mybest
Serum

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Salah satu serum populer saat ini adalah serum retinol. Retinol menawarkan banyak manfaat untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Selain itu, retinol juga bisa membantu mengatasi permasalahan jerawat dan pigmentasi kulit.


Bersama dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, kami akan menjelaskan cara memilih serum retinol yang bagus untuk pemula maupun pengguna lanjutan. Kami juga akan memberikan tips penggunaan dan kandungan yang tepat. Tak lupa, kami juga menyiapkan rekomendasi serum retinol terbaik, seperti The Originote, Azarine, dan Whitelab.

Diperbaharui 26/03/2024
dr. Dian Pratiwi
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik. Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Profil dr. Dian Pratiwi
Lanjut membaca
Grace Mulyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace yang juga adalah content creator di Lemon8 menemukan passion-nya dalam dunia menulis dan menjadi writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace telah banyak meriset dan berhubungan dengan pakar untuk berbagai topik terkait kesehatan, elektronik rumah tangga, perawatan tubuh, makanan, serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa fungsi serum retinol?

Apa fungsi serum retinol?

Retinoid adalah turunan vitamin A. Retinoid sendiri hadir dalam berbagai jenis dan salah satunya yang populer adalah retinol. Retinol cukup populer dalam skincare karena manfaat anti-aging yang merangsang regenerasi sel (cell turnover). Namun, masih ada berbagai manfaat lainnya dari retinol, seperti:


  • Mencerahkan
  • Meratakan warna kulit
  • Mengontrol produksi minyak berlebih
  • Mengobati dan mencegah jerawat
  • Mencegah komedo
  • Memudarkan noda bekas jerawat
  • Merangsang produksi kolagen
  • Menghilangkan flek hitam, garis halus, dan kerutan

Meski punya banyak manfaat, penggunaan serum retinol juga memiliki efek samping. Efek sampingnya dapat berupa:

  • Dapat menimbulkan risiko iritasi apabila digunakan tidak sesuai anjuran
  • Berpotensi membuat kulit kering
  • Menjadikan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga mudah kemerahan

Untuk menghindari efek samping di atas, Anda direkomendasikan untuk mencoba serum retinol dari dosis yang rendah terlebih dahulu. Penting untuk diingat bahwa makin tinggi konsentrasinya, makin efektif pula retinol tersebut. Namun, risiko iritasinya juga akan makin meningkat.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Pada pemakaian awal, kulit biasanya mengalami retinization, yaitu proses penyesuaian kulit terhadap penggunaan produk yang mengandung retinoid. Cirinya adalah kulit menjadi kering, mengelupas, merah, hingga gatal-gatal. Namun, efek retinization ini akan mereda dan hilang dalam beberapa minggu setelah kulit berhasil beradaptasi dengan kandungan retinol. Jika efeknya tidak kunjung reda, silakan mengurangi dosis atau konsentrasi serum retinol yang Anda gunakan.

Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan serum retinol?

Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan serum retinol?

Secara umum, retinol dapat digunakan setiap hari apabila kulit memiliki respons yang baik. Namun, pengguna pemula sebaiknya memakai retinol mulai dari 2-3 kali seminggu sajaRetinol juga boleh dipakai sejak usia 12 tahun untuk merawat kulit yang berjerawat. Untuk perawatan anti-aging, Anda dapat memakai retinol sejak usia 20 tahun. 


Hasil dari retinol akan terlihat mulai dari 3 minggu setelah pemakaian pertama dan efektif setelah 12 minggu. Pemakaian dengan jangka panjang tentunya akan lebih baik lagi. Retinol memiliki sifat yang sensitif terhadap sinar matahari sehingga dianjurkan untuk dipakai saat malam hari saja. Anda juga direkomendasikan untuk selalu memakai sunscreen saat siang hari.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Memakai retinol sebaiknya menerapkan pola "low, then go slow", yaitu memulai dari dosis dan intensitas yang rendah, lalu ditingkatkan secara perlahan.

Cara memilih serum retinol

Dengan membaca penjelasan pada poin sebelumnya, Anda telah mengenali manfaat dan efek samping serum retinol. Berikutnya, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih serum retinol terbaik untuk Anda. Simak pembahasannya berikut ini, ya!

1

Untuk pemula dan kulit sensitif, utamakan serum dengan konsentrasi retinol kurang dari 1% dan pilih yang jenisnya encapsulated retinol atau granactive retinoid

Penggunaan retinol harus dimulai dari konsentrasi rendah terlebih dahulu agar kulit terbiasa. Bagi para pemula, serum retinol dengan konsentrasi 1% lebih direkomendasikan. Selain itu, ada juga encapsulated retinol dan granactive retinoid yang lebih lembut di kulit.

Serum dengan konsentrasi retinol kurang dari 1% agar kulit bisa beradaptasi dahulu

Serum dengan konsentrasi retinol kurang dari 1% agar kulit bisa beradaptasi dahulu

Serupa dengan bahan aktif lain, konsentrasi retinol di dalam serum juga sangat penting untuk diperhatikan. 


  • Bagi pemula, pemilik kulit kering, dan sensitif, gunakan serum dengan konsentrasi retinol sekitar 0,25-0,3%. 
  • Selain itu, serum retinol dengan konsentrasi kurang dari 1% juga dapat Anda gunakan.

Serum retinol dengan konsentrasi rendah dianjurkan untuk Anda yang masih pemula agar kulit dapat beradaptasi terlebih dahulu. Pada 2 minggu pertama pemakaian, Anda mungkin akan mengalami tanda, seperti kemerahan dan burning sensation. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tanda-tanda tersebut akan hilang.


  • Untuk pemula, gunakanlah serum retinol sebanyak 3x seminggu secara tipis. 
  • Hindari area wajah yang sensitif, seperti samping cuping hidung, bibir, dan sekitar mata. 
  • Kemudian, selalu aplikasikan serum retinol pada kulit dalam keadaan kering.

Jika Anda terbiasa menggunakan skincare lain, berikanlah sedikit jeda sebelum ataupun sesudah pemakaian serum retinol. Apabila timbul efek negatif setelah pemakaian retinol, sebaiknya hentikan penggunaannya. Konsultasikanlah hal tersebut pada dokter kulit bila dirasa perlu.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi
Pada dasarnya, semua jenis kulit dapat memakai serum yang mengandung retinol. Namun, pada kasus kulit sensitif, Anda disarankan untuk lebih berhati-hati. Pasalnya, retinol memiliki risiko iritasi yang cukup tinggi, terutama pada orang yang kulitnya sangat sensitif.

Pilih jenis encapsulated retinol atau granactive retinoid yang lebih ramah pemula

Pilih jenis encapsulated retinol atau granactive retinoid yang lebih ramah pemula
Selain memilih konsentrasi retinol yang rendah, para pemula bisa memilih dari jenis retinoidnya. Retinoid yang lembut di kulit adalah encapsulated retinol dan granactive retinoid

  • Encapsulated retinol

Encasulated retinoid adalah jenis retinoid yang dibungkus menggunakan lapisan pelindung sehingga lebih gentle dan stabil. Dengan menggunakan teknologi enkapsulasi (encapsulated), retinol akan dilepaskan secara perlahan ke permukaan kulit selama periode waktu tertentu. 


Proses enkapsulasi tersebut membantu mengurangi potensi iritasi dan reaksi pada kulit yang umumnya disebabkan oleh retinol tanpa enkapsulasi. Oleh karena itu, serum dengan encapsulated retinoid ideal untuk pemula, pemilik kulit kering, dan sensitif.


  • Granactive retinoid

Granactive retinoid adalah bentuk retinoid sintetis yang dikembangkan untuk mengurangi potensi iritasi yang biasanya terkait dengan retinol. Jenis ini dinilai memiliki efektivitas yang lebih tinggi atau potent dibandingkan retinol klasik. Selain itu, granactive retinoid juga lebih stabil sehingga produknya lebih tahan lama.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Retinoid jenis encapsulated retinol dan granactive retinoid direkomendasikan untuk pemilik kulit sensitif karena risiko iritasinya rendah. Granactive retinoid bahkan dinilai lebih potent (efektivitasnya tinggi) dibanding retinol klasik. Granactive retinoid ini sebenarnya adalah nama merek. Kedua jenis retinoid ini juga dapat dipakai di pagi hari jika kulit dapat menerima retinol dengan baik.

2

Untuk pengguna yang sudah terbiasa memakai retinol, gunakan serum dengan konsentrasi retinol sekitar 1–2% dan pilih jenis retinol yang lebih beragam

Lain lagi bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan serum retinol. Anda bisa mencoba retinol dengan konsentrasi yang lebih tinggi dengan jenis retinoid yang lebih beragam.

Konsentrasi retinol sekitar dari 1-2% untuk efek yang lebih maksimal

Konsentrasi retinol sekitar dari 1-2% untuk efek yang lebih maksimal

Anda dapat memilih serum berkonsentrasi retinol 1-2% apabila telah terbiasa menggunakan serum retinol sebelumnya. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang berusia di atas 30 tahun dan membutuhkan efek retinol yang lebih kuat.


  • Makin tinggi konsentrasi retinol, maka makin cepat juga hasil yang terlihat. Beberapa masalah yang sering dialami kulit wajah adalah munculnya tanda-tanda penuaan dini, jerawat, minyak, dan pori-pori besar. Hal-hal tersebut dapat cepat diatasi dengan retinol serum berkonsentrasi tinggi. 
  • Meski begitu, risiko efek sampingnya juga lebih besar sehingga penggunaan serum retinol harus tetap sesuai aturan pakai.


Setelah nyaman dengan retinol 2%, saatnya untuk level up menggunakan retinaldehyde. Pada umumnya, retinaldehyde beredar di pasaran dengan konsentrasi 0,05–2%. Penggunaan retinaldehyde ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin mendapat hasil yang lebih baik.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi
Jika Anda menemukan serum retinol di atas 2%, misalnya 3%, coba periksa bentuk retinoidnya, apakah retinol murni atau bentuk turunan lain. Jika retinol murni, harap berhati-hati karena memiliki risiko iritasi yang tinggi.

Pilih beragam jenis retinoid: Retinol, encapsulated retinol, atau granactive retinoid

Pilih beragam jenis retinoid: Retinol, encapsulated retinol, atau granactive retinoid

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, ada berbagai bentuk retinoid. Bentuk-bentuk retinoid tersebut merupakan encapsulated retinol, granactive retinol, dan retinol. Para pengguna serum retinol lanjutan dapat menggunakan ketiga jenis retinol tersebut.


Encapsulated retinol dan granactive retinoid memang kerap kali digunakan oleh para pemula. Selain encapsulated retinoid dan granactive retinoid yang ramah dipilih pemula, retinol bisa menjadi tambahan pilihan untuk pengguna lanjutan.


Retinol memang lebih efektif dalam merangsang pergantian sel kulit, meningkatkan produksi kolagen, serta mengatasi masalah penuaan kulit dan jerawat. Kelemahannya, retinol dapat menyebabkan iritasi dan sensitivitas pada kulit. Perlindungan dari sinar matahari sangat penting saat menggunakan serum yang mengandung retinol.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Selain merawat kulit berminyak dan berjerawat, retinol juga dapat membantu mengecilkan tampilan pori-pori yang besar.

3

Untuk mengoptimalkan peremajaan kulit; baik pada kulit normal, kering, atau berminyak; periksa tambahan kandungan pelembap (hyaluronic acid dan ceramide) serta antiaging (peptide)

Selain konsentrasi dan jenis retinoidnya, cek juga bahan tambahan yang terkandung di dalam serum retinol. Adanya bahan tambahan tersebut dapat mengoptimalkan manfaat peremajaan kulit dari retinol sekaligus meminimalkan efek sampingnya. Selain itu, cara untuk mengembalikan keremajaan kulit adalah dengan mempertahankan kelembapan kulit dan mengurangi tanda penuaan.

Pilih yang memiliki kandungan pelembap, seperti hyaluronic acid atau ceramide: Untuk melembapkan dan mengurangi iritasi terutama pada kulit kering

Pilih yang memiliki kandungan pelembap, seperti hyaluronic acid atau ceramide: Untuk melembapkan dan mengurangi iritasi terutama pada kulit kering

Bahan pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah adanya tambahan pelembap. Adanya pelembap dapat mengurangi efek iritan dari retinol. Pelembap yang bisa Anda pertimbangkan adalah hyaluronic acid dan ceramide.


  • Hyaluronic acid 
Hyaluronic acid adalah bahan yang sangat baik dalam menjaga kelembapan kulit, baik normal maupun kering. Tambahan hyaluronic acid dapat membantu mengurangi risiko dehidrasi dan iritasi yang mungkin timbul akibat pemakaian serum retinol.

  • Ceramide 
Ceramide memiliki efek melembapkan layaknya hyaluronic acid. Kombinasi serum yang mengandung retinol dan ceramide juga mampu mengurangi iritasi dan melakukan regenerasi sel kulit.
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Kandungan ceramide dapat membuat serum retinol menjadi lebih user-friendly, calming, dan moisturizing.

Cek yang ada tambahan anti-aging agent, seperti peptide: Untuk mengurangi tanda penuaan

Cek yang ada tambahan anti-aging agent, seperti peptide: Untuk mengurangi tanda penuaan

Untuk Anda yang ingin mendapatan efek peremajaan kulit yang optimal, Anda bisa mencoba serum retinol dengan bahan tambahan peptide. Peptide atau peptida adalah asam amino yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Selain itu, kandungan peptide dapat membantu memperbaiki skin barrier.


Kombinasi retinol dan peptide dapat meningkatkan manfaat perbaikan kulit dan peremajaan. Keduanya bekerja bersama untuk merangsang produksi kolagen dan mempromosikan regenerasi sel kulit, serta membantu meratakan dan mengencangkan kulit.

4

Anda juga memiliki masalah kulit berjerawat? Pertimbangkan serum retinol yang mengandung niacinamide

Anda juga memiliki masalah kulit berjerawat? Pertimbangkan serum retinol yang mengandung niacinamide

Niacinamide dapat melembapkan, mencerahkan, sekaligus mengoptimalkan perawatan kulit berjerawat dan berminyak. Retinol dan niacinamide akan saling melengkapi untuk meredakan peradangan, mengurangi minyak berlebih, hingga membantu menyamarkan noda bekas jerawat.


Tambahan niacinamide di dalam serum retinol juga membantu mengurangi efek iritasi pada penggunaan retinol. Jadi, ada manfaat lebih dari penggunaan serum dengan kombinasi retinol dan niacinamide.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Perpaduan retinol dan niacinamide sangat bagus untuk kasus acne.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Serum Retinol Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Serum Retinol terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 26 Maret 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
BPOM
Nomor BPOM
Isi/varian isi
Tekstur serum
Bahan aktif
Bentuk kemasan
Rekomendasi jenis kulit
Fungsi/manfaat
Kandungan pencerah
Kandungan pelembap
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan antiaging
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaian
Alkohol
Pewangi
1

The Originote

Retinol B3 Serum

The Originote Retinol B3 Serum  1

Rp64.000

Agak Murah

Memadukan 3 jenis retinol untuk wajah yang tampak lebih muda

NA11220100338

20 ml

Water-based

Vitamin A (encapsulated retinol, retinal, hydroxypinacolone retinoate), niacinamide, Egyptian lotus, sodium hyaluronate

Botol pipet

Semua jenis kulit, termasuk kulit berjerawat

Menunda tanda-tanda penuaan, menyamarkan garis-garis halus pada wajah, meratakan warna kulit

Niacinamide, retinol, licorice extract

Glycerin, butylene glycol, sodium hyaluronate, collagen

Paeonia suffruticosa root bark extract, panthenol, Centella asiatica extract

Retinol, retinal, hydroxypinacolone retinoate, Egyptian lotus

Malam

2

Azarine®

Retinol Smooth Glowing Serum

Azarine® Retinol Smooth Glowing Serum 1

Rp59.000

Agak Murah

Dengan teknologi capsulated, kulit lebih minim iritasi

NA18210106617

20 ml

Water-based

Retinol 1%, resveratrol 2%, ceramide 3, hyaluronic acid 0,5%

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mengurangi garis halus dan kerutan, menstimulasi produksi kolagen kulit, mencerahkan kulit, mengecilkan tampilan pori-pori

Retinol, resveratrol

Glycerin, sodium hyaluronate, ceramide 3

Allantoin

Portulaca oleracea extract, retinol

Malam

3

Whitelab

Retinoid Care Serum

Whitelab Retinoid Care Serum 1

Rp106.500

Menengah

Kombinasi hyalucomplex-10 dan peptide, mempertahankan kelembapan dan elastisitas kulit

NA18222000326

15 ml

Water-based

Granactive retinoid 1%, hyalucomplex-10, peptide, niacinamide

Botol pipet

Semua jenis kulit termasuk kulit sensitif

Meremajakan kulit, merawat tekstur kulit, menyamarkan bekas jerawat, menyamarkan tanda penuaan (kerutan dan garis halus), menghaluskan dan mengencangkan kulit

Retinoid, niacinamide

Glycerin, niacinamide

Allantoin

Granactive retinoid, hyalucomplex-10, peptide

Malam

4

SCARLETT

Skin Smoothing Retinol Serum

SCARLETT Skin Smoothing Retinol Serum 1

Rp75.000

Agak Murah

Diperkaya pomegranate extract, kulit terlindungi dari efek buruk sinar UV

NA18210100520

15 ml

Water-based

Encapsulated retinol, pomegranate extract, hexapeptide-8, allantoin

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencegah tanda-tanda penuaan dini, menghidrasi kulit, menghaluskan kulit

Ascorbyl glucoside

Glycerin, butylene glycol

Allantoin

Retinol, acetyl hexapeptide-8

Malam

5

Paragon Technology and Innovation

Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum

Paragon Technology and Innovation Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum 1

Rp98.000

Menengah

Perpaduan retinol dan bakuchiol, efektif dalam meregenerasi kulit

NA18222000277

15 ml, 30 ml

Water-based

Microcapsule retinol 1%, bakuchiol, ceramide actosome 3%, niacinamide 5%, Matrixyl Peptide™

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan kulit wajah dari dalam, menjadikan kulit wajah lembap dan kenyal, mengecilkan tampilan pori-pori

Niacinamide, retinol

Glycerin, Aloe vera leaf extract, butylene glycol, pentylene glycol

Aloe vera leaf extract, allantoin

Retinol, bakuchiol

Malam

6

Olay

Regenerist Retinol24 Night Serum

Olay  Regenerist Retinol24 Night Serum 1

Rp299.000

Agak Mahal

Kulit terjaga kelembapannya selama 24 jam

NA49190105310

30 ml

Water-based

Retinol complex, niacinamide

Botol pipet

Semua jenis kulit

Melembapkan, menyamarkan garis halus, kerutan, dan pori-pori wajah

Niacinamide

Glycerin, niacinamide, dimethiconol

Niacinamide

Retinol, retinyl propionate, palmitoyl pentapeptide-4

Malam

7

ElsheSkin

Retinol Rejuvenating Night Serum

ElsheSkin Retinol Rejuvenating Night Serum 1

Rp139.000

Agak Mahal

Dapatkan kulit kencang dan halus dalam waktu singkat

NA18212000446

15 ml, 30 ml

Water-based

2% Encapsulated retinol, 6% multi-peptide complex, 2% alteromonas ferment, 8X hyaluronic, 1% 3X essential ceramide, 1% coenzyme Q10

Botol pipet

Semua jenis kulit

Meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, menghaluskan, mengatasi jerawat dan komedo, mencerahkan, memudarkan flek hitam dan bekas jerawat

Retinol, niacinamide, Glycyrrhiza glabra root extract

Niacinamide, pentylene glycol, propanediol, glycerin, hyaluronic acid

Hyaluronic acid

Retinol, multi-peptide complex

Malam

8

SOMETHINC

1% Pure Retinol + Squalane

SOMETHINC 1% Pure Retinol + Squalane 1

Rp296.000

Agak Mahal

Dilengkapi squalane untuk menjaga kekenyalan kulit

NA18212000282

20 ml

Oil-based

Retinol, Boswellia serrata gum, squalane

Botol pump

Semua jenis kulit

Menjaga kekenyalan kulit, mencegah penuaan dini, meratakan warna kulit, memperbaiki tekstur kulit

Retinol

Squalane, capric triglyceride

Squalane

Retinol

Malam

9

Pratista

Retinol Renewal Serum

Pratista Retinol Renewal Serum 1

Rp75.000

Agak Murah

Merawat jerawat dan menyingkirkan komedo, rasakan kulit yang lebih halus

NA18202000369

10 ml, 30 ml

Water-based

0,5% Retinol, 4% niacinamide

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan kulit wajah, memperbaiki tekstur kulit, sebagai anti-aging untuk mencegah penuaan dini, membantu keluhan jerawat serta komedo

0,5% retinol, 4% niacinamide

Niacinamide, butylene glycol, glycerin

Allantoin, Aloe barbadensis leaf juice powder

Niacinamide, retinol

Malam hari

10

Innisfree

Retinol Cica Moisture Recovery Serum

Innisfree  Retinol Cica Moisture Recovery Serum 1

Rp165.000

Agak Mahal

Kulit kemerahan mereda, skin barrier pun meningkat

NA26210100599

10 ml, 30 ml, 50 ml

Water-based

0,015% Retinol, Centella asiatica, ceramide, hyaluronic acid, niacinamide, adenosine

Botol pump

Semua jenis kulit

Mengatasi jerawat, sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, memudarkan noda hitam

Niacinamide

Glycerin, butylene glycol, ceramide, hyaluronic acid

Centella asiatica

Retinol

Malam

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

The OriginoteRetinol B3 Serum

Retinol B3 Serum  1
Sumber: theoriginote.id
Harga referensi
Rp64.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp64.000
Agak Murah

Memadukan 3 jenis retinol untuk wajah yang tampak lebih muda

Bila kulit bersih dan kencang adalah dambaan Anda, produk ini tak salah dipilih. Berkat tiga macam retinol, yaitu encapsulated retinol, retinal, dan HPR, serum ini bisa menghaluskan dan menyamarkan kerutan di wajah. Tak hanya itu, produk ini juga mampu memperlambat tanda-tanda penuaan dini dan meremajakan kulit.


Serum retinol yang diperuntukkan merawat kulit berjerawat dan kemerahan ini akan memberikan kelembapan ekstra tanpa rasa berat di kulit. Anda yang memiliki kulit sensitif pun bisa mencobanya karena produk ini tidak mengandung fragrance dan alkohol. 

BPOM
Nomor BPOMNA11220100338
Isi/varian isi20 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktifVitamin A (encapsulated retinol, retinal, hydroxypinacolone retinoate), niacinamide, Egyptian lotus, sodium hyaluronate
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit, termasuk kulit berjerawat
Fungsi/manfaatMenunda tanda-tanda penuaan, menyamarkan garis-garis halus pada wajah, meratakan warna kulit
Kandungan pencerahNiacinamide, retinol, licorice extract
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol, sodium hyaluronate, collagen
Kandungan anti-inflamasiPaeonia suffruticosa root bark extract, panthenol, Centella asiatica extract
Kandungan antiagingRetinol, retinal, hydroxypinacolone retinoate, Egyptian lotus
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianMalam
Alkohol
Pewangi
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Azarine®Retinol Smooth Glowing Serum

Harga referensi
Rp59.000
Agak Murah

Dengan teknologi capsulated, kulit lebih minim iritasi

Serum inovatif Azarine x Marvel ini menghadirkan formula encapsulated retinol yang gentle untuk kulit mulus bercahaya. Kombinasi retinol dan bahan-bahan berkualitasnya mampu mengurangi garis halus, meratakan tekstur kulit, dan mencerahkan kulit. 


Menariknya lagi, produk ini dapat menstimulasi produksi kolagen kulit dan mempercepat proses pergantian sel. Bila Anda perdana ingin mencoba serum dengan retinol, produk satu ini wajib dicoba.

BPOM
Nomor BPOMNA18210106617
Isi/varian isi20 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktifRetinol 1%, resveratrol 2%, ceramide 3, hyaluronic acid 0,5%
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMengurangi garis halus dan kerutan, menstimulasi produksi kolagen kulit, mencerahkan kulit, mengecilkan tampilan pori-pori
Kandungan pencerahRetinol, resveratrol
Kandungan pelembapGlycerin, sodium hyaluronate, ceramide 3
Kandungan anti-inflamasiAllantoin
Kandungan antiagingPortulaca oleracea extract, retinol
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianMalam
Alkohol
Pewangi
View all
No.3

WhitelabRetinoid Care Serum

Harga referensi
Rp106.500
Menengah

Kombinasi hyalucomplex-10 dan peptide, mempertahankan kelembapan dan elastisitas kulit

Retinoid Care Serum dari Whitelab ini tidak hanya diformulasikan dengan retinol, tetapi juga diperkaya peptide dan hyalucomplex-10. Peptide bermanfaat untuk mempertahankan elastisitas dan kekenyalan kulit, sedangkan kombinasi 10 molekul hyaluron dapat mempertahankan kelembapan kulit. 


Berkat serum ini, kulit wajah akan terjaga kelembapannya sepanjang hari sehingga terasa lebih halus dan kencang. Untuk Anda yang seharian berada di ruang ber-AC sehingga kulit terasa kering, tidak ada salahnya menggunakan serum ini.

BPOM
Nomor BPOMNA18222000326
Isi/varian isi15 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktifGranactive retinoid 1%, hyalucomplex-10, peptide, niacinamide
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit termasuk kulit sensitif
Fungsi/manfaatMeremajakan kulit, merawat tekstur kulit, menyamarkan bekas jerawat, menyamarkan tanda penuaan (kerutan dan garis halus), menghaluskan dan mengencangkan kulit
Kandungan pencerahRetinoid, niacinamide
Kandungan pelembapGlycerin, niacinamide
Kandungan anti-inflamasiAllantoin
Kandungan antiagingGranactive retinoid, hyalucomplex-10, peptide
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianMalam
Alkohol
Pewangi
View all
No.4

SCARLETTSkin Smoothing Retinol Serum

Harga referensi
Rp75.000
Agak Murah

Diperkaya pomegranate extract, kulit terlindungi dari efek buruk sinar UV

Malam hari adalah saatnya Anda melalukan perawatan intensif. Untuk Anda yang sering terpapar sinar UV, serum retinol ini adalah solusinya. Serum retinol ini diperkaya dengan pomegranate extract untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.

 
Selain itu, kandungan pomegranate tersebut juga bisa membantu melawan bakteri penyebab jerawat di wajah. Dengan kandungan yang tinggi antioksidan, kulit Anda akan senantiasa terawat, terasa kencang, dan tanda-tanda penuaan dini bisa diperlambat.

BPOM
Nomor BPOMNA18210100520
Isi/varian isi15 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktifEncapsulated retinol, pomegranate extract, hexapeptide-8, allantoin
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencegah tanda-tanda penuaan dini, menghidrasi kulit, menghaluskan kulit
Kandungan pencerahAscorbyl glucoside
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol
Kandungan anti-inflamasiAllantoin
Kandungan antiagingRetinol, acetyl hexapeptide-8
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianMalam
Alkohol
Pewangi
View all
No.5

Paragon Technology and InnovationWardah Renew You Anti Aging Intensive Serum

Harga referensi
Rp98.000
Menengah

Perpaduan retinol dan bakuchiol, efektif dalam meregenerasi kulit

Double anti-aging dalam serum ini makin menambah manfaatnya. Selain retinol, serum Wardah seri Renew You dilengkapi pula dengan bakuchiol. Dengan double formula, serum ini bisa mencegah garis halus, memperbaiki kulit rusak akibat sinar matahari, dan meningkatkan elastisitas kulit.


Tak hanya itu saja, serum ini memiliki formula revolusioner dengan kandungan Apple Phytocell Extract yang tinggi antioksidan. Dengan tekstur cair yang cepat meresap ke kulit, serum lembut ini bisa melengkapi perawatan kulit Anda sehari-hari.

BPOM
Nomor BPOMNA18222000277
Isi/varian isi15 ml, 30 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktifMicrocapsule retinol 1%, bakuchiol, ceramide actosome 3%, niacinamide 5%, Matrixyl Peptide™
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit wajah dari dalam, menjadikan kulit wajah lembap dan kenyal, mengecilkan tampilan pori-pori
Kandungan pencerahNiacinamide, retinol
Kandungan pelembapGlycerin, Aloe vera leaf extract, butylene glycol, pentylene glycol
Kandungan anti-inflamasiAloe vera leaf extract, allantoin
Kandungan antiagingRetinol, bakuchiol
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianMalam
Alkohol
Pewangi
View all
No.6

Olay Regenerist Retinol24 Night Serum

Harga referensi
Rp299.000
Agak Mahal

Kulit terjaga kelembapannya selama 24 jam

Bangun pagi hari dengan kulit yang kenyal dan terlihat lebih muda bisa Anda dapatkan dengan night serum ini. Perpaduan niacinamide dan retinol kompleks dapat menyerap ke lapisan kulit dan menutrisinya dari dalam. Kelembapan kulit dapat Anda rasakan dan terjaga hingga 24 jam sehingga kulit Anda akan terasa lembut, plumpy, dan bercahaya. 

BPOM
Nomor BPOMNA49190105310
Isi/varian isi30 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktifRetinol complex, niacinamide
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMelembapkan, menyamarkan garis halus, kerutan, dan pori-pori wajah
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapGlycerin, niacinamide, dimethiconol
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide
Kandungan antiagingRetinol, retinyl propionate, palmitoyl pentapeptide-4
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianMalam
Alkohol
Pewangi
View all
No.7

ElsheSkinRetinol Rejuvenating Night Serum

Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal

Dapatkan kulit kencang dan halus dalam waktu singkat

ElsheSkin Retinol Rejuvenating Night Serum menggunakan bahan retinol berteknologi tinggi yang terbukti klinis dapat meremajakan kulit. Formulanya dikombinasikan dari 2% microencapsulated retinol yang lembut menutrisi kulit, 5% niacinamide, 6% multi-peptide complex, dan 3X essential ceramides. Tidak heran jika Anda akan merasakan kulit yang lebih kenyal hanya dalam satu malam.


Serum ini juga bisa membantu mengatasi jerawat, komedo, memudahkan flek hitam, serta meningkatkan produksi kolagen. Untuk Anda yang mencari serum dengan hasil yang nyata dan signifikan, pertimbangkanlah produk ini.

BPOM
Nomor BPOMNA18212000446
Isi/varian isi15 ml, 30 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktif2% Encapsulated retinol, 6% multi-peptide complex, 2% alteromonas ferment, 8X hyaluronic, 1% 3X essential ceramide, 1% coenzyme Q10
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMeningkatkan produksi kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, menghaluskan, mengatasi jerawat dan komedo, mencerahkan, memudarkan flek hitam dan bekas jerawat
Kandungan pencerahRetinol, niacinamide, Glycyrrhiza glabra root extract
Kandungan pelembapNiacinamide, pentylene glycol, propanediol, glycerin, hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiHyaluronic acid
Kandungan antiagingRetinol, multi-peptide complex
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianMalam
Alkohol
Pewangi
View all
No.8

SOMETHINC1% Pure Retinol + Squalane

Harga referensi
Rp296.000
Agak Mahal

Dilengkapi squalane untuk menjaga kekenyalan kulit

Untuk remaja mulai 17 tahun ke atas yang ingin mencoba serum dengan retinol, produk satu ini bisa menjadi pilihan. Serum retinol dari SOMETHINC dilengkapi dengan squalane yang berperan sebagai Natural Moisturizing Factors (NMF). 


Manfaatnya adalah untuk menjaga kekenyalan kulit dan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Dikombinasikan dengan Boswellia serrata gum, serum ini dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini, terutama di area mata.

BPOM
Nomor BPOMNA18212000282
Isi/varian isi20 ml
Tekstur serumOil-based
Bahan aktifRetinol, Boswellia serrata gum, squalane
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenjaga kekenyalan kulit, mencegah penuaan dini, meratakan warna kulit, memperbaiki tekstur kulit
Kandungan pencerahRetinol
Kandungan pelembapSqualane, capric triglyceride
Kandungan anti-inflamasiSqualane
Kandungan antiagingRetinol
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianMalam
Alkohol
Pewangi
View all
No.9

PratistaRetinol Renewal Serum

Harga referensi
Rp75.000
Agak Murah

Merawat jerawat dan menyingkirkan komedo, rasakan kulit yang lebih halus

Pratista Retinol Renewal Serum dirancang khusus untuk mengatasi masalah jerawat dan komedo. Serum ini dengan kandungan 0,5% retinol yang efektif membantu membersihkan pori-pori secara mendalam. Dengan demikian, kulit akan lebih sehat dan tidak ada lagi keluhan komedo atau jerawat. Dengan penggunaan teratur, kulit Anda akan lebih halus, pori mengecil, dan wajah makin bersinar. 

BPOM
Nomor BPOMNA18202000369
Isi/varian isi10 ml, 30 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktif0,5% Retinol, 4% niacinamide
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit wajah, memperbaiki tekstur kulit, sebagai anti-aging untuk mencegah penuaan dini, membantu keluhan jerawat serta komedo
Kandungan pencerah0,5% retinol, 4% niacinamide
Kandungan pelembapNiacinamide, butylene glycol, glycerin
Kandungan anti-inflamasiAllantoin, Aloe barbadensis leaf juice powder
Kandungan antiagingNiacinamide, retinol
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianMalam hari
Alkohol
Pewangi
View all
No.10

Innisfree Retinol Cica Moisture Recovery Serum

Harga referensi
Rp165.000
Agak Mahal

Kulit kemerahan mereda, skin barrier pun meningkat

Jika Anda mengalami kulit kemerahan atau beruntusan, serum dengan kandungan 0,015% retinol ini bisa membantu mengatasinya. Bahkan, berdasarkan uji laboratorium, 86% pengguna merasakan kemerahan kulit wajah berkurang setelah penggunaan serum ini.

 

Berkat kandungan Centella asiatica, serum ini dapat membantu merawat jerawat, sel kulit mati, dan noda hitam di wajah. Bonusnya, skin barrier akan menguat, kulit terasa lebih sehat, dan jerawat minggat.
BPOM
Nomor BPOMNA26210100599
Isi/varian isi10 ml, 30 ml, 50 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktif0,015% Retinol, Centella asiatica, ceramide, hyaluronic acid, niacinamide, adenosine
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMengatasi jerawat, sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, memudarkan noda hitam
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol, ceramide, hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica
Kandungan antiagingRetinol
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianMalam
Alkohol
Pewangi
View all

Apa yang boleh dan tidak boleh dicampur dengan retinol?

Apa yang boleh dan tidak boleh dicampur dengan retinol?

Retinol sangat baik untuk dicampur dengan bahan pelembap, seperti hyaluronic acid, glycerin, dan ceramide. Retinol juga aman digunakan bersamaan dengan niacinamide, Centella asiatica, dan green tea extract. Meskipun begitu, retinol tidak direkomendasikan untuk dicampur atau dipakai bersamaan dengan produk yang mengandung AHA, BHA, benzoyl peroxide, dan vitamin C. Jika ingin memakainya, gunakan di waktu yang berbeda agar kulit tidak iritasi.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Serum retinol dapat digunakan bersama skincare lain, seperti toner dan lotion. Anda juga boleh memakai retinol setelah krim malam (night cream). Pastikan teksturnya diurutkan dari yang paling cair ke yang lebih kental (thinest to thickest).

5 Rekomendasi Serum Retinol terbaik

No. 1: The OriginoteRetinol B3 Serum

No. 2: Azarine®Retinol Smooth Glowing Serum

No. 3: WhitelabRetinoid Care Serum

No. 4: SCARLETTSkin Smoothing Retinol Serum

No. 5: Paragon Technology and InnovationWardah Renew You Anti Aging Intensive Serum

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.