1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Bumbu & bahan masakan
  6. >
  7. 10 Gula Stevia Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Gula Stevia Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Gula Stevia Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Gula Stevia Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Gula Stevia Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Gula Stevia Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Gula Stevia Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)

Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis adalah hal yang sulit dilakukan. Padahal, bahaya diabetes mengintai setiap saat. Gula rendah kalori yang populer juga rasanya kurang gereget di lidah. Bagaimana jika ada gula nol kalori yang manis dan enak di lidah? Anda bisa menemukannya pada gula stevia yang belakangan ini makin populer.


Kami akan membahas manfaat gula stevia, tips memilihnya, hingga rekomendasi beberapa merek stevia yang bagus. Tropicana Slim, Drip Sweet, dan Equal ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Afriyani Khusna.

Diperbaharui 11-06-2022
Pakar
Dokter umum
dr. Afriyani Khusna

dr. Afriyani Khusna adalah dokter umum yang sudah aktif berpraktik sejak 2016. Pengalaman kerjanya meliputi dokter IGD dan dokter ruangan di RSUD Embung Fatimah dan Puskesmas Batu Aji Kota Batam. dr. Afri juga pernah bertugas di Klinik Melati, Klinik Abditama Kabupaten Tangerang, klinik perusahaan Mattel Indonesia, dan ICU RSUD Meuraxa Banda Aceh. Saat ini dr. Afri bekerja sebagai staf NGO lokal yang bergerak di bidang penanggulangan HIV dan AIDS di Jakarta. Pemilik akun @doctorafree ini juga aktif memberikan edukasi dan promosi kesehatan kepada masyarakat melalui Instagram dan YouTube-nya.

Profil dr. Afriyani Khusna
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dian WN

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa itu gula stevia?

Apa itu gula stevia?

Stevia adalah tanaman perdu dari Amerika Serikat yang terkenal karena rasanya 300 kali lebih manis dari gula pasir biasa. Hebatnya lagi, gula stevia tidak mengandung kalori sama sekali sehingga cocok untuk penderita diabetes yang ingin mengonsumsi minuman manis. Rasa manisnya berasal dari kandungan steviol glycosides yang secara alami terdapat di dalam daun Stevia. 


Selain rasanya manis, gula stevia ternyata dapat menurunkan gula darah setelah 20–30 menit dikonsumsi. Daun stevia juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang menderita hipertensi. Karena tergolong sebagai bahan alami, gula stevia cukup aman. 


Namun, gula stevia cenderung memiliki aftertaste yang agak pahit sehingga mungkin akan sedikit mengganggu. Bagi sebagian orang, gula stevia juga memberikan efek samping berupa perut yang kembung akibat gas yang terbentuk di saluran pencernaan. Terlepas dari kekurangannya, gula stevia bisa Anda pertimbangkan sebagai pengganti gula pasir untuk kebutuhan sehari-hari.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gula stevia

Gula stevia dijual dalam berbagai bentuk. Ada yang bentuknya cair dan ada yang bubuk seperti gula biasa. Selain itu, ada juga gula stevia yang dicampur dengan jenis lainnya seperti gula tebu. Simak tips memilih gula stevia berikut ini.

① Pilih gula stevia murni atau stevia campuran

Pilih gula stevia murni atau stevia campuran

Kelebihan utama gula stevia adalah rasanya yang manis dan tidak mengandung kalori. Namun, kekurangannya adalah harganya lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis gula lainnya.


Untuk menekan biaya produksi dan memberikan alternatif pilihan untuk pembeli, banyak merek yang mencampurkan gula stevia dengan pemanis lainnya. Jika Anda penderita diabetes atau ingin menurunkan berat badan, sebaiknya pilih gula stevia murni tanpa campuran pemanis lain


Di sisi lain, sebenarnya gula stevia campuran tidak kalah baiknya karena kandungan kalori yang rendah dengan rasa manis yang lebih familier di lidah. Aftertaste pahit dari gula stevia juga lebih tersamarkan. Salah satu contoh produknya adalah gula Putri Satu 7 yang merupakan campuran gula stevia dan gula tebu.

② Ketahui tekstur dan ukuran stevia sesuai dengan kebiasaan konsumsi Anda

Ketahui tekstur dan ukuran stevia sesuai dengan kebiasaan konsumsi Anda

Gula stevia umumnya tersedia dalam bentuk padat (pasir atau bubuk) dan cair

  • Gula stevia cair atau stevia tetes lebih cocok digunakan untuk minuman karena bisa langsung menyatu dengan baik. 
  • Gula stevia bubuk bisa Anda gunakan untuk membuat makanan atau kue.

Kemasannya juga sangat beragam. Ada yang berupa botol kecil ukuran 15 ml hingga plastik kiloan. Karena gula stevia memiliki tingkat rasa manis yang tinggi, beberapa produk kemasan botol dilengkapi dengan pipet tetes.


Satu tetes gula stevia kurang lebih setara dengan 2–3 sendok makan gula pasir biasa. Oleh karena itu, jika Anda menambahkan gula stevia ke minuman teh atau kopi, sebaiknya cukup satu tetes saja, ya. Angka ini juga bisa menjadi patokan Anda saat membeli gula stevia. Botol kecil gula stevia bisa bertahan hingga 1–2 bulan jika pemakaiannya wajar.

③ Usahakan beli dari merek yang reputasinya bagus

Usahakan beli dari merek yang reputasinya bagus

Penelitian tentang gula stevia masih terus berkembang dan jumlahnya masih terbatas. Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda memilih produk dari merek yang reputasinya bagus. Merek yang ternama dan reputasinya bagus memiliki quality control produk yang lebih ketat. Keamanannya pun lebih terjamin. Produk-produk dari merek Tropicana Slim, contohnya, sangat tepercaya kualitasnya. 


Tropicana Slim sudah sering mengeluarkan produk gula rendah kalori untuk penderita diabetes. Meskipun demikian, bukan berarti produk rumahan kalah kualitasnya dengan merek-merek yang bagus. Hanya saja, sebaiknya Anda lebih kritis saat Anda membeli gula stevia dari merek yang belum terkenal atau produk rumahan. Jadi, pastikan izin produksinya, seperti PIRT atau sertifikasi BPOM

10 Rekomendasi gula stevia terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gula stevia terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Tropicana Slim

Sweetener Stevia

Tropicana Slim Sweetener Stevia 1枚目

Tetap manis pada suhu tinggi

2

Beorganik

Stevia Powder

Beorganik Stevia Powder 1枚目

Bubuk stevia organik tanpa campuran bahan dan pengawet

3

Puteri Satu 7

Gula SPC Rendah Kalori

Puteri Satu 7 Gula SPC Rendah Kalori 1枚目

Campuran gula stevia dan gula tebu untuk rasa manis yang pas

4

Drip Sweet

Stevia Cair

Drip Sweet Stevia Cair 1枚目

Stevia tetes dengan beragam ukuran yang praktis

5

Andaf Health

Daylisz Stevia Sweetener

Andaf Health Daylisz Stevia Sweetener 1枚目

Stevia tetes dengan kemasan lebih besar untuk konsumsi lebih banyak

6

Glaranadi

Teh Daun Stevia

Glaranadi Teh Daun Stevia 1枚目

Rebus gula stevia langsung dari daun kering stevia, lebih sehat alami

7

Sarsy Sinar Stevia

StefiaTruly Sweetener

Sarsy Sinar Stevia StefiaTruly Sweetener 1枚目

Aftertaste-nya tidak pahit sama sekali

8

Equal

Stevia Sweetener Tablets

Equal Stevia Sweetener Tablets 1枚目

Gula stevia unik dalam bentuk tablet

9

In The Raw

Stevia In The Raw Packets

In The Raw Stevia In The Raw Packets 1枚目

Rasa manis yang seimbang dari gula stevia dan dextrose

10

Now Foods

BetterStevia Packets, Organic

Now Foods BetterStevia Packets, Organic 1枚目

Sudah mengantongi sertifikat USDA Organic

Perincian produk
Close
No.1

Tropicana SlimSweetener Stevia

Mulai dari Rp65.100,00

Tetap manis pada suhu tinggi

Siapa tidak kenal Tropicana Slim? Reputasi Tropicana Slim dalam menjual pemanis rendah kalori yang ramah untuk penderita diabetes sudah teruji. Sweetener Stevia berbahan 100% daun stevia alami yang bebas kalori. Produk dari Tropicana Slim ini juga tidak akan berubah rasa meski diseduh dengan air panas. Anda bisa menggunakan satu saset untuk minuman ataupun untuk masakan.

No.2

BeorganikStevia Powder

Mulai dari Rp13.000,00

Bubuk stevia organik tanpa campuran bahan dan pengawet

Cita rasa stevia bubuk yang 100% alami juga dapat Anda rasakan jika mengonsumsi Beorganik Stevia Powder. Brand lokal Beorganik mempersembahkan stevia organik bubuk tanpa campuran dan pengawet sehingga kualitasnya terjamin tinggi. Anda tinggal mencampurkan satu sendok makan ke dalam air panas, lalu saring ampasnya setelah sepuluh menit. 

No.3

Puteri Satu 7Gula SPC Rendah Kalori

Mulai dari Rp12.500,00

Campuran gula stevia dan gula tebu untuk rasa manis yang pas

Kekurangan gula stevia adalah aftertaste-nya yang agak pahit. Nah, gula produksi PT Putri Satu Tujuh ini mengandung stevia yang dicampurkan dengan gula tebu. Hasilnya, rasanya manis tanpa aftertaste pahit dan teksturnya tidak berubah. Kadar kalori juga menurun sekitar 80% dari gula pasir biasa. 


Untuk Anda yang belum siap beralih total dari gula pasir ke gula stevia, gula sehat PS7 ini bisa jadi solusi. Produk ini juga memiliki kemasan besar hingga 1 kg yang sangat cocok untuk kebutuhan skala besar. 

No.4

Stevia tetes dengan beragam ukuran yang praktis

Drip Sweet adalah satu produk stevia tetes yang populer. Kemasannya unik berupa botol dengan tutup berbentuk pipet yang sangat mudah digunakan. Drip Sweet menawarkan beberapa varian isi, mulai dari 5 ml hingga 30 ml. Dalam satu botol untuk ukuran 30 ml, terdapat sekitar 820 tetes gula stevia. 


Kadar kemanisan gula stevia produk ini hingga 350 kali lebih manis dibandingkan gula pasir biasa. Drip Sweet dapat Anda jadikan pilihan untuk gula diet sehat yang praktis.

No.5

Andaf HealthDaylisz Stevia Sweetener

Mulai dari Rp23.900,00

Stevia tetes dengan kemasan lebih besar untuk konsumsi lebih banyak

Produk stevia tetes umumnya dikemas dalam botol kecil ukuran 5–30 ml. Nah, untuk Anda yang memiliki gerai minuman ataupun rutin mengonsumsi gula stevia setiap hari, Anda membutuhkan kemasan besar. 


Daylisz dengan ukuran 100 ml hingga 250 ml cocok untuk kebutuhan Anda. Penggunaannya juga sangat hemat karena cukup 2–3 sendok teh saja untuk membuat manis segelas minuman. Harganya pun tergolong ekonomis. Stevia yang digunakan juga sudah mendapatkan klaim organik sehingga lebih aman dikonsumsi.

No.6

GlaranadiTeh Daun Stevia

Mulai dari Rp9.900,00

Rebus gula stevia langsung dari daun kering stevia, lebih sehat alami

Penasaran ingin menyeduh daun stevia sendiri? Pertimbangkan produk dari Glaranadi yang masih berupa helai daun stevia kering. Anda tinggal menyeduh atau merebusnya dalam air panas atau campurkan dengan daun teh kering pilihan Anda. Rasakan kesegaran rasa manis alami khas stevia. Aromanya sangat harum menurut banyak konsumennya.

No.7

Sarsy Sinar SteviaStefiaTruly Sweetener

Mulai dari Rp60.000,00

Aftertaste-nya tidak pahit sama sekali

Sarsy Sinar Stevia adalah perusahaan lokal asal Bandung yang sudah memiliki paten untuk memperdagangkan gula stevia cair. Salah satu produknya adalah StefiaTruly Sweetener isi 15 ml atau sekitar 250 tetes ini. Produk ini murni menggunakan ekstrak stevia tanpa campuran bahan lain.


Menurut beberapa konsumen, aftertaste produk ini tidak pahit sama sekali. Jika Anda ingin menikmati minuman manis tanpa ada gangguan rasa pahit, stevia tetes ini bisa dipilih.

No.8

EqualStevia Sweetener Tablets

Mulai dari Rp80.600,00

Gula stevia unik dalam bentuk tablet

Kebanyakan gula stevia dikemas dalam bentuk botol ataupun saset. Equal memiliki produk gula stevia yang dikemas dalam dispenser mungil portabel. Di dalam dispensernya terdapat 200 tablet stevia. Satu buah tablet setara dengan satu sendok gula. Tinggal campurkan tablet ke dalam minuman kopi atau teh Anda. Produk ini adalah pilihan tepat untuk para traveller yang sedang diet bebas gula.

No.9

In The RawStevia In The Raw Packets

Mulai dari Rp125.000,00

Rasa manis yang seimbang dari gula stevia dan dextrose

Stevia In The Raw adalah produk pemanis asal Brooklyn dengan bahan baku utama daun stevia dan dextrose. Dextrose adalah cairan gula yang biasa digunakan untuk infus ketika kadar gula seseorang terlalu rendah. Perpaduan ini menghasilkan rasa manis yang seimbang. 


Meskipun dicampur dextrose, kalorinya tidak tinggi, lho. Satu saset produk ini hanya mengandung 4 kalori, masih jauh lebih rendah dibandingkan gula pasir atau jenis lainnya. Jika Anda tidak terlalu suka rasa manis berlebihan dari gula stevia, cobalah produk ini. Karena ada dextrose yang cepat terserap ke dalam tubuh, produk ini juga cocok dijadikan campuran minuman post-workout.

No.10

Now FoodsBetterStevia Packets, Organic

Mulai dari Rp169.900,00

Sudah mengantongi sertifikat USDA Organic

Now Foods adalah perusahaan internasional yang menjual suplemen, essential oil, dan makanan organik. Salah satu anak brand dari Now Foods adalah BetterStevia yang merupakan bubuk gula stevia. Produk ini sudah mendapatkan sertifikat USDA dan Non-GMO.


Sertifikat USDA hanya dikeluarkan untuk produk yang seluruh bahannya organik, mulai dari penanaman hingga pengemasan. Sementara itu, sertifikat Non-GMO berarti produk ini bukan merupakan makanan hasil rekayasa genetika. Jika Anda mengutamakan kualitas dan keamanan, belilah produk ini. Produk ini juga tersedia dalam bentuk stevia tetes.

Apa perbedaan gula stevia dengan gula jagung?

Apa perbedaan gula stevia dengan gula jagung?
Selain stevia, mungkin Anda sudah pernah mendengar gula jagung atau corn syrup sebagai gula alami. Keduanya adalah produk yang berbeda karena dari bahan utamanya pun berbeda. Gula jagung dikenal juga sebagai high fructose corn syrup (HCSF) yang berasal dari jagung. Penyusun utama gula jagung adalah glukosa yang rasa manisnya lebih rendah dibandingkan gula pasir atau gula merah. 

Indeks glikemik gula jagung termasuk tinggi sehingga konsumsinya harus dibatasi, apalagi bagi pengidap diabetes. Sementara itu, gula stevia terbuat dari tanaman stevia dari Amerika Serikat. Karakteristiknya pun sangat berbeda. Jika rasa gula jagung lebih hambar, gula stevia justru sangat manis hingga ratusan kali lipat dari gula biasa.

Baca juga rekomendasi gula lainnya di sini

Selain gula stevia, kami sudah pernah membahas beberapa jenis gula lainnya, misalnya gula pasir atau gula aren. Jika Anda butuh referensi dalam memilih gula lainnya, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Meskipun kebanyakan produk gula stevia memiliki aftertaste yang agak pahit, manfaat kesehatannya sangat banyak. Gula ini baik untuk penderita diabetes dan orang yang ingin menurunkan berat badan. Mulailah mempertimbangkan untuk mengganti gula pasir di rumah Anda dengan gula stevia. 


Karena satu tetes gula stevia sudah setara dengan tiga sendok gula pasir, Anda harus lebih memperhatikan penggunaannya. Bagaimanapun juga, sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan efek yang tidak baik.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer