda bisa menyeduhnya dengan espresso, moka pot, stovetop espresso maker, atau aeropress.

Tips dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Tips dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Alat pertama yang sebaiknya home brewer punya adalah grinder baik manual maupun elektrik. Grinder membuka kesempatan untuk Anda mencoba berbagai ukuran gilingan dan apa saja pengaruhnya terhadap hasil seduhan. Jangan takut mencoba, ya!

Baca juga rekomendasi produk kopi lainnya di sini

Jika Anda ingin mencoba jenis kopi lainnya, kami punya beberapa artikel kopi yang mungkin cocok untuk Anda. Anda akan temukan rekomendasi kopi Gayo, kopi Sidikalang, atau kopi Toraja di sini. Klik tautan di bawah ini untuk membacanya.

Kesimpulan

Kopi Kintamani adalah kopi dengan rasa ringan yang memiliki rasa unik. Untuk mendapatkan produk terbaik, jangan lupa selalu mengecek roast date dan roast level produk. Kedua hal ini akan memengaruhi rasa dan aroma kopi.


Selain itu, pilih kopi sesuai kebutuhan dan simpan dalam wadah yang tertutup rapat untuk menjaga kesegaran kopi. Semoga setelah ini Anda bisa menikmati kopi Kintamani yang nikmat dan segar. Selamat mencoba!

Artikel terkait

  • 10 Merk Fruit Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Fruit Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Fruit tea adalah teh yang terbuat dari ekstrak buah kering atau campuran buah dan rempah. Minuman ini mirip dengan teh herbal, hanya saja fruit tea dibuat dari buah-buahan. Teh buah tak hanya nikmat, tetapi juga kaya manfaat.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi teh rasa buah terbaik yang bagus untuk kesehatan Anda. Anda akan temukan merek ternama, seperti Dilmah, Twinnings, dan Orizen. Ada fruit tea blackcurrant, fruit tea apel, fruit tea lemon, dan masih banyak lagi. Selain itu, kami akan membahas khasiat fruit tea serta cara memilihnya. Simak terus, yuk!
    Teh & kopi
  • 10 Teh Hijau Jepang (Sencha) Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Teh Hijau Jepang (Sencha) Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Sencha adalah salah satu varian teh hijau. Teh ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu sedikit rasa pahit akibat proses pemanggangan saat diproduksi. Dengan kandungan antioksidan tinggi, teh ini memiliki manfaat bagi tubuh, terutama kulit. Tidak heran, minuman green tea ini juga mulai digemari di Indonesia.Kini merek teh, seperti Lipton, Teh 63, dan sebagainya, menelurkan produk sencha yang semuanya nikmat. Agar Anda tak bingung memilihnya, kali ini kami akan memperkenalkan rekomendasi teh sencha terbaik. Tea specialist, Neysa Valeria, juga ikut memberikan informasi tambahan di artikel ini. Yuk, disimak!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Teh Darjeeling Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teh Darjeeling Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Teh Darjeeling merupakan teh hitam yang berasal dari daerah Darjeeling, Benggala Barat, India. Teh Darjeeling memiliki karakter rasa fruity bercampur floral yang unik. Rasa dan aroma teh ini bisa berbeda-beda tergantung dari masa panennya. Teh Darjeeling juga terkenal karena dipercaya memiliki beragam khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih teh Darjeeling yang enak. Kami juga akan me-review produk teh Darjeeling yang bagus di pasaran. Merek teh ternama, seperti Twinnings, TWG, dan Dilmah ada dalam daftar rekomendasi kami. Temukan Darjeeling tea favorit Anda di sini!
    Teh & kopi
  • 10 Wedang Uwuh Terbaik - Direkomendasi oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wedang Uwuh Terbaik - Direkomendasi oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    Orang-orang mengenal wedang uwuh sebagai minuman berwarna merah keunguan yang berasal dari Imogiri, Jogja. Minuman yang berisi rempah-rempah ini sangat pas untuk menghangatkan dan menyegarkan tubuh. Wedang uwuh tersedia di pasaran dalam berbagai harga dan kemasan, seperti kemasan instan atau siap seduh.Untuk mendapatkan wedang uwuh yang bagus dan sesuai selera Anda, kami punya tipsnya di bawah ini. Tidak lupa, rekomendasi merk terbaik, seperti Herbadrink, Sekar, dan Wening juga dapat Anda temukan dalam artikel ini. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati. Selamat membaca, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merek teh celup yang bagus dan ternama, seperti Brew Me, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Agar Anda mendapatkan teh yang enak untuk dinikmati, kami telah menyiapkan beberapa tipsnya. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Yuk, langsung saja baca informasi selengkapnya di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 9 Kopi Luwak Terbaik - Ditinjau oleh Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    9 Kopi Luwak Terbaik - Ditinjau oleh Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika mendengar kopi luwak, pasti Anda langsung terpikirkan bahwa kopi ini diambil dari sisa kotoran luwak, bukan? Siapa sangka kopi dengan proses pembuatannya yang unik tersebut menjadikannya salah satu kopi termahal di dunia. Sekian banyaknya produk kopi luwak di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilih. Kami akan memberikan tips untuk Anda memilih kopi luwak yang bagus. Berbagai merek kopi luwak, seperti Arutala Coffee, WoCA, dan Kapal Api masuk dalam daftar produk terbaik rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Simak sampai akhir, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Gayo Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Gayo Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Para penikmat kopi pasti setuju bahwa kopi Gayo Aceh adalah salah satu jenis kopi terbaik di dunia. Karakter kopi Gayo Aceh yang khas membuatnya diburu oleh banyak kalangan, tak hanya penikmat kopi lokal, tetapi juga mancanegara. Biji kopi Gayo asli bahkan dikenal sebagai salah satu yang termahal di dunia.Kami akan membahas kopi Gayo dengan lengkap, mulai dari sejarahnya, harganya, hingga merk kopi Gayo yang terkenal. Kopi Gayo merk Takengon, Tanamera, hingga kopi wine Gayo pun ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.
    Teh & kopi
  • 10 Merk Lavender Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Lavender Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain punya manfaat bagi kesehatan, lavender tea bagus untuk kulit. Teh ini juga sering digunakan untuk membuat tidur lebih nyenyak. Apabila Anda mengalami insomnia, teh lavender adalah pilihannya. Teh ini juga aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui asalkan diminum dalam porsi yang tepat.Rasa teh lavender bervariasi, bahkan ada yang dicampur chamomile. Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih lavender tea terbaik. Rekomendasi produk dari merk yang bagus juga ada, seperti Haveltea, Heizl, dan lainnya. Ulasannya pun sudah kami siapkan. Yuk, simak artikel ini sampai habis!
    Teh & kopi
  • 10 Produk Excelso Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Excelso Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti sudah familier dengan nama Excelso. Merk kopi yang memiliki banyak gerai kafe di Indonesia ini juga menjual kopi kemasan. Anda bisa membeli kopi kemasan Excelso langsung di gerainya, swalayan, maupun secara online.Kopi Excelso memiliki beragam varian yang enak, seperti Kalosi Toraja, Arabica Gold, dan Robusta Gold. Karena itu, kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh kopi Excelso terbaik versi kami. Selain itu, kami juga akan memberikan tips memilihnya agar sesuai dengan preferensi Anda. Selamat berburu kopi!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Bubuk Thai Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Bubuk Thai Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Thai tea adalah minuman teh susu kekinian dari Thailand yang disukai masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat banyak orang ketagihan. Anda sekarang bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bubuk thai tea instan, lho! Namun, bagimana cara memilih bubuk thai tea yang paling enak?Kali ini kami akan mengulas cara memilih bubuk thai tea terenak. Tak lupa, ada juga rekomendasi bubuk thai tea terbaik dari merek Thailand dan Indonesia, seperti Cha Tra Mue, Ranong, HiLo, dan Nestea. Tentunya seluruh produk rekomendasi kami dapat dibeli di sejumlah e-commerce. Yuk, disimak!
    Teh & kopi
  • Artikel populer

  • 10 Kopi Decaf Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Decaf Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Kandungan kafein di dalam kopi sayangnya memberikan efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaffeinated, kopi dengan kadar kafein yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaffeinated, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek kopi decaf yang bagus. Nescafé, Illy, Kopinata, Arutala, dan Starbucks ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.
    Teh & kopi
  • 10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas.Kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merek kopi yang bagus, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merek teh celup yang bagus dan ternama, seperti Brew Me, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Agar Anda mendapatkan teh yang enak untuk dinikmati, kami telah menyiapkan beberapa tipsnya. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Yuk, langsung saja baca informasi selengkapnya di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang senang meminum teh hitam dalam berbagai suasana, misalnya ketika ingin bersantai. Namun, saat membeli teh hitam Anda mungkin dibingungkan dengan banyaknya pilihan dan merek yang ada.Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih teh hitam yang enak. Anda dapat membaca lebih detail mengenai jenis-jenis teh hitam beserta karakteristiknya. Merek teh hitam terbaik, mulai dari SariWangi, Dilmah, hingga Twinings juga akan kami ulas tuntas. Di artikel ini, kami juga telah bekerja sama dengan seorang konsultan dan spesialis teh bernama Muhammad Ashfiya. Mari simak terus artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai solusi agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam merek yang bagus, seperti Nestle, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyak produk di pasaran, manakah krimer yang paling enak sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Mandailing Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Mandailing Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Kopi Mandailing adalah salah satu kopi asli Indonesia yang cukup populer. Rasa dan aromanya yang khas membuatnya banyak diburu para penikmat kopi. Saat ini, sudah banyak tersedia berbagai merek kopi Mandailing yang lezat dengan harga terjangkau.Artikel kali ini secara khusus akan membagikan cara memilih dan merekomendasikan produk kopi Mandailing yang banyak disukai. Merek terbaik, seperti Excelso, JJ Royal Coffee, dan Otten Coffee ada dalam rekomendasi kami. Kami juga akan membahas kopi Mandailing arabika dan kopi Mandailing robusta yang nikmat. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.
    Teh & kopi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori