1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Bumbu & bahan masakan
  6. >
  7. 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023)

Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?


Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.

Diperbaharui 10-27-2022
Pakar
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 8 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur. Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Profil Laire Siwi Mentari
Penyunting
Editor mybest Indonesia
DILA

DILA adalah alumni jurusan Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada. Ia pun pernah mengenyam pendidikan di Universitas Hokkaido selama setahun. Wanita yang doyan kulineran ini telah menjajal berbagai pekerjaan sejak duduk di bangku kuliah. Kini DILA merupakan seorang penulis dan editor lepas mybest Indonesia. Waktu luangnya kerap dihabiskan dengan bermain bersama kucing kesayangan atau jalan-jalan ke supermarket. Menurutnya, menemukan bahan makanan unik dan kitchen gadget terbaru adalah kepuasan tersendiri. Wanita penyuka fashion minimalis ini pun rutin menyambangi minimarket demi mencicipi berbagai makanan dan minuman ringan terbaru yang sedang hits.

Profil DILA
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Keunggulan kaldu non MSG

Keunggulan kaldu non MSG

Produk kaldu bubuk yang beredar di pasaran banyak yang mengandung MSG (monosodium glutamate). MSG sendiri merupakan zat aditif yang dapat menambah rasa gurih pada masakan. Mengonsumsi MSG dalam jumlah banyak secara berkepanjangan akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan, misalnya tekanan darah tinggi.


Untuk itu, beralihlah ke produk kaldu non MSG sebagai penyedap masakan Anda. Kehadiran kaldu non MSG sangat memudahkan Anda dalam mengolah sebuah hidangan karena lebih hemat waktu. Tanpa harus membuat kaldu sendiri, Anda cukup membubuhkan kaldu non MSG saja.


Karena tidak mengandung MSG dan vetsin, Anda yang menjalankan pola hidup sehat akan merasa lebih aman untuk mengonsumsinya. Di pasaran sudah ada beberapa produsen terkenal yang mengeluarkan produk kaldu bubuk non MSG.


Mungkin sebagian dari Anda juga bertanya-tanya, apakah merek kaldu seperti Royco dan Totole mengandung MSG? Pada produk Royco, terdapat varian kaldu rasa jamur yang tidak mengandung MSG. Begitu pula dengan merek Totole yang pada komposisinya tidak terdapat tambahan MSG.


Sementara itu, kaldu jamur sendiri merupakan kaldu non MSG. Penggunaan kaldu jamur dapat menggantikan peran vetsin atau MSG sebagai penyedap masakan. Jika Anda sedang menerapkan pola makan yang sehat, kaldu non MSG merupakan pilihan tepat. Nah, untuk mengetahui merek kaldu non MSG lainnya, simak terus artikel ini.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kaldu non MSG

Sebelum masuk ke daftar rekomendasi produk, kami akan menjelaskan cara memilih kaldu non MSG terlebih dahulu. Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

① Kenali berbagai varian rasa kaldu non MSG

Kaldu non MSG tersedia dalam banyak varian rasa. Namun, kami akan membahas varian yang paling umum, yakni rasa ayam, jamur, dan sapi. Selain itu, terdapat pula beberapa rasa lain yang mungkin belum pernah Anda coba. Sebagai contoh, terdapat kaldu rasa ikan salmon, teri, udang, tempe, dan daun kelor. Pilihlah varian rasa yang Anda sukai dan sesuaikan dengan masakan yang akan dihidangkan.

Kaldu non MSG ayam, rasa gurih yang lembut untuk segala masakan

Kaldu non MSG rasa ayam dibuat dari daging atau tulang ayam. Pada beberapa produsen, varian rasa ayam pada kaldu dibagi menjadi ayam negeri (broiler) dan ayam kampung. Jika keduanya dibandingkan, rasa ayam kampung lebih gurih dan lebih kaya akan kandungan zat besi.


Kaldu rasa ayam merupakan kaldu yang paling populer digunakan karena cocok untuk berbagai masakan. Anda juga dapat menggunakannya sebagai penyedap masakan yang ditumis atau berkuah. Bahkan, Anda juga dapat membuat nasi gurih yang nikmat menggunakan kaldu ayam.


Selain memberikan rasa gurih ayam alami, kaldu ini menjadi andalan bagi para ibu yang sangat memerhatikan asupan bagi bayinya. Kaldu ayam non MSG aman untuk MPASI. Dengan rasanya yang lebih ringan ketimbang kaldu sapi, bayi akan lebih bisa menerimanya.

Kaldu non MSG sapi, buat kuah sup menjadi lebih lezat

Kaldu non MSG sapi, buat kuah sup menjadi lebih lezat

Sama seperti kaldu rasa ayam, kaldu rasa sapi ada yang dibuat menggunakan daging atau tulang sapi. Daging sapi yang berlemak dan tulang sapi yang mengandung sumsum menghasilkan rasa kaldu yang sangat gurih. Hidangan sup yang Anda masak pasti akan makin terasa lezat dan memiliki aroma yang nikmat.


Tak seperti kaldu rasa ayam, kaldu rasa sapi bertekstur lebih kental dan lebih pekat pula gurihnya. Karena teksturnya yang lebih kental, kaldu sapi non MSG sangat cocok untuk ditambahkan pada hidangan yang berkuah. Hidangan akan jauh lebih gurih dan rasa lebih tebal jika dibandingkan dengan penambahan kaldu ayam.


Dari segi kesehatan, kaldu sapi ternyata dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak. Hal ini karena di dalam kaldu sapi terdapat kandungan glisina yang menghasilkan perasaan relaks dan mengurangi stres. Selain itu, kandungan glisina dapat membantu memproduksi glukagon dalam tubuh sehingga mencegah kadar gula darah Anda turun.

Kaldu non MSG jamur, cita rasa umaminya tak kalah nikmat

Kaldu non MSG jamur, cita rasa umaminya tak kalah nikmat

Kaldu jamur atau nutritional yeast merupakan solusi bagi para vegan yang ingin menikmati rasa kaldu yang gurih. Kaldu jamur merupakan ekstrak ragi dari jamur Saccharomyces cerevisiae. Namun, ada pula yang dibuat dari jamur shiitake dan jamur merang.


Dari segi rasa, kaldu jamur mengandung rasa umami yang tak kalah nikmat dari kaldu berbahan hewani. Selain menambah cita rasa pada masakan, kaldu jamur juga mengandung asam amino esensial yang berguna bagi tubuh. Menariknya lagi, kaldu jamur memiliki kalori yang rendah sehingga ideal dikonsumsi untuk Anda yang ingin diet.


Berbeda dengan kaldu ayam dan sapi non MSG, kaldu jamur non MSG lebih terasa umami. Karena pada dasarnya jamur memiliki rasa alami manis, rasa yang dihasilkan oleh kaldu jamur jadi umami.

② Pilih berdasarkan kemasan

Pilih berdasarkan kemasan

Kaldu non MSG dikemas dalam berbagai ukuran, mulai dari 3 gram hingga 1 kg. Bentuk kemasannya juga beragam, yakni saset, pouch, dan botol plastik. Baik untuk penggunaan harian rumah tangga maupun keperluan bisnis, semua tersedia. Untuk itu, silakan pilih sesuai selera dan kebutuhan Anda.


Kemasan saset kecil ukuran 3 gram biasanya dapat dipakai untuk satu hidangan harian sehingga isinya dapat langsung habis. Berbeda dengan kemasan saset berukuran 40 gram atau lebih yang dapat dipakai berkali-kali.


Jangan lupa juga untuk memindahkan kaldu ke dalam wadah tertutup supaya tidak menggumpal akibat terkena udara. Sama dengan produk bubuk lainnya, kaldu non MSG akan mudah menggumpal jika terkena udara terlalu lama atau terkena cairan.


Selain itu, Anda dapat memilih kaldu non MSG dalam kemasan pouch dan botol plastik. Jenis kaldu dengan kemasan ini dapat Anda gunakan untuk kebutuhan memasak bulanan atau dalam porsi besar. Namun, jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang bersih, sejuk, dan terhindar dari panas matahari langsung.

③ Pertimbangkan komposisi produk

Pertimbangkan komposisi produk

Jika dibandingkan dengan kaldu bubuk ber-MSG, kaldu non MSG memang lebih menyehatkan. Namun, Anda juga perlu memperhatikan komposisi yang terkandung di dalam produk pilihan Anda. Saat memilih kaldu non MSG, terdapat takaran bahan lain yang perlu dipertimbangkan seperti garam dan gula.


Pada dasarnya, garam dan gula dapat menambah cita rasa gurih pada masakan. Namun, penggunaannya harus dibatasi agar tidak menimbulkan penyakit, seperti diabetes, strok, dan serangan jantung. Untuk itu, masakan Anda tak perlu lagi ditambah gula dan garam jika kaldu non MSG sudah mengandung keduanya.


Selain itu, terdapat kaldu non MSG yang tidak mengandung gula dan garam. Kaldu tersebut biasanya dikhususkan untuk pembuatan MPASI. Di samping itu, makanan bayi di bawah satu tahun sebaiknya tidak diberi gula dan garam. Hal ini bertujuan untuk membuat lidah bayi mengenal rasa asli dari makanannya terlebih dahulu.


Apabila Anda ragu dalam memilih kaldu non MSG, sebaiknya pilih kaldu jamur non MSG yang tanpa gula dan garam saja. Karena pada kaldu jamur, terkandung berbagai mineral dan vitamin, seperti tembaga, kalium, vitamin B2, B3, B5, dan D. Selain itu, kaldu jamur juga kaya akan antioksidan.

④ Pastikan produk terjamin kualitasnya

Pastikan produk terjamin kualitasnya

Meskipun terdapat keterangan non MSG, tak ada salahnya jika Anda lebih memperhatikan keamanan produk yang dibeli. Pastikan juga kaldu pilihan Anda mengantongi izin BPOM ataupun P-IRT (pangan industri rumah tangga). Kini telah banyak sekali produk kaldu non MSG yang terjamin dan terdaftar BPOM.


Dengan adanya izin tersebut, produk yang Anda beli sudah terbukti aman dikonsumsi. Jadi, Anda dapat menghindari kesalahan konsumsi karena tidak mengetahui kandungan pada kaldu. Selain itu, adanya label halal dari MUI juga menjadi keunggulan tersendiri. Artinya, kaldu non MSG tersebut telah tersertifikasi sebagai produk halal dengan kualitas terjamin, terutama bagi Anda yang muslim.

10 Rekomendasi kaldu non MSG terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kaldu non MSG terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Totole

Kaldu Rasa Jamur

Totole Kaldu Rasa Jamur 1枚目

Kaldu jamur non MSG yang bebas kolesterol

2

Lingkar Organik

Maseko Kaldu Ayam Kampung

Lingkar Organik Maseko Kaldu Ayam Kampung 1枚目

Sajikan masakan berkuah yang segar dan mantap gurihnya

3

Motovegan

Bumbu Penyedap Rasa Jamur

Motovegan Bumbu Penyedap Rasa Jamur 1枚目

Umami jamur dalam opsi kemasan yang sesuai kebutuhan

4

Bumbu Bunda Elia

Kaldu Sapi Bubuk Non MSG

Bumbu Bunda Elia Kaldu Sapi Bubuk Non MSG 1枚目

Dengan komposisi daging sapi lebih dari 90%, kaya akan protein hewani

5

Unilever

Royco Kaldu Rasa Jamur

Unilever Royco Kaldu Rasa Jamur 1枚目

Masakan lezat dan lebih sehat kini tak perlu mahal!

6

Lemonilo

Kaldu Pelezat Jamur

Lemonilo Kaldu Pelezat Jamur 1枚目

Kaldu sehat berbahan baku lokal, pilihan bagi para vegan

7

Pura

Beef Seasoning

Pura Beef Seasoning 1枚目

Tanpa filler, sedikit saja langsung terasa gurihnya

8

Barefood

bumboo Kaldu Ayam

Barefood bumboo Kaldu Ayam 1枚目

Tanpa gula dan garam agar MPASI lebih sehat

9

Organic Center

Chicken Powder Stock Organic Ingredients

Organic Center Chicken Powder Stock Organic Ingredients 1枚目

Kualitas premium dengan kandungan protein lebih banyak

10

Beorganik

Beef Stock Powder

Beorganik Beef Stock Powder 1枚目

Kaya rasa dengan bahan rebusan daging dan tulang sapi

Perincian produk
Close
No.1

TotoleKaldu Rasa Jamur

Mulai dari Rp10.800,00

Kaldu jamur non MSG yang bebas kolesterol

Bagi Anda para penggiat diet bebas kolesterol, mulailah menyetok Totole Kaldu Rasa Jamur di rumah. Kaldu berbentuk granula ini dikemas secara higienis dan diklaim bebas kolesterol. Selain itu, kelezatan produk ini murni berasal dari bahan nabati, tanpa melibatkan unsur hewani. Karena itu, produk ini juga banyak dipilih para vegan. Rasa gurih di tiap butirannya ini menjamin masakan Anda lebih lezat dari sebelumnya.

No.2

Lingkar OrganikMaseko Kaldu Ayam Kampung

Mulai dari Rp19.500,00

Sajikan masakan berkuah yang segar dan mantap gurihnya

Nama Maseko merupakan singkatan dari 'masakan enak tanpa risiko'. Hal tersebut sejalan dengan komposisi produk yang hanya berbahan alami. Varian yang menjadi sorotan adalah kaldu ayam kampung ini. Lezatnya saripati ayam kampung bikin masakan jadi kaya rasa, khususnya masakan berkuah. Kuah sup dan soto ayam akan terasa lebih segar dan mantap gurihnya dengan Maseko Kaldu Ayam Kampung. 

No.3

MotoveganBumbu Penyedap Rasa Jamur

Mulai dari Rp2.100,00

Umami jamur dalam opsi kemasan yang sesuai kebutuhan

Produk ini adalah pilihan bila Anda membutuhkan kaldu jamur non MSG untuk segala keperluan. Anda yang tinggal sendiri dapat memilih kemasan saset 5 gram. Sementara untuk sekeluarga, kemasan 50 gram dapat dipilih. Lalu, kemasan 500 gram tentu ideal bagi Anda yang memiliki usaha katering atau warung makan. Rasa jamur alaminya dijamin gurih dan tidak nyangkut di tenggorokan!

No.4

Bumbu Bunda EliaKaldu Sapi Bubuk Non MSG

Mulai dari Rp54.999,00

Dengan komposisi daging sapi lebih dari 90%, kaya akan protein hewani

Bumbu Bunda Elia memang memiliki jajaran produk kaldu non MSG yang direkomendasikan untuk MPASI. Meski begitu, Anda perlu mencoba varian kaldu sapi yang satu ini. Dengan varian kaldu sapi, Anda bisa memasak hidangan enak dan bergizi untuk si kecil. 


Mengenal gurihnya rasa daging sapi tentu dapat menjadi langkah lanjutan pengenalan berbagai rasa pada sang buah hati. Terlebih lagi, lebih dari 90% dari komposisi bahan produk ini merupakan daging sapi. Tak hanya memperkaya cita rasa, produk ini juga menjadi tambahan protein hewani bagi anak.

No.5

UnileverRoyco Kaldu Rasa Jamur

Mulai dari Rp5.000,00

Masakan lezat dan lebih sehat kini tak perlu mahal!

Selain penyedap rasa dengan MSG, Royco pun memproduksi penyedap rasa non MSG, seperti produk ini. Dengan cita rasa jamur asli, Royco menghasilkan rasa umami yang alami. Royco Kaldu Rasa Jamur pun tersedia dalam kemasan kecil yang dapat langsung habis dalam satu atau dua kali masak. Produknya mudah ditemukan dan harganya pun tergolong terjangkau. Karena lezat dan sehat, tidak perlu mahal, bukan?

No.6

LemoniloKaldu Pelezat Jamur

Mulai dari Rp30.500,00

Kaldu sehat berbahan baku lokal, pilihan bagi para vegan

Bahan baku kaldu ini diperoleh dari petani lokal. Dengan membeli kaldu ini, Anda juga dapat berkontribusi terhadap kualitas hidup para petani. Selain itu, rasa gurih dan umami produk ini berasal dari jamur. Tanpa tambahan bahan-bahan hewani, produk ini cocok dipilih oleh para vegan. Produk ini pun pas untuk Anda yang menginginkan alternatif penyedap berbahan nabati yang lebih sehat.

No.7

Tanpa filler, sedikit saja langsung terasa gurihnya

Tambahkan Pura Beef Seasoning bila ingin rasa sapi yang nendang pada masakan Anda. Pasalnya, produk ini tidak mengandung filler seperti tepung atau maltodextrin. Komposisinya adalah pure kaldu sapi yang dipadu dengan bumbu-bumbu pilihan. Karena itu, produk dapat melezatkan masakan dengan penggunaan sedikit saja. Selain itu, produk ini punya kemasan saset bagi Anda yang ingin coba-coba dahulu.

No.8

Barefoodbumboo Kaldu Ayam

Mulai dari Rp40.700,00

Tanpa gula dan garam agar MPASI lebih sehat

Pembuatan MPASI tidak disarankan menggunakan gula dan garam agar si kecil dapat mengenal rasa alami berbagai bahan makanan. Untuk itu, gunakan kaldu non MSG tanpa gula dan garam ini sebagai penyedap MPASI si kecil. Rasa ayam pun dinilai lembut untuk mengawali pengenalan rasa di lidah anak. Di samping terbuat dari ayam asli, ada tambahan bubuk bayam dan wortel sebagai penambah nutrisi.

No.9

Organic CenterChicken Powder Stock Organic Ingredients

Mulai dari Rp28.293,00

Kualitas premium dengan kandungan protein lebih banyak

Protein merupakan makronutrien yang sangat dibutuhkan untuk membangun otot. Bila Anda seorang yang aktif dan rutin berolahraga, tentu Anda sangat membutuhkan zat tersebut. Untuk melengkapi kudapan berprotein Anda, gunakan kaldu ayam dari Organic Center sebagai penyedap. Produk ini diklaim memiliki kandungan protein lebih tinggi. Makan makanan sehat demi otot yang lebih padat pun jadi menyenangkan.

No.10

Kaya rasa dengan bahan rebusan daging dan tulang sapi

Bila Anda mencari penyedap non MSG untuk membuat makanan berkuah, seperti sup dan soto, pilih produk ini. Bahan utamanya adalah sari rebusan daging dan tulang sapi sehingga gurihnya sapi banget! Selain itu, beef stock dari Beorganik ini pun diracik tanpa menggunakan gula dan pengawet. Hidangan sehari-hari di rumah pun jadi lebih sehat dan lezat.

Baca juga rekomendasi bumbu masak lainnya di sini

Kaldu non MSG memang lebih menyehatkan, tetapi mengonsumsi kandungan MSG tetap diperbolehkan selama tidak berlebihan. Untuk menambah kelezatan masakan Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi bumbu masak lain untuk Anda gunakan sebagai referensi. Jika tertarik, silakan klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Bahasan mengenai kaldu non MSG terbaik telah kami ulas secara tuntas. Sudahkah Anda menemukan produk yang sesuai dengan selera Anda dan keluarga tercinta? Pastikan untuk selalu teliti sebelum membeli, ya!


Tak hanya kandungan MSG, bahan lain seperti garam dan gula pada komposisi kaldu juga perlu dipertimbangkan. Begitu pula dengan kemasannya, pilihlah sesuai kebutuhan pemakaian agar tidak lebih ataupun kurang. Selamat menghidangkan masakan yang lezat dan sehat untuk keluarga!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer