• 10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Masa pandemi membuat banyak orang mencoba hobi baru, salah satunya adalah merawat bonsai. Meskipun namanya diambil dari bahasa Jepang, bonsai sebenarnya ditemukan pertama kali di Tiongkok. Teknik merawat pohon yang sebenarnya berukuran besar dibuat menjadi kerdil ini memiliki kerumitan tersendiri.


Namun, di situlah seni merawat bonsai sehingga tak heran harganya bisa sangat mahal. Nah, di artikel ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan beberapa bonsai yang bagus. Beberapa jenis bonsai yang menarik seperti bonsai beringin, kemboja, atau serut ada di dalam rekomendasi kami. Simak selengkapnya!

  • Pembaharuan terakhir: 28 Juni 2021
  • 623 Views
Daftar isi

Kenali asyiknya merawat bonsai

Kenali asyiknya merawat bonsai

Bonsai adalah tanaman yang dikerdilkan sehingga bisa ditumbuhkan di pot. Para pemula pasti belum mengerti arti bonsai sepenuhnya dan jenis tanaman yang bisa dibonsai. Tenang saja, meski awalnya sulit, Anda akan makin jatuh cinta dengan bonsai jika sudah mendalaminya. Beringin yang tingginya puluhan meter bahkan bisa dinikmati keindahannya dalam ukuran kurang dari 1 meter!


Tanaman dikotil seperti beringin, mangga, dan kemboja memang lebih mudah untuk dibonsai. Namun, tanaman monokotil seperti kelapa atau bambu juga bisa dibonsai walaupun tingkat kesulitannya tinggi. Tanaman yang dibonsai juga harus mudah beradaptasi, berumur panjang, dan memiliki keindahan tersendiri.


Tak hanya sebagai hobi, bonsai juga dinilai sebagai karya seni tinggi. Makin tua dan sulit pohon tersebut dibonsai, makin mahal juga harganya. Merawat bonsai memang membutuhkan fokus dan ketelatenan, tetapi Anda justru bisa menjadikannya sebagai pereda stres. Anda juga bisa menikmati pohon-pohon yang sebenarnya hanya tumbuh di negara lain di halaman rumah Anda.

Cara memilih bonsai

Untuk pemula, sebaiknya Anda memilih tanaman bonsai yang sudah jadi, misalnya yang berumur 1–2 tahun. Hal ini dikarenakan merawat bonsai dari bibit akan lebih sulit. Berikut ini kami berikan tips lain dalam memilih tanaman bonsai untuk membantu Anda.

Ketahui beberapa jenis bonsai terkenal

Agar Anda punya gambaran jelas mengenai bonsai, kami akan memberikan contoh beberapa jenis bonsai yang terkenal di bawah ini. Ada bonsai beringin, serut, dan kelapa yang siap menghiasi interior rumah Anda.

Bonsai beringin: Batangnya kukuh, akarnya banyak, dan daunnya rimbun

Bonsai beringin: Batangnya kukuh, akarnya banyak, dan daunnya rimbun

Bonsai beringin adalah jenis yang cukup populer. Tanaman ini sangat memukau berkat ukurannya, baik tanaman asli maupun jenis bonsainya. Keindahan bonsai beringin terletak pada batangnya yang besar dan kukuh, serta banyaknya akar yang muncul di pot. Ada berbagai jenis bonsai beringin yang bisa Anda pilih, misalnya beringin dolar, beringin Afrika, dan beringin Kimeng. 


Beringin dolar terkenal dengan bentuk daunnya yang seperti telur, harganya pun cukup mahal di pasaran. Beringin Afrika termasuk ke dalam jenis pohon ara yang daunnya sedikit serta kecil-kecil dengan bentuk yang sangat artistik. Sementara itu, beringin Kimeng yang bibitnya berasal dari Tiongkok memiliki daun yang rimbun dan berbentuk lonjong.

Bonsai serut: Tanaman meranggas dengan daun yang mungil

Bonsai serut: Tanaman meranggas dengan daun yang mungil

Bonsai serut atau Streblus asper adalah jenis tanaman meranggas yang populer di Asia Tenggara, contohnya Indonesia, Kamboja, dan Thailand. Karena termasuk tanaman meranggas, ada periode di mana ia akan menggugurkan daunnya. Jadi, jika bonsai serut milik Anda tiba-tiba rontok, bukan berarti tanamannya mati, ya. Karakteristik bonsai serut adalah batang yang kukuh dan besar membentuk seperti bonggol serta bentuk daun yang kecil-kecil. 

Bonsai kelapa: Bonsai monokotil yang cantik

Bonsai kelapa: Bonsai monokotil yang cantik

Pernah terbayang untuk menanam pohon kelapa di dalam rumah? Coba pilih bonsai kelapa. Bonsai ini terbuat dari bagian batok atau buah kelapanya. Bonsai kelapa cocok ditanam di dalam rumah karena kecantikannya.


Tanaman ini dijual dengan harga yang cukup mahal karena merupakan jenis tanaman monokotil yang susah untuk dibonsai. Namun, tidak semua jenis pohon kelapa bisa dijadikan bonsai. Jika ingin menanamnya, Anda hanya bisa memilih kelapa gading merah, kelapa gading susu, atau kelapa albino.


Selain beberapa jenis tanaman yang kami sebutkan, masih banyak contoh tanaman yang bisa dibonsai. Mulai dari bonsai asam Jawa, lantana, kaliage, kaliandra, loa, hingga putri malu bisa Anda pilih. Merawat bonsai adalah hobi yang selalu bisa dieksplorasi setiap harinya sehingga membuatnya makin menarik!

Pilih berdasarkan ukuran

Pilih berdasarkan ukuran

Inti dari tanaman bonsai adalah membuat ukurannya tetap kecil. Akan tetapi, bukan berarti ukurannya harus seukuran pot kecil karena ada juga bonsai yang tingginya 1 meter lebih. Tak hanya tingginya, jenis pohon dan usia juga memengaruhi kualitas bonsai. Makin sulit pohon tersebut dibudidayakan dan makin tua usianya, harganya akan sangat mahal. 


Berikut ini beberapa jenis bonsai berdasarkan ketinggiannya:

  • Mame bonsai: Tingginya sekitar 5–15 cm. Karena itu, mame bonsai sering dijadikan suvenir atau hiasan meja. Namun, Anda membutuhkan ketelitian tingkat tinggi untuk merawatnya. 
  • Ko bonsai: Tingginya sekitar 15–30 cm. Bonsai ini paling banyak ditemukan di Indonesia.
  • Chiu bonsai: Tingginya sekitar 30–60 cm. Jenis ini termasuk ke dalam bonsai berukuran sedang.
  • Dai bonsai: Tingginya sekitar 60–90 cm. Biasanya ditanam di pot yang cukup besar dan dijadikan hiasan dalam rumah.
  • Bonsai besar: Tingginya lebih dari 90 cm dan termasuk jenis bonsai outdoor. Tinggi tanaman aslinya bisa mencapai puluhan meter.

Pelajari cara merawatnya

Pelajari cara merawatnya

Jika dirawat dengan baik, tanaman bonsai bisa mencapai puluhan bahkan ratusan tahun. Namun, pastikan bonsai yang Anda beli dalam kondisi yang sehat agar tidak cepat mati. Bonsai yang sehat bisa dilihat dari kondisi batang dan struktur utamanya yang stabil dan tidak kurus. Warna daunnya pun natural dan jumlahnya lebat. Usahakan juga tidak ada luka pada tanamannya.


Selain itu, pelajari cara merawatnya secara keseluruhan. Ada lima hal paling dasar yang perlu diperhatikan, yakni kebutuhan penyiraman, frekuensi trimming, pemupukan, penggantian pot, dan pengendalian hama. Ingat, Anda sedang menanam pohon, bukan tanaman kecil biasa. Karena kebutuhan airnya lebih banyak, biasanya bonsai harus disiram saat pagi dan sore hari.


Anda juga harus memastikan bonsai tetap kecil dengan cara melakukan pemangkasan setiap 2–3 bulan sekali. Karena ditumbuhkan di pot, bonsai hanya mendapatkan nutrisi dari media tanam dan pupuk. Ganti pot, media tanam, dan pupuk secara berkala agar nutrisinya tetap tercukupi. Terakhir, hindari hama dengan menyemprotkan pestisida dan semacamnya.

10 Rekomendasi bonsai terbaik

Berikut ini sepuluh bonsai yang bisa menjadi referensi Anda. Pilih yang bentuk dan tampilannya paling Anda suka, ya. Jangan lupa baca tips di atas terlebih dahulu supaya Anda lebih mudah dalam memilih.

10
Nama latinAdenium obesum
Tinggi19–22 cm
9

Bonsai Mame Sancang

Mulai dari Rp 710.000,00

Nama latinPremna
Tinggi15 cm
8
Nama latinCocos nucifera
Tinggi10–25 cm
7
Nama latinCalliandra surinamensis
Tinggi40–50 cm
6
Nama latinTamarindus indica
Tinggi42–45 cm
5
Nama latinCudrania cochinchinensis
Tinggi37–82 cm
4
Nama latinPrunus cerasoides
Tinggi15–39 cm
3
Nama latinBougainvillea
Tinggi30–200 cm
2
Nama latinStreblus asper
Tinggi27–45 cm
1
Nama latinFicus
Tinggi25–55 cm

Tabel perbandingan produk bonsai terbaik

Gambar produk
1
Bonsai Beringin Dolar Mangkok 1

2
Bonsai Serut Gaya Slanting 1

3
Bonsai Bougainvillea 1

4
Bonsai Sakura Mikro 1

5
Bonsai Kaliage Sisir 1

6
Bonsai Asam Jawa 1

7
Bonsai Calliandra surinamensis 1

8
Bonsai Kelapa Kuning 1

9
Bonsai Mame Sancang 1

10
Bonsai Kemboja Jepang 1

Nama produk

Bonsai Beringin Dolar Mangkok

Bonsai Serut Gaya Slanting

Bonsai Bougainvillea

Bonsai Sakura Mikro

Bonsai Kaliage Sisir

Bonsai Asam Jawa

Bonsai Calliandra surinamensis

Bonsai Kelapa Kuning

Bonsai Mame Sancang

Bonsai Kemboja Jepang

Keunggulan

Memberikan karakter yang sangat kuat! Akar sulur gantungnya pun gagah

Tumbuh miring ke samping dengan teknik slanting

Warna bunga yang terang menyala membuat kebun jadi lebih hidup

Nikmati bunga khas Jepang di halaman rumah Anda

Cocok dijadikan tanaman kontes berkat bentuknya yang unik

Petik kesegaran buah asam Jawa dari pohon bonsai

Bunganya mekar dengan cantik dan enak dipandang mata

Bentuknya nyeni banget!

Ukurannya yang mungil menjadi daya tarik sekaligus tantangan sendiri

Cukup disiram satu minggu sekali!

Harga mulai dariRp 1.350.000,00Rp 1.250.000,00Rp 1.000.000,00Rp 875.000,00Rp 1.098.000,00Rp 1.040.000,00Rp 295.000,00Rp 150.000,00Rp 710.000,00Rp 200.000,00
Nama latinFicusStreblus asperBougainvilleaPrunus cerasoidesCudrania cochinchinensisTamarindus indicaCalliandra surinamensisCocos nuciferaPremnaAdenium obesum
Tinggi25–55 cm27–45 cm 30–200 cm15–39 cm37–82 cm42–45 cm40–50 cm10–25 cm15 cm19–22 cm
Tautan produk

Cara membuat bonsai

Cara membuat bonsai

Memelihara bonsai umumnya melewati tiga proses utama, yakni pembibitan, pemangkasan (prunning), dan pemeliharaan. Untuk Anda yang baru ingin mulai merawat bonsai, berikut ini cara menanam bonsai yang bisa diikuti.


  • Pilih dan pelajari karakteristik tanaman yang ingin dijadikan bonsai. Pilih tanaman yang mudah dibonsai dan tidak mudah mati, misalnya kemboja Jepang. Lalu, pelajari kebutuhannya, misalnya frekuensi penyiraman, ketahanannya terhadap panas, pupuk yang cocok, dan media tanam yang pas.
  • Sediakan alat-alat untuk menanam bonsai, contohnya pot, pupuk, media tanam, gunting rumput, dan kawat.
  • Saat proses pembibitan, pindahkan bonsai dari pot semula ke pot baru yang sudah berisi media tanam. Bersihkan akar-akar yang mengganggu, tetapi jangan sampai habis. Sirami tanaman sesuai kebutuhannya dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari.
  • Ketika bonsai sudah mulai tumbuh, lakukan pemangkasan pada batang-batang yang tidak diinginkan. Tujuannya untuk membuat tanaman tetap kerdil. Kemudian, berikan kawat kepada cabang yang baru bertumbuh agar arah pertumbuhannya sesuai keinginan Anda. Pangkas juga beberapa percabangan daun yang tumbuh.
  • Jika setelah dikawat tanaman bonsai Anda tetap tumbuh dan tidak mati, Anda tinggal merawatnya saja. Lakukan pemangkasan rutin, penggantian pupuk dan media tanam tiap beberapa bulan sekali, dan pemindahan pot.

Jika Anda sudah berhasil membuat bonsai dari tanaman yang mudah, silakan bereksperimen dengan jenis tanaman lainnya. Selamat mencoba, ya!

Baca juga rekomendasi produk pot dan tanaman lainnya di sini

Selain bonsai, ada beberapa pilihan tanaman lain yang bisa Anda pilih, misalnya janda bolong atau tanaman hias indoor. Kami juga sudah pernah mengulas pot yang bisa Anda gunakan untuk berkebun. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Kesimpulan

Sudahkah Anda memutuskan jenis bonsai yang akan dirawat? Pilih bonsai yang tanamannya Anda suka karena Anda akan merawatnya tiap hari. Selain itu, pastikan tanamannya sehat saat dibeli dengan melihat stabilitas batang, daun, dan bunganya.


Merawat bonsai membutuhkan komitmen dan kesabaran yang tidak ada habisnya. Awalnya mungkin sulit, tetapi banyak hal positif yang akan Anda dapatkan dari merawat bonsai. Pikiran jadi lebih terfokus, tenang, dan stres pun berkurang.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gantungan jemuran adalah benda yang pasti selalu tersedia di semua rumah. Gantungan ini digunakan untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci. Meskipun produk ini sederhana, Anda bisa saja kebingungan saat memilih karena banyaknya jenis yang tersedia.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih dan memberikan rekomendasi gantungan jemuran terbaik kepada Anda. Semua produk rekomendasi telah kami pilih dengan saksama berdasarkan fitur dan manfaatnya. Produk dari IKEA dan Smart Frog juga tak lupa kami ulas. Silakan simak artikel ini!
    Kebun & luar ruangan
    4.197 Views
  • 10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan pot tanaman gantung akan membuat bunga dan tanaman hias Anda terkesan lebih stylish. Selain itu, suasana di ruangan pun menjadi semakin cozy. Penggunaan pot tanaman gantung juga akan membantu Anda memajang bermacam-macam bunga dan tanaman.Berbagai variasi pot tanaman gantung tersedia di pasaran saat ini. Untuk membantu Anda memilih pot tanaman gantung yang chic dan praktis, simaklah ulasan berikut ini sampai tuntas. Kami juga akan merekomendasikan pot tanaman gantung berkualitas keluaran IKEA dan sebagainya untuk Anda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    16.757 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
    Kebun & luar ruangan
    71.882 Views
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
    188.743 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    Kebun & luar ruangan
    37.628 Views
  • 10 Tanaman Merambat Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    10 Tanaman Merambat Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    Popularitas tanaman merambat terus meningkat saat hunian bergaya minimalis muncul. Selain dijadikan hiasan, tanaman merambat biasanya difungsikan sebagai penyaring udara dan penghalang sinar matahari. Beberapa jenis tanaman merambat bahkan dapat berfungsi sebagai apotek hidup, lho!Sirih, dolar rambat, dan Syngonium wendlandii merupakan beberapa contoh tanaman merambat yang disukai banyak orang. Jenisnya pun banyak, mulai dari tanaman rambat gantung, rambat dinding, dan rambat hias. Namun, sebelum memutuskan membeli tanaman rambat, ketahui cara memilih tanaman merambat yang bagus, yuk! Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora, untuk menambah wawasan Anda.
    Kebun & luar ruangan
    1.363 Views
  • 10 Bibit Bunga Terbaik untuk Menghias Rumah - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Bibit Bunga Terbaik untuk Menghias Rumah - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk memperindah rumah, Anda juga memerlukan tanaman. Bunga yang berwarna-warni tentu akan membuat rumah tampak cantik. Dibandingkan bunga imitasi, bagaimana jika menanam bunga asli saja? Selain memperindah, tanaman juga bisa membuat udara di rumah menjadi lebih segar.Kami akan membahas beberapa bibit bunga yang bisa Anda pilih untuk menghias rumah. Anda akan menemukan bibit yang bagus, seperti bunga mawar, lavender, sedap malam, dan sebagainya. Kami akan mengulasnya dan membantu Anda mencari bunga yang cantik. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Yuk, ketahui dahulu perbedaan bibit dan benih, ya!
    Kebun & luar ruangan
    427 Views
  • 10 Rekomendasi Rumput Sintetis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rumput Sintetis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Rumput sintetis adalah kumpulan serat plastik yang berbentuk seperti rumput alami. Produk ini bisa dipakai dalam lingkungan outdoor ataupun indoor untuk membuat rumah terlihat lebih indah. Anda bisa menemukan karpet rumput sintetis dengan tipe, ukuran, dan harga yang beragam di pasaran.Di artikel ini, kami akan berbagi cara memilih rumput sintetis yang bagus. Anda juga bisa pertimbangkan sepuluh produk rekomendasi kami untuk mendekorasi taman ataupun aquarium Anda. Sumara Artificial, Fantasy, dan merk terkenal lainnya tentu hadir dalam daftar kami. Yuk, baca artikelnya dan temukan rumput sintetis terbaik untuk rumah Anda!
    Kebun & luar ruangan
    1.157 Views
  • 10 Lampu Sorot Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    10 Lampu Sorot Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    Selain memberikan penerangan, lampu sorot juga dapat memperindah visual taman saat malam hari. Anda bisa menyesuaikan tingkat penerangan dengan besarnya daya, seperti 5 watt, 20 watt, atau 100 watt. Pilih juga warna lampu sorot taman yang diinginkan, seperti warna kuning, putih, atau yang warna-warni. Apa pun warnanya, kami sarankan Anda untuk pilih yang antiair atau waterproof.Selain tips memilih, kami juga akan berikan rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti Philips, Hannochs, dan Luxmenn. Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    1.197 Views
  • 10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang suka berkebun, gunting tanaman merupakan alat yang wajib dimiliki. Gunting ini biasanya dipakai untuk memangkas dahan tanaman agar terlihat lebih rapi sekaligus untuk menjaga kesehatannya. Berbagai jenis gunting tanaman dijual di pasaran, dari yang kecil hingga yang besar.Jika Anda merasa bingung, simak tips di bawah ini untuk mengetahui cara memilih gunting tanaman yang bagus. Kami juga akan menghadirkan sepuluh produk gunting tanaman dari Krisbow, Tekiro, Hasston Prohex, dan merk terkenal lainnya. Simak artikel ini sampai akhir dan temukan gunting tanaman yang pas untuk kebutuhan Anda!
    Kebun & luar ruangan
    1.842 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Jenis dan harga bibit strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Jangan lupa juga menyimak tips cara menanam bibit strawberry di akhir artikel, ya!
    Kebun & luar ruangan
    4.379 Views
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
    188.720 Views
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
    6.596 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
    22.803 Views
  • 10 Rekomendasi Pupuk Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merk terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya di artikel ini.
    Kebun & luar ruangan
    2.596 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    Kebun & luar ruangan
    37.619 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Aquascape Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Aquascape Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tampilan akuarium yang sama dari tahun ke tahun pasti membuat Anda bosan. Jika demikian, kami sarankan Anda untuk mendekorasi ulang akuarium menggunakan tanaman aquascape. Tanaman ini pasti akan memberikan suasana baru bagi akuarium di dalam rumah Anda.Ludwigia sp., Anubias barteri, dan Hemianthus callitrichoides merupakan beberapa jenis tanaman aquascape yang bisa dibeli di toko online. Dari beberapa tanaman aquascape tersebut, manakah yang paling sesuai dengan akuarium di rumah Anda? Untuk mengetahui jawabannya, bacalah cara memilih tanaman aquascape terbaik dan melihat review-nya di bawah ini!
    Kebun & luar ruangan
    868 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori