1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan masak
  6. >
  7. 10 Alat Masak Terbaik Berbahan Cast Iron - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Alat Masak Terbaik Berbahan Cast Iron - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Alat Masak Terbaik Berbahan Cast Iron - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Alat Masak Terbaik Berbahan Cast Iron - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Alat Masak Terbaik Berbahan Cast Iron - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Alat Masak Terbaik Berbahan Cast Iron - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Alat Masak Terbaik Berbahan Cast Iron - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2023)

Cast iron adalah besi tuang atau besi cor yang merupakan perpaduan besi dan karbon. Cast iron pan, dutch oven, dan cast iron skillet merupakan ragam alat masak dari besi tuang yang banyak dicari. Alat masak ini sangat awet dan diklaim lebih sehat dipakai memasak. 


Anda sedang mencari alat masak berbasis cast iron? Baca dahulu artikel ini karena kami akan menjelaskan cara memilih cast iron yang bagus. Simak juga review merek cast iron terbaik, seperti Oxone, Skitchen, dan Lodge. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!

Diperbaharui 07-11-2022
Pakar
Penggemar home cooking dan penikmat dunia kuliner
Dionisius Denizar

Dalam karir profesionalnya, Dion berpengalaman di bidang strategy & planning baik korporat maupun proyek. Di luar karirnya, ia memiliki hobi travelling, memasak, dan mencoba masakan beserta bahan-bahannya. Dion hobi memasak dan memiliki minat terhadap hal-hal yang berkaitan dengan masakan turun dari keluarganya sejak kecil. Ia memiliki minat terhadap kecap dan bumbu masakan Nusantara. Ia aktif mencari informasi tersebut hingga saat ini sejak mengemban studi S2 di Belanda pada 2017.

Profil Dionisius Denizar
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Kelebihan dan kekurangan alat masak berbahan cast iron

Kelebihan dan kekurangan alat masak berbahan cast iron

Alat masak cast iron memiliki banyak keunggulan, tetapi juga memiliki kekurangan. Agar Anda makin yakin saat membelinya, kami akan menjelaskan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan cast iron.


Kelebihan cast iron:

  • Panasnya stabil (mampu mempertahankan suhu dalam waktu lama)
  • Alternatif alat masak yang lebih sehat, aman terkena suhu tinggi
  • Antipenyok, kuat, dan sangat awet, bahkan bisa dipakai seumur hidup
  • Aroma dan rasa masakan lebih keluar

Kekurangan cast iron:

  • Bobotnya berat
  • Perawatannya terbilang rumit dan membutuhkan perhatian khusus
  • Harganya relatif tinggi dibandingkan alat masak lainnya

Hal lain yang perlu diketahui, alat masak berbahan cast iron tidak memiliki lapisan antilengket. Lapisan antilengket biasanya baru terbentuk dengan sendirinya setelah penggunaan beberapa kali. Saat pertama mencoba cast iron, mungkin Anda perlu menyesuaikan diri. Namun, jika sudah terbiasa, mungkin Anda akan mencintai alat masak yang satu ini!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih alat masak berbahan cast iron

Supaya Anda tidak salah memilih alat masak berbahan cast iron, perhatikan tips dari kami ini. Anda bisa memilih cast iron dari jenis dan penggunaannya, bahan, atau ukurannya. 

① Pilih berdasarkan bentuk dan penggunaannya

Peralatan masak berbahan cast iron umumnya terdiri dari wok, grill pan, skillet pan, dan pot. Cari tahu fungsi dari masing-masing jenisnya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Wok, berbentuk lebar dan cekung sehingga masakan tidak mudah tumpah

Wok, berbentuk lebar dan cekung sehingga masakan tidak mudah tumpah

Wajan atau wok sering digunakan pada restoran Chinese food. Wajan cast iron ini cocok untuk menumis makanan dalam suhu tinggi dan dalam jumlah banyak. Bentuknya yang lebar dan cekung akan meminimalkan makanan tumpah saat dimasak. Selain itu, Anda juga jadi tidak membutuhkan banyak minyak saat melakukan deep frying


Dari segi tampilan, wok atau wajan biasanya memiliki dua pegangan yang ada di sisi kanan dan kiri. Namun, ada juga wok dengan satu pegangan panjang untuk mempermudah Anda menggerakkan dan memiringkan wajan saat mengaduk. Beberapa produsen menawarkan wok cast iron dengan penutup agar lebih fungsional.

Grill pan, membuat hasil panggangan lebih sempurna

Grill pan, membuat hasil panggangan lebih sempurna

Grill pan adalah wajan pemanggang yang dapat diletakkan di atas kompor. Grill pan umumnya memiliki karakteristik permukaan yang bergerigi. Pola ini akan menghasilkan tekstur garis-garis pada hasil panggangan. 


Grill pan cast iron banyak dipilih orang karena praktis, bisa digunakan di atas kompor ataupun dalam oven. Selain memudahkan untuk memanggang, grill pan cast iron juga dapat memberikan hasil panggangan yang sempurna

Skillet pan, panci penggorengan yang dapat digunakan dalam oven

Skillet pan, panci penggorengan yang dapat digunakan dalam oven

Cast iron skillet merupakan salah satu peralatan masak rumah tangga yang banyak digunakan. Cast iron skillet mirip seperti fry pan atau wajan penggorengan. Bentuknya pipih dengan kedalaman yang rendah. Alat masak ini cocok untuk menggoreng, menumis, atau memasak steak.


Cast iron skillet terbilang fleksibel karena dapat digunakan juga pada oven. Anda dapat melakukan finishing masakan dengan memasukkan alat masak ini langsung ke dalam oven. Namun, Anda harus berhati-hati saat mengeluarkan pan dari oven karena seluruh permukaan pan akan ikut panas.

Pot, panci yang bisa digunakan untuk membuat masakan berkuah

Pot, panci yang bisa digunakan untuk membuat masakan berkuah

Pot atau panci adalah alat masak yang memiliki cekungan dalam dan digunakan untuk memasak berbagai jenis masakan berkuah. Jenis ini biasanya dipakai untuk memasak sup atau rebus-rebusan. Bentuknya yang cukup tinggi pas untuk membuat bahan makanan tetap terendam.


Namun, alat ini tak hanya bisa digunakan untuk memasak makanan berkuah saja. Anda juga bisa menggunakannya untuk menumis dan menggoreng. Anda bahkan bisa menggunakannya untuk membuat roti seperti sourdough bread.


Beberapa tipe cast iron pot biasanya dilengkapi dengan lapisan enamel agar tidak lengket. Pot berlapisan enamel lebih banyak digemari ibu-ibu karena punya warna yang lebih menarik. 

② Ketahui tipe cast iron berdasarkan bahannya

Meski berbahan dasar besi, ada juga alat masak cast iron yang diberi lapisan enamel. Anda bisa memilih alat masak yang hendak Anda beli berdasarkan jenis lapisannya. 

Uncoated cast iron, sangat awet dan kuat

Uncoated cast iron, sangat awet dan kuat

Cast iron jenis ini terbuat dari besi cor murni tanpa coating apa pun. Cast iron jenis ini yang paling umum ditemui dan terlihat klasik


Kelebihan uncoated cast iron:

  • Antiaus dan awet digunakan dalam jangka lama
  • Antigores karena tidak memiliki lapisan antilengket (coating
  • Harganya lebih terjangkau dibandingkan enameled cast iron

Kekurangan uncoated cast iron:

  • Tidak bisa terkena bahan yang asam, seperti tomat atau lemon
  • Mudah berkarat jika terendam air atau tidak dilap dengan benar
  • Cenderung lengket jika tidak rutin dilakukan seasoning

Seasoning artinya proses pelapisan pada alat masak cast iron dengan suhu tinggi memakai minyak. Gunanya untuk mencegah alat masak cast iron berkarat saat disimpan atau lengket saat dipakai memasak. Jadi, Anda perlu memeriksa merek cast iron pilihan Anda sudah melalui proses pre-seasoning atau belum. Silakan tanyakan hal ini kepada produsen atau seller yang menjualnya.


Jika sudah dilakukan pre-seasoning, Anda dapat melakukan proses seasoning sederhana dengan mengoleskan minyak sayur tipis ke atas alat masak. Setelah itu, Anda perlu memanaskannya dengan suhu tinggi untuk menciptakan lapisan antilengket alami. Namun, jika produk belum pre-seasoning, Anda perlu melakukan seasoning beberapa kali agar lapisan antilengket alami terbentuk. 

Enameled cast iron, memiliki varian warna menarik

Enameled cast iron, memiliki varian warna menarik

Enameled cast iron artinya cast iron yang dilapisi dengan lapisan enamel. Cast iron tipe ini tampak lebih halus permukaannya karena lapisan teratas dibalut porselen halus dan mengilap. 


Kelebihan enameled cast iron:

  • Lapisan enamel memberikan efek berkilau pada wajan
  • Tidak mudah berkarat
  • Tidak perlu di-seasoning
  • Tidak bereaksi pada makanan asam
  • Pilihan warnanya lebih colorful dan beragam 

Kekurangan enameled cast iron:

  • Lapisan enamel bisa tergores
  • Jika terjatuh ada risiko cuil atau rompal
  • Harganya biasanya lebih mahal daripada uncoated cast iron

Lapisan enamel ini tidak serta merta membuat cast iron Anda jadi antilengket, ya. Agar tidak lengket, ada sedikit trik untuk Anda. Saat hendak memasak, panaskan cast iron di atas kompor hingga panas, jangan langsung dituangi minyak. Jika cast iron Anda sudah panas, barulah tuangkan minyak dan mulailah memasak seperti biasa. 

③ Sesuaikan ukuran alat masak dengan kebutuhan

Sesuaikan ukuran alat masak dengan kebutuhan

Saat mencari alat masak, Anda perlu memperkirakan diameter wajan atau panci yang dibutuhkan. Pemilihan ukuran alat masak ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan memasak sehari-hari. Makin besar dan lebar diameter wajan, makin banyak juga masakan yang bisa dimasak. Bila Anda terbiasa memasak dalam jumlah sedang untuk 3–4 orang, wok berdiameter 35 cm cukup untuk digunakan.


Untuk memilih skillet pan, Anda bisa cukup fleksibel dalam memilih ukurannya. Karena fungsinya untuk menggoreng tanpa banyak minyak, produk berdiameter 20–24 cm terbilang cukup. Dengan ukuran ini Anda bisa memanfaatkan skillet pan untuk menggoreng atau menumis di atas kompor.


Cast iron juga dapat dipakai baking (dimasukkan ke dalam oven). Nah, untuk keperluan tersebut, Anda perlu menyesuaikan ukuran cast iron dengan dimensi oven Anda. Jangan lupa, ukur juga panjang gagang atau telinga panci cast iron Anda agar muat dimasukkan oven.

10 Rekomendasi alat masak terbaik berbahan cast iron

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk alat masak terbaik berbahan cast iron yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dionisius Denizar.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Skitchen

Stockholm Skillet by Skitchen (Medium)

Skitchen Stockholm Skillet by Skitchen (Medium) 1枚目

Sudah pre-seasoning! Lapisan antilengket akan terbentuk alami seiring pemakaian rutin

2

Cooker King

Enameled Cast Iron Pot Dutch Oven

Cooker King Enameled Cast Iron Pot Dutch Oven 1枚目

Tampilannya cantik, fungsional pula!

3

Le Creuset

Cast Iron Cocotte Every

Le Creuset Cast Iron Cocotte Every  1枚目

Desain terbaik untuk menanak nasi ala Jepang

4

Lodge

10.5 Inch Square Cast Iron Grill Pan

Lodge 10.5 Inch Square Cast Iron Grill Pan 1枚目

Masak steak atau sate di rumah jadi lebih mudah

5

Steakmaster

Skillet Cast Iron

Steakmaster Skillet Cast Iron 1枚目

Desain yang menarik untuk dapur yang terlihat makin indah

6

Ironchef

Grill Oven Bread Loaf with Mini Cast

Ironchef Grill Oven Bread Loaf with Mini Cast  1枚目

Multifungsi, bisa dipakai untuk memanggang daging atau roti

7

Oxone

Milk Pot with Lid

Oxone Milk Pot with Lid 1枚目

Memiliki pegangan ergonomis yang memudahkan saat memasak

8

KOCH&BACKEN

Cast Iron Heavy Duty Skillet Fry Pan 25 cm

KOCH&BACKEN Cast Iron Heavy Duty Skillet Fry Pan 25 cm 1枚目

Gagangnya pendek, bisa masuk ke dalam oven

9

Honcook

Enameled Cast Iron Dutch Oven

Honcook  Enameled Cast Iron Dutch Oven 1枚目

Dilapisi enam bahan pelindung untuk menghindari pot terkelupas

10

Cypruz

Kuali Cast Iron 30 cm

Cypruz Kuali Cast Iron 30 cm  1枚目

Dilengkapi pegangan antipanas yang terbuat dari kayu

Perincian produk
Close
No.1

SkitchenStockholm Skillet by Skitchen (Medium)

Mulai dari Rp225.000,00

Sudah pre-seasoning! Lapisan antilengket akan terbentuk alami seiring pemakaian rutin

Jika Anda memiliki keluarga kecil beranggotakan 2–3 orang, Anda bisa membeli skillet cast iron dari Skitchen. Berdiameter 20 cm. Stockholm Skillet Medium pas sekali untuk membuat masakan dalam jumlah sedang. Modelnya yang cekung bisa digunakan untuk menumis atau menggoreng. Selain untuk penggunaan di rumah, skillet cast ini pun pas untuk digunakan outdoor saat kemping.


Produk ini juga sudah pre-seasoning, lho. Saat pertama digunakan, Anda hanya perlu mengulang proses seasoning-nya sekali saja. Setelah itu, Anda bisa memakainya untuk memasak hidangan tanpa khawatir lengket! Makin sering digunakan, lapisan antilengket alaminya akan makin terbentuk. 

No.2

Cooker KingEnameled Cast Iron Pot Dutch Oven

Mulai dari Rp750.000,00

Tampilannya cantik, fungsional pula!

Saat ini masakan bukan hanya harus enak, tetapi tampilannya juga sedap dipandang. Buat Anda yang suka masak dan hobi memasukkannya sebagai konten di sosial media, Anda bisa membeli produk ini. 


Warna pink soft-nya sangat feminin, tampilannya juga cantik. Masakan Anda pun pasti akan terlihat makin menarik untuk dijadikan konten. Selain untuk merebus, Anda bisa menggunakannya untuk menumis, menggoreng, bahkan memanggang. Sangat fungsional, bukan? 

No.3

Le CreusetCast Iron Cocotte Every

Mulai dari Rp1.199.900,00

Desain terbaik untuk menanak nasi ala Jepang

Jika Anda pencinta alat masak cast iron, mungkin Le Creuset adalah salah satu merek yang jadi wish list Anda. Le Creuset adalah produsen cast iron cookware ternama, baik di Prancis maupun di luar Prancis. Untuk alternatif memasak nasi yang lebih sehat, rice pot Le Creuset ini layak dipertimbangkan.


Panci penanak nasi ini dapat membuat nasi yang Anda tanak menjadi lebih enak dan pulen, layaknya nasi ala Jepang! Panci berukuran 18 cm ini muat untuk kapasitas 2 liter. Selain untuk menanak nasi, Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat sup, menumis, bahkan baking! Dengan desain yang versatile, ukuran pot ini sangat cocok untuk dapur mungil.

No.4

Lodge10.5 Inch Square Cast Iron Grill PanL8SGP3

Mulai dari Rp1.055.700,00

Masak steak atau sate di rumah jadi lebih mudah

Ingin masak steak atau sate, tetapi tidak mau repot menyiapkan panggangan? Buat apa repot jika Anda bisa memanggangnya di atas kompor? Dengan grill pan cast iron dari Lodge, masak steak atau sate di rumah jadi makin mudah. Dengan bahan cast iron hasil bakaran akan matang sempurna. 


Rasanya pun tak kalah enak dengan dipanggang menggunakan panggangan biasa. Grill pan ini punya ciri khas yaitu dasar yang bergerigi. Gerigi tersebut berguna untuk meniriskan sisa lemak hasil panggangan dan membuat masakan Anda jadi tidak terlalu berminyak. 

No.5

SteakmasterSkillet Cast Iron

Mulai dari Rp399.000,00

Desain yang menarik untuk dapur yang terlihat makin indah

Untuk Anda yang lebih tertarik dengan skillet pan berlapis enamel, kami merekomendasikan produk satu ini. Produk berdiameter 26 cm ini dilapisi dengan enamel yang bersifat antilengket. 


Anda bisa menggunakannya untuk menggoreng atau memanggang di oven. Berkat lapisan enamelnya, alat ini pun lebih mudah dibersihkan dan dicuci. Di sisi lain, produk ini juga memiliki warna yang menarik dan cantik untuk menghiasi dapur Anda. 

No.6

IronchefGrill Oven Bread Loaf with Mini Cast

Mulai dari Rp379.000,00

Multifungsi, bisa dipakai untuk memanggang daging atau roti

Produk ini sangat unik karena model dan penggunaannya yang multifungsi. Anda bisa memanggang daging atau roti dengan alat ini. Bagian loaf pan-nya didesain khusus untuk memanggang roti, sedangkan tutupnya bisa dipakai untuk memanggang daging. Anda bisa membuat sandwich maupun hamburger hanya dengan satu produk ini!

No.7

OxoneMilk Pot with LidOX-3018RO

Mulai dari Rp1.190.000,00

Memiliki pegangan ergonomis yang memudahkan saat memasak

Untuk memasak makanan berkuah dalam jumlah sedikit, Anda bisa memakai milk pot berlapis enamel dari Oxone ini. Anda bisa memasak mushroom soup, bubur, rebusan, atau saus. 


Keunggulan lainnya, pegangan produk ini didesain ergonomis untuk memudahkan Anda saat memasak. Bahan cast iron yang umumnya berat akan lebih mudah diangkat berkat pegangan tersebut. 

No.8

KOCH&BACKENCast Iron Heavy Duty Skillet Fry Pan 25 cm

Mulai dari Rp398.000,00

Gagangnya pendek, bisa masuk ke dalam oven

Biasanya, pegangan skillet pan dibuat terlalu panjang sehingga menyulitkan masuk oven. Namun, tidak demikian dengan produk ini. Cast iron ini sangat cocok untuk Anda yang mencari skillet pan bergagang pendek. Pan ini memiliki diameter 25 cm dengan pegangan sepanjang 12 cm saja. 


Selain pegangan tersebut, masih ada grip pada sisi satunya sehingga memudahkan Anda menganggat skillet dengan kedua tangan. Wajan ini dilengkapi juga dengan lekukan mirip corong agar Anda dapat menuangkan makanan tanpa tumpah. Desain yang ergonomis dan thoughtful sekali, ya.

No.9

Honcook Enameled Cast Iron Dutch Oven

Mulai dari Rp629.000,00

Dilapisi enam bahan pelindung untuk menghindari pot terkelupas

Produk keluaran Honcook ini menawarkan dutch oven dengan desain yang elegan dan mewah. Alat masak yang dilapisi enamel ini memiliki enam lapisan pelindung yang dapat menjaga pot dari terkelupas. Permukaan produk juga halus dan tidak akan bereaksi terhadap bahan-bahan yang dimasak. Selain untuk memasak di atas kompor gas, induksi, maupun listrik, alat masak ini juga aman untuk baking di oven.

No.10

CypruzKuali Cast Iron 30 cm KI-0930

Mulai dari Rp374.500,00

Dilengkapi pegangan antipanas yang terbuat dari kayu

Salah satu kekurangan alat masak berbahan cast iron adalah pegangannya yang tidak tahan panas. Karena itu, Anda harus memegangnya dengan lap khusus atau kain saat mengangkat wajan Anda. Namun, produk yang satu ini berbeda. 


Wok dari Cypruz dilengkapi dengan pegangan antipanas yang terbuat dari kayu. Jadi, Anda bisa memasak dengan aman dan tak perlu repot menyiapkan lap khusus untuk memegangnya. Selain itu, produk ini juga antilengket, lho! Anda pun bisa menumis masakan tanpa perlu menggunakan banyak minyak. 

Cara merawat alat masak berbahan cast iron

Cara merawat alat masak berbahan cast iron

Agar alat masak berbahan cast iron awet sampai seumur hidup, Anda perlu membersihkan dan merawatnya dengan benar. Perhatikan beberapa tips merawat cast iron di bawah ini: 


1. Tunggu dingin sebelum mencucinya

Setelah dipakai memasak, Anda perlu menunggu alat masak hingga dingin terlebih dahulu sebelum mencucinya. Proses menunggu ini memang memakan sedikit waktu karena karakteristik cast iron yang dapat menyimpan panas cukup lama. Pada enameled cast iron, menyiramnya dalam keadaan panas dapat menyebabkan lapisan enamel wajan cast iron retak-retak.


2. Hindari membersihkan cast iron dengan sabun

Anda boleh mencuci cast iron dengan sabun saat baru pertama dibeli. Setelah itu, cukup cuci cast iron dengan air dan garam kasar. Jika ada sisa-sisa makanan, gosok partikel membandel dengan sabut cuci piring berbahan nilon atau sikat secara perlahan.   


3. Jangan biarkan terendam air dan lap kering setelah mencuci

Karat adalah musuh terbesar cast iron. Maka dari itu, Anda tidak boleh merendam pan cast iron di dalam air atau bak cuci piring. Anda juga harus langsung mengelap kering alat masak tersebut setelah mencucinya. Jangan terlalu lama meninggalkan air pada cast iron karena bisa berkarat. Setelah di lap kering, Anda bisa menyimpannya di dalam lemari kering.  


4. Lapisi cast iron dengan minyak secara berkala

Sebelum dipakai dan sesudah dicuci kering, lapisilah permukaan cast iron dengan minyak secara tipis-tipis. Setelah itu, pastikan Anda memanaskan alat masak tersebut hingga benar-benar panas selama beberapa saat. Hal ini bertujuan agar permukaan cast iron bisa menjadi antilengket.

Baca juga rekomendasi alat masak lainnya di sini

Alat masak memang tidak ada habisnya untuk dilirik. Jika Anda sedang mencari referensi alat masak, Anda bisa membacanya di artikel kami lainnya. Anda akan menemukan wajan teflon terbaik, peralatan dapur IKEA terbaik, dan panci penggorengan terbaik. Klik tautannya di bawah ini untuk membaca ulasannya.

Kesimpulan

Alat masak berbahan cast iron dapat menjadi investasi yang bagus untuk jangka panjang. Selain awet, produknya pun terlihat elegan dan tidak pernah ketinggalan zaman. 


Cari jenis alat masak sesuai dengan kebutuhan memasak Anda. Jika ingin yang antilengket, pilih cast iron berlapiskan enamel. Selain itu, pastikan Anda merawat dan mencuci alat masak cast iron Anda dengan benar. Semoga artikel kami dapat membantu, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer