• 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.


Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
dr. Ida Ayu Diah
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari dan dr. Dian Pratiwi

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Dokter yang lebih dikenal dengan dr. Dayu Diah ini memiliki akreditasi praktik dari Universitas Udayana. Saat ini beliau merupakan salah satu staff pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Ganesha. Beliau berpengalaman banyak dalam menangani masalah penyakit kulit, kelamin, maupun estetika.


Beliau berpengalaman kerja di beberapa rumah sakit dan klinik, seperti Rumah Sakit KDH-Bros, Puriva Clinic Sunset Road, dan Euderna Clinic Singaraja. Untuk berkonsultasi melalui telemedicine, Anda dapat menghubunginya melalui Halodoc.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Kenali manfaat dan efek samping dari retinol

Kenali manfaat dan efek samping dari retinol

Retinoids merupakan bahan aktif golden standard untuk anti-aging serta bermanfaat untuk brightening dan anti-acneRetinol merupakan senyawa yang dibuat dari turunan vitamin A. Berdasarkan hasil penelitian, retinol mampu merangsang produksi kolagen sehingga terbentuk pembentukan kulit baru yang sehat. 


Efektivitasnya bervariasi tergantung pada jenisnya. Retinyl palmitate dan retinyl propionate memiliki efektivitas paling lemah. Retinol dan retinal dehyde merupakan jenis terkuat yang dapat dibeli bebas di Indonesia. Sementara itu, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan adapalene, tretinoin, tazarotene, dan trifarotene. Retinol merupakan jenis retinoids yang paling umum digunakan dan dapat dibeli secara bebas.


Tidak heran, serum dengan kandungan retinol biasanya mampu menyelesaikan beberapa permasalahan kulit seperti garis halus, jerawat, dan bercak hitam. Selain itu, retinol juga  merupakan salah satu brightening agent yang bisa dipakai jangka panjang. Tak ketinggalan, retinol juga ampuh menghilangkan millia di sekitar hidung, dahi, dan kelopak mata.


Senyawa retinol memiliki beberapa tingkatan sesuai dengan kekuatannya. Biasanya, produk dengan kandungan retinyl palmitate, retinol, retinaldehyde, dan adapalene dapat dibeli secara bebas. Namun, jenis retinol seperti tretinoin dan tazarotene memerlukan resep dari dokter. Meski efeknya cukup cepat terlihat, retinol dapat menimbulkan risiko iritasi apabila digunakan tidak sesuai anjuran.


Pemakaian retinol serum secara tidak tepat dapat menyebabkan kulit kering, iritasi, dan adanya perubahan warna kulit. Sementara itu, efek sampingnya adalah kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga mudah kemerahan.


Oleh karena itu, disarankan bagi Anda untuk mencoba serum retinol dari konsentrasi yang kecil terlebih dahulu. Penting untuk diingat bahwa makin kuat jenis dan tinggi konsentrasinya, makin efektif pula retinol tersebut. Namun, risiko iritasinya juga akan makin meningkat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum retinol

Dengan membaca penjelasan singkat pada subbab sebelumnya, Anda telah mengenali manfaat dan efek samping serum retinol. Berikutnya, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih serum retinol terbaik untuk Anda. Simak pembahasannya berikut ini, ya!

Pilih konsentrasi retinol yang terdapat pada serum

Setiap produk retinol serum memiliki konsentrasi kandungan retinol yang berbeda-beda. Berapa konsentrasi kandungan retinol yang tepat untuk Anda? Kami akan membahasnya secara singkat pada poin di bawah ini. Semoga membantu!

Untuk pemula, pilih serum dengan konsentrasi retinol 0,25–1%

Untuk pemula, pilih serum dengan konsentrasi retinol 0,25–1%

Serum retinol dengan konsentrasi rendah dianjurkan untuk Anda yang masih pemula agar kulit dapat beradaptasi terlebih dahulu. Anda dapat membeli produk serum dengan konsentrasi retinol 0,25–1%. Pada dua minggu pertama pemakaian serum retinol, Anda mungkin akan mengalami tanda seperti kemerahan dan burning sensation. Anda tidak perlu khawatir karena tanda-tanda tersebut selanjutnya akan hilang.


Anda bisa mengawali pemakaian retinol sebanyak tiga kali seminggu. Pakailah serum secara tipis. Hindari area wajah yang sensitif seperti area samping cuping hidung, bibir, dan area sekitar mata. Kami juga menganjurkan Anda agar selalu mengaplikasikan serum retinol pada kulit dalam keadaan kering.


Selain untuk pemula, para pemilik kulit kering dan sensitif juga sebaiknya menggunakan retinol konsentrasi rendah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko iritasi di awal pemakaian.


Bila Anda terbiasa menggunakan skincare sebelum atau setelah pemakaian serum, berikanlah sedikit jeda sebelum pemakaian serum retinol. Namun, apabila tetap timbul efek negatif setelah pemakaian serum retinol, sebaiknya hentikan pemakaian. Konsultasikanlah hal tersebut pada dokter kulit bila dirasa perlu.

Untuk pengguna lanjutan, pilih serum dengan konsentrasi retinol 1–2%

Untuk pengguna lanjutan, pilih serum dengan konsentrasi retinol 1–2%

Serum retinol berkonsentrasi rendah akan memperlihatkan hasil apabila dipakai secara tiga kali seminggu dalam jangka waktu 4–5 minggu. Akan tetapi, Anda dapat memilih serum berkonsentrasi retinol 1–2% apabila telah terbiasa menggunakan serum retinol sebelumnya. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang berusia di atas tiga puluh tahun dan membutuhkan efek retinol yang lebih kuat.


Makin tinggi konsentrasi retinol, maka makin cepat juga hasil yang terlihat. Beberapa masalah yang sering dialami kulit wajah adalah munculnya tanda-tanda penuaan dini, jerawat, sebum berlebih, dan pori-pori besar. Hal-hal tersebut dapat cepat diatasi dengan retinol serum berkonsentrasi tinggi. Meski begitu, risiko efek samping juga lebih besar sehingga penggunaan serum retinol harus tetap sesuai aturan pakai.


Setelah nyaman dengan retinol 2%, saatnya untuk level up menggunakan retinaldehyde. Pada umumnya, retinaldehyde beredar di pasaran dengan konsentrasi 0,05–2%. Penggunaan retinaldehyde ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin mendapat hasil yang lebih baik.

Pastikan Anda menggunakan sesuai dengan anjuran

Pastikan Anda menggunakan sesuai dengan anjuran

Beberapa dari Anda mungkin sering kali mengabaikan petunjuk atau anjuran pemakaian serum. Padahal pemakaian yang benar sangat memengaruhi hasil yang didapatkan, khususnya pada penggunaan retinol serum. Penggunaan serum retinol yang tidak sesuai anjuran juga dapat menimbulkan masalah kulit lain. Hal ini disebabkan karena sifat senyawa retinol itu sendiri yang cukup keras.


Terdapat beberapa hal yang harus Anda ingat sebelum menggunakan serum retinol. Untuk awal pemakaian, serum retinol tidak boleh digunakan setiap hari. Cukup gunakan 2–3 kali per minggu. Setelah kulit beradaptasi, retinol perlahan-lahan dapat digunakan setiap hari sesuai respons kulit. Penggunaannya pun lebih dianjurkan pada malam hari.


Kemudian, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan karena retinol membuat kulit lebih peka terhadap sinar matahari. Perhatikan pula rangkaian skincare yang Anda gunakan sebelum dan sesudah pemakaian serum. Untuk mengurangi efek iritatif, retinol baik dikombinasikan dengan niacinamide di bawah 5%.


Jika Anda hendak menggunakan moisturizer, gunakan serum retinol dahulu, baru ikuti dengan pelembap. Jangan gunakan serum retinol bersamaan dengan produk yang mengandung AHA (alpha hydroxy acids) atau BHA (beta hydroxy acid). Terutama pada awal pemakaian dan pada kulit sensitif. 


Terakhir, ingatlah untuk memakai serum retinol secara tipis-tipis dan menghindari area yang sensitif. Apabila Anda sedang hamil, hentikan penggunaan serum retinol karena produk ini termasuk kategori C (sebaiknya dihindari).

Prioritaskan produk dari brand lokal

Skincare dari brand lokal ternyata memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan brand internasional. Begitu pula dengan retinol serum yang harganya cenderung terjangkau, tetapi berkualitas baik. Karena itu, kami akan memperkenalkan beberapa brand lokal yang dapat Anda jadikan pertimbangan.

Avoskin: Mengandalkan bahan-bahan alami dari dataran tinggi Jawa dan Bali

Avoskin mengandalkan sumber daya alam terbaik di dataran tinggi Jawa dan Bali sebagai bahan baku produknya. Bahan baku tersebut dikombinasikan dengan bahan-bahan premium dan proses pembuatan berteknologi canggih. Dengan menggunakan kemasan kaca yang dapat didaur ulang, Avoskin turut ambil bagian dalam usaha mengurangi limbah sampah plastik.


Miraculous Retinol Ampoule adalah retinol serum dari Avoskin agar kulit menjadi lebih sehat dan terjaga elastisitasnya. Konsentrasi retinol yang cukup tinggi menjadikan produk ini tepat apabila Anda membutuhkan peran retinol yang lebih kuat. 


Serum ini juga mengandung peptide yang merupakan rangkaian asam amino yang bermanfaat untuk memproduksi kolagen. Produk ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk serum antiaging.

Somethinc: Berkualitas tinggi dengan harga terjangkau

Somethinc menawarkan produk skincare dengan formula terbaik berkualitas tinggi dan memanfaatkan bahan-bahan alami. Brand ini juga sudah mengantongi sertifikasi halal sehingga Anda lebih tenang saat menggunakannya. Hebatnya, Anda dapat memiliki produk-produk berkualitas tinggi dari Somethinc tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam.


Anda yang baru mencoba atau hendak memulai menggunakan serum retinol dapat mencoba Level 1% Retinol dari Somethinc. Seperti namanya, produk ini mengandung retinol dalam konsentrasi rendah sehingga lebih meminimalkan risiko iritasi. 


Serum dari Somethinc juga tidak bercampur dengan bahan aktif lainnya sehingga mempermudah pemakaian untuk Anda yang memiliki kondisi khusus. Apabila Anda memiliki kulit berjerawat dan harus mengurangi pemakaian skincare, produk inilah jawabannya!

Dear Me Beauty: Kombinasi bahan aktif dengan ekstrak buah

Pada awalnya, brand ini populer dengan produk kosmetiknya. Namun, belakangan ini Dear Me Beauty menciptakan terobosan baru yaitu dengan memproduksi beberapa macam skincare. Uniknya, setiap produk skincare Dear Me Beauty memiliki kandungan kombinasi antara bahan aktif dengan ekstrak buah-buahan.


Salah satu produknya adalah Dear Me Beauty Single Activator Face Serum Retinol + Blueberry Extract. Produk ini diklaim cocok untuk pemilik kulit sensitif karena telah lulus uji dermatologi. Hal itu juga didukung dengan komposisinya yang tidak menggunakan bahan-bahan pemicu iritasi.


Ekstrak buah mengandung bahan antioksidan yang juga mampu menangkal radikal bebas akibat paparan sinar ultraviolet. Jangan lupa, tetap kombinasikan pemakaian serum dengan sunscreen pada pagi dan siang hari.

10 Rekomendasi serum retinol terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum retinol terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, SpKK dan dr. Dian Pratiwi, SpKK.

10
KandunganRetinol, glycerin, 1.3-butylene glycol, hydrolyzed sodium hyaluronate, dan panthenol
Konsentrasi retinolTidak disebutkan
Aturan pakai3–5 tetes gunakan pada pagi dan malam hari
9
KandunganPropanediol, glycerin, acetyl hexapeptide-8, sodium hyaluronate, dan retinol
Konsentrasi retinolTidak disebutkan
Aturan pakaiBeberapa tetes gunakan pada malam hari
8

OlaySerum Wajah Retinol 24 Anti Aging Skincare

Mulai dari Rp 299.000,00

KandunganBioavailable retinoid, niacinamide, dan Retinol24 Complex
Konsentrasi retinolTidak disebutkan
Aturan pakaiBeberapa tetes gunakan pada malam hari
7
KandunganRetinol-C Complex, hexyresorcinol, Next Generation of Anti-Aging Technology, dan New Skin Lightening Technology
Konsentrasi retinolTidak disebutkan
Aturan pakaiTidak disebutkan
6

Natasha by Dr Fredi SetyawanRetinol White Night Serum

Mulai dari Rp 202.545,00

KandunganRetinol, nanosome in squalene, glabridin, dan ferulic acid
Konsentrasi retinol2%
Aturan pakaiBeberapa tetes gunakan pada malam hari
5
KandunganRetinol, hyaluronic acid, jojoba oil, dan vitamin E
Konsentrasi retinol0,1%
Aturan pakaiTidak disebutkan
4
KandunganRetinol, vitamin B3, glycerin, Aloe barbadensis leaf extract, dan allantoin
Konsentrasi retinol0,5%
Aturan pakaiBeberapa tetes gunakan pada malam hari
3

Dear Me BeautySingle Activator Face Serum

Retinol + Blueberry Extract

Mulai dari Rp 189.000,00

KandunganRetinol, blueberry extract, Aloe vera, dan collagen
Konsentrasi retinolTidak disebutkan
Aturan pakai3–4 tetes gunakan pada malam hari
2

SomethincLevel 1% Encapsulated Retinol

Mulai dari Rp 155.000,00

KandunganEncapsulated retinol, terephthalylidene dicamphor sulfonic acid, hyaluronic acid, allantoin, dan ceramide-3
Konsentrasi retinol1%
Aturan pakai5–10 tetes gunakan pada malam hari
1

AvoskinMiraculous Retinol Ampoule

Mulai dari Rp 249.000,00

KandunganRetinol, peptide, vitamin E, green tea extract, dan raspberry
Konsentrasi retinol3% (dalam bentuk actosome retinol)
Aturan pakaiTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk serum retinol terbaik

Gambar produk
1
Avoskin Miraculous Retinol Ampoule 1

Avoskin

2
Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol 1

Somethinc

3
Dear Me Beauty Single Activator Face Serum 1

Dear Me Beauty

4
Erto's Retinol Serum 1

Erto's

5
For Skin's Sake Retinol Serum 1

For Skin's Sake

6
Natasha by Dr Fredi Setyawan Retinol White Night Serum 1

Natasha by Dr Fredi Setyawan

7
Pond's Age Miracle Double Serum 1

Pond's

8
Olay Serum Wajah Retinol 24 Anti Aging Skincare 1

Olay

9
Airnderm Aesthetic Retinol Serum 1

Airnderm Aesthetic

10
Breylee Retinol Lifting Serum 1

Breylee

Nama produk

Miraculous Retinol Ampoule

Level 1% Encapsulated Retinol

Single Activator Face Serum

Retinol Serum

Retinol Serum

Retinol White Night Serum

Age Miracle Double Serum

Serum Wajah Retinol 24 Anti Aging Skincare

Retinol Serum

Retinol Lifting Serum

Keunggulan

Cara mudah atasi kerutan akibat penuaan dini

Bekerja efektif dengan menembus sel kulit dan memperbaiki sel yang bermasalah

Dengan ekstrak Aloe vera dan blueberry yang memberikan kelembapan ekstra

Mengandung soybean oil untuk membantu perbaiki barrier kulit

Tekstur kulit lebih halus, masalah pori-pori besar pun teratasi

Dengan teknologi nanosome agar hasil lebih cepat terlihat

Manfaatnya powerful, lebih praktis dengan botol pump!

Membantu Anda mendapatkan kulit cerah dan kenyal!

Kandungan yang menghidrasi untuk mencegah kulit kering

Dilengkapi kandungan antioksidan untuk mengatur metabolisme kulit

Harga mulai dariRp 249.000,00Rp 155.000,00Rp 189.000,00Rp 120.000,00Rp 270.000,00Rp 202.545,00Rp 175.000,00Rp 299.000,00Rp 125.000,00Rp 100.000,00
KandunganRetinol, peptide, vitamin E, green tea extract, dan raspberryEncapsulated retinol, terephthalylidene dicamphor sulfonic acid, hyaluronic acid, allantoin, dan ceramide-3Retinol, blueberry extract, Aloe vera, dan collagenRetinol, vitamin B3, glycerin, Aloe barbadensis leaf extract, dan allantoinRetinol, hyaluronic acid, jojoba oil, dan vitamin ERetinol, nanosome in squalene, glabridin, dan ferulic acidRetinol-C Complex, hexyresorcinol, Next Generation of Anti-Aging Technology, dan New Skin Lightening TechnologyBioavailable retinoid, niacinamide, dan Retinol24 ComplexPropanediol, glycerin, acetyl hexapeptide-8, sodium hyaluronate, dan retinolRetinol, glycerin, 1.3-butylene glycol, hydrolyzed sodium hyaluronate, dan panthenol
Konsentrasi retinol3% (dalam bentuk actosome retinol)1%Tidak disebutkan0,5%0,1%2%Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Aturan pakaiTidak disebutkan5–10 tetes gunakan pada malam hari3–4 tetes gunakan pada malam hariBeberapa tetes gunakan pada malam hariTidak disebutkanBeberapa tetes gunakan pada malam hariTidak disebutkanBeberapa tetes gunakan pada malam hariBeberapa tetes gunakan pada malam hari3–5 tetes gunakan pada pagi dan malam hari
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar serum retinol

Di artikel ini, kami telah membahas tuntas mengenai pemakaian serum retinol yang tepat. Sebagai informasi tambahan, kami telah menyediakan jawaban atas tiga pertanyaan seputar retinol yang sering diajukan di internet. Mari simak informasi tambahan ini!

Apakah retinol cocok untuk semua jenis kulit?

Apabila Anda memiliki tipe kulit kering, mari awasi pemakaian retinol. Pada dua minggu pertama penggunaan serum retinol, kulit Anda akan menjadi makin kering. Tak heran, terdapat beberapa individu yang memiliki kulit sensitif menyerah pada minggu-minggu awal pemakaian serum retinol.


Jika Anda memiliki kulit kering, pemakaian serum retinol cukup dilakukan 3x seminggu dan dikombinasikan dengan pelembap. Kandungan retinol juga mengakibatkan efek purging (komedo yang masih menumpuk di bawah kulit dikeluarkan dengan cepat) di awal pemakaian. Anda yang memiliki wajah berjerawat harus sabar menghadapi proses tersebut. Setelah selesai, kulit Anda akan menjadi bersih.

Apa yang harus diwaspadai saat menggunakan retinol bersamaan dengan skincare lainnya?

Untuk menghindari efek kering dan iritasi, hindari penggunaan retinol bersama bahan aktif seperti AHA, BHA, serta kandungan eksfolian lainnya. Kedua bahan ini sebaiknya digunakan pada hari yang berbeda.

Kapan khasiat penggunaan retinol terlihat pada kulit wajah?

Gunakanlah serum retinol secara teratur selama minimal empat minggu. Kandungan retinol bersifat tidak aktif sehingga hasilnya baru terlihat setelah sekitar 4–5 minggu pemakaian. Dengan pemakaian retinol secara teratur, garis halus dan tanda penuaan lainnya akan muncul lebih lambat.

Tips memilih dan menggunakan retinol dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips memilih dan menggunakan retinol dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

  • Tips memilih retinol

Selain konsentrasinya, perhatikan juga tekstur, formulasi, dan bahan aktif lain yang terkandung di dalam produk retinol. Kemasan yang baik juga penting untuk waktu penyimpanan yang lebih panjang.


  • Tips menggunakan retinol

Start low, go slow! Mulai menggunakan dengan konsentrasi rendah, naikkan sesuai respons kulit. Atur frekuensi yang nyaman untuk kulit Anda. Kunci sukses menggunakan retinol adalah konsistensi.

Hasil terbaik retinol tampak setelah digunakan rutin minimal 2–3 bulan. 

Baca juga rekomendasi serum lainnya di sini

Kami sudah merekomendasikan beberapa best retinol serum untuk Anda. Mungkin setelah membelinya, Anda justru tertarik untuk mencoba serum jenis lain. Tenang saja karena kami sudah menyediakan beberapa artikel terkait serum terbaik lainnya. Langsung klik link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Kami sudah menjelaskan kandungan retinol yang sangat bermanfaat dalam mencegah penuaan dini dan mampu meningkatkan produksi kolagen. Pastikan Anda menggunakan serum retinol sesuai anjuran agar mendapatkan hasil yang optimal.


Jika timbul gejala alergi atau iritasi pada kulit, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan pada ahlinya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih retinol serum terbaik demi kulit wajah yang Anda idam-idamkan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Cetaphil, Hada Labo, dan Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Pond's Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Pond's Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pond's adalah merek perawatan wajah tepercaya dan telah digunakan oleh konsumen dari berbagai usia. Skincare Pond's sangat beragam, ada produk Pond's untuk remaja hingga untuk usia 30 tahun ke atas. Produk Pond's dapat diandalkan untuk menghilangkan bekas jerawat dan bruntusan, masalah kulit berminyak, komedo, dan kerutan di wajah.Kami akan membahas produk Pond's terbaru yang bagus. Anda dapat menyimak tips dalam memilih produk Pond's serta membaca rekomendasi produk terbaiknya. Micellar Water DToxx Charcoal, Protecting Day Cream, sampai Juice Collection Moisturizer Watermelon ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca artikelnya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori