• 10 Oli Castrol Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Oli Castrol Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Oli Castrol Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Oli Castrol Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Oli Castrol Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Oli Castrol Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)

Castrol merupakan salah satu merek yang memproduksi berbagai jenis oli, seperti Castrol Magnatec, Castrol Power1 Racing, Castrol Go!, dan Castrol Activ Matic. Oli-oli tersebut dibuat untuk mesin mobil, motor, dan kendaraan niaga. Oli Castrol memiliki tingkat kekentalan yang beragam, mulai dari 0W-20, 5W-30, 10W-40, hingga 20W-40 pun ada.


Untuk membantu Anda menemukan oli Castrol yang bagus, kami telah membuat tips memilih oli Castrol terbaik. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh oli Castrol terbaik bagi kendaraan Anda lengkap dengan harganya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ardanto Sigit
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 22 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.
Ardanto Sigit
Guru Teknik Otomotif
Ardanto Sigit

Ardanto Sigit, S.Pd, Gr. adalah guru teknik otomotif yang memiliki sertifikasi guru profesional dan sertifikasi bidang kompetensi teknik otomotif. Fokusnya yaitu pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.


Ardanto menekuni bidang otomotif selama sepuluh tahun. Ia memiliki pengalaman bekerja di salah satu dealer Mitsubishi di Yogyakarta. Setelah itu, ia memutuskan untuk melanjutkan studi pada bidang Pendidikan Teknik Otomotif.

Castrol, sediakan oli terbaik untuk kendaraan Anda

Castrol adalah merek pelumas industri dan otomotif global yang berasal dari Inggris. Castrol didirikan oleh Charles Cheers Wakefield pada 1899 dengan nama awal CC Wakefield & Company. Perusahaan ini fokus pada pengembangan pelumas untuk berbagai mesin kendaraan, seperti kereta api, mesin berat, mobil, hingga pesawat. Pada tahun 1960, nama CC Wakefield & Company diubah menjadi Castrol Ltd.


Pada 1966 Castrol dibeli oleh Burmah Oil Company, lalu berpindah kepemilikan ke BP (The British Petroleum Company) pada 2000. Meski telah mengalami perpindahan kepemilikan, Castrol terus berinovasi mengembangkan teknologi terbaru untuk mengurangi emisi dan menurunkan jejak karbon. Saat ini, Castrol telah menjadi salah satu merek oli pelumas mesin terpopuler di dunia.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih oli Castrol

Oli Castrol sangat beragam dan beberapa oli Castrol diciptakan secara spesifik untuk kendaraan tertentu. Untuk itu, Anda sebaiknya memerhatikan jenis kendaraan, kode, dan teknologi yang ada pada oli Castrol. Agar tidak salah memilih, Anda sebaiknya menyimak poin-poin di bawah ini terlebih dahulu. 

Pilih oli berdasarkan jenis kendaraan

Castrol mengelompokkan oli buatannya berdasarkan jenis kendaraan. Ada tiga jenis kendaraan yang disediakan olinya oleh Castrol, yakni mobil, motor, dan kendaraan niaga. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini. 

Mobil, ada oli sintetis penuh, sintetis sebagian, dan konvensional

Setiap mobil dilengkapi dengan mesin yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya dilengkapi mesin terbaru yang kecil dan kuat. Namun, beberapa mobil mungkin masih menggunakan mesin lama. Perbedaan tersebut memicu Castrol untuk membuat tiga jenis oli mobil, yakni:


  • Oli sintetis, diciptakan melalui pengolahan panjang dan dapat bekerja dengan baik meski berada pada suhu tinggi. Castrol Edge merupakan salah satu contoh oli sintetis buatan Castrol.

  • Oli semisintetis, merupakan perpaduan dari oli sintetis dan oli konvensional. Salah satu produk Castrol yang masuk ke dalam kategori ini adalah Castrol Magnatec.

  • Oli konvensional, tidak mengalami banyak perekayasaan. Castrol GTX Diesel merupakan contoh oli konvensional yang dibuat oleh Castrol.

Motor, tersedia pilihan oli mesin 2 tak atau 4 tak

Mesin motor performa, penjelajah, dan lawas pasti berbeda. Untuk bisa memenuhi kebutuhan semua jenis motor, liquid engineer Castrol mengembangkan oli yang sesuai dengan tiap-tiap mesin motor. Ada dua kelompok oli motor yang diproduksi oleh Castrol, yakni:


  • Oli mesin 2 tak, dirancang supaya bisa mengurangi asap knalpot dan mengontrol endapan di dalam mesin agar tidak menumpuk. Castrol Active 2T Low Smoke merupakan salah satu contoh oli mesin 2 tak yang diciptakan oleh Castrol.

  • Oli mesin 4 tak, menciptakan tekanan yang lebih tinggi dan lebih banyak daripada mesin mobil. Oleh karena itu, Castrol membuat oli mesin 4 tak yang bisa melindungi mesin motor dari gesekan secara maksimal. Castrol Power1 4T dan Castrol Go! 4T adalah beberapa oli mesin 4 tak Castrol.

Kendaraan niaga, sesuaikan dengan kebutuhan kendaraan

Oli merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan jika Anda memiliki kendaraan niaga. Pemilihan oli yang tidak tepat dapat menyebabkan kendaraan niaga Anda tidak bisa beroperasi dengan lancar.


Castrol menciptakan Castrol Vecton dan Castrol CRB yang dirancang khusus untuk kendaraan niaga. Kedua oli tersebut mampu melindungi mesin kendaraan niaga dari gesekan, korosi, dan juga keausan. Dengan demikian, umur pakai mesin kendaraan niaga jadi lebih panjang.

Perhatikan kode olinya

Hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan dalam memilih oli Castrol adalah kode olinya. Kode pada oli dapat memberi informasi mengenai kekentalan, kualitas, dan kecocokan dengan kendaraan Anda. Agar Anda tak salah pilih, silakan simak penjelasan berikut ini.

SAE, untuk mengetahui tingkat kekentalan oli

SAE (Society of Automotive Engineer) adalah asosiasi yang mengatur standarisasi kekentalan oli. Ketika memilih oli Castrol, Anda pasti akan menemukan kode, seperti 0W-20, 5W-30, 10W-40, dan 15W-40. Angka yang diakhiri huruf W menyatakan tingkat kekentalan oli saat suhu dingin (winter). Sementara itu, angka kedua menyatakan kekentalan oli saat suhu panas.


Makin kecil angka pada kode SAE maka makin encer olinya. Oli dengan tingkat kekentalan yang rendah atau encer dapat mengalir dengan mudah di bagian-bagian mesin. Di sisi lain, oli dengan tingkat kekentalan yang tinggi dapat melindungi mesin dari keausan. Sebagai contoh, pada suhu dingin, oli dengan SAE 5W-30 akan lebih mampu mengalir daripada oli dengan SAE 10W-30.

API, untuk mengetahui tingkat kualitas oli

API, untuk mengetahui tingkat kualitas oli

API (American Petrolium Institute) adalah institusi yang menentukan stndarisasi kualitas oli. Pada kemasan oli Castrol, Anda akan mendapati kode API diikuti dua huruf, seperti API SG atau API CH. Huruf pertama menentukan jenis kendaraan yang cocok, yakni S untuk kendaraan mesin bensin dan C untuk mesin diesel.


Sementara itu, huruf kedua menentukan kebaruan oli Castrol, yakni A untuk produksi paling awal dan Z produksi paling mutakhir. Kendaraan produksi baru lebih cocok menggunakan oli dengan kode alfabet kedua mendekati huruf Z. Untuk kendaraan keluaran lama tidak dianjurkan menggunakan oli terbaru.

JASO, untuk mengetahui kecocokan jenis motor

JASO, untuk mengetahui kecocokan jenis motor

JASO (Japanese Automotive Standard Association) adalah asosiasi yang menentukan standarisasi kecocokan oli dengan jenis kopling motor. Oli dengan kode JASO khusus digunakan untuk kendaraan jenis motor. Ada dua jenis kode JASO, yakni:


  • JASO MA, lebih cocok untuk motor dengan kopling basah, seperti motor bebek dan sport. Fungsi oli JASO MA ini memberikan gesekan agar kopling tidak selip ketika dikendarai.

  • JASO MB, lebih cocok untuk motor dengan kopling kering atau motor matic. Oli JASO MB ini memiliki daya gesekan yang lebih rendah dibanding oli JASO MA.

Cari tahu teknologi yang ada pada oli Castrol

Selain menjalankan fungsi utama untuk melumasi mesin supaya bekerja dengan baik, dalam oli Castrol juga dimasukkan berbagai teknologi. Beberapa teknologi yang disematkan pada oli Castrol adalah:


  • DUALOCK, mengandalkan dua jenis molekul pintar berbeda untuk melindungi mesin mobil.
  • Double Action Formula, mampu membersihkan sekaligus mencegah timbulnya endapan baru di dalam saluran oli.
  • Fluid TITANIUM Technology, mengubah struktur oli menjadi lebih kaku saat berada di antara dua bagian mesin yang saling bergesekan.
  • Race Derived Technology, dapat melindungi dan mengoptimalkan kinerja mesin motor saat menarik gas. 
  • Scootek Technology, dapat memberikan akselerasi maksimal ketika kali pertama menarik tuas gas.
  • TRIZONE Technology, dapat melindungi oli dari penguapan.
  • Zipbooster, dapat melindungi mesin dari gesekan berlebih.

10 Rekomendasi oli Castrol terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk oli Castrol terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

10
Jenis kendaraanKendaraan niaga
Jenis oliMineral (konvensional)
SAE15W-40, 20W-50
APICF, CL
JASO-
TeknologiTidak disebutkan
Isi1 liter, 4 liter, 5 liter
9
Jenis kendaraanMobil
Jenis oliSintetis
SAE5W-40
APISN
JASO-
TeknologiFluid TITANIUM
Isi1 liter, 4 liter
8
Jenis kendaraanKendaraan niaga
Jenis oliKonvensional (mineral)
SAE15W-40
APICH-4
JASO-
TeknologiDouble Action Formula
Isi1 liter, 4 liter
7
Jenis kendaraanMobil
Jenis oliSintetis
SAE0W-20, 5W-30, 10W-30
APISN
JASO-
TeknologiMagnatec Stop-Start
Isi1 liter
6
Jenis kendaraanMotor 4 tak
Jenis oliMineral (konvensional) untuk mesin 4T
SAE20W-40
APISF
JASOTidak disebutkan
TeknologiTRIZONE Technology
Isi1 liter
5
Jenis kendaraanMotor matic
Jenis oliSemisintetis
SAE20W-40, 10W-30
APISL
JASOMB
TeknologiZipbooster
Isi0,8 liter
4
Jenis kendaraanMotor matic
Jenis oliTidak disebutkan
SAE10W-40
APISN
JASOMB
TeknologiScootek Technology™
Isi0,8 liter
3
Jenis kendaraanMobil, kendaraan niaga
Jenis oliSintetis
SAE10W-40
APISN, CF
JASO-
TeknologiMagnatec (molekul pintar), DUALOCK
Isi4 liter
2
Jenis kendaraanMotor 4 tak
Jenis oliSintetis
SAE10W-40
APISL
JASOMA-2
TeknologiRace Derived Technology
Isi1 liter
1
Jenis kendaraanMotor 2 tak
Jenis oliSemisintetis
SAETidak disebutkan
APITidak disebutkan
JASOTidak disebutkan
TeknologiPiston Guard Formula
Isi700 ml

Tabel perbandingan produk oli Castrol terbaik

Gambar produk
1
Castrol Activ 2T Low Smoke 1

Castrol

2
Castrol POWER1 4T Racing 1

Castrol

3
Castrol Magnatec 1

Castrol

4
Castrol POWER1 Matic 1

Castrol

5
Castrol Activ Matic 1

Castrol

6
Castrol GO! 4T 1

Castrol

7
Castrol Magnatec Stop-Start 1

Castrol

8
Castrol GTX Diesel 1

Castrol

9
Castrol Edge 1

Castrol

10
Castrol CRB Multi 1

Castrol

Nama produk

Activ 2T Low Smoke

POWER1 4T Racing

Magnatec

POWER1 Matic

Activ Matic

GO! 4T

Magnatec Stop-Start

GTX Diesel

Edge

CRB Multi

Keunggulan

Mesin dan busi bersih, motor lebih mudah dinyalakan

Mesin tetap terlindungi meski motor melaju kencang

Jaga mesin sejak pertama kali dihidupkan dengan oli Castrol Magnatec

Scootek Technology-nya mampu mengurangi gesekan dalam kondisi suhu tinggi

Tetap gesit seperti motor baru ketika melaju di jalanan

Bebas hambatan saat berkendara, pakai oli Castrol Go!

Perkecil risiko mesin rusak saat macet dengan oli ini

Memperpanjang usia mesin mobil dengan aksi ganda

Oli jadi lebih kaku, gesekan mesin pun dapat dihindari

Kandungan pembersih dan antioksidan-nya baik untuk mesin

Harga mulai dariRp 32.000,00Rp 115.500,00Rp 340.000,00Rp 57.645,00Rp 49.600,00Rp 25.000,00Rp 175.350,00Rp 50.000,00Rp 252.000,00Rp 48.000,00
Jenis kendaraanMotor 2 takMotor 4 takMobil, kendaraan niagaMotor maticMotor maticMotor 4 takMobilKendaraan niagaMobilKendaraan niaga
Jenis oliSemisintetisSintetisSintetisTidak disebutkanSemisintetisMineral (konvensional) untuk mesin 4TSintetis Konvensional (mineral)SintetisMineral (konvensional)
SAETidak disebutkan10W-4010W-4010W-4020W-40, 10W-3020W-400W-20, 5W-30, 10W-3015W-405W-4015W-40, 20W-50
APITidak disebutkanSLSN, CFSNSLSFSNCH-4SNCF, CL
JASOTidak disebutkanMA-2-MBMBTidak disebutkan----
TeknologiPiston Guard FormulaRace Derived TechnologyMagnatec (molekul pintar), DUALOCKScootek Technology™ZipboosterTRIZONE TechnologyMagnatec Stop-StartDouble Action FormulaFluid TITANIUMTidak disebutkan
Isi700 ml1 liter4 liter0,8 liter0,8 liter1 liter1 liter1 liter, 4 liter1 liter, 4 liter1 liter, 4 liter, 5 liter
Tautan produk

Baca juga rekomendasi oli mobil dan motor lainnya di sini

Selain oli Castrol, kami juga mempunyai rekomendasi oli mobil dan motor lainnya yang sayang untuk Anda lewatkan. Silakan klik tautan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini sampai habis, Anda pasti sudah menemukan oli Castrol terbaik untuk kendaraan Anda. Selain jenis kendaraan, Anda juga perlu memperhatikan kode oli dan teknologi yang disematkan agar tak menyesal nantinya.


Berkendara dengan oli Castrol yang cocok tentu akan memuluskan jalan Anda dan mencegah mesin cepat rusak. Dengan memilih oli Castrol yang tepat Anda akan semakin nyaman melakukan aktivitas sehari-hari. Semoga oli Castrol pilihan Anda sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Selain sebagai pelumas, oli berfungsi merawat dan menjaga mesin motor agar dapat bekerja secara maksimal. Supaya motor matic Anda memiliki usia yang awet, jangan sampai telat melakukan penggantian oli. Lantas, berapa bulan sekali Anda harus mengganti oli motor? Kami akan mengulas oli motor matic dengan tips memilihnya. Ada juga produk oli motor matic yang bagus dari berbagai merek, seperti Castrol, Enduro, dan Evalube. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Temukan oli motor matic murah untuk Honda Scoopy, Vario 150, Beat, motor Yamaha, dan sebagainya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Fungsi oli motor sangatlah penting. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi mengurangi gesekan, mendinginkan, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Masih banyak orang yang kebingungan dalam memilih oli untuk motornya. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang bagus dan baik. Selain itu, kami juga akan mengulas berbagai merek oli motor terbaik, seperti Yamalube, Shell, ataupun Enduro. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Perawatan kendaraan
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Merek pengharum mobil yang bagus, seperti Glade, Little Trees, dan Ambi Pur dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Tipenya pun beragam, ada tipe padat, cair, gel, gantung, dan tipe yang dipasang pada grille AC.Saking banyaknya tipe pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung dalam memilih yang paling cocok. Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pengharum mobil secara menyeluruh. Mulai dari cara memilih sampai produk rekomendasi, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membeli. Selamat membaca!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Para pengguna sepeda motor, tahukah bahwa oli shock depan harus diganti secara berkala? Idealnya, penggantian oli shock depan dilakukan ketika speedometer mencapai 15.000 km atau sekitar 1 tahun lebih pemakaian. Itu pun asumsi jika kendaraan digunakan dengan pemakaian normal.Apakah kendaraan Anda sudah waktunya ganti oli shock depan? Jika iya, Anda menemukan artikel yang tepat. Kami akan membahas cara memilih oli shock depan yang bagus, misalnya merek Yamalube, Top 1, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Oli mesin sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar elemen mesin. Banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri karena menggantinya di bengkel membutuhkan biaya cukup besar. Namun, apakah Anda sudah tahu produk mana yang harus dipilih?Maka dari itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek oli mobil yang bagus, seperti Shell, Castrol, dan Pertamina. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih oli mesin sesuai kekentalan, komposisi, hingga kualitasnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Disimak, ya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Shampo Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Sampo mobil adalah produk yang esensial untuk menjaga mobil tetap bersih dan terawat. Berbagai jenis produk sudah dihasilkan oleh merek-merek ternama, seperti Meguiar's dan 3M. Ada produk yang mengandung wax untuk mencegah noda air menempel, ada juga yang memberikan kilau ekstra pada cat mobil Anda.Hal ini tentunya membuat konsumen bingung dalam memilih sampo mobil yang paling sesuai. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sampo mobil yang bagus. Kemudian, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana.
    Perawatan kendaraan
  • 10 Rekomendasi Spons Cuci Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Spons Cuci Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perkakas penting, tetapi sering terlupakan adalah spons cuci mobil. Jika Anda ingin mobil tetap cantik terawat, pilihlah spons cuci mobil berkualitas. Jangan asal membeli, perhatikanlah material dan ukuran spons agar mobil dapat dirawat dengan mudah! Meski spons cuci mobil banyak jenisnya, Anda tak perlu bingung saat memilih. Kami akan memberikan rekomendasi spons cuci mobil yang bagus beserta poin penting yang dapat Anda jadikan acuan dalam memilih. Anda bisa menemukan spons cuci mobil mulai dari merek Turtle Wax hingga Armor All di sini. Langsung saja, ini dia ulasan selengkapnya!
    Perawatan kendaraan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori