• 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)

Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? 


Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Laire Siwi Mentari
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari
Laire Siwi Mentari
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner sejak 8 tahun yang lalu membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur.

Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Keunggulan kaldu non MSG

Keunggulan kaldu non MSG

Produk kaldu bubuk yang beredar di pasaran banyak yang mengandung MSG (monosodium glutamate). MSG sendiri merupakan zat aditif yang dapat menambah rasa gurih pada masakan. Mengonsumsi MSG dalam jumlah banyak secara berkepanjangan akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan, misalnya tekanan darah tinggi.


Untuk itu, beralihlah ke produk kaldu non MSG sebagai penyedap masakan Anda. Kehadiran kaldu non MSG sangat memudahkan Anda dalam mengolah sebuah hidangan karena lebih hemat waktu. Tanpa harus membuat kaldu sendiri, Anda cukup membubuhkan kaldu non MSG saja. 


Karena tidak mengandung MSG dan vetsin, Anda yang menjalankan pola hidup sehat akan merasa lebih aman untuk mengonsumsinya. Di pasaran sudah ada beberapa produsen terkenal yang mengeluarkan produk kaldu bubuk non MSG.


Mungkin sebagian dari Anda juga bertanya-tanya, apakah merek kaldu seperti Royco dan Totole mengandung MSG? Pada produk Royco, terdapat varian kaldu rasa jamur yang tidak mengandung MSG. Begitu pula dengan merek Totole yang pada komposisinya tidak terdapat tambahan MSG. 


Sementara itu, kaldu jamur sendiri merupakan kaldu non MSG. Penggunaan kaldu jamur dapat menggantikan peran vetsin atau MSG sebagai penyedap masakan. Jika Anda sedang menerapkan pola makan yang sehat, kaldu non MSG merupakan pilihan tepat. Nah, untuk mengetahui merek kaldu non MSG lainnya, simak terus artikel ini.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kaldu non MSG

Sebelum masuk ke daftar rekomendasi produk, kami akan menjelaskan cara memilih kaldu non MSG terlebih dahulu. Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pilih berdasarkan varian rasa

Kaldu non MSG tersedia dalam banyak varian rasa. Namun, kami akan membahas varian yang paling umum, yakni rasa ayam, jamur, dan sapi. Selain itu, terdapat pula beberapa rasa lain yang mungkin belum pernah Anda coba. Sebagai contoh, terdapat kaldu rasa ikan salmon, teri, udang, tempe, dan daun kelor. Pilihlah varian rasa yang Anda sukai dan sesuaikan dengan masakan yang akan dihidangkan.

Kaldu non MSG ayam, rasa gurih yang lembut untuk segala masakan

Kaldu non MSG rasa ayam dibuat dari daging atau tulang ayam. Pada beberapa produsen, varian rasa ayam pada kaldu dibagi menjadi ayam negeri (broiler) dan ayam kampung. Jika keduanya dibandingkan, rasa ayam kampung lebih gurih dan lebih kaya akan kandungan zat besi.


Kaldu rasa ayam merupakan kaldu yang paling populer digunakan karena cocok untuk berbagai masakan. Anda juga dapat menggunakannya sebagai penyedap masakan yang ditumis atau berkuah. Bahkan, Anda juga dapat membuat nasi gurih yang nikmat menggunakan kaldu ayam.


Selain memberikan rasa gurih ayam alami, kaldu ini menjadi andalan bagi para ibu yang sangat memerhatikan asupan bagi bayinya. Kaldu ayam non MSG aman untuk MPASI. Dengan rasanya yang lebih ringan ketimbang kaldu sapi, bayi akan lebih bisa menerimanya. 

Kaldu non MSG sapi, buat kuah sup menjadi lebih lezat

Kaldu non MSG sapi, buat kuah sup menjadi lebih lezat

Sama seperti kaldu rasa ayam, kaldu rasa sapi ada yang dibuat menggunakan daging atau tulang sapi. Daging sapi yang berlemak dan tulang sapi yang mengandung sumsum menghasilkan rasa kaldu yang sangat gurih. Hidangan sup yang Anda masak pasti akan makin terasa lezat dan memiliki aroma yang nikmat.


Tak seperti kaldu rasa ayam, kaldu rasa sapi bertekstur lebih kental dan lebih pekat pula gurihnya. Karena teksturnya yang lebih kental, kaldu sapi non MSG sangat cocok untuk ditambahkan pada hidangan yang berkuah. Hidangan akan jauh lebih gurih dan rasa lebih tebal jika dibandingkan dengan penambahan kaldu ayam.


Dari segi kesehatan, kaldu sapi ternyata dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak. Hal ini karena di dalam kaldu sapi terdapat kandungan glisina yang menghasilkan perasaan relaks dan mengurangi stres. Selain itu, kandungan glisina dapat membantu memproduksi glukagon dalam tubuh sehingga mencegah kadar gula darah Anda turun.

Kaldu non MSG jamur, cita rasa umaminya tak kalah nikmat

Kaldu non MSG jamur, cita rasa umaminya tak kalah nikmat

Kaldu jamur atau nutritional yeast merupakan solusi bagi para vegan yang ingin menikmati rasa kaldu yang gurih. Kaldu jamur merupakan ekstrak ragi dari jamur Saccharomyces cerevisiae. Namun, ada pula yang dibuat dari jamur shiitake dan jamur merang.


Dari segi rasa, kaldu jamur mengandung rasa umami yang tak kalah nikmat dari kaldu berbahan hewani. Selain menambah cita rasa pada masakan, kaldu jamur juga mengandung asam amino esensial yang berguna bagi tubuh. Menariknya lagi, kaldu jamur memiliki kalori yang rendah sehingga ideal dikonsumsi untuk Anda yang ingin diet.


Berbeda dengan kaldu ayam dan sapi non MSG, kaldu jamur non MSG lebih terasa umami. Karena pada dasarnya jamur memiliki rasa alami manis, rasa yang dihasilkan oleh kaldu jamur jadi umami. 

Pilih berdasarkan kemasan

Pilih berdasarkan kemasan

Kaldu non MSG dikemas dalam berbagai ukuran, mulai dari 3 gram hingga 1 kg. Bentuk kemasannya juga beragam, yakni saset, pouch, dan botol plastik. Baik untuk penggunaan harian rumah tangga maupun keperluan bisnis, semua tersedia. Untuk itu, silakan pilih sesuai selera dan kebutuhan Anda.


Kemasan saset kecil ukuran 3 gram biasanya dapat dipakai untuk satu hidangan harian sehingga isinya dapat langsung habis. Berbeda dengan kemasan saset berukuran 40 gram atau lebih yang dapat dipakai berkali-kali.


Jangan lupa juga untuk memindahkan kaldu ke dalam wadah tertutup supaya tidak menggumpal akibat terkena udara. Sama dengan produk bubuk lainnya, kaldu non MSG akan mudah menggumpal jika terkena udara terlalu lama atau terkena cairan.


Selain itu, Anda dapat memilih kaldu non MSG dalam kemasan pouch dan botol plastik. Jenis kaldu dengan kemasan ini dapat Anda gunakan untuk kebutuhan memasak bulanan atau dalam porsi besar. Namun, jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang bersih, sejuk, dan terhindar dari panas matahari langsung.

Pertimbangkan komposisi produk

Pertimbangkan komposisi produk

Jika dibandingkan dengan kaldu bubuk ber-MSG, kaldu non MSG memang lebih menyehatkan. Namun, Anda juga perlu memperhatikan komposisi yang terkandung di dalam produk pilihan Anda. Saat memilih kaldu non MSG, terdapat takaran bahan lain yang perlu dipertimbangkan seperti garam dan gula.


Pada dasarnya, garam dan gula dapat menambah cita rasa gurih pada masakan. Namun, penggunaannya harus dibatasi agar tidak menimbulkan penyakit, seperti diabetes, strok, dan serangan jantung. Untuk itu, masakan Anda tak perlu lagi ditambah gula dan garam jika kaldu non MSG sudah mengandung keduanya.


Selain itu, terdapat kaldu non MSG yang tidak mengandung gula dan garam. Kaldu tersebut biasanya dikhususkan untuk pembuatan MPASI. Di samping itu, makanan bayi di bawah satu tahun sebaiknya tidak diberi gula dan garam. Hal ini bertujuan untuk membuat lidah bayi mengenal rasa asli dari makanannya terlebih dahulu.


Apabila Anda ragu dalam memilih kaldu non MSG, sebaiknya pilih kaldu jamur non MSG yang tanpa gula dan garam saja. Karena pada kaldu jamur, terkandung berbagai mineral dan vitamin, seperti tembaga, kalium, vitamin B2, B3, B5, dan D. Selain itu, kaldu jamur juga kaya akan antioksidan. 

Pilih produk dengan kualitas terjamin

Pilih produk dengan kualitas terjamin

Meskipun terdapat keterangan non MSG, tak ada salahnya jika Anda lebih memperhatikan keamanan produk yang dibeli. Pastikan juga kaldu pilihan Anda mengantongi izin BPOM ataupun P-IRT (pangan industri rumah tangga). Kini telah banyak sekali produk kaldu non MSG yang terjamin dan terdaftar BPOM.


Dengan adanya izin tersebut, produk yang Anda beli sudah terbukti aman dikonsumsi. Dengan begitu, Anda dapat menghindari kesalahan konsumsi karena tidak mengetahui kandungan pada kaldu. Selain itu, adanya label halal dari MUI juga menjadi keunggulan tersendiri. Artinya, kaldu non MSG tersebut telah tersertifikasi sebagai produk halal dengan kualitas terjamin, terutama bagi Anda yang muslim.

10 Rekomendasi kaldu non MSG terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kaldu non MSG terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Laire Siwi Mentari.

10
RasaAyam, sapi, jamur, rumput laut
KemasanBotol plastik, saset
Berat65 gram, 85 gram, 95 gram
KomposisiBawang bombai, bawang putih, garam, gula, lada putih, lada hitam, dan sebagainya
JaminanIzin PIRT dan halal MUI
9
RasaJamur
KemasanSaset
Berat40 gram, 170 gram
KomposisiGaram, ekstrak ragi, gula, minyak nabati, bawang, jamur bubuk, dan sebagainya
JaminanIzin BPOM dan halal MUI
8
RasaJamur
KemasanSaset
Berat40 gram, 80 gram, 100 gram, 200 gram, 400 gram
KomposisiGaram, tepung penguat rasa, beras, gula, jamur, dan sebagainya
JaminanIzin BPOM dan halal MUI
7
RasaAyam, ayam kampung, sapi, jamur
KemasanBotol plastik
Berat80 gram, 150 gram
KomposisiGaram, gula, ekstrak daging/jamur, bawang, lada putih, dan sebagainya
JaminanIzin BPOM dan halal MUI
6

MagfoodKaldu Sapi Non MSG 1 Kg

Mulai dari Rp 120.000,00

RasaSapi
KemasanPouch
Berat1 kg
KomposisiGaram, gula, rempah-rempah, ekstrak daging sapi, minyak hewani, dan sebagainya
JaminanIzin PIRT dan halal MUI
5
RasaAyam kampung, sapi, jamur, daun kelor
KemasanBotol, repack
Berat100 gram
KomposisiTepung maizena, merica, bawang merah, garam, bawang putih, daging/jamur/daun kelor, dan sebagainya
JaminanIzin PIRT dan halal MUI
4
RasaAyam, ayam kampung, sapi, jamur, vegetarian
KemasanBotol plastik
Berat80 gram, 150 gram
KomposisiLemak sapi/ekstrak daging ayam/jamur, bawang putih, bawang merah, kunyit, merica, dan sebagainya
JaminanIzin PIRT dan halal MUI
3
RasaTeri, salmon, udang, tempe, jamur, ayam kampung, sapi
KemasanBotol plastik
Berat78 gram
KomposisiDaging/tempe/ikan/jamur, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, seledri, jahe, dan wortel
JaminanIzin PIRT
2

Cap Jamur MerangKaldu Jamur Merang Alami

Mulai dari Rp 7.500,00

RasaOriginal, ayam, sapi
KemasanSaset
Berat3 gram x 30 saset, 250 gram
KomposisiGaram, gula, jamur, lada, bawang bombai, dan sebagainya
JaminanIzin BPOM dan halal MUI
1

Organic CenterKaldu Penyedap Rasa

Mulai dari Rp 21.500,00

RasaAyam, sapi, vegan (jamur)
KemasanPouch
Berat80 gram
KomposisiGula, garam, bubuk ayam/sapi/jamur, protein nabati, bawang putih, dan sebagainya
JaminanIzin PIRT dan halal MUI

Tabel perbandingan produk kaldu non MSG terbaik

Gambar produk
1
Organic Center Kaldu Penyedap Rasa 1

Organic Center

2
Cap Jamur Merang Kaldu Jamur Merang Alami 1

Cap Jamur Merang

3
Pawon Ibun Kaldu Non Gula Garam 1

Pawon Ibun

4
AlaNia Kaldu AlaNia 1

AlaNia

5
Lingkar Organik Maseko Kaldu Organik 1

Lingkar Organik

6
Magfood Kaldu Sapi Non MSG 1 Kg 1

Magfood

7
Lemonilo Kaldu Pelezat 1

Lemonilo

8
Totole Kaldu Rasa Jamur 1

Totole

9
Unilever Royco Kaldu Rasa Jamur 1

Unilever

10
Alsultan Kaldu Bubuk 1

Alsultan

Nama produk

Kaldu Penyedap Rasa

Kaldu Jamur Merang Alami

Kaldu Non Gula Garam

Kaldu AlaNia

Maseko Kaldu Organik

Kaldu Sapi Non MSG 1 Kg

Kaldu Pelezat

Kaldu Rasa Jamur

Royco Kaldu Rasa Jamur

Kaldu Bubuk

Keunggulan

Kualitas premium dengan penggunaan bahan unggulan

Kemasan renceng yang praktis dan ekonomis

Berkreasi dengan aneka rasa menu MPASI

Aman dikonsumsi oleh semua kalangan

Sajikan masakan enak tanpa risiko

Buat bisnis masakan rumahan makin laris manis

Kaldu sehat berbahan baku lokal

Aromanya bakal makin menggugah selera makan anak Anda!

Sajikan gorengan yang lebih sehat

Bawang bombai dan bawang putih bikin kaldu ini makin nikmat

Harga mulai dariRp 21.500,00Rp 7.500,00Rp 13.000,00Rp 19.000,00Rp 18.000,00Rp 120.000,00Rp 22.000,00Rp 9.500,00Rp 5.000,00Rp 12.800,00
RasaAyam, sapi, vegan (jamur)Original, ayam, sapiTeri, salmon, udang, tempe, jamur, ayam kampung, sapiAyam, ayam kampung, sapi, jamur, vegetarianAyam kampung, sapi, jamur, daun kelorSapiAyam, ayam kampung, sapi, jamurJamurJamurAyam, sapi, jamur, rumput laut
KemasanPouchSasetBotol plastikBotol plastikBotol, repackPouchBotol plastikSasetSasetBotol plastik, saset
Berat80 gram3 gram x 30 saset, 250 gram78 gram80 gram, 150 gram100 gram1 kg80 gram, 150 gram40 gram, 80 gram, 100 gram, 200 gram, 400 gram40 gram, 170 gram65 gram, 85 gram, 95 gram
KomposisiGula, garam, bubuk ayam/sapi/jamur, protein nabati, bawang putih, dan sebagainyaGaram, gula, jamur, lada, bawang bombai, dan sebagainyaDaging/tempe/ikan/jamur, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, seledri, jahe, dan wortelLemak sapi/ekstrak daging ayam/jamur, bawang putih, bawang merah, kunyit, merica, dan sebagainyaTepung maizena, merica, bawang merah, garam, bawang putih, daging/jamur/daun kelor, dan sebagainyaGaram, gula, rempah-rempah, ekstrak daging sapi, minyak hewani, dan sebagainyaGaram, gula, ekstrak daging/jamur, bawang, lada putih, dan sebagainyaGaram, tepung penguat rasa, beras, gula, jamur, dan sebagainyaGaram, ekstrak ragi, gula, minyak nabati, bawang, jamur bubuk, dan sebagainyaBawang bombai, bawang putih, garam, gula, lada putih, lada hitam, dan sebagainya
JaminanIzin PIRT dan halal MUIIzin BPOM dan halal MUIIzin PIRTIzin PIRT dan halal MUIIzin PIRT dan halal MUIIzin PIRT dan halal MUIIzin BPOM dan halal MUIIzin BPOM dan halal MUIIzin BPOM dan halal MUIIzin PIRT dan halal MUI
Tautan produk

Baca juga rekomendasi bumbu masak lainnya di sini

Kaldu non MSG memang lebih menyehatkan, tetapi mengonsumsi kandungan MSG tetap diperbolehkan selama tidak berlebihan. Untuk menambah kelezatan masakan Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi bumbu masak lain untuk Anda gunakan sebagai referensi. Jika tertarik, silakan klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Bahasan mengenai kaldu non MSG terbaik telah kami ulas secara tuntas. Sudahkah Anda menemukan produk yang sesuai dengan selera Anda dan keluarga tercinta? Pastikan untuk selalu teliti sebelum membeli, ya!


Tak hanya kandungan MSG, bahan lain seperti garam dan gula pada komposisi kaldu juga perlu dipertimbangkan. Begitu pula dengan kemasannya, pilihlah sesuai kebutuhan pemakaian agar tidak lebih ataupun kurang. Selamat menghidangkan masakan yang lezat dan sehat untuk keluarga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Filma, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulannya masing-masing.Guna mendapatkan produk yang tepat, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Lalu, ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Ada komentar dari cook, Debbie Ariesthea juga, lho. Simak terus artikel ini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Gula Pasir Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gula Pasir Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Gula putih, atau lebih umum disebut gula pasir, merupakan produk yang sering dikonsumsi masyarakat. Biasanya, orang-orang menggunakan gula pasir sebagai pemanis minuman, campuran kue, dan bumbu masakan. Meski terlihat sama, sebenarnya gula pasir memiliki banyak variasi.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih gula pasir yang tepat. Tidak lupa, kami juga bakal merekomendasikan produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Gulaku, Tropicana Slim, dan Rose Brand. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari. Silakan baca secara saksama untuk mendapatkan gula pasir yang sesuai kebutuhan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori