• 10 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sebagian besar orang Indonesia terbiasa menggunakan skincare untuk melawan permasalahan kulit wajah. Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.


Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merk Somethinc, Avoskin, dan Olay. Jadi, pastikan Anda membacanya hingga akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Safira Nisa
  • Pembaharuan terakhir: 26 Juni 2021
  • 7.041 Views
Daftar isi

Kenali manfaat dan efek samping dari retinol

Kenali manfaat dan efek samping dari retinol

Retinol merupakan senyawa yang dibuat dari turunan vitamin A. Senyawa ini konon mampu merangsang produksi kolagen. Tidak heran, serum dengan kandungan retinol biasanya mampu menyelesaikan beberapa permasalahan kulit seperti garis halus akibat penuaan dini dan kulit kering. Selain itu, retinol juga efektif mengatasi jerawat serta mampu menghilangkan millia di sekitar hidung, dahi, dan kelopak mata.


Senyawa retinol memiliki beberapa tingkatan sesuai dengan kekuatannya. Biasanya, produk dengan kandungan retinyl palmitate, retinol, retinaldehyde, dan adapalene dapat dibeli secara bebas. Namun, jenis retinol seperti tretinoin dan tazarotene memerlukan resep dari dokter. Meski efeknya cukup cepat terlihat, retinol dapat menimbulkan risiko iritasi apabila digunakan tidak sesuai anjuran.


Pemakaian retinol serum secara tidak tepat dapat menyebabkan kulit kering, iritasi, dan adanya perubahan warna kulit. Sementara itu, efek sampingnya adalah kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga mudah kemerahan. Karena itu, disarankan bagi Anda untuk mencoba serum retinol dari konsentrasi yang kecil terlebih dahulu.

Cara memilih serum retinol

Dengan membaca penjelasan singkat pada subbab sebelumnya, Anda telah mengenali manfaat dan efek samping serum retinol. Berikutnya, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih serum retinol terbaik untuk Anda. Simak pembahasannya berikut ini, ya!

Pilih konsentrasi retinol yang terdapat pada serum

Setiap produk retinol serum memiliki konsentrasi kandungan retinol yang berbeda-beda. Berapa konsentrasi kandungan retinol yang tepat untuk Anda? Kami akan membahasnya secara singkat pada poin di bawah ini. Semoga membantu!

Untuk pemula, pilih serum dengan konsentrasi retinol 0,25–2%

Untuk pemula, pilih serum dengan konsentrasi retinol 0,25–2%

Serum retinol dengan konsentrasi rendah dianjurkan untuk Anda yang masih pemula agar kulit dapat beradaptasi terlebih dahulu. Anda dapat membeli produk serum dengan konsentrasi retinol 0,25–2%. Meskipun berkonsentrasi kecil, retinol tetap berisiko mengakibatkan iritasi dan kekeringan pada kulit. Karena itu, dianjurkan bagi Anda agar selalu mengaplikasikan serum retinol pada kulit yang dalam keadaan kering.


Bila Anda terbiasa menggunakan skincare sebelum atau setelah pemakaian serum, berikanlah sedikit jeda sebelum pemakaian serum retinol. Namun, apabila tetap timbul efek negatif setelah pemakaian  serum retinol, sebaiknya hentikan pemakaian. Konsultasikanlah hal tersebut pada dokter kulit bila dirasa perlu.

Untuk pengguna lanjutan, pilih serum dengan konsentrasi retinol di atas 2%

Untuk pengguna lanjutan, pilih serum dengan konsentrasi retinol di atas 2%

Serum dengan konsentrasi retinol yang terlalu tinggi sangat tidak dianjurkan bagi pemula. Akan tetapi, Anda dapat memilih serum berkonsentrasi retinol di atas 2% apabila telah terbiasa menggunakan serum retinol sebelumnya. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang berusia di atas tiga puluh tahun dan membutuhkan efek retinol yang lebih kuat.


Makin tinggi konsentrasi retinol, maka makin cepat juga hasil yang terlihat. Beberapa masalah yang sering dialami kulit wajah adalah munculnya tanda-tanda penuaan dini, jerawat, sebum berlebih, dan pori-pori besar. Hal-hal tersebut dapat cepat diatasi dengan retinol serum berkonsentrasi tinggi. Meski begitu, risiko efek samping juga lebih besar sehingga penggunaan serum retinol harus tetap sesuai aturan pakai.

Pastikan Anda menggunakan sesuai dengan anjuran

Pastikan Anda menggunakan sesuai dengan anjuran

Beberapa dari Anda mungkin sering kali mengabaikan petunjuk atau anjuran pemakaian serum. Padahal pemakaian yang benar sangat memengaruhi hasil yang didapatkan, khususnya pada penggunaan retinol serum. Penggunaan serum retinol yang tidak sesuai anjuran juga dapat menimbulkan masalah kulit lain. Hal ini disebabkan karena sifat senyawa retinol itu sendiri yang cukup keras. 


Terdapat beberapa hal yang harus Anda ingat sebelum menggunakan serum retinol. Pertama, serum retinol tidak boleh digunakan setiap hari, cukup 2–3 kali per minggu. Penggunaannya pun lebih dianjurkan pada malam hari. Kedua, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan karena retinol membuat kulit lebih peka terhadap sinar matahari.


Perhatikan juga kandungan rangkaian skincare yang Anda gunakan sebelum dan sesudah pemakaian serum. Jangan gunakan retinol serum bersamaan dengan produk yang mengandung AHA (alpha hydroxy acids) atau BHA (beta hydroxy acid). Tujuannya untuk mencegah kulit makin sensitif. Hal yang terakhir, hentikan penggunaan serum retinol pada masa kehamilan dan program kehamilan.

Prioritaskan produk dari brand lokal

Skincare dari brand lokal ternyata memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan brand internasional. Begitu pula dengan retinol serum yang harganya cenderung terjangkau, tetapi berkualitas baik. Karena itu, kami akan memperkenalkan beberapa brand lokal yang dapat Anda jadikan pertimbangan.

Avoskin: Mengandalkan bahan-bahan alami dari dataran tinggi Jawa dan Bali

Avoskin mengandalkan sumber daya alam terbaik di dataran tinggi Jawa dan Bali sebagai bahan baku produknya. Bahan baku tersebut dikombinasikan dengan bahan-bahan premium dan proses pembuatan berteknologi canggih. Dengan menggunakan kemasan kaca yang dapat didaur ulang, Avoskin turut ambil bagian dalam usaha mengurangi limbah sampah plastik.


Miraculous Retinol Ampoule adalah retinol serum dari Avoskin yang dapat Anda pilih agar kulit lebih sehat dan terjaga elastisitasnya. Konsentrasi retinol yang cukup tinggi menjadikan produk ini tepat untuk Anda yang membutuhkan peran retinol secara lebih kuat.

Somethinc: Berkualitas tinggi dengan harga terjangkau

Somethinc menawarkan produk skincare dengan formula terbaik berkualitas tinggi dan memanfaatkan bahan-bahan alami. Brand ini juga sudah mengantongi sertifikasi halal sehingga Anda lebih tenang saat menggunakannya. Hebatnya, Anda dapat memiliki produk-produk berkualitas tinggi dari Somethinc tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam.


Anda yang baru mencoba atau hendak memulai menggunakan serum retinol dapat mencoba Level 1% Retinol dari Somethinc. Seperti namanya, produk ini mengandung retinol dalam konsentrasi rendah sehingga lebih meminimalkan risiko iritasi.

Dear Me Beauty: Kombinasi bahan aktif dengan ekstrak buah

Pada awalnya, brand ini populer dengan produk kosmetiknya. Namun, belakangan ini Dear Me Beauty menciptakan terobosan baru yaitu dengan memproduksi beberapa macam skincare. Uniknya, setiap produk skincare Dear Me Beauty memiliki kandungan kombinasi antara bahan aktif dengan ekstrak buah-buahan.


Salah satu produknya adalah Dear Me Beauty Single Activator Face Serum Retinol + Blueberry Extract. Produk ini diklaim cocok untuk pemilik kulit sensitif karena telah lulus uji dermatologi. Hal itu juga didukung dengan komposisinya yang tidak menggunakan bahan-bahan pemicu iritasi.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

ElsheSkinActive Rejuvenating Night Serum

Mulai dari Rp 240.000,00

10 Rekomendasi serum retinol terbaik

Setelah Anda mengetahui cara memilih retinol serum beserta anjuran pemakaiannya. Selanjutnya, kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasi produk retinol serum terbaik untuk Anda. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit Anda.

10
KandunganRetinol, glycerin, 1.3-butylene glycol, hydrolyzed sodium hyaluronate, dan panthenol
Konsentrasi retinolTidak disebutkan
Aturan pakai3–5 tetes gunakan pada pagi dan malam hari
9
KandunganPropanediol, glycerin, acetyl hexapeptide-8, sodium hyaluronate, dan retinol
Konsentrasi retinolTidak disebutkan
Aturan pakaiBeberapa tetes gunakan pada malam hari
8

OlaySerum Wajah Retinol 24 Anti Aging Skincare

Mulai dari Rp 299.000,00

KandunganBioavailable retinoid, niacinamide, dan Retinol24 Complex
Konsentrasi retinolTidak disebutkan
Aturan pakaiBeberapa tetes gunakan pada malam hari
7
KandunganRetinol-C Complex, hexyresorcinol, Next Generation of Anti-Aging Technology, dan New Skin Lightening Technology
Konsentrasi retinolTidak disebutkan
Aturan pakaiTidak disebutkan
6

Natasha by Dr Fredi SetyawanRetinol White Night Serum

Mulai dari Rp 202.545,00

KandunganRetinol, nanosome in squalene, glabridin, dan ferulic acid
Konsentrasi retinol2%
Aturan pakaiBeberapa tetes gunakan pada malam hari
5
KandunganRetinol, hyaluronic acid, jojoba oil, dan vitamin E
Konsentrasi retinol0,1%
Aturan pakaiTidak disebutkan
4
KandunganRetinol, vitamin B3, glycerin, Aloe barbadensis leaf extract, dan allantoin
Konsentrasi retinol0,5%
Aturan pakaiBeberapa tetes gunakan pada malam hari
3

Dear Me BeautySingle Activator Face Serum

Retinol + Blueberry Extract

Mulai dari Rp 189.000,00

KandunganRetinol, blueberry extract, Aloe vera, dan collagen
Konsentrasi retinolTidak disebutkan
Aturan pakai3–4 tetes gunakan pada malam hari
2
KandunganEncapsulated retinol, terephthalylidene dicamphor sulfonic acid, hyaluronic acid, allantoin, dan ceramide-3
Konsentrasi retinol1%
Aturan pakai5–10 tetes gunakan pada malam hari
1

AvoskinMiraculous Retinol Ampoule

Mulai dari Rp 249.000,00

KandunganRetinol, peptide, vitamin E, green tea extract, dan raspberry
Konsentrasi retinol3%
Aturan pakaiTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk serum retinol terbaik

Gambar produk
1
Avoskin Miraculous Retinol Ampoule 1

Avoskin

2
Somethinc Level 1% Retinol 1

Somethinc

3
Dear Me Beauty Single Activator Face Serum 1

Dear Me Beauty

4
Erto's Retinol Serum 1

Erto's

5
For Skin's Sake Retinol Serum 1

For Skin's Sake

6
Natasha by Dr Fredi Setyawan Retinol White Night Serum 1

Natasha by Dr Fredi Setyawan

7
Pond's Age Miracle Double Serum 1

Pond's

8
Olay Serum Wajah Retinol 24 Anti Aging Skincare 1

Olay

9
Airnderm Aesthetic Retinol Serum 1

Airnderm Aesthetic

10
Breylee Retinol Lifting Serum 1

Breylee

Nama produk

Miraculous Retinol Ampoule

Level 1% Retinol

Single Activator Face Serum

Retinol Serum

Retinol Serum

Retinol White Night Serum

Age Miracle Double Serum

Serum Wajah Retinol 24 Anti Aging Skincare

Retinol Serum

Retinol Lifting Serum

Keunggulan

Cara mudah atasi kerutan akibat penuaan dini

Bekerja efektif dengan menembus sel kulit dan memperbaiki sel yang bermasalah

Dengan ekstrak Aloe vera dan blueberry yang memberikan kelembapan ekstra

Mengandung soybean oil untuk membantu perbaiki barrier kulit

Tekstur kulit lebih halus, masalah pori-pori besar pun teratasi

Dengan teknologi nanosome agar hasil lebih cepat terlihat

Manfaatnya powerful, lebih praktis dengan botol pump!

Membantu Anda mendapatkan kulit cerah dan kenyal!

Kandungan yang menghidrasi untuk mencegah kulit kering

Dilengkapi kandungan antioksidan untuk mengatur metabolisme kulit

Harga mulai dariRp 249.000,00Rp 155.000,00Rp 189.000,00Rp 120.000,00Rp 270.000,00Rp 202.545,00Rp 175.000,00Rp 299.000,00Rp 125.000,00Rp 100.000,00
KandunganRetinol, peptide, vitamin E, green tea extract, dan raspberryEncapsulated retinol, terephthalylidene dicamphor sulfonic acid, hyaluronic acid, allantoin, dan ceramide-3Retinol, blueberry extract, Aloe vera, dan collagenRetinol, vitamin B3, glycerin, Aloe barbadensis leaf extract, dan allantoinRetinol, hyaluronic acid, jojoba oil, dan vitamin ERetinol, nanosome in squalene, glabridin, dan ferulic acidRetinol-C Complex, hexyresorcinol, Next Generation of Anti-Aging Technology, dan New Skin Lightening TechnologyBioavailable retinoid, niacinamide, dan Retinol24 ComplexPropanediol, glycerin, acetyl hexapeptide-8, sodium hyaluronate, dan retinolRetinol, glycerin, 1.3-butylene glycol, hydrolyzed sodium hyaluronate, dan panthenol
Konsentrasi retinol3%1%Tidak disebutkan0,5%0,1%2%Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Aturan pakaiTidak disebutkan5–10 tetes gunakan pada malam hari3–4 tetes gunakan pada malam hariBeberapa tetes gunakan pada malam hariTidak disebutkanBeberapa tetes gunakan pada malam hariTidak disebutkanBeberapa tetes gunakan pada malam hariBeberapa tetes gunakan pada malam hari3–5 tetes gunakan pada pagi dan malam hari
Tautan produk

Baca juga rekomendasi serum lainnya di sini

Kami sudah merekomendasikan beberapa best retinol serum untuk Anda. Mungkin setelah membelinya, Anda justru tertarik untuk mencoba serum jenis lain. Tenang saja karena kami sudah menyediakan beberapa artikel terkait serum terbaik lainnya. Langsung klik link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Kami sudah menjelaskan kandungan retinol yang sangat bermanfaat dalam mencegah penuaan dini dan mampu meningkatkan produksi kolagen. Pastikan Anda menggunakan serum retinol sesuai anjuran agar mendapatkan hasil yang optimal.


Jika timbul gejala alergi atau iritasi pada kulit, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan pada ahlinya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih retinol serum terbaik demi kulit wajah yang Anda idam-idamkan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    956.274 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    539.110 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    728.387 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, facial scrub, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    89.027 Views
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    438.916 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021)
    Usia 40-an adalah masa ketika kulit cenderung bermasalah dengan tanda penuaan, seperti garis halus, flek hitam, dan kulit kering. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan perawatan wajah menggunakan serum anti-aging. Namun, dari banyaknya produk serum anti-aging, manakah yang cocok untuk kulit Anda?Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda memilih serum wajah terbaik untuk usia 40 ke atas. Rekomendasi merek serum untuk usia 40 tahun yang bagus, seperti Wardah, Olay, dan Pond's juga kami sediakan. Tak ketinggalan, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan informasi tambahan.
    Perawatan wajah
    271.656 Views
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Normal (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Normal (Terbaru Tahun 2021)
    Di antara berbagai tipe kulit, tipe kulit normal sering dianggap sebagai tipe kulit ideal. Tipe kulit normal memiliki kadar minyak dan kelembapan yang pas sehingga tidak rentan terhadap sejumlah masalah kulit. Namun, kelebihan tersebut mungkin malah membuat Anda kesulitan dalam mencari essence terbaik untuk tipe kulit normal.Ada banyak essence beredar di pasaran, misalnya SK-II, Laneige, atau Cosrx. Anda bisa saja bingung saat hendak membeli. Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi essence yang bagus untuk kulit normal. Pilihlah produk terbaik agar kulit Anda semakin sehat merona.
    Perawatan wajah
    13.854 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori