1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 Gitar Akustik Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Gitar Akustik Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Gitar Akustik Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Gitar Akustik Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Gitar Akustik Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Gitar Akustik Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Gitar Akustik Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023)

Gitar akustik elektrik adalah salah satu alat musik yang direkomendasikan jika Anda memiliki hobi bermusik. Namun, apabila Anda baru pertama kali membeli gitar, mengetahui produk yang cocok dipilih tentu tidaklah mudah. Terlebih, ada begitu banyak merek gitar yang tersedia di pasaran, misalnya Yamaha, Gibson, Cort, dan Taylor.

 
Kami akan menjelaskan cara memilih gitar akustik elektrik terbaik untuk Anda. Simak juga informasi gitar akustik elektrik murah dan beberapa produk rekomendasi yang bagus untuk dipilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca dan temukan gitar favorit Anda di sini!

Diperbaharui 08-15-2022
Pakar
Gitaris
Adriano Pandapotan

Adriano belajar gitar sejak usia 6 tahun dan sempat mengajar gitar di Yamaha. Ia memiliki berbagai pengalaman di bidang musik. Beberapa di antaranya seperti menjadi additional player gitaris untuk band tingkat sekolah serta mengiringi band gereja. Pria yang pernah mengiringi acara di kampus ini juga turut serta mengisi gitar di beberapa lagu band temannya.

Profil Adriano Pandapotan
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Perbedaan gitar akustik elektrik dengan gitar elektrik dan gitar akustik biasa

Perbedaan gitar akustik elektrik dengan gitar elektrik dan gitar akustik biasa

Sebelum membahas cara memilih, ada baiknya Anda ketahui terlebih dulu perbedaan antara gitar akustik elektrik dengan gitar lainnya. Gitar akustik elektrik memiliki semua sifat gitar akustik dan dapat dimainkan dengan cara yang sama persis. Secara tampilan pun gitar ini terlihat mirip dengan gitar akustik biasa. Namun, gitar akustik elektrik memiliki pickup yang dipasang di bagian bridge dan panel kontrol di bagian sisi.


Pickup merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah getaran senar gitar menjadi sinyal listrik. Sinyal-sinyal ini kemudian dikirim ke amplifier agar suara gitar bisa diperbesar hingga tingkat volume yang diinginkan. Dengan kata lain, apabila gitar akustik elektrik dihubungkan dengan amplifier, suaranya dapat ditingkatkan tanpa perlu menggunakan mikrofon.


Gitar akustik elektrik bisa dimainkan dengan atau tanpa dihubungkan ke amplifier. Namun, suara yang dihasilkan tidak maksimal. Sementara itu, gitar elektrik hanya dapat digunakan setelah disambungkan ke amplifier.


Selain itu, ada banyak penyesuaian yang harus dilakukan pada gitar elektrik sebelum mulai dimainkan. Hal ini bertolak belakang dengan gitar akustik elektrik yang mudah digunakan dan sederhana untuk dimainkan. Perbedaan mencolok lainnya terletak pada bodi. Gitar akustik elektrik memiliki lubang suara berbentuk bundar di bagian bodinya, sedangkan gitar listrik tidak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gitar akustik elektrik

Gitar akustik elektrik adalah instrumen musik yang akan Anda gunakan dalam waktu cukup lama. Karena itu, pertirmbangkanlah beberapa poin berikut ini sebelum memutuskan pilihan.

① Perhatikan jenis kayu yang digunakan

Perhatikan jenis kayu yang digunakan

Bahan kayu yang digunakan dalam pembuatan gitar sangat menentukan kualitas nada yang dihasilkannya. Jenis kayu yang berbeda akan menghasilkan bunyi yang berbeda pula. Salah satu faktor yang memengaruhi hal ini adalah tebal tipisnya bahan kayu. 


Namun, kebanyakan produsen gitar meyakini bahwa kayu bagian atas gitarlah yang paling menentukan kualitas nada. Karena itu, perhatikanlah bahan yang digunakan untuk bagian tersebut jika produsen memakai lebih dari satu jenis kayu.


Nah, kayu yang umum dipakai dalam pembuatan gitar adalah mahogany, spruce, rosewood, koa, maple, dan lain-lain. Tiap-tiap kayu tentu mempunyai karakteristik tersendiri. Sebagai contoh, gitar yang terbuat dari bahan rosewood akan membuat suara terdengar lebih hangat, natural, dan jernih. Namun, gitar berbahan kayu rosewood memiliki bobot yang cukup berat.

② Sesuaikan ukuran bodi gitar dengan perawakan Anda

Sesuaikan ukuran bodi gitar dengan perawakan Anda

Selain bahan kayu, ukuran bodi juga perlu menjadi pertimbangan dalam memilih gitar akustik elektrik. Hal ini penting karena akan berpengaruh pada tingkat kemudahan gitar tersebut saat dimainkan. 


Sebagai contoh, anak di bawah 12 tahun tentu akan merasa kesulitan memainkan gitar yang dibuat untuk orang dewasa. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kunci yang susah dijangkau apabila ukuran tangan tidak sesuai dengan ukuran gitar. Oleh sebab itu, penting untuk menyesuaikan ukuran bodi gitar dengan perawakan Anda.


Untuk orang dengan tubuh tidak terlalu besar, pilihlah bodi gitar berukuran kecil atau sedang. Sebaliknya, bagi yang berpostur besar dan menyukai gitar dengan keseimbangan yang pas, gitar berbodi besar merupakan pilihan tepat. Untuk poin ini Anda memiliki cukup banyak pilihan karena beberapa produsen membuat pilihan gitar hingga ukuran jumbo.

③ Cek suara gitar saat dimainkan dengan dan tanpa amplifier

Cek suara gitar saat dimainkan dengan dan tanpa amplifier

Setelah menyeleksi bahan kayu dan ukuran bodi, Anda perlu mengecek bunyi yang dihasilkan oleh gitar tersebut. Anda bisa melakukannya dengan cara memainkan beberapa chord yang ada di bagian atas dan bawah fretboard


Periksalah ketepatan nada di fret kesatu dan fret-fret berikutnya dengan menggunakan tuner. Pengecekan ini akan membantu Anda mengukur tingkat responsif dari fretboard dan senar.


Lakukan juga hal ini setelah gitar tersambung dengan amplifier untuk memeriksa kualitas pickup. Apabila Anda ingin membeli secara online, komunikasikan dengan penjual dan tanyakan dengan rinci sebelum membeli. Jangan lupa juga untuk membaca ulasan dari pembeli lainnya sebagai bahan pertimbangan tambahan.

④ Periksa juga kelebihan lain yang ditawarkan

Salah satu keunggulan dari gitar akustik elektrik adalah memiliki kontrol di bagian tepi bodi yang bisa diatur sesuai keinginan. Namun, komposisi dari kontrol ini cukup beragam dan berbeda antara satu gitar dengan gitar lainnya. Karena itu, sebaiknya periksalah kelebihan lain yang ditawarkan dan pilihlah yang paling sesuai untuk Anda.


Sebagian besar gitar akustik elektrik memiliki tombol untuk mengontrol nada, efek, dan volume suara. Beberapa produk bahkan dilengkapi dengan tuner built-in sehingga Anda tidak perlu menggunakan tuner dari luar. Selain itu, ada juga gitar dengan kenop pengaturan tambahan yang memberikan lebih banyak pilihan pada kualitas suara.

10 Rekomendasi gitar akustik elektrik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gitar akustik elektrik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adriano Pandapotan.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yamaha

FX310

Yamaha FX310 1枚目

Modelnya simpel, tetapi berkelas, membuat tampilan panggung jadi lebih wah

2

Cowboy

GWC-235 NS

Cowboy  GWC-235 NS 1枚目

Miliki gitar tanpa harus merogoh kocek yang dalam

3

Yamaha

APX600

Yamaha APX600 1枚目

Pola bracing di dalam bodi hasilkan nada yang responsif dan dinamis

4

Yamaha

APXT2

Yamaha APXT2 1枚目

Ukurannya mini, pas dibawa saat traveling

5

Cor-Tek Corporation

Cort AD880CE

Cor-Tek Corporation Cort AD880CE 1枚目

Harga entry level dengan kualitas yang high level

6

Cor-Tek Corporation

Cort AF510E

Cor-Tek Corporation Cort AF510E 1枚目

Gitar yang enak dipangku dan suaranya bikin adem

7

Ibanez

AEG7MH

Ibanez AEG7MH 1枚目

Dilengkapi onboard tuner, gitar jadi mudah di-tuning saat nada kurang pas

8

Tanglewood

TWK SFCE

Tanglewood  TWK SFCE 1枚目

Finishing natural glossy menjadikannya tampak elegan

9

Taylor Guitars

110e

Taylor Guitars 110e 1枚目

Gitar akustik elektrik dengan suara yang padat dan powerfull

10

Gibson

J200 Fishman Presys

Gibson J200 Fishman Presys 1枚目

Dual action truss rod membuat neck dapat diatur sesuai selera

Perincian produk
Close
No.1

Modelnya simpel, tetapi berkelas, membuat tampilan panggung jadi lebih wah

Kelebihan:

  • Modelnya simpel sehingga cocok dijadikan gitar pertama bagi pemula
  • Harganya terjangkau dengan spesifikasi yang mumpuni

Kekurangan:

  • Bodi gitar masih terbuat dari kayu laminasi sehingga resonansi suara tidak seindah gitar dengan kayu solid

Yamaha FX310 merupakan salah satu gitar akustik elektrik terbaik yang dijual dengan harga murah, tetapi tak murahan. Kualitas suaranya pun tidak perlu diragukan lagi karena telah melalui pengujian ketat hingga lolos QC. Gitar ini dilengkapi preamp passive sehingga suara yang dihasilkan menjadi real acoustic.


Selain itu, gitar ini juga didesain dengan model dreadnought yang membuat tampilan panggung lebih elegan dan wah. Produk ini cocok untuk Anda yang suka show up dengan gaya simpel, tetapi tetap cool saat ditonton banyak orang.

No.2

Miliki gitar tanpa harus merogoh kocek yang dalam

Kelebihan:

  • Tabung bodi besar sehingga suara yang dihasilkan lebih keras dan padat
  • Equalizer telah dilengkapi tuner sendiri

Kekurangan:

  • Suara bass tidak terlalu kuat sehingga bunyi gitar terdengar lebih cempreng

Apakah Anda sedang mencari gitar akustik elektrik dengan harga di bawah 1 juta? Anda dapat menjatuhkan pilihan kepada gitar akustik elektrik Cowboy GWC-235 NS. Meski harganya tidak membuat Anda merogoh kocek yang dalam, kualitas produk ini patut diperhitungkan.


Gitar ini menggunakan kayu jenis sapele untuk bagian top dan mahogany di bagian neck. Selain itu, equalizer yang ada di gitar ini sudah memiliki tuner sehingga tidak sulit dalam menyetem senar.

No.3

Pola bracing di dalam bodi hasilkan nada yang responsif dan dinamis

Kelebihan:

  • Memiliki playability yang nyaman sehingga cocok digunakan oleh profesional ataupun pemula
  • Ketinggian senar yang ceper membuat gitar lebih empuk saat dimainkan
  • Punya varian model yang stylish

Kekurangan:

  • Suara bass kurang keluar
  • Dengan harga di atas 2 jutaan, fitur gitar terbilang minim

Mampu menghasilkan nada yang enak didengar merupakan salah satu tanda ukuran gitar yang bagus. Salah satu faktor yang memengaruhi adalah pola atau desain bracing yang terdapat di bodi. Anda dapat memilih gitar Yamaha APX600 jika menginginkan nada yang responsif dan dinamis.


Hal ini dapat tercapai berkat bracing tipe-X non-scallop dan bodi thin line-nya. Menariknya lagi, gitar ini didukung oleh sistem pickup SRT piezo. Dengan begitu, akurasi nada yang dihasilkan lebih baik daripada pickup piezo biasa.

No.4

Ukurannya mini, pas dibawa saat traveling

Kelebihan:

  • Ukurannya kecil sehingga enak dibawa bepergian
  • Memiliki fitur yang mumpuni dan cocok dipakai pemula karena desainnya tidak terlalu besar

Kekurangan:

  • Kayu pada bagian depan belum solid sehingga resonansi suara yang dihasilkan kurang sempurna
  • Suara bass kurang terdengar sehingga bunyi yang dihasilkan kurang seimbang

Jika Anda menyukai musik dan senang melakukan traveling, gitar ini wajib menjadi barang bawaan Anda. Gitar akustik elektrik produksi Yamaha ini memiliki ukuran yang mini sehingga sangat pas dibawa saat traveling. Bentuknya yang mini tentu tidak membutuhkan ruang yang besar untuk membawanya.


Meski kecil, gitar ini dilengkapi dengan fitur yang sama dengan gitar akustik elektrik ukuran standar, lho. Selain pas dibawa saat travelling, gitar berukuran mini ini juga cocok untuk mereka yang masih kecil dan ingin belajar gitar.

No.5

Cor-Tek CorporationCort AD880CE

Mulai dari Rp2.392.000,00

Harga entry level dengan kualitas yang high level

Kelebihan:

  • Suara lebih bass dan kaya
  • Sudah memiliki cutway dibandingkan seri sebelumnya sehingga memungkinkan untuk mencapai nada tinggi

Kekurangan:

  • Senar bawaannya kurang empuk di jari
  • Bodinya masih all laminated sehingga suara yang dihasilkan kurang padat

Gitar akustik elektrik Cort AD880CE merupakan kakak dari Cort AD810E. Namun, seri ini telah memakai kayu yang lebih baik dan menerapkan gloss finish sehingga modelnya terlihat lebih mewah. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki gitar entry level, tetapi dengan kosmetik dan tampilan yang mahal. Yuk, segera dikoleksi gitarnya!

No.6

Cor-Tek CorporationCort AF510E

Mulai dari Rp1.752.000,00

Gitar yang enak dipangku dan suaranya bikin adem

Kelebihan:

  • Desainnya tidak terlalu besar sehingga nyaman digunakan pemula
  • Suara jernih dan minim gema

Kekurangan:

  • Top body masih menggunakan kayu laminasi atau belum solid
  • Jarak senar dengan fret gitar kurang ceper

Gitar Cort AF510E memiliki suara yang bulat meskipun tabung pada gitar ini berukuran kecil. Playability gitar ini juga sangat nyaman, ringan, dan ramping sehingga enak dimainkan saat bersantai. 


Selain itu, bila Anda mencari rekomendasi gitar akustik elektrik terbaik untuk bermain fingerstyle, produk ini layak dipilih. Petikan senar dari gitar ini menghasilkan suara yang indah untuk dinikmati.

No.7

Dilengkapi onboard tuner, gitar jadi mudah di-tuning saat nada kurang pas

Kelebihan:

  • Tersedia onboard tuner sehingga tidak perlu membeli tuner terpisah
  • Ukurannya ramping sehingga nyaman digunakan

Kekurangan:

  • Jarak senar gitar dengan fret agak jauh sehingga sedikit terasa keras saat memainkan gitar

Gitar akustik elektrik dari Ibanez ini dilengkapi onboard tuner untuk memudahkan Anda melakukan tuning saat nada dirasa kurang tepat. Dengan adanya onboard tuner, Anda tidak perlu lagi menyediakan budget khusus untuk membeli tuner terpisah.


Anda dapat mempertimbangkan gitar ini jika Anda menyukai segala sesuatu yang praktis. Selain itu, ukuran Ibanez AEG7MH cukup compact dan ramping sehingga mudah dimainkan.

No.8

Finishing natural glossy menjadikannya tampak elegan

Kelebihan:

  • Tampilan elegan dengan finishing natural glossy
  • Sound yang keluar mudah diatur dengan adanya Tanglewood TW-EX4

Kekurangan:

  • Bass dan treble suaranya kurang balance

Apabila Anda menyukai tampilan gitar yang terlihat indah, produk yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Gitar besutan Tanglewood ini memberikan sentuhan tampilan natural glossy di bagian finishing-nya. 


Dengan teknik finishing tersebut, gitar ini tampak mengilap dan tentunya terlihat elegan saat dimainkan. Selain itu, adanya Tanglewood TW-EX4 menjadikan nada, seperti bass, mid, treble, dan presence mudah diatur.

No.9

Taylor Guitars110e

Mulai dari Rp12.700.000,00

Gitar akustik elektrik dengan suara yang padat dan powerfull

Kelebihan:

  • Suara yang dihasilkan sangat bertenaga
  • Desain elegan dengan playability yang nyaman

Kekurangan:

  • Suaranya kurang smooth sehingga kurang cocok untuk pencinta gitar dengan acoustic gigs

Gitar akustik elektrik ini telah dibuat dengan bahan top solid sehingga nada yang dihasilkan akan memiliki resonansi yang baik. Gitar ini menggunakan sadel dan nut yang terbuat dari tulang agar suara yang keluar lebih garing. Bagi Anda yang senang melakukan recording, produk ini akan sangat menunjang berkat kualitas suaranya yang bagus dan powerfull.

No.10

GibsonJ200 Fishman Presys

Mulai dari Rp1.600.000,00

Dual action truss rod membuat neck dapat diatur sesuai selera

Kelebihan:

  • Dijual dengan paket lengkap, bahkan disediakan stand gitar gantung
  • Posisi neck bisa diatur sesuai kenyamanan

Kekurangan:

  • Ukurannya besar sehingga tidak cocok digunakan oleh pengguna dengan postur tubuh kecil

Gitar akustik elektrik dari Gibson ini ditawarkan dengan paket yang cukup lengkap, mulai dari softcase hingga stand gitar gantung. Anda dapat memasukkannya ke dalam daftar belanja jika sedang mencari gitar beserta kelengkapannya.


Hal yang membuat gitar ini menarik adalah adanya dual action truss rod. Truss rod merupakan batang besi yang ada di dalam neck. Dengan adanya kelebihan tersebut, Anda dapat mengatur posisi neck sesuai kenyamanan Anda. Namun, perlu diingat bahwa ukuran Gibson J200 cukup besar. Oleh karena itu, sesuaikan ukurannya dengan tangan pengguna.

Tips dari gitaris, Adriano Pandapotan

Tips dari gitaris, Adriano Pandapotan

Pilihlah ukuran gitar yang sesuai dengan ukuran tangan supaya nyaman. Belajar gitar itu lebih baik secara santai dan no pressure. Perlu diingat bahwa progress setiap orang berbeda. Jadi, jangan merasa malu apabila progress terlihat pelan. Sebagai contoh, baru bisa lancar kunci gantung setelah berbulan-bulan adalah hal yang normal.

Baca juga rekomendasi produk bass dan gitar lainnya di sini

Selain gitar akustik elektrik, kami juga mempunyai rekomendasi produk gitar lainnya yang mungkin sedang Anda cari. Selain gitar, ada juga ukulele, bass untuk pemula, dan yang lainnya. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh gitar akustik elektrik terbaik yang bisa dibeli secara online. Sudahkah Anda menemukan produk yang disukai? Jangan ragu untuk menggunakan poin-poin yang telah kami berikan untuk mendapatkan gitar yang tepat.


Pertimbangkan jenis kayu dan ukuran bodi yang sesuai dengan preferensi Anda. Cek juga fitur tambahan yang tersedia. Jika memungkinkan, periksalah kualitas suaranya saat digunakan dengan dan tanpa amplifier.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer