mybest
Kaldu

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Kaldu Non MSG Terbaik [Ditinjau oleh Chef]
  • 10 Rekomendasi Kaldu Non MSG Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 1
  • 10 Rekomendasi Kaldu Non MSG Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 2
  • 10 Rekomendasi Kaldu Non MSG Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 3
  • 10 Rekomendasi Kaldu Non MSG Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 4
  • 10 Rekomendasi Kaldu Non MSG Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 5

10 Rekomendasi Kaldu Non MSG Terbaik [Ditinjau oleh Chef]

Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?


Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Royco, Motovegan, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.

Diperbaharui 22/11/2023
Laire Siwi Mentari
Pakar
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 10 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur. Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum dan telah menerbitkan buku berjudul "Kelana Lidah Jawa", sebuah bunga rampai fiksi sejarah kuliner yang diterbitkan oleh Ambarrukmo.

Profil Laire Siwi Mentari
Lanjut membaca
DILA
Penyunting
Editor mybest Indonesia
DILA

DILA merupakan editor berbakat yang bergabung di mybest sejak 2017. Ia telah banyak menulis dan menyunting rekomendasi produk. Konten yang ditulis dan dieditnya meliputi berbagai genre seperti skincare, kitchen gadget, elektronik dapur, gadget, dan laptop. Teliti dalam mencari data dan memeriksa spesifik, artikel-artikel yang ditulis dan diedit DILA mudah dipahami dan disukai pembaca. Pengetahuannya sangat membantu memilih barang sesuai kebutuhan.

Profil DILA
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Keunggulan kaldu non MSG

Keunggulan kaldu non MSG

Produk kaldu bubuk yang beredar di pasaran banyak yang mengandung MSG (monosodium glutamate). MSG sendiri merupakan zat aditif yang dapat menambah rasa gurih pada masakan. Mengonsumsi MSG dalam jumlah banyak secara berkepanjangan akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan, misalnya tekanan darah tinggi.


Untuk itu, beralihlah ke produk kaldu non MSG sebagai penyedap masakan Anda. Kehadiran kaldu non MSG sangat memudahkan Anda dalam mengolah sebuah hidangan karena lebih hemat waktu. Tanpa harus membuat kaldu sendiri, Anda cukup membubuhkan kaldu non MSG saja.


Karena tidak mengandung MSG dan vetsin, Anda yang menjalankan pola hidup sehat akan merasa lebih aman untuk mengonsumsinya. Di pasaran sudah ada beberapa produsen terkenal yang mengeluarkan produk kaldu bubuk non MSG.


Mungkin sebagian dari Anda juga bertanya-tanya, apakah merek kaldu seperti Royco dan Totole mengandung MSG? Pada produk Royco, terdapat varian kaldu rasa jamur yang tidak mengandung MSG. Begitu pula dengan merek Totole yang pada komposisinya tidak terdapat tambahan MSG.


Sementara itu, kaldu jamur sendiri merupakan kaldu non MSG. Penggunaan kaldu jamur dapat menggantikan peran vetsin atau MSG sebagai penyedap masakan. Jika Anda sedang menerapkan pola makan yang sehat, kaldu non MSG merupakan pilihan tepat. Nah, untuk mengetahui merek kaldu non MSG lainnya, simak terus artikel ini.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kaldu non MSG

Sebelum masuk ke daftar rekomendasi produk, kami akan menjelaskan cara memilih kaldu non MSG terlebih dahulu. Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1

Kenali berbagai varian rasa kaldu non MSG

Kaldu non MSG tersedia dalam banyak varian rasa. Namun, kami akan membahas varian yang paling umum, yakni rasa ayam, jamur, dan sapi. Selain itu, terdapat pula beberapa rasa lain yang mungkin belum pernah Anda coba. Sebagai contoh, terdapat kaldu rasa ikan salmon, teri, udang, tempe, dan daun kelor. Pilihlah varian rasa yang Anda sukai dan sesuaikan dengan masakan yang akan dihidangkan.

Kaldu non MSG ayam, rasa gurih yang lembut untuk segala masakan

Kaldu non MSG ayam, rasa gurih yang lembut untuk segala masakan

Kaldu non MSG rasa ayam dibuat dari daging atau tulang ayam. Pada beberapa produsen, varian rasa ayam pada kaldu dibagi menjadi ayam negeri (broiler) dan ayam kampung. Jika keduanya dibandingkan, rasa ayam kampung lebih gurih dan lebih kaya akan kandungan zat besi.


Kaldu rasa ayam merupakan kaldu yang paling populer digunakan karena cocok untuk berbagai masakan. Anda juga dapat menggunakannya sebagai penyedap masakan yang ditumis atau berkuah. Bahkan, Anda juga dapat membuat nasi gurih yang nikmat menggunakan kaldu ayam.


Selain memberikan rasa gurih ayam alami, kaldu ini menjadi andalan bagi para ibu yang sangat memperhatikan asupan bagi bayinya. Kaldu ayam non MSG aman untuk MPASI. Dengan rasanya yang lebih ringan ketimbang kaldu sapi, bayi akan lebih bisa menerimanya.

Kaldu non MSG sapi, buat kuah sup menjadi lebih lezat

Kaldu non MSG sapi, buat kuah sup menjadi lebih lezat

Sama seperti kaldu rasa ayam, kaldu rasa sapi ada yang dibuat menggunakan daging atau tulang sapi. Daging sapi yang berlemak dan tulang sapi yang mengandung sumsum menghasilkan rasa kaldu yang sangat gurih. Hidangan sup yang Anda masak pasti akan makin terasa lezat dan memiliki aroma yang nikmat.


Tak seperti kaldu rasa ayam, kaldu rasa sapi bertekstur lebih kental dan lebih pekat pula gurihnya. Karena teksturnya yang lebih kental, kaldu sapi non MSG sangat cocok untuk ditambahkan pada hidangan yang berkuah. Hidangan akan jauh lebih gurih dan rasa lebih tebal jika dibandingkan dengan penambahan kaldu ayam.


Dari segi kesehatan, kaldu sapi ternyata dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak. Hal ini karena di dalam kaldu sapi terdapat kandungan glisina yang menghasilkan perasaan relaks dan mengurangi stres. Selain itu, kandungan glisina dapat membantu memproduksi glukagon dalam tubuh sehingga mencegah kadar gula darah Anda turun.

Kaldu non MSG jamur, cita rasa umaminya tak kalah nikmat

Kaldu non MSG jamur, cita rasa umaminya tak kalah nikmat

Kaldu jamur atau nutritional yeast merupakan solusi bagi para vegan yang ingin menikmati rasa kaldu yang gurih. Kaldu jamur merupakan ekstrak ragi dari jamur Saccharomyces cerevisiae. Namun, ada pula yang dibuat dari jamur shiitake dan jamur merang.


Dari segi rasa, kaldu jamur mengandung rasa umami yang tak kalah nikmat dari kaldu berbahan hewani. Selain menambah cita rasa pada masakan, kaldu jamur juga mengandung asam amino esensial yang berguna bagi tubuh. Menariknya lagi, kaldu jamur memiliki kalori yang rendah sehingga ideal dikonsumsi untuk Anda yang ingin diet.


Berbeda dengan kaldu ayam dan sapi non MSG, kaldu jamur non MSG lebih terasa umami. Karena pada dasarnya jamur memiliki rasa alami manis, rasa yang dihasilkan oleh kaldu jamur jadi umami.

2

Pilih berdasarkan kemasan

Pilih berdasarkan kemasan

Kaldu non MSG dikemas dalam berbagai ukuran, mulai dari 3 gram hingga 1 kg. Bentuk kemasannya juga beragam, yakni saset, pouch, dan botol plastik. Baik untuk penggunaan harian rumah tangga maupun keperluan bisnis, semua tersedia. Untuk itu, silakan pilih sesuai selera dan kebutuhan Anda.


Kemasan saset kecil ukuran 3 gram biasanya dapat dipakai untuk satu hidangan harian sehingga isinya dapat langsung habis. Berbeda dengan kemasan saset berukuran 40 gram atau lebih yang dapat dipakai berkali-kali.


Jangan lupa juga untuk memindahkan kaldu ke dalam wadah tertutup supaya tidak menggumpal akibat terkena udara. Sama dengan produk bubuk lainnya, kaldu non MSG akan mudah menggumpal jika terkena udara terlalu lama atau terkena cairan.


Selain itu, Anda dapat memilih kaldu non MSG dalam kemasan pouch dan botol plastik. Jenis kaldu dengan kemasan ini dapat Anda gunakan untuk kebutuhan memasak bulanan atau dalam porsi besar. Namun, jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang bersih, sejuk, dan terhindar dari panas matahari langsung.

3

Pertimbangkan komposisi produk

Pertimbangkan komposisi produk

Jika dibandingkan dengan kaldu bubuk ber-MSG, kaldu non MSG memang lebih menyehatkan. Namun, Anda juga perlu memperhatikan komposisi yang terkandung di dalam produk pilihan Anda. Saat memilih kaldu non MSG, terdapat takaran bahan lain yang perlu dipertimbangkan seperti garam dan gula.


Pada dasarnya, garam dan gula dapat menambah cita rasa gurih pada masakan. Namun, penggunaannya harus dibatasi agar tidak menimbulkan penyakit, seperti diabetes, strok, dan serangan jantung. Untuk itu, masakan Anda tak perlu lagi ditambah gula dan garam jika kaldu non MSG sudah mengandung keduanya.


Selain itu, terdapat kaldu non MSG yang tidak mengandung gula dan garam. Kaldu tersebut biasanya dikhususkan untuk pembuatan MPASI. Di samping itu, makanan bayi di bawah satu tahun sebaiknya tidak diberi gula dan garam. Hal ini bertujuan untuk membuat lidah bayi mengenal rasa asli dari makanannya terlebih dahulu.


Apabila Anda ragu dalam memilih kaldu non MSG, sebaiknya pilih kaldu jamur non MSG yang tanpa gula dan garam saja. Karena pada kaldu jamur, terkandung berbagai mineral dan vitamin, seperti tembaga, kalium, vitamin B2, B3, B5, dan D. Selain itu, kaldu jamur juga kaya akan antioksidan.

4

Pastikan produk terjamin kualitasnya

Pastikan produk terjamin kualitasnya

Meskipun terdapat keterangan non MSG, tak ada salahnya jika Anda lebih memperhatikan keamanan produk yang dibeli. Pastikan juga kaldu pilihan Anda mengantongi izin BPOM ataupun P-IRT (pangan industri rumah tangga). Kini telah banyak sekali produk kaldu non MSG yang terjamin dan terdaftar BPOM.


Dengan adanya izin tersebut, produk yang Anda beli sudah terbukti aman dikonsumsi. Jadi, Anda dapat menghindari kesalahan konsumsi karena tidak mengetahui kandungan pada kaldu. Selain itu, adanya label halal dari MUI juga menjadi keunggulan tersendiri. Artinya, kaldu non MSG tersebut telah memiliki sertifikasi sebagai produk halal dengan kualitas terjamin, terutama bagi Anda yang muslim.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Kaldu Non MSG Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Kaldu Non MSG terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 22 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Komposisi utama
Kemasan
Berat bersih
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
1

Unilever

Royco Kaldu Rasa Jamur

Unilever Royco Kaldu Rasa Jamur 1

Mulai dari Rp5.000,00

Agak Murah

Jadikan masakan lebih menggugah selera dengan kaldu spesial dari Royco

Garam beryodium, ekstrak ragi, maltrodeksin, gula, minyak nabati, jamur bubuk 1%, bawang bubuk, dan lain-lain

Sachet, plastik

40 g, 170 g

Tidak diketahui

Sup, tumis, sayuran, gorengan, makanan ringan, lauk, MPASI

0 kkal per sajian

12 bulan

0 g

Bubuk

2

Lingkar Organik

Maseko Kaldu Ayam Kampung

Lingkar Organik Maseko Kaldu Ayam Kampung 1

Mulai dari Rp36.000,00

Agak Mahal

Sajikan masakan berkuah yang segar dan mantap gurihnya

Tepung maizena, merica, bawang merah, garam, gula, bawang putih, ayam kampung

Botol, saset

100 g

Tidak diketahui

9 bulan

Tidak diketahui

Bubuk

3

Barefood

bumboo Kaldu Ayam

Barefood bumboo Kaldu Ayam 1

Mulai dari Rp32.500,00

Menengah

Tanpa gula dan garam agar MPASI lebih sehat

Bubuk wortel, bubuk bayam, ekstrak ragi

Botol

90 g

Tidak diketahui

12 bulan

Tidak diketahui

Bubuk

4

Supra Sari Lestari

Motovegan Bumbu Penyedap Rasa Jamur

Supra Sari Lestari Motovegan Bumbu Penyedap Rasa Jamur 1

Mulai dari Rp2.100,00

Lebih Murah

Umami jamur yang rasanya tidak nyangkut di tenggorokan

Garam, gula, pati jagung, bubuk jamur, maltodextrin, ekstrak ragi, penguat rasa, protein nabati terhidrolisis, perisa sintetik jamur

Sachet, plastik

5 g, 50 g, 500 g

Tidak diketahui

Sup, tumis, makanan untuk balita dan menu vegetarian

Tidak diketahui

18 bulan

Tidak diketahui

Bubuk

5

Crystal of the Sea

White Anchovy Powder

Crystal of the Sea  White Anchovy Powder  1

Mulai dari Rp47.000,00

Agak Mahal

Serbuk ikan teri terbaik untuk rasa maksimal!

100% bubuk ikan teri nasi

Botol

4 g, 20 g, 80 g

15 kkal per sajian

24 bulan

3 g

Bubuk

6

Pura

Beef Seasoning

Pura Beef Seasoning 1

Mulai dari Rp15.900,00

Agak Murah

Tanpa filler, sedikit saja langsung terasa gurihnya

Beef powder, pura sea salt, bawang putih, bawang bombay, lada, pala

Saset, botol

20 g, 100 g

0 kkal per sajian

12 bulan

0 g

Bubuk

7

Bumbu Bunda Elia

Kaldu Sapi Bubuk Non MSG

Bumbu Bunda Elia Kaldu Sapi Bubuk Non MSG 1

Mulai dari Rp54.999,00

Agak Mahal

Dengan komposisi daging sapi lebih dari 90%, kaya akan protein hewani

Tidak diketahui

Botol

50 g

Tidak diketahui

12 bulan

Tidak diketahui

Bubuk

8

Langkah Hijau Bersama

Organic Center Kaldu Ayam Premium

Langkah Hijau Bersama Organic Center Kaldu Ayam Premium 1

Mulai dari Rp28.755,00

Menengah

Kualitas premium dengan kandungan protein lebih banyak

Gula, garam, bubuk ayam, protein nabati, bawang putih, maltodextrin, lada putih

Pouch

80 g

Tidak diketahui

12 bulan

Tidak diketahui

Bubuk

9

Beorganik

Beef Stock Powder

Beorganik Beef Stock Powder 1

Mulai dari Rp16.000,00

Agak Murah

Kaya rasa dengan bahan rebusan daging dan tulang sapi

Daging sapi, tepung maizena, bawang merah, bawang putih, merica, garam (tanpa MSG)

Botol

70 g, 220 g

30 kkal per sajian

12 bulan

7,5 g

Bubuk

10

Grandville

Kaldu Sapi Mpasi BB Booster Non MSG

Grandville  Kaldu Sapi Mpasi BB Booster Non MSG 1

Mulai dari Rp40.000,00

Agak Mahal

Rasa lezatnya autentik dan aman untuk kesehatan si kecil

Sari daging sapi, bawang bombay, bawang putih, wortel, nutritional yeast, daun bawang

Pouch

40 g

25 kkal per sajian

12 bulan

1 g

Bubuk

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

UnileverRoyco Kaldu Rasa Jamur

Royco Kaldu Rasa Jamur 1
Sumber: royco.co.id
Royco Kaldu Rasa Jamur 2
Sumber: royco.co.id
Royco Kaldu Rasa Jamur 3
Sumber: shopee.co.id
Royco Kaldu Rasa Jamur 4
Sumber: shopee.co.id
Royco Kaldu Rasa Jamur 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp5.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp5.000,00
Agak Murah

Jadikan masakan lebih menggugah selera dengan kaldu spesial dari Royco

Selain penyedap rasa dengan MSG, Royco pun menghadirkan penyedap rasa non-MSG, seperti produk ini. Dengan cita rasa jamur asli, Royco Special ini menghasilkan rasa umami yang alami. Cukup tambahkan sedikit ke dalam masakan Anda, seperti sup, tumisan, atau nasi goreng, untuk meningkatkan kelezatannya. Produknya yang mudah ditemukan dan harganya yang tergolong terjangkau menjadikan kaldu ini layak dijadikan penyedap rasa favorit Anda. 

Komposisi utamaGaram beryodium, ekstrak ragi, maltrodeksin, gula, minyak nabati, jamur bubuk 1%, bawang bubuk, dan lain-lain
KemasanSachet, plastik
Berat bersih40 g, 170 g
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanSup, tumis, sayuran, gorengan, makanan ringan, lauk, MPASI
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori0 kkal per sajian
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein0 g
Tipe bumbuBubuk
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Lingkar OrganikMaseko Kaldu Ayam Kampung

Maseko Kaldu Ayam Kampung 1
Sumber: shopee.co.id
Maseko Kaldu Ayam Kampung 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp36.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp36.000,00
Agak Mahal

Sajikan masakan berkuah yang segar dan mantap gurihnya

Nama Maseko merupakan singkatan dari 'masakan enak tanpa risiko'. Hal tersebut sejalan dengan komposisi produk yang hanya berbahan alami. Varian yang menjadi sorotan adalah kaldu ayam kampung ini. Lezatnya saripati ayam kampung bikin masakan jadi kaya rasa, khususnya masakan berkuah. Kuah sup dan soto ayam akan terasa lebih segar dan mantap gurihnya dengan Maseko Kaldu Ayam Kampung. 

Komposisi utamaTepung maizena, merica, bawang merah, garam, gula, bawang putih, ayam kampung
KemasanBotol, saset
Berat bersih100 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
Daya tahan9 bulan
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuBubuk
View all
No.3

Barefoodbumboo Kaldu Ayam

Harga referensi
Mulai dari Rp32.500,00
Menengah

Tanpa gula dan garam agar MPASI lebih sehat

Apabila Anda lebih memilih untuk membuat MPASI tanpa tambahan gula dan garam, kaldu ini wajib ada di dapur. Kaldu ayam non MSG ini memiliki rasa ayam yang lembut untuk mengawali pengenalan rasa di lidah anak. Selain itu, bahan utamanya adalah ayam asli yang diberi tambahan bubuk bayam dan wortel sebagai penambah nutrisi. MPASI sehat, rasanya pun tetap lezat.

Komposisi utamaBubuk wortel, bubuk bayam, ekstrak ragi
KemasanBotol
Berat bersih90 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
Daya tahan12 bulan
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuBubuk
View all
No.4

Supra Sari LestariMotovegan Bumbu Penyedap Rasa Jamur

Motovegan Bumbu Penyedap Rasa Jamur 1
Sumber: shopee.co.id
Motovegan Bumbu Penyedap Rasa Jamur 2
Sumber: shopee.co.id
Motovegan Bumbu Penyedap Rasa Jamur 3
Sumber: shopee.co.id
Motovegan Bumbu Penyedap Rasa Jamur 4
Sumber: shopee.co.id
Motovegan Bumbu Penyedap Rasa Jamur 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp2.100,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp2.100,00
Lebih Murah

Umami jamur yang rasanya tidak nyangkut di tenggorokan

Produk ini dapat dijadikan pilihan bila Anda membutuhkan kaldu jamur non-MSG untuk beragam kebutuhan keluarga. Anda yang memasak sendiri dapat memilih kemasan saset 5 gram. Untuk kebutuhan sekeluarga, Anda bisa mengambil varian kemasan 50 gram atau 500 gram untuk stok. Selain bebas MSG, rasa ekstrak jamur alaminya dijamin gurih dan tidak tertinggal di tenggorokan.

Komposisi utamaGaram, gula, pati jagung, bubuk jamur, maltodextrin, ekstrak ragi, penguat rasa, protein nabati terhidrolisis, perisa sintetik jamur
KemasanSachet, plastik
Berat bersih5 g, 50 g, 500 g
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanSup, tumis, makanan untuk balita dan menu vegetarian
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
Daya tahan18 bulan
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuBubuk
View all
No.5

Crystal of the Sea White Anchovy Powder

Harga referensi
Mulai dari Rp47.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp47.000,00
Agak Mahal

Serbuk ikan teri terbaik untuk rasa maksimal!

White Anchovy Powder dari Crystal of the Sea adalah rahasia para chef untuk memberikan cita rasa ekstra pada masakan. Diolah dari ikan teri pilihan, serbuk ini menambahkan nuansa gurih alami yang sulit ditolak. Produk ini cocok untuk hidangan laut, sup, atau saus untuk memberikan sentuhan istimewa.


Kaldu ini bisa dijadikan pilihan bagi para koki profesional yang menghargai rasa autentik dalam setiap sajian. Para pencinta masakan rumahan juga akan menemukan nilai tambah yang luar biasa. Tambahkan sedikit serbuk ini dan rasakan perbedaan yang signifikan dalam rasa masakan Anda. Dengan Crystal of the Sea, masakan Anda akan selalu mengundang decak kagum!

Komposisi utama100% bubuk ikan teri nasi
KemasanBotol
Berat bersih4 g, 20 g, 80 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori15 kkal per sajian
Daya tahan24 bulan
Jumlah protein3 g
Tipe bumbuBubuk
View all
No.6

PuraBeef Seasoning

Beef Seasoning 1
Sumber: shopee.co.id
Beef Seasoning 2
Sumber: shopee.co.id
Beef Seasoning 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp15.900,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp15.900,00
Agak Murah

Tanpa filler, sedikit saja langsung terasa gurihnya

Tambahkan Pura Beef Seasoning bila ingin rasa sapi yang nendang pada masakan Anda. Alasannya karena produk ini tidak mengandung filler, seperti tepung atau maltodextrin. Komposisinya adalah pure kaldu sapi yang dipadu dengan bumbu-bumbu pilihan. Karena itu, produk ini dapat melezatkan masakan dengan penggunaan sedikit saja. Selain itu, produk ini punya kemasan saset bagi Anda yang ingin coba-coba dahulu.

Komposisi utamaBeef powder, pura sea salt, bawang putih, bawang bombay, lada, pala
KemasanSaset, botol
Berat bersih20 g, 100 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori0 kkal per sajian
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein0 g
Tipe bumbuBubuk
View all
No.7

Bumbu Bunda EliaKaldu Sapi Bubuk Non MSG

Kaldu Sapi Bubuk Non MSG 1
Sumber: shopee.co.id
Kaldu Sapi Bubuk Non MSG 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp54.999,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp54.999,00
Agak Mahal

Dengan komposisi daging sapi lebih dari 90%, kaya akan protein hewani

Bumbu Bunda Elia memang memiliki jajaran produk kaldu non MSG yang direkomendasikan untuk MPASI. Meski begitu, Anda perlu mencoba varian kaldu sapi yang satu ini. Dengan varian kaldu sapi, Anda bisa memasak hidangan enak dan bergizi untuk si kecil. 


Mengenal gurihnya rasa daging sapi tentu dapat menjadi langkah lanjutan pengenalan berbagai rasa pada sang buah hati. Terlebih lagi, lebih dari 90% dari komposisi bahan produk ini merupakan daging sapi. Tak hanya memperkaya cita rasa, produk ini juga menjadi tambahan protein hewani bagi anak.

Komposisi utamaTidak diketahui
KemasanBotol
Berat bersih50 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
Daya tahan12 bulan
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuBubuk
View all
No.8

Langkah Hijau BersamaOrganic Center Kaldu Ayam Premium

Harga referensi
Mulai dari Rp28.755,00
Menengah

Kualitas premium dengan kandungan protein lebih banyak

Protein merupakan makronutrien yang sangat dibutuhkan untuk membangun otot. Bila Anda seorang yang aktif dan rutin berolahraga, tentu Anda sangat membutuhkan zat tersebut. Untuk melengkapi kudapan berprotein Anda, gunakan kaldu ayam dari Organic Center sebagai penyedap. Produk ini diklaim memiliki kandungan protein lebih tinggi. Makan makanan sehat demi otot yang lebih padat pun menjadi menyenangkan.

Komposisi utamaGula, garam, bubuk ayam, protein nabati, bawang putih, maltodextrin, lada putih
KemasanPouch
Berat bersih80 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
Daya tahan12 bulan
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuBubuk
View all
No.9

BeorganikBeef Stock Powder

Beef Stock Powder 1
Sumber: shopee.co.id
Beef Stock Powder 2
Sumber: shopee.co.id
Beef Stock Powder 3
Sumber: shopee.co.id
Beef Stock Powder 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp16.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp16.000,00
Agak Murah

Kaya rasa dengan bahan rebusan daging dan tulang sapi

Bila Anda mencari penyedap non MSG untuk membuat makanan berkuah, seperti sup dan soto, pilih produk ini. Bahan utamanya adalah sari rebusan daging dan tulang sapi sehingga gurihnya sapi banget! Selain itu, beef stock dari Beorganik ini pun diracik tanpa menggunakan gula dan pengawet. Hidangan sehari-hari di rumah pun jadi lebih sehat dan lezat.

Komposisi utamaDaging sapi, tepung maizena, bawang merah, bawang putih, merica, garam (tanpa MSG)
KemasanBotol
Berat bersih70 g, 220 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori30 kkal per sajian
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein7,5 g
Tipe bumbuBubuk
View all
No.10

Grandville Kaldu Sapi Mpasi BB Booster Non MSG

Kaldu Sapi Mpasi BB Booster Non MSG 1
Sumber: shopee.co.id
Kaldu Sapi Mpasi BB Booster Non MSG 2
Sumber: shopee.co.id
Kaldu Sapi Mpasi BB Booster Non MSG 3
Sumber: shopee.co.id
Kaldu Sapi Mpasi BB Booster Non MSG 4
Sumber: shopee.co.id
Kaldu Sapi Mpasi BB Booster Non MSG 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp40.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp40.000,00
Agak Mahal

Rasa lezatnya autentik dan aman untuk kesehatan si kecil

Grandville Kaldu Sapi Mpasi BB Booster Non MSG adalah pilihan bijak untuk memulai petualangan rasa si kecil. Dibuat dengan cinta, kaldu sapi ini memberikan rasa lezat pada makanan bayi dan juga memberikan dorongan nutrisi yang esensial. Aroma dan rasanya yang sedap tentu akan meningkatkan nafsu makan si buah hati.


Direkomendasikan untuk para orang tua yang peduli akan kesehatan si kecil, kaldu ini memberikan keseimbangan rasa tanpa tambahan MSG. Sajikan hidangan lezat yang memenuhi selera si kecil dan memberikan asupan nutrisi penting dengan Grandville Kaldu Sapi Mpasi BB Booster Non MSG.

Komposisi utamaSari daging sapi, bawang bombay, bawang putih, wortel, nutritional yeast, daun bawang
KemasanPouch
Berat bersih40 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori25 kkal per sajian
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein1 g
Tipe bumbuBubuk
View all

5 Rekomendasi Kaldu Non MSG terbaik

No. 1: UnileverRoyco Kaldu Rasa Jamur

No. 2: Lingkar OrganikMaseko Kaldu Ayam Kampung

No. 3: Barefoodbumboo Kaldu Ayam

No. 4: Supra Sari LestariMotovegan Bumbu Penyedap Rasa Jamur

No. 5: Crystal of the Sea White Anchovy Powder

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Kaldu Non MSG Terbaik [Ditinjau oleh Chef]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.