• 10 Knalpot Racing Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Knalpot Racing Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Knalpot Racing Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Knalpot Racing Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Knalpot Racing Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Knalpot Racing Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)

Di jalanan pasti Anda sering menjumpai motor NMAX, Beat, Vario, Satria FU, Scoopy, dan motor-motor lainnya yang menggunakan knalpot racing. Peningkatan performa mesin dan suara yang lebih berkarakter menjadi beberapa alasan di balik modifikasi tersebut. Namun, tentu ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum beralih ke knalpot racing.


Kami akan membahas tips memilih knalpot racing dan merekomendasikan produk yang bagus. Merek impor, seperti Over Racing dan Akrapovic, serta produk produk lokal AHRS dan R9 ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ardanto Sigit
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.
Ardanto Sigit
Guru Teknik Otomotif
Ardanto Sigit

Ardanto Sigit, S.Pd, Gr. adalah guru teknik otomotif yang memiliki sertifikasi guru profesional dan sertifikasi bidang kompetensi teknik otomotif. Fokusnya yaitu pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.


Ardanto menekuni bidang otomotif selama sepuluh tahun. Ia memiliki pengalaman bekerja di salah satu dealer Mitsubishi di Yogyakarta. Setelah itu, ia memutuskan untuk melanjutkan studi pada bidang Pendidikan Teknik Otomotif.

Apa itu knalpot racing motor?

Apa itu knalpot racing motor?

Knalpot adalah bagian yang menyalurkan gas sisa pembakaran mesin motor. Knalpot standar setidaknya terdiri dari header, resonator (dB killer), dan muffler (silencer). Header berupa pipa yang menghubungkan saluran gas dari mesin ke seluruh bagian knalpot.


Decibel killer atau dB killer terdiri dari sekat-sekat yang berfungsi untuk memperhalus suara knalpot. Terakhir, silencer adalah bagian ujung knalpot yang mengeluarkan suara.


Nah, saluran knalpot racing dibuat loss tidak ada sekat-sekatnya. Dengan begitu, suara yang dihasilkan lebih keras, bahkan cenderung bising. Karakter suaranya pun bermacam-macam, ada yang cempreng dan ada yang nge-bass. Knalpot racing bisa meningkatkan performa mesin motor sekitar 1 horsepower (hp) atau tenaga kuda (tk) untuk motor bebek, bahkan hingga 3 hp untuk motor dua silinder seperti CBR 250 RR.


Mengganti knalpot standar ke knalpot racing perlu Anda pertimbangkan masak-masak. Di satu sisi, performa motor jadi lebih kencang, suara jadi lebih berkarakter, dan desain bisa disesuaikan dengan kemauan Anda. Namun, suara yang terlalu bising bisa membuat Anda terkena tilang oleh polisi, mengganggu warga sekitar, hingga membuat komponen motor lainnya cepat rusak karena tidak sesuai standar pabrikan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih knalpot racing motor

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih knalpot racing. Dari segi penggunaannya, sesuaikan dengan kebutuhan apakah untuk balapan atau aktivitas harian. Lalu, knalpot, merek, serta kondisi barangnya pun perlu Anda cari tahu dengan detail juga. Simak penjelasan berikut ini.

Full system atau slip on? Ketahui perbedaan keduanya

Ada dua jenis knalpot yang dijual di pasaran, yakni full system atau yang komplet dan slip on atau yang muffler-nya saja. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Simak perbedaannya berikut ini.

Full system: Bisa digunakan di berbagai jenis motor

Full system: Bisa digunakan di berbagai jenis motor

Seperti yang sudah dibahas, knalpot terdiri dari header, dB killer, dan muffler. Knalpot full system berarti Anda membeli lengkap mulai dari header hingga bagian muffler-nya. Kelebihannya, knalpot ini bisa digunakan untuk semua jenis motor, suara lebih mantap, dan performa mesin lebih meningkat. Namun, Anda harus mengeluarkan dana yang lebih besar.

Slip on: Harga lebih ekonomis

Slip on: Harga lebih ekonomis

Knalpot slip on hanya menjual bagian ujung atau muffler-nya saja. Bagian header dan dB killer-nya masih menggunakan knalpot bawaan pabrik. Harganya lebih terjangkau dan suara yang dihasilkan tidak bising. 


Namun, knalpot racing slip on tidak dapat digunakan untuk semua jenis motor. Untuk jenis motor yang tidak memiliki desain knalpot bongkar pasang, Anda harus sedikit memodifikasi bagian leher knalpot agar bisa dipasangkan knalpot slip on.


Anda perlu memodifikasi leher/header knalpot bawaan dengan cara memotongnya. Bekas potongan tersebut disambung dengan knalpot slip on. Proses penyambungan ada yang plug and play dan ada juga yang perlu pengelasan. Risiko dari knalpot ini adalah kebocoran pada sambungan yang berakibat suara knalpot menjadi jelek dan performa menjadi turun.

Untuk penggunaan harian, pilih yang bentuk dan suaranya bebas tilang

Untuk penggunaan harian, pilih yang bentuk dan suaranya bebas tilang

Seperti namanya, knalpot racing sejatinya didesain untuk balapan. Tak heran knalpot ini mengutamakan performa mesin. Namun, seiring banyaknya pencinta otomotif yang menggunakannya untuk aktivitas harian, Anda perlu memperhatikan bentuk dan suaranya agar tidak ditilang. 


Knalpot racing biasanya dilengkapi dengan resonator atau dB killer yang bisa dilepas pasang. Saat balapan atau sedang nongkrong, Anda bisa melepasnya. Namun, saat berkendara di jalanan, sebaiknya Anda memasang dB killer-nya. Ada juga knalpot yang dilengkapi semacam switcher. Anda bisa langsung menggantinya ke suara knalpot motor standar secara otomatis.


Dari segi bentuk, knalpot racing dan knalpot standar sangat berbeda. Knalpot racing jauh lebih ramping karena tidak dilengkapi sekat-sekat. Bentuk knalpot racing tersebut terlihat dengan sangat jelas di jalanan sehingga Anda berisiko ditilang oleh polisi. Untuk mengantisipasinya, banyak produsen knalpot racing yang menggunakan cover dengan desain knalpot standar. 

Lokal atau impor? Pilih knalpot racing merek terpercaya

Lokal atau impor? Pilih knalpot racing merek terpercaya

Mungkin Anda sudah pernah mendengar beberapa produsen knalpot mancanegara, seperti Yoshimura dan DBS. Yoshimura adalah produk asal Jepang yang sangat terkenal di Indonesia. Desain yang apik dan kualitas suara yang menggelegar menjadi alasan utamanya. Tambahan lagi, harganya terbilang masih terjangkau. Sementara itu, DBS adalah produk asal Thailand dengan ciri khas suara yang lebih nge-bass.


Produsen lokal sendiri sebenarnya tidak kalah populer dan berkualitas dibandingkan produk impor, contohnya sebut saja AHRS dan R9. Pabrik AHRS berada di kawasan Tangerang. Knalpot dari AHRS terkenal bisa masuk ke berbagai jenis motor, mulai dari jenis bebek hingga motor sport. Sementara itu, R9 merupakan pelopor knalpot berbahan aluminium di kawasan Asia.

Perhatikan bahan knalpot yang digunakan

Perhatikan bahan knalpot yang digunakan

Knalpot racing model lama kebanyakan masih menggunakan bahan pelat besi dan galvanis. Sampai sekarang pun kedua bahan tersebut masih digunakan untuk motor drag race atau balapan liar. Harganya yang cenderung ekonomis menjadi alasannya. Bahan galvanis juga dikenal lama berkaratnya sehingga knalpot menjadi lebih awet.


Seiring berkembangnya zaman, knalpot racing sekarang sudah menggunakan stainless steel. Bahan stainless steel banyak dipakai karena lebih tahan karat sehingga knalpot tidak mudah bocor. Selain itu, warnanya juga lebih menyala dan bagus dilihat sehingga menjadi nilai tambah dari segi estetika. Harganya juga masih tergolong terjangkau.


Jika Anda mencari produk yang premium, pilihlah knalpot yang terbuat dari titanium. Bahan ini cepat melepas panas sehingga membuat motor lari lebih kencang, tetapi mesin tetap adem dan tidak mudah drop. Saat terkena panas atau sinar matahari, muncul warna pelangi di bodinya. Dari segi bentuknya juga modern dan keren, tetapi Anda harus mengeluarkan dana lebih banyak.

10 Rekomendasi knalpot racing motor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk knalpot racing motor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

10
BahanStainless steel
Untuk motorSatria 2T (2 Tak)
TipeFull system
9
BahanStainless steel
Untuk motorSemua jenis motor (mesin 4 tak atau 2 silinder)
TipeSlip on
8
BahanStainless steel
Untuk motorYamaha Mio
TipeFull system
7

AHRSStandard Silent Racing

Mulai dari Rp 500.000,00

BahanTidak ada keterangan
Untuk motorHonda Beat
TipeFull system
6

Over RacingKnalpot Slip On Full Titanium

23375687

Mulai dari Rp 11.204.000,00

BahanTitanium
Untuk motorHonda CBR 250 RR
TipeSlip on
5

KawaharaKnalpot Racing Vespa Primavera & Sprint I-Get

Mulai dari Rp 1.199.000,00

BahanAluminium
Untuk motorVespa 3S Primavera & Sprint
TipeFull system
4
BahanStainless steel
Untuk motorYamaha NMAX 2020
TipeFull system
3

DaytonaNew GP Taper Exhaust System Slash N-Max

Mulai dari Rp 1.100.000,00

BahanStainless steel, karbon
Untuk motorYamaha XMAX
TipeFull system
2
BahanStainless steel, karbon
Untuk motorVespa V3
TipeFull system
1

AkrapovicSlip On Line Yamaha X-MAX 300

S-Y3SO3-RSS

Mulai dari Rp 9.100.000,00

BahanKarbon
Untuk motorYamaha XMAX 250 & 300
TipeSlip on

Tabel perbandingan produk knalpot racing motor terbaik

Gambar produk
1
Akrapovic Slip On Line Yamaha X-MAX 300 1

Akrapovic

2
Pro Speed Vespa 3V/ I Get Scooter Series 1

Pro Speed

3
Daytona New GP Taper Exhaust System Slash N-Max 1

Daytona

4
R9 Misano Series Yamaha New NMAX 1

R9

5
Kawahara Knalpot Racing Vespa Primavera & Sprint I-Get 1

Kawahara

6
Over Racing Knalpot Slip On Full Titanium 1

Over Racing

7
AHRS Standard Silent Racing 1

AHRS

8
Proliner Knalpot Standard Racing Mio 1

Proliner

9
WRX 3 Oval Series 1

WRX

10
AHM 2-Stroke Chamber RGV 1

AHM

Nama produk

Slip On Line Yamaha X-MAX 300

Vespa 3V/ I Get Scooter Series

New GP Taper Exhaust System Slash N-Max

Misano Series Yamaha New NMAX

Knalpot Racing Vespa Primavera & Sprint I-Get

Knalpot Slip On Full Titanium

Standard Silent Racing

Knalpot Standard Racing Mio

3 Oval Series

2-Stroke Chamber RGV

Keunggulan

Reputasi mentereng jaminan kualitas produknya!

Melalui proses sandblasting, jadi mirip seperti knalpot titanium!

Mesin kencang, suara tidak bikin tetangga darah tinggi

Misano Black hadir dengan desain elegan dan futuristik

Perfoma mesin makin oke, Vespa makin kece

Berbahan titanium dan lolos standard Jepang!

Tarikan Honda Beat milik Anda jadi lebih enteng

Pemasangannya tidak ribet, suaranya bikin adem

Tersedia banyak pilihan ukuran dan warna menarik!

Bentuknya unik dan bisa diandalkan untuk balapan

Harga mulai dariRp 9.100.000,00Rp 3.500.000,00Rp 1.100.000,00Rp 1.099.000,00Rp 1.199.000,00Rp 11.204.000,00Rp 500.000,00Rp 440.000,00Rp 650.000,00Rp 750.000,00
BahanKarbonStainless steel, karbonStainless steel, karbonStainless steelAluminiumTitaniumTidak ada keteranganStainless steelStainless steelStainless steel
Untuk motorYamaha XMAX 250 & 300Vespa V3Yamaha XMAXYamaha NMAX 2020Vespa 3S Primavera & SprintHonda CBR 250 RRHonda BeatYamaha MioSemua jenis motor (mesin 4 tak atau 2 silinder)Satria 2T (2 Tak)
TipeSlip onFull systemFull systemFull systemFull systemSlip onFull systemFull systemSlip onFull system
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar knalpot racing motor

Pertanyaan umum seputar knalpot racing motor

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar knalpot racing motor. Jika Anda masih penasaran dengan knalpot racing motor, simak jawaban dari pakar kami di bawah ini!

Apakah ada efek samping penggunaan knalpot racing terhadap motor?

Apakah ada efek samping penggunaan knalpot racing terhadap motor?

Modifikasi knalpot dari tipe standar ke knalpot racing bisa menimbulkan efek samping yang buruk jika dilakukan asal-asalan. Penggunaan knalpot racing harus dibarengi dengan modifikasi di bagian mesin motornya. Motor yang masih orisinal dari pabrik sudah diatur aliran bahan bakarnya dengan knalpot standar. Penggunaan knalpot racing membuat mesin lebih cepat panas.


Jika hal ini dibiarkan, bagian mesin lainnya seperti klep akan lebih mudah memuai. Mesin yang panas juga membuat oli mesin jadi lebih cepat menguap sehingga berpotensi overheating, bahkan membuat mesin jebol. Selain itu, campuran bensin yang dibutuhkan jadi lebih banyak sehingga membuat motor Anda lebih boros. 


Modifikasi knalpot racing juga harus diikuti dengan mengatur atau menyetel ulang mesin Anda secara keseluruhan. Konsultasikan dengan bengkel atau mekanik langganan Anda untuk mendapatkan solusi terbaik.

Mengapa knalpot motor berisik?

Kebisingan knalpot setiap kendaraan berbeda-beda. Makin besar kubikasi/kapasitas mesin dalam cc, makin bising pula suara knalpotnya. Pada dasarnya, knalpot memang menimbulkan suara dari hasil proses pembakaran. Dalam proses pembakaran tersebut terjadi ledakan yang cukup keras.


Oleh sebab itu, knalpot dipasang untuk meredam suara dan getaran dari hasil pembakaran motor. Adanya ledakan pada knalpot saat deselerasi akan membuat suara berisik dan tidak normal dari knalpot. Hal tersebut bisa disebabkan oleh pengapian motor yang tidak normal. Bisa saja busi sudah hampir mati.


Kemungkinan lain bisa saja dari knalpot yang bocor yang menyebabkan gas hasil sisa pembakaran keluar lewat jalur knalpot yang bocor.

Baca juga rekomendasi aksesori motor lainnya di sini

Selain knalpot racing, ada beberapa aksesori motor yang sudah pernah kami bahas, seperti rompi motor dan helm. Silakan klik tautan di bawah ini untuk melihat tips dan rekomendasi produknya.

Kesimpulan

Sudah mendapatkan knalpot racing dari merek terbaik? Sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui knalpot racing seperti apa yang Anda inginkan, mulai dari suara, performa mesin, desain, hingga harganya. Untuk penggunaan harian, pastikan memilih yang suaranya lebih kalem dan desainnya mirip knalpot standar agar sesuai dengan aturan.


Untuk balapan, pastikan performanya apik sehingga membuat motor Anda lebih gagah dan kencang. Konsultasikan dengan bengkel tempat Anda biasa memperbaiki motor untuk mendapatkan pertimbangan lanjutan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Aki Motor yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Aki Motor yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Aki motor merupakan sparepart yang penting pada sepeda motor. Pasalnya, aki motor memiliki fungsi vital, terutama yang berkaitan dengan kelistrikan motor. Karena itulah, pemilik sepeda motor harus memilih aki yang tepat. Anda bisa memilih berdasarkan harga aki motor dan jenis aki motor kering atau basah.Memilih merek aki motor yang bagus juga penting. Ada banyak merek aki motor di pasaran, seperti GS Astra, Federal Parts, Motobatt, dan banyak lagi. Kami membahas cara memilih sekaligus rekomendasi produk aki motor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana.
    Komponen mobil & motor
  • 10 Spion Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Spion Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Spion merupakan perlengkapan yang wajib terpasang pada sepeda motor. Fungsi dari spion motor adalah untuk memudahkan pengendara saat melihat situasi di belakang dan samping. Namun, banyak pengendara yang merasa tidak cocok dengan model spion motor bawaan pabrik sehingga melakukan modifikasi. Kami akan mengulas tips memilih spion motor variasi yang aman dan keren untuk segala jenis sepeda motor. Kami juga memberikan rekomendasi spion motor dari merek terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Yuk, temukan merek spion motor yang bagus untuk motor kesayangan Anda!
    Komponen mobil & motor
  • 10 Ban Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Ban Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Kini barang-barang otomotif mulai dijual di marketplace, bahkan Anda bisa membeli ban mobil di toko online. Bridgeston, Dunlop, Michelin, Goodyear, Hankook, dan GT Radial adalah beberapa merek ban mobil yang bagus. Ban mobil dengan ring 14 dan ring 15 menjadi produk yang banyak dicari konsumen.Ada beberapa poin penting untuk Anda perhatikan sebelum membeli mobil, seperti kode ban, ukuran, dan juga jenisnya. Kami juga akan merekomendasikan berbagai produk ban mobil yang bagus dalam banyak pilihan harga. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Selamat membaca, ya!
    Komponen mobil & motor
  • 10 Rekomendasi Spion Nmax Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Spion Nmax Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Yamaha Nmax merupakan motor matic yang cukup laris di pasaran. Keunggulannya terletak pada faktor kenyamanan dan desain sporty yang membuat keren penggunanya. Namun, demi tampil beda, pengguna motor Nmax pun rela melakukan modifikasi, salah satunya adalah mengganti spion. Kami akan memberikan rekomendasi spion Nmax terbaik yang bagus dan dapat dibeli secara online. Spion Nmax memiliki beragam merek dan model, seperti Rizoma sampai Yamaha R25. Info terkait harga, spesifikasi, dan variasi model spion Nmax bisa dengan mudah Anda dapatkan. Karena itu, simak artikel ini sampai tuntas!
    Komponen mobil & motor
  • 10 Knalpot Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Knalpot Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Knalpot berfungsi sebagai penambah akselerasi, peredam kebisingan, dan penyalur gas pembuangan. Tak hanya fungsinya yang krusial, knalpot juga menjadi objek favorit bagi pencinta modifikasi. Knalpot yang dijual pun bervariasi jenisnya, mulai dari knalpot untuk motor bebek, skuter, hingga motor sport.Kami akan memaparkan rekomendasi knalpot motor terbaik dari berbagai merek, seperti Akrapovic, Yoshimura, dan lainnya. Kami juga menyertakan cara-cara memilih knalpot motor yang bagus. Hal ini tentu sangatlah penting, khususnya bagi Anda yang pemula dalam memodifikasi knalpot motor. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Komponen mobil & motor
  • 10 Knalpot Racing Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Knalpot Racing Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Mau mengganti knalpot mobil standar dengan tipe racing agar suaranya lebih keren? Modifikasi knalpot mobil masih menyisakan beberapa pertanyaan yang sering membuat Anda ragu, misalnya apakah merusak mesin, mobil jadi boros bensin, dan ditilang polisi atau tidak. Kami akan mengulas hal-hal tersebut agar Anda bisa lebih yakin saat memodifikasi knalpot mobil. Kami juga akan membantu Anda memilih knalpot racing yang bagus untuk mobil Anda. Beberapa merek knalpot racing terbaik dari HKS, NDK, dan Spoon Sports akan kami rekomendasikan. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Komponen mobil & motor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori